Wednesday, October 30, 2013

Cara Memelihara Kucing Hutan | Drh. Fira Sovica

Tips

cara memelihara kucing hutan

ini ditujukan untuk mereka yang sudah terlanjur membeli atau memelihara kucing hutan dari sejak lama. Kucing hutan sudah termasuk hewan dilindungi menurut Undang-Undang Indonesia, dan segala aktifitas jual, beli, pemburuan, dan pembunuhan kucing hutan bisa termasuk tindakan pidana. Di pasar hewan sendiri sebenarnya masih banyak kucing hutan yang diperjualbelikan secara bebas. Dan harga kucing hutan di pasar hewan tersebut bisa dilihat di artikel harga kucing hutan.
Bagi anda yang terlanjur memelihara kucing hutan, kali ini saya ingin berbagi tips cara memelihara kucing hutan yang baik dan benar. Bagaimana

cara memelihara kucing hutan

? Ini dia tips dan triknya


1. dibanding kucing biasa, kucing hutan lebih rentan sakit dan lebih rapuh daya tahannya.
apalagi jika menilik beberapa kasus, kucing hutan rentan terkena distemper. sebaiknya anda memiliki nomor kontak dokter hewan terdekat untuk menjaga-jaga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. saat kucing hutan sampai di rumah, tempatkan kucing tersebut dalam kandang di dalam ruangan yang sepi, biarkan dia adaptasi dulu.
seperti halnya memelihara sugar glider, akan lebih baik jika kandang dialasi dengan kaus bekas pakai agar kucing mengenali bau tubuh anda. biarkan kucing selama 1 x 24 jam dalam ruangan isolasi hingga ia tenang, beri air madu selama di ruangan isolasi.

3. makanan bisa berupa daging ayam rebus atau wetfood (makanan kucing basah)
Pemberian daging juga masih sangat disarankan. Hal ini dikarenakan kucing hutan hasil tangkapan liar yang diberikan wetfood kadang mengalami masalah pencernaan yang mengakibatkan kematian. tentu saja, ini berkaitan dengan resiko memelihara kucing hutan. sekali lagi, jika anda merasa tidak siap untuk mengambil resiko, sangat disarankan untuk tidak mengadopsi kucing hutan.

4. mandikan kucing hutan minimal 2 minggu sekali.
cukup pakai sampo khusus untuk kucing dan pakai air hangat kuku untuk memandikannya. tempatkan campuran air dan sampo kucing di bak setinggi setengah kaki kucingnya, lalu masukkin kucing ke dalamnya. basahi semua anggota badan, gosok perlahan dengan tangan, lalu bilas dengan air hangat kuku. tiriskan dan keringkan bulu kucing dengan blower.

Demikian

cara memelihara kucing hutan

. diharapkan artikel ini dapat membantu owner yang sudah lama memiliki kucing hutan. sekali lagi saya tegaskan bahwa kucing hutan sudah termasuk dilindungi, dan pemeliharaannya harus dengan izin BKSDA setempat.

239 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 239   Newer›   Newest»

Tolong diralat untuk makanan kucing hutan catfood+nasi...dengan informasi yang salah yang anda berikan,ini turut mendukung MEMBUNUH DAN MENGURANGI Kucing hutan yang sudah terlanjur di domestikasi dirumah,JANGAN pernah berani MEMBERIKAN INFO tentang PERAWATAN KUCING HUTAN bila informasi dan referensi/pengalaman anda kurang atau masih 50/50.makanan wajib mereka adalah DAGING AYAM MENTAH,IKAN/REBUS/KUKUS disesuaikan dengan selera Kucing,Bahkan CATFOOD BIASA YANG DIJUAL DI SUPERMARKET AKAN EMMPERPENDEK USIA MEREKA DALAM KONSUMSI JANGKA PANJANG,JADI TIDAK BISA ASAL,TIDAK BISA DIPAKSAKAN TERGANTUNG DARI EGO MANUSIA karena alasan BUAS/TAKUT INI DAN ITU dan Sebagainya,MERAWAT KUCING HUTAN HARUS SIAP SECARA FINANCIAL DAN MENTAL,"TIDAK ADA ISTILAH IRIT DAN ANGAN-ANGAN BELAKA",JIKA TIDAK SIAP 100% ,JANGAN PERNAH MENGADOPSI KUCING HUTAN.Bila dirawat dengan kasih sayang,APAPUN yang BUAS Bisa menyamakan frekuensi para binatang liar tsb dengan manusia,Jadi Tidak ADA HUBUNGAN DENGAN KONSUMSI MAKANAN MEREKA,MALAH IRIT DAN ASAL ADALAH PEMBUNUHAN KUCING HUTAN.

Sebelumnya, terima kasih banyak untuk mas wibawa atas ralatnya. :)

jika mas wibawa membaca lebih teliti di paragraf pertama mungkin mas wibawa bisa membaca warning saya atas masalah kucing hutan ini. dan selain bertanya langsung ke orang yang berpengalaman dalam perawatan kucing hutan, referensi yang saya lakukan untuk artikel ini adalah bertanya ke dosen saya dan mencari referensi dari internet. namun demikian, bisa saja mereka salah kan mas? mungkin mas wibawa lebih berpengalaman, dan bukan tidak mungkin nantinya saya bisa bertanya2 langsung dengan mas wibawa. :)

ya, saya sendiri setuju dengan pendapat mas wibawa yang menyatakan bahwa merawat kucing hutan memang membutuhkan persiapan mental, saya setuju sekali dengan pendapat itu. namun hendaknya kita semua lebih baik tidak membeli atau mengadopsi kucing hutan. biarlah mereka "diasuh" oleh alam.....

salam, fira s.

Sebelumnya, terima kasih banyak untuk mas wibawa atas ralatnya. :)

jika mas wibawa membaca lebih teliti di paragraf pertama mungkin mas wibawa bisa membaca warning saya atas masalah kucing hutan ini. dan selain bertanya langsung ke orang yang berpengalaman dalam perawatan kucing hutan, referensi yang saya lakukan untuk artikel ini adalah bertanya ke dosen saya dan mencari referensi dari internet. namun demikian, bisa saja mereka salah kan mas? mungkin mas wibawa lebih berpengalaman, dan bukan tidak mungkin nantinya saya bisa bertanya2 langsung dengan mas wibawa. :)

ya, saya sendiri setuju dengan pendapat mas wibawa yang menyatakan bahwa merawat kucing hutan memang membutuhkan persiapan mental, saya setuju sekali dengan pendapat itu. namun hendaknya kita semua lebih baik tidak membeli atau mengadopsi kucing hutan. biarlah mereka "diasuh" oleh alam.....

salam, fira s.

Mengapa nasi yg dicampur cf saya katakan beresiko untuk Kucing hutan?diet KH dengan nasi sebenarnya juga sudah diterapkan dibeberapa konservasi kucing hutan diluaran sana,tetapi dengan takaran tertentu dan dengan catatan hanya untuk pelengkap gizi (bukan sbg peran utama) dan itupun di mix dengan berbagai penyeimbang tertentu lainnya yg telah diteliti dan kompoisisikan sehingga dibuat menjadi kesatuan diet yang seimbang dan selaras untuk metabolisme si kucing hutan tsb. Pertanyaannya apakah mudah dan simple mengkomposisikan/menimbang-nimbangnya tsb?ukur berat kucing,prediksi usia,meng-compare apakah sudah mampu atau belumnya pencernaan si KH untuk mencerna diet mix nasi tsb, malah salah-salah terkesan menjadi seperti bermain-main dgn api ketimbang diet makanan alaminya yang lebih aman dan sudah "pasti hakikatnya" contohnya "daging"....Lalu Tdk-lah mudah untuk menakar nasi dan cf sehingga sesuai dengan pencernaan si kucing tsb,belum lagi kebanyakan cf2 umum di supermarket seperti merk dry w*****s yang beredar di indonesia mengandung bahan pewarna textile yg sangat berbahaya untuk semua ginjal kucing dalam konsumsi jangka panjang. Jika masih terbawa ephoria bahwa KH lekas tumbuh menjadi "galak",mengapa tdk dicarikan alternatif simple dan aman saja, contohnya seperti "merebus atau mengkukus Daging mentah? jika kita takut si KH menjadi buas karena mencium dan mencicipi darah" rebusan atau kukusan walaupun kandungan gizinya turun tetapi itu menu diet yang jauh lebih baik dan aman untuk si Kucing Hutan tsb.Bahwa "Nasi" betul adalah salah satu sumber "protein" ,dan mungkin byk diterapkan pada diet kucing domestik, tetapi apakah yakin menu diet nasi+cf tanpa spesifikasi takaran seperti di artikel yang anda buat akan mudah dicerna oleh semua perut si kucing Hutan atau malah jadi cenderung tidak menguntungkan metabolismenya? lalu siapa nanti yang bertanggung jawab jika ada kemungkinan terburuk dari ketidak-tepatan perawatan akibat kurang tepatnya informasi?coba bayangkan berapa banyak tamu yang membaca dan mungkin menerapkan artikel ini dan perlu diketahui jika kucing hutan memiliki anti body yang lebih lemah ketimbang kucing domestik atau kucing kampung umumnnya, khususnya masalah pada pencernaanya lebih sensitif dilanjut gejala dehidrasi dan berakhir pada kematian.Saya hanya memberi masukan saja untuk artikel yang anda buat, karena saya peduli pada "kucing hutann-nya,"saya lihat dgn jelas WARNING anda diatas"dan saya pun tidak pernah bilang jika saya "menyarankan untuk mendomestikasikan KH dirumah disini", tetapi saya hanya "Menyarankan" alangkah baiknya untuk memberikan "edukasi pola diet yang baik dan tepat" untuk orang-orang yang sudah terlambat mendomestikasikan Kucing Hutan di rumah.tims..

