Makanan Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Di alam,

makanan sugar glider

adalah nektar, buah-buahan manis, dan serangga. Namun di penangkaran, makanan utama sugar glider adalah bubur bayi atau sg diet, serangga, atau bisa juga diberi buah-buahan seperti pepaya, pear, lengkeng, dan buah-buahan manis lainnya. Jenis serangga yang biasa diberikan kepada sugar glider antara lain jangkrik, ulat hongkong, dan ulat jerman.
images taken from ozanimal.com
Perlu dicatat bahwa serangga sebagai

makanan sugar glider

hanya bisa diberikan saat kondisi sg tidak sedang sakit atau sedang stress. Hindari pemberian serangga pada sg yang sedang mengalami luka atau bengkak karena akan memperparah luka atau bengkaknya. Artikel tentang cara merawat sg yang sedang sakit bisa dilihat di artikel cara mengobati sg yang kakinya bengkak.

Suplemen yang dapat diberikan kepada sugar glider adalah scott emulsion atau sejenisnya untuk penambah nafsu makan bisa diberikan sebanyak satu minggu sekali dicampur dengan bubur bayi sebagai makanan utamanya dan reptile calcium (repcal) untuk suplemen kalsium tulang bisa diberikan 2 minggu sekali, juga dicampur ke bubur bayi.

Pemberian buah-buahan bisa diberikan satu minggu sekali atau lebih. Fungsinya adalah agar fungsi pencernaan sugar glider bisa lebih sehat.

Dari penjabaran di atas dapat disimpulkan bahwa:
1. Bubur bayi bisa menjadi menu makanan sugar glider sehari-hari.
2. Serangga bisa diberikan satu minggu sekali sebagai asupan protein.
3. Buah sebagai penjaga fungsi saluran cerna sg bisa diberikan satu minggu sekali atau lebih.
4. Pemberian suplemen makanan sugar glider berupa scott emulsion dan repcal bisa diberikan masing-masing satu minggu dan dua minggu sekali.

Itulah artikel singkat yang membahas mengenai

jenis makanan untuk sugar glider

. Semoga artikel tersebut bisa menjadi acuan bagi anda yang ingin ternak sugar glider. Saran, komentar, kritik, dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

161 Responses to "Makanan Sugar Glider"

  1. Mbak dokter, apa ada merk bubur bayi tertentu yang direkomendasikan untuk SG? Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lebih merekomendasikan bubur bayi Promina..... :)

      Delete
    2. rasa apa saja oke. kalau saya biasanya yang beras merah atau kacang hijau....

      Delete
    3. Dok, kalau misal sg dikasih bedak bayi buat perawatannya boleh ?

      Delete
  2. Dok kl pemberin susu untuk SG apakah berdampak negatif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendapat saya, susu agak kurang pas untuk sg. nutrisinya terlalu banyak yang terbuang. namun demikian, susu non laktosa bisa diberikan, susu khusus anak kucing juga bisa. :)

      Delete
    2. Makasih dok, soalnya SG saya tuh di lepas d kamar. Tanpa sengaja mereka minum susu adik saya yg masih kecil. Al hasil sampai Sekarang mereke ga pernah mau minum selain susu ITU. Udh di kasih jus buah2an ttp ga mereka minum. Jangan bilang deh kl aer Putih sama sekali ga akan mereka minum. Kl seperti ITU gpp dok?

      Delete
    3. coba kasih air madu, taruh di botol minum hamster. air mineral masukkan ke botol minum hamster, lalu masukkan madu asli 3 sendok makan ke dalamnya. tutup botol minum hamster tersebut, kocok, dan taruh di kandang sg-nya.... biasanya sg suka minuman yang manis2, termasuk madu.... :)

      Delete
  3. Memperkenalkan makanan tambahan untuk sugar glider kesayangan anda. Terbuat dari serangga hidup segar. Lebih praktis, higienis, sudah teruji kandungan nutrisinya.

