Penyebab Kenapa Musang Susah Jinak | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa faktor kenapa musang dewasa susah dijinakkan.

Menjinakkan musang

memang gampang-gampang susah karena menjinakkan musang bukan hanya soal teknik menjinakkan musang saja namun ke pola pikir si owner musang itu sendiri. Bagi anda yang mau memelihara musang bulan, anda bisa membaca cara memelihara musang bulan.
Penyebab Kenapa Musang Susah Jinak
Image taken from zooinstitutes.com

Ada beberapa faktor kenapa musang susah jinak meski sudah berbulan-bulan anda mencoba menjinakkan musang. Dan berikut adalah faktor

penyebab kenapa musang susah jinak

  1. Masih adanya rasa takut kepada si musang.
  2. Penyebab musang susah dijinakkan yang pertama adalah karena adanya rasa takut kepada si musang. Seperti yang sudah saya tulis di artikel hal unik tentang musang, musang bisa membaca pikiran manusia hanya dari tatapan mata. Semua hewan nocturnal (aktif di malam hari) memiliki kemampuan yang sama. Sekecil apapun rasa takut anda terhadap si musang, musang tersebut akan tahu bahwa anda takut padanya. Dan musang akan tetap tahu bahwa anda takut pada si musang meski anda berusaha untuk terlihat tidak takut. Dan dia akan berusaha memperbesar rasa takut tersebut dengan terus menunjukkan dominasinya dengan cara hissing, barking, dan striking. Cara agar musang menjadi jinak adalah dengan cara menghilangkan rasa takut anda kepada musang. Dan ini paling penting dalam hal menjinakkan musang.
  3. Memperlakukan musang sebagai hewan peliharaan dan musang sebagai mainan.
  4. Sama halnya dengan memelihara burung pemburu (BOP), musang bukan hewan peliharaan. Sebagai hewan buas, musang selalu punya insting untuk membunuh dan melukai, sejinak apapun musang tersebut. Maka, menjadikan musang sebagai hewan peliharaan adalah hal yang salah. Musang adalah partner hidup anda, bukan hewan peliharaan anda, saya selalu mengatakan hal ini kepada orang yang ingin memelihara musang. Jadikan musang sebagai partner penting agar musang mengenali tempatnya. Dia akan menganggap anda hanya sebagai "musang besar yang baik hati yang suka memberiku makan". Jadikan musang sebagai partner, bukan sebagai hewan peliharaan, dan si musang akan loyal terhadap anda hingga kapanpun.
  5. Cara menjinakkan musang yang salah.
  6. Poin ketiga yang menjadi penyebab musang susah menjadi jinak adalah cara menjinakkan yang salah. Dibutuhkan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam menjinakkan musang. Dan waktu lama yang dibutuhkan dalam menjinakkan musang tersebut akan sia-sia jika anda salah dalam cara menjinakkan musang tersebut. Cara menjinakkan musang yang baik dan benar bisa anda baca di artikel cara menjinakkan musang.
Demikian adalah penyebab musang susah jinak yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara musang. Semoga artikel diatas bisa menjadi penambah wawasan anda dalam menjinakkan musang. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis dibawah ini. (FS)

17 Responses to "Penyebab Kenapa Musang Susah Jinak"

  1. Dok maaf mau tanya..
    Musangnya saya umuran ±3bln, mereka jumpy2 terus entah didalam atau diluar kandang.. Yg mau ditanyain dok.. Apakah seumuran mereka bisa diatih untung anteng diluar maupun didalem kandang? Kalaupun bisa, cara ngelatihnya gimana yah dok?



    Makasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang anteng..

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mau tanya Dok, saya punya muspan 2, keduanya betina, awalnya yg 1 diberi dr sdr saya, tidak lama kemudian lgsung jinak, lalu diberi 1 lagi, nah yg terakhir dr awal smp skrng sudah 1 tahun dia masih takut dgn orng yg dekatin dia, termasuk saya, padahal saya sering digigit sama mimi(nama musang saya yg ke2) , smp skrng pun kalau dikeluarkan dr kandang harus dibujuk dgn makanan, beda dgn lassie(musang yg pertama) dipegang dan diambil gampang, harus gmn ya Dok dgn mimi terima kasih.. maaf kepanjangan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap hewan emang punya karakternya masing2. semuanya. ya kucing, ya doggy, ya burung hantu, termasuk musang. ada yang sifatnya gampang percaya sama manusia, ada juga yang nggak. mungkin si mimi ini emang sifatnya gak mudah percayaan sama manusia. emang sifat dasar hewan kayak gitu kok, menganggap kita manusia adalah makhluk yang gak bisa dipercaya... :)

      tapi nggak usah ragu, mimi pasti kelak bisa seperti lessie. pasti. rawat aja baik2, dan jangan menuntut si mimi kayak lessie. karena mereka bisa baca pikiran, sama aja semua hewan juga kayak gitu...... sayangi aja mereka dengan perlakuan yang sama. nantinya mimi akan jinak dan anteng sendiri... :)

      selain itu, coba taruh kaus bekas pakai mbak yang masih bau keringat di atas kandang. biar dia kenal bau tubuh mbak dan bisa anteng.... :)

      itu aja dlu... kabari lagi ya mbak..

      Delete
  4. Dok saya mau nanyak musang saya umurnya 2 bln .kalo mau di pegang di yosor apa lama kelamaan musang saya ,saya pegang gak mau yosor lagi dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yosor tuh apa ya mas? maksudnya nyerang, gitu?
      kalau umur segitu, masih bisa dijinakkan kok mas. bahkan, bisa dibilang masih sangat mudah dijinakkan. sering2 ajak main aja... kalo digigit sih wajar... :)

      Delete
  5. Dokter.... Ini saya baru beli musang sekitar semingguan, dan selama ini yg saya lakukan memandikan tiap hari, saya belai dan pegang, saya gendong sbg mana anjuran artikel digoogle tp kok masih galak gigit hinsing.... Gimana ya dokter untuk cepat menjinakkan musang itu.
    Terima ksih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa?
      memandikan musang gak bisa bikin musang cepet jinak, mas. kan udah saya jelaskan di artikel MEMANDIKAN MUSANG BISA BIKIN MUSANG CEPAT JINAK, BENARKAH?

      gak ada cara cepat menjinakkan musang. karena semuanya butuh proses, ada yang lama, ada juga yang emang musangnya berkarakter lembut, sehingga gampang dijinakkan....

      kalo baru seminggu, lanjutkan aja penjinakkannya... :)

      Delete
  6. dok sya baru beli musang umur sekitaran 1 th , kira2 bisa d jinakan ga ya dok? brpa lama prosesnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau umur berapapun bisa jinak. yang jadi masalah adalah, mas sabar nggak? :D saya dulu dapet musang bulan umur 1,5 tahun, tapi akhirnya bisa jinak juga... emang agak lama, dan harus siap digigit...

      Delete
  7. Dok agar musang saya tidak lari lari gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa baca artikel saya, cara agar musang anteng

      Delete
  8. dok mau nanya gigitan musang setara skitnya dengan gigitan hewan apa?
    dan musang saya 3 bln ap msih bisa dijinakkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa disetarakan sih mas. soalnya gigitan musang (yang buas) kan unