Saturday, November 23, 2013

Cara Memelihara BOP | Drh. Fira Sovica

Banyak orang ingin mengetahui cara memelihara BOP. BOP atau bird of prey (burung pemangsa) adalah sebutan untuk jenis burung pemakan daging seperti burung hantu, elang, alap-alap, dan lain sebagainya. Bagi anda yang pemula dalam memelihara BOP, saya sarankan agar anda mencoba BOP yang lebih mudah dipelihara terlebih dahulu. BOP yang mudah dipelihara antara lain burung hantu celepuk. Cara memelihara celepuk bisa anda baca di artikel cara merawat celepuk.
image taken from treehugger.com

Berikut ini adalah beberapa prinsip dasar

memelihara BOP

yang penulis rangkum dari beberapa forum internet.

1. Saat membeli BOP, pilihlah yang berusia chick atau masih anakan.
Hal ini dikarenakan burung pemangsa yang sudah berusia tua agak sulit untuk dijinakkan meski tetap akan bisa jinak dalam waktu yang lama. Dengan memilih anakan BOP, burung tersebut akan menganggap anda sebagai induknya dan akan patuh kepada anda.

2. Pilihlah BOP yang sehat.
Ciri BOP yang sehat adalah aktif saat diletakkan di tangan/lantai, mata jernih dan terbuka lebar (tidak terpejam), tidak ada kotoran di bagian mata, tidak ada bintik putih di bagian kornea mata, kelihatan ingin tahu keadaan sekitar (tidak murung), dan kondisi kuku dan paruhnya lengkap. Akan lebih baik jika anda mengajak orang yang lebih berpengalaman saat membeli BOP.

3. Saat tiba di rumah, biarkan BOP sendiri di ruang tertutup agar dia beradaptasi di lingkungan baru.
Beri pakan dan air minum sambil terus diobservasi perilakunya. Tanyakan kepada orang yang lebih berpengalaman jika ada perilaku BOP yang tidak biasa, dan segera evakuasi BOP jika BOP menunjukkan gejala sakit.

4. Pindahkan BOP ke tangkringan (perch) jika dalam 24 jam BOP terlihat baik-baik saja.

5. Pemberian pakan adalah hal terpenting dalam pemeliharaan hewan bangsa unggas, termasuk BOP.
Fatal akibatnya jika anda telat memberi pakan kepada BOP. Kecuali burung hantu celepuk, makanan utama BOP adalah daging. Anda bisa menggunakan pinkies tikus putih atau tikus putih usia anakan untuk pakannya. Pemberian pakan bisa dilakukan setiap sore dan malam.

Demikian tips cara

memelihara BOP

. Semoga tips tersebut bisa berguna bagi anda para pecinta burung pemangsa dan burung hantu. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

453 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 453   Newer›   Newest»

waktu sampe rumah bop nya kan dibiarkan sendiri, lalu cara ngasih makanya gimana dan di taruh dimana?

selama masa adaptasi, mas bisa taruh saja daging segar (yang masih berdarah) di dekat si BOP. setelah melewati masa adaptasi baru, memberi makannya dengan cara disuapi agar dia cepat jinak dan kenal dengan mas...

selama masa adaptasi burungnya di taruh di mana?? di box atau dilepas di ruangan tertutup

dilepas aja di ruangan tertutup....

dalam masa adaptasi boleh nggak njenguk sesekali untuk ngeliat kondisi burungnya?? dan untuk masa adaptasinya apa harus 24 jam ??

iya, khusus BOP 24 jam atau minimal 12 jam sambil terus dilihat. minimal 2 jam sekali dilihat.... :)

makasih atas pencerahannya......

maap mau tanya lagi soalnya pengen melihara bop.
misalnya kalo langsung di tangkringan efeknya apa??

yang pasti, BOP-nya harus ditaruh di ruangan sepi dulu agar dia bisa adaptasi. di ruangan itu boleh dilepas liarkan atau ditaruh di perch tanpa diikat. cara membuat perch bisa dibaca di artikel cara membuat perch. emang rencana mau adopt BOP jenis apa mas? :)

barn owl....
kalo dikasih makan daging dari kulkasan boleh nggak??

cara memelihara barn owl bisa dibaca selengkapnya di artikel cara memelihara barn owl.
Boleh saja, asalkan saat mau diberikan, dagingnya ditaruh dulu di ruangan hingga daging tidak lagi beku atau tidak lagi terasa dingin. jangan memberikan daging yang masih terasa dingin karena dapat membahayakan pencernaan burung hantu....

dok tolong buatkan artikel tentang burung paruh bengkok juga

kalau mau pelihara bop yang sudah bisa terbang saat masa adaptasinya apa harus dilepas liarkan di ruangan tertutup??

sip. nanti saya buatkan. ada kok beberapa artikel tentang burung parbeng. saya pernah buat tentang cara memelihara kakatua dan cara memelihara beo...

iya. saya lebih suka melepasliarkan di ruangan tertutup. burung hantu yang sedang masa adaptasi tapi diikat kakinya malah bikin stress... terutama BOP yang tingkat stressnya tinggi... :)

kalau meilhara owl yang tingkat stressnya rendah amankah kalau diikat pada masa adaptasi

bisa. tapi sebaiknya memang dilepas saja.... :)

Kalau adaptasi nya ditaruh di sangkar gmana?? Soalnya gk ada ruangan kosong

ditaruh saja di gudang mas.... kalau gudang tidak ada, coba taruh di box yang agak besar seperti kardus bekas kulkas/TV atau biisa juga di lemari baju yang sudah dikosongkan....

Dok apakah jika meng adop bop mulai dari chik jika mature tdk busa breding??

oke.
jangan sungkan untuk bertanya lagi ke sini, mas... :)

maksudnya tidak busa breeding?? mungkin maksud mas "bisa" :)
menurut saya bisa2 saja asalkan mas rajin melatih owlnya. owl yang tidak dilatih kadang terlalu manja untuk makan sendiri nantinya... melatih burung hantu bisa dibaca di training burung hantu

Apakah Anda tau Resiko memelihara BOP pada usia CHICK

Jangan sampai Argumen Anda menyesatkan seseorang

atas dasar apa atau dari literatur mana yg menyebutkan dianjurkan memelihara bop dari usia chick...

tentu saya tahu.dan kalau mas/mbak mau explore lebih jauh mengenai artikel lain di blog ini, di artikel lain saya tekankan berkali-kali jangan memelihara barn owl jika memang belum siap atau tidak. silakan mas baca artikel saya yang berjudul JANGAN MEMELIHARA BOP/BURUNG HANTU JIKA....... salam... :)

saya tidak menyarakankan atau menganjurkan untuk memelihara BOP dari usia chick. kalau memang anda siap untuk memelihara bop dr usia adult atau mature, silakan..... mohon jangan hanya membaca satu artikel saja, mohon dibaca juga artikel2 lain di blog ini, baru kemudian bikin kesimpulan.... seneng akhirnya ada antitesis dari pendapat saya. salam kenal dan saya tunggu kritiknya.. :)

oh ya, alasan untuk memelihara bop dr chick sudah saya tulis di artikel di atas.... sekali lagi, bagi anda semua yang merasa belum siap memelihara bop lebih baik jangan memelihara...

