Cara Ternak Musang | Drh. Fira Sovica

Menternakkan musang

atau breeding musang menjadi tren yang banyak terjadi saat ini. Cara beternak musang termasuk mudah dengan syarat-syarat tertentu. Berikut adalah cara ternak musang sebagai investasi. Artikel tentang cara menternakkan musang ini diharapkan menjadi acuan bagi breeder musang yang ingin breeding musang.
Sejak musang populer sebagai hewan peliharaan, banyak sekali orang yang berniat memelihara musang. Beternak musang menjadi ladang bisnis yang menggiurkan, meski beternak musang belum sepopuler ternak kucing dan anjing, atau ternak sugar glider.
Berikut adalah cara ternak musang yang saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri:
Cara Ternak Musang
Image taken from wikimedia.org
  • Tentukan musang yang akan di ternak.
  • Ada beberapa jenis musang dengan tingkat kesulitannya masing-masing. Musang yang paling banyak dipelihara adalah musang pandan dan musang bulan. Cara memelihara musang pandan dan cara merawat musang bulan relatif tidak terlalu berbeda. Anda bisa membaca cara memelihara musang bulan di artikel cara memelihara musang bulan, dan bagi anda yang ingin memelihara musang pandan anda bisa membaca artikel cara merawat musang pandan. Sebaiknya, musang yang diternak sebaiknya yang lebih banyak dipelihara umum. Dengan begitu, anda dengan mudah mendapatkan solusi saat menghadapi masalah saat beternak musang. Musang pandan dan musang bulan bisa menjadi pilihan ternak musang anda.
  • Siapkan kandang dalam ruangan semi terbuka bersirkulasi udara baik.
  • Satu kandang sebaiknya hanya diisi oleh satu musang kecuali saat musang birahi. Anda bisa membaca tentang ciri musang yang sedang birahi di artikel tanda musang yang birahi atau artikel ciri musang siap kawin. Anda juga bisa membaca cara mengawinkan musang dengan membaca artikel cara mengawinkan musang.
  • Siapkan kandang perkawinan.
  • Spesifikasi kandang khusus tempat kawin musang bisa dibaca di artikel cara mengawinkan musang di atas. Mau coba kawin silang musang? Anda bisa membaca mengenai cara kawin silang musang.
  • Ketahui jenis penyakit pada musang.
  • Jadi breeder musang tentu harus tahu penyakit pada musang yang umum diderita musang. Jenis penyakit pada musang antara lain katarak, wasir atau ambeien, pincang kaki, hind leg paralisys, kutuan, serta scabies. Anda bisa membaca artikel cara mengobati katarak pada musang di artikel mengobati musang katarak. Wasir atau ambeien pada musang juga bisa anda baca cara mengobatinya di artikel cara mengobati musang yang kena ambeien. Pincang kaki biasanya juga terjadi pada musang, anda bisa membaca artikel saya tentang cara mengobati musang yang kakinya pincang. Hind leg paralisys atau penyakit kekurangan kalsium juga kerap diderita oleh musang yang masih anakan, anda bisa membaca artikel saya mengenai cara mengobati hind leg paralisys pada anakan musang. Musang juga kerap kutuan, terutama musang yang kurang terjaga kebersihan kandang dan tubuhnya. Cara mengobati musang kutuan bisa dibaca di artikel mengobati musang kutuan, begitu juga dengan scabies. Anda bisa membaca artikel mengobati musang yang scabies.
Demikian adalah

cara ternak musang

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman memelihara musang. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda dalam investasi dengan memelihara musang. Konsultasi tentang musang bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

21 Responses to "Cara Ternak Musang"

  1. Brarti kalau seumpama saya pelihara sepasang musang yang saya pelihara dari usia remaja dalam satu kandang enggak baik dok untuk di ternakan..?
    Atau mungkin ada tips yang lainya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja terjadi perkawinan musang dengan kasus seperti itu, mas. kembali lagi ke faktor lucky, sebenernya. ada kenalan saya yang pelihara musang sepasang dari baby, eh tau2 si betina hamil sendiri saat keduanya sudah siap kawin. jadi tidak menutup kemungkinan musang yang dipasangkan sejak lama tidak bisa dikawinkan.... :)

      semoga membantu...

