Apakah Daging Membuat Musang Jinak Jadi Galak? | Drh. Fira Sovica

Banyak owner musang yang bertanya kepada saya, “dok, bener gak sih

daging bisa membuat musang jinak jadi galak

atau musang galak jadi tambah galak?”, maka artikel ini akan sedikit membahas mengenai apa benar memberikan daging kepada musang bisa membuat musangnya galak. Artikel yang berkaitan dengan artikel ini adalah artikel tentang hal yang salah dalam menjinakkan musang.


Pemilik musang kerap kali tidak mau memberikan makanan berupa daging kepada musang peliharaannya. Alasannya simpel: mereka tidak mau musang peliharaannya tambah galak atau berubah jadi buas saat diberi daging sebagai makanannya.
Apakah Daging Membuat Musang Jinak Jadi Galak?
Image taken from wizzley.com
  • Padahal, teori bahwa memberikan daging sebagai makanan musang bisa membuat musang jadi buas adalah tidak benar. Mau dikasih daging mentah setiap hari pun, musang jinak akan tetap jinak jika ia sudah terikat kepada ownernya. Maka dari itu, penting untuk terus mengajak musang peliharaan anda bermain dan berinteraksi dengan anda.
  • Faktor utama jinak atau tidaknya seekor musang adalah keterikatannya dengan ownernya, dengan pemiliknya. Saya sendiri bisa menjamin bahwa musang jinak akan tetap jinak bila diberi meski diberi makan daging mentah sekalipun bila si musang sudah terikat secara emosi kepada pemiliknya.
  • Keterikatan antara owner dan musang terjadi karena seringnya interaksi. Sering-seringlah mengajak musang anda bermain agar dia mengenal anda sebagai ownernya. Tataplah matanya karena dengan begitu dia akan tahu bagaimana sikap anda terhadapnya. Yang terpenting adalah, jangan memaksakan musang untuk jinak 100%. Sejinak apapun musang, dia pasti akan menggigit. Selengkapnya, anda bisa membaca artikel cara menjinakkan musang dan penyebab kenapa musang susah jinak.
Demikian adalah sedikit bahasan tentang apakah

memberi makan daging bisa membuat musang jadi galak

. Semoga artikel singkat diatas bisa menjadi penambah wawasan bagi anda para pecinta musang seluruh Indonesia. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

38 Responses to "Apakah Daging Membuat Musang Jinak Jadi Galak?"

  1. assalamu'alaikum wr.wb
    dok belakangan ini musang saya terlihat lebih agresif tidak seperti biasanya.. musang jantan saya berusia 6 memasuki 7 bulan, kira" knpa ya dok,, menggit terus bila didekati,, tapi tidak mengamuk mungkin mengajak bercanda,,saya hampir kewalahan krna saya membiarkan musang tersebut bebas dirumah,, lari" kemana.. bahkan cukup cepat.. bagaimana ya bu dokter?? apa dia sudah masuk masa kawin??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan jangan pakai susu dancow. susu non laktosa saja kayak sgm soya atau sgm LLM.

      maaf, sebelumnya saya mau tanya. sebelum ini, dia jinak? gak gigit2 kayak sekarang?
      udah berapa lama mbak rawat musangnya?

      saya tunggu

      Delete
  2. 1 lagi dok.. krna dia terlalu agresif mkannya pun jadi kurang biasanya dia mkan 2 atw 3 kali sekrang hanya 1 kali saja,, itupun aktu malam saja,, pagi dan siang saya beri minum susus,, untuk pemberian susu,, saya memberi dia susu dancow,, apa tidak apa" dok??