Kalo mau pelihara Elang susah nggak?

silakan baca cara memelihara alap-alap. search cara memelihara alap-alap di menu cari artikel di atas... semoga membantu... :)

Dok saya baru beli Elang bondol 1 minggu yg lalu,
Kakinya lukabekas tali rantai pas saya beli nya,
Sampai skarang lukanya belum sembuh,
Saya naruh elangnya d gudang,
Gmna cara menjibakanya dok?

coba mas search CARA MENJINAKKAN BOP atau CARA MENJINAKKAN BURUNG HANTU karena secara prinsip sama...

coba mas oles lukanya dengan betadine pakai kapas sambil terus diobservasi. moga cepet sembuh... :)

Hai dok. Pa kbar.... hehehhe
saya mau tanya tentang chick alap alap nih

kabar baik. mbaknya gmn? :D
boleh, boleh. silakan tanya kemari.... atau search aja alap-alap di cari artikel...

Pagi dok, sy baru punya BOP tapi cacat kakinya krn tertusuk ranting pohon. Shg tulangnya bengkok. bagaimana caranya merawat kakinya?

pagi juga.
dia luka? kalau luka luar, sebaiknya sembuhkan dulu lukanya. obati saja pakai kapas yang dibasahi betadine. dioles ke yang luka. kalau untuk memperbaiki tulangnya yang bengkok kayaknya harus dengan jalan operasi, mas...

Pagi dok. Amau tanya dong, kalo elang itu makannya brp kali sehari ya ??? Elang boleh dikasih ayam gk ??

untuk elang cukup 3 kali sehari.
sebaiknya jangan ayam. daging sapi segar yang sudah dicincang kecil2 lebih baik atau bayi tikus putih hidup. :)

Celepuk sama kestrel susahan mana dok ???? Tolong sarannya dok, makasih

Dok bedanya javan owlet sama scop apa ??? Perawatan javan owlet gimana dok ??? Apakah makannya juga jangkrik ?? Makasih dok :)

javan owlet kepalanya lebih bulat. kalau scoops ada 'tanduk' bulu di kepalanya.... :)
perawatannya sama saja dengan memelihara scoop (celepuk), sama2 makan jangkrik... :)

dok cara mengobati sayap che dm yg turun gma ya ? dokter hewan di sini susah . ada bengkak d dekat sikunya . sayap gk bisa d lipat.

saya takut ada fracture atau disposisi. lebih ngeri sih jika fracture kalau bengkak gitu.
lebih baik bawa aja mas ke drh.... :(

susah cari dokter hewan di sini dok , kalo ngepakin sayap bisa dia dok, kira2 knapa tu dok ?

kalau bengkak gitu, takutnya ada fracture.... :)

kalaw saya perban sayapnya ada gk pp tu dok ?

coba minta perban ke orang yang lebih berpengalaman memelihara owl juga mas. karena salah2 nantinya malah membuat fracture (kalau memang itu benar fracture) makin parah....
kalau tidak yakin, lebih baik diamkan. atau mas bisa oles dengan minyak tawon di area yang bengkaknya...

iya dok , ush saya olesi minyak tawon sama trombopop dok , makasih infonya dok .

makanan buat cg yg masih chick apa y mbak?

bayi tikus putih (pinkies), daging sapi segar cincang, sesekali dikasih jangkrik...

Dok mau tanya, kalau cg brancher untuk adaptasi pertama langkah nya gmn ya?

ditaruh di ruangan kosong dan sepi, biarkan dia beradaptasi dengan lingkungan barunya dulu... :)

Apa efeknya jika BOP di beri daging ayam saja sebagai menu utamanya?

secara tekstur sebenarnya daging ayam tidak cocok dimakan oleh owl, sama bahayanya jika manusia dipaksa makan mie instan terus menerus... :)

makanan apa yg cocok untuk anak burung elang...?

makanan apa yg cocok untuk anak burung elang...?

makanan apa yg cocok untuk anak burung elang...?

bayi tikus putih.... taruh saja, biarkan dia makan sendiri... :)

mau tanya dok bolehkah elang che lm dikasih ikan lele...?

lebih baik jangan. tekstur daging ikan kurang begitu cocok dengan sistem pencernaan bop kecuali jenis tertentu..... :)

lam kenal dok, mau nanya apa makanan anakan burung elang jawa apa daging sapi saja atau daging ayam, baik yang mana dok. karena sy kasih makan daging ayam kurang suka. tks

kalau harus kasih makan tikus putih selain susah belinya saya yang kurang suka, hehehe.... tks

kalau memang tidak ada tiput, bisa kasih daging sapi segar yang dicacah.... :)

dok anakan elang yg sy pelihara ini jenis apa ya bulu sudah ganti dari bulu kapas ada 2 helai bulu yang jambul ke atas bulu dada coklat muda, bulu sayap coklat tua, mata putih dan daging pangkal paruh kuning. tks

waduh, kalau gak ada gambarnya, agak susah juga mas. hehehe.
soalnya banyak. bisa CG, alap2, dll..... coba mas cek artikel saya: bedanya alap-alap, cg, dan bwk.... search di bagian cari artikel....

yang di foto ini dok apa jenisnya

silakan liat di artikel bedanya alap-alap, bw, dan cg :)

Ass ...
Mohon pencerahan dok, ane punya BK, usia juve tengah, skrang lg multing, yg mw ane tanyain gmn cra ngerarawatnya biar multingnya sempurna, trz apa yg yg harus ane lakukan dan g boleh ane lakukan dok .... ?