    Makanan tambahan supaya Sugar Glider jadi montok
    Makanan tambahan alternatif utk Sugar Glider lokal di banding yang impor

    Situs kami menggunakan teknologi MobileSite. Di akses dengan ringan dan nyaman lewat perangkat mobile tanpa khawatir menguras kuota data anda

    ReplyDelete
  4. dok sugar gliderq klu d kasih makan bubur k' g' prnah mau ya wlpun d handfeed skalipun, tapi klu d kasih buah"an makanx lahap, baik d handfeed atupun gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. SG mas hasil tangkapan liar ya??
      kalau SG hasil tangkapan liar biasanya memang lebih suka makan buah daripada makanan buatan manusia spt bubur bayi dll. gak apa2, kasih buah saja. malah menurut saya lebih bagus kalau sg makan buah saja, tanpa bubur bayi... sehat selalu buat sgnya... :)

      Delete
  5. supaya SG saya cepat bonding gimana ya caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara agar sugar glider cepat bonding bisa dibaca di artikel cara agar SG cepat bonding. Mas juga bisa baca artikel tentang bedanya jinak dan bonding di artikel perbedaan jinak dan bonding. :)

      Delete
  6. Mbak, boleh/tidak memberi SG tulang sotong yg dihaluskan (dicampur ke bubur) sebagai pengganti repcal....? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang sudah mempraktekkan seperti itu, tulang sotong ditumbuk hingga benar-benar halus menyerupai bedak kemudian diberikan ke dalam bubur. saya tidak menyarankan namun juga tidak melarang. namun kalau bisa sih mending pakau repcal saja. atau beri bubur bayi merk promina karena kalsium-nya lebih tinggi dibanding produk lain yang sejenis.... salam... :)

      Delete
  7. mbak dokter menu makanan yg baik untuk sg yg sedang hamil apa ya? saya udah cari tau kmn2 dan jawabannya bikin bingung semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja seperti disebutkan diatas, tidak ada treatment khusus. mungkin mas bisa ganti buburnya dengan yang merk promina atau tambahkan scott emulsion di makanannya.... :)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Dok kenapa yaa SG saya ngga mau makan buah"an sama minum, yg di makan hanya bubur bayi aj, . Terkadang Ulat Hongkong juga jarang di makan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sepertinya dia tidak dibiasakan makan buah. tetep aja kasih, buah dan bubur bayi, tapi sedikit demi sedikit bubur bayinya dikurangi porsinya hingga benar-benar sedikit, sementara buahnya banyakin.... kasih madu juga agar SGnya mau makan buah...
      :)

      Delete
  10. Dok Kalau di kasih ulet tiap hari gak apa apa

    ReplyDelete
  11. Dok ,klo dkasih sayuran seperti wortel boleh gk dik?
    SG saya ,saya ksih cuma dijilat gk dmakan?
    Gmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau wortel masih boleh.
      coba kasih makan pakai tangan. sodori pakai tangan. sg juga suka yang manis-manis, jadi usahakan makanannya dicampur madu agar dia lebih nafsu makan.... :)

      Delete
  12. dokter, berapa dosis scott emulsin tuk joey usia 2bulan'an?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikit aja. gak usah banyak2 dan kasihnya gak usah sering2... cukup 3 hari sekali... :)

      Delete
    2. itu sccott emulsion yg rasa jeruk? kan asam rasanya, apa joey SG mau, Dok? Lalu ulat sekali makan bolehnya berapa ekor? Terima kasih ya dok sdh merespon pertanyaan saya.

      Delete
    3. saya akan coba jawab:
      1. itulah kenapa saya bilang kasihnya sedikit aja dan jangan banyak2. kalau ada yg rasa lain, bisa kasih rasa lain... :)
      2. kasih aja ulat hongkong di wadah makannya, nanti dia makan sendiri kok. biarin aja makan sendiri... :)

      Delete
  13. dok kenapa yaa sugar glider saya tidak mau mengunyah makanan hanya bisa menjilat saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih anakan (joey) ya mas sgnya?
      untuk itu, lebih baik untuk joey kasih makanan lembut aja seperti bubur bayi atau jus buah dikasih madu... :)

      Delete
  14. Udah 5 bulanan lebih dok pedahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gak apa2. mungkin memang tidak dibiasakan makan buah.
      mas bisa kasih jus buah sebagai minumannya agar dia nantinya terbiasa dengan buah.... :)

      Delete
  15. dok takaran bubur bayi nya seberapa yah? itu mesti kental apa cair aja, terus kasih makannya berapa kali? dengan rentan waktu berapa lama?. terus kalo sgnya saya kasih makan pisang tiap hari gimana baik apa gak?. sg saya berumur 2 bulan dok. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih muda, bisa dibikin agak cair.
      untuk pertanyaan lain, silakan baca cara memelihara sugar glider. search di bagian cari artikel....

