Tuesday, January 20, 2015

Perbedaan CG, BWK, dan Alap-alap | Drh. Fira Sovica

Banyak falconry yang bingung

bedanya BWK, CG, alap-alap

. Banyak pula yang menyebut bahwa BWK, CG, alap-alap itu sama, padahal ketiganya adalah jenis burung yang berbeda. Artikel berikut akan membahas perbedaan alap-alap, BWK, dan CG. Anda bisa membaca tentang cara memelihara alap-alap dengan membaca cara merawat alap-alap.
Kembali lagi ke bahasan kita, yaitu perbedaan antara CG, alap-alap, dengan BWK. Secara visual, inilah penampakan alap-alap, CG, dan BWK.
Perbedaan Alap-alap, CG, dan BWK
Gambar Burung Alap-alap Kawah(Falco Peregrinus atau Peregrine Falcon)
Image taken from wikipedia.org

Perbedaan CG, BWK, dan Alap-alap
Gambar Burung CG (Crested Goshawk alias elang-alap jambul)
Image taken wikipedia.org

Perbedaan BWK, Alap-alap, dan CG
Gambar Burung BWK (Black-winged Kite atau Elang Tikus).
Image taken from wikipedia.org
  • Meski termasuk burung jenis alap-alap berukuran besar, namun peregrine falcon atau umum disebut alap-alap kawah adalah jenis burung pemburu dengan rentang sayap paling pendek dibandingkan CG dan BWK. Burung alap-alap kawah adalah burung dengan kecepatan terbang paling cepat dibandingkan CG dan BWK. Kecepatan terbang burung alap-alap saat mengejar mangsanya adalah 320km/jam. Perbedaan alap-alap kawah dengan CG dan BWK adalah dari family-nya. Alap-alap kawah memiliki paruh yang lebih panjang dan lebih melengkung ke bawah.
  • Berbeda dengan alap-alap yang berasal dari family falconidae, burung CG atau crested goshawk yang umum disebut elang jambul adalah burung dari family accipitridae. Burung ini aktif di siang hari. Perbedaan alap-alap dengan CG adalah dari warna bulunya. Warna bulu alap-alap lebih gelap, antara abu-abu tua hingga hitam, sementara bulu dan corak warna CG berwarna coklat muda hingga coklat tua.
  • BWK atau black-winged Kite umum disebut elang tikus. Tidak seperti dua jenis burung pemburu yang saya sebutkan di atas, bulu burung BWK berwarna abu-abu muda mendekati putih di bagian dadanya. BWK juga tidak memiliki corak garis di dadanya, berbeda dengan CG dan BWK yang memiliki pola garis di dadanya. BWK masih satu family dengan CG, yaitu family accipitridae. Sebagai anggota family accipitridae, paruh CG BWK lebih pendek dan memiliki lengkung lebih rendah dibandingkan alap-alap yang berasal dari family falconidae.

Itulah beberapa

perbedaan antara BWK, CG, dan alap-alap

. Bisa dilihat bahwa ketiga jenis burung pemburu tersebut memiliki ciri spesifik masing-masing. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan dan referensi bagi anda para pecinta burung pemburu. Saran, komentar, dan kritik serta konsultasi bisa anda tulis di form dibawah ini. Terima kasih. (FS)

179 comments

Dok saya punya cg dan bwk dua duanya masih chick , kalo udah gedenya lebih besar cg atau bwk yah?

CG cenderung lebih besar dibandingkan bwk.... :)

Dok. Kalau takaran pemberian makan bop itu berapa? Dan kapan waktu yg baik di beri makan?

Sy punya elang bondol umur 6 bulan. Makasi sebelumnya dok.

antara 2 hingga 3 kali sehari. pakan sebaiknya pakan hidup seperti tikus putih atau bayi tikus putih. kalau toh gak bisa pakan hidup, cacahan daging juga bagus. pastikan dagingnya bebas bahan kimia dan dicacah agar si bop bisa mudah memakannya.... :)
jangan lupa dilatih juga mas. cara melatih bop bisa mas search di bagian cari artikel.

Assalamualaikum bu dokter mau tanya untuk jenis bwk klo matanya sering berair, badannya lemah dan nafsu makan berkurang, itu terkena penyakit apa y bu dokter? Dan obatnya ap?

wa alaikum salam. :)
nafasnya terlihat tersengal-sengal? kayak susah bernafas?
coba liat warna fesesnya, apakah berwarna hijau atau tidak. kalau iya, ada kemungkinan tetelo.
bawa ke dokter hewan saja mas agar mendapat penanganan lebih lanjut.

saya punya BWK dok, tp saya beri makan ikan kok gk mau yaa pdahal saya sdh potong kecil" dok n emang kotoran.x warna.x hijau keputihan... tp dwk saya masih lincah dok... knp yaa kira" n penanganan.x gimana?

jangan dikasih ikan, mas. coba kasih daging sapi, tikus putih, atau daging ayam.... :)

Dok, ada saran Dokter Hewan yg bisa tangani BWK yg kakinya patah di daerah Makassar? thx.