kalo che lm cuma doyan ikan lele gmana dok efek jangka panjangnya..doq ama doc gak begitu semangat makan.udah tak terapi minyak ikan sgala tetp paling demen makan ikan lele...mhon pencerahannya

sementara dia moulting sebaiknya jaga pakan dan kebersihan. sementara gak usah dihandle dulu sampai dia selesai moultingnya. satu kali masa moulting, mas bisa kasih dia minyak ikan agar merangsang pertumbuhan bulu baru. waktu pemberiannya bisa diawal atau ditengah masa mouting. bisa juga di akhir.... cukup sekali pemberian aja ya mas... :)
salam...

sebaiknya dibiasakan makan daging sapi segar (jangan yang sdh masuk freezer) dan dicincang kecil2. atau bagusnya, mas bisa kasih pinkies atau bayi tikus putih. itu lebih bagus...

meski banyak yang memberikan che lm lele, tapi saya khawatir nantinya bisa membuat sistem pencernaannya terganggu mas... apalagi, sistem pencernaan burung kan termasuk rapuh... :)

okok mkasi y dok, salam kenal y ...
1 lg dok, keknya dy mw matur lah, ekornya yg ane cabut kmren warna bulu tumbuhnya merah, trs paruhnya udh mulai mutih, yg ane mw tanya brapa lama masa multingny dok ... ?

moulting maksudnya? mabung? ganti bulu?
pada burung dewasa, biasanya mereka mabung antara 1 hingga 3 kali dalam setahun, rata2 hanya sekali mabung dalam setahun. lamanya mabung biasanya antara 2 hingga 3 bulan... :)

mas udah berpengalaman memelihara elang? :)
kalau belum, saya sarankan pelihara burung hantu yang termudah dulu. kalau burung hantu yang termudah bisa mas handle selama beberapa bulan, mas bisa coba alap-alap.

salam..

Dok kalo elang dan alap alap ga boleh dikasih makan daging ayam ya? Punya saya meninggal karna saya kasih daging ayam.segar, kata penjualnya jangan dikasih ayam.potong terus mas nanti keracunan.
Sebelum meninggal.dia sempet muntahin gitu dok dan baunya nyengay banget.
Berkali kali muntah dalam 1 hari dan malamnya akhirnya dia meninggal dok. Sebelum meninggal dia kayak tengleng gitu dok kepala si partner saya kayak muter muter dan g bisa berdiri.

Apakah benar dok karna daging ayam.potong terus bisa menyebabkan meninggal?

Saya bukan.sedih duit melayang cuman sedih aja dok dia udah jinak dan saya menyebabkan hewan dilindungi berkurang -_-

makanan apa yang seharusnya diberikan jika saya punya alap alap BWK dok? Saya ga mau kejadian seperti kmrin2 karna ketidak tahuan malah membuat hewan meninggal. Sedih rasanya.
Terimakash dok, semoga dokter bisa menjawab semua pertanyaan saya

halo mas. akan saya jawab satu2 ya... :)
1. sebenernya sih boleh aja sesekali dikasih daging ayam, cuma ya jangan keseringan. mati setelah dikasih daging ayam? saya yakin daging ayamnya sudah dikasih bahan kimia atau obat itu. sistem pencernaan bop sangat rentan dengan bahan kimia. apalagi dia sempet muntahin daging ayamnya, dan baunya nyengat. itu saya yakin daging ayamnya disuntik,,, :(
2. gak, daging ayam gak menyebabkan bop mati HANYA pastikan bebas bahan kimia dan ukurannya kecil2. jangan kegedan.
3. sabar aja mas. saya sekeluarga juga semuanya pelihara burung pemburu (BOP), cuma saya aja yang pelihara burung hantu. jadi kami bisa ngerasain kok gimana sedihnya ditinggal partner....
4. makanan terbaik untuk BOP sebenernya tikus putih atau bayi tikus putih. daging ayam dan daging sapi bisa diberikan asalkan: bebas bahan kimia dan masih segar. (jangan dimasukkin ke freezer)... kalau bisa, masih agak berdarah.... mas bisa kasih emprit, tapi disiangi dulu (hanya dagingnya aja yang dikasih.....

turut berduka cita atas kepergian partnernya mas...

Maaf dok, elang bondol saya bulu sayapnya potong 3 terus di ekor 4, apa bulu it perlu d cabut trus tumbuh lagi atau d biarkan lepas sndiri sampai tumbuh bulu yg bagus ?

Maaf dok, elang bondol saya bulu sayapnya potong 3 terus di ekor 4, apa bulu it perlu d cabut trus tumbuh lagi atau d biarkan lepas sndiri sampai tumbuh bulu yg bagus ?

biarin aja mas, nanti keganti sendiri dengan bulu yang baru.
agak lama emang, tapi pasti bisa tumbuh lagi... :)

Sekitar 3 bulan ya ? Untuk asupan makan ap harus d tambah vitamin ?

sepenuhnya terganti biasanya sekitar 6 hingga 9 bulan. tergantung juga mas.
makanan selama ini yang biasa dikasih aja. 2 minggu sekali bisa dikasih minyak ikan untuk burung./unggas, cukup satu butir per 2 minggu....

Ap masi bisa d latih dlam keadaan moulting ? Atau istirahatkan dlu ?

kalau sedang mabung (moulting), sebaiknya jangan dilatih dulu.. :)

dok saya msh baru nih soal bop mw nanya. saya baru dpt bop jenis bwk chick nah kalo sudah besar apa alami bisa terbang sendiri apa nggak? tkutnya sampe gede kebawa gk bisa terbang jd gk bisa ngelatihnya. sama bop perlu di ksh minum gk? kan di taroh di perch trus pemberian minumnya bgmn? trims dok

untuk kasih minum, bisa kasih dengan sedotan. caranya sama seperti memberi minum burung hantu. silakan cari di bagian cari artikel...

bwk biasanya akan secara alami bisa terbang sendiri. jadi jangan khawatir.. :)

oh ok dok thx bantuanya :) satu lg dok untuk pemberian minum sehabis di ksh makan aja ya dok? atw per jam?

