Thursday, November 7, 2013

Cara memelihara burung hantu celepuk | Drh. Fira Sovica

Burung hantu celepuk atau javan scoop owl memang tergolong mudah untuk merawatnya.

Cara memelihara burung hantu celepuk

tidak memerlukan threatment tertentu. Berikut adalah cara memelihara burung hantu jenis celepuk. Bagi anda yang ingin mengetahui harga burung celepuk, anda bisa membaca artikel saya daftar harga burung hantu di indonesia.
  1. saat akan membeli, pilih burung hantu celepuk yang masih muda. Disarankan membeli yang chick atau yang bulu kapas.
    Burung hantu celepuk yang dipelihara sejak bulu kapas akan menganggap anda sebagai orangtuanya, dan dia akan jinak kepada anda.
    Tentu saja, akan beda kasusnya jika anda berniat untuk menjinakkan burung hantu celepuk dewasa yang liar. perlu ditekankan, burung hantu celepuk yang sudah dewasa agak susah untuk dijinakkan, sama halnya dengan menjinakkan musang pandan dewasa hasil tangkapan liar.
  2. saat tiba di rumah, diamkan burung hantu celepuk dalam ruangan kosong, biarkan dia adaptasi dengan lingkungan barunya.

    beri makan berupa jangkrik stiap 4 jam sekali, dan pindahkan burung hantu celepuk ke tempat pemeliharaannya jika sudah 12 jam di tempat adaptasi.
  3. hal terpenting dalam memelihara burung hantu celepuk adalah jangan menempatkannya dalam sangkar.

    burung hantu bukan pet. seperti halnya burung pemangsa lain, dia lebih senang disebut sebagai partner kita. jadi jangan menempatkannya dalam sangkar. lebih baik jika menggunakan perch (tangkringan) dengan diikat menggunakan angklet dan jesse.
  4. umumnya, makanan utama burung hantu adalah daging, namun anda bisa memberikan jangkrik sebagai makanan utama burung hantu celepuk. berikan jangkrik dengan cara disodorkan ke arah paruhnya, biarkan si celepuk menyambar jangkrik dari jari anda. berikan hingga si celepuk tidak lagi mau menyambar jangkrik di tangan anda.

    daging bisa diberikan seminggu sekali dengan memberikan bayi tikus putih. pindahkan burung hantu celepuk ke dalam kotak/kardus bekas mie instan, lukai si tikus putih sedikit dan taruh dalam kotak bersama burung hantu celepuk, lalu tutup kotak tersebut, biarkan si burung hantu belajar berburu sendiri.

Demikian tips

cara memelihara burung celepuk

atau javan scoop owl. semoga artikel tersebut bermanfaat bagi pembaca sekalian.

1390 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 1390   Newer›   Newest»

saya baru saja memelihara burung hantu jenis celepuk, apa perlu disediakan minum?
terima kasih

untuk pemberian air minum, bisa memakai sedotan.
masukkan sedotan ke gelas berisi air matang, lipat ujungnya yang
diatas hingga saat diangkat ada air yang tertahan di ujung bagian bawah sedotan, sodorkan sedotan tersebut ke paruh celepuk lalu lepaskan perlahan lipatan yang anda pegang hingga air keluar dari ujung sedotan satunya (yang disodorkan ke paruh burung)

maksudnya
lukai si tikus putih sedikit, taruh dalam kotak bersama burung hantu celepuk, lalu tutup kotak tersebut, biarkan si burung hantu belajar berburu sendiri.

di taruh di dalam kotak bersama burung hantu,, kan burung hantunya di taruh di tangkringan,, bagaimana naruhnya?

saat mau diberi makan, pindahkan burung hantu ke dalam kotak dulu mas. akan saya perbaiki, terima kasih banyak atas sarannya... :)

selain jangkrik sama tikus makanan burung hantu celepuk apa lagi ya ? ikan kecil sama ulat bisa di kasi ga ya?

ikan sangat tidak cocok untuk celepuk, begitu juga dengan ulat.
lebih baik jangan berikan ikan dan ulat untuk celepuk.
terima kasih

burung hantu celepuk saya baru aja mati semalam ....
hiks ... hiks ... hiks ...
saya gak tega klo burung itu di ikat or di kandangin, jd saya lepas aja d dalam rumah. pas burung'a mau minum, dia jatoh k dalam bak air, karna masih bayi jadi terbang'a juga blm bagus, burung'a jd mati ...
padahal burung'a udah pinter dan nurut banget. . . jadi sedih ...
hiks ... hiks ... hiks ...

harusnya memang diikat kakinya lalu ditangkringkan di tenggeran :)

gan saya mau nnya saya baru bgt pelihara burung hantu clepuk gimana ci cara rawat nya yg simpel nya..

bisa dibaca di artikel diatas :)

Gan kenapa airnya harus di sodorkan ? Ngk bisa minum sendiri gtu ?

sy nemu anak burhan dpn rumah,tp blm tau jenisnya,kalau di ksh mkn tangan sy di serang,gmn caranya agar dia jinak ya.mksh

sy nemu anak burhan dpn rumah,tp blm tau jenisnya,kalau di ksh mkn tangan sy di serang,gmn caranya agar dia jinak ya.mksh

sayangnya mas tidak menunjukkan fotonya.
apakah sama seperti gambar burung hantu di atas? kalo sama,
kemungkinan jenis celepuk. cara menjinakkannya cukup beri
makan dengan tangan (handsfeed). semoga membantu.

Sy punya celepuk umur sekitar 4 bulan. 2 minggu yg lalu kena sedikit asap fogging. Sekarang celepuk sy seperti org lens stroke. Makan sih msh doyan. Ada masukan obat apa untuk bantu penyembuhan? Sedih banget krn semua keluarga sayang banget krn lucu, jinak n bisa diajak main Dan komunikasi. Tq

celepuk memang agak sensitif di sekitar paru2nya. kemungkinan,
ada infeksi di saluran pernafasan atau di paru-parunya.
coba kasih minum aja sering2, minimal 3x sehari,
pagi-siang-malam.
kalau dalam seminggu gak ada kemajuan, bawa ke dokter
karena kemungkinan ada residu asap fogging di paru2nya.
semoga membantu. :)

Kabari saya tentang keadaan burung hantunya.... :)

This comment has been removed by the author.

Gan, ane bru aj bli celepuk msh kcil xii. Ini baiknya kalo malam di taruh di mana? Di kardus baik nggak?

kalau masih bulu kapas, boleh ditaruh di box kardus.
tapi sekira burung hantunya sudah bisa nangkring, lebih baik tarung
di tangkringan di ruangan tertutup.... semoga membantu... :)

Mas Celepuk ku pas beli udah dewasa,cara menjinakanya gimana ya?

agak susah memang menjinakkan celepuk yang sudah dewasa,
tapi dengan kesabaran pasti bisa dijinakkan. kasih makan pakai
tangan (disuapin/handsfeed) dan jangan dikasih daging yang
masih berdarah... :)

Gan, ini saya punya celepuk 4 bln. Lebih baik pake kandang apa pake tangkringan? Kalo pake tangkringan, bentuk kaya apa yang bagus? Beli dimana ya? Saya di Jakarta.

lebih bagus ditaruh di perch atau tangkringan khusus burung hantu.
anda bisa membuatnya perch sendiri dengan membaca artikel
cara membuat perch sendiri http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/06/membuat-perch-sendiri.html

Saya bru beli burhan celepuk.msh ada sedikit bulu kapasnya.saya ksh makan jangkrik 4 jam sekali.yg saya maw pertanyakan.burhan saya umur brp bulan yah? Penjualnya gak ngerti.lalu klo dksh makannya dengan cara di sodorkan tp bukan fof salah gak?atau sayabtaruh dy di tgn kiri lalu saya sodorkan makanan pakai tgn kanan.lalu boleh tidak bopcditaruh di tmpt terang?

bulu kapas burung celepuk biasanya baru akan benar2 hilang
saat berusia 2,5 sampai 3 bulan. jadi diperkirakan burung hantu
anda berusia segitu.
anda bisa membaca tentang cara melatih burung hantu di artikel
http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/cara-melatih-burung-hantu.html
semoga membantu. jangan lupa like fanpage kami dan add
google plus kami... :)