terima kasih banyak mas atas masukannya.
mungkin komentar mas ini akan saya diskusikan dahulu kepada dosen saya. sebelum dan sesudahnya, terima kasih banyak atas komentarnya ya mas. salam, fira s.

tidak ada alasan untuk memelihara kucing hutan, meski sudah dipelihara dari kecil atau sudah nanggung, apabila sudah terlanjur dipelihara lebih baik segera dilaporkan ke pihak BKSDA atau diserahkan langsung ke PPS atau PRS terdekat agar segera bisa dilakukan tindakan pengelolaan yang sesuai untuk kucing hutan dan mudah-mudahan bisa di release. :)

Sya sdh pihara kh sudah 2th. Sya rwat dr kcl umur 3bln smpe skrng shat. Shat pelihara kelamin jantan malah skrng sudh 2th kh sya kawin sma kucing biasa dan skrng malah jd tambah bnyk cm ny sya ingin tny knp perkawinan silang ini malah aneh induk dr kh n kucing biasa shat' sja tp anak" ny rentan mati slama ni sdh 2x perkawinan kh msh shat n kucing biasa jg tp anak ny lahir 4 yg hdup hya 2 ekor sja? Ap kah ad masalah dr kwin silang? Trus sy tnya ap kah ad uud ttg anak kawin slang kh?? Sy tw kh d lindungi tp klo anak perkawinan slang ny ap kan d lindungi jg?

meski tidak ada uud yang mengatur perkawinan kucing,
namun akan lebih baik jika mas berkonsultasi dulu dengan ahli genetik
hewan sebelum mengawinkan kucing tertentu (sphinx, kucing hutan).
penyebab anak kucing hasil perkawinan silang sering mati
salahsatunya adalah karena ketidakcocokan genetik
antara 2 induk kucing yang dikawinkan. salam.

Saya punya anak kucing hutan kira" usianya 2bulanan terus saya kasi susu dancow soalnya belum bisa makan
Kucing nya saya kasi susu setiap 4 jam

susu non-lactosa bisa diberikan untuk kucing hutan berusia 2 bulan.
harap diperhatikan bahwa kucing hutan umur dibawah 5 bulan
sangat rentan mati. beri makanan berupa daging mentah yang masih
segar sebagai makanan pokoknya.
salam

Sist n gan .. saya boleh tnya kah ?? Sebenr.ny kh boleh gak sich klo sakit d bawa k dokter hewan ? Mohon d baless

tentu saja boleh. dan memang seharusnya dibawa ke dokter hewan
jika anda tidak tahu cara menanganinya.. :)

Ditempra itu sakitt pa yah sist ?? Kh saya matii kaarna sewaktu saya nyapu dia takut dan tiba2 diam serta gak mau minum ssusu lalu sesak nfas dan mati. Itu di karenakan knp ? Saya tdk sempat bawa k dokter karna kejadian.ny mlm jm 12 klinik dkter sudah tutup.mungkin tau bagaimana cara menanganinya ... saya pecinta hewan soal.ny dan itu bikin saya sedih sampai sekrng

distemper adalah penyakit umum pada kucing.
dari gejala yg mbak amel ceritanya, kemungkinan kucingnya stress.
mungkin masih kurang adaptasi dengan lingkungan baru serta
usia yang masih terlalu muda..... kalo boleh tau, umur kucingnya
berapa serta sudah berapa lama di rumah?

Pendapat pribadi saya dari kasus dilapangan, hati2 menyerahkan si kh kepada pihak/instansi tertentu, amatilah secara seksama dan dalam jangka menengah / panjang.
seperti yang kita semua ketahui, sangat jarang sekali instansi di negara kita yang bersungguh-sungguh memelihara hewan yang mereka kelola.
bisa anda cek sendiri ke lokasi perawatan, dan amati. atau anda cari referensi di google. terimakasih.

terima kasih mas deden atas komentarnya... :)

Pagi minn,.. KH ane tiba" lemes ga bisa berdiri,..umur sekitar 2 bulan lebih,..sebelumnya aktif,. Baru seminggu dikasih lele rebus,sebelumnya susu khusus kucing,..itu kenapa ya min?

sepertinya kena distemper. akan lebih baik jika anda membawa
KH anda ke dokter hewan terdekat....

Kak gimna ya ini kok kh saya ketakutan gitu ? Setiap di kasih saya mau deketin kandangnya langsung ketakutan gitu kak kh nya , kenapa yaa kak ? mohon tips nyaa

kucing hutan hasil tangkapan liar memang kerap ketakutan kalau didekati manusia.
cara menghilangkannya dengan membiarkan si kucing hutan di tempat yang tenang dulu. tempatkan kandang kucing hutan di dalam ruangan yang sepi selama 3 atau 7 hari sambil terus diberi makan. sesekali temani si kucing hutan di ruangan tersebut. taruh juga kaus bekas pakai di atas kandangnya agar si kucing hutan mengenal bau tubuh anda. semoga membantu.

terima kasih atas masukannya yaa kak , saya akan coba tips dari kaka Fira Sovica

terima kasih yaa kaa

Saya sudah sering memlihara kucing hutan, awalbya memang gagal karena minimnya ilmu dan pengalaman. Sekarang saya memiliki 3 ekor anak kucing hutan yang saya adopsi sejak mereka masih bayi dan kini sudah beranjak anak-anak alias sudah berhenti menyusu dan bisa makan sendiri. Berdasarkan pengalaman saya selama 8 kali mencoba memelihara dan merawat mereka,akhirnya saya mencoba memahami karakter mereka yang tergolong buas. Saya mencoba membuatkan kandanh di alam terbuka dan menempatkan kandang kecil di dalamnya sebagai tempat mereka berlindung dari terik matahari dan hujan. Selama mereka masih bayi saya tempatkan dalam kandang khusus dan saya tempatkan dalam sebuah kamar. Setiap hari saya kasih minum susu beruang sebanyak 3 kali dan malam satu kali. Setelah gigi mereka mulai tumbuh baru saya kasih makan daging ayam mentah yg dicincang halus, 40 hari kemudian baru saya kasih daging ayam yg diiris kecil tanpa harus dicincang lagi. Terkadang mereka juga saya mandikan. Sekarang mereka tumbuh sehat dan suka bermain, bahkan terkadang mereka saya bawa keluar dari kandangnya sekedar untuk jalan-jalan. Dari 3 ekor kucing hutan ini, 1 ekor yang agak buas namun kalau kita sentuh atau dibelai dia diam aja sementara yg 2 ekor sangat jinak bahkan suka berteman dengan kucing rumahan saya. Saya memang pecinta kucing, di rumah kami memelihara kucing sebanyak 8 ekor. Semoga bermanfaat.....

senang mas/mbak pitut bisa berbagi pengalaman di sini. :)
kalau punya pengalaman lain, bisa dishare ke pembaca. semoga bermanfaat. :)

Saya punya KH dirumah. umurnya sdh 5 bulan lebih.
sebelumnya saya kasih makan CF basah.
Tapi akhir-akhir ini KH saya tidak nafsu makan, padahal dia laper.
Pertanyaanya :
Apakah Kh Saya Bosan dengan CF basah?
Atau Kondisinya Sedang Sakit?
Mohon Pencerahannya...

secara struktur pencernaan, makanan kucing buatan pabrik tidak cocok untuk kucing hutan. memberikan makanan kucing buatan pabrik hanya akan membuat kucing hutan tersiksa, sama halnya seperti anda mencemplungkan ikan mas ke laut. :D
Saya rasa lebih baik kucing hutan mas dibawa ke dokter hewan secepatnya. perkiraan saya, ada masalah di sistem pencernaannya, itulah alasan dia tidak nafsu makan....

sy baru memelihara kh, jantan dan betina tetapi sy ksh susu kucing yg dibeli dipet shop tdk mw menyusu dan disarankan untuk memberikan susu dancow fc tapi
sama saja tdk mw menyusu. dan untk mknnya sy filetkan daging ikan mentah. pertanyaan saya sbaiknya sy berikan ksh mkn dan mnum apa spy dy mw makan sprti kucing lain pd umumnya. soalnya sy takut dy mati krna sy trlanjur suka dn udh jinak pula. mohon advise nya ya.

filet daging mentah sudh cukup bagus, tetap pertahankan. sementara ini mungkin dia stress karena perubahan kondisi kandang karena mas baru memeliharanya, tapi semoga lama kelamaan dia bisa beradaptasi. cukup taruh saja susu tiap pagi dan sore. angkat sisa susu jika dalam 1 jam masih belum diminum atau ada sisa, jangan sampai si kucing hutan minum susu basi.......