Dok, ada saran Dokter Hewan yg bisa tangani BWK yg kakinya patah di daerah Makassar? thx.

Dok, saya punya BWK tapi kakinya patah (sepertinya bagian bahu). Gimana caranya spy bisa normal kembali dok? Apa ada saran dokter hewan di daerah Makassar? Thx.

Dok, saya punya BWK tapi kakinya patah (sepertinya bagian bahu). Gimana caranya spy bisa normal kembali dok? Apa ada saran dokter hewan di daerah Makassar? Thx.

sebaiknya memang dibawa ke dokter hewan mas, takutnya ada fracture atau disposisi tulang.. :(

dokter daerah makassar bisa cek ke no telp: +62 411 861087

sudah saya jawab di artikel http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2015/01/perbedaan-cg-bwk-dan-alap-alap.html?showComment=1425265145220#c6092388437036286225

dok sy pny elang masi ankan tp kakinya patah gmn sembuhinnya ya..thx

kalau patahnya parah (ada frakture di tulangnya), lebih baik dibawa ke klinik hewan terdekat saja agar dapat mendapatkan pertolongan terbaik......

Dok.. partner sy Unyil...( CG ) kurang respon sm makanan.. skill ud ff... tp ya gitu...btuh waktu agak lm baru mau terbang ke glove.
Dikasih apa ya biar respon meningkat...?
Makasih

selama ini dikasih makan apa mas? :)
coba kasih pakan hidup seperti bayi tikus putih. biasanya instingnya akan makin tajam kalau pakannya diganti pakan hidup... :)

mau tanya dok . di jawaban dokter bwk diberikan daging sapi itu bagaimana ya ? di alam dia kan tidak hunt sapi , untuk takarannya sendiri seberapa?

memang, di alam bwk tidak makan sapi. bener kata mbak.
tapi secara struktur, daging sapi cocok dengan sistem pencernaan bop. setidaknya, tidak memberatkan sistem pencernaan bop untuk mengolah daging sapi.

takarannya sendiri sebaiknya cacah saja kecil kecil lalu handsfeed (berikan langsung ke paruhnya). kalau dia bisa makan sendiri juga gak apa2... :)

Salam mbakyu
Maaf tanya lagi :)
kalo feses alap2 yg sehat itu cirinya gimana,??
Trus kalo saya kasih makan emprit hidup & jangkrik buat cemilan dia boleh ndak,??
Mathursuwun. :)

silakan baca cara mengetahui kesehatan burung hantu melalui fesesnya. secara prinsip sama.
boleh kok sesekali kasih emprit dan jangkrik buat cemilan. empritnya harus disiangi dulu....

Mungkin yg benar judulnya beda antara peregrine, cg dan bwk... :D

oke. terima kasih sarannya mas.
salam falconer... )

emm di indonesia pere biasa di sebut alap-alap kawah, bwk alap alap tikus. yah sebenernya ini salah kaprah di indonesia semua BOP berukuran kecil (kecuali owl ) pasti di bilang alap" .. padaahal klo mau di usut lebih lanjut mereka berbeda species bahkan family kan ^^

betul sekali... tapi rata2 gitulah ya mas. kadang kalo kita mau koreksi juga galakan dia, hehehehe

menurutku sih sama tapi cg itu posturnya lebih berdiri sedangkan bwk lebih merunduk

Mau tanya dok,cara mengatasi cg yg bating gmna dok,sama usia cg juve awal apakah masih bsa untuk dilatih skil dok,txz

Assalamualaikum dok mau nanya, Klo pemberian makan Burhan berapa kali sehari dok.?
Makasih

tergantung jenis burung hantunya dan umurnya.
namun rata2 3 kali sehari...

permisi numpang Tanya mbk
says puny a BWK tapi kalok di panggil nama nya gk mau response knp ya
dan Ada lagi kenapa BWK saya kalok dia makan terus di pegang/di elus selalu marah
Dan kalok di skill dia kalok terbang selalu ragu ragu knp ya maaf masih newbi

Dan bulu nya kok agak kusut ya

tentu harus dilatih lagi. coba baca artikel cara melatih BOP.
yang penting adalah sabar. soalnya memiliki BOP berarti siap melatih dari si bop masih buas, hingga dia bisa lancar dilatih, mengenali masternya, dan jinak. kesabaran itu yang penting. :)

Sore dok... saya mau tanya. klo buruan apakah harus di jemur stiap pagi dok? Makasih

misi dok... sya adopt BWK namanya konan, bulunyh sudh lngkap and rpih tpi blum lancar terbang and take off dri lantai, gimna yh dok cara spya sya bsa bantu dia terbang pelan2...? mohn bantuanyh yh dok... salam jga buat errol biar mkin oke berburunya... trma ksh bnyk dok..artikel2nyh sya udh baca and bnyk ngebantu skli.. pantengin trs ah.. : )

Dok mau tanya, perwatan Elang CHE DM yang lagi mabung gimana?
Pakan yang baik untuk elang yang lagi mabung dikasih apa?

