Cara Mengobati Kaki Bengkak Pada Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Tips

cara mengobati kaki bengkak pada sugar glider

ini ditujukkan untuk semua pecinta sugar glider. Tips ini berdasarkan pada pengalaman pribadi penulis yang juga memiliki beberapa sugar glider, Berikut adalah cara mengobati sugar glider yang mengalami pembengkakan pada kakinya. Oh ya, bagi anda yang ingin memelihara sugar glider, anda juga bisa membaca artikel saya cara memelihara sugar glider dengan benar. Anda juga bisa membaca cara menjinakkan sugar glider di artikel cara menjinakkan sugar glider.
Images taken from www.thedaintysquid.com

1. jauhkan dari segala jenis konsumsi protein
asupan makanan berprotein tinggi seperti serangga (jangkrik, ulat hongkong, telur rebus) dan bubur bayi bisa memperparah bengkak. dalam beberapa kasus yang pernah penulis tangani, kaki yang bengkak akan mengalami pembusukan jika terus-menerus diberikan protein sebagai makanan sugar glider.

2. beri makan berupa buah non-protein
pemberian buah-buahan yang tidak mengandung protein bisa menjadi alternatif pilihan makanan. pepaya, pisang, semangka, dan lengkeng bisa menjadi pilihan pakan untuk sugar glider yang kakinya bengkak.

3. tambahkan sedikit madu pada air minum sugar glider
pemberian madu di air minum bisa membuat daya tahan tubuh sugar glider semakin kuat. namun hendaknya anda berhati-hati dalam pemberian madu di air minum sugar glider karena pemberian glukosa yang terlalu banyak pada air minum sg malah akan membuat luka sg semakin memburuk.

4. berikan amoxicillin jika diperlukan
jika luka pada sugar glider sudah terlanjur muncul, maka cara mengobatinya adalah dengan memberikan amoxicillin secara terus menerus selama beberapa hari. pemberian buah-buahan bisa tetap dilakukan saat pemberian amoxicillin. berikan dosis sekecil mungkin untuk sg, akan lebih baik lagi jika amoxicillin dihaluskan terlebih dahulu lalu kemudian diberikan sedikit air, baru diberikan kepada sugar glider anda.

harap diingat bahwa pemberian amoxicillin adalah hal terakhir yang saya sarankan jika poin 1 sampai poin 3 tidak memberikan hasil. akan lebih baik jika anda tidak memberikan amoxicillin kepada sugar glider dan langsung membawa sugar glider ke dokter hewan terdekat.

demikian tips

cara mengobati kaki bengkak pada sugar glider

. dengan artikel singkat ini, penulis berharap akan makin banyak para owner sugar glider yang paham tentang mengobati kaki bengkak pada sugar glider.

93 Responses to "Cara Mengobati Kaki Bengkak Pada Sugar Glider"

  1. kalau bengkak karena diserang sg lain, apakah penangannya sama dok?
    Tq

    ReplyDelete
  2. Salam dok..
    Saya mau tanya.. saya bru adopt sg betina umur sekitar 2 bln lebih.. pas saya perhatikan ada benjolan cukup besar di jari kelingking sama jari manis d tangan kanannya.. benjolannya agak kuning kayak ada nanahnya di dalamnya.. tapi sgnya masih aktif manjat2 kayak ga terganggu dengan benjolan itu..
    Apakh penanganannya sama dok? Apa boleh saya olesin minyak tawon ato betadin ?
    Saya takut benjolannya makin parah sampai bisa bikin sg saya selfmutation

    ReplyDelete
    Replies
    1. tebakan saya sih kalau dia gak merasa terganggu, kayaknya bukan masalah. dan sepertinya, itu bukan nanah. karena kalau nanah biasanya disertai dengan rasa gatal di bagian yang bengkaknya.

      namun coba mbak/mas pencet aja pelan2 benjolannya. kalau terasa lunak atau keliatan ada nanahnya, saran saya ikuti langkah2 di atas... :)