abis makan bisa dikasih minum. kalau sedang tidak makan, 4 jam sekali kasih minum sedikit2 kalau sempet. kalau tidak, cukup sehabis makan saja. taruh aja tempat minum di dekat dia.... :)

oiya dok mw nanya lg hehe maap kebanyakan nanya tkut salah ngerawat soalnya. tp maap ya dok agak aneh pertanyaanya kemaren saya liat komen org di grup ktanya klo bop sering2 di ksh daging ayam yg udh mati kyk di pasar gtu katanya gk bagus dok bulunya bisa rontok katanya emang bener dok bahaya di ksh daging ayam bgtu? soalnya nyari umpan hidup kyk mencit sama puyuh agak susah di bekasi jd alternatifnya ayam pas liat komen bgtu agak ragu jdnya. sama kdg ortu suka rewel klo di ksh mencit bgtu ktanya kasianlah bla bla bla. mohon pencerahanya dok thx

sama satu lg dok brp bulan masa hidup dr chick ke brancher trus dr brancher ke juve. trimakasih sekali lg dok :)

sebenernya dikasih daging ayam tidak apa2 ASALKAN yang bebas bahan kimia. Ayam broiler yang dipasar2 kan rata2 dah dikasih bahan kimia, jadi gak bagus buat kesehatan (bukan hanya buat bulunya). saran saya, kasih daging ayam yang bebas bahan kimia. mas bisa kasih anak ayam (DOC), tapi mas siangi dulu, kasih hanya dagingnya saja....

untuk lamanya masa brancer ke jupe, eh juve, silakan mas baca artikel istilah dalam memelihara burung hantu...

anak ayam yg masih kuning itu dok? di potong dlu brarti? klo bli ayam yg msh hidup kan di pasar ada biasanya tp di potong dlu dok jd msh fresh itu gmn dok?

iya. maksudnya disiangi dulu ya dipotong, dikuliti, dikeluarkan isi perutnya, dan diambil dagingnya saja...

ok dok trimakasih atas smua jawabanya sangat membantu sekali :D

Help Dok, obat untuk mata elang yang bengkak apaan ya dok? Thanks dok

Help Dok, obat untuk mata elang yang bengkak apaan ya dok? Thanks dok

sering dibersihkan pakai air mineral saja. cukup bagian bengkaknya saja.
jika dalam 3 hari dia tidak mendingan, mending bawa ke dokter hewan secepatnya....
\
maaf baru bales, saya baru sakit kemaren... :)

dok mau nanya bop saya elang hitam sering geleng gelengkan kepalanya kayak mau keluarkan dahak dan setelah itu keluar cairan dari hidung. menurut teman teman itu gejala kena penyakit cacing di tenggorokan ( syngamus Trachea ) apa benar ya dok soalnya skrg terlihat agak lesu, nafsu makan biasa, kl benar apa OBAT yang disarankan dan bagaimana pemberiannya. Tks

Dok mau nanya. Makanan yg paling tepat untuk elang yg maaih chick apa y?

salahsatu kemungkinannya itu.
saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan terdekat. diperlukan ketepatan dalam dosis, jadi saya tidak bisa memberikan obat secara sembarangan mas... :)
jaga kebersihan kandang dan untuk langah pengobatan pertama, mas bisa jemur di bawah sinar matahari...

semoga baik2 saja.. )

dagingan2an cincang atau lebih bagus lagi bayi tikus putih... :)

Dok BOP keluar cairan dari lubang hidungnya berwarna putih keruh kenapa ya dok, tanda tanda fisik yang lain normal semua termasuk nafsu makan dan masih lincah, mhn bantuannya. Tks

halo mbak dokter.. saya punya elang bondol jinak 2 tahun.. ahkir2 ini susah makan dikit gitu.. trus bulu ekor tercabut skrg tinggal 2 helai ekor.. apakah bisa tumbuh lagi ya?? trims

fesesnya gimana?
saya sih khawatir karena udara dingin atau entah apa, ada cairan di sekitar trachea-nya mas.... observasi aja dulu, sering2 dijemur kalau pagi selama 20 menit sebelum jam 9 pagi.... :)

soal bulunya, nanti bisa tumbuh lagi....
selama ini dikasih makan apa mas? fesesnya gimana?? :)

dok fesesnya kadang ada warna hijaunya tetapi kadang normal, selama ini kan saya kasih makan daging sapi terus dok krn pesan puyuh dan anak ayam blm dapat, jadi daging sapinya sy taruh di kulkas, setengah jam saya kasihkan, biasanya pada waktu dia makan daging sapi itu cairannya keluar, apa karena daging masih dingin ya dok, tetapi saat yang sama saya kasih makan ke CG nggak apa apa, sempat sy kira kena pilek trus sy terapi pakai tetra chlor tetapi terapi selesai tetap keluar cairannya, setiap pagi sy jemur dan sampai sore ada di taman depan rumah dok.

yang saya maksud keluar cairan hidungnya elang hitam dok. Tks

kenapa harus mas masukkin dulu ke kulkas dagingnya? bisa jadi dia pilek karena memakan daging yang dingin. efek daging yang dingin untuk setiap bop memang beda2, kan daya tahan tubuh setiap bop beda2 juga....
saya sih menyarankan agar BOPnya dibawa ke dokter hewan terdekat aja mas biar lebih jelas....

Salam kenal dokter, dok apakah boleh elang bondol di mandikan setiap hari dengan cara di semprot pakai air selang? Terima kasih dok

cara memandikan bop bisa mas baca artikelnya di blog ini

Sy mau nanya dok sy baru beli belom tau alap2/elang matanya merah badanya putih dan sayap ny abu2?? Sy taro di tenggeran gt dok sy rantai in kakinya, dan makanan yg cocok apa ya dok ini masih anakan, sy kasih makanan ikan kecil dia gamau makan dok trimsss

Salam kenal dok. Saya mau tanya. Lapisan untuk perch yang berwarna hijau itu apa ya dok? Apakah itu bagus untuk kaki bop? Karena selama ini perch saya beri lapisan tali pramuka.

Terima kasih dok. Salam..

coba kasih makan daging sapi segar (yang masih berdarah, bukan yang beku). potong kecil2 daging sapinya, lalu berikan dengan cara disuapi...

bisa juga kasih makan bayi tikus atau bayi tikus putih.... bisa kasih saya gambarnya? kayaknya sih alap2.... :)

gak apa2 pakai tali pramuka....
lapisan hijau yang mana ya??