Dok mau tanya, perwatan Elang CHE DM yang lagi mabung gimana?
Pakan yang baik untuk elang yang lagi mabung dikasih apa?

sebelumnya mohon maaf karena baru saya balas. sibuk sekali minggu2 ini.. :(
biasanya bwk akan bisa terbang sendiri kok. coba juga latih. cara melatih BOP sudah saya buat artikelnya... :)

penampilannya sih sama aja. mungkin banyak bulu yang rontok aja.
perawatannya jangan diajak main dulu, jangan dilatih dulu. jangan dipegang dulu. cukup kasih makan aja yang cukup. :)

Permisi dokter..
Saya mau tanya,saya punya bwk usia brancher,saya kasih makan ikan tidak mau makan
Kalau saya kasih makan usus ayam kira-kira mau tidak yah dok? Apakah baik jika diberi makan usus sbg makanan sehari-seharinya?

Terimakasih sebelumnya

Sekarang kondisinya gk bisa berdiri dok,kalo jalan ngesot. Kira kira kenapa ya dok??

usus ayam boleh sesekali diberikan dengan syarat harus bersih. itupun jangan terlalu sering. artinya, jangan dijadikan makanan utama... :)

maaf saya gagal paham. ini hewannya apa ya mas? :D

ciri-ciri anakan bwk yg jantan itu gimana dok..

umur berapa bulan? tunggu sampai umur 3 atau 5 bulan, lalu terapkan metode sexing using pendulum. caranya ada di artikel Cara Mengetahui Jenis Kelamin BOP. cari dibagian cari artikel...

This comment has been removed by the author.

Dok bwk saya hbis mkn kakinya kok tiba" lumpuh ya padahal sblmnya baik" aja n mknnya lahab bgt

Dok saya mau tanya
Klo alap2 kestrel chick saya pilek itu cara mengatasinya gimana?Gejalanya sering buka mulut tpi matanya masih terbuka lebar,makanya lancar,
Warna fesesnya normal,biasa tk kasih makan daging ayam cincang dan jangkrik

Dok saya mau tanya
Klo alap2 kestrel chick saya pilek itu cara mengatasinya gimana?Gejalanya sering buka mulut tpi matanya masih terbuka lebar,makanya lancar,
Warna fesesnya normal,biasa tk kasih makan daging ayam cincang dan jangkrik

saya sudah buat artikelnya cara mengobati burung yang pilek.
cari aja di bagian cari artikel.. :)

Ibu Dokter, saya mau nanya,|
Bagaimana cara membersihkan/ Menghilangkan bekas Pulut getah pohon yang melekat pada bulu BWK ?, Kemarin saya dapat burung tersebut di toko burung, dan kondisinya agak menyedihkan karena hampir 30% bulunya terkena pulut yang sudah mengering, saya pernah coba dengan air dan juga sampo bayi namun tidak berhasil.
Mohon Pencerahannya Bu Drh. Fira Sovica....

kebetulan sekali.
nanti saya post artikelnya.. silakan tunggu post terbaru saya.. :)

This comment has been removed by the author.

Malam dok..
Saya mau tanya, apa bwk boleh dikasih makan burung kecil? Misalkan burung gereja.

Malam dok..
Saya mau tanya, apa Bwk dan Barn owl boleh dikasih makan burung kecil? Misalkan burung gereja. :-D

boleh. disiangi dulu ya mas.
caranya bisa diliat di artikel saya emprit dan puyuh sebagai makanan burung hantu

dok saya punya burung bwk, dia gak mau makan selam 7 hari ini,,,,, cara menagulangi biar rajin makan, caranya gimana?

sayangnya mas gak ngasih tau:
umur bwknya berapa
dan biasa dikasih makan apa
dan udah berapa lama dipelihara

harap diketahui juga sekarang lagi pancaroba. perubahan suhu. banyak bop dan owl sakit akhir2 ini..

saya tunggu kabarnya...

Dok apakah BWK yang sudah mature itu bisa dilatih???

Dok mau tanya cara bedain jantan betina dari CG gmn ya?Lagi coba2 breeding

Dok mau tanya cara bedain jantan betina dari CG gmn ya?Lagi coba2 breeding

silakan baca artikel saya cara membedakan jenis kelamin BOP atau artikel cara membedakan jenis kelamin burung hantu. :)

Dok, saya mau melihara bop sejenis alap alap. Rencananya mau ditaruh di teras rumah. Bakal diserang dan dimakan kucing ga dok kira2?

kecil kemungkinan sih, tapi yah namanya hewan sebaiknya hati2... keep save aja...

lebih bagusnya, hindari kalau masih ada ruangan lain...

permisi dok..
setahu saya bukanny bwk jg termasuk alap-alap ya? trus knp ya cg itu sering disebut "elang-alap"?

itu sebenernya penyebutan aja, mas. :)
orang indonesia sering menyebut cg sebagai elang-alap karena rupanya yang menyerupai elang dan alap2...

Assalamu'alaikum,, bu dokter ma tanya klo elang BWK udh lemes kyk skarat gituu gk bisa makan itu sakit apa dan harus d apain yaa ??

its too general. terlalu umum. kalau saya bisa liat langsung mungkin bisa aja saya memutuskan karena apa...

dan udah agak terlambat kalau keadaannya udah kayak gitu. harusnya dari awal saat mas tau dia keliatan 'beda' (gak mau makan, murung) langsung mas lakukan pengobatan...

bawa aja ke dokter hewan terdekas, mas...

Saya kemarin beli bwk atau alap alap udah jinak,harganya 350 itu termasuk harga standart apa kemahalan?dan gmna cara melatih nya

termasuk murah itu mas.
cara melatih bwk ada artikelnya, judulnya cara melatih bop...

Saya punya elang Jawa Bu Dokter usia sekitar 1 thun. Entah knap itu burung tdk keliatan bugar setelah kehujanan tp fesesnya berwarna hijau keputihan. Gmn cra mengatasinya. Trim's Wasslm

pertanyaan saya kenapa mas biarin aja burungnya keujanan? :(
kayaknya sih hipotermia (kedinginan). jaga agar burungnya sekarang tidak kedinginan... kalau pagi2 ada matahari, boleh jemur barang 10 hingga 15 menit....

jaga pola makannya, usahakan makan meski cuma dikit2....

Dok, mau tanya, kalo buat newbie, pelihara falcon yang jenis kelamin apa ya? Apa jenis kelamin itu berpengaruh dalam berburu? Terus agresif mana jantan atau betina?
Makasih dok..:D

Dok mau tanya saya baru beli bwk 4 hari yang lalu,nah hari pertama smpe ke 2 dya ga teriak.tpi skg dya sering teriak.itu tanda.a apa ya?
salam buat errol dari marshal ��
thx dok

hari pertama sampe kedua, dia masih stress.
setelahnya, setelah dia mau teriak2, dia udah mulai nggak stress lagi. dan itu bagus. bwk yang sering bersuara artinya dia sehat... :)

Assalamu'alaikum
Dok saya mau tanya apakah beda alap-alap tikus dgn elang tikus dok...
saya punya 2 ekor namanya Abdel dan Temon heehee....

Assalamualaikum dok
Dok saya pnya cg lgi brancher tengah dateng k rumah udah 1 minggu awal dateng lahap makannya trs mau tanya knpa ea dia sekarang agak susah makan tpi kalinya makan lumayan banyak
Trs badannya kaya yang muyung g2 dok trs blm kuat berdiri lama banyaknya duduk kalo dari kotoran nya berwarna ijo putih dok
Mohon panduannya dok terima kasih

Sore dok,saya ingin bertanya,apa benar jika bwk dikasih daging ayam,perutnya akan merasa panas?

Dok melihara burung alap alap kestrel itu lebih susah dari owl apa lebih gampang dok. Terima kasih

maaf mbak... sy punya Elang paria (BK) udah barcher tengah .. apa ada artikel lengkap yg menerangkan cara merawat BK dgn benar??

mungkin nanti saya publish artikelnya... tunggu aja.. :)

Assalamualaikum dok
Apa bener kalau BWK itu umur nya pendek dan gampang mati?
Makasih

siang dok mau tanya nih brpa porsi mkan untuk bwk
ak kasih mkan 3 doq pagi dan 3 sore sudah cukup blum dok
dan kok ak ksih mkan 3 itu d tembolok ak pegang kok gak ad ya dok ap itu kurang dok ap sdah cukup makasih sebelumnya dok

halo mas. :)
dikasih doq 3 ekor setiap jam makan sebenernya agak kurang kalau bwk-nya udah dewasa (sayangnya mas gak kasih tau umurnya). coba kasih lagi, atau gini aja: jam makannya tambah jadi 4x makan. doc-nya tetep 3 ekor gak apa2.... :)

Siang dok... bwk saya kaki sama jemarinya lebih kecil sebelah kenapa ya? bwk malas jalan klo jalan pun agak loncat. kaki yg kecil jemarinya masih bisa genggam meski ga keras.

kaki sama jemarinya lebih kecil sebelah gimana maksudnya mas? kaki kanan lebih kecil dari kiri, gitu? atau gimana? :D

asupan kalsiumnya gimana? coba makanannya mas taburin asupan kalsium dulu... :)

iya, jari jemari kanan lebih kecil dari kiri. jadi klo jalan yg menopang kaki kiri. Bwk saya klo daging yg di kasih bubuk ikan sotong makannya ga lahap. klo kotorannya hitam kehijauan dok.

jarinya doang? bukan kakinya? selama dia masih bisa berdiri dengan normal, saya kira normal2 aja sih mas... tapi saya sarankan mending taburi bubuk kalsium di makanannya, emang perlu pembiasaan sih. :)

This comment has been removed by the author.

dok tiba" kok bwk saya matanya d tutup sebelah ya dan sering d usap" ke syapnya kyk gatel gtu dok itu knp ya dok

kalau dia lagi mangap2 gitu, pindahkan aja ke ruangan lain yang agak adem. :)

seminggu sekali mandikan, cara sama kayak memandikan burung hantu (ada kok artikelnya). abis dimandikan, jangan lupa dijemur... :) baca aja dulu artikelnya...