Gan ini kalo saya mau pergi dan di rumah ga ada orang, ngasih makannya gimana? celepuknya udah usua 4 bulan masih handsfeed.

itulah salahsatu resiko memelihara burung hantu, kita tidak bisa
pergi meninggalkan si burung hantu dalam waktu lama.
saran saya, silakan titipkan burung hantu anda ke orang yang
mengerti cara memeliharanya.... :)

permisi gan, saya sudah manteb buat adopt celepuk, kalo usia yang paling cocok buat adopt celepuk apa ya ? kalo sesua?i yg ditulis diayas kan chick, apakah justru kalo usia chick lebih rentan mati.
trus saya pernah baca artikel kalo celepuk itu bau, gimana cara ngilangin baunya ya gan ?

kalau dipelihara dengan baik, pasti gak mati mas. prinsipnya ya
jangan lupa kasih makan ama minum aja. toh kalo yang udah dewasa
pun sebenernya resiko kematiannya sama saja.
semua hewan bau kok mas, dan sepengalaman saya, celepuk gak
terlalu bau. taruh perch (tangkringannya) di dalam ruangan
bersirkulasi udara baik, pasti gak bau.... salam... :)

mas saya baru aja kemaren di kasih temen kerja owl javan scorps... dah bisa nangkring sih tapi masih muda,kisaran 2 bln....
yng jdi pertanyaan saya,saat malam dya kan ber aktivitas,kadang dya terbang dari perc x,akhirnya kan nggantung si burung..makanya klo malam saya taruh di sangkar.
trus pagi saya taruh lagi di perc x lagi.
solusinya gmna gan biar burung tetep di perc nya

coba beri tali kekang (least) yang agak panjang sehingga meski
burung hantu terbang, dia gak menggantung (least-nya lebih panjang
dari tinggi perch)... semoga membantu.. :)

Mas, kalo dipelihara di luar, tapi g'.kena matahari langsung boleh g'?

kalo masih bulu kapas, sebaiknya di dalam ruangan bersirkulasi udara
baik karena celepuk yang masih bulu kapas rentan kedinginan.
kalau sudah bukan bulu kapas lagi, tidak masalah ditaruh diluar.
cukup pastikan burung hantu terhindar dari matahari langsung dan air hujan. salam.....

permisi gan saya mau tanya ..
kalo celepuk di taruh di kandang boleh engga??
cz dia masih baby belum ganti bulu kapas...tapi udah sebagian ganti di bagian sayapnya...
mhon sarannya..

mau tanya sekalian gan..
kalo misal celepuknya di lepasin pada pagi hari gapapa gan??
knpa ya celepuk saya kadang2 melet-melet spt kehausan..pdhal udah dikasih minum tp kdang kumat kek gto lg knpa ya?? :( sedih kalo liatnya..

sebenarnya saya sendiri menyarankan agar menaruh celepuk
di tangkringan dan ditaruh di ruangan tertutup bersirkulasi udara
baik (tidak pengap).
seperti halnya burung pemburu lain, burung hantu sendiri
sebenarnya adalah partner kita dan BUKAN PELIHARAAN.
dan jangan memanjakan burung hantu spt kucing. asal tidak
kabur, tidak masalah jika burung hantu anda dilepas.
coba latih burung hantu anda dengan cara melatih celepuk
di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/cara-melatih-burung-hantu.html.
burung hantu saya sendiri saya liarkan didalam rumah.
tanda burung hantu kehausan adalah dia megap-megap (paruh
terbuka lalu leher bergerak gerak), biasanya terjadi kalau burung
hantu sedang dijemur. hal pertama yang harus dilakukan
saat burung hantu kehausan adalah memindahkannya ke
tempat teduh dan memberinya minum. saya sendiri tidak tahu
kenapa burung hantu mbak sari soalnya tidak melihat langsung.
coba periksa bagian mata dan lidahnya, warnanya apa...
saya tunggu

tapi kalo minum dan makan dia masih mau gan...
kalo di lepas di pagi hari boleh tidak gan??

tapi burhan saya masih mau makan dan minum gan...
trs kalo misal di lepas pagi hari boleh apa engga???

kalo masih mau makan dan minum gak masalah berarti.
selama masih diawasi, lepas aja, gak apa2 asalkan jangan sampai
kabur.
kalau mau, share aja gambar burung hantunya di fanpage
blog ini... :)

tapi kadanng burhan masih sering mangap2 gto gan...
dan klo misal di kasih air trs dia malah buang kotorannya cair trs itu gmna???
tadi barusan ane lepas dia biar ga di kandang trs tp matanya sllu menutup itu gappa?

gan silahkan bisa liat fotonya di blog saya :)
maaf ga bisa cara upload dsini hehe

kalo ga tinggal klik aja itu sari arrinya ada gambar burhn punya gan... :)
kasih sarannya ya..

udah berapa lama matanya selalu tertutup begitu?
coba buku mulutnya perlahan lalu foto lidahnya.
kalau matanya selalu tertutup begitu, saya khawatir ada masalah
kesehatan lain pada burung hantunya. coba kasih makan pakai
jangkrik, lihat bagaimana nafsu makannya. jangan terlalu banyak
air juga, lebih baik kasih minum hanya setelah makan saja.....

ya, saya sudah liat burung hantunya.
kalo secara visual, tidak ada masalah serius. sementara ini,
tolong beri makan secara teratur kepada burung hantunya dan
beri minum setelah makan... sesekali, ajak keluar rumah dan
latih. semoga burung hantunya sehat selalu... :)

dia kadang kek gto matanya klo di lepas siang (tdk kena snr mthri)
kadng aku kasian klo liat dia cengap2 gto...lok dksih air saja kotorannya cair...

secara visual, saya tidak menemukan masalah apa2 mengenai kesehatannya. selama ini, dikasih makan apa?

hanya jangkrik gan....
tpi kadang dia trs mangap2 kek gto...
saya upload lagi burhan saya silahkan di iat :)

oiyaa tadi pagi burhann saya muntah itu knpa ya ??
trs berbahaya apa engga??

tergantung muntahnya apa dulu.
kalo muntahnya bukan sisa makanan, itu berarti termasuk penyakit.
namun kalau muntahnya berupa sisa makanan, itu normal.
burung hantu kadang memuntahkan pellets, sisa makanan berupa
bulu, sayap, dan tulang makanan yang dimakannya.
sayangnya saya tidak bisa melihat langsung burung hantunya.
kalau bisa mungkin bisa saya periksa...

muntahnya jangkrik mba...
trs aku mau tanya bagian mata burhanku kayak gto sehat normal tp engga??
dan mba fira dokter hewan?

muntahnya jangkrik mba...
trs aku mau tanya bagian mata burhanku kayak gto sehat normal apa engga??
dan mba fira dokter hewan?

oh ya. itu normal kok. burung hantu emang sering mengeluarkan
pellets seperti itu.
kalau saya lihat, matanya sehat. jangan sampai lupa kasih
makan ya. semoga burung hantunya sehat terus.
iya, saya dokter hewan di jakarta... :)

oiaa dok fira..
saya mau tanya knpa burhan saya sering mangap2 gto kayak kehausan..
ada solusinya ga dok?? trs ada vit.utk celepuk saya ga dok??

untuk vitamin, kasih aja minyak ikan tiap minggu. cukup seminggu
sekali aja, jangan lebih.
coba pindahkan burung hantunya ke dalam
rumah, terus tunggu sampai 6 jam. kalau masih mangap2 jg,
saran saya sih bawa ke dokter hewan aja. analisa pertama saya
mungkin dia sekedar kehausan atau dehidrasi aja.

maaf mba sebelumnya kalo saya cerewet dan bnyak tanya hehehe tentang hewan karena baru memelihara hewann
mau tanya mnyak ikan beli dmna??dan harganya sampai brapa mb??
terus kalo misal periksa ke dokter hewan sampai brpa mba??