Mau tanya... Mknn+ minuman kh umur 1 minggu apa yaa.. Klo susu diluar apa merekx..
Mksh infox..

kucing hutan umur satu minggu amat rentan dehidrasi. silakan beli susu khusus anak kucing di toko perlengkapan kucing....

Hai Ka, aku punya KH juga, tapi dua hari yang lalu dia meninggal. Aku sedih banget dan merasa bersalah. Umurnya 2 bulan lebih waktu itu dengan jenis kelamin betina. Awal aku pelihara dia itu umurnya masih kurang lebih 1 bulan, masih belum bisa minum sendiri malah. Terus awal dropnya sekitar seminggu yang lalu, aku liat ada jamur di sekitar kulit telinga, dekat mulut ke dagu sama di perut, terus aku bawa ke dokter dikasih salep, pas aku pake salepnya jadi memerah gitu yang kulit kena jamurnya, terus dia mulai susah BAB, gak mau makan, gak mau minum juga. Setelah itu dia drop malemnya, padahal sore masih bisa main. Waktu mau meninggal itu dipeluk sama Ibu aku, terus dia kejang2, :( dalam kasus aku ini kenapa ya jadi bisa gitu? makasih Ka,

Ka Cristian gimana cara ngerawat kucingnya biar panjang umur gitu? bagi tipsnya dong,

kucing hutan 2 bulan memang sangat rentan mati karena dia seharusnya masih menyusui ke induknya. mbak seharusnya memberinya susu khusus anak kucing.

dari tanda2nya sih saya kira ada infeksi di pencernaanya, plus keracunan. kalau mbak berniat mau adopt KH lagi, sebaiknya yang berumur 4 bulan keatas. setelah beli, diamkan dulu di dalam ruangan kosong bersuhu ruangan sejuk (tidak terlalu panas), sambil diberi makan berupa daging segar....

Aku sampe sekarang masih suka nangis Ka, apa lagi kalo sebabnya gitu, aku jadi ngerasa bersalah banget sama dia. Ini pengalaman pertama pelihara hewan Ka, KH lagi. Makasih ya Ka Dokter, setidaknya aku tau kenapa dia jadi kaya gitu. Setidaknya aku juga lebih banyak belajar dari postingan di sini sama komentarnya semua.

bahkan untuk orang yang sudah berpengalaman memelihara kucing kadang masih kesulitan dalam memelihara kucing hutan karena memang masih lebih sulit memelihara kucing hutan daripada kucing biasa.... gak apa2 mbak, semoga nantinya bisa lebih awet... :D

Maaf bu kalo boleh tau kucing umur 2 bln ke bawah itu sudah bisa minum susu sndri atau belum? Kalau belum bagaimana cara memberi susu nya? Soalnya kalau saya dot dia mau tapi dotnya hancur karna di gigit kalo saya pake spet dia gak mau? Trus udh bsa di kasih makan belum dan kalo bisa apa makananya dan bagaimana cara memberi makannya trus brpa kali dalam sehari ? Maaf kalo banyak tanya hehe soalnya saya pgn bnr2 ngerawat dan ngga mau kh sya mati, trimakasih:)

coba pakai dot khusus anak kucing... jangan beri dot untuk bayi manusia. kalau dua bulan, susu masih jadi makanan utamanya. mas bisa ajarin dia makan daging sapi segar (masih berdarah) diblender, berikan saja sedikit2. :)

coba pakai dot khusus anak kucing... jangan beri dot untuk bayi manusia. kalau dua bulan, susu masih jadi makanan utamanya. mas bisa ajarin dia makan daging sapi segar (masih berdarah) diblender, berikan saja sedikit2. :)

Mbak dokter saya ingin tanya..
Saya punya KH umur 1bln dan stiap 3 jam saya beri susu SGM sebanyak 1cc..
Ada masukan bberapa temen kalo sebaiknya susu dicampur dengan pisang agar tidak mencret.. Justru sebaliknya saya campur susu dengan pisang malah KH jd mencret..
Ada saran mbak dokter agar KH ga mencret lg..?
Apakah umur 1bln sudah boleh diberi daging rebus? Makasih sebelumnya

sistem pencernaan kucing hutan umur 1 bulan memang masih sangat rentan terhadap makanan, dan sangat mudah infeksi serta mencret. saya lebih menyarankan pemberian susu khusus anak kucing baru lahir, bisa dibeli di toko perlengkapan kucing yang lengkap. ya, pisang bisa jadi pemicu mencretnya... jangan diberi daging dulu mas sampai umur 3 atau 4 bulan..... semoga membantu...

Siap 86
Makasih mbak dokter sarannya..

as salam.....saya baru menjinak2 kan diri dlm memelihara KH dari seorang sahabat.
dari video yg di bagi KH ini agak jinak.umur sekitar 2 bln.
mohon tunjuk ajak bagaimana mahu memelihara dengan sebaik mungki dari segi pemakanan dan kediaman.
t.kasih dan mohon dibalas.

This comment has been removed by the author.

cara memelihara kucing hutan ada di artikel di atas. sila baca lagi.
salam untuk cat lover malaysia terutama S.C.R.A.T.C.H.... :)

KH umur 2 bulan apa msh bisa jinak ? soalnya yg saya msh galak tapi sekarang mulai mau di elus-elus perlahan lahan

kucing hutan umur 2 bulan keatas masih bisa dijinakkan kok... asal sabar... :)

KH berumur 1 bulan.....adakah sudah boleh diberi wet food atau mana2 yg dijual di pet shop
t.kasih....

halo, zaha. dari malaysia? salam. :)
meski bisa diberi wet food (do at your own risk), saya lebih merekomendasikan memberi makan KH usia 1 bulan dengan daging ayam mentah yang dicacah halus atau hati ayam mentah....
salam :D

halo, zaha. dari malaysia? salam. :)
meski bisa diberi wet food (do at your own risk), saya lebih merekomendasikan memberi makan KH usia 1 bulan dengan daging ayam mentah yang dicacah halus atau hati ayam mentah....
salam :D

met sore drh. Fira Sovica
momo nama KH sy, umur sdh 9 bln jantan karakter jinak total, aktif, nurut, anteng klo digendong.
se-bln ini dah full makan cat food aj kadang 2 hari sekali sy tambah dgn Virbac Nutri Plus Gel.
yg mau sy tanyakan: bagaimana efek kesehatan momo bila selamanya makan cat food?
klo dari pup-nya tdk ada masalah slama ini, padat tdk lembek/cair.

halo, mas. maaf baru bales. 2 hari ini saya sibuk di klinik dan diklat, jadi agak lama. untuk selanjutnya bisa lebih cepet balesnya.
kalau yang saya tau sih catfood yang diberikan ke KH akan membuat cancer (kanker) jika terus diberikan dalam jangka panjang. pure daging mentah untuk KH lebih bagus. tapi tentu balik lg ke masnya... :)

as salam Dr.....benar saya dr Malaysia.
terima kasih diatas nasihat Dr tentang permakanan awal KH.
buat masa ini masih diberi susu lagi setiap 2 jam.....

saudara Priambodo Heru
sekiranya KH saudara telah berusia 9 bulan dan berkarakter jinak tentu sekali saudara memelihara didalam rumah......
soalan saya bagaimana saudara menyediakan toilet untuk KH saudara....adakah KH boleh diajar menggunakan toilet pasir

t.kasih

bagus..
sila konsultasi lagi ke web ini jika memiliki problem... :)

oh ya, saya membaca pertanyaan zaha di komentar Priambodo mengenai "adakah KH boleh diajar menggunakan toilet pasir?"

kucing hutan bisa diajarkan menggunakan toilet pasir seperti kucing pada umumnya... :)

KH kepanjangan dari kiahi haji. wkwk
melihara kucing kok rinet amat si....tinggal kasih ikan, masukin kandang kalau galak. selesai
dipelihara oleh manusia atau tidak itu tergantung nasib dan rezeki kucing itu sendiri.
mati atau hidupnya kucing itu tergantung takdirnya sebagai sehewan mjslimin atau muslimati. hehe

This comment has been removed by the author.