Bismilah maf dok saya orang baru
Yg sekarang punya hobi baru. Merawat burung che dm.
Dan che dm nya baru 2 hari. D rumah. Begituh saya simpen d tankringan nya. Che dm nya pengen terbang2.ap ituh termasuk stres ato saya perlu pendekan lg?. Dan bagai mana cara menghadapi. Burung yg stres terhadap master baru dan lingkunggan baru.makasih sebelum nya

Bismilah maf dok saya orang baru
Yg sekarang punya hobi baru. Merawat burung che dm.
Dan che dm nya baru 2 hari. D rumah. Begituh saya simpen d tankringan nya. Che dm nya pengen terbang2.ap ituh termasuk stres ato saya perlu pendekan lg?. Dan bagai mana cara menghadapi. Burung yg stres terhadap master baru dan lingkunggan baru.makasih sebelum nya

Bismilah maf dok saya orang baru
Yg sekarang punya hobi baru. Merawat burung che dm.
Dan che dm nya baru 2 hari. D rumah. Begituh saya simpen d tankringan nya. Che dm nya pengen terbang2.ap ituh termasuk stres ato saya perlu pendekan lg?. Dan bagai mana cara menghadapi. Burung yg stres terhadap master baru dan lingkunggan baru.makasih sebelum nya

Bismilah maf dok saya orang baru
Yg sekarang punya hobi baru. Merawat burung che dm.
Dan che dm nya baru 2 hari. D rumah. Begituh saya simpen d tankringan nya. Che dm nya pengen terbang2.ap ituh termasuk stres ato saya perlu pendekan lg?. Dan bagai mana cara menghadapi. Burung yg stres terhadap master baru dan lingkunggan baru.makasih sebelum nya

Bismilah maf dok saya orang baru
Yg sekarang punya hobi baru. Merawat burung che dm.
Dan che dm nya baru 2 hari. D rumah. Begituh saya simpen d tankringan nya. Che dm nya pengen terbang2.ap ituh termasuk stres ato saya perlu pendekan lg?. Dan bagai mana cara menghadapi. Burung yg stres terhadap master baru dan lingkunggan baru.makasih sebelum nya

Bismilah maf dok saya orang baru
Yg sekarang punya hobi baru. Merawat burung che dm.
Dan che dm nya baru 2 hari. D rumah. Begituh saya simpen d tankringan nya. Che dm nya pengen terbang2.ap ituh termasuk stres ato saya perlu pendekan lg?. Dan bagai mana cara menghadapi. Burung yg stres terhadap master baru dan lingkunggan baru.makasih sebelum nya

Bismilah maf dok saya orang baru
Yg sekarang punya hobi baru. Merawat burung che dm.
Dan che dm nya baru 2 hari. D rumah. Begituh saya simpen d tankringan nya. Che dm nya pengen terbang2.ap ituh termasuk stres ato saya perlu pendekan lg?. Dan bagai mana cara menghadapi. Burung yg stres terhadap master baru dan lingkunggan baru.makasih sebelum nya

coba karantina dulu, caranya sama seperti cara karantina burung hantu. ada kok artikelnya.

dan cek fesesnya, tahinya. cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu, secara prinsip sama aja...

maaf kalo baru balas, saya habis sakit kemaren... kabari lagi ya mas...

Dok saya punya elang tapi nga tau jenis apa.. Bisa minta no WAnya. Dok buat kirim gambarnya dok..

upload aja di postimage.org, terus linknya ditaro disini... :D

saya tunggu...

Dok ukuran kepala CG/alap jambul brp ya ? karena sya mau bikin hood untuk calon partner saya. makasih Dok sebelumnya

nggak lebih baik beli jadi aja, mas?
agak repot kalau bikin, hihihi. :)

dok mau tanya ni chick cg ak kok tiap pagi hidung yang sebelah kiri keluar cairan putih gitu sampai hampir nutup tpi in tadi ak bersihin agk bersih sesikit,,,, tpi yg kanan engak,,makan masih seperti biasa rakus kotoran juga normal itu knp ya dok kira-kira

sebelumnya maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaan burungnya mas?
coba mas kasih super-n biar daya tahan tubuh burungnya bagus. kasih setetes tiap hari. lalu, coba jemur minimal seminggu sekali...

