Tuesday, May 20, 2014

Cara Memelihara Musang Bulan | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya,

memelihara musang bulan

sama saja caranya dengan memelihara musang pandan yang pernah penulis tulis di cara memelihara musang pandan. Namun, ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam memelihara musang bulan.
Cara Memelihara Musang Bulan
Image taken from tempo.co

Dan berikut adalah cara memelihara musang bulan yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri:
  1. Musang bulan yang dipelihara biasanya diberi makan buah-buahan (pepaya, pisang), nasi + kecap, catfood/dogfood. Namun kebanyakan owner musang bulan memberikan nasi + kecap sebagai makanan utama atau kepala ayam rebus. Untuk minuman sendiri, anda bisa memberi air mineral atau air gula pasir kepada musang bulan anda.
  2. Untuk pemberian makanan hendaknya diselang seling untuk menghindari kebosanan. Pemberian buah-buahan seperti pisang dan pepaya wajib dilakukan minimal seminggu sekali agar pencernaan musang bulan tetap terjaga.
  3. Musang bulan juga wajib dimandikan minimal seminggu sekali dan kandangnya harus dibersihkan minimal 2 hari sekali. Jangan membiarkan kandang musang bulan kotor karena bisa menyebabkan bulu musang bulan anda menjadi rontok, musang bulan sakit, dan menimbulkan penyakit kulit. Cara memandikan musang bulan bisa dibaca di artikel cara memandikan musang.
  4. Jika sudah panjang, kuku musang juga hendaknya dipotong. Anda bisa membaca tentang cara memotong kuku musang di artikel cara memotong kuku musang.
  5. Musang bulan hendaknya tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk. Tidak jarang, musang bulan yang mengalami obesitas akan mengalami sudden death (kematian secara mendadak) akibat gagal jantung. Jika musang anda terlalu kurus, anda bisa membaca artikel tentang cara menggemukkan musang.
Demikian adalah cara merawat musang bulan atau cara

memelihara musang bulan

. Artikel cara memelihara musang bulan diatas semoga bisa membantu anda dalam memelihara musang bulan. Terima kasih. (FS)

47 comments

dok numpang tanya, saya lagi bingung mau pelihara musang akar atau musang bulan, menurut dokter dari karakternya lebih enak dan gampang yang mana yaa??? makasih sarannya....

dokter, supaya musang bulan saya tidak pipis dan pup sembarangan, bagaimana cara melatihnya?

saya pernah bikin artikelnya. cara melatih musang buang air di toiler.
cari aja di bagian cari artikel...

Dok apa pemberian kepala ayam untuk musang bulan itu harus? Kalo misal cuma saya kasi buah2 an apa mengganggu pertumbuhan si musang ya dok?

malah lebih bagus kalau hanya dikasih buah2an aja.
saya sendiri lebih menyarankan kasih buah2an aja ke musang....

Dok numpang nnya ne,,sblm nyesal..hehe..
dok musbul(musang bulan) bisa dk di pelihara di kalimantan barat...soalnya takut dk cocok dgn cuaca yg trllu panas...kmren ada temen beli musbul tapi mati...dk tau penyebabnya apa,,cuma bsa bertahan beberapa hari...sebelum beli nnya dlu sama ahlinya...makasih...:)

Dok numpang nnya ne,,sblm nyesal..hehe..
dok musbul(musang bulan) bisa dk di pelihara di kalimantan barat...soalnya takut dk cocok dgn cuaca yg trllu panas...kmren ada temen beli musbul tapi mati...dk tau penyebabnya apa,,cuma bsa bertahan beberapa hari...sebelum beli nnya dlu sama ahlinya...makasih...:)

kalau masih baby atau anakan, mungkin saja seperti itu. tapi kalau sudah dewasa kayaknya kuat deh. yang harus dihindari mungkin asap saja karena saya pernah ke pontianak dan banyak asap gitu....
sebenernya triknya gampang aja. kandangnya taruh di ruangan yang memiliki exausting (heksos, kalau bahasa orang indonesia, hehehe), jadi udara tidak terlalu panas. lebih bagus kalau ada kipas angin atau ac (jangan terlalu dingin) di ruangannya... :)

kalau takut, bisa coba musang pandan dulu.... daya tahan muspan dan musbul relatif sama namun harga muspan jelas lebih murah dari musbul... :)

Di sini bnyaknya muspan sama muskar borneo..tp musbul dk ada..takutnya dk cocok sma cuaca di sini..soalnya mahal harga sama ongkirnya..hehe,,
kalo kekebalan tubuhnya sma dgn muspan berarti bisa di pelihara di sini..
sbnarnya dk tega sih coba2,,kasin sma musangnya..tp udah gatel pngen gendong musbul...hehe...

kalau memang mau piara musbul, silakan. lakukan di ruangan yg tadi saya sarankan. menurut saya sih daya tahan relatif sama dengan muspan.... :)

Dok mau nanya,
Pengen pelihara musang,baru pemula sih, jd ingung mau jenis apa, kira2 ada rekomendasi gak mending jenis apa..

sebelumnya maaf karena baru saya balas. saya sakit 2 hari ini. orang2 pada liburan, saya sendiri sakit... :(

jenis musang pandan yang anakan (bukan baby), usia 2,5 hingga 3,5 bulan dan sudah bisa makan sendiri...