Salam, mau tanya bu dokter...
umur kucing hutan saya di bawah 1 bulan, sebaiknya di kasih makan apa? kalo dikasih susu, sebaiknya susu merek apa? terima kasih :)

Hallo mau tanyak ni
Bukannya klo KH yg d bawah 3 bulan harusnyad beri susu dulu ya ? Soalnya kan belom bisa mencerna makanan. Kok malah di kasih daging ?
Bukan nya klo kau d kasih makanan daging/ yg di kunyah2 itu harua pada saat umur 3 bln ke atas ???
oh iya dagingnya itu sebenarnya daging mentah apa yg uda rebusan ?
Klo di kasih daging mentah apakah nantinya tdk bahaya ? "buat nafsu liarnya"?

kucing hutan berbeda dengan kucing biasa mbak. :)
dan daging yang diberikan sebaiknya memang mentah yang sudah dicacah halus.
kalau memang dasarnya jinak, dia akan tetap jinak meski tiap hari diberi makan daging mentah. :)

ke BKSDA paling di jual ny lagi..

kalau memang tidak mau dikasih ke BKSDA, bisa diberikan ke lembaga non profit yang concern ke penyelamatan hewan liar... :)

kalau memang tidak mau dikasih ke BKSDA, bisa diberikan ke lembaga non profit yang concern ke penyelamatan hewan liar... :)

Malam dok, maaf menggangu sebelumnya. Saya mempunyai seekor kucing hutan berusia sekitar 7 bulan. Tiba-tiba dia mogok makan dan muntah-muntah malam ini. Padahal tadi siang sekitar jam 12 masih mau makan lele segar. Ketika saya beri makan lagi sore sekitar pukul 4, ternyata lelenya tidak dia sentuh sama sekali sampai malam. Lalu saya kaget tiba-tiba dia seperti terbatuk-batuk dan muntah cair beberapa kali, dan badannya agak lemas ketika berjalan.
Kira-kira apa yang harus saya lakukan?
Terimakasih sebelumnya, dok.

maaf sebelumnya, apakah sebelumnya juga dibiasakan makan lele?
soalnya, tekstur daging ikan sendiri agak kurang cocok untuk pencernaan kucing hutan, apalagi yang tangkapan liar.....

lebih baik dibawa ke dokter hewan secepatnya....

Iya dok sejak umur 2 bulan saya biasakan nadia makan lele.

Iyaa sudah dok, saya diberi antibiotik.
Setelah diberi antibiotik dan disuapin lewat pipet, keadaan nadia jadi lumayan baikan tapi masih kelihatan lemas.

syukurlah.... semoga keadaannya bisa kembali seperti sediakala... :)

dok. saya baru beli kucing hutan kemarin. kira" umurnya 1 bulanan. tapi masih belum mau makan sama minum. padahal sudah taruh susunya sama makananya di dalem kandangnya. tapi waktu saya pegang malah dianya cuma jilat jilatin tangan saya. jadinya susunya saya taruh di telapak tangan saya dan dia jilatin telapak tangan saya deh yg ada susunya. saya takut dia kelaperan sama kehausan. kenapa kucing saya kayak gitu ya dok? apa mungkin masih adaptasi sama lingkungan baru? mohon penjelasannya ya dok :)

This comment has been removed by the author.

ralat dok. mungkin umurnya sekitar 3 minggu. soalnya gigi yg belum tumbuh masih belum terlalu banyak.

waduh, kalau beli kucing hutan lebih baik yang udah bisa makan sendiri mas. kalau masih baby banget, mas harus sepet pakai pipet. itupun sebenernya banyak resikonya...

silakan beli susu khusus bayi kucing di petsho, lalu berikan dengan cara dipipet. saya sendiri tidak bisa menjamin dia sehat terus mas soalnya bayi kucing hutan sangat bergantung kepada susu induknya.....

semoga sehat selalu... :)

waduh..ya semoga aja selalu sehat dok. saya sudah kasih susunya lewat pipet dok. alhamdulillah lancar minum susunya. makasih banyak dok :)

sama2. kalau ada problem, silakan mampir lagi... :)

Dok mau tanya. Saya baru dapet kucing hutan sekitar 3 harian. Sebelumnya saya kasih daging ayam mentah dan ikan tuna kalengan khusus makanan kucing. Pagi ini saya kasih susu dari petshop khusus kucing tapi sekarang kucing saya malah lemes. Mau jalan jiga sempoyongan. Krnapa ya dok? Apa gak cocok sama susunya. Sekarang kerjanya tidur terus kayak gak sehat

kucingnya benar2 hasil tangkapan liar?
kalau benar hasil tangkapan liar, sebaiknya jangan dikasih susu dlu sampai dia beradaptasi dengan lingkungan baru. sistem pencernaannya belum begitu kuat untuk mencerna susu mas..... :)
coba kasih ayam mentah aja, gak usah kasih tuna kalengan dulu... :)

Salam, apa khabar? Harap sihat hendaknya. Saya punya satu soalan untuk diajukan pada doc. Teman saya ada membeli seekor KH dari seorang yang telah membelanya dari usia 3 bulan hingga satu tahun 2 bulan. Punya dokumentasi kelinik haiwan, sudah di vaksin lengkap. Soalan saya, apakah ia cenderung menerima mudah owner baru? Teman saya bilang, ia terus-terusan agresif. Tidak mahu makan (baru 2 hari dibeli dari owner lamanya). Apakah ia bisa jinak? Bagaimana caranya untuk mendidik dia supaya manja dan tidak agresif? Sekian, terima kasih

Teman saya juga jadi takut untuk beri dia makan kerana sikap agresifnya. Sudah diberi makan ayam rebus, tetapi sekadar di cium tetapi tidak dimakan. Apakah itu normal? Memang begitukah sikap KH bila bertukar owner. Terima kasih

halo faizal. salam untuk animal lover malaysia.
1. kucing hutan mudah untuk adaptasi dengan lingkungan baru. jika kh agresif, baiknya untuk lebih sering interaksi (bermain) dengan si kh agar ia kenal ownernya...
2. saran saya, baik jika diberi potongan kecil daging ayam mentah (jangan direbus). langsung diberikan saja kepada kh-nya....

bagaimana keadaan kh-nya sekarang, faizal?

lebih baik, tanya kepada owner lamanya tentang makanan yang biasa diberikan dan bagaimana cara owner lamanya merawat kucing hutan. sepertinya, kh tersebut kurang bermain dengan ownernya hingga dia agresif kepada manusia. jika kh sudah sering bermain dengan manusia, dia tidak akan agresif.... :)

coba search cara menjinakkan kucing hutan. gunakan menu cari artikel. semoga sehat selalu... :)

dok saya punya KH umur 4bulan baru beli dari seminggu yang lalu , udah saya jinakin, sehat sukanya lari" terus ngumpet di bawah kolong . dari pertama beli sampe 3 hari kucing saya tidak mau makan sama sekali dok, saya coba beli ikan mas kecil yg masih hidup akhirnya dia makan ikan mas nya saya seneng tuh bisa makan tapi besoknya lagi saya kasih ikan mas lagi dia gag mau makan cuman di mainin doang abis itu di gigit" gag di telen, udah 3hari kucing saya gag mau makan lagi udah saya coba segala hal mulai dari ayam rebus,pala ayam mentah,daging sapi mentah, royal canin, catfood basah tetep gag di makan. akhirnya saya beli supplemen untuk kucing biar nafsu makannya ada, tapi tetep aja gag mau makan" juga , saya mau tanya dong gimana cara menangani kasus tersebut??? apakah kucing saya cacingan atau sakit??? tapi kelihatannya kucing saya baik" aja dong soalnya dia aktif lari" ngumpet sama gigitin apa yang ada,.
mohon bantuannya siapa aja yang bisa bantu karna saya sayang bgt sama kucing saya

saya pernah bikin artikel cara mengobati kucing hutan mogok makan...
mas bisa cek fesesnya. kalau kucing yang sehat biasanya fesesnya padat dan berwarna kehitaman atau coklat tua. kalau dia sakit, biasanya fesesnya mencret atau berwarna terang (kuning, merah, hijau, dll)....

coba mas anakan ikan mas di kandangnya. kalau dia mau makan saya kira dia masih sehat....

amannya sih bawa saja mas ke dokter hewan.... itu saran saya... :)

sehat terus buat kh-nya...

Wah trimaksih skali Dok , semua sangat membantu aku dalam melihara KH aku, atas tanya jawab ini,KH aku jinak skali, kadang kemana" suka aku bawa, umurnya sudah 3 bulan..salam bat tman" yg pelihara KH, semua harus telaten untuk hasil yg sempurna..mksih buat Bu dokter, mga sukses slalu

malam dok..
plihara kh dr blajar makan sndiri,di free room in boleh atw ngga dok?
di taro samping rumah (masih di dalam pagar),cuma pake harnes ajh kira" gmna dok?

malam dok..
plihara kh dr blajar makan sndiri,di free room in boleh atw ngga dok?
di taro samping rumah (masih di dalam pagar),cuma pake harnes ajh kira" gmna dok?

saya sih lebih menyarankan agar kucingnya ditaruh di kandang aja mas.
sangat riskan dan besar resikonya kalau kucing hutan di-freeroom (kecuali yang sudah terbiasa di-freeroom) atau di luar ruangan/halaman....

ngomong2, udah lama si kh mas pelihara? kalau masih baru, lebih baik jangan difreeroom dulu... :)

Malam dok, saya punya kh umur 2 bulan, baru hari ini dia muntah2 warna putih berbuih, trus mencret2 dan gk mau mkan sama sekali dan gk mau minum susu dan air putih sama sekali, minta solusi nya dok , saya udh trlalu sayang sama dia :'(

ada infeksi di saluran cernanya itu.
lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat, mas. agak riskan soalnya kalau sampai terlambat penanganan...

Met mlm dok..sy punya kucing hutan umur 2 minggu slama ini sy kasi susu pke dot khusus kucing..tp skrg dia dk mw..jd sy hrs gmn..apakah daging ayam mentah bisa di berikan untuk kh umur tersebut..terima kasih..

kalau kucing umur 2 minggu memang sangat rentan, mas. kok bisa mas sampai mau memelihara KH umur segitu? :)
saran saya sih bawa ke dokter hewan secepatnya. bentuk fesesnya gimana?

hallo dok, saya ingin bertanya saya punya kucing hutan umur 2 bulan kok pupnya encer ya berwarna kehijauan mohon penjelasannya

apa karna saya beri makan kuning telur rebus, sebelum saya adop kucing saya makan lele mentah oleh pedagang, saya kasih telur karya pada waktu itu saya beli malam hari gak sempet buat beli daging ataupun lele mentah trimakasih dok mohon penjelasan nya

sebenernya, baik daging lele mentah ataupun kuning telur rebus, agak kurang tepat kalau diberikan kpd kucing hutan.... tapi, saya lebih menyarankan telur rebus, yang diberikan hanya putihnya saja.
soal warna pupnya, bisa jadi karena perubahan pakan. atau bisa juga infeksi di saluran cernanya. mas udah lama adopt dia? mungkin selama di toko hewan dia diberi makan seadanya, jadi yaaaa begiitulah keadaannya.... semoga kh-nya baik2 saja... :)

alhamdulilah dok kucing saya pupnya kembali normal, setelah saya kasih daging lele mentah dicampur dengan tempe

alhamdulilah. saya ikut senang... :)

Saya mau tanya dok
saya baru adop kucing hutan baru 2hari dan dari hari pertama saya adop gaa mau makan kucing hutan saya sekitar 4bln dan semi jinak.. dari owner sebelumnya biasa dikasih makan daging ayam rebus dan saya kasih gaa mau dimakan... apakah saya harus kasih daging segar.. dan apakah kalau saya kasih daging segar dia akan menjadi tambah galak. terima kasih

iya, kasih daging segar aja. dicacah dulu. gak akan tambah galak kok asalkan mas sering2 main aja ama dia... :)
maaf baru dibales, saya habis sakit kemaren..

Dok saya baru beli kh umur 2bulanan. Kalo d elus-elus dia suka mainin jari ngejilatin jari terus gigit-gigit jari saya. Apa kebiasaannya itu bakal kebawa pas udah gede? Takutnya nanti gigi si kucing makin tajam. Makasih sebelumnya.

pada dasarnya, semua kucing kayak gitu. proses pengenalan, biasanya. anak kucing juga biasanya menjilati hidung induknya kan kalau baru lahir? itu artinya mereka sedang mengenali.... :)
nggak, gak sampai gede. biasanya setelah dia mengenal mbak, dia akan berhenti menjilati tangan mbak... :)

Dok, klau KH bnyk pup di matanya normal gak ya? Boleh diksh suplemen buat KH umur anak" gak ya dok biar sehat?

maksudnya banyak kotoran di matanya? kondisi kandang bersih gak mbak?
sebaiknya jaga kebersihan kandang. juga, matanya sering2 dibersihkan pakai kain bersih yang dibasahi air hangat.

sistem pencernaan kucing hutan, apalagi yang hasil tangkapan liar, sangat rentan. sebaiknya tidak dikasih supplemen apa2 dulu sebelum usia dewasa... :)

Iya mbx kotoran matanya kluar kdng bnyak gtu, itu gmn atasinya apa cmn di lap pake air hangat trus? Apa itu normal buat bayi KH. Klau keberaihan kandang rutin dibersihi kok.
Trus dok makanan samping an selain daging ayam apa yg bisa dksh ya dok buat selingan?

Perlu dksh susu yg non laktosa gak dok? Dia sudah bisa mnum sndri jg sma mkn dok. Pupnya normal dok,

iya, rajin2 dibersihkan aja terutama bagian matanya. meski saya belum pernah menghandle bayi kucing hutan, namun beberapa jenis kucing memiliki kelenjar air mata yang tidak berhenti mengeluarkan air mata, dan umumnya, mata kitten (anakan kucing) terus mengeluarkan kotoran dari matanya. jadi diagnosa saya masih sehat...

mbak bisa kasih susu khusus anak kucing kalau ada.... susu non laktosa juga boleh... :)

saya kira tidak dibutuhkan makanan sampingan lain. makanan kucing kalengan bisa dikasih namun jangan sering2..... :)

sehat selalu buat kittennya... :)

Ok dok, trima ksh buat srannya

Sangat setujuu...dg mas Deden. Sudah pemakluman umum bhw para instansi banyak yg belum punya komitmen kuat apalagi profesionalisme yg memadai. Lhaa..ngurusi manusia aja masih mental pengemis, apalagi ngurusi hewan, sementara (maaf) tuntutan perut masih dominan. Menyerahkan kpd mereka sama dengan memberi mereka dagangan. Saya belum lama piara KH liar usia remaja spt nya, makan nya burung dan lele. Akhir Mei saya dapat lagi 2 ekor bayi KH. Bersyukur saya kebetulan kucing tetangga sdg menyusui anak2nya, jadi saya titipkan bbrp hari nebeng nyusu. Setelah mata terbuka, saya berikan susu kucing dan dancow, gak lama sudah mau minum dari bowl. Sekarang mrk tumbuh aktif dan sangat penurut/manja. Salam kenal semuanya, saya perlu belajar banyak ttg perawatan KH dari para senior pemelihara dan pakar KH.

Sebenarnya mengembalikan ke alam tindakan paling baik dan bijak. Tetapi dengan catatan lingkungan Alam sekitar mendukung habitat KH tersebut. Yang terjadi dilapangan hutan dan semak belukar habis digunakan pemukiman /perumahan elite. Dan tidak ada jaminan saat dilepas akan selamat. Sulit mempercaya orang saat ini. Yg liar saja bisa di tangkap apalagi yg sudah pernah jadi partner manusia.
Maaf hanya nimbrung saja.

saya setuju dengan mengembalikan KH ke alam. namun sebenarnya balik lagi mas: kalau mindset pikiran manusianya gak diubah, sampai kapanpun akan terjadi pemburuan. maka menurut saya, menghentikan keinginan orang untuk memelihara kucing hutan adalah hal yang paling penting. kalau orang tidak mau memelihara kucing hutan, tentu tidak akan ada perburuan. :)

terima kasih banyak atas komentarnya.. (y)

Memelihara kucing hutan di butuhkan kesabaran dan super ekstra dalam merawatnya,,kucing hutan yg hasil tangkapan liar sangat sulit di jinak kan,,intinya jgn bikin dia stress,,klo ingin memeliharanya di sarankan dari kecil dan butuh perhatian khusus dalam merawatnya,,jangan pelihara 1 klo dari kecil krna kh akan stress klo ga ada temannya,,,kh umur dibawah 1,5 bulan cukup di beri susu kucing aja atau susu sapi murni lebih baik untuk tubuhnya,,,saya sudah mencobanya merawat dari umur 1 bulan dan skrg sudah berumur 6 bulan alhamdulillah sehat...setelah dewasa saya kasih makanan whiskas campur hati ayam rebus......

terima kasih udah share pengalamannya... :)

Dok kucing hutan umur 2 bulan apa masih perlu minum susu ? Kalo saya kasih ke induk kucing kampung supaya ia nyusu sama kucing kampung boleh gk dok ?

Saya baru memelihara KH usia 2 bulan selama 1 minggu ini, sy memberi makan Pedigr** Puppy kalengan (wet food) apa gak apa2? dan sy kasih susu untuk kitten.

hmm, saya sebenernya lebih seneng kasih raw food kayak daging segar cacah.
namun bsa dicoba pakai makanan yang mbak/mas kasih sambil terus diiobservasi... :)

iya sih mba tp makannya lahap bgt pake dogfood ini mba.. oh iya mba punya CP no hp atau BBM..? kirim via email aja? sy eby pemilik temi pet shop di Lombok, NTB.

