Cara Menggemukkan Musang | Drh. Fira Sovica

Tips

cara menggemukkan musang

atau cara agar musang obes ini ditujukkan kepada para pecinta musang yang ingin tahu caranya menggemukkan musang kesayangannya. Tips ini berdasarkan pada pengalaman penulis yang juga memelihara beberapa ekor musang. Adapun keefektifan cara ini tentu tidak lepas dari peran serta owner musang itu sendiri. Harap berhati-hati karena musang obesitas rentan mati. Saya pernah membahas hal tersebut di artikel kenapa musang obesitas rentan mati.
Image taken from dokterluak.blogspot.com

Inilah beberapa tips

cara menggemukkan musang

  1. Pemberian asupan protein yang cukup kepada musang dapat membantu pembentukan otot-otot musang.
  2. Pemberian asupan protein berlebih kepada musang dapat membentuk otot dan menambah bobot tubuh musang. Asupan protein berupa kepala ayam rebus dan ceker ayam rebus mampu menambah berat badan musang secara signifikan. Pemberian asupan protein ini adalah langkah utama dalam menjinakkan musang.
  3. Pemberian Scott Emulsion dapat memperbaiki nafsu makan musang.
  4. Pemberian Scott Emulsion dapat diberikan setiap malam dapat menambah berat badan musang serta memperbaiki nafsu makannya.
  5. Atur pola makan dan istirahat yang cukup serta barengi dengan interaksi kepada si musang minimal 40 menit setiap hari.
  6. Musang yang terlalu gemuk (obesitas) malah akan membunuh musang itu sendiri, seperti yang saya tulis di artikel kenapa musang obes rentan mati. Cara agar musang obesitas tetap sehat bisa dibaca di artikel cara agar musang obes tetap sehat.
Patut ditekankan bahwa berat badan yang berlebih tanpa diiringi dengan banyaknya gerak dapat menyebabkan sudden death (mati secara tiba-tiba) bagi si musang. Maka hendaknya, proses penggemukkan tubuh musang dalam tips cara menggemukkan musang ini dapat dilakukan hanya jika musang aktif bergerak. Hentikan proses penggemukkan musang jika musang mulai terlihat malas bergerak.(FS>

345 Responses to "Cara Menggemukkan Musang"

  1. Kalau gak pakai bubur gimana boss...??? Soalnya aku punya musang rase makanya cuman pisang... Dan itu makan sendiri... Untuk memberikan suplemen penambah napsu makan cara yang tepat untuk musang sprtk gmn...???

    ReplyDelete
  2. utk protein lbih bgus mana, bubur bayi mix nasi, susu full cream mix susu, atau telur mix nasi om..??!
    biar cpet obes.

    ReplyDelete
  3. Keren artikelnya kang! Bagus banget! :D

    ReplyDelete
  4. kalau menurut ane gan, sepenglihatan ane, bubur sun itu gak terlalu berpengaruh yg paling berpengaruh asupan karbohidrat dan protein, mie kecap mix telur atau nasi kecap mix telur, kepala ayam karena ada lemak di kulit kepala ayam bagian lehernya yang merupakan asupan untuk menggemukan tapi jangan terlalu gemuk juga kasihan nanti sakit jantung

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya saya bru umur 1.5 bulan pengen gemuk di kasih makan apa, saya kasih mkn sun ga gemuk gemuk

      Delete
    2. punya saya bru umur 1.5 bulan pengen gemuk di kasih makan apa, saya kasih mkn sun ga gemuk gemuk

      Delete
    3. lihat poin 2 di artikel di atas. di atas sudah saya jelaskan. :)
      beri makan yang mengandung protein.
      spt kepala ayam rebus, ceker ayam rebus, hati ayam rebus. pastikan semuanya sudah direbus hingga matang. :)

      Delete
  5. Untuk susunya Bang bagusnya merk apa??dan vitamin nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu bisa pake susu Dancow dan vitaminnya bisa pake
      scott emulsion... salam.. :)

      Delete
  6. Untuk bayi musang yg baru melek dan baru belajar jalan sebaiknya diberikan susu apa,dan apakah perlu tambahan bubur SUN untuk selingan selain susu,thanks

    ReplyDelete
  7. musangku umur 4 bulan biasa aku kasih curcuma plus dicampur air minumnya terus makannya pisang sama susu coklat kental manis setiap kotak makannya habis diisi makanan lagi. apa bisa jadi obesitas?
    thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, sangat bisa.
      kalau dilihat dari makanannya sih udah bagus. saya menyarankan agar diberi kepala ayam rebus seminggu sekali. cukup sekali seminggu aja, selebihnya kasih nasi + kecap dan buah-buahan... semoga membantu,,,

      Delete
  8. kemarin saya coba kasih makan roti tawar tanpa kulit sama susu coklat kental manis sbg pengganti nasi (minumnya tetap) tapi lama2 malah gak mau sama pisang. gimana ya?
    katanya kalau pakai daging2 an bisa galak, apa benar?
    mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah-buahan tetap menjadi saran makanan terbaik bagi musang. pemberian protein boleh seminggu sekali diberikan berupa kepala ayam rebus atau ceker ayam rebus. cukup pastikan ceker dan kepala ayam itu sudah direbus sampai benar2 matang. buah2an yang bisa diberikan antara lain pisang dan pepaya. saya sendiri lebih menyarankan memberikan pepaya untuk musang karena bisa mencegah ambeien pada musang juga. mas/mbak bisa membaca lebih lanjut tentang ambeien pada musang dengan mensearch ambeien pada musang.

      kadang memang ada seperti itu, tergantung karakter musangnya. musang tangkapan liar yang berkarakter kuat jika diberikan makanan daging mentah (sekali lagi, mentah) cenderung akan menjadi galak. sementara musang yang berkarakter lebih bersahabat terhadap manusia akan tetap jinak meski diberi makan daging sekalipun. saran saya, berikan saja daging rebus. pastikan daging tersebut sudah benar-benar matang direbus hingga bakteri dalam daging bisa mati...

      maaf baru membaca pesannya. jangan sungkan untuk mampir dan berkonsultasi lagi.. :)

      Delete
  9. iya anaknya agak rewel kalau sudah tau rasa roti enak, buah2 an jadi gak dimakan
    nanti saya coba ayam juga seminggu sekali
    terima kasih atas sarannya.. sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara menyiasati agar dia mau makan buah lagi sebenarnya gampang. jangan dikasih makan dulu selama beberapa waktu (puasakan), misalnya selama 18 jam atau 12 jam, baru kasih makan buah. biasanya musang yang kelaparan akan memakan makanan apapun yang disodorkan.... semoga membantu...

      Delete
  10. Musang ane gamau makan diumur 4 bulan kasih info plis

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebabnya. silakan search artikel MAKANAN MUSANG PANDAN di BLOG INI

      Delete
  11. Kalo ada masukan invite bbm ku aja 2670DEAD makasih masalahnya jrang buka internet

    ReplyDelete
  12. Permisi saya mau nanya donmk...
    Saya punya muspan umur 3 bulan,,tpi nafsu makan nya ga ada,,sehari paling cuma mau makan pisang itu pun cuma setengah... saya coba kasih curcuma plus ke minumannya tpi ga diminum,,bgtu juga pas saya campur ke bubur sun...
    apa ada cara lain untuk menambah nafsu makan musang selain pakai Curcuma plus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba beri jenis makanan lain seperti pepaya matang.
      selain itu, coba beri jenis pisang berdaging lembut seperti pisang sunpride dan sejenisnya.
      curcuma plus sebaiknya disatukan dengan makanannya: pisang sunpride dipotong2, ditaruh di mangkuk, lalu disiram dengan curcuma plus sebanyak 2 sendok makan. aduk2, lalu berikan ke musangnya...

      agar lebih nafsu makan, coba beri makan musangnya saat dia benar-benar lapar.

      Delete
  13. hi, saya dari malaysia.. saya ada seekor anak musang pandan..macamana caranya untuk saya membela anak musang itu supaya menjadi gemuk dan sehat seperti yg terdapat didalam youtube di indonisia.. apakah makanan yg harus saya berikan.

    ReplyDelete
  14. mba , sya baru beli musang,, tp susah makan nya, solusi nya donk

    ReplyDelete
  15. Buat Drh.Fira apa itu juga berlaku untuk binturong, soalnya ada kenalan saya memelihara binturong, mgkn kisaran umur 2 tahun. Tp sekarang tidk mau makan dia, apa memasuki masa birahi jga yg menyebbkan seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja mas....
      setau saya, binturong birahi tetap mau makan meski agak berkurang makannya..... coba aja kasih scott emulsion, campur ke makanannya... :)

      Delete
  16. Dok maaf ni mau nanya lagi, kan biasanya buat kucing kan ad pakan nya yg bermerk itu, kan Hargany juga mahal, tapi sesuai dengan hasilny kucing pun menjadi gemuk dan bulunya juga bagus, nah bagaimana bila itu d gunakan untuk musang apa juga akan mempunyai efek seperti kucing badan dan buluny jdi tebal, atau lebih baik dia makan ayam rebus aj, kalo sya sih kepengennya bulunya itu lebat lo dok, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski banyak yang memberikan catfood/dogfood sebagai makanan musang, tapi saya tidak menyakankan pakan kucing untuk musang. dalam penggunaan jangka panjang, catfood yang diberikan untuk musang akan memicu kanker pada musang......

      Delete
  17. Oh begitu ya dok, oke deh terimakasih bnyak ya dok masukannya, jdi untuk bulunya lebih bagus bagaimana dok, selain menjaga kebersihan

    ReplyDelete
  18. Dok mau nanya lagi seandainy dia d kasi suplemen yg untuk manusia, contohnya seperti zevith grow itu apa pengaruhnya baik atau buruk, kan kalsium dan zinc nya tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak merekomendasikan obat-obatan manusia seperti zevith grow dan semacamnya KECUALI jika sudah terbukti aman seperti scott emulsion..... :)

      Delete
  19. Iya terimakasih dok, untuk info nya ����

    ReplyDelete
  20. kaloo musang mau suntik rabies biasa di umur brp ?