      Delete
  16. dok kalo di kasi madu sachet gt boleh ga? apa harus bener-bener madu murni ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. madurasa? kalau saya sarankan mending madu TJ aja... kalo madurasa, kebanyakan gula daripada madunya, hihihih

      Delete
    2. oh begitu, terimakasih dok :)

      Delete
  17. Mba dokter fira mau sedikit nanya dong, jadi saya beli sg dari penjual liar atau wc, nah ternyata gigi nya itu udh di potong sama si penjual, apa ga masalah? Atau kalo bermasalah solusi nya gimana ya agar sg saya tetep baik2 aja,? Mksh sebelum nya dong,

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama nafsu makannya bagus, gak masalah. :)
      giginya udah gak berdarah atau masih berdarah mas? kalau masih berdarah, mas bisa kasih juga cairan paracetamol. beli tablet paracetamol di apotik, satu tablet dipotong jadi 6 bagian, lalu satu bagian ditumbuk dan dicampur air matang sebanyak 5 sendok makan. minumkan tiap hari sekali.... :)
      semoga membantu... silakan baca artikel2 saya yang lain tentang sg di blog saya ini ya mas... jangan sungkan nanya kalau memang ada yang bingung... :)

      Delete
  18. Dok SG boleh di.kasih jangkrik/ uh mulai umur berapa? Apa joey boleh? Kalo di kasih madu sasetan boleh gk? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah bisa makan jangkrik, mulai dari joey bisa diberikan jangkrik. khusus untuk UH, sebaiknya tunggu sampe dewasa. boleh kasih madurasa kalau memang tidak ada madu lain...

      Delete
    2. Memangnya kenapa dok klo joey di beri uh?, soalnya kemarin saya kasih uh takut sg saya sakit

      Delete
    3. UH cenderung terlalu panas buat joey. dalam beberapa kasus, uh bisa bikin bulu sg rontok, terutama sg yang memang agak sensitif dari segi daya tahan tubuhnya. jadi sebaiknya dihindari... :)

      Delete
    4. Brapa lma bbur byi yg abis d'lrutkan dngn air dok?
      Apakah brtahan smpai 12 jam?

      Delete
  19. Dok ,klau bulunya rontok bagusnya di ksh mkn apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebab rontoknya karena apa mas? :)
      kalau penyebab rontoknya tidak diobati, ya dikasih makan apapun pasti akan tetap rontok. apa karena jamur atau sisa makanan yang menempel atau apa?

      cara mengobati sugar glider hairloss sendiri sudah saya tulis di blog ini. silakan cari di bagian cari artikel... :)

      Delete
  20. Dok kalau gak mau minum padahal udh dikasih madu gmna dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau agak banyak dikasihnya? mbak cara ngasihnya dengan cara dicampur air dalam botol minumnya atau gimana?
      feses sgnya gimana?

      Delete
  21. Aku campur sama air minumnya pernah coba kasih madunya aja sg nya gak doyan.. tkut sg nya dehidrasi akhirnya aku kasih buah semangka atau gak buburnya aku bikin cair .. solusinya gmna ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kasih semangka atau pear.
      gak apa2, kasih aja air madu di botol minumnya. rutin diganti tiap hari. bisa jadi sebenernya dia minum, namun tidak suka jika ada orang. ada juga sg yang seperti itu soalnya... :)

      Delete
  22. Anggur hijau gpp kan ya? Oke deh klo gitu ..
    makasih bu dokter infonya 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan anggurnya gak asam, gak apa2... :)

      Delete
    2. mau tanya buah buahan yang paling bagus buat sugar glider apa saja ya macamnya ?

      Delete
    3. pepaya matang, pisang, lengkeng, dan buah-buah lain yang rasanya manis dan bebas kafein... :)

      Delete
  23. Dok, SG saya gamau makan bubur bayi. tapi kalo makan Ulat Hongkong doyan banget. ada saran untuk makanan utama pengganti selain bubur bayi? Atau UH tadi cukup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan jangkrik. kaki belakangnya buang dulu, kaki belakang yang tajam.... :)

      Delete
  24. apakah tidak ada suplemen selain scot emulsion yang lebih gampang dicari dok? dan rasanya pasti disukai SG kalau scott itu jeruk meskipun takaran sedikit tp kita kan ndak tau rasa buburnya nantinya apakah asam atau masih manis. pendapat dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya kalau gak ada scott emulsion, gak apa2 gak usah dikasih suplemen juga. atau mungkin mas bisa kasih minyak ikan seminggu sekali dengan cara dicampur ke makanannya. minyak ikan yang untuk kucing ya mas, jangan untuk unggas... :)

      Delete
  25. Ass dokter...
    Dok saya mau nanya itu sg ciri2 sedang ip apa ya?
    Terus knpa sg saya dikasi bubur promina yg kacang ijo tidak begitu suka padahal kan nutrisinya lebih banyak ketimbang bubur2 yg lain #pising pala berbie heheheh..mohon pencerahanya.
    Makasi dok sebelom dan sesudahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru dibalas.. :)
      silakan baca artikel siklus hidup sugar glider

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Sg di kasih madu tj bisa ngk tuh dok ?

      Delete
    2. bisa. tapi lebih bagus sebenernya kasih sari kurma, mas... :)

      Delete
  28. Sg saya ga sengaja makan cicak yg ikut nimbrung masuk kandang, kira2 bahaya ga ya dok?

    ReplyDelete
  29. Dok kalo sg dikasih telor rebus baik ngga?

    ReplyDelete
  30. Dok... partner baru ane Che LM usia juve awal, sayap sebelah kok turun dan bulu sayap rontok/dicabuti si elang.
    Gmn solusi sayap turun, bulu dicabuti gejala apa ?
    Usia mabung buat elang CHe LM usia apa ?
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena dia lagi mabung, mas.
      silakan mas baca artikel saya cara merawat burung yang mabung. cari dibagian search.

      tolong observasi ya mas. kalau dalam 4 hari gak ada perubahan, bisa infokan ke saya..

      Delete
  31. Dok, tempat minum SG bisa pake apa aja ??? Selain tempat mimum buat hamster ???...

    ReplyDelete
  32. Mbk dokter kalau makanan yang bergizi untuk sg apa ajak dok

    ReplyDelete
  33. Mbk dokter kalau makanan yang bergizi untuk sg apa ajak dok

    ReplyDelete
  34. dok, Sg saya akhir" ini susah makan. utk aktivitasnya Sg sya normal dan sehat. apakah Sg saya bosan dgn makanannya?

    2. satu lg dok, Sg sya kn sering sya kasih makanan protein tinggi(jangkrik,putih telur). ttpi Sg sya berat bdnnya ttp, apakah Sg sya tdak bsa gemuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi iya dia bosan dengan makanannya. atau emang lagi gak nafsu makan. coba kasih sari kurma...

      gemuk atau tidaknya sg sama aja kayak manusia, bergantung pada genetiknya. manusia juga gitu kan? kalau emang keturunannya kurus, mau makan segimana banyak juga tetep kurus. ada juga orang yang emang keturunan gemuk, dia gak makan juga timbangannya naik, hihihi. sg juga kayak gitu. tapi bisa kok, masih bisa digemukkan. hanya hati2. sg gemuk biasanya rentah kena masalah di ginjalnya... :)

      Delete
  35. biasanya faktor yg membuat Sg ga nafsu makan apa ya dok selain menu makanannya? maaf ya dok bnyak nanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng bisa bantu2 orang. :)

      banyak hal. sakit, cuaca, bosen ama makanannya, atau dia gak suka.

      untuk sakit, biasanya disertai dengan perubahan pada feses. silakan cek artikel saya cara mengetahui kesehatan sugar glider dari fesesnya. jadi kalau fesesnya gak ada perubahan, sg gak nafsu makan karena sakit bisa dieliminir dari kemungkinan... cek kemungkinan lain.. :)

      Delete
  36. dok mau tnyak dong, sg saya sudah 6 bulan an, tpi kenapa belum hamil ya, justru si betina gemukan dari yg jantan, saya kiea hamil, tau nya enggk hamil, gmana ya dok biar bisa hamil ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 bulanan?
      usia sgnya 6 bulan?

      silakan baca dlu artikel saya cara mengawinkan sugar glider. dan artikel cara ternak sugar glider.

      Delete
  37. Dok, mau tanya... kalo mau kasih SG makan sayuran seperti wortel, brokoli, kubis, labu, lobak.. itu semuanya dalam keadaan mentah atau matang ya dok? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mentah. tapi bersihkan dulu... dan potong2 kecil aja... :)

      Delete
  38. Selamat siang dok...mau tanya ne.sari kurma yang dokter mksd tu sari kurma yg merky "Sahara" yg biasa dijual di apotik dan toko obat herbal ato sari kurma yg gmn dok?
    Pertanyaan k2..
    Kalo sari kurma dcampurkan diminumy SG tu takarany sbrpa dok perbandingan sari kurma ma airnya.mohon pencerahanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, betul mas. saya juga dulu sempet pake sari kurma sahara. pake itu aja...

      kalau soal takarannya, sebenernya dikira2 aja. mas cobain aja airnya. kalau udah terasa manis dan agak berubah warna airnya, itu udah cukup. tapi jangan manis banget ya mas. :)

      kalau sari kurma kan alami. jadi meski kebanyakan sebenernya gak masalah.... :)

      saya tunggu kabarnya..

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. dok, kira2 Merk Madu Yang Reccomemded dan aman untuk sugar glider merk apa ya dok? thanks you

    ReplyDelete
  41. dok, kira2 Merk Madu Yang Reccomemded dan aman untuk sugar glider merk apa ya dok? thanks you

    ReplyDelete
    Replies
    1. madu tj bagus. lebih bagus sih kasih sarikurma, mas. apa aja merknya... :)

      soal mas yang salah beli promina, sebenernya sih gak masalah soal rasanya. meski saya menyarankan lebih baik ganti, jangan rasa yang itu. mau tetep dikasih yang rasa itu juga gak apa2, toh kandungan bawangnya gak banyak.... :)

      Delete
  42. dok saya kan salah beli promina, saya malah beli yang 8 bulan rasa daging jagung bawang klau tdk salah, saya lupa klau sugar glider tdk boleh di kasih bawang, saya udh kasih 2 hari dok, pas saya inget langsung saya ganti dngn yg rasa pisang, apakah tidak apa2 dok? mana indukanya sedang ip saya tkut nanti anaknya cacat dok

    ReplyDelete
  43. Sg saya kurang suka sama bubur bayi merk yang saya pake sun minta solusinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya merk bubur bayi yang bagus untuk sugar glider... :)

      Delete
  44. dok sg saya umur 2bln kok gak mau makan ya? apa dia stress grgr pas di rumah tmn saya dikasih rasa pisang. biasanya rasa beras merah

    ReplyDelete
  45. Permisi dok saya mau tanya, untuk minyak ikan sg itu yang jenisnya kapsul selaput bukan? Bedanya minyak ikan untuk kucing dan unggas apa ? Baik buruknya apa ya dok? Soalnya saya beli minyak ikan yang di tukang burung gtu dok

    ReplyDelete
  46. Dok saya punya sg sepasang semi jinak. Nah yg jantang tiba" ga nafsu makan, gamau keluar kandang. Handfeed juga ga mau. Padahal tiap malam rutin bubur bayi+madu & buah" beragam. Fesesnya agak lebih lembek dari biasanya. Terus jadi aga kurus. Solusinya gmn ya?

    ReplyDelete
  47. Dok , saya mau tanya , sg saya kasih UH 4 biji , setelah itu kok dia aktif gitu ,abis itu garuk garuk kaki sama badanya gituuu dok . sya takut baru sekali ngasih itu . itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, amannya sih mending stop aja pemberian UH. ganti aja sama jangkrik. lebih aman jangkrik daripada UH kalo buat sg, mbak.. :)

      Delete
  48. Misi dok numpang nanya, saya baru beli SG umurnya -+ 1bulan 2minggu, dia lemes banget pas baru masuk kandang, padahal pas ketemuan sama yang jual dia aktif banget. Sebelum masuk kandang dia jatuh 2x garagara melarikan diri mau di masukin kandang, dia minum dikit banget, makan juga dikit, padahal udah ditambahin madu. Dia masih suka bunyi + gigit kalo mau di handsfeed.
    1. Apa ga kenapa2 kalau SG joey saya jatuh 2x ?
    2. Makan dan minum sedikit, udah ditambahin madu + beda rasa buburnya tiap 2hari 1x.
    Tolong kasih solusi ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending karantina dulu di kandang, artinya jangan diajak main dulu. biarin aja dlu di kandang.
      1. kalau dia masih mau makan, itu masih sehat.
      2. itu udah bagus, cuma kalau boleh saya saran: madu ganti sari kurma, bubur bayinya pake merk promina...

      maaf kalau baru bales, saya baru balik tugas luar kota... :_)

      Delete
  49. dok mau nanya klo sg joey umur 1,5 bulan boleh di kasih ulat homgkong gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia bisa makannya, boleh aja mas... maaf karena baru balas...

      Delete
  50. Dok kalau sg boleh dikasih marshmallow yg merk corniche (marshmallow mini) tidak ya? Mohon dilihat komposisinya.. Ada gelatin sapi sama apa gitu saya baca..

    ReplyDelete
  51. Oh iya dok satu lagi.. kalau sg dikasih fish oil yg kapsul kecil itu, jatahnya berapa yaa sehari 1 boleh kah.. Abis nya dirumah ada sepasang joey, trus dibeliin fish oil kapsul 500 btr takut kadaluarsa duluan sebelum abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja kasih marshmallow buat sugar glider, tapi jangan keseringan. sesekali aja. :)

      minyak ikan buat joey sg cukup satu kapsul tiap minggu dengan cara dicampur ke bubur bayinya... :)

      Delete
  52. dok, sg bisa ga dimandiin pake pasir kaya buat hamster?

    ReplyDelete
  53. Dok saya mau nanya apakah boleh sg diberi minyak hati ikan hiu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh asalkan jangan terlalu sering. seminggu sekali atau 2 minggu sekali aja mas. kalo kebanyakan malah bikin sistem pencernannya terganggu...

      Delete
    2. Ok makasih dok sarannya 😂

      Delete
  54. Setelah baca artikel di atas berarti sebaiknya sg dikasih serangga (uh) 1 minggu sekali, sebelum nya saya kasih uh setiap malam 6 biji uh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kalo 6 biji sehari, kebanyakan mas.
      yah kalo 6 biji seminggu boleh aja. :)

      Delete
  55. Dok sg saya setiap hari saya kasi makan jangkrik. Itu bahaya atau tidak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sebenernya sih gak masalah, cuma biar sistem pencernaannya bagus, mending minimal seminggu sekali kasih buah...

      Delete
  56. Dok sg saya setiap hari saya kasi makan jangkrik. Itu bahaya atau tidak dok?

    ReplyDelete
  57. Assalamualaikum... dok mau nanya,
    kalau kandungan protein pada jangkrik atau ulat hongkong untuk sugar glider diganti dengan putih telur rebus itu lebih bagus atau tdk dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih tinggi jangkrik atau ulat hongkong sih. tapi kalo emang sgnya lebih seneng makan telur rebus, gak apa2 kasih aja telur rebus... :)

      Delete
  58. Selamat malam dok...
    Saya mau tanya nih, pemberian minyak ikan pada makanan sugar glider di perbolehkan apa tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh.
      tapi jangan sering2. cukup satu kapsul aja per minggu.... kalo kebanyakan malah bikin sistem pencernaannya terganggu...

      Delete
  59. Dok SG saya masih umur 2 bulan, tapi dya cuma mau makan buah aja, bubur dan lain2 dya gk mau makan, padahal SGnya hasil ternak,
    Apakah itu tidak apa2 kalo SG hanya makan buah saja? :-s

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah bagus. makanan terbaik buat sg ya buah. :)
      atau tunggu aja sampe dia berusia diatas 4 bulan. nanti bisa dilatih biar dia gak MONOFEED...

      coba mas baca artikel saya MONOFEED DAN POLIFEED PADA HEWAN

      Delete
  60. Assalamu'alaikum dok, sg saya masih umur 1.5 bulan terus awalnya saya kasih bursun nahh seminggu kemudian saya coba" kasih pepaya terus Dy suka bgt dok, tp kok setelah makan pepaya Dy gamau makan bursun lg ya? Memangnya boleh makan pepaya setiap Hari tanpa makan bursun dok? Terus kenapa fesesnya warnanya Oren ya? Apa Karna pepaya? Mohon solusinya ya dok makasih sebelumnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. gak apa2, kalo emang dia sukanya sekarang pepaya, kasih aja pepaya dulu. :)

      sgnya udah bisa makan sendiri? sesekali kalau mbak mau pergi atau mau tidur, taro aja bubur sun di kandangnya. mau dimakan, sukur. gak dimakan, gak apa2. setelah 4 jam buang. :)

      Delete
  61. Jazakillah khayraan katsir dok😊
    Sudah bisa makan sendiri dok, alhamdulillah hehe
    Afwan mau nanya lg dok, kalo bubur promina Rasa apa ya?

    ReplyDelete
  62. Jazakillah khayraan katsir dok😊
    Sudah bisa makan sendiri dok, alhamdulillah hehe
    Afwan mau nanya lg dok, kalo bubur promina Rasa apa ya?

    ReplyDelete
  63. Dok saya kasih sg saya menu pagi bubur pisang dng calsium 4 tetes,malam bubur beras merah dng minyak ikan yg bulet itu,malem saya masukan buah2an di kandangnya pagi saya lihat kadang habis kadang tidak, botol minumnya saya isi air madu sebab seperti kurang mau minum kalo isinya air putih biass, apakan itu menu makan yg benar dok? Boleh beri minyak ikan tiap hari?,air minumnya madu terus nga pernah air putih? Terus sg saya nga pernah saya beri life food apa tidak apa dok? Misal saya ganti asupan proteinnya dengan makanan2 sg yg di jual di petshop yg katanya penambah protein,bee polen, suplemen sg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak ikan cukup dua hari sekali aja mas.
      kalsiumnya mas pake apa?

      yang mas lakukan udah bagus kok. gak usah ditambah apa2 lagi. :)

      Delete
  64. dok saya biasa kasi sg saya makan bubur sun rasa pisang, n kata dokter merek bubur yg bagus promina, apakah saat saya ganti ke promina rasa pisang nnt dia mau makan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting promina, rasanya bisa apa aja. mungkin nanti pembiasaan aja kok selama sekali atau dua kali makan, sampe dia terbiasa dengan rasanya... :)

      untuk makanan yang baru, seperti kurma, coba cacah2 dulu kurmanya sampe kecil2... :)

      roti boleh sebagai makanan selingan.

      Delete
  65. dan dok, ini lg bulan puasa banyak kurma, saya kasi sg saya makan kurma dan dia tak suka hahahahahaha, btw dok sg blh makan roti?

    ReplyDelete
  66. dok, ujunh ekor sg ku selalu terlihat basah, tapi sudah mengering jd mengumpla gtu , aga keriting , dan kadang bs rontok itu krna apa dok? krna kna pipisny y dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, urine dan kotoran kayaknya.
      sering dilap pake tisu basah non alkohol aja mbak... :)

      sarangnya pake apa mbak? pake batok kelapa?

      Delete
  67. bukan batok dia kek kotak bulet hahahaah wadah gtu aku ad bolongi sikit sih hahahahahahh

    ReplyDelete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. Dok klo joey di kasih susu kucing gpp? misalnya ga ada PMR? aman tidak? thx

    ReplyDelete
  70. Dok klo joey di kasih susu kucing gpp? misalnya ga ada PMR? aman tidak? thx

    ReplyDelete
  71. dok, kemaren aku pertemukan sg ku yg 5 bulan yg sudah mw 6 bulan dgn sg 2 bulan ku dok, yg 5 bulan itu jantan n 2 bln betina, saat dipertemukan yg jantan sprti hisiing gtu dok, apa artinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas, mbak... :(
      wajar kok. nggak apa2. sementara diawasi aja dulu selama sehari atau 2 hari. kalau gak fighting, gak apa2...