Lapisannya seperti gambar yang ada di link ini dok..
http://www.hawkquest.org/fest/hqfest_barn.jpg

oh.. itu hanya aksesoris aja mas... rumput sintetis itu.. :)

Assalamualikum dok.. saya adopsi elang bido fresh wc paruhnya selalu terbuka lebar dan kadang keluar cairan lendir bening..itu kena penyakit apa dok? Mohon penjelasan nya dok.. terima kasih

yang pasti, itu karena bakteri. kalau mas pelihara hewan lain atau burung lain, sebaiknya pisahkan. jangan disatukan. takutnya malah nular. saya sendiri lebih menyarankan agar bido-nya dibawa ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan perawatan khusus dan tepat..... mas baru kali ini pelihara elang?
salam kenal.. :)

ass bu dokter.....saya ada elang black kite yg mw z tanyakan,pada masa training dosis makannya brapa perhari agar responnya bagus?atau dosis makan elang perhari yg ideal bwt elang tuh brapa?

jangan ass, yang lengkap aja: assalamu alaikum. :D

masa training atau bukan, dosis makannya tetap sama. 3 hingga 4x sehari. namun menunya mungkin yang agak beda. kalau masa training, usahakan kasih pakan hidup yang lemah, kayak bayi tikus, agar insting berburunya muncul. dengan begitu, dia makin gampang dilatih....

o ia maaf bu dokter.....korban bbm nih,hehhe,assalamu alaikum...dsni ga ada yg jual anak tikus bu dokter,slama ini saya kasi makan ikan air tawar (ikan nila),apa ga pa2 dok ikan jadi makanan utamanya?soalnya dia suka bngt makan ikan nila

sebenernya gak apa2 bop/burung hantu dikasih ikan, hanya saja jangan terlalu sering... artinya, jangan jadi pakan utama. silakan baca artikel saya ikan sebagai makanan burung hantu....

ikan nila fillet sih kayaknya oke2 aja... jangan yang masih ada tulangnya...

o ia makasih bnyk dok atas pencerahannya......

Dr....jenis makanan elang rawa dgn alap2 sama atau beda.....trus makan utamanya elang apa...selain daging dan tikus..tq

bisa sesekali dikasih jangkrik. bukan sebagai makanan utama.
elang rawa biasa disebut alap2 rawa. beda dengan alap-alap biasa... :)

Mhn info dok ,,saya punya che pm skrng lg moulting ,,,bagaimana penanganan yg benar dlm kondisi ini ,,trs apakah che pm memang tdk bersuara dok ,,krn Punya teman semuanya pada bersuara mhn infonya dok

kalau sedang moulting memang rata2 tidak bersuara. umumnya burung merasa kesakitan saat moulting, burung apapun itu. jadi mereka kebanyakan tidak bersuara. sebaiknya jangan training dulu mas. jangan dipegang dll.... cukup diberi makan aja sampai moultingnya selesai...

bisa mas jelaskan fesesnya gimana? warna2nya? :)

mohon pencerahannya... sya masih pemula dlm mrawat elang... elang milik saya sudah jinak dan betah bgt di tangan saya bahkan kalo di paksa turun truz dianya naik ketangan lagi... usia elang g tau brapa namun baru bisa terbang terbang minggu lalu... yang jadi masalah saya adalah kondisi elang sehat lincah tp kenapa elang saya tidak mau makan apa2.. maunya minum teruz... mohon pencerahanya.... agar elang saya mau makan lagi....

mohon pencerahannya... sya masih pemula dlm mrawat elang... elang milik saya sudah jinak dan betah bgt di tangan saya bahkan kalo di paksa turun truz dianya naik ketangan lagi... usia elang g tau brapa namun baru bisa terbang terbang minggu lalu... yang jadi masalah saya adalah kondisi elang sehat lincah tp kenapa elang saya tidak mau makan apa2.. maunya minum teruz... mohon pencerahanya.... agar elang saya mau makan lagi....

dok bolehkah bwk di ksh makan lele? apa ada dampek khusus seperti menyebabkan kematian? saya si blom nyoba tp tetangga saya dr chick sampe juve skrg di ksh makan lele terus kata dia si gpp tp blom yakin aja. thx dok :)

coba kasih makan bayi tikus putih mas....
sekarang gimana keadaannya?

banyak juga yang kasih lele untuk bwk, namun sebenernya serat daging lele tidak begitu cocok untuk sistem pencernaan bwk... filet lele lebih bisa ditolelir, tapi kalau lele utuh kayaknya agak riskan mas....
balik lagi ke masnya sebenernya... :)

mas bisa kasih pakan hidup, seperti bayi tikus dan semacamnya. bisa juga kasih bayi hamster... :)

halo dok
elang saya kutuan bagaimana solusinya dok
dan juga pencegahannya .apakah saya harus mandikan elang stiap hari?
mohon dibalas

kalau mau mas bisa beli obat semprot antikutu di toko perlengkapan hewan yang lengkap. bisa juga dimandikan setiap 2 hari sekali.
bagusnya sih mending bawa aja ke klinik hewan terdekat, mas.... :)

belum di coba pke bayi tikus si dok.... tp sekarang dh mu makan lagi... gara2 keponakanku dapet katak sawah 2 ekor... trus dia bunuh truz di lempar ke kandang.... eh pas gw mu ambil... mlh dh di makan dulu sama si "zoe".... mumpung mau makan jd tk cariin lgi tuh kataknya... dpt x 10ekor... truz habis disantap sama dia.. ky kesetanan gtu makannya lahap bgt....
mumpung lg mau mkn jd tk biarin aja....
tp dok yg saya ragu... sebenarnya boleh g sih elang saya beri makan katak sawah.... tkutnya beracun / g cocok sama pencernaannya.... namun semenjak dh mau mkn itu... dianya jd tmbah aktif sekarang dbanding sblumnya....

sebenernya agak kurang bagus. namun observasi aja selama 2 hari.... semoga baik2 aja ya mas.. :)

maaf dok saya mau tanya ni..sekitar 2 hari yg lalu saya di kirim elang bido sama sawdra saya..kata dia si dari alam langsung..saya bingung dok si bido saya gak mau makan terus galak lagi..apa masih bisa jinak tuh dok usianya mature dok..makasih dok

maaf dok saya mau tanya ni..sekitar 2 hari yg lalu saya di kirim elang bido sama saudara saya..kata dia si dari alam langsung..saya bingung dok si bido saya gak mau makan terus galak lagi..apa masih bisa jinak tuh dok usianya mature dok..makasih dok

matanya sering merem?
jelas kalau bido dewasa dan hasil tangkapan liar, jelas akan galak. dan agak susah dijinakkan. saya tidak bilang tidak bisa dijinakkan ya mas, hanya agak susah. jadi masih bisa dijinakkan asalkan masnya sabar... :)