      Delete
  3. Dok, kalau sg sering di ajak pergi 2hari sekali naik motor pake bonding pouch gmn? Apa sg bisa kena masuk angin dok? Tapi di bawa pergi nya nggak jauh2 banget dok..
    Trus juga takaran kalau di beri minyak ikan untuk sg joey 2 bulan seberapa ya dok? 1 porsi kah minyak ikannya?
    Makasih ya dok apabila dokter mau menjawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. cukup kasih kain di dalam bonding pouchnya agar dia bisa menyelusup di dalam situ. kalau bisa sih hindarkan suara2 keras, sg biasanya takut kalau banyak suara keras.....

      sgnya dah nurut gak?

      bagusnya mending pake mobil aja mbak...... :)

      Delete
  4. Dia nurutnya kalau sama pas sama aku yg jauh dr objek2 yg lain dok, kalo aku jalan, berdiri dia nurut di pundak mulu tapi kalo aku dduk di kursi sama kalau pas aku taruh kamar dia trus turun nyusup di bantal atau kursi
    Itu dah di katain nurut blm ya dok?
    Jarang bgt crabbing mungkin kalo d ajak org lain baru crabbing ato aku bkin gerak dadakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu. :)
      soal bonding apa nggak, silakan mbak baca artikel saya bedanya jinak dan bonding... :)

      biasa dikasih makan apa? :)

      Delete
  5. Bubur sun dok tp mau aku coba ganti promina kata dokter bagus kalo promina soalnya
    Trus dok aku kasih buah tu kalo msh 2 bln udh bs di kasih irisan apa harus di halusin dl ya dok? Soalnya kmrn aku cari aman nya aku halusin pisang, dia blm prnah aku kasih yg buah keras2, apa dah boleh d kasi buah yg keras kaya apel gt ya dok?
    Trus pemberian minyak ikan untuk joey 2 bulan se ekor brapa ya? 1 kapsul itu apa stngh?
    Maav bnyk nanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kasih pisang aja. dilembekin dulu. bisa juga kasih pepaya yang dihaluskan (dijus) tanpa air. tambah sari kurma sedikit biar nafsu makannya bagus...

      untuk buah2 lain kayak apel dan semacamnya, boleh aja sih kasih. pear juga bagus buat sg. kasih aja sedikit, coba... :)

      untuk minyak ikan, kayaknya gak perlu dulu. cukup sari kurma aja buat campuran makanannya... :)

      kasih saya kabar terus ya... :)

      Delete
  6. Siang dok, saya desi. Sg saya suka sama air kelapa n kelapanya, boleh dikasih atau ga ya? Thanks. Minum jarang tp pas di kasih air kelapa doyan minum. Dan sg saya kaki depan kiri bengkak, mau saya urut nunggu dia tidur, makanya saya kasih kelapa. Menurut dokter gimana? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok dikasih.
      soal kakinya bengkak, udah saya tulis caranya di atas. silakan baca dlu... :)

      Delete
    2. siang dok.. mau tanya, sg dewasa bisa gak dikasih susu kucing?

      Delete
    3. jangan. sg gak usah dikasih susu. :)

      Delete
  7. Siang dok, saya desi. Sg saya suka sama air+kelapanya, boleh dikasih atau ga ya. Minum jarang tp pas di kasih air kelapa doyan minum. Dan sg saya kaki depan kiri bengkak, mau saya urut nunggu dia tidur, makanya saya kasih kelapa. Menurut dokter gimana? Thanks

    ReplyDelete
  8. Dok itu bengkak karena apa ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab. bisa karena insiden (jatuh, terkilir, dll), bisa juga karena infeksi... :)

      Delete
  9. Dok kok bajing saya kayak pincang gitu ya, kemaren habis jatuh dari atas lemari biasanya buat mainan, trus berdarah banyak, saya kasih betadine trus sekarang malah pincang gitu kayak kaki kirinya gak guna, gimana dok saya khawatir bangett mhon bantuanya

    ReplyDelete
  10. Dok kok bajing saya kayak pincang gitu ya, kemaren habis jatuh dari atas lemari biasanya buat mainan, trus berdarah banyak, saya kasih betadine trus sekarang malah pincang gitu kayak kaki kirinya gak guna, gimana dok saya khawatir bangett mhon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bengkak gak kakinya?
      dia masih mau makan?

      kemungkian cedera atau bahkan fracture. jaga pola makan, utamakan makanan yang mengandung banyak kalsium agar tulangnya bisa sembuh lagi.

      maaf karena baru balas, saya sedang sakit keras sekarang....