Iya dok gak papa,
Semoga cepet sembuh ya dok :)

Oh musang pandan ya, oke deh dok, makasih buat rekomendasinya ya..

bisa konsul lagi kemari kalau ada apa2.. :)

Halo Dok Fira
Saya mau tanya Dok
Teman saya mau kasih Musang bulan miliknya karena dia mau tugas ke luar negeri.
Usia musang bulan 8 bln dengan berat 10-12kg
Jenis kelamin betina.
Jinak sekali, sama semua orang jinak, tapi agak pemalas jarang main gitu senengnya duduk di atas motor atau jalan2 dibonceng naik motor.
Yang mau saya tanyakan, apakah musang bisa tetap jinak jika saya adopsi mengingat usia yg sudah dewasa...
Tipsnya apa saja Dok?
Kemudian apakah ada masa adaptasi bagi musan terhadap majikan barunya?

Terimakasih sebelumnya ya dok Fira

Halo Dok Fira
Saya mau tanya Dok
Teman saya mau kasih Musang bulan miliknya karena dia mau tugas ke luar negeri.
Usia musang bulan 8 bln dengan berat 10-12kg
Jenis kelamin betina.
Jinak sekali, sama semua orang jinak, tapi agak pemalas jarang main gitu senengnya duduk di atas motor atau jalan2 dibonceng naik motor.
Yang mau saya tanyakan, apakah musang bisa tetap jinak jika saya adopsi mengingat usia yg sudah dewasa...
Tipsnya apa saja Dok?
Kemudian apakah ada masa adaptasi bagi musan terhadap majikan barunya?

Terimakasih sebelumnya ya dok Fira

halo, mas.
kalau emang musangnya udah jinak, dia akan tetap jinak meski ganti owner. yah emang, ada masa adaptasi dulu selang 2 atau 3 minggu, setelah itu dia akan tetap jinak. selama masa adaptasi, tetep sering2 berinteraksi sama musangnya. :)

Gitu ya Dok,
Selama masa interaksi dia akan berubah character gak ya, atau tetap seperti sebelumnya?
Trus kebiasaan2 dengan owner sebelumnya seperti naik motor tetap harus dilakukan?
Apakah bisa langsung saya mandikan musangnya atau harus tunggu masa adaptasi selesai?
Pada saat masa adaptasi hal2 apa saja yang harus saya perhatikan...apakah interkasi langsung dengan musbul diperbolehkan... Langsung diajak main gitu dirumah? Atau perlu dilakukan hal lain untuk awalnya?
Makasih Dok Fira

selama masa adaptasi dia akan berubah karakternya atau nggak, sebenernya balik lagi ke musangnya. ada yang berubah karakternya, ada yang nggak. jadi emang gak bisa ditebak.

kebiasaan yang emang nggak perlu kayak naik motor dan sebagainya dari owner sebelumnya, nggak perlu dilakukan.

selama masa adaptasi, mending jangan dimandikan dulu. fokus ke pengenalan aja, mas. ajak main, ajak becanda, dll... :)

Siap Dok Fira
1 lagi dok, kalau ajak main dan bercanda sama anak2 aman gak ya kira2...
Trus dengan usia musang 8bln seperti itu apakah masih bercanda seperti menggigit ringan gitu?
Pendekatan pake handsfeed juga boleh ya Dok?
Makasih Dok Fira
Responnya cepat sekali

sebenernya, musang itu bukan untuk anak2. musang itu hewan buas, mas. dan sejinak-jinaknya musang, pasti ada masanya dia buas dan gigit, baik becanda maupun beneran.

pendekatan handsfeed bisa mbak lakukan terus.... :)

silakan baca2 artikel saya di blog ini. banyak kok yang mengenai musang...

Halo dok
Saya ingin bertanya, saya punya musang bulan dewasa trus suka nya minum air jeruk, kira-kira berpengaruh dengan kesehatanya gak? Mohon sarannya dok, trimakasih

hmm, setau saya sih gak masalah. tapi fesesnya gimana? :)
mencret nggak? :)

biasa dikasih makan apa, mbak? :)

fasesnya seperti biasa dok lancar, saya cuma kawatir aja dok soalnya sekali minum jus jeruk banyak bngt bisa satu botol.

biasa saya kasih makan buah-buahan terkadang saya kasih daging ayam.

itu bagus. sepertinya gak masalah.
coba kasih aja sari kurma, mbak. sari kurma campur air... :)

Hallo dok, musang saya umur 3bln, setiap kali saya beri minum susu sgm gak pernah di minum, setelah saya tambah gula sedikit baru diminum, apakah ada pengaruhnya dok susu sgm di tambahi gula ?

mas gak tahu kalau ngasih susu ke musang nggak bagus buat sistem pencernaannya? bisa bikin mencret? mending stop...

alternatifnya, saya udah bikin minuman pengganti susu yang lebih menyehatkan untuk musang. resepnya ada di artikel ramuan kesehatan musang...