    ReplyDelete
  3. baik dok asupan susunya akan saya ganti..
    saya baru 6 atw 7 bulan ini merawatnya,, saya adop dari umur 3 minggu ,,
    jinak dok,, namun memang sering gigit" dari kecil sebelum tumbuh,, sekarang giginya sudah lengkap taringnya pun sudah tajam, 2 bulan terkahir ini dia lebih agresif, sering menggigit, biasanya kalau di ajak bercanda baru gigit",, mkannya jadi sedikit, padahal saya sedang program obes jadi kecil lagi, apa memang ada masanya pada musang akan agresif ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi juga sih dia sedang masa birahi. menjelang usia 8 bulan biasanya memang musang mulai menunjukkan tanda birahi....

      mau nyoba breeding musang, mbak? :)

      Delete
  4. kemarin teman saya kerumah, dan melihat keadaan musang saya, dia bilang memang agresif, musangnya tidak mengigit seperti musang saya, tangannya pun luka.. mengigitnya ditarik dok. bukan menggigit bercanda,
    iya dok, saya mau nyoba breeding, tapi belum nemuin musang betinanya, kalau engga mau adop lagi yang betinanya,
    hari minggu nanti akan kumpul dengan mulsi sukabumi, semga ada yg pas bisa dikenalkan dlu dengan musang saya..
    iya mungkin seperti itu ya jadi dia agresif, kira" saya harus apa ya dok??, kalau begitu terus saya kewalahan dengan gigitannya, tapi belum saya coba kandangkan dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. saya ngerasain sendiri tangan dan daging di jari saya dikoyak ama musang gimana. hehehe. memang begitu kok kalau musang. mbak bisa coba pangkur taring musangnya di dokter hewan agar bisa lebih aman dalam memelihara musang.... bisa tanya2 ke anggota mulsi biasanya mereka pangkur taring musang di mana. hati2 dibully ya mbak karena biasanya ada aja anggota yang antipati sama yang namanya pangkur gigi musang, hehehehe....

      kalau memang dia lagi agresif kayak gitu, mbak bisa pakai glove atau sarung tangan tebal sebelum memegangnya. bisa juga dibebat pakai kain dulu tangan mbak agar aman... :)

      Delete
  5. iya si kemarin sempat tanya" sama temen" . eh malah dibuly ,, akhirnya ga jadi mau pangkur giginya..
    kalau luka hampir tiap hari kalau ga dikoyak ya baret dok,
    begitu ya dok. terimakasih atas sarannya.
    sangat membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang membahayakan, ya gak apa2 pangkur saja.
      saya juga kadang sampe diajak debat ama pengunjung klinik saya yang kontra-pangkur. yah kalo udah kayak gitu, ya silakan. namanya juga beda persepsi. :)

      Delete
  6. kira" kalau pangkur gigi begitu berapa ya biayanya dok, musang saya belum pernah di vaksin.. kira" dari umur berapa untuk di vaksin begitu,
    iya sih dok, tapi kasihan juga ya kalau di pangkur, apa akan ada masalah pada mulutnya nanti..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya gak lebih dari 200k. bisa lebih murah. buat obat penghilang rasa sakit agar si musang tidak stress aja... masalah setelah pangkur biasanya gak ada kalau dipangkurnya ama dokter... yah, paling nafsu makannya aja agak menurun, tapi masih bisa diakalin... :)

      vaksin untuk musang dilakukan di umur 8 bulan keatas. kalau dibawah itu, gak perlu divaksin....

      Delete
  7. Dok.. tadi kemarin kumpul komunitas.. dan tenyata musangnya stres lagi kya kemarin.. sudah di coba di handle tapi tetap begitu..
    Tapi nyampe dirumah dia kembali seperti biasa.. ini ke 2 kalinya begitu.. apa nanti akan begitucoba terus dok? terus sehari setelah itu musang saya mkan sesuatu yg saya pun ga tau apa. saya coba keluarkan tapi keburu ketelen dia muntah" dan mencret dengan waktu yang berbarengan..
    bagaimna ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, berarti emang usang mbak itu gak suka keramaian. :)
      normal kok karena masing2 musang biasanya karakternya beda2. kitanya sebagai owner yang harus paham. musang mbak juga cerdas namun cenderung nekat kalau menurut saya, soalnya dia suka memakan apapun. sebaiknya jaga kebersihan kandang dari benda2 aneh atau binatang2 kecil kayak kecoa. dll.

      sekarang gimana keadaannya? masih mencret? coba cek fesesnya dan samakan dengan artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. cek juga artikel cara mengobati musang keracunan...

      salam dari errol dan padma buat....... hmm, siapa nama musangnya?