gak apa2, saya malah seneng bantu2.
beli aja di toko makanan burung. murah kok. satu minggu satu butir
aja ya, cara ngasihinnya minyak ikan ditusuk pake jarum terus
dipencet dan dioles ke jangkrik. kasih jangkriknya ke burung
hantunya.
tergantung dokter hewannya sih. bilang aja mau ngecek aja, paling
juga gak nyampe 150rbu. semoga membantu. :)

di tusuk pake jarum suntk apa jarum pentul mba??
iyaa mba saya panti bnyak tanya dan penasaran dg celepukk heheh:)

jarum apa aja. asalkan isi butiran minyak ikannya bisa keluar. :)

Mba Fira aq mw tanya donk, kalau burhan celepuknya di taro di dlm kandang trs apa bisa menyebabkan kematian? Klo saya mw share foto burhan saya caranya gmn yah? Saya hari minggu kmrn baru aja beli burhan jenis celepuk sepasang, tp saya gk tau umurnya brp bln.. Pas saya smp di rmh burhan saya yg cowok berisik bgt bunyi2 trs, sdgkan yg cewek diem aja gk ada suaranya tp lincah loncat"an kesana kemari di kandang.. Tp pas pagi saya mw kasih makan, burhan yg cewek udh merem aja gk mw melek sm sekali.. Itu kira2 knp & gara2 apa yah mba? Tolong bantu beri penjelasan.. Thx before

sebenernya tidak apa2 kalo burung hantu celepuk ditaruh
di kandang pun. hanya lebih baik agar tidak di
kandangkan karena memang naluri burung pemburu (termasuk
burung hantu) tidak nyaman saat ditaruh di dalam kandang.
kadang, burung hantu yang ditaruh di dalam sangkar akan mengalami
stress sehingga menyebabkan kematian, tapi tidak semua
burung hantu akan stress saat dikandangkan. hanya jenis burung
hantu tingkat medium dan advanced yang akan stress
saat dikandangkan. selengkapnya mengenai tingkat stressing
burung hantu bisa dibaca di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/jenis-jenis-burung-hantu-dan-tingkat.html

mbak chika tahu darimana burung hantunya sepasang? kata yang jual?
soalnya, sangat susah bagi pemula untuk mengetahui jenis kelamin
burung hantu. cara untuk mengetahui jenis kelamin burung hantu
adalah dengan cara sexing menggunakan pendulum emas atau perak.
kalau mbak chika punya kalung mas atau perak, coba gantungi
dengan pendulum dari perak, bisa berupa kunci rumah dll. lalu
goyangkan pendulum itu di depan wajah burung hantu dengan jarak
sekitar 15 atau 10 cm. goyangkan pendulum beberapa kali di
depan wajah burung hantu. jika kepala burung hantu bergerak
mengikuti arah pendulum (dari kiri ke kanan) maka itu adalah
burung hantu betina. namun jika kepala burung hantu bergerak
maju mundur, maka itu adalah burung hantu jantan.

sewajarnya, burung hantu adalah hewan nocturnal, mereka aktif di
malam hari. namun dalam beberapa kesempatan, burung hantu akan
terbangun pada siang hari (untuk makan, misalnya).
namun perlu diperhatikan bahwa burung hantu yang terus-menerus
memejamkan mata bisa jadi itu adalah tanda penyakit.
ciri utama burung hantu yang sakit antara lain tidak mau makan.
jika nafsu makan burung hantu masih normal, bisa dikatakan
burung hantu itu masih sehat. tolong jangan samapai telat memberi
makan. salam kenal. :)

Mba fira sorry baru baca balasan nya, aq jarang buka web nya.. Iya mba kta yg jual nya burung celepuk aq sepasang, aq jg gk ngerti cara bedain nya.. Saran dari mba fira utk mengetahui jenis kelamin burung sangat bermanfaat & menambah pengetahuan utk aq :)) burung aq kmrn sblm mati emg udh merem aja matanya gk mau dibuka sm sekali, tp pas di suapin makan masih mau makan pas mlm.. Mlm itu sempet aq bawa keliling perumahan utk nyariin obat utk burungnya, tp pet shop nya udh pd tutup smua.. Pas keesokan paginya aq liat udh kaku burungnya :(( Oiyah mba fira, boleh minta nmr hp atau id line nya gak? Biar bisa konsultasi lebih byk, krna aq baru pertama kali pelihara burhan hehe.. Terima kasih banyak sebelum & sesudahnya mba, salam kenal kembali dari bekasi :)

mba fira kalo kotoran burhan yg sehat gmna??
cz burhanku gak cair tp ada putih sama hitamnya..hehheh

kalau mau, dibookmark aja blognya. tekan CTRL D di keyboard.
sementara ini, bisa konsultasi online via facebook fanpage
cara memelihara hewan di https://www.facebook.com/CaraMemeliharaHewan

sebenarnya sih memelihara celepuk itu relatif mudah. hanya jangan
sampai lupa memberi makan, minum, sama hindarkan stress aja.
akan lebih baik lagi kalau tidak dikandangkan karena naluri
burung hantu tidak nyaman dikandangkan. :)

bagus kalau bentuk pup-nya begitu. ciri burung hantu sehat
biasanya bentuk pup-nya padat atau krim dan berwarna hitam dan
putih.

coba ambil senter, kemudian sorotkan ke matanya sambil
dimajukan perlahan mendekati matanya. lihar pupil matanya,
membesar atau mengecil. bisa laporkan kembali ke mari kalau
sudah dicek. semoga membantu. :)

mb firaa knpa ya celepuk saya kok kdang dia mangap2 tapi agak mangap lebar.
itu gmna mb?

sebenarnya, ada beberapa alasan kenapa burung hantu mangap2:
1. kehausan
2. mau memuntahkan pellets (sisa makanan berupa bulu, tulang, dll)
selama matanya tidak terpejam, sebenarnya normal2 saja bagi
burung hantu. kecuali jika burung hantu mangap2 dan matanya
merem, itu mungkin dia sedang sakit. ciri burung hantu yang sakit
selain matanya terpejam biasanya pup-nya cair dan berwarna
hijau/bening. semoga membantu. :)

huhuuhu...
tadi dia pupnya agak kuning ke hijau2an gtu :'(
bauu lagi cz aku cium pup ditanganku hehehe :D
obat jika celepuk sakit apa mba dkter fira??
aku blm beli vitamin wat burhanku...

selama ini dikasih makan apa? :)
kalau dilihat dari warna pup-nya sih sepertinya ada bakteri di dalam ususnya, bisa jadi juga karena cacing di dalam usus. selama dia masih aktif (tidak memejamkan mata dan murung) saya pikir masih termasuk sehat.
untuk obat sendiri sebenarnya lebih jelasnya dokter hewan terdekat aja. karena obat untuk owlry biasanya tidak dijual bebas.

makan hanya jangkrik terus mba...
dia masih aktif dan mau makan mba...
blum saya bawa ke dokter mb...

kalo masih aktif dan mau makan serta matanya tidak terpejam dan
tidak terlihat murung dan fesesnya tidak cair, bisa dikatakan burung burung hantu itu sehat. :)

kalau diberi makan ayam bagaimana? karna dikasih ayam dia mau makan,. :D SEHAT tidak untuk burungnya?

kalau untuk burung hantu celepuk sendiri sebenarnya daging ayam
tidak terlalu cocok untuk sistem pencernaannya, tapi jika hanya sesekali, boleh2 saja. pakai daging ayam mentah ya mas, jangan
yang matang (sudah digoreng). semoga membantu. :)

mba fira aku upload foto muntahan dan pupnya celepuk punyaku,..
dia sehari smlm muntah 2x mba,,,tdi pagi sama siang tadi ...
tolong di liat yaa mbaa :) mksh

iya, barusan saya dah liat fotonya.
yang dimuntahkan itu pellets. dia memuntahkan kembali makanannya karena mbak sari terlalu banyak memberinya makan atau terlalu sering.
sebaiknya, beri makan seperlunya saja: pagi, siang, malam, dengan porsi beri terus sampai dia tidak memakan makanannya lagi.
dari segi pup-nya sendiri, sepertinya normal kecuali gambar yang satu, yang terlalu cair. itu terlalu banyak minum sepertinya.
semoga membantu.