Buu ada artikel cara memelihara burung elang ga? Di rumah sya pnya elang bido sma barn owl....
Klau barn owl sya sdah lumayan ngerti klau elang bido sya blm, sya beli ketika dewasa cman udh jinak di kasih makan trus di taruh di tangan dia langsung nyamber ke tangan, cman bulunya rusak mba apa mngkin keseringan di taruh di kandang???
Bgaimna dok mnta saran nya trima ksh

Ass dok sya mau nanya, saya punya bwk n sering saya kasi makan siput/keong yg di sawah itu. Apakah itu tidak berbahaya?

kalau BOP lebih baik di perch aja mas. jangan dikandangin. burung hantu juga gitu. jangan di kandang.
artikel mengenai memelihara bido tinggal tunggu publish. :)

asal mas sabar, masih bisa jinak kok... :)
maaf baru balas mas. saya sibuk sekali :(

sebenernya kurang bagus juga mas kalau dikasih keong sawah. :(

dok, saya hari ini beli CHE PM juve tengah mau ke akhir, namun karna baru di tangkap kemarin malam jadi masih sangat buas dan agresif sampe2 tangan saya sudah di cakar , tolong sarannya dok , biar cepet bisa jinak dan bisa segera di latih , sekarang saya taruh di halaman belakang saya , di perch yg sudah saya siapkan dok , makan dagingnya lancar dia dok, Mohon saran dok , oh ia dok bulu ekor tinggal satu , sayap jg ada yg patah , mohon saranya dok , trimakasih

memelihara che pm juve hasil tangkapan liar emang butuh kesabaran. gak hanya satu dua bulan mas, ayah saya dulu menjinakkan che pm hampir setahun baru bisa jinak. yang penting sabar. sering2 handsfeed (kasih makan disuapi pakai tangan). sering2 berinteraksi sama dia. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu, sama aja kok langkah2nya... :)

terimakasih banyak dok , nanti kl ada apa apa lagi saya langsung tanya kaka deh , oh ia kak umur CHE PM sampe berapa lama sih , dia setia dan mudah di latih kan pada dasarnya, ada saran buat makanannya ?

asalkan kita sabar, pasti bisa. memelihara BOP itu kayak menghadapi sifat buruk kita sendiri, mas. itu kuncinya.
kalau umur maksimal che pm, saya kurang begitu tahu. namun rata2 BOP bisa sampai 10 hingga 15 tahun.
setiap che pm punya karakter sendiri2. seperti punya ayah saya, kadang iseng, pecicilan, dan suka becanda. hehehe. ada juga che yang 'jaim', gak seneng main dengan manusia. dan lain sebagainya. jadi kalau ditanya setia dan mudah dilatih, tergantung ke karakter che-nya mas....

makanan terbaik untuk che jelas bayi tikus.... :)

saya tunggu kabarnya... :)

holla kaka , kondisi terkini dari CHE PM ku , dia sudah mulai tenang, sudah tidak menyerang lagi , tadi malam dia sudah mau bertenger di glove ku selama 15menit sambil aku ajak ngobrol dan ku elus2 perlahan , oh ia kak kan posisinya sekarang dia aku taro d halaman belakang , dia selalu menghindari cahaya dan senang di tempat yg paling gelap di halaman belakangku itu kenapa ya kak ?
trus kan sekarang bulu2 sayap sebelah kanan dan kiri ada beberapa yg patah , sama buntut yang tinggal setengah akibat penangkapan oleh penjual saya rasa , mmm kira2 tumbuhnya dan recoferynya berapa lama ya kak ?
oh ia untuk grip d perch for kaki eaglenya harunya ukurannya yg bagus dan nyaman untuk eaglenya harunya seperti apa sih dok , ituloh kak yg lilitan tali yg di atas nya itu ?
oh ia kak aku juga udah biasain ngasih makandia pake peluit biar dia ngerti perintah atu sign peluit sedari dini , itu gimana kak ?
Mohon saran dan masukannya ya kak , terimakasih banyak :)

oh syukurlah. terus dilanjutkan ya mas latihannya. kasih nama. sering2 dilihat/ditatap matanya juga, terutama kalau lagi ngobrol... :)

wajar kok kalau che pm menghindari cahaya. che dm dan che pm semuanya gitu. ada juga yang sih yang tidak, tergantung karakter che-nya.

kalau saya boleh saran, selama 2 bulan ke depan taruh di ruangan aja mas. kayak gudang dan semacamnya. atau mas bisa bikin falcon-box dari kardus yang besar (bekas tv atau bekas kulkas, pokoknya jangan yang kecil), kasih tangkringan di dalam falcon-box kardus itu. soalnya cuaca lagi gak bagus buat bop dan owl, lagi el-nino.

bulu bop bisa numbuh lagi. gak usah diinget2, nanti juga tau-tau tumbuh, hihihi. emang agak lama, sekitar 8 bulan hingga 1 tahun. tapi pasti tumbuh... :)

grip dan lilitan tali? maksudnya yang buat 'membungkus' perchnya? mohon maaf, saya kurang mengerti. :)

bagus juga ngebiasain pake flute buat kasih makan dan komunikasi. sebenernya gak pake flute juga gak apa2. si errol pernah saya ajarin pake flute mas, tapi ternyata dia gak respon. kalau saya panggil pakai suara langsung, dari jauh pun kadang dia nyamperin.... pernah dia lagi berburu di deket rumah temen saya yang jaraknya sekitar 7km dari rumah saya, temen saya sms saya. lalu saya panggil dari balkon rumah. dia tetep ngedenger dan terbang nyamperin.... :)
intinya keterikatan antara partner dan master aja mas... :)

sehat terus buat che-nya... :)

perch yg aku bikin kan bow perch kak , trus atasnya aku lilitin pake tali pramuka yg putih , tapi kayanya kurang tebel soalnya baru dua lapis , dan aku liat kakinya CHE PM ku gede banget jadi kaya kekecilan , yg bagus itu yg kakinya bisa nyengkrem semua atau gmn kak ? oh ia kak , kalau takaran makannya gmn ya , berapa banyak sekali makan ?

aku udah kasih nama kak dari awal aku beli, namanya Buckbeak , aku baca artikel2 kakak dan langsung aku emplementasikan semua hehe , itu terbukti soanya kak sama partnerku CSE dia jinak banget namanya MeatLover aku panggil, dia langsung dateng seneng banget aku kak jadi falconer , sangat membantu buat refreshing kalau lagi penat hehe :)