    ReplyDelete
  21. kalo di kasih makan kepala ayam terus bagus g musang saya aga hyperaktif .. kalo ada orang jalan pasti di kejar dan mencengkram kaki tsb dan ada sedikit gigitan .. bercanda sih .. tapi aga sakit hehehe .. dia soal nya senang nya free room dan suka nya gigitin telinga .. ganggu tidur kalo malem heheheh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa, mirip musang saya dlu.
      biarin aja, sementara jangan dibawa keluar dlu. dlu musang saya juga gitu, saya taruh di kamar saya terus. kalo ada yang masuk kamar saya selain saya, dia menggeram gitu kayak ngusir, hahahaha..... untuk makanan, buah-buahan lebih bagus buat musang. kepala ayam rebus sekali seminggu aja.

      Delete
    2. lebih bagus umur setahun baru dikasih vaksin.... :)

      Delete
    3. Ka melihara musang dari 1bulan apa harus potong taring

      Delete
  22. kalo susu bagus nya minum susu apa ya ? dan di kasih berapa hari sekali ? dan kalo jam makan bagus nya pagi siang sore atau gimana ? soal nya kalo siang dia tidur sekali nya bangun minta makan tidur bangun makan tidur terus berulang sampai malam .. kalo malam dia ga tidur .. subuh baru tidur .. :( kuping saya habis .. akakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk anakan, susu sgm non laktosa. kalau dewasa, susu dancow juga bagus. jangan yang rasa coklat dancownya. jam makan siang pagi (buah-buahan matang seperti pisang dan pepaya), sore, dan malam..... saya tetap menyarankan buah2an sebagai makan musang sehari-hari dan pala ayam rebus seminggu sekali. lengkapnya, mbak bisa cek artikel makanan musang.

      Delete
  23. dan suka garuk" badan terus sepertinya ada kutu .. menghilangkan nya pakai apa ? dan sebaik nya mandi di petshop atau di rumah .. takut ga nerima kalo di petshop mah heuheu dan bagus nya berapa kali dalam seminggu atau sebulan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandikan di rumah aja, cara memandikan musang bisa dibaca di cara memandikan musang.. Seminggu sekali aja, abis mandi jangan lupa dijemur.... menjemur musang jangan kena matahari langsung, tapi tutupi bagian atas kandangnya dengan kain tipis. menjemur musang bisa dilakukan abis mandi, dibawah sinar matahari pagi dibawah jam 10 siang selama 15 hingga 40 menit....

      Delete
    2. garuk2 belum tentu ada kutu, mbak.... selengkapnya, mbak bisa baca artikel cara menyembuhkan scabies pada musang. semoga membantu...

      Delete
  24. dok kenapa kalo siang dia manja tapi kalau malam hari berubah menjadi seperti buas .. selalu ngejar kaki atau tangan .. tanpa henti .. apa memang bercanda,, hyper aktif karena masih 3-4 bulan atau memang ada maksud lain ? makanan selalu di berikan setiap habis di mangkuk nya .. sangat sakit sekali menggit nya .. terus terusan .. jika di lepas dia mulut nya terbuka dan mencengkram lagi .. walaupun kita diam .. mohon di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya selalu percaya musang bisa tahu perasaan kita lewat tatapan mata dia ke mata kita... yang pasti, jangan tunjukkan kita takut. kalau perlu, ajak ngomong. kalo dia suka ngejar kaki, biasa kok. dlu juga saya punya musang gitu. ngajak becanda aja.....

      musang memang dasarnya hewan buas, jadi mau sejinak apapun, pasti dia sesekali akan gigit. kalo mau yang gak gigit, piara ikan mas koki aja. dijamin pasti gak akan gigit... :D

      Delete
    2. Dok mau tnya kalo musang yg sudah bisa di mandi kan umur brapa bulan yaa??

      Delete
    3. silakan mas herman cek di artikel cara memandikan musang.

      Delete
  25. Dok musang makanannya di hancur ataw tidak? Untuk umur 1,5 bulan, di letak dikamar pup sembarangan gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia bisa makan sendiri, taruh saja di kandangnya. kalau belum bisa makan sendiri, mau tidak mau anda harus menghancurkannya (blender), kemudian memberikannya dengan suntikan atau pipet secara perlahan.
      soal dia pup sembarangan atau tidak, coba mas baca artikel Cara Memelihara Anak Musang, disana sudah saya jelaskan secara lengkap.

      Delete
    2. Dok saya munya musang umur skitar 5 bln....stiap di taruh kandang ga mau diem......tpi klo di taruh kamar kok kadang langsung tidur.....gimna ya carany biar musang bisa diem atao ga gerK2 trus di kandang

      Delete
    3. saya pikir bagus jika si musang betah di kamar mas. mungkin memang di owner lamanya dia lebih sering diliarkan di dalam rumah (freeroom). sebaiknya biarkan saja begitu. konsekwensinya mas harus rajin membersihkan kotorannya.... atau mas bisa baca cara melatih musang buang air di toilet, silakan search di menu cari artikel diatas...

