Jenis Makanan Berbahaya Untuk Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

jenis makanan yang kurang baik diberikan untuk sugar glider

. Jenis makanan yang berbahaya untuk sugar glider berikut masih sering diberikan oleh owner sugar glider kepada sugar glider miliknya. Bagi anda yang ingin membeli sugar glider, anda bisa mengecek artikel harga sugar glider berdasarkan jenisnya.
Berikut adalah beberapa jenis makanan yang kurang baik diberikan untuk sugar glider.
Jenis Makanan Berbahaya Untuk Sugar Glider
Image taken from sugarglider.com
  • Minuman dan makanan yang mengandung kafein.
Kafein sangat beracun bagi sugar glider. Makanan yang mengandung kafein tinggi yang masih sering diberikan oleh owner sugar glider antara lain coklat, kopi, teh, dan sejenisnya. Kadangkala, makanan-makanan tersebut diberikan secara sengaja maupun tidak sengaja oleh pemilik sugar glider hanya karena ketidaktahuan si pemilik.
Sebaiknya hindarkan segala makanan yang mengandung kafein untuk sugar glider anda.
  • Makanan atau minuman dengan rasa asam.
Makanan yang berasa kecut atau asam dapat mengganggu sistem pencernaan sugar glider. Hal ini dikarenakan sugar glider tidak terbiasa mengkonsumsi buah dan makanan dengan rasa asam. Di habitat aslinya, sugar glider juga sangat menghindari makanan asam.
Demikian adalah beberapa jenis makanan yang berbahaya untuk sugar glider. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat khususnya bagi anda yang memelihara sugar glider. Saran serta komentar dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

48 Responses to "Jenis Makanan Berbahaya Untuk Sugar Glider"

  1. Dok mau tanya merpati saya kan sayapnya saya gunting bulunya nah kira2 tmbuhnya berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk merpati cenderung lebih cepat mas. biasanya dalam waktu 6 bulan atau 8 bulan sudah terganti oleh bulu baru. kalau owl, biasanya agak lama, sekitar diatas 1 tahun... :)

      Delete
    2. Ngomong2 di blog ini ada nggak dok artikel tentang merpati?

      Delete
    3. saya pernah buat artikel tentang cara memelihara burung merpati... :)

      Delete
    4. Ciri ciri merpati piyik ( brancher ) yg plg MENCOLOK apa ya dok

      Delete
    5. membedakan jenis kelamin merpati dari sejak chick? agak susah sebenernya mas. tapi secara prinsip, merpati betina memiliki badan yang lebih besar dibandingkan merpati jantan. perbedaan ini kadang terlihat saat mereka masih chick.

      namun agar lebih pasti, sebenernya cara membedakan jenis kelamin merpati lebih baik dilakukan saat umur merpati sudah dewasa mas. kan keliatan jelas tuh perbedaannya. merpati jantan biasanya terlihat lebih 'maskulin', lebih 'laki'..... :D

      Delete
  2. Dok saya beli sg joey kemarin umur sekitar 1bulan lebih, udah tumbuh bulu mulut semuanya lengkap, to kok pas saya handfeed dia gamau makan ya? Mau nya disuapin pake tangan saya trs dibukain mulut nya sama saya baru dia mau? Kalo disuapin pake cara gitu boleh ga sih? Mksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sebenernya kalau umur segitu jangan dijual dulu ama owner sebelumnya. kasian. joey umur segitu masih sangat bergantung kepada susu dari induknya. tapi kalau sudah dibeli ya sudah gak apa2. tapi kapan2 kalau beli lagi, cari yang diatas 3 bulan ya mas....

      mas kasih makan pakai apa? coba kasih madu TJ, mas oles madu di jari mas, lalu dekatkan saja ke mulutnya. jangan disuapi gitu, cukup didekatkan saja. dan usahakan pemberian makan pada waktu malam, soalnya sg lebih aktif pada waktu malam. tapi siang juga sesekali bisa dikasih makan, atau kalau sgnya udah bisa makan sendiri, mas taruh saja tempat makan di kandangnya...

      Delete
  3. Saya punya 4 sg, induk, jantannya, sm joey betina 2.
    Induknya lg hamil, apa perlu dipisahin dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. joeynya umur berapa?
      kalau memang joeynya udah mandiri (gak nyusu lagi). bisa dipisahkan.
      selebihnya, induk laki2 dan induk perempuannya yang lagi hamil, satukan aja.