Dok CHE DM saya kan brancher awal , saya taruh di box sukanya tengkurap /terlentang kcuali saya kasih makan berdiri terus

dok mau laporan perkembangaan hari ini , ternyata si Buckbeak udah mau JTTF pas sarapan pagi ini dong, reponya bagus banget, udah aku JTTF bolak balik perch 15 kali dok , alhamdulillah lah dok , responya emg lebih cepet kalu daging potongnya masih ada darahnya dok hehe , thanks ya dok buat saran2nya , maaf ya dok kalau banyak tannya :)

syukurlah kaau buckbeak udah bagus...
mumpung insting berburunya lagi bagus, latih lagi mas... :)

saya tunggu kabarnya buckbeak lagi. inget, dagingnya yang masih segar. sesekali kasih bayi tikus... oh ya, untuk 2 bulan ke depan sebaiknya taruh di dalam ruangan aja mas. cuaca lagi gak bagus buat owl dan bop.... biasa, lagi elnino...

salam dari errol dan padma

mas kasih makan apa?
kalau masih brancher awal, masih normal. cukup pastikan makanannya mengandung kalsium. makanya barusan saya tangan mas biasa kasih makan apa ke CHE DM-nya... :)

saya tunggu kabarnya..

Dok mau tanya, klo che di kasi makan daging kelinci sm tulangnya gpp tp di potong kecil2? Che nya msh chick... mksh sebelumnya dok..

kalau masih chick, saya sarankan sih jangan dikasih daging kelinci dulu mas.
kasian, terlalu berat cernanya. mending kasih bayi tikus putih aja. atau, kasih anakan kelinci aja. baby-nya.... :)

Makasih infonya dok...
Sy usahakn cari2 anak kelinci ato tikus, klo anakan yg lain boleh dok, mis : bebek ato ayam...
Untk saat ini sy kasi makan daging bebek dlu krn kata teman yg sdh pengalaman kasi bebek sj dlu atau kelinci atau daging sapi, jgn ikan apalagi ayam potong katanya hehee..
Oia dok, boleh minta pin BB atau LINE atau media sosial yg lain dok... mksh sebelumnya dok..

Daging ayam sama daging sapi dok sama usianya masih barancher awal

anak ayam dan bebek masih boleh. khusus untuk anak bebek sebaiknya jangan kebanyakan mas. sesekali aja.

untuk konsul ke blog ini aja mas... :)

coba mas kasih bayi tikus putih untuk asupan kalsium...

laporan dok, si Buckbeak makin lincah JTTF nya , oh ia dok si buckbeak ko dari awal aku beli ngga ada suaranya ya dok , ngga kaya CHE yang lain ?
mmm.. dok kalau CHE PM tuh mandiinnya gimana sih yang bagusnya ? di siram kaya hujan gitu apa pake bak air gitu dok ? trus mandiinya setiap hari apa gimana ? thanks ya dok , mohon sarannya , oh ia salam buat si errol sama padma , BTW kl si Errol kan BO ya kak kalau padma jenis apa kak , oke deh , di tunggu ya kak sarannya , trimakasih :)

kalau soal gak bersuara, selama dia makannya normal, kayaknya gak masalah. tapi coba mas cek fesesnya. warnanya kayak gimana mas?

cara memandikan che bisa mas baca di artikel cara memandikan burung hantu. sama aja kok...

iya, padma dan errol 22nya barn owl. :)

warnanya putih hitammenggumpal bening normal dok , trus oh ia dok tadi pas JTTF kan aku mau bawa jalan2 d glove ko dia ngga mau ya dok , maunya terbang menjauh aja , ?

Oke dok, makasih atas infonya,, sangat bermanfaat...
Mau nanya2 lg dok, maaf merepotkn.. hehee...
1. Klo usia chick gini apa sdh bisa di vaksin dok? Jenis vaksinya apa sj? Tiap umur brp di vaksin?
2. Ada ndak dok rekomendasi tempat beli elang yg sdh ada surat izinnya biar legal gitu dok?

Oke dok, nnti sy kabari kabarnya si che di blognya dokter...
Salam buat padma n errol ya dok...
Makasih dok..

Makasih dok,,, sangat membantu blognya dokter...
Sy mau nanya2 lg dok, maaf ngerepotin... hehe
1. Sebaiknya yg msh chick hingga mature di kasi mkn brp kali? sempat sy baca ada yg 4x (pagi, siang, sore, malam) ada yg 3x sj (pagi siang sore) ? Apa klo keseringan bisa obesitas gitu dok, soalnya nih si che cpt bgt lapernya tiap dah mkn selesai mkn 2-4 jam kemudian dah mulai bunyi2 lg kelaparar.. sy sempat kasi mkn 3x kadang jg 4x... mohon pencerahannya dok... hehe
2. Klo msh chick gini sdh bisa di vaksin ga dok? Vaksin apa2 sj? Tiap umur brp bisa divaksin?
3. Ada ga dok rekomendasi tempat jual elang yg sdh ada surat izinnya?

Salam buat errol dan padma dok...
Makasih dok...

sama-sama.
saya seneng bisa bantu..
1. kalau yang sudah dewasa (juve/mature) cukup 3x saja. kalau masih chick 4x sehari. lebih juga gak masalah sih. saran saya sih mending kasih makan dikit2 tapi sering... :)
2. kalau masih chick gak usah divaksin dulu. cukup jaga asupan gizi dan makanan dan sering2 latihan. BOP bisa divaksin di usia 7 bulan keatas.
3. saya tidak tahu tempat jual owl bersertifikat... :)

kalau soal dia kayak mau terbang menjauh, itu karena dia belum percaya sepenunya kepada mas sebagai masternya.... gak apa2, sering2 manning aja. jangan lupa dilatih. cara melatih BOP ada artikelnya di blog saya ini....

kalau dilihat dari fesesnya sih masih sehat, mas. coba observasi dulu selama 4 hari ke depan. setelah itu lapor lagi ke sini...

salam dari padma dan errol.. :)