      Delete
  26. musang saya suka bnget makan telur oplos kecap,,itu bakal jadi obes yha dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. telur rebus memiliki protein yang cukup tinggi. ya, telur rebus bisa menggemukkan musang...
      tapi ingat mas, musang obesitas sangat rentan mati. mas bisa membaca artikel kenapa musang obesitas rentan mati?, silakan search di menu cari artikel di atas. mas juga bisa membaca cara agar musang obesitas tetap sehat, search juga di atas...
      :)

      Delete
    2. Apa melihara musang dari 1bulan harus tetap potong taring ka ??

      Delete
    3. kalau bisa sih jangan dipotong taring, mas. apalagi kalau dipelihara sejak umur 1 bulan, pasti udah kenal banget ama mas....

      Delete
  27. Replies
    1. lebih bagus dikasih kepala ayam rebus atau ceker ayam rebus. pastikan kepala ayam dan cekernya bebas bahan kimia..... :)

      Delete
  28. di potong" kecil - kecil atau ngga usah dok ? oiya harus mateng bgt ya ? sampe gaada darahnya lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja yang gak dipotong2. kalau dia gak doyan, coba cacah2 sampe kecil....
      iya, sampe mateng banget. jangan yang mengandung bahan kimia ya mas. meski belinya di pasar, pastikan ceker dan kepala ayamnya bebas bahan kimia soalnya banyak tuh pala ayam yang hasil suntikan....

      Delete
  29. mau nanya lgi dok, musang saya masih 3bulanan dikasih dancow ko mencret ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba liat di komposisi susunya, ada lactosa atau tidak? kalau ada, lebih baik jangan diberikan. lactosa kadang bisa membuat musang mencret. makanan terbaik untuk musang tetap buah2an. lebih bagus kalau mas kasih sunpride... :)

      kalau toh ingin diberi susu, berikan susu non lactosa....

      Delete
  30. Siang Dok, saya mau tanya untuk musang saya umur 4 bulan dan sering saya handle tapi tidak mau saya keluarkan dari kandangnya. mohon solusinya

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca cara memegang musang galak tanpa terluka, search di menu cari artikel diatas. ikuti dengan seksama instruksinya. intinya sih jangan takut. itu aja... :D
      salam

      Delete
  31. Dok mohon pendapatnya. Kalau dikasi energen gak apa" ya.
    Atau ada penyebab dan efeksamping.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan. energen mengandung bahan kimia.
      efek sampingnya yang paling parah bisa menyebabkan kanker. kandungan lemak dalam energen juga tidak baik buat jantung musang....

      Delete
  32. Musang saya baru 3 bln ( baru saya adop) makan nya susah :Saya kasih pisang mau tapi sedikit, saya kasih mangga mau tapi sedikit, saya kasih bubur SUN gak mau. Saya mau campur bubur kasih scott emulsion sebaiknya yg rasa apa ya Original atau orange ? Sudah bisa dimandiin belum ? Masih perlu pakai lampu penghangat nggak ya ? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba beri bubur merk promina, campur dengan scott emulsion orange. campur.

      kalau dia tidak mau, bisa diberikan dengan menggunakan suntikan atau pipet, pelan-pelan jangan sampai musangnya tersedak. Dimandikan boleh, asalkan setelah dimandikan dilap dengan handuk dan angin-anginkan. bisa juga dikeringkan pakai hairdrayer asalkan jangan terlalu panas.....

      usahakan agar kandang selalu hangat dan bersih. musang umur 3 bulan rentan kena penyakit... :)

      kalau mau konsultasi bisa ke blog ini lagi mas... :)

      Delete
  33. musang 3 bln klu dikasih minyak ikan dan multi vitamin boleh nggak .? merk viitaminnya apa ya dok ? tableg apa syrup ? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. sebaiknya jangan banyak2. satu sendok teh saja cukup.
      bisa scott emulsion. sebaiknya dicampurkan ke makanannya saja.

      minyak ikan yang biasa diberikan untuk kucing....

      Delete
    2. dok klo dikasih scots emolsion rasa jeruk boleh gk?

      Delete
    3. berapa kali dok klo menggukan scott?

      Delete
    4. kalau dibawah 5 bulan, cukup seminggu sekali sebanyak dua sendok teh....
      dicampur ke makanannya... :)

      Delete
  34. oh ya dok saya mau tanya lagi nih,musang saya semi jinak klo d pakein harnes atau kalung boleh gk

    ReplyDelete
  35. dok kan saya pakein kalung ke dia tapi dia malah gigitin kalungnya apa sebaiknya jangan d pakein dulu?
    oh ya saya mau tanya lg cara biar bulu musag saya lebat? soalnya di kaki bulunya ada yg rontok biar sembuh di apain ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok artikel cara melebatkan bulu musang dan cara merawat bulu musang, search aja...

      musangnya jinak? kalau iya, biarin aja pakein kalung. nanti juga dia terbiasa.... :)

      Delete
  36. scot emolsion di campur sama apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicampur ke buah-buahan atau ke air minumnya.
      untuk menggemukkan musang sebenarnya cukup diberi kaki atau kepala ayam rebus....