This comment has been removed by the author.

Asalamualaikum dok,saya baru punya kh usia kayanya kurang dari 1 bln.
Terima kasih atas saran2nya untuk perawatan kh yg sudah d posting.
Klo boleh tau lokasi praktek dokter dmn ya?

kalo niat memelihara kucing hutan dengan penuh kasih sayang, kita anggap KH itu ibarat keluarga sendiri, saya berpendapat tidak ada salahnya memelihara KH..

pendapat yang gak salah juga. namun kita juga bertanggung jawab penuh jika KH yang kita pelihara mati. yah, usahakan jangan mati, syukur2 kalau berhasil dibreeding dan keturunannya bisa direlease kembali ke alam... :)

Saya baru dpt kucing hutan umurnya sprtinya 1bln, baru 3 hari pelihara, sy belikan susu greeny milk susu buat kucing tp kok ngedot nya gk kenceng ya,,
Trus skg sering tidur terus,
Sy cb ganti susu dg sgm prenutri 0-6bln, ngedot skg lmyn, apakah dg susu ini gk masalah dok?
Trus kalo skg sering tidur terus ini knp ya?
Mohon pencerahannya dok
Trima kasih

kalau boleh saya kasih saran mending pakai susu khusus anak kucing atau susu sgm llm. selain itu, saya nggak jamin aman, mas.... sistem pencernaan bayi kucing hutan sangat rentan....

jaga benar2 makanannya/susunya ya mas..... saya tunggu kabarnya... oh ya, fesesnya gimana? mencret atau berbentuk???

Td pagi feses nya d kandang nya tak liat ada wrna wrna hijau dok, slbm nya tdk wrna hijau, apa krn pengaruh susu greeny milk itu ya krn susu itu wrna hijau, tp itu susu buat kucing , q beli d pasar hewan

maaf baru saya balas. sibuk sekali 2 hari ini.
sekarang gimana keadaannya?

Saya punya KH betina rencana mau saya kawin silangkan sama persia/dome bisa ga yaa...?

kawin silang antara kucing persia dengan kucing hutan (kucing bengal) sudah banyak dilakukan di luar negeri, mas.... :)
bisa kok...

Misi Dok ingin bertanya,Kucing Hutan syaa Mata nya yang stau Terbuka lebar dan yang satunya lagi agak sipit dok itu knp yah? dan musih di atasi bagaimana? terima kaish.

masih anakan ya kucingnya?
yang matanya agak sipit, sering belekan gak? dia sering garuk2 mata yang sipit? kalau iya, kemungkinan memang ada masalah....

agak riskan kalau saya kasih obat, mbak. mending bawa ke dokter hewan terdekat....

Asalamualaikum dok saya mau tanya , saya punya kh umur baru 2bulan gatau 3bulan , biasa nya saya kasih makan daging ayam rebus setelah beberapa hari lalu saya coba kasih daging ayam rebus dok , kok dia malah ga mau makan yahh , saya bingung harus di kasi makan apa , ternyata dia mau makan kalo di kasih telur ayam atau telur puyuh rebus dok , yg mau saya tanyakan , apa baik untuk KH saya jika mengomsumsi telur untuk jangka panjang , soal nya untuk saat ini kh saya cuma mau makan itu dan ga mau makan yg lain dok
mohon bantuan nya :)

gak apa2 kok diberi telur rebus cuma yah menurut pendapat saya, lemaknya terlalu banyak. boleh, tapi sebaiknya sebagai selingan aja. jangan sebagai makanan utama.

saya pengen tahu fesesnya gimana ya mas. tolong kabari saya. apakah mencret atau tidak, dan warnanya kayak gimana.

Dok klo kh d ksh sosis so nice gmn?

buat manusia aja nggak bagus. kalau kebanyakan, bisa menyebabkan kanker. apalagi buat kucing... :D

Dok kh saya sepertinya flu.. mata berkaca2 trus hidungnya basah.. tpi masih aktif bgt

Warna pupnya agak gelap dok dan lembek

kalau emang suspect flu, lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat biar diobati.
mbaknya punya kucing lain? jangan disatuin karena flu kucing menular. jaga daya tahan tubuh kucing....

kak klau kita ingin budidaya hewan ini bisa tdk ??

bisa aja. udah banyak yang berhasil... :)

sekarang gimana kabar kucingnya, mbak?

This comment has been removed by the author.

Alhamdulillah kucingnya sehat dok.. skrg tambah lincah+ nakal banget.. dok klo kucing hutan jalannya masih doyong2 tu kira2 umur berapa ya? Soalnya kata penjualnya umur 3 bulan tpi rasanya g yakin aja

kalau kucing hutannya masih doyong jalannya, kemungkinan antara 1,5 hingga 2,5 bulan. belum 3. :)

Mas Wibawa, mau pamer kepintaran ya? Yasudh bikin blog sendiri aja sana. Klo mau comment ya yg sopan g perlu pake huruf kapital. Sya ngliat mas ni bkn mau peduli k KH tp lebih pngen pamer kepinteran

Permisi dok , saya mau konsultasi, sekitar 4 hari lalu saya dapat KH usianya kurang lebih 2 bulan, dan jika saya biarkan KH tersebut bisa di tangkap pemburu soalnya di daerah tmpat saya tinggal banyak pemburu yg tidak bertanggung jawab,jadi KH tersebut saya pelihara supaya nanti jika sudah besar mau saya lepaskan kembali ke Alam bebas, saya mau merawatnya tanpa menghilangkan insting liarnya , bagaimana penanganan yg baik dok , mohon pencerahannya

Terima kasih

jadi KH-nya bisa dibilang tangkapan liar ya mas?
coba aja kasih daging ayam cacah, atau daging sapi. beli aja di tukang sate, sate mentah. terus cacah. berikan ke KH-nya.... :)

selebihnya, mas bisa baca di artikel di atas...

Saya baru 2 hari membeli 3 ekor anak kh umur 1 minggu, sekarang masih saya kasih susu SGM dan dia mau minum pake dodot anak krn daerah saya gak ada jual dodot anak kucing dan perlengkapan kucing lainnya,,, semoga kh saya bisa sehat dan selamat

hmm, sekarang gimana keadaan KH-nya mas? kalau bisa sih pake susu khusus anak kucing, mas... :)

This comment has been removed by the author.

Bu dokter mohon pencerahan ny ..kh sy tdk nafsu makan sama nyusu knp yh bu dokter??kh saya umur 2 bulan an lebih..terakhir dn pertama kali ny saya kasih cat food basah di makan lahap..sehabis itu saya kasih lagi malah egk di makan dn nyusu udh egk nafsu lagi..pup ny sih engk encer..keseringan tidur trs skrng..awal ny saya taruh kandang..skrng udh egk betah di kandang (berisik soal ny ngeong trs)...saya lepas bebas aja skrng di kamar...masih aktif sih dok kh ny cuma egk nafsu nyusu lagi...tindakan selanjut bagaimana yh dok...jadi herman saya ny sama nih kucing...tx bu dokter...

kalau pupnya gak encer (gak mencret), saya tebak sih sebenernya dia masih sehat... soal susu, gak apa2. yang penting dia mau makan dlu. gak usah dipaksa minum susu karena bisa jadi emang dia belum terbiasa...

observasi terus ya mas. emang harus ekstra focus kalau pelihara KH, jujur aja.

Dok kh saya kok gak mau makan dan minum ya, kalau di kasih susu indomilk kaleng boleh ga, kemarin saya kasih makan ikan rebus sama campuran cf basah dgn nasi saya gabungin tetep ga mau juga, kh nya kemarin dapat di hutan mungkin dia terpisah sama induknya makanya saya bawa kerumah, kira" umur nya di bawah 3 bln, mohon saran nya :))

jangan dikasih susu, mas. kasian. coba kasih cacahan daging ayam mentah aja. cacahan daging sapi juga boleh. tapi cacah halus ya mas...

catfood basah boleh.

agak susah sebenernya kalau kucing hutan tangkapan liar, makanya saya menyarankan kasih cacahan daging mentah aja. soalnya kan di alam emang mereka makannya itu...

Drh.Fira Sovica Assalamu'alaikum .. Saya mau tanya .Kalau rebusan ayam sama nasi di kasih garam atau tidak ?

maksudnya? rebusan ayam + nasi buat makanan kucing hutan?

kalau buat makanan kucing hutan, mending jangan direbus. kasih cacahan mentah aja... :)

oh gitu kalo . kalo ingin men siasati jangan melulu makan yang mentah .. apa aja Dokter ?

Malam Dokter Fira, salam kenal sya Wahyu. Dok sya boleh nanya ttg kodisi kucing sya ? Setelah plg kerja sya liat kucing sya kok agak lemas,jalan nya agak pincang" pdhl cuma d dlm kandang. Dan sya liat fesesnya berwarna kehitaman dan berbau sedikit busuk,sebelumnya gpp,mohon infonya kira" kucing sya kenapa ya ?apa keracunan ?lantas baiknya diberi obat apa ya. Terima kasih sebelumnya dok.