Tapi susu nya non laktosa dok, seperti yg di sarankan dokter di artikel yg lain

betul, tapi kadang kudu diliat, apakah setelah pemberian susu fesesnya jadi mencret atau tidak, mas. :)

mungkin nanti saya revisi artikel2nya biar gak miskom, hihihi...

sekarang gimana musangnya, mas? :)

Feses nya jg normal dok gak mencret, alhamdulillah musang saya sehat dok..
Makasih dok atas pencerahannya,
Nanti saya boleh brtanya lagi ya dok hehe...

boleh, boleh. :)
blog ini terbuka bagi mas dan semua animal lover... :)

This comment has been removed by the author.

Makasih infonya kak , saya mau beli musang nih , saya tertarik melihat teman teman saya ketika sedang kumpul komunitas musang di Bogor , Jinak jinak lagi hehe , pertanyaannya musang apa ya yang paling mudah dan bagus untuk di pelihara ? dan kira kira usia berapa yang bagus untuk dipelihara ? Terimakasih :)

Assalamualikum .. permisi dok sya mau menanya , musang bulan / pandan jika terkena udara AC seharian akan menyebabkan kematian atau sakit dok , atau tidak apa2 ? Terima Kasih dok

sebaiknya sih dihindari mas. atau kalaupun boleh, suhunya jangan dingin banget.

bagusnya, jangan.

kalau untuk pemula, bisa pilih musang pandan anakan yang udah bisa makan sendiri. :)

maaf baru balas. saya tunggu kabarnya.

oh ya, untuk referensi, mas bisa baca artikel saya: musang yang paling mudah dipelihara

Dok saya ingin memelihara muspan tapi saya bingung cara melatih nya agar pandai seperti musang teman saya

coba mas baca artikel saya CARA AGAR MUSANG BONDING

Dok saya mau nanya musang bulan saya hairlos gimana cara tumbuhin nya ya dok sama
Mata nya kena sinar matahari jadi katarak dok gimana cara nyembuhin nya ya dok

kalo kataraknya karena kena sinar matahari, mending mas cek ke dokter aja. agak susah sih kalo kataraknya karena sinar matahari. emang separah apa mas kataraknya?

kalo soal hairloss, coba cek dulu. apakah dia kutuan? atau jamuran? rajin mas mandiin nggak?
coba kasih minyak kemiri aja, seminggu sekali. baca artikel saya, CARA MEMAKAIKAN MINYAK KEMIRI UNTUK MUSANG...

Tuh dok parah nya sgtu yg kiri agak mendingan yg kanan nya skarang dok,
Kmaren saya lupa sampe musang nya kelamaan jemur jadi kena katarak dok..

Kalo kutuan/jamuran tanda-tanda nya kulit nya kaya apa ya dok, ni saya mandikan tiap hari jam 7:30 dok stelah tuh saya kasih minyak kemiri trus saya jmur lagi dok
Kalo jemur minimal brapa mnit ya dok

iya, kemungkinan karena kelamaan jemur.
mending mas baca artikel cara mengobati katarak pada musang.

abis dimandiin, mas jemur sampe kering.
baru abis itu dikasih minyak kemiri.
jemurnya jangan lama2, cukup 10 sampe 15 menit aja. setelah dimandikan, dilap dulu pake handuk...

Tapi kayarak nya masih bisa sembuh ya dok musang bulan saya umur 2,5bln dok,...

Makasih dok atas pecernaan nya, tapi gak papa ya dok kan musang saya dah kena katarak cukup di jemur 10mnit sampe 15mnit

gak apa2, asalkan jangan kena sinar matahari langsung. selengkapnya, silakan baca artikel cara menjemur musang... di sana ada triknya, menjemur musang dengan aman...

Mau numpang share dikit ya Dokter Fira...
Saya memiliki beberapa jenis musang. Untuk yang musang bulan ( yg paling muda ) sudah berumur hampir 5 tahun, gemuk, berat, mantab tapi tidak kegemukan, makanannya pisang + makanan anjing royal canin yang untuk anjing golden retriever ( Kebetulan sy jg pelihara anjing, tuh makanan harga 1 kg Rp 65 ribu'an, kalau yg per 12 kg kurang lebih Rp 750 ribuan,hanya si musbul dan burung kakatua yg doyan, musang yg lain tidak ). Musang sehat tidak ada ada keluhan. Hmm..Barangkali ada yang mau mencoba...


Silakan upload gambar.