sudah sehat doq kmrin hidungnya ktor ak bersihin trs normal
trus in kok nafsu mkanya menurun ya doq sekarang sudah masuk bancer awal dan td pagi ad muntahan makananya dok sebesar jari telunjuk org dewasa
selama 2 hari kmrin ak titipin ke tmen ak dok karena ak sibuk bgt trs kmrin sore ak ambil dan ak kasih makan gak kyl biasane agak susah ak kira agk stress perjalanan trs ni pagi in ssah bgt mkanya mencit 1 aj biasane kurang in mlah gak hbis dok
in d kasih super-n boleh kan dok sehari 1 kali ap 3 kali dok
dan kalau d kasih minyak ikan boleh gak dok

jangan dikasih minyak ikan. cukup kasih super n aja. karena daya tahan tubuhnya masih sangat lemah, mas. kalau dikasih minyak ikan malah makin lemah nantinya....

sekarang gimana fesesnya? oke?>

feses normal dok tpi ada kyk merah gtu kayak daging gtu tpi kyk darah dok

doq in tadi muntah lagi,,,,trs fesesnya masih berupa daging dok

udah dikasih super n?
responnya gimana sekarang?
sempet mas kasih minyak ikan ya? jangan mas, bahaya....

lanjutin aja perawatannya. makan, usahakan tetep kasih meski sedikit2.

Di dunia falconer sama dokter ternyata sangat beda pemahaman ya hehehe kalo falconer gak akan kasih bop sama daging sapi atau ayam kecuali ayam kampung mungkin masih ok walaupun jarang ada yg gunain. Soalnya kurang bagus untuk respon si bop. Apa lagi sapi. Itu bukan makaanan bop. Kalo alap2 minimal kasih makan burung2 kecil sprti peking sampe yg sedang seperti kuntul. Tpi gak sedikit juga yg pakai daging kelinci untuk makanannya itu lebih bagus. Maaf kalo salah tpi ini pemahaman kami dan terbukti lebih bagus untuk respon dan pencernaannya makasi

Di dunia falconer sama dokter ternyata sangat beda pemahaman ya hehehe kalo falconer gak akan kasih bop sama daging sapi atau ayam kecuali ayam kampung mungkin masih ok walaupun jarang ada yg gunain. Soalnya kurang bagus untuk respon si bop. Apa lagi sapi. Itu bukan makaanan bop. Kalo alap2 minimal kasih makan burung2 kecil sprti peking sampe yg sedang seperti kuntul. Tpi gak sedikit juga yg pakai daging kelinci untuk makanannya itu lebih bagus. Maaf kalo salah tpi ini pemahaman kami dan terbukti lebih bagus untuk respon dan pencernaannya makasi

sama saudara-saudara saya juga saya dibully, mas, hihihihi. karena keluarga kami hampir semuanya pelihara BOP, cuma saya aja yang kayaknya lebih cocok ke burung hantu. pelihara BOP mati mulu... :D

sebenernya memberikan daging sapi itu opsi terakhir, dan itupun dengan syarat bahwa pemberian daging sapi harus dipastikan daging sapinya non bahan kimia dan potongannya kecil2. lebih bagus memang jangan memberikan daging sapi, dan saya apresiasi kepada mereka yang emang tidak memberikan daging sapi kepada BOP mereka. di beberapa comment juga saya memberikan footnote bahwa daging sapi hanya boleh diberikan saat memang keadaan urgent, dan dengan syarat yang saya sebutkan di atas....

mas pelihara BOP apa saja? bisa bagi-bagi ilmu di sini...

salam kenal. :D

Assalamualaikum,
Sya punya anak alap alap yang bulunya masih kaya angsa, keadaanya kya lemes dan gak mau makan. Apa mungkin kemarin kemarin sya kasih potongan ayam agak besar jd membuat luka di tenggorokan nya? Mohon dijawab

wa alaikum salam,sebelumnya maaf karena saya baru balas.
iya, kemungkinan gara2 keselek. :(
sekarang gimana keadaan alap2nya? coba kasih super-n, referensinya baca artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat.
kabari lagi

Iya bu dokter, sekarang udh mau makan tapi cuma sedikit terpaksa saya suapin. Gpp kan kl disuapin begitu takut nya jadi stress?makasi

oh, gak apa2 kok disuapin, asalkan kecil2 aja ngasihnya.
rutin kasih super-n ya mbak...

coba kirimin saya foto fesesnya. tahinya. biar saya analisa kesehatannya. upload aja di postimage.org, terus kirim linknya kemari. saya tunggu

Maaf dok... untuk dokter hewan daerah kudus jateng di mana ya...

This comment has been removed by the author.

https://postimg.org/image/ajzrv1ix7/

https://postimg.org/image/ajzrv1ix7/

Ada yang bilang ini jenis brahminy kite,ada lg yang bilang alap alap,mana yang bener ya bu?

kalo dari fesesnya sih masih lumayan sehat. :)
untuk jenisnya, sejujurnya saya nggak tahu karena yang mas foto fesesnya aja. bisa kasih foto burungnya? tampak depan dan tampak samping... :)

https://postimg.org/image/ajzrv1ix7//

Terimaksih ya bu dokter atas bimbingan nya

Dok, saya mau tanya
Apakah bop black winged kite itu ada beberapa jenis?
Sebab saya lihat kok ada yg kepalanya warnanya putih mulus dan ada yg agak kecoklatan
Terus harga pasaran chick black wings kite berapa ya dok?

dok,saya mau tanya,gimana cara membedakan bwk jantan dg bwk betina yang baru umur 1 minggu,terimakasih

Dok, saya mau tanya
Apakah bop black winged kite itu ada beberapa jenis?
Sebab saya lihat kok ada yg kepalanya warnanya putih mulus dan ada yg agak kecoklatan
Terus harga pasaran chick black wings kite berapa ya dok?

setau saya sih bwk ya hanya satu jenis.
mungkin maksudnya mas lebih ke beda spesies gitu? kalau toh beda spesies, setau saya sih genus elanus nggak ada yang kecoklatan. silakan cek di wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/Elanus

mungkin lebih ke faktor tempat/asal dari bwk itu sendiri, mas. :)

halo mas.
kalo yang umur segitu, agak susah sih cara mengetahui jenis kelamin bwk-nya. mungkin bisa dengan cara tes dna-nya....

okke terimakasih sarannya dok
saya punya 3 anakan bwk 1 sarang,kemungkinan yg jantan anak nomor berapa dok?

waduh, nggak tahu mas. hehehe.
kalau liat langsung mungkin saya bisa ngira-ngira. tapi ya namanya juga ngira-ngira, nggak 100% benar juga.

coba aja kirim gambarnya, satu2, kemari. upload di postimage.org, linknya taro di sini

hehehe iya dok nda papa
belum ada foto terbaru nya dok

gak usah yang terbaru gak apa2 mas... :)

Dok Mau tanya Kalo cara melatih Che DM gimana soalnya dia gak mau di glove

This comment has been removed by the author.

itu karena dia belum percaya sama masnya.
mungkin awal2 elus2 aja dulu mas... udah berapa lama pelihara che?

iya, dia belum percaya sepenuhnya sama masnya.
fesesnya gimana mas? bisa mas kasih fotonya? :)

asalamualaikum dok,maaf udah pindah adop bwk ny dok,mau nanaya dok cg brancer sama che lm juveteng bagus yg mana dok kalo mau di jadiin partner,mohon pencerahan nya dok

kalo dari segi usianya, tentu yang brancher lebih bagus karena lebih mudah dilatih.... :)

kalo dari tingkat kesulitan, cenderung sama sih... :)

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1320740794681889&set=gm.1860887760799847&type=3
oke sip dok makasih dok,mau nanya lg dok kalo foto yg ini elang jenis apa ya dok maaf kirim foto ny lewat link dok

gambarnya gak bisa kebuka, mas... kalau mau kirim gambar, cek kolom PERHATIAN di atas... :)

Dok apakah memelihara elang atau alap alap dilarang gk sama pemerintah?
Soalnya liat di internet hewan di atas sudah di lindungi

jenis elangnya apa mas?
tergantung jenis elangnya. kalau elang bido, menurut BKSDA emang dilarang. alap2 ada yang dilarang, ada juga yang nggak.

Dari elang sama alap alap jenis apa aja yg belum dilindungi?

kalau berpatokan sama status BKSDA, saya jujur kurang tau mas. tapi kalo berpatokan sama status IUCN, alap2 juga sebenernya belum termasuk dilindungin karena statusnya masih LC.... cmiiw...

Dok mau tanya saya baru beli alap alap tikus beberapa hari lalu, info ownernya itu masuk brancher tengah, nah waktu itu nafsu makannya lumanyan bagus, semnjak dia sudah mulai bisa nangkring di perch dan bulu halusnya hilang ko nafsu makannya berkurang drastis dok, malah sempet muntah warna hijau gitu dok?

Dok mau tanya saya baru beli alap alap tikus beberapa hari lalu, info ownernya itu masuk brancher tengah, nah waktu itu nafsu makannya lumanyan bagus, semnjak dia sudah mulai bisa nangkring di perch dan bulu halusnya hilang ko nafsu makannya berkurang drastis dok, malah sempet muntah warna hijau gitu dok?

ada kemungkinan mabung/moulting/ganti bulu?
karena itu ciri burung mabung. mas bisa baca artikel saya CARA MERAWAT BURUNG HANTU MABUNG

mas ke toko makanan burung, beli super-n. kasih setetes setiap hari.

jangan lupa baca artikel saya tadi

Mabung? Tapi dia masih belum bisa terbang dok?

mabung juga terjadi pada burung yang masih anakan, apalagi burung yang mau beranjak dewasa. pasti dia mabung untuk mengganti bulu anakan jadi bulu dewasanya, mas... :)

sementara ini jangan diajak main aja dulu. taro di kandang aja. kasih makan, kasih super-n... :)