      Delete
  37. dok klo musang semi apa bisa di ajak jalan jalan atau ngegath

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak galak banget (masih bisa dielus atau bisa digendong), masih bisa diajak gath asalkan dipakaikan harness... :)

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Dok aku mau tanya, musang ku udah 5 blan lebih tp kok perawakan nya sprti usia 3 bulan, padahal makan nya rakus, mohon berikan saran nya dok... trms

    ReplyDelete
    Replies
    1. postur musang biasanya bergantung genetik juga mas. :)
      kalau saya sih lebih suka musang yang kayak mas gitu, jadi kalo gemuk bagus.... bisa dipeluk2 karena bantet... :D

      Delete
  41. Dok apakah musang berbahaya bersanding dengan ibu hamil? Kaya kucing yg membawa virus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua hewan berdarah panas termasuk musang dan kucing bisa menularkan toksoplasma. jadi sebaiknya memang tidak boleh.
      silakan search toksoplasma di menu cari artikel... :)

      Delete
    2. Terimakasih pencerahanya Dok....

      Delete
  42. Apa melihara musang dari umur 1bulan harus tetap potong taringnya ??

    ReplyDelete
  43. do saya baru beli musang kemarin, umur 6bulan n betina, tp dr kmrn ga mau makan ,paling cuma sedikit, trus d kandang mutermuter gituh dok kaya pngn keluar, apah ituh wajar ataw tidak ya dok, trmksshh dok :) tp saya msh pusing nihhh-.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sementara kasih air gula dulu. diamkan selama beberapa jam, satu atau 2 jam, setelah itu berikan pisang yang dipotong2.... biarkan saja, nanti juga dia makan sendiri... :)

      Delete
  44. makan pisang sm nasi kecap ga mau , minum juga ga mau, tp d ksh air gula mau ,,,,,, menurut dokter saya harus gimanah :(

    ReplyDelete
  45. Dok kl musang saya kasik makan kpala ayam n ceker ayam rebus tiap hari.ada efek buruk gak dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada, cuma saran saya tetap kasih buah2an minimal satu minggu sekali dan pastikan kepala ayam dan ceker ayamnya sudah direbus hingga matang betul....

      Delete
  46. Dok kalo ngasih scott rasa jeruk dicampur susu boleh ga.?
    Ada efeknya ga dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. scott emulsion campur bubur bayi atau jus buah aja mas.... :)
      jangan pakai susu. kurang cocok. :)

      Delete
  47. dok numpang tanya, saya lagi bingung mau pelihara musang akar atau musang bulan, menurut dokter dari karakternya lebih enak dan gampang yang mana yaa??? makasih sarannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang bulan dan musang akar berkarakter sama, sedikit lebih agresif musang akar sebenarnya, tapi tergantung watak dan karakter musangnya. sama seperti kita, musang punya watak dan karakter masing2. ada yang kalem, ada yang suka becanda, ada yang penurut, ada yang pemberontak, macem2..., :)

      musang bulan saja mas. :)

      Delete
  48. musbalku umur 8bln mati tiba2, jam 8 mlm m§h tak bwa gath msh sehat aktif, mlm jam 2 msh sehat, pg jam 10an dah mti, di kandang gx ada bekas muntahan atau yg lainya, it knp ya?? mkan nya lancr2 aja, bdan standar gx obes

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak sebab kenapa seekor musang bisa sudent death (mati mendadak). yang paling umum biasanya kegagalan fungsi jantung. saya juga mengira seperti itu karena tidak ada bekas muntahan dll di dalam kandang.

      selama ini dikasih makan apa aja mas??

      Delete
    2. makan layaknya musng aja, pg buah mlm nasi kecap telur, minum su2,

      Delete
  49. Trus dok cara ngasih scott ny gimana apa harus di campur ke air minum ny atau gimana . Musang sya agk galak

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicampur ke makanan. :)
      untuk menjinakkan musang, mas bisa membaca artikel cara menjinakkan musang...

      Delete
  50. Dok, Muspan saya rutin saya kasih daging ikan nila matang, ikan nya saya ambil langsung dari kolam milik saya. Saya penyet dan pisahkan dari durinya dan saya campur nasi dan kecap, walhasil si Simos Muspan saya kelahapan makanya.. ^_^
    Ikan nila kan proteinya tinggi dok? Apakah akan sama manfaatnya untuk Muspan karna kalau untuk manusia kan sangat baik dok?
    Terimakasih. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa juga seperti itu. :)
      namun kelebihan protein juga gak baik mas. lebih baik seimbang antara protein, lemak, dan serat. :)

      Delete
  51. Lemak paling baik dari lemak apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepala dan ceker ayam rebus saja.
      harap diingat bahwa musang obes juga sangat rentan mati ya mas. mas bisa baca lebih lanjut di artikel CARA AGAR MUSANG OBESITAS TETAP SEHAT dan artikel KENAPA MUSANG OBESITAS RENTAN MATI. Search aja di menu search...

      Delete
  52. Trus dok scott ny rasa jeruk . Boleh kan buat muspan

    ReplyDelete
  53. Dari tadi baca gak ada yg kasih ikan, apa tidak boleh kah?