Biasanya sya beri mkan ayam rebus d tambah nasi sedikit. Tp kebetulan di dlm kandang ada sisa mkanannya yg agak basi. Apa mungkin gara" kemakan itu ya ?tolong infonya trims

nah iya. kemungkinan ada bakteri di sistem cernanya akibat memakan nasi basi. kenapa nggak mas buang aja sisa nasinya?

agak susah sih kalo gak liat kucingnya langsung. mending bawa ke dokter hewan terdekat biar dapet obat antibiotik, mas....

kapan2 kalo ada makanan basi atau gak kemakan di kandangnya, langsung buang... :)

kadang ada owner yang kasih makan kucing hutan pake wetfood (makanan kucing basah). tapi kan catfood bisa menyebabkan kanker kalau keseringan.

jadi kalau menurut saya, lebih bagus kasih cacahan daging aja buat makanan kucing hutan... :)

Siang bu dokter,saya mau tanya nih bu untuk KH saya umur 3 bulan saya kasih susu kucing mau minum,tapi kl untuk makan tidak mau dok bisa kasih solusi untuk kucing KH saya ini? Apakah emang belum bisa mkn? Saya udh coba lele mentah / rebus dan ayam rebus gak mau juga dok,bsa di bantu solusi nya dok apa mknan yg umum nya di makan KH dan susu yg wajib / sudah selayaknya di konsumsi KH ? Trims

Siang bu dokter,saya mau tanya nih bu untuk KH saya umur 3 bulan saya kasih susu kucing mau minum,tapi kl untuk makan tidak mau dok bisa kasih solusi untuk kucing KH saya ini? Apakah emang belum bisa mkn? Saya udh coba lele mentah / rebus dan ayam rebus gak mau juga dok,bsa di bantu solusi nya dok apa mknan yg umum nya di makan KH dan susu yg wajib / sudah selayaknya di konsumsi KH ? Trims

coba kasih wetfood (makanan kucing yang basah).
dan kalau gak mau, coba kasih cacahan daging ayam mentah. mentah ya mas, jangan direbus dulu...

bisa juga kasih daging emprit yang dicacah halus...

kabari lagi... :)

Saya coba mkn ksh ikan lele di rebus dia mau dok,apa kl sudah makan begitu sya kasih susu lagi ya dok? Mohon saran nya

dok makanan catfood campur nasi itu catfood apa whiskas apa yg lain trs klo whiskas itu whiskas yg jenis apa? mohon jawabannya dok

trims

Asalamuallaikum, Dok sya mau beli KH umurnya kira2 4minggu hasil tangkapan dari induknya, sekararang di owner nya di kasih susu dencow dan sehat, klo nanti nya di kasih makanan kering kemasan yg biasa untuk kucing rumahan ras lain bisa ga ?

malam dokter, saya baru adopt kh yg belum melek matanya. saya adopt karena kasihan kitten kh ny hanya diberi susu seada nya oleh rekan kerja saya yg diperkebunan sawit.

pertanyaan saya adalah biasanya tiap berapa jam harus dikasih susu ya dokter?.mengingat kitten kh ny blm bs nyusu sendiri,mata nya belum melek.

jujur saja, agak riskan kalau baby kucing hutannya masih belum melek. tapi berusaha aja ya mas. coba kasih minum susu tiap 4 jam sekali, dan jangan sampe kedinginan.

dikasih susu apa? bagusnya susu khusus anak kucing, tapi kalo gak ada, minimal susu non laktosa kayak sgm llm....

Kak saya abis beli khnya tmn waktu dirumah temen itu jinak banget tp setelah dirumah saya udah 3 hari ini galak banget itu gmn bia bisa jnak lg ya kak

dia masih adaptasi sama lingkungan barunya, bisa jadi emang lagi stress. biarin aja, sementara pindahkan kandangnya ke ruangan yang sepi suara. makan tetep ddikasih secara rutin. setelah 3 hari, coba lakukan interaksi... ajak main, atau elus di dalam kandang, dan sebagainya... :)

Kak kh saya masih sama aja galak kalo di deketin ngempros ngempros

seberapa sering masnya ajak main dia?
masnya merokok? kalau nggak merokok, coba taruh kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet di atas kandangnya. dilebarin, dijembrengkan, biar kucingnya kenal bau tubuh mas. dan lagi, sering2 ajak main... kalau dia masih nyerang, mas cukup duduk di depan kandangnya aja biar dia bisa liat mas... lakukan terus sampe kucingnya tenang... :)

Dok saya baru beli kh umur kurleb 6 bln jenkel jantan,pertama datang mau makan selanjutnya gak mau makan padahal sudah kasih makan daging mentah,feses nya bentuknya gumpal warna hitam kecoklatan

kucing hutannya tangkapan liar? :)
kasih dagingnya daging apa?? ayam atau sapi? yakin dagingnya bersih dan bebas bahan kimia serta nggak bekuan?

kalau emang tadinya dagingnya beku, mending didiamkan dulu di ruangan terbuka sampe gak terasa dingin lagi... :)

saya tunggu kabarnya ya mas...

dok mau nanya ni saya punya KH umur 2 bulan. sama saya baru 1 minggu ni dok,dia juga suda jinak pengen di elus-elus tapi kalo dia ketakutan mata kiri nya kok berubah jadi warna putih bening ya dok kira'' apa itu sakit nya???

kalau ketakutan doang?
dia suka garuk2 matanya?
suka ada belek gak di matanya?
fesesnya gimana??

jujur saya nggak tahu, tapi kalau saya tebak sih itu bukan masalah kesehatan. nggak tahu juga, saya harus liat mata kucingnya langsung. bisa kirim gambarnya? upload aja di postimage.com, terus linknya taro di sini... :)

kabari saya lagi mengenai jawaban2 yang saya tanyakan ya mas... :)

Salam dok. Mau tanya, saya punya kucing persia ud seminggu lalu melahirkan. Pertanyaan nya. Apakah boleh dan ada efek samping nya bila kh yg masi bayi di susui bareng dengan persia. Dan apakah anak kh mau menyusu dengan induk lain.? Dan apakah si induk persia mau menyusui anak kucing yg bukan induk nya. Saudara saya blum lama punya KH. Niat nya saya ingin bantu dia agar bisa menyatu dengan kucing persia saya. Mks dok.

Salam dok. Mau tanya, saya punya kucing persia ud seminggu lalu melahirkan. Pertanyaan nya. Apakah boleh dan ada efek samping nya bila kh yg masi bayi di susui bareng dengan persia. Dan apakah anak kh mau menyusu dengan induk lain.? Dan apakah si induk persia mau menyusui anak kucing yg bukan induk nya. Saudara saya blum lama punya KH. Niat nya saya ingin bantu dia agar bisa menyatu dengan kucing persia saya. Mks dok.

normalnya sih si induk (kucing persia) akan mengusir si KH yang bukan anaknya, mas. tapi dulu saya pernah punya pengalaman kayak gitu (bayi kucing hutan nyusuin ke induk persia), dan ternyata bisa.... si induk yang kucing persia mau menyusui anakan kucing hutan yang bukan anaknya...

jadi, mas bisa coba aja. berhasil atau nggak, emang tergantung 'lucky'... :)

Si induk cara mngusir KH nya di gigit d cakar, atau dengan gertakan suara doank dok kira". Yg saya takut indukan nya langsung menggigit KH nya. Soal nya kn susu dari induk kucing langsung lbih Bagus. Mknya saya mau menggabungkan. Yg saya tkut kan dia akan menggigit si KH hingga luka.?

nggak langsung digigit kok, tapi cuma diusir2 gitu aja... :)

emang belum disatuin mas? satuin aja, kemudian observasi (liatin) selama 20 hingga 30 menit.... :)

Blom dok. Kasian. Kh ny juga masi kcil. Ya slma ni sudara saya masi kasi botol susu aja... Tp kalau kh nya mau nyusu am induk persia. G ad masalh kan dok am pncernaan kh nya..? Nanti mau d coba...

Blom dok. Kasian. Kh ny juga masi kcil. Ya slma ni sudara saya masi kasi botol susu aja... Tp kalau kh nya mau nyusu am induk persia. G ad masalh kan dok am pncernaan kh nya..? Nanti mau d coba...

nggak masalah kok. :)
udah disatuin? gimana kabarnya?

kabari lagi ya mas. dan maaf karena baru balas...

Alhamdulillah dok mau. Dan saya mengadop nya lg. Jd ad 3 KH d susui induk persia. Tp induk nya ga mau jilatin si KH. Kalo anak nya mau. Tp tetap saya awasi. Takut nya d gigit. Soal nya baru melek KH nya. Tp kasian induk nya ga ya.? Tiap lg nyusu. Makan minum nyusu lg. Bgt trus. G istrahat.? Gimn mnurut dokter. Apa saya biarkan. Atau saya Kasih susu aja ya dok.?