      Delete
  11. Bengkak dok, masih mau makan, banyak malahan. Makan kalsium itu apa aja dok ? Saya takutnya kalo patah. Semoga gak. Tapi dia juga ngantukkan dok saya kasih pisang terus masalahnya, maklum pah anak kosan mager mau cari yang aneh-aneh wkwk :D . Makasih dok udah mau balas, Cepet sembuh dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih sangat yakin dia bisa sembuh. coba mas beli tulang ikan sotong aja di toko makanan burung, tumbuk hingga benar2 halus kayak bedak, lalu campur ke makanannya 2 hari sekali.

      makanan lebih baik hindarkan makanan berprotein, kasih buah aja mas. biar lukanya cepat kering...

      saya tunggu kabarnya terus ya mas

      Delete
  12. Kemungkinan bisa sembuh gak ya dok?. Maaf ngrepoti dok

    ReplyDelete
  13. Dok si bajing tapi gak mau padahal udah dicampur pisang, apa perlu disepet ya dok?

    ReplyDelete
  14. Dok si bajing tapi gak mau padahal udah dicampur pisang, apa perlu disepet ya dok?

    ReplyDelete
  15. Saya juga mau tanya dok, kenapa ya si BK kok kadang mau jinak kadang liar pas ada temen" malah maunya sama temen"ku padal pas lagi sendiri nggak dok, itu gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sepet aja boleh. tapi jangan dipaksa. :)
      emang kadang karakter BK suka kayak gitu mas. suka aneh2. wajar kok... coba aja mbak sering2 lagi ajak main...


      sekarang gimana si BK, mbak? sehat? :)

      Delete
  16. Alhamdullilah dok sehat, tapi kakinya masih diseret. Ya besok coba saya sepet aja dok :) . Itu tadi jadi agak liar apa gara gara ada BK baru saya beli ya dok? jadi sifatnya ikutan liar? Ngomong ngomong saya mas dok wkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. hahahaha. maaf, maaf. :D
      oke, saya tunggu kabar selanjutnya ya mas... asupan makanannya perhatikan betul. kalau mau, bubur bayinya kasih sari kurma dikit...

      sehat selalu...

      Delete
  17. Trus kandangnya saya jadikan satu dok

    ReplyDelete
  18. Dok SG aku kukunya kaya hampir copot gt, trs bwah kukunya bengkak kcil. Cara penanganannya gmn? Hbs aku kasih betadine dok, malah dijilatin

    ReplyDelete
    Replies
    1. luka gak? kalau luka, praktekkan langkah di artikel di atas.
      bisa kasih betadine. pake cotton bud aja, basahin pake betadinenya, terus totol2 di lukanya...

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  19. Dok SG aku kukunya kaya hampir copot gt, trs bwah kukunya bengkak kcil. Cara penanganannya gmn? Hbs aku kasih betadine dok, malah dijilatin

    ReplyDelete
  20. Dok. Ini hanya 1 jari tangannya aja yg bengkak. Agak membesar gitu. Kenapa ya? Apa cara nya sama spt cara dokter diatas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, caranya sama seperti di artikel di atas... :)
      saya tunggu kabarnya ya mbak... :)

      Delete
  21. Nggak lukaa kak. Gimana? Cm kelihatan bengkak😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. sama kayak di artikel di atas.
      dia suka garuk2 bagian yang bengkak?

      saya tunggu kabarnya terus ya mbak...