    ReplyDelete
  54. Ass, dok apa bener muspan blh dikasih daging keong apa itu g beracun dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gak asal diberikan mentah2 mas. :)
      coba baca dulu cara memberikan daging bekicot kepada musang. di sana ada cara mengolahnya....

      Delete
  55. Replies
    1. penting mas. silakan baca artikel makanan musang dan artikel makanan terbaik untuk musang,,,, :)

      Delete
  56. trimksh bu dokter nanti sya baca. eh ya dok kenapa muspan sya yg usianya 1,6 th kok bulunya rontok dan nafsu makanya bekurang apa benar karna masa birahi dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi. bisa banyak sebab mas... :)
      coba kasih makanan yang manis2.... air minumnya bisa idkasih madu juga... :)

      Delete
  57. mau tanya..musang saya umur kurang lebih 2bln..knpa ya jalan nya sllu merunduk..?apa obat nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca cara mengobati anak musang yang berjalan mundur...

      Delete
  58. dok gmna caranya biar nafsu makannya meningkat and bulunya lebat kembali ? and waktu makannya yg bagus brapa kli sehari soalnya Bima makanya cma sore pisang and malam pala ayam itu jg g slalu abis, maaf dok sya banyak bertanya :)

    ReplyDelete
  59. Dok musang saya ko gemetaran ya dlu pernah sih saya kasih ac dimobil dia muntah trus pas drmh dikasih ac mlah dia mlh kdinginan kya gitu
    Trus ko musang saya ko matanya ada putihnya gitu?? Apa katarak dok? Gmna nymbuhinnya dia masih gemeteran kya gitu pdhal udh baikn sma matanya itu gmna dok??
    Mkasih bnyk dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal mata ada putihnya, silakan baca cara mengobati katarak pada musang.
      kalo soal gemetaran, lebih baik ditaruh di ruangan non ac mbak. apalagi kalau masih baby.... :)

      boleh kembali lagi ke pertanyaan ini jika ada masalah lain... :)

      Delete
  60. SARIKURMA untuk bayi rase bagaimana dok .bole atau tidak?
    untuk rase jika selalu di beri pala ayam dan ceker ayam adakah kemungkinana untuk obes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk musang rase, sari kurma terlalu berat untuk sistem pencernaannya. boleh diberikan, jtapi jangan banyak2. dan cukup sekali seminggu saja.
      pala ayam, ceker ayam, dan ati ayam bisa diberikan sebagai makanan rase. iya, bisa membuat musang obes. harap pastikan bahwa pala, ceker, dan ati ayam itu sudah direbus diatas suhu 100 derajat celcius selama 15 menit ya mas... :)

      Delete
  61. mw tnyk ?? ,musang sya usia2 bln dy mogok mkn ,mw nya cmk susu sm mkn ny mlem ajh dikit lgi .apkh pengaruh klo d beri asupan melalui pipet ??

    sya pnya 2ekor muspan ,sma" mogok makan .tkut ny mati ,

    mohon bantuan nya kakak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 kalau mau mau pipet dia. coba kasih jus pepaya tanpa gula. dipipet aja. mas juga bisa baca artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      Delete
  62. mw tnyk ?? ,musang sya usia2 bln dy mogok mkn ,mw nya cmk susu sm mkn ny mlem ajh dikit lgi .apkh pengaruh klo d beri asupan melalui pipet ??

    sya pnya 2ekor muspan ,sma" mogok makan .tkut ny mati ,

    mohon bantuan nya kakak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. pelan2 aja ngasihnya mas... :)
      fesesnya bentuknya kayak apa? coba mas baca caa ra mengetahui kesehatan musang dari fesesnya... :)

      Delete
  63. Dokter pakan utama musang yg baik apa ya buk dokter,
    Apa buah apakah bubur,dan nasi dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cari di bagian cari artikel: makanan terbaik untuk musang pandan.
      :)

      Delete
  64. Mbak sya punya muspan umur 2blan apakah sudah bleh di ksih mkan nasi kecap mix kepala ayam?tlong sran ny mbak

    ReplyDelete
  65. Mbak muspan umur 2 blan udh bleh dikasih Scoot?ksih ny 1xsendok teh dan ksih ny 1xsminggu y

    ReplyDelete
    Replies
    1. ika. kasihnya 1 sendok teh setiap seminggu sekali aja... :)

      Delete
  66. dok saya baru dpt muspan tangkapan.. badane agak kurusan gitu.. kalow dikasih kepala ayam sifat liyarnya kambuh gak dok..? trus perlu di kasih obat2an gak.. obat cacing misalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak. dulu musang saya saya kasih kepala ayam rebus tapi tetep aja bisa saya jinakkan juga.... :)
      sementara ini gak usah dikasih obat2an dulu.... cara menjinakkan musang bisa mas cari di bagian cari artikel... :)

      Delete
  67. Dok, telur ayam bisa bikin gemuk gk? Makasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga, tapi lebih efektif daging ayam (kepala dan ceker ayam rebus) :)