Dok saya mau nanya, saya kemarin beli elang tikus. Tapi pas sampe rumah saya baru heran. Soalnya bulu leher dan mahKotanya warna kecoklatan. Tidak seperti elang tikus yg sebelumnya saya pelihara. Yg sebelumnya saya pelihara berwarna putih aja. Gak ada coklat nya. Mohon dijawab dok. Ada instagram ga? Biar saya follow buat pembelajaran hehe

konsultasi di sini aja, mas. saya gak buka konsultasi di medsos lain. :D

itu wajar kok. mungkin beda spesies aja. atau bisa juga karena elang tikusnya diambil dari habitat yang emang khusus. karena beda habitat, biasanya beda juga gradasi warnanya. menyesuaikan dengan habitatnya... :)

Dok mau tanya..
Bwk saya bulu sayap ada yg patah nah itu mending dicabut sengaja apa ditunggi sampe mabung?

dok...sya punya Kestrel brancher awal,msih ada bulu kapasnya..
sya baru pasang ankjest,krena baru dipasang,dia gigit2 lonceng yg ada di ankjest,sy biarkan krena mgkin msh thap adaptasi..trus sy tinggl pergi dok..
sepulangnya sy mau ksi makan,sy lihat kaki sbelah kanan sudah lemas..spertinya patah dipangkal paha,
apa bisa disembuhkan Dok?bgaimana cara mnyembuhkannya?
sy sudah olesi dengan Minyak Tawon pada bagian yg bengkak

sekarang gimana keadaan burungnya mas?
harusnya kalau dari awal dia udah gak nyaman, mending langsung lepas aja. dia kesakitan gak kalau kakinya ditekan?

untuk pengobatan, mas bisa kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat....

diemin aja mas :)

maaf karena baru balas, mas...

Dok...kenapa bop saya habis dikasih makan selang waktu 30 mnt makanya dimuntahin, kenapa ya dok?

makannya kegedean. coba dicacah dulu makanannya sampe kecil2...

Selamat pagi dok,
Kemarin saya baru beli cg usia juve,burung imprint tapi dia batting karena di kandang,keadaannya sangat memprihatinkan,bulu di atas hidung rontok karena nabrak kandang,dan kuku patah kanan kiri, dan nafasnya ngos-ngosan seperti orang asma,tapi juga kaya pilek dok

pemilik sebelumnya perokok ya?
kasih suplemen yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat.

jemur, minimal seminggu 2x, jamnya sebelum jam 9 pagi, gak lebih dari 15 menit...

Iya dok pemilik pertama yg memeliharanya dari brancher orang tua perokok,dan yg kedua anak kecil,baru sampe ke saya,barusan saya jemur, fesesnya normal dok,beratnya 399 gram dalam keadaan lapar, temen saya nyaranin di kasih super n, bener ndak dok ?

iya. di artikel cara agar burung hantu tetap sehat juga saya menyarankan obat itu. dosisnya baca aja coba artikel itu.... :)

sekarang gimana burungnya? :)

Maaf dok baru sempet ngabarin,tadi pagi kuota habis,kondisinya masih ngos-ngosan..kalo terbang,tapi ada peningkatan udah mau jttf

cool.
udah mas kasih suplemen yang saya sarankan?

laporan mengenai kondisi fesesnya mas. fotoin kek fesesnya, biar saya cek kesehatannya... :)

Sudah saya kasih dok tiap hari,ngilangin ngos-ngosannya gimana ya dok ?

http://i.imgur.com/sIGktAf.jpg,
Sepertinya kurang sehat dok,ini feses baru.. mohon bimbingannya dokbiar ndak ngos-ngosan lagi

untuk tali itu saya pasang pagi, sore harinya sudah sakit seperti itu Dok. sekarang sudah saya lepas.
saya sertakan ilustrasi gambarnya Dok, pada bagian merah yang saya lingkari itu yang kapan hari saya pegang seperti ada celah, jadi seperti kakinya lepas dari badannya.
sepertinya masih kesakitan, karena setelah kejadian, terjadi pembengkakan.
tadi pagi saya kasi makan, masih belum normal.masih kesakitan

maaf karena baru balas, mas.
gambarnya upload di kolom diatas, terus linknya taro di sini, mas.
ada bagian yang bengkak, mas kasih minyak GPU aja. minyak urut.

terus mas kasih super-n, setetes setiap hari. beli di toko makanan burung.

Dok..
Saya punya partner obay namanya Ori.. kondisinya kelihatannya sehat.. kalau ditangan kepalanya celingak celinguk terbang aktif sering bersuara namun kadang suka bengong kepalanya tenggleng gitu dan fesesnya 3warna (putih kental hijau kekuningan dan cairannya banyak banget), itu kenapa yah dok? Sakitkah?
Dan saya kan berangkat kerja sekitar jam5pagi pulang sekitar jam8malam., ingin banget punya burung elang.. apakah bisa disatukan dengan obay? Burng elangkan hidup disiang hari, bisakah pemberian makannya dan pendekatanya dijam sebelum dan sesudah kerja?


Silakan upload gambar.