Alhamdulillah dok mau. Dan saya mengadop nya lg. Jd ad 3 KH d susui induk persia. Tp induk nya ga mau jilatin si KH. Kalo anak nya mau. Tp tetap saya awasi. Takut nya d gigit. Soal nya baru melek KH nya. Tp kasian induk nya ga ya.? Tiap lg nyusu. Makan minum nyusu lg. Bgt trus. G istrahat.? Gimn mnurut dokter. Apa saya biarkan. Atau saya Kasih susu aja ya dok.?

biarkan aja dulu mas. :)
syukurlah kalau mau. iya, lebih baik sambil diawasi aja....

tetep awasi ya. :)

Ia dok. Sekarang ud mau d jilati. Kaya anak nya sendri, mau tanya dok. Anak persia saya baru sbulan stngah. Tp ud pada mau makan. Apa gpp dok.? Lalu persia kalo d kasi kpala ayam rebus masalah am bulu nya ga ya dok.? Soal nya dia mau. Pas saya merebus pala ayam untuk musang. Anak" persia nya pada ngjilatin pala ayam nya yg ud d rebus. Saya Kasih kulit nya suka bngt. .? Kira" pngaruh ga ya am bulu nya dok kalo saya kasih.? Maf dok sblum nya. Nanya d luar tema... Mks dok.

nggak apa2, kasih makan aja wetfood, mas. dikit2 aja. kalau emang dia suka makan kepala ayam rebus, boleh aja sih dikasih, cuma sambil terus diobservasi terutama fesesnya. sama, kalau kasih wetfood juga gitu, sambil diobservasi...

saya kira gak ada masalah sama pertumbuhan bulunya. :)

Ok mks dok saran nya... Semua nya sehat, somga doktr juga selalu sehat... Skli lg mks.

selamat malem dok
dok, kan saya baru punya KH nih dok, ada 2 ekor, umurnya 1,5 bulan dok.
pertanyaannya dok
- susu yang cocok untuk umur segitu, susu apa ya dok? kalo sekarang sih saya kasih susu SGM 0 - 8 bulan dok
- lebih bagus mana dok, SGM sama DANCOW kalo untuk KH dok?
- kalo umur segitu boleh gak sih dok, kalo di elap pake air hangat, biar badannya gak bau?
tolong di jawab dok. makasih dok

sebelumnya maaf karena baru balas...
sekarang gimana keadaan kucingnya?

1. jujur saya agak susah buat jawabnya. karena susu yang cocok buat KH adalah susu dari induknya sendiri. susu buatan manusia kadang malah bikin pencernaannya terganggu. tapi kalau emang mau kasih susu, bisa kasih susu khusus anak kucing. kadang ada yang kasih susu non laktosa juga, tapi ini tergantung, sistem pencernaan si kucing bagus atau nggak. yang pasti, jangan kasih susu dancow. coba aja kasih susu SGM non laktosa.

kalau saran saya gimana? kasih susu khusus anak kucing.

2. boleh dilap pakai air hangat, terus dilap lagi pakai handuk kering. biar gak kedinginan nantinya. :)

kabari lagi ya mas...

hallo dok, saya melihara KH jantan usia hampir menginjak 4 bulan, saya mau tanya dok, waktu itu KH saya kasih makan daging ayam rebus di cincang lembut, itu saya kasih makan umur 2 bulanan, terus sebagai cemilan dia juga makan CF, saya kasih makan daging ayam 2-3x sehari, waktu itu KH saya badannya gendut dan doyan makan banget, tapi semenjak menginjak umur 3 bulanan, tiba2 dia mencret2 alias diare sampe2 jadi kurus, tiap habis makan langsung BAB, makan masih doyan cuman ya BAB terus sehari bisa sampe 3x-4x BAB, sudah saya bawa ke dokter dan diberi obat jadi udah rada berkurang BAB nya cuman masih encer poopnya, sekarang jadi susah gemuk dan kurus badannya, padahal dia aktif banget :(( gimana ya dok solusinya? Saya harus kasih makan apa? padahal udah saya kasih daging ayam dan catfood sebagai camilan dia

focus ke fesesnya, karena kalau fesesnya masih mencret, kemungkinan emang belum sembuh betul. gak apa2, ada perubahan kan dari kondisinya yang awal? :)
karena saya gak bisa liat kucingnya langsung, maka tebakan saya gangguan pencernaan, kemungkinan karena daging ayamnya yang kurang fresh atau ada bahan kimianya...

coba appoinment kedua sama dokter hewannya. kabari lagi ya mbak

Dok saya mau tanya,saya punya kh umur 4blnan katanya..
Badannya kurus dan kalo di deketin selalu meraung dan diam di pojokan kandang supaya jinak dan gemuk gimana yah? Terus mandiinnya gimana soalnya di deketin aja masih meraung.

sebelumnya maaf karena baru balas...
kucing hutannya hasil tangkapan liar ya mas? maksudnya, beli di pasar hewan, bener?

sementara ini jangan dimandikan dulu gak apa2. di atas kandangnya mas taro kaus bekas pakai mas, yang masih bau keringet. dilebarin gitu kausnya biar bau tubuh mas bisa kecium sama dia...

coba kasih makan pakai tangan, disuapin. kalau belum mau, sementara kasih aja di wadah, terus mas liatin dia dari luar kandang (duduk aja di depan kandangnya).

sesekali bisa elus. pelan2 aja.

kabari lagi ya mas

KH dibawah 1 bln sebaknya dicarikan indukan kucing kampung yg sedang menyusui (antibodi akan lebih kuat). Tapi tetap harus sering di handle dan di elus, kalo jarang kita pegang dan elus naluri buasnya tetep akan muncul dan hising kalo di dekati manusia, walaupun induk yg menyusui kucing kampung.
Kesalahan pemeliharaan di awal menentukan kesehatan dan karakter KH kedepannya. Kalo sampai umur 4-5 bln ttp galak biasanya sulit untuk jadi jinak. Sebaiknya terima apa adanya yg penting KH sehat atau lepas ke habitatnya saja. Cat Food sebaiknya dihindari apalagi nasi, pencernaan KH masih primitif (Karnivora tulen, beda dg kucing kampung yg sudah adaptasi turunan dr nenek buyutnya). Jika dipaksakan akan menimbulkan masalah pencernaan dan kesehatan KH di kemudian hari. Berikan makanan alaminya yaitu daging. Menurut saya makanan gak berpengaruh pada sifat KH, kalo KH sudah asli jinak dikasih daging segar pun ttp jinak (pengalaman punya saya sendiri). Memberi makanan pabrikan dan nasi hanya akan memperpendek umur KH, PERCAYALAH... Saya sudah beberapa kali pelihara KH dan ikut nimbrung di forum FB pecinta KH dan tdk banyak yg bisa bertahan pelihara hingga dewasa. Intinya pelihara KH butuh ketelatenan dan biaya yg gak murah, bukan sekedar ikut2 an tanpa persiapan matang.

saya setuju dan salute kepada mas yang mau berbagi pengalaman di sini. emang sangat sedikit KH yang berhasil dipelihara sampai dewasa.

kalau mas mau, mas bisa terus berbagi pengalaman di blog ini. salam :)

Dok.. kenapa kh sy gak mau makan. Sy bru adop sih.. umurnya 6 bulan. Kayaknya dia stres. Trus kakinya mugkin sakit soalnya dia nda mau jalan. Cm baring2 di kandang. Makan nanti sy cekokin pake lele mentah yg masih berdarah2. Owner sblumnya ksih makan lele.. baiknya kasih obat atau suntikan apa spya daya tahan tubuhnya kuat dan mau makan lagi? Ouh iyaa pupnya padat wrna hitam ke abu2an. Tp dia skrang lemes bnget..

untuk kucing hutan, agak riskan juga sih mas. mending bawa ke dokter hewan aja. karena kucing hutannya udah agak dewasa, masih bisa sembuh asalkan mas buru2 bawa dia ke dokter hewan

Salam dok.fira.
Sy nih ada KH 2 ekor alhamdulillah sehat, trus apa aman untuk d vaksin dok ??
Trus apa ada plus minusnya jika sy menyuntikan vaksin ke mereka dan jika saya membawa mereka ke DRH apa tdk apa ?? Maksud saya apa tidak melanggar ??
Karena sy sangat menjaga kesehatan mereka dengan tujuan kelak nanti sy bisa menakarkan mereka karena hutan jika sy kembalikan ke habitat nya sy sngat hawatir karena oknum2 nakal yg membakar hutan rumah merka.
Sy lebih optimis membuat penakaran sendiri dengan cara apapun karna sy ingin membantu membiakan mereka dok.
Mohon bantuanya dok.

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 239   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.