      Delete
  8. namanya igo dok,,
    iya dok saking cerdasnya dia bisa keluar kandang sendiri :D
    kemarin saya bebaskan dia berkeliaran dirumah, dia masuk kegudang, saya lengah,
    igo kalau liat kecoa atw cicak ayam kucing,, dia yg takut dok,,

    setelah muntah" ituh teman saya memberi resep obat . namanya apa ya,, apedom kalau ga salah, sama antibiotik, sekarang alhamdulilah,, sudah sehat kembali.. tapi mkan yg dia mkan ga keluar,, makannya juga jado nafsu lagi..

    iya mungkin seperti itu ya dok, habis saya jarang membawa dia ketempat yg ramai sekali. hanya berjalan" disekitar rumah dan ke jalan raya saja,,
    tapi kira" apa dia kan terbiasa dok melihat musang lain..

    musangnya errol dan padma ya.. sala dari igo bu dokter :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau sering2 dibawa gathering aja biar dia terbiasa. :)

      mengenai obatnya, boleh asalkan sesuai dosis. syukur kalau sekarang igo dah sehat lagi... :)

      errol dan padma itu burung hantu hehehehe. sehat selalu ya buat igo. kalao ada problem, bisa kemari lagi.. :)

      Delete
  9. oh burung hantu ya dok,, saya kira musang juga..
    iya dok terimakasih yaa..
    iya sekarang akan lebih rajin untuk gathnya..
    terimakasih dok,,
    sangan membantu sekali.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama2. seneng bisa bantu. kalau ada problem, bisa kembali kemari... :)

      Delete
  10. mkasih dok,, sehat selalu juga untuk errol dan padmanya,, dan dokter jugaa :D

    ReplyDelete
  11. Numpang ny dok klo musang udah di vaksin apa perlu di vaksin lagi

    ReplyDelete
  12. Dok kalau musang di paksa makan, sampek di spet itu meski dia dah kenyang apa gpp..
    Soal.e punya temenku gitu, ownernya yg terobsesi bikin dia obes..
    Klw muspanku mau tak berisikan ajah gk sampek obes cuma dia mulai gk nafsu makan..
    Tak kasih kepala ayam makannya sedikit, tak kasih nasi kecap malah gk di makan..
    Trus tanya lagi nih pa jangkrik itu buat perut musangnya panas dok..??
    Klw makan bubur setiap hari dan makan buah jarang apa gpp dok..??
    Untuk muspanku ni diakan sering tidur ma aq tpi klw aq tidur slalu diganggu.. Ngajak main, klw aq dah bangun dia slalu nangkring di bantal.. Klw mainpun gigitnya lumayan sakit...
    Trus dia pernah gk sengaja makan katak kecil tpi dia tetap lincah aja.. Gk mencret juga..
    Tapi makin hari makan n fesesnya sedikit.. Kadang setelah fesesnya keras tiba2 ada feses berlendirnya itupun kadang2..
    Itu kenapa ya muspan saya..??
    Saya sih mau dia agak gemukn tapi gk mau saya paksa makannya.. Klw dia mau mkan ya makan klw gk mau ya gk tak paksa, apa da cara lain dok biar dia Makannya agak banyakan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski itu haknya dia, jangan bikin musang obes. bahaya. dan jangan dipaksa kalo emang dia gak mau makan lagi.
      gak. jangkrik nggak bikin perut musangnya panas. yang bikin musang panas ulat hongkong.

      untuk makanannya, pokoknya yang bagus cukup bubur bayi dan seminggu sekali kasih buah...

      musangnya mbak vona umur berapa?

      Delete
  13. Muspanku umur 4 bulan dok..
    Apa sudah gpp makan jangkrik umur segitu??soalnya muspanku suka bgt ma jangkrik..
    Klw dia makannya lahap jadi seneng bgt rasanya..
    Trus pa telur mentah itu gpp buat musang umur segitu dok..??
    Aq sih pingin dia kliatan kekar ajah..
    Klw jangkriknya aq campur sama buburnya biar irit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. tapi minimal seminggu sekali kasih buah. pepaya, pisang, lengkeng, atau buah lain. biar ada asupan seratnya aja....