Dok ini si che BAB nya 2 kali secara berurutan, BAB 1 seperti biasa hitam putih sm bening, trus BAB 2 secara langsung keluar setelah BAB 1 warna kuning kyk lemak bgitu dok,, itu gpp dok? 2 hari ini sy kasi makan daging cincang, si che ga ada keluhan, makan msh rakus... hehee.. makasih dok.. :)

saya seneng mas ngasih tau mengenai warna babnya.... makasih banyak...
makannya masih normal? observasi aja selama 3 hari ke depan. usahakan makanannya jangan yang kebanyakan lemak. bener tebakan mas, kemungkinan mas kasihnya daging yang kebanyakan lemak.... kebanyakan lemak sebenernya gak apa2, namun kalau keseringan kasih makanan berlemak, burung hantunya jadi kurang aktif. sama aja kayak manusia, kalau sarapan pagi dengan makanan berlemak, pasti ngantuk mulu bawaannya kan???

salam buat che-nya. siapa namanya? salam dari errol dan padma... :)

Iya sih dok, hehee...
Nnti makanannya sy coba selingi dgn yg lain dok sambil observasi...
sy manggilnya che aja dok...
Salam balik ya dok dari che...
Makasih byk dok...

sama2... saya tunggu kabarnya... :)

Halo dok, setelah obs. 3 hari si che fine2 aja dok,, emang agak lemas sypnya sering jatuh jarang di lipat tp si che msh aktif n kuat makan...
Oia dok, BABnya kemarin smpat putih bening hijau menggupal biasanya yg hitam menggupal ini warna hijaunya yg menggupal,, kemarin sempat sy kasi burung pipit isi perut daging sm tulangnya, mungkin isi perut pipit kali ya or empedunya yg bikin feses jd hijau... itu gpp dok?? Saat ini sementara sy kasi makan anak ayam (daging tulang sm isi perutnya)...
Makasih dok...

sementara ini oke. observasi sambil terus kasih pakan hidup. :)
dugaan saya sih ada perbaikan, meski mas harus tetep sabar. kalau dalam seminggu atau dua minggu gak ada perubahan, mas lapor sini lagi. bagusnya sih bawa ke klinik hewan aja mas... :)

Dok BOP saya jenis BWK namanya choki umurnya sekitar 1,5 bulan. Sebaiknya choki di taruh tangkringan luar atau dikandang ya? saya takutnya kalo di Tangkringan luar dia kedinginan dok...

BOP dan owl sebaiknya ditaruh di perch saja, gak pakai kandang. :)
perchnya taruh di dalam ruangan, karena bahaya juga kalau bwk dan owl sampe kedinginan atau kepanasan di luar.... :)

perch yg cocok buat bwk yang gimana dok?

bow perch. :)
kalau mau buat, silakan pakai tempat parcel. kasih pemberat dibawahnya... :)

Assalammuallaikum. Saya nubie banget soal bop, dan kyaknya salah partner nih. Saya baru 5hari piara BK juve akhir wc lg moultingdi pula, lengkap sudah. Selama 5haripohon ini saya ksh makan puyuh doc, makannya cuma 2ekor kadang cuma 1ekor itupun 1hr 1x makan, baru td malam si bondolbondol makan sampai 4ekor puyuh doc gara2 kemarin saya puasakan 1hr penuh, tp kemarin lusa si bondol makan 1ekor kekep babi. Yg saya tanyakan porsi yg bener untuk makan si bondol itu brp ekor ya dok (satuan tiput/puyuh doc)? Tanda2 bop kenyang itu gimana ya dok. Maaf saya biasa piara python dan varanus selama ini. Terima kasih.

biasanya BWK akan berhenti makan sendiri kalau dia merasa udah kebanyang. dan kalau lagi moulting emang nafsu makannya berkurang, mas. jadi wajar.

maksudnya "tp kemarin lusa si bondol makan 1ekor kekep babi" = mas kasih makan daging babi buat si bondol? sebaiknya jangan kasih makan daging babi mas. :)

saya tunggu kabar selanjutnya... :)

Bukan daging babi maksud saya, tp burung kekep babi saya mati, dari pada ke buang sayang saya ksh aja buat makan si bondol. Nb: si bondol jenis BK juve akhir masuk mature bukan BWK dok.

oh. gitu. harusnya sih BK jangan dikasih burung yang udah mati kecuali yang matinya belom lama mas. :)
kalo soal porsi pemberian makan, iya, bk biasanya berenti sendiri setelah kenyang. atau bisa jadi dia kurang nafsu makan karena emang lagi mabung... silakan mas baca artikel saya perawatan burung mabung

Mlem dok....pa kbar ne???ma tnya ne dok...
1. Bk ane nafsu makan nya kurang,,,kondisi mabung...apa mabung bsa mmbuat nfsu mkan krang??
2. Bk ane ksih makan anakn puyuh ada pengaruh gx dok kira2.
3. Bk ane terlalu mnja jga dok klo puyuh gx dgeletakin ddket kaki nya dya kgax mau mkan...gmn ya dok biar dya gx trllu mnja...
Maaf ne dok bnyak tanya...hehehe

apa bwk nya ngga kecapekan kalau nangkring di bow perch? kalau yg bentuk "T" atau block perch gima dok?

Alhamdulillah setelah obs. 1 mgg si che baik2 sj dok.... ini skrg dah msk brancher dok bulunya dah banyak.. hehee
Dok, mau nanya emang ada che lm big size? Apa bedanya dengan che lm biasa dok?
Makasih dok... 😊

Oy dok 1 lagi bk sya kn mabung...mbung nya kok lambat ya dok...cpot 1 2 doang......

Numpang nimbrung Dok kemaren tuh saya beli BWK yg masuk juve awal namun skill udah bisa soaring.. tapi ketika saya coba mau soaring dirumah si doi ngga mau.. apa emang harus pengenalan dulu si doi sama saya atau wilayah sekitar.. terus si doi pun makanya agga susah dok.. mohon pencerahanya dok

iya, harus pengenalan ama lingkungan, mas.
kemungkinan sih masih stress karena tempat baru dan karena emang karakter bwk_nya susah untuk adaptasi... :)

sekarang gimana keadaannya?? :)

Mbak, kalau cara memberi pakan chick pakai cindil tiput / pinkies itu caranya gimana? Apa perlu di potong potong? Tulang dan kepalanya dibuang? Thankyou :D

gak usah, taro aja deket kakinya, lalu tinggal. jangan diliatin karena suka gak dimakan...

Mau tanya lagi mbak, minyak ikan untuk manusia sama kah dengan minyak ikan untuk BOP?

lebih bagus sebenernya yang khusus BOP, biasanya ada kok yang jual. tanya aja minyak ikan buat burung, gitu....
kasih minyak ikan buat manusia juga bisa. namun lebih baik kan yang khusus untuk burung...

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 453   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.