      Delete
    2. gapapa dok hehehe :) ga fghting dok, tp malah yg jantan mau ngawini si betina dok, pdhl betina masi kecil dok. apa tidak apa apa?

      Delete
    3. mending pisahkan aja mas, kasian.
      kalo mau disatuin, sama yang seumuran....

      yang masih kecil umurnya berapa?

      Delete
    4. 2 bulan dok, tp yg kecil mauny digabung dok g mw keluar dr kandang jantanny hahaha

      Delete
    5. pisah aja, tapi kandangnya taro berdekatan. sebelahan. :D

      Delete
    6. itu kira kira umur brp bru bisa digabung dok? mau kasi mereka ad kawan hahaha

      Delete
    7. tetep bisa jadi kawan kok. kan mereka masih sebelahan. jadi masih bisa interaksi... :)

      Delete
  72. Dok mau nanya, caranya ngajarin Joey yang baru di adopt makan makanan lain selain yang di kasih ownernya sebelumnya gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung aja sodorin ke mulutya, mas... pake ujung jari....
      makanannya dicuil pake ujung jari, terus sodorin ke mulutnya...

      Delete
  73. Dok kalau d kasih buah buahan yg mengandung air apa masih perlu minum

    ReplyDelete
  74. Dok saya mau tanya,ciri ciri sg yg udah bener bener boanding gmn ya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bonding maksudnya?
      silakan mas baca artikel bedanya jinak dan bonding

      Delete
  75. Dok joey saya umur 2 bln udah aku kasih uh 3 biji. Apa gak ada efek sampingnya. Terus joey saya gak mau makan buah sama minum. Dan kalo makan sendiri cuma dikit tapi kalo handfeed makan banyak d handfeed pun harus di pouch nya. Maaf ya dok kalo banyak tanya. Soalnya pemula. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih joey, mending kasih bubur bayi aja mbak. :)
      ulat hongkong boleh, seminggu sekali aja.

      maaf karena baru balas, mbak. saya sakit kemarin. :)

      Delete
  76. Pagi, dok.. Mau tanya,
    1. Sg saya sekitar umur 4 bulan-an boleh kasi makan UH nggak? Saya biasanya kasih 1hr 2uh tiap hari.
    2. Trus kalo air minumnya saya campur madu tj murni tiap hari boleh nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tapi jangan banyak2.

      soal air minumnya, boleh kok dikasih madu tj. tiap hari juga gak apa2. :)

      Delete
    2. Trus dok, mau tanya lagi;
      1. Aku tiap malem selalu kasih sg ku tomat dipotong kecil kecil (tanpa biji) untuk cemilan malem, boleh ga??

      2. Kalo SG ku kasi cemilan bayi Puffs gitu, boleh?

      Delete
    3. 1. boleh. :)
      2. biskuit bayi? boleh/ :)

      Delete
  77. Dok, kalau misalny saya gonta ganti bubur buat joey boleh tidak ya. Smnggu makan sun banana, sminggu lagi promina kacang merah. Soalny sun banana ny terlanjur beli kebanyakan.

    Kemudian hpw instant sugar glider perlu ga c dok sbgain tambahan? Apa cukup diselingin buah?
    Thank you dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bubur bayi buat sg boleh ganti2.
      hpw boleh dicampur ke bubur bayinya. tapi komposisi hpw harus lebih sedikit dari bubur bayinya

      Delete
  78. dok kalau dikasih madu yang mengandung gula boleh tidak?

    ReplyDelete
  79. Dok, sg saya sejak beli kaya ga pernah minum deh dok, atau mungkin sedikit banget minumnya.. padahal udah ditaro wadah berisi air terus udah coba pake botol minum hamster ga minum juga l (kemungkinan dikit) ..

    Kayanya di owner sebelumnya ga biasa minum deh dok, mesti gimana dong?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.