      Delete
  14. Oke.. Terima kasih dok..
    Salam dari momo..😊😊😊😊😊

    ReplyDelete
  15. Dok muspanku anusnya kok warnanya agak merah ya dipinggirnya..
    Klw di lap ma tisu warnanta kekuning2an..
    Trus kalau mandi dia suka poop tpi warna poopnya itu ada kuning ke hijau2an..
    Makannya bubur campur jangkrik dok..
    Itu kenapa ya..??
    Skarang juga makannya jadi sedikit..
    Dia lebih kurus dari yg kemarin2..
    Takut kenapa2 saya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending sementara ini kasih buah aja . jangan dikasih makanan lain selain buah. pepaya yang dijus pake air sedikit.... kasih madu....

      buat jaga2 aja sih...

      soalnya saya takut dia kena ambeien...

      Delete
  16. apakah ambeien pada musang bisa disembuhkan dgn makan pepaya saja dok..??
    Atau ada penanganan yg lain..??
    Trus buah yg disukai musang biar dia agak gendutan buah apa ya..??
    Apa semua jenis pisang bisa gendutin musang..??
    Terima kasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak kata siapa musang bisa digendutin pake pisang? cona baca artikel cara menggemukkan musang.

      kalau belum parah banget, ambeien bisa sembuh hanya dengan pemberian pepaya. tapi kalau udah parah, mending bawa ke dokter hewan...

      Delete
  17. Mau tanya lagi dok..
    Bagusnya itu musang makan dulu baru mandi atw mandi dulu baru makan..??
    Pa musang masuk angin ada obatnya dok..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang masuk angin bisa diobati. caranya ada di artikel cara mengobati kucing kembung. sama aja kok mas.... jadi jangan dikerokin ya. nanti bulunya rontok. soalnya kemaren ada yang ngerokin musangnya karena masuk angin.....

      mandi aja dulu, baru makan....

      Delete
  18. Jadi ya harus pakek daging ya dok..??
    Pisang ijo sama pisang kepok itu apa gizinya beda dok..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gizinya relatif sama.
      secara rasa dan aroma, musang lebih suka pisang yang ada aromanya. kalo kepok kan kurang tuh aromanya. pisang lampung kiat aromanya... :)

      Delete
  19. Dok mau nanya , musang saya kalo dikasih pala ayam kayak orang gak makan 3 hari dan hissing banget dok ,kalo didekati strike dok ,apakah gak pengaruh sma karakternya ,ato bisa jadi galak dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya, kalo mas kasih daging (kepala ayam), dia jadi buas? setelah dikasih atau pas mau dikasih?

      saya sih takutnya dia monofeed. udah ada artikelnya, silakan search artikel monofeed.

      udah coba kasih buah? coba aja kasih buah seminggu, pisang atau pepaya. terus liat karakternya.

      secara garis besar sih nggak ada pengaruhnya. cuma mungkin dia jadi tergantung aja sama kepala ayam.

      Delete
  20. Dok mau nanya , musang saya kalo dikasih pala ayam kayak orang gak makan 3 hari dan hissing banget dok ,kalo didekati strike dok ,apakah gak pengaruh sma karakternya ,ato bisa jadi galak dok ?

    ReplyDelete
  21. Permisi dok mau tanya dong dok..
    Musang jantan saya lgi birahi dok...
    Terus klo di pgang kpla ny pasti strike dok...
    Kira2 birahi ny sampe brp bulan dok

    ReplyDelete
  22. musang saya menginjak umur 3 bulan..mau lepasin dot, trs sedang belajar makan. saya kasih pisang sama pepaya nafsu makannya kurang. trs saya kasih daging ayam rebus baru lahap makannya..kenapa ya dok ko kurang nafsu sama buah2an? trs sifatnya akhir2 ini terlalu aktif. kalo dipegang pst ngigit. dipanggil2 eh cuek, biasanya kalo dipanggil langsung nyamperin. malah lebih suka ngendus2..knp y dok?

    ReplyDelete
  23. Dok kenapa ya tasinya jinak banget, terus pagi tadi di kasih ikan mentah segar , malem nya ko jadi galak bnaget sih kaya baru abis nangkep si utan sifat nya kenapa ya , minta saran dna dendapat ny mohon

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.