      Delete
  22. nggak sih dok. cm tadi saya pakai kaca pembesar, itu di jari nya ada kayak bintik putih dan mungkin (kalau saya ga salah lihat) itu ada kayak goresan dikit gitu di daerah situ. jadi saya ikutin pake cotton bud + betadine. anaknya sih gpp, cm waktu saya totol" di daerah situ, itu dia sempet jerit sih (bunyi gitu). tp cuman sekali aja dari bbrp kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amannya sih tetep jangan kasih protein apapun ya mbak. lakukan selama seminggu atau 2 minggu ke depan. :)

      kabari saya terus. :)

      Delete
  23. Dok mau tanya sugar glider saya bengkak kaki depannya tapi gaada luka gimana itu penanganannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lakukan poin 1, 2, dan 3 dari artikel di atas.
      selebihnya, bisa kasih minyak urut ke bagian yang bengkaknya.... :)

      kabari lagi ya mbak

      Delete
  24. Dok mau tanya sugar glider saya bengkak kaki depannya tapi gaada luka gimana itu penanganannya?

    ReplyDelete
  25. Mau nanya dok
    Tadi saat saya motong kuku sg saya tiba2 sg saya gerak mendadak yang menyebabkan kuku nya kependekan kepotongan nya, dan ada sedikit darah keluar
    Apa yang harus saya lakukan dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih betadine aja, mas. totol2 pake kapas/cotton bud.

      sekarang gimana keadaan sgnya? :)

      Delete
  26. Sore dok saya mau nnya..
    Sg saya kmrn kakinya ga sengaja terjepit dan akhirnya ada luka kecil di jarinya kemudian 2 jarinya bengkak..untuk perawatannya cukup ikutin tips di atas aja ya dengan menghindari makanan berprotein saja?atau ada treatment tertentu lgi yg hrus diberikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, cukup pake treatment di atas aja, mas. :)
      maaf baru balas...
      kabari lagi ya..

      Delete
  27. Assalammu 'alaikum, dok mohon pencerahan sg saya ketimpah tutup lemari jadi jlnnya ngesot karena setengah badannya kaki sama buntutnya kaku gmna ya dok? Ngantuk terus pun dia terus gak pipis dgn pup? Tadi udh dibawa ke dokter cuma dikasih vitamin karena saya lagi di Aceh Timur minim banget dokter hewan dsni. Tolong dok 😢😢😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.
      coba kasih madu atau kalau di sana ada sari kurma, coba kasih sari kurma. lakukan selama seminggu penuh, sambil diobservasi...

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Ada dok, brapa banyak kasihnya dok? Sg saya umur 3bulan. Apa boleh tetap makan bubur sun dan suplement nya atau buah dok?

      Delete
    3. setetes aja, ditetes langsung ke mulutnya. kasih sekali sehari. minumannya juga bisa ditambah sari kurma juga.

      boleh dikasih makan bubur bayi, tapi minimal seminggu sekali kasih buah. biar sistem pencernaannya bagus. terus, bubur bayinya juga bagusnya promina. jangan sun. :)

      Delete
  28. dok itu kn ad amoxcilin utk pnangan hind leg paralyze.. dosis yg d anjurkan untuk sg tuh srberapa bsr dok.. trima jash

    ReplyDelete
    Replies
    1. penanganan hind leg paralysis gak pake amoxicillin, mas. coba baca artikel saya mengobati hind leg paralysis pada sugar glider.

      kalo sg yang kakinya bengkak seperti tertulis di atas, baru pake amoxicillin. itu juga dosisnya sekecil mungkin. dari satu tablet amoxicillin, mas potong jadi 10 bagian kecil, tumbuk satu bagian sampe bener2 halus, lalu kasih 3 sendok teh air mineral. minumkan ke sgnya.

      tapi inget poin terpenting dalam mengobati sg yang kakinya bengkak, yaitu batasi asupan proteinnya...

      Delete
  29. Saya mau tanya dok sugar glider saya kakinya kelilit benang waktu di taruh di kantong baju sampai bengkak apakah obatnya sma kalau sama takaran amoxcilinya berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, mas.
      satu tablet amoxicillin mas potong jadi 10 bagian sama besar, terus satu bagian tumbuk sampe halus, kasih 2 sendok teh air mineral, minumkan...

      Delete
  30. Dok saya mau tanya, kh saya makaj ati sama ayam rakus bgt, saya mau ganti pangan saya mix rc atau proplan, gmn menurut dokter?

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum dok,, ini sya mau tanya sya punya sg umur 7 bln, kendalanya itu sg sya sering sya bawa jalan trus sg nya sering manjat di baju sampai kukunya terkelupas dok,, gimana tuh dok, aku liatin kukunya tuh terkelupas tpi masih nempel di jarinya

    ReplyDelete
  32. Assalamualaikum dok,, ini sya mau tanya sya punya sg umur 7 bln, kendalanya itu sg sya sering sya bawa jalan trus sg nya sering manjat di baju sampai kukunya terkelupas dok,, gimana tuh dok, aku liatin kukunya tuh terkelupas tpi masih nempel di jarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara diamkan aja dulu di kandang. jangan biarkan dia manjat2 dulu atau jangan dibawa2 dulu...

      untuk kukunya, kalo ada lukanya, kasih betadine aja... pake cutton bud olesnya... :)

      Delete
  33. Dok. Sg saya di jempol kaki bengkak ,pas diperhatikan kaya udah ga bisa digerakkan jari jarinya ,ga kaya jari jari kaki yg kiri
    Itu bisa diobati ga ya dok? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bengkaknya ada lukanya? atau kayak ada isinya (nanah atau cairan)?

      mas bisa ikutin langkah2 diartikel di atas....

      buat amannya, mending pisahkan aja ke kandang lain. :)

      Delete
  34. Dan apa saya harus memisahkan dengan betinanya atau tetap di satuin ?

    ReplyDelete
  35. Dok saya mau tanya, saya baru saja adopsi KH selama 2 minggu, usianya bau 1,5bulan dok. sebelumnya KH nya diberi susu kambing sama yg punya, setelah saya adopsi KH nya saya kasih susu khusus kucing, tapi KHnya malah mencret, sampai saat ini menurut saya keadaan nya baik" saja walaupun dia mencret krna saya lihat dia masih aktif dan masih sangat kuat dot susu khusus kucing nya, tp saya takut ada masalah utk selanjutnya, jd seharusnya saya kembalikan ke susu kambing saja atau tetap gunakan susu khusus kucing nya ya dok,? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake susu kucing aja. susu khusus kucing ya mbak. :)
      gak dikasih makanan lain selain susu kucing?

      Delete
  36. Dok, saya mau tanya. Sg saya kaki belakang bengkak dan buntut ny luka, sepertinya karena berantem. Penanganan awalnya bagaimana? Apa sudah terlambat soalnya kaki ny sudah bengkak


    Http://i.imgur.com/JGhoOWR.jpg

    ReplyDelete
  37. Keren skali mba dokter artikelnya. Ini sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak, mas... maaf karena baru balas... :)

      Delete
  38. makasih mbknya, mantap artikel sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  39. Dok sg saya jari kakinya seperti bengkak.. sekarang bengkaknya hilang tp ganti putus.. jadi tidak ada kukunya.. itu kenapa ya? Dan ini skrng ganti sebalah jarinya agak merah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab sih. tapi mas bisa baca artikel di atas...

      Delete
  40. Sdh saya kasih buah.. bahkan kurma dan air madu.. jarinya masih ttep bengkak.. apa yg harus dilakukan ya dok.. bingung ini takut putus lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus lakukan, mas.
      mas bisa kasih amoxicillin juga. coba cek artikel saya, DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN....

      Delete
  41. Dok sg saya luka akibat kawin di punggung, nah skarang lukanya bernanah dan bau bangkai pada luka itu penanganannya seperti apa ya dok? Terus grooming sepertinya dia kesakitan mohon dijawab dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada artikel mengenai DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN di blog ini. coba beri amox sesuai dengan dosis itu.

      bersihkan lukanya, terus kasih betadine. dan karantina dari sg lainnya, mbak....