oh ya. barusan saya lihat dari lidah dan matanya juga sepertinya sehat. tinggal berikan minyak ikan tiap minggu, cukup sebutir seminggu, jangan lebih. dan minyak ikan yang digunakan adalah minyak ikan untuk ayam, bukan untuk kucing. :)

kalo warna pupnyakan ada yng kuningg kek gto gmna mba??
hahhaha makan lok aku brgkt kuliah ma cowoku yg ngsih makan kkanya cwo ku jdi asal2an haha

asal gak cair banget, kuning sih gak apa2.
iya, itu sepertinya ngasih makannya terlalu banyak. burung hantu celepuk sih termasuk sangat gampang dipelihara. tingkat kesulitan pemeliharaan burung hantu bisa dibaca di artikel di blog ini.
jangan sungkan kalau mau konsultasi. :)

okok mba... :)
mksh bgd mba atas infonya hehhehe
maaf ya mb lo saya cerewt.. :D
kasih minyak ikan gmna? di suntikkan ke jangkrik gapap mb??

dioles aja ke jangkriknya sebelum jangkriknya dikasih ke burung hantunya.
gak apa2, saya malah seneng bisa bantu2... :)

mba bagaimna cara mandiin celepuk...
cz bulunya bau mba ...
hehhehee

kalo masih seumur segitu sebaiknya jangan dimandiin dulu.
kalau memang bau, coba disemprot pakai semprotan air sedikit (jangan terlalu basah), lalu jemur sekitar 3 menit (jangan lebih), selebihnya angin2kan saja di ruangan sejuk sambil diberi makan... :)

gak di mandiin cuma di lap pake air...
trs wktu yg bgus utk mandiin/semprot itu kapan mb?

sementara ini, tunggu sampe bulu kapasnya benar-benar hilang.
kalo dah hilang, bisa disemprot sedikit di pagi hari (jam 7an) jangan sampai basah (sekedarnya saja, sekitar 3 atau 5 kali semprot), lalu lap dengan lap kering, dan jemur sekitar 3 menit....
semoga membantu... :D

dkter.firaa saya mau tnya burhanku klo di elus-elus itu suka gigit2 tapi tidak sakit....
itu knpa ya?? padahal saya tidak pasang sikap defense sama celepuk...
terima kasih.. :)

oh, dia sudah mulai mengenal mbak sari berarti. :)
saya sendiri lebih cenderung mendeskripsikan perilaku sering menggigit2 kecil itu sebagai cara burung hantu berterima kasih atas perawatan kita. dulu saya juga begitu ketika punya barn owl. saya kadang mengelus bagian kepala burung hantu perlahan jika dia menggigit2 kecil jari atau telinga saya.

ini membuktikan bahwa sebuas apapun hewan, dia pasti tahu mana manusia yang jahat dan mana manusia yang baik. apalagi hewan nocturnal seperti burung hantu dan musang, mereka bisa membaca pikiran kita hanya dari tatapan mata saja.

untuk langkah selanjutnya, mbak sari bisa mulai training burung hantunya. coba kasih pakan hidup seperti bayi tikus putih. dan coba beri nama, sering panggil pakai namanya.... Senang akhirnya ada burung hantu yang dirawat oleh tangan yang tepat. :)

iya mba namanya MINI mba?suka gigit - gigit kecil klo tngan a aku tak sodorin...tp gigitnya ga keras mba? itu artinya apa ya mba?klo burhan takut atau terancam kan biasanya dia defense dengan lebarin sayapnya?lah ini nggak mba tp ggit ggit kcil

bagus, itu berarti si Mini sudah mulai kenal dengan mbak sari, seperti saya tulis di jawaban sebelumnya.. :)

klo misal burhan itu menggerakkan kplanya (muter muter) gtu knpa mba??
dan misal tidak ada tikus putih bgaimna??makanan apa slaen tkus putih?

selama kotorannya normal, burung hantu bisa dikatakan sehat. memutar kepala dan menggerakkan kepala normal bagi burung hantu. taruh perch (tangkringan)-nya di tempat teduh ya, jgn kepanasan. sesekali dijemur boleh, satu minggu sekali aja, biar parasit dan kuman di bulunya mati. jemur di bawah sinar matahari pagi dibawah jam 9 pagi aja selama 3 sampe 7 menit. mbak sari juga bisa membaca mengenai penyakit2 burung hantu di postingan terbaru blog ini http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/06/penyakit-penyakit-burung-hantu.html

semoga Mini sehat terus... :)

mba kalo selaen tikus putih apa??
cz dsni jarang ada tikus putih....

pake daging sapi juga bisa, beli aja di tukang sate, beli mentahnya aja.... :)

saya mau nanya nih, saya baru beli burhan maaf bukan celepuk tapi barn owl. yang saya bingung kok gamau makan (sudah beli daging sapi, ayam, domba, kornet, tikus putih) ama minum, badannya gemeteran gitu usinya masih kisaran 1 bulanan takut mati udah 2 hari ga makannnnnnn.

sepertinya burung hantu barn owlnya stress.
burung hantu barn owl memang tidak cocok dipelihara oleh pemula, seperti yang saya tulis di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/jenis-jenis-burung-hantu-dan-tingkat.html

daging sapinya aja mba??
misal di kasih emprit mau engga??
atau hamster

bisa, tapi harus dipotong, dicabut dulu bulunya, dicacah2 dagingnya sampe agak kecil, baru dikasihin ke si Mini..... lebih gampang sih pake daging sapi, beli di tukang sate, lebih praktis, tinggal kasihin aja... :)

iya, daging sapinya aja. kalo sedikit ada lemaknya jg gak apa2, asalkan jangan lemak semua.. :)

mba knpa ya semenjak mini itu aktif terbang dia malah ga suka makan lok mlem hari...
sedih klo dia nnti kek gto trus....

mini tidak mau makan , itu knpa ya mba?
dia lagi suka terbang2 gto dan tak mau makan..

tapi dia tetap mau makan kan?
kalau dia tetap mau makan, gak apa2. cukup rutin memberikan dia makan di waktu2 tertentu saat dia mau makan. burung yang brancher (belajar terbang) memang biasanya seperti itu, dan itu normal. cukup pastikan dia mendapat asupan makanan secara teratur, kalau bisa dijadwal. sehat terus buat mini... :)

dia susah mba maknnya,,,
semalem aja cuma 3 jangkrik itu aja lama masuk ke mulutnya...
tkut dia knpa2 mba... :(
aminn smga mini sehat trs :)

gak kenapa2. coba kasih aja makan terus. penambahan jadwal makan juga bisa. misalnya, jadwal yang sekarang 3x sehari, bisa ditambah jadi 4x sehari.... selama dia masih doyan makan, gak masalah....

dia ga mau makan sama skli mb... :'(

murung gak? selama dia gak murung dan gak diem aja, biarin aja dlu sambil diobservasi.
coba kasih minum.

diaa manja sekarng mba... :D

hehehehe... tapi sehat kan? :)

iyaa mba sehat :)
alhamdulillahhh sehat..
tpi makannya agak susah dan harus di pancing2 gto mb :)
oiaa mb lok misal di kasih makan cicak gapap??

cicak masih boleh.
coba latih burung hantunya... sehat terus buat mini... :)

iyaa mba.. :)
oiia klo ganti bulu itu brapa lama ???
pngen cpet2 gde itu mini , lucu mungkin lok dah gede :)

celepuk biasanya berhenti tumbuh di usia 4 bulan. celepuk memang jenis burung hantu berukuran kecil.
kalau bulunya sendiri, burung hantu hanya mengalami 3x ganti bulu saat dia beranjak dari usia baby (bulu kapas) ke usia anakan (bulu semi kapas) dan dari anakan ke usia dewasa. :)

Celepuk lebih bagus di dalam rumah apa di luar? Terimakasih.