      Delete
  4. dok, sg yg lgi hamil, tpi mash ada 2 joey tu dalam 1 kandang,, dan kadang joey itu msh nyusu ke induk nya , tapi klo malam saya suapin bubur mau,, gmn sebaik nya dok? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa? harusnya sih induk sg yang masih menyusui joey jangan IP dulu. kasian fisik induk sgnya, mas. karena ada kemungkinan, nantinya si joey (yang sekarang ada di kandungannya) bakalan direject...

      tapi semoga aja nggak. gak apa2 satuin aja...

      Delete
  5. Dok...sg saya lagi ip...kemren sy ngasi keju...eehhh..ternyata dia suka bgt sm keju..
    Gpo dok...klo sg makan keju ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. as i know, gak apa2.
      namun coba infokan saya mengenai fesesnya... saya tunggu... :)

      cek juga artikel cara mengetahui kesehatan sugar glider dari tahinya... :)

      Delete
  6. Tahinya agak coklat n rada basah dok..gpp kan ?

    ReplyDelete
  7. Tahinya agak coklat n rada basah dok..gpp kan ?

    ReplyDelete
  8. Dok..mau nanya lagi...
    Sg sy lg IP..tp anaknya skali2 dah keluar pouch...
    Tp jantannya lagi birahi...
    So semalam mereka sperti brkelahi gt...jantanya pengen kawin tp betinanya ogah..
    Mereka di kandang rada ribut dok..
    Sy pisahin ato gimana nich dok...?

    ReplyDelete
  9. Dok, SG bole dikasih cemilan keju gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesekali boleh. itupun sebaiknya diawasi, mas. kalau setelah pemberian pertama dia sakit atau mencret, sebaiknya hentikan ya... :) maaf baru balas, saya lagi otw pulkam... :) saya tunggu kabarnya...

      Delete
  10. dok mau tanya... saya sudah terlanjur memberi sg saya coklat, terus bagaimana pengobatannya? kenapa coklat berbahaya untuk sg? penyakit apa yang nantinya timbul? terima kasih

    ReplyDelete
  11. dok mau tanya... saya sudah terlanjur memberi sg saya coklat, terus bagaimana pengobatannya? kenapa coklat berbahaya untuk sg? penyakit apa yang nantinya timbul? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah dikasih coklat, fesensya gimana? mencret?
      kalau nggak mencret, cukup hentikan pemberian coklatnya... :)

      Delete
  12. Dok kalau sg suka mengeluarkan bunyi seperti menggonggong (barking istilah di dunia SG) gitu, tandanya dia kenapa ya dok ? kalau crabbing saya tahu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya bahas di artikel istilah dalam memelihara sugar glider dan artikel bahasa tubuh sugar glider dan artinya...

      Delete
  13. Dok sg saya kok sering ngeluarin bau yang gak enak bgt kenapa dok???trus juga jadi agresif banget gak kayak biasanya dok,itu kenapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur sgnya berapa? diatas 6 bulan ya? bener? sgnya jantan ya mas?
      bisa jadi dia pengen kawin (birahi)...

      Delete
  14. selamat siang dok
    saya mau tanya,blh ga sg joey makan ulat soalnya dia bubur atau buah jarang mau
    trus juga karna masih joey apakah benar kl makannya memang sedikit?atau karna sedang beraptasi dengan kandang baru?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulat hongkong aja? gak dikasih makanan lain?
      coba kasih bubur bayi promina, mbak. karena kalau promina biasanya sg lebih suka promina.

      bisa jadi sih dia sedang adaptasi dengan kandang baru...

      Delete
    2. kasih dok, abis kasih ulat hongkong kadang dikasih buah pisang atau paya cmn dia lebih lahap ulet dok

      bagus ga dok buat kesehatannya?

      Delete
    3. hmm, gini aja. sehari cukup sekali dikasih ulet hongkong. misalnya, mbak ngasih makan 3 kali sehari. nah, dari 3 kali makan itu, 2 kali kasih buah, 1 kali kasih ulet hongkong...

      nggak coba bubur bayi? :)

      Delete
    4. max kasih brapa ulet dok?
      udh pernh dikasih bubur dok, cmn ga dimakan

      Delete
    5. coba tetesin ke mulutnya pake pipet, dikit aja. biar dia nyoba dulu. :)

      mbak biasanya kasih berapa ulet?

      Delete
    6. itu udah cukup. jangan kebanyakan juga. :)

      Delete
  15. dok kalau sg saya dikasih madu tj gimana dok

    ReplyDelete
  16. Dok klo saya mau kasih sg saya madurasa boleh ga?

    ReplyDelete
  17. Dok,kalo sg muntah dan mogok makan knpa ya? dan harus dikasih apa biar nafsu mkannya baik lgi? soalnya sg saya hrus msih menyusui joeynya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.