      Delete
  2. Dok gimana cara membawa anak musang umur satu bulan. Saya naik motor 8 jam di perjalanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai kandang kecil, kasih baju mas ke dalamnya agar dia bisa 'ngumpet' di dalamnya... :)

      Delete
  3. Dok, saya udah hampir 2 tahun coba breeding musang pandan. Sudah 3 periode mereka kawin tapi ga hamil2 betinanya. Penyebabnya apa ya dok? Menurut teori harusnya udah siap membuahi dan dibuahi, karena jantan dan betinanya skrg sudah 2th up.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas gak tahu kalau musang juga hewan pemilih? atau bisa juga ada sebab lain (mandul, penyakit, dll).
      mending bawa aja ke dokter hewan biar di cek, mas. bilang aja mau check up aja. sekalian nanya mengenai problemnya + minta saran. :)

      Delete
    2. Dok mau nanya.apa luak tangkapan hutan dewasa bisa diternakkan.trimakasih

      Delete
    3. bisa. asalkan sabar. :)
      silakan baca2 dulu artikel saya tentang musang di blog ini... :)

      Delete
  4. MAAP DR saya mau tanya saya punya musang akar sumatra (JANTAN) dan musang akar borneo (betina) udh lama saya adop dr umur 2 bln kira2 skrg yg jantan umur 7 bulan yg betina 6 bln. tp yg jantan jadi agresif trus maap(penis nya udh mulai keluar) apakah udh siao kawin kah?? mhn pencerahan nya.. terimakasih..

    ReplyDelete
  5. Dok mau tanya, musangku yg tangkapan liar tak kasih makan dgn cra handfeed kok gak mau ya??, dia kurus banget dok, mau makan cuma kalo malam saja, gimana dok cara mengatasinya???, oh ya makasih penjelasannya yang kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makanannya ditaro di kandang, dia mau makan? kalau mau makan, kasih aja dengan cara ditaro di kandangnya. yang penting dia mau makan aja dlu...

      air minumnya bisa tambah sari kurma. :)

      Delete
    2. Mau dok, tapi cuma pas malam saja, trus saya kok gak pernah lihat dianya minum, wadah minumnya sering ditumpahin juga,
      Oh ya, kemarin saya coba ikutin saran dokter dgn coba gendong musang saya yg satunya lagi (betina), pertama & kedua tidak digigit, trus say gendong lagi eh, malah tangan saya kena gigit, gigitannya lumayan dalem dok, trus saya cari artikelnya dokter tentang cra mengobati luka gigitan musang, luka ditangan sudah saya kasih antiseptik dettol, kok sekarang tangan saya malah bengkak ya dok, gimana dok, mesti diobati apa dok, apa saya harus priksa kedokter???, makasih sebelumnyaa

      Delete
    3. udah dikasih betadine? coba aja kasih betadine.
      saya tebak waktu gendong kedua kali, mbak takut ya? atau ragu2?
      mestinya, sekali aja gendongnya.. setelah itu taro. besok lagi sekali lagi. jadi cukup sekali sehari aja...

      soal lukanya, kalau udah dikasih betadine, saya kira cukup...

      Delete
  6. mau tanya dong dok. klo musang pandan yang biasa di kawinkan dengan musang pandan yang kelawu. akan lebih dominan kemna yah hasilnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. karena sama2 musang pandan.
      hasilnya, wah saya juga gak tahu. wong saya juga lagi belajar genetika hewan. hehehe. tapi kalau emang yang klawu itu 100% klawu (dari silsilahnya gak ada kawin campur dengan jenis lain), dan yang pandan biasa pure pandan biasa(dari silsilahnya gak ada kawin campur dengan jenis lain), hasilnya 50%-50%. anakannya bisa klawu, bisa juga pandan. CMIIW.

      Delete
  7. Dok..gmn cara memperbaiki ekor muskar yg spiral...??? Thanks dok..

    ReplyDelete
  8. Nice blog, sangat bermanfaat. terimakasih dok salam kenal :)

    ReplyDelete
  9. dimana bisa beli musang untuk memulai perternakan nya, dan apakah kandang harus dibuat mirip habitat alam nya, terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas gabung ke komunitas musang, tanya aja yang jual musang siapa.
      kandang biasa aja, kandang jeruji. pake kandang kucing standart.

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.