lebih bagus kalau di dalam ruangan bersirkulasi udara bagus

mba fira, saya baru beli burahan jenis celepuk tpi burhannya masih bulu kapas. trus dia matanya terpejam mulu tapi dia masih tetep bunyi dan kalo dikasih makan dia mau. itu knapa ya mba??

karena saya tidak bisa melihat burung hantunya secara langsung, sulit untuk tahu bagaimana kondisi burung hantu mas bukhari yang sebenarnya. coba cek, apakah fesesnya cair atau padat? warna fesesnya apa? apakah dia masih aktif berbunyi di malam hari atau tidak? saya tunggu... :)

kalo saat ini fesesnya cair, warna fesesnya kuning dan hijau ke item iteman. burhan saya kalo di malam hari masih aktif bunyi tetapi matanya suka tertutup dan kadang kadang mata terbuka sedikit.

coba mas foto fesesnya, follow google plus blog ini, dan posting fotonya di google plus agar saya bisa melihat seperti apa bentuknya. dari warna fesesnya sendiri sepertinya ada bakteri di ususnya. saya tunggu ya mas agar saya bisa mengetahui apa penyakitnya... :)

dilihat dari bentuk fesesnya, sepertinya memang ada masalah di pencernaannya mas. kalau bisa sih bawa saja ke dokter hewan terdekat buat check up. jangan lupa rutin diberi makan setiap hari, jangan sampai telat memberi makan..... semoga membantu... :)

tempat dokter hewan biasanya dimana yaa??

mba kasih tau dong tempat dokter hewan didaerah jakarta dimna??

banyak mas, masnya bisa googling sendiri.... :)

mba
mini kan hbs pindh tmpat tinggal. trs dia sesampainya drmh baru dia awalnya diem dan stlah itu mlai terbang2 dan bunyi trs ...makan juga cuma 3 jangkrik aja
smentara ini mini aku taruh di kandang dan aku tutupi...dan lampu mati
aku takut dia stress :'(

Dr. Fira mau tanya nih :) ini owl aku baru dapet 2 hari yang lalu sebagai hadiah ulang tahun .. kata temen aku umurnya 4 bulan, kadang dia di pegang gak matuk tapi kadang kadang juga matuk sambil ngembangin sayapnya gitu .. saya kasih makan jangkrik, karena saya takut serangga jadi saya kasih pake sumpit, kalau jangkriknya di taro di bowlnya dia gak mau ambil .. kalau seperti itu masih mudah gak ya buat di jinakin ?? owl nya saya taruh di perch tiap malam cuma di lepas pagi dan siang hari karna kalau malam takut ankletnya nyangkut pas di lepas dan gak ketawan, takut mati, tapi dia gerak gerak terus tiap malam di perchnya, bagusnya gimana ya ? trimakasih :D

tambahan, owl aku jenis celepuk :)

oh yam gak apa2 gitu juga. makan cuma 3 jangkrik gak apa2, asalkan jangan sampe telat makan meski dia makan cuma 3 jangkrik juga. sehat terus buat mini ya.... salam dari Errol, burung hantu saya. :)

salam kenal mas ribcca.
saran saya sih gak usah takut digigit. burung hantu akan liat jangkrik di tangan kita, dan dia bakalan tahu bahwa maksud kita tuh mau menyuapinya. kalo seperti itu pasti dia gak akan gigit tangan kita. lagian digigit burung hantu juga gak sakit kok mas. ,mas ribcca hanya perlu membiasakan diri digigit aja biar gak kaget lagi kalo digigit. dan proses digigit ini sebenernya sebagian dari proses penjinakan. sama seperti musang. makin sering digigit maka makin kenal dia dengan kita.

hewan2 nocturnal seperti burung hantu, musang, sugar glider, dll sebenernya bisa membaca pikiran kita lewat tatapan mata mereka. mereka tahu apa yang kita rasakan. jadi makin takut kita ama mereka, makin susah mereka dijinakin.... soal perch, saran saya sih taruh burung hantunya di ruangan tertutup aja, burung hantu saya, si Errol, saya lepaskan begitu saja di gudang, dan dia akan terbang dan hinggap di bahu saya tiap kali saya masuk gudang mau kasih makan, saya juga kerap ngobrol ama errol, dan percaya atau tidak, si errol kadang mengedipkan mata setiap kali saya ajak dia ngobrol, seolah mengerti apa yang saya ucapkan.

nama burung hantunya siapa mas?

pagi dok,
mau tanya 2hari lalu celepuk saya usia brancher awal,
tidak sengaja di kasih makan roti 2 cuil kecil sama kawan saya..
sorenya muntah2,
n kepalanya jadi ga fokus,
tertunduk pelan2(kyk orang ngantuk, tapi mata kebuka lebar),
tadi sempat muter2 sendiri...
kotoranny agak berair tapi warnany normal.
skarang aku kasi jangkrik 2 ekor tiap 2 jam biar ga dmuntahin..
minta bantuannya cara mengobatinya?
thx

masalah di pencernaanya. mohon untuk tidak memberikan makanan yang mengandung tepung atau sejenisnya seperti roti dll. saran saya, beri minum dan makan secara terus menerus hingga roti tersebut keluar melalui feses dengan sendirinya. saya sendiri sebenarnya lebih khawatir jika roti tersebut malah menempel di usus burung hantu tersebut dan tidak bisa dikeluarkan lagi.

jika sampai sore atau malam ini masih belum baikan, lebih baik dibawa ke dokter hewan terdekat. salam...

salam kembali untuk Errol mb :)
oiia mba itu celepuk emang hewan pembawa nyawa ya mba??
bolehh liat ga mb foto errol punya mba??

gan burhan saya kalo d dket,in kok malah takut ya gan.kadang memberontak mau terbang gitu.........caranya buat jinakin tu burhan gmana gan?

gak, itu cuma mitos. beberapa kebudayaan (jawa, misalnya) mengaitkan burung hantu dengan keberadaan makhluk halus, tapi saya dan keluarga saya seumur-umur pelihara burung hantu (keluarga saya rata2 melihara burung pemburu alias falconry kayak elang, alap2, dll, cuma saya aja yang fokus ke owlry, pemeliharaan burung hantu) belum pernah ada kejadian mistis sama sekali meski saya dibekali "indra keenam". dan ingat loh, burung hantu itu lambang kebijaksanaan.... iya, nanti coba saya posting gambar si errol di sini.. :)

umur berapa mas rizal? dan udah berapa lama dipelihara?
kalo burung hantu usia dewasa memang begitu sifatnya, kecuali kalau dipelihara sejak kecil, sejak bulu kapas. tapi masih bisa jinak kok. sering2 diajak main dan dikasih makan pakai tangan (handsfeed) lama2 jinak juga.... cara ajak mainnya lepas aja di ruangan tertutup. saya sendiri dulu melepaskan si Errol di dalam kamar saya dan membiarkan dia terbang2an di situ. waktu saya tidur juga tetap saya lepaskan di kamar saya. akhirnya dia sadar kalau saya bukan ancaman. yang pasti, jangan menempatkan burung hantu di dalam sangkar/kandang. burung hantu itu bukan hewan peliharaan, dia partner kita.... :)

dok fira, salam kenal. celepuk saya 2 hari yg lalu saya mandikan dengan disemprot air sedikit2, tiba2 celepuk saya mulai kemarin tiba-tiba nggak mau makan. kalo dikasih makan malah mengembangkan sayap dan bersikap defensif gitu. terus matanya merem terus kayak sakit gitu. padahal sebelumnya baik2 saja, lincah dan makannya lancar. apa yg harus saya lakukan? apakah bisa dipaksa makan jangkrik? mohon solusinya. kasian kalo liat keadaaanya gini...

analisa saya: mungkin masnya menyemprotkan airnya terlalu basah, ditambah lagi saat itu kondisi burung hantu celepuknya sedang stress, sehingga menambah tingkat stressnya.
memang sebaiknya burung tidak dimandikan dulu sampai anda yakin bahwa burung itu benar-benar sehat dan bebas-stress.
untuk langkah selanjutnya, coba tetap kasih makan. kalau bisa, kasih makan pinkies (bayi tikus putih) yang dilukai sedikit, lalu tempatkan burung hantu itu dan bayi tikus putih di dalam dus kemudian tutup dusnya, biar si burung hantu berburu sendiri dan menumbuhkan kembali insting dan kesehatannya.