      Delete
  42. Siang dok. Saya mau tanya kan sg saya baru saja saya titipkan ke teman 2 hari. Begitu saya ambil kakinya bengkak. Apa mungkin karena terlalu banyak makan bubur dok? Karena saya lihat kalau dia memberi makan itu bisa sampai 3 kali porsi yang saya berikan. Saya juga mau tanya apa sg termasuk hewan yang jarang minum? Sg saya hanya minum kurang dari 10ml seminggu ini. Saya bingung bagaimana cara memberinya madu karena itu. Terimakasih dok mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. madu campurin ke air minumnya, mbak. air minumnya taro di botol minum hamster, gantung di kandangnya....


      soal kakinya bengkak, banyak sebab sih. tapi buat mengobatinya, mbak bisa baca artikel di atas...

      Delete
    2. Kira-kira untuk masa penyembuhan biasanya berapa lama ya dok? Sg saya jd sering diem tidur di pouch, padahal biasanya berisik kalau lihat saya. Saya baru pertama pelihara sg jd agak panik ini. Mohon bantuannya kalau saya sering tanya ya dok.

      Delete
    3. kalau proteinnya udah distop, bakalan lebih cepet. kira2 seminggu atau 2 minggu... :)

      Delete
  43. Assalamualaikum dok.
    Saya mau konsultasi, saya pnya peliharaan tupai kelapa awalnya dia sehat" aja terus tiba" sakit tbuhnya lemas, bdannya gemetar, kakinya bengkak, tdak bsa mnjat" lagi tpi masih semngat untuk mkn, kira" gmn cara nyembuhinnya ya dok ? Agar kembali lincah dan sehat seperti dulu.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      kasih air kelapa muda campur sari kurma, mas....

      Delete
  44. Saya memiliki sg jantan kisaran umur 4-5 bulan
    Sedangkan saya baru sadar kalau kaki belakang di sebelah kirinya seperti pincang bahkan kalau jalan di seret seperti patah
    Tapi untuk misal berpegangan pada kandang masih bisa walaupun hanya sebentar
    Entah apa penyebabnya..

    Apakah penanganannya sama seperti artikel di atas? Masih ada kemungkinan sembuh kah? Atau tidak?

    Mohon jawabannya dok, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. kalau kaki belakangnya diangkat/disentuh/atau digerakkan pelan2, apa dia kesakitan? kalau keliatan gak kesakitan, saya takut dia kena hind leg paralysis. coba baca artikel saya, mengobati hind leg paralysis pada sugar glider

      Delete
    2. Ga kesakitan dok, maka nya saya bingung
      Sempat di usulkan di kasih makan di campur dengan hpw

      Delete
    3. jangan. yang dia butuhkan kalsium, bukan protein...

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Dok sugar glider saya jempolnya berdarah dan kukunya hilang, tadi pagi saya kasih minum susu sama roti gandum trus minum air sedikit madu . Sekarang kondisinya lemas dok, matanya saja yang kedip-kedip sama geraknya cuma sedikit . Badannya sedikit kaku dok . Gabisa buat berdiri sendiri dok cuma anteng aja gituu . Gman ya dok ? Cara menyembuhkannya gmna dok ? Padahal baru punya anak 2 dok dan kadang masih minum asinyaa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih madu. untuk sementara kasih pepaya blender aja.

      sekarang gimana keadaan sgnya?
      jempolnya kasih betadine.

      Delete
  47. Sg agar cepat berkembang biak gimana ya dokter??

    ReplyDelete
  48. Sore Dok, rahang bawah sg saya bengkak. Tidak luka, tapi kalau diraba keras. Masih mau makan, tapi emang males2an dibanding sg yg lain. Apakah untuk pengobatannya mengikuti artikel diatas?
    Terimakadih

    ReplyDelete
  49. Pagi dok saya mau tanya..... Sg saya jadinya tangannya bengkak.... Kayaknya kejepit terus gabisa gerak.... Kira kira penyembuhannya gimana ya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.