      Delete
  68. Rase saya umur 1bln, sering saya kasih pisang saja. Kadang saya kasih campuran piasang dengan bubur sun+susu mesti gak habis. Kalo dikasih susu/ bubur sun malah gakmau. Cara agar mau makan bubur sun/susu gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang dia gak mau makan bubur sun sebenernya gak apa2 mas. yang terpenting dia bisa makan. nanti kalau udah gedean dikit, bisa dikasih ati ayam rebus yang dicacah... :)

      Delete
  69. Permisi dokter.saya punya muspa pandan,trus makanannya telur rebus sma pepaya coklat,dn minumannya susu milk di tmbah soctt emulsion.telur rebusnya sehari habis 3 .trus selain di kasih makan pisang sma pepaya kuning itu gak mau di makan dok...pertanyaan saya apakah bagus untk muspa saya tiap hari di kasik telur rebus dok??truss gmna supaya bulu musang lebat dikasi"makan apa dok.???maksih ya dok atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara agar bulu musang jadi lebat bisa mas search di blog ini.
      Dari menu makanannya sih udah bagus. HANYA lebih baik susunya jangan pakai susu kental manis, mas. pakai susu SGM non laktosa, bisa dikasih madu agar lebih terasa manis.
      Alternatif makanan lain mas bisa sesekali kasih pisang juga. Pisang lampung dipotong2 aja...

      Delete
  70. Dok mohon bantuan segera.. saya dpt anak musang pandan umur brapa kurang tau.. yg jls baru latihan berjalan.. baiknya dikasih makan apa dok.. seberapa..? Trus kandang yg cocok gimana..? Makasih banyak dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara memelihara bayi musang dan artikel cara memelihara anakan musang

      Delete
  71. Makasih banyak infonya dok..masalahnya muspa saya gak mau sama pisang dok!!!

    ReplyDelete
  72. Makasih banyak infonya dok..masalahnya muspa saya gak mau sama pisang dok!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya alternatif. kalau tidak mau pisang, tidak apa2.... :)
      pepaya juga bagus... :)

      Delete
  73. Pagi dok...muspa saya dri kemari gak mau makan.kemrin taringnya di potong.ap gara2 taringnya di potong ya dok?trus muspa saya ngamuk2 dok.mohon infonya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren pangkur taringnya bukan di dokter hewan ya mas? soalnya kalau di dokter hewan pasti dikasih obat pereda nyeri.
      bisa jadi dia gak mau makan dan ngamuk2 terus karena kesakitan. mas bisa beli paracetamol ke apotik. 1 tablet dibelah jadi 3 bagian sama besar, satu bagian ditumbuk, lalu campur ke minuman musangnya.....

      Delete
  74. Dok muspan saya umur kurleb 3 minggu matanya cuma satu yg kebuka yg satunya belum2 kebuka..
    Tolong solussinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang belum kebuka matanya keliatan basah? banyak beleknya?
      kalau tidak, berarti masih sehat. tunggu saja satu atau dua minggu lagi. :)

      Delete
    2. gk dok.. cuma saja terlihat kelopaknya lebih kecil.. mau saya buka gk brani.. mungkin blm waktunya ia dok..
      Terimakasih dok

      Delete
    3. Gk ada belek maupun basah dok tp ukuran kelopaknya keliatan lebih kecil..
      Mau coba saya buka gak berani dok..
      Mungkin emang blm waktunya ia dok..
      Terimakasih dok masukannya

      Delete
    4. tunggu aja mas... saya sih optimis sehat... :)

      Delete
  75. Dok saya takutnya ada masalah di mataanya dok.. mohon solusinya dok..
    Maaf sebelumnya

    ReplyDelete
  76. Selamat pagi siang malam dok hehehe
    Saya mau tanya dok
    Udah seminggu ini aku adop muspan yang umurnya 15bulan dok
    Pertama di rumah itu makannya lahap dok sehari 5pisang+nasi mix tongkol minuman bubur sun selalu habis dok
    Tapi semenjak bubur sun aku kasih 1 sendok susu kental manis langsung mencret dok ... Tapi mencretnya udah sembuh dok ... Tapi gak mau makan masihan dok ? Solusinya dok ? Minyak ikan juga gak mau dianya ?
    Mohon bantuannya dokkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tahu bahwa susu kental manis bikin musang mencret?
      harusnya jangan dikasih susu kental manis. susu sebaiknya kasih SGM llm non laktosa. sekarang gimana keadaannya?
      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
  77. dok kasih makan musang kepala ayam rebus tidak membuatnya kembali liar??

    ReplyDelete
  78. dok gimana cara nya agar musang mau makan nasi kecap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artkel saya cara agar musang mau makan apa saja

      Delete
  79. Dok musang di perbolehkan untuk faksin ga?
    Dan obat gemuk kurkuma itu ada efek samping untuk musangnya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang boleh divaksin pada usia diatas 8 bulan keatas. kalau belum 8 bulan, gak usah... :)
      lebih baik pakai scott emulsion. dosis scott emulsion untuk musang sudah saya buatkan artikelnya di blog ini... silakan cari di bagian cari artikel..

      Delete
  80. dok musangku matanya yg satu tiba2 biru gelap.. ni kira2 bisa sembuh gak dok..? apa yg harus aku lakukan.. mohon penjelasanya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang biasanya warna apa mas?
      kayaknya gak masalah selama dia nafsu makannya bagus dan gak sering2 menggaruk daerah makannya... :)

      Delete
    2. kayaknya gak masalah selama dia nafsu makannya bagus dan gak sering2 menggaruk daerah matannya... :)

      Delete
    3. biasanya kan hitam dok.. sekarang biru agak keputih2an kayak santan gitu.. jadi retinanya gak kelihatan dok.. tadi saya kasih pepaya sih mau dok.. perlu di kasih obat gak dok.. trus ada kemungkinan buta gak dok.. kejadianya baru tadi pagi dok, cuman sebelah kanan tok.. semalam masih jernih.. makasih

      Delete
    4. jaga aja kebersihan kandang dan cukup diberi makan buah2an saja. jangan dikasih asupan protein apapun kayak daging2an, serangga, dll. pokoknya jangan.... observasi selama 2 minggu ke depan.... :)

      kayaknya sih sehat2 aja, tapi ya siapa tahu... semoga sehat....

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. gak usah kasih obat apa2 dulu.... sementara ini lakukan saja itu. dan jangan dijemur dulu ya mas. lakukan selama 4 hari ke depan lalu lapor lagi kemari... saya tunggu

      Delete
  81. dok, musangku umur 8 bulan ngg mw makan nasi + kecap, maunya buah"an aja, apakah msih ada harapan bisa jadi gendut??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa.
      silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja

      Delete
  82. siang dok saya punya muspan umur 2bulanan ,akhir" ini nafsu mknnya berkurang karna saya kasih mkn nasi kecap tapi sebelumnya saya kasih mkn pepaya mknnya lancar ,apa dia ga suka atau bagaimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya dikasih makan apa mas sebagai menu sehari2nya?
      sebenernya sih musang lebih bagus dikasih buah2an dibandingkan nasi + kecap. atau mas bisa kasih terus nasi + kecap sampe dia terbiasa dengan menu barunya... :)

      Delete
  83. biasanya di kasih pepaya sih dok, ohh iya tmsati lg dok kalo mau di kasih telur rebus sebaiknya di campir nasi atau ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dikasih telur rebus boleh tanpa nasi atau dengan nasi.
      bagus dikasih pepaya matang mas/....

      Delete
  84. Dok, MICCA umur 2 bulan kurang yang baru 1minggu saya adop ini kok ngga mau makan pisang dok? (yang udah diblend maupun yang saya potong kecil2) tapi maunya cuma saya kasih telur tiap mau menjelang malam dok. kebiasaan itu mengganggu pencernaanya ga dok?, biar micca mau makan buah2an gimana dok?

    fesesnya sih ngga padet ngga cair. cuma lembek berair gitu dok. juga tiap siang kebanyakan tidur.
    Terimakasih Dok. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih buahnya dengan cara dipipet menggunakan suntikan kecil yang ada selangnya (biasanya dijual di abang2 mainan depan sd) atau bisa juga menggunakan pipet. kalau menggunakan suntikan sebaiknya hati2, jangan sampai tersedak...
      menurut saya sih biarin aja sementara ini makan kasih telur doang, nanti biasanya kalau udah dewasa atau menjelang dewasa, dia mau makan makanan lain.... tunggu sampai umur 3 atau 4 bulan, setelah itu boleh dikasih makanan lainnya... :)

      Delete
  85. Bu dok, saya mau nanya ukuran sendok buat kasih scott emulsionnya berapa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok artikelnya di blog saya ini. silakan cari: dosis scott emulsion untuk musang...

      Delete
  86. Bu dok, saya mau nanya ukuran sendok buat kasih scott emulsionnya berapa ??

    ReplyDelete
  87. Bu dok, saya mau nanya ukuran sendok buat kasih scott emulsionnya berapa ??

    ReplyDelete
  88. dok cara pemberian scott emulsion gmn ya ? karena pernah di coba susah musangnya g mau memakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya dosis scott emulsion untuk musang.\
      di sana ada caranya... :)

      Delete
  89. Dok, musang sy kan susah makan, makannya cuman 1 atau 2X/hari, pdhal sy rutin ngasih dia scott, pertanyaanya apakah dia bisa menjadi musang obes d kelak dia besar nanti?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa mas... :)
      tapi tetep hati2 ya mas. kasian kalau kena gagal jantung karena obesitas...

      silakan baca artikel saya cara agar musang obesitas tetap sehat...

      Delete
    2. Y ,itu pasti dok!. Sy udah anggap musang sy sbgai shbat sy,.... hehe

      Delete
  90. Untuk jenis musang akar, apakah bisa dibuat agar obesitas

    ReplyDelete
  91. Untuk jenis musang akar, apakah bisa dibuat agar obesitas

    ReplyDelete
  92. musang akar saya masih umur 2,5 bulan dok saya kasih bursun gk mau palyam gak mau susu gak mau daging ayam telur pun gak mau juga maunya cuma pisang doang dok sampek kurus badannya apakan ada saran supaya musang saya bisa menjadi gemuk dok ??

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.