untuk langkah awal, taruh burung hantu di ruangan sepi. beri makan tiap hari. beri minum. semoga membantu dan jangan sungkan buat konsultasi lagi... :)

okok mba :)
mksih atas infonya mba...
pngen liat deh errol punya mba

si errol jam segini lagi berburu di luar. perch-nya kosong tadi saya liat. ntar juga pulang sendiri sambil bawa tikus, hehehehe.... kadang suka khawatir juga sih kalo dia cari tikus sendiri di luar, takutnya ada bakteri apa yang ikut kemakan ama si errol, tapi tiap hari saya cek warna fesesnya, bentuk fesesnya, ama bau fesesnya buat ngecek kesehatannya. :)

kita bisa tahu si burung hantu makan apa saja dari liat bentuk fesesnya, bau fesesnya, ama warna fesesnya. perlu belajar juga sih. nanti saya buatkan artikelnya... mini gimana kabarnya? sehat?

iyaa mbaa bikin artikel ttg feses burhan mba..
kan kadang mini fesesnya agak hijau gto..tpi stlah di kasih makan brbh lg jdi putih sama htam..
alhamdulillah sehat mb mininya :)

dok fira, maaf mau tanya lagi, setelah di karantina, celepuk saya sudah mau makan. karena fesesnya sudah banyak. kira2 berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses karantina ini? ini sudah jalan 2 hari. apakah boleh habis karantina langsung dipakaikan anklet? terima kasih.

bentuk fesesnya gmn? warnanya apa?
kalau warnanya mayoritas putih dan ada sedikit bagian warna hitamnya, bentuknya tidak terlalu cair (krim), silakan pasangi saja gak apa2. sebenernya, secara umum, burung hantunya bisa langsung dipasangi anklett. saran saya, pasangi aja gak apa2, setelah itu karantina lagi selama 2 hari lagi. :)

kalau celepuk kehujanan gimana cara mengatasinya ya mba dr Fira ? makasih :)

keadaannya sekarang bagaimana? ada kemungkinan celepuk yang kehujanan biasanya stress. sebaiknya keringkan dulu bulunya sampai benar-benar kering lalu diamkan di ruangan kosong sampai dia gak stress lagi... :)

Pagi mba Fira :)
Aku punya burung hantu nih dikasih kakakku beberapa bulan lalu aku gatau pasti jenisnya apa tapi sepertinya dia celepuk hehe
Aku mau nanya nih, kan selama ini kakakku kasih makan dia ulet yang coklat gitu yang katanya namanya ulet hongkong, aku lanjutin aja selama ini ngasih makan itu, emang ga apa apa ya?
Terus, kemaren-kemaren dia matanya aneh kayak kelopaknya nutup sebagian terus seharian nutup sebelah, karena aku kasian aku suapin makanannya aja jadinya dan akhirnya dia buka mata terus matanya berair dan kelopaknya kayak masih nutup sebagian.
aku harus gimana ya sekarang?
Maaf pertanyaannya panjang, makasih sebelumnyaa :)

Setelah aku cari jenis burung hantu aku javan owlet hehehe

berdasarkan artikel di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/jenis-jenis-burung-hantu-dan-tingkat.html javan owlet sendiri sebenernya lebih susah cara pemeliharaannya dari celepuk, meski masih tergolong level mudah. untuk pakan, saya lebih memilih jangkrik atau bayi tikus putih. ulat hongkong bisa diberikan hanya seminggu sekali saja. terlalu banyak diberi ulat hongkong tidak bagus untuk burung.... semoga membantu

iyaa terimakasih mba untuk sarannya :)
terus kalo buat matanya yang nutup terus gitu aku harus gimana ya sekarang? dia jadi nunduk terus dan gamau makan

sepertinya memang sakit, mungkin karena akibat diberi makan ulat hongkong yang terlalu banyak kemarin. apa warna fesesnya? bentuk fesesnya apa?
untuk sementara, diamkan dulu burung hantunya di ruangan sepi yang tertutup sambil terus diobservasi, usahakan untuk memberinya makan terus, bujuk untuk makan. sementara beri air dulu setiap pagi, siang, dan sore sambil dibujuk diberi makan. saya tunggu kelanjutannya dan semoga burung hantunya sehat lagi... :)

fesesnya warna putih cair gitu mba
sekarang dia udah mau makan jangkrik, minum juga mau
tapi sekarang kayaknya dia muntah soalnya dibawah jadi banyak bekas bekas badan jangkrik
amiin kasian dia lemes huhu

oh, itu normal. BURUNG HANTU KADANG MEMUNTAHKAN MAKANAN YANG TIDAK DICERNA ATAU BEKAS BULU DAN TULANG DARI HEWAN YANG DIMAKANNYA. Istilah sisa makanan yang dimuntahkan burung hantu itu disebut pellets. Itu malah bagus, artinya sistem pencernaan burung hantu mbak bagus. fesesnya cair? warna apa?

Assalamualaikum dok,saya ada sedikit pertanyaan sederhana.. saya biasa naro burhan di teras rumah dengan sedikit pencahayaan,kira2 berbahaya atau engga yah ditaro ditempat yang agak silau sedikit,jika berbahaya,apa dampaknya? Trims

Kalo Burhan celepuk bisa di jadi in partner gak???

tempat yang ideal untuk menaruh burung hantu adalah tempat yang tidak terlalu bising/berisik. burung hantu yang ditaruh di tempat bising biasanya rentan stress. :)

semua jenis burung hantu bisa dijadikan partner.. :)

mba fira ,,..
klau burhan merontokkan bulu kapasnya tiap harinya gmna mb??
cz mini skrg bulunya malah jd berantakan gto..
tpi bukan karena terbng2 blu kapasnya rontok..
trs baunya malah tambah dr sblumnya,,, :D

kalo lagi merontokkan bulu kapas, gak apa2. lebih baik jangan dimainin dlu sampe bulunya berganti ama bulu asli.
cek aja kesehatannya dari bentuk feses ama warnanya. taruh dia di tempat sepi dulu sampe bulunya bener2 dah keganti dengan bulu asli. beri minyak ikan seminggu sekali biar bulu barunya nanti bagus....

sehat terus buat mini :)

fesesnya putih htam...kdng ada kuning kehijauan mba,..
wahh brrti mini mau gnti bulu ya mba...
lok msal ga di taruh di tmpat gelap gppa mba??
dia juga ga bgtu stress sih..malah pngen main2 (terbang2 kecil gto) hehhe
iyaaa mba smga mini sehat sllu amin..
salam wat errol dri mini :)

kalau fesesnya putih dan ada hitamnya sedikit itu sehat. :)
gak perlu ditempat yang gelap, cukup taruh saja di tempat sepi saja.
kalau dia sudah mulai terbang2 kecil gitu memang itu berarti dia sedang ganti bulu dan dia mulai belajar terbang. coba beri makan pakai tangan disuapin sambil ajak ngobrol, percaya deh, mereka ngerti apa yang kita omongin... :)
salam juga dari errol :D

si errol lagi seneng berburu makanan sendiri sekarang, kadang 2 hari baru pulang. kadang pulang sambil gigit tikus biar saya liat dia bisa cari makan sendiri, hehehehe.... kadang malah dikasihin ke saya tikusnya. udah jadi naluri burung hantu bahwa mereka menganggap kita sebagai "burung hantu besar yang baik padaku"... :)

wahhh asyik tuh mba..
jdi pengen liat burhan errol...:D
sipp mba ku lakukan yg dksih saran sma mba...
mksh mba

Kalo ditaruh di ruang kosong berarti di kamar

Sore dok. Saya bru saja adopt celepuk msh bulu kapas. Kira2 gmn dok cara merawatnya karena saya dlu pernah adopt celepuk juve tapi seminggu trus mati. Dan celepuk saya ini klo saya pegang selalu sayapnya mengembang. Trimakasih dok.

gak hanya di kamar saja. bisa juga di gudang atau lain sebagainya... :)

sebaiknya diamkan dulu burung hantunya di ruangan kosong hingga dia beradaptasi. beri makan dan minum secara teratur dengan disuapi sehingga dia mengenal anda. beri nama dan serung2 dipanggil dengan namanya tersebut... semoga burung hantunya sehat selalu... saya tunggu perkembangannya... :)

Oh ya dok. Td celepuknya saya masukan di kardus. Lalu sorenya naik2 keluar dri kardus. Lalu saya taruh ditangkringan dn saya tali. Saya kasih makan dan minum masih nurut. Nah waktu malamnya celepuk saya bunyi terus saya kira lapar lalu saya kasih jangkrik tapi sampai sekarang masih bunyi. Kira2 knapa ya dok ? Apa ada yg salah ? Terima kasih sebelumnya.

itu wajar. semua burung hantu memang seperti itu, suka berbunyi di malam hari. sebaiknya, cukup berikan makan 3 kali sehari: pagi, sore, dan malam hari. pemberian minum juga jangan sampai lupa. dikasih nama siapa burung hantunya? :)

Ok mbak makasih bantuannya. Namanya jessy mbak. Oh saya kira kenapa2. Tpi itu apa harus saya taruh kardus lagi atau tidak ?

jangan dimasukkan lagi ke dus. taruh aja di ruangan kosong seperti gudang atau semacamnya selama 3 hari sambil terus diberi makan. setelah 3 hari boleh dipindahkan ke perch (tangkringan) burung hantu..... mas bisa membuat perch sendiri dengan membaca artikel tentang cara membuat perch sendiri di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/06/membuat-perch-sendiri.html.... masnya juga bisa membaca tentang membedakan jenis kelamin burung hantu di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/06/cara-membedakan-jenis-kelamin-burung.html

sehat selalu buat jessy

untuk pemberian air minum, bisa memakai sedotan.
masukkan sedotan ke gelas berisi air matang, lipat ujungnya yang
diatas hingga saat diangkat ada air yang tertahan di ujung bagian bawah sedotan, sodorkan sedotan tersebut ke paruh celepuk lalu lepaskan perlahan lipatan yang anda pegang hingga air keluar dari ujung sedotan satunya (yang disodorkan ke paruh burung),,,Emng klo d alam dia mnum gimana???

Sore dok mw tanya utk celepuk bisa itu mulai bisa dilatih pada saat usia berapa ? Apakah peralihan dri chick ke brancher sudah bisa ? Trims dok

melatih burung hantu bisa dilakukan pada usia chick atau bulu kapas. burung hantu usia peralihan chick ke brancher masih bisa dilatih. cara melatih burung hantu bisa dibaca di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/cara-melatih-burung-hantu.html

jangan sungkan untuk berkonsultasi ke blog ini... :)

burung hantu saya, si Errol, sudah bisa minum sendiri dari ember atau tempat minumnya. tapi cara minum seperti itu (burung hantu minum sendiri dari tempat minumnya) tidak bisa kita terapkan pada burung hantu berusia muda atau burung hantu hasil tangkapan liar berusia tua.

di alam sendiri sebenarnya burung hantu bisa mencari minum sendiri, tapi tidak demikian dengan burung hantu yang dipelihara. burung hantu yang dipelihara, terutama jenis burung hantu yang memiliki tingkat stress tinggi, akan menganggap kita musuhnya dan perlu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun agar dia percaya kepada kita, sahabatnya. perlu pembiasaan agar si burung hantu tidak menganggap kita musuhnya agar dia mau minum dengan bebas di tempat yang kita sodorkan. semakin lama seekor burung hantu anda pelihara, maka semakin percaya dia dengan anda. dengan cara itu, dia akan mau minum dari tempat yang anda sediakan....

salam kenal... :)

Trmksh atas pencerahanya nya dok :)

Mba firaa
Burung hantu aku sekarang ahlamdulillah udah sehat lagi, makan udah lancar seperti biasa dan udah lincah lagi :)
Terimakasih atas saran-sarannya :)

alhamdulillah.... seneng dengernya....
jangan lupa kasih nama burung hantunya..... :)

Burunghantu saya kaki yang satunya tidak bisa digerkan.. Gara gara semaleman burhannya menggantung karena lompat dari tenggerannya... Kasian dok.. Minta sarannya saya harus gimana ya?

burung hantu yang belum terlalu jinak (masih suka terbang-terbangan, belum kalem) memang sebaiknya jangan diikat saat ditangkringkan di perch-nya. lebih baik, taruh burung hantu di perchnya di ruangan tertutup tapi bersirkulasi baik seperti di gudang atau di ruangan kosong dan semacamnya tanpa diikat, hanya ditangkringkan di perchnya....

kalau sudah terjadi kaki burung hantu pincang seperti itu, sebagai pertolongan pertama sebaiknya lepaskan lease (tali ikatan burung hantu) dr kakinya, lalu oleskan minyak tawon ke kaki burung hantu yang sakit dengan menggunakan kapas. usapkan dengan merata. lalu taruh burung hantu di dalam box kardus yang agak besar (kira2 2x tinggi burung hantunya). tutup box tersebut, dan biarkan burung hantu di dalam box itu selama 24 jam sambil terus diberi makan dan minum. jika setelah 24 jam kaki burung hantu tetap pincang, sebaiknya segera bawa burung hantu ke dokter hewan terdekat agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut,

saya ingin dengar kabar burung hantunya ya mas... semoga cepet sembuh dan jangan sungkan buat konsultasi lagi.... :)

Misi tumpang tnya, ane baru adop burhan usia mature...
Bner2 kaya burung liar, di deketin aj dia lngsung deff..
Gmna caranya klo da tua gt yaa ??
Thank'ss

sebenarnya masih bisa dijinakkan, cuma lebih butuh waktu. handsfeed aja dlu selama 3 bulan ini (handsfeed = diberi makan pakai tangan, disuapi). :)
jangan sungkan untuk konsultasi di sini,....

Mbak, mau nanya, saya baru tentang BOP, mau adopt celepuk usia juve, skill JTTF, apakah perlakuannya sama seperti artikel diatas atau ada yang khusus, lalu apakah masih bisa terjadi ikatan soalnya adoptnya udah gede gitu. Terima kasih

ya, perlakuannya sama. hanya saja lebih baik latihannya ditingkatkan lagi. coba FTF dan FF. cara melatih burung hantu bisa dibaca di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/cara-melatih-burung-hantu.html

burung hantu, khususnya celepuk, punya kecerdasan dalam mengenali orang yang memeliharanya. mereka bisa membaca pikiran kita hanya lewat tatapan mata, sama halnya seperti kuda bisa membaca pikiran penunggangnya lewat sentuhan tangan.
tunjukkan saja dalam hati kalau mas memang tidak bermaksud jahat dan memang berniat baik dalam memeliharanya. burung hantu celepuk saya dulu tidak pernah saya ikatkan ke perch, dia juga berburu makanannya sendiri di luar rumah, dan pulang kalau udah adzan subuh.... :)

terima kasih Mbak atas informasinya

Oke, abis handafeed 3 bulan biar lbih jinak gmna ?? Trus perlu d mandiin gk si ?? Klo iya brpa x sebulan ya ??satu lg mba, kukunya kan tjem bleh d ptong gk ?? Mkasihh

bisa sedikit lebih jinak, tapi tentu tidak jinak banget. kalau mau jinak banget bisa merawat burung hantu dari usia bulu kapas. :)
dimandikan hanya disemprot dengan semprotan air, tapi jangan terlalu basah. cukup semprot 2 atau 3 kali, lalu lap dengan kain. 2 minggu sekali aja.
menurut saya boleh2 aja memotong kuku burung hantu, namun saya sendiri jarang melakukannya. selain riskan (takut kenapa2), kuku pada burung hantu juga membantu mereka saat makan... kalo toh misalnya mas ingin memotong kukunya, silakan. tapi pastikan kuku yang dipotong hanya bagian tajamnya saja, tidak lebih dari setengah senti dr bagian tajam kukunya... semoga membantu... :)

Malem.
Saya mau numpang tanya.
Saya baru aja pelihara burhan.
Saya mau tanya, klo di gigit sakit ga ya? Saya sebelumnya blm pernah di gigit burhan soalnya.. Jd masih ragu2 untuk deketin. Makasih.

gak sakit kok. sebenernya membiasakan diri aja biar gak kaget lagi pas digigit, itu aja. kalo digigitnya sendiri gak sakit, gak sampe berdarah... :)

selamat malam
saya kemarin baru aja beli burhan
saya mau tanya
kenapa kadang kalok saya kasih makan burhan saya selalu membuka kedua sayapnya?

klo burung hantu hasil tangkapan liar memang begitu. dia masih defensif terhadap orang yang memeliharanya. sering2 diajak main dan diberi makan disuapi pake tangan agar dia percaya kpd anda, lama2 dia tidak defensif lagi.... :)

saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan untuk prepare membeli BURHAN (maaf kalau kebanyakan) :
1.dikatakan,agar mudah menjinakan,dianjurkan membeli BURHAN yang masih chick,yang dikatakan chick berapa bulan sampai berapa bulan?
2.rencananya,saya ingin membeli BURHAN di psr hewan.JATINEGARA,rumah saya di BEKASI.untuk membawa si BURHAN,menggunakan kandang atau apa?(misal saya pakai motor/misal saya pakai mobil)
3.dikatakan,saat baru sampai dirumah si BURHAN harus di biarkan di ruangan kosong untuk beradabtasi.bolehkah saya taruh di teras?(nggk ada space lagi di dlm rumah) dan sebelumnya si BURHAN dipakaikan perch dulu kan?
4.apakah ada perawatan khusuh untuk si BURHAN yang masih chick?
5.pemberian makan dengan anak mencit saat BURHAN berumur berapa bulan?apakah anak mencit boleh tidak usah dilukai(saya nggk tegaan,dok)
6.untuk memberi makan dengan jangkrik,apakah ada bagian tubuh jangkrik yang harus di buang dulu?
7.untuk memberi minum dengan menyodorkan air menggunakan sedotan,seberapa banyak air yang harus kita berikan ke si BURHAN?
8.untuk sehari hari,apa boleh saya taruh si BURHAN di teras saja?(kembali lagi,nggk ada lg space di dlm rumah)
9.apakah BURHAN perlu di mandikan?
10.saya mau taruh si BURHAN di teras,nah di situ ada kolam ikan,apakah berbahaya untuk si BURHAN dan si IKAN?(tapi,kolam ikan nya ada penutup dari kawat)
11.yang dikatakan sering mengajak bermain si BURHAN itu apa?
12.selain jenis BURHAN celepuk,java owlet,dan oriental bay owlet,jenis BURHAN apa lagi yang dianjurkan untuk pemula?

*PERTANYAAN TAMBAHAN:
-apakah ada komunitas/grup di facebook bagi pecinta BURHAN?untuk saling share gitu...
-apa ada yang menjua perch yang digantung? (biasanya kan berdiri)

sebelumnya,TRIMS dok...


saya mau tanya lagi dok
dari tadi pagi kan saya pindah ke kardus (ngak ada ruang lagi dirumah) dia gerak gerak terus apa itu tidak apa apa?
kalok ngasih makannya gimana dok?
masih agak takut kalok di gigit

sama satu lagi dok kalok burhan saya manningnya berapa lama ya?

Terima kasih atas pertanyaannya. saya akan coba jawab....

1. pertanyaan nomor 1 bisa dilihat jawabannya di istilah dalam memelihara burung hantu
2. pakai kantung karton saja yang biasa untuk menaruh burung
3. saya pikir, lebih baik di dalam rumah, kalau di teras, selama terasnya tidak terlalu bising, tidak banyak manusia berlalu lalang, dan tidak diganggu dulu, boleh saja asalkan dipasangkan angklett-jesse agar tidak kabur. :)
4. tidak ada perawatan khusus kecuali menjaga agar dia tidak kedinginan. makanya, untuk perch sebaiknya ditaruh di dalam ruangan agar ia tidak kedinginan.
5. celepuk sebenarnya lebih cocok diberi makan jangkrik dibandingkan daging. daging hanya sebagai selingan saja. kalau toh mau diberi tikus putih, pastikan tikus putih itu sudah dibuat pingsan terlebih dahulu atau dilukai agar si tikus putih tidak melawan saat akan dimakan oleh burung hantu.
6. iya, ada. bagian kaki belakang yang memiliki duri tajam sebaiknya disingkirkan dulu.
7. pemberian minum kepada burung hantu diberikan hingga si burung hantu tidak mau minum lagi. 2 kali pemberian minum dengan sedotan saya rasa cukup.
8. selama tidak terkena hujan, tidak terlalu bising, dan udara di luar tidak terlalu dingin, saya rasa tidak apa-apa. ingat, suhu udara dingin adalah musuh terbesar burung hantu yang masih chick. :)
9. burung hantu yang masih chick sebaiknya tidak perlu dimandikan terlebih dahulu. burung hantu dewasa bisa dimandikan dengan cara disemprot dengan air menggunakan spray 3 sampai 5 kali, kemudian dilap menggunakan kain kering.
10. burung hantu tidak memangsa ikan hidup kecuali beberapa jenis burung hantu, misalnya burung hantu buffy fish owl. jadi tidak masalah. justru saya lebih takut burung hantu itu "kecemplung" ke dalam kolam.... :D
11. yang disebut sering mangajak bermain burung hantu adalah sering berinteraksi dengan burung, baik itu memberi makan dengan tangan (handsfeed, atau umum disebut disuapi), melatih burung hantu, membawanya berjalan-jalan keluar, dan lain sebagainya.
12. saya pikir, hanya celepuk, javan owlet, dan oriental bay owl yang cocok untuk pemula. barn owl masih saya anggap terlalu sulit untuk pemula karena cenderung lebih "manja"....

* banyak grup pecinta burung hantu di facebook, anda bisa search sendiri di facebook. :D
* banyak, kok. di jatinegara banyak yg jual perch gantung.

digigit burung hantu tidak semengerikan digigit king cobra, mas. hehehe. mungkin agak kaget saja awalnya, tapi lama-kelamaan biasa kok..... lebih baik jangan ditaruh di kardus, saya menyarankan ditaruh di perch (tangkringan).... anda bisa search artikel di blog ini: cara membuat perch sendiri.... saya pikir, manning burung hantu bisa dilakukan selamanya. Ya, SELAMA BURUNG HANTU ITU MASIH ADA DITANGAN ANDA, lebih baik anda handle sendiri burung hantu itu. Percaya deh, semakin lama anda manning burung hantu itu, lama kelamaan dia akan percaya juga terhadap anda. burung hantu saya, si Errol bisa saya lepaskan saat malam hari, dan dia pulang sendiri ke perch-nya pada subuh..... dia mencari makan sendiri di luar.... anda tahu berapa tahun saya bersama si errol? 4 tahun lebih. saya memelihara dia sejak masih belum berbulu, masih piyik.... :)

dirumah saya tidak ada tempat dok,saya harus gimana?

tidak ada gudang? agak susah memang jika tidak ada tempat samasekali. soalnya burung hantu butuh tempat yang tenang dan gak bising, terutama jika burung hantu itu baru tiba di rumah (masih adaptasi)

ngak ada dok
solusinya gimana dok?
kasihan burhan saya
hehehehe

gak bisa. mungkin bisa aja ditaruh di teras atau di luar rumah, asalkan tidak terlalu bising, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. tetap saja, tiap kali hujan, si burung hantu harus dimasukkan ke dalam rumah. dulu saya naruh si errol di kamar tidur, sampe dimarah2in sama orangtua, tapi gimana lagi. akhirnya mereka ngerti dan membiarkan errol tinggal di dalem kamar. toh kalo sering dibersihkan, gak akan bau... :)

kalok malem tak taruh teras pakek equip gpp kan dok?
masih belum jinak dok

saya tidak bisa menjamin keamanannya... :)

This comment has been removed by the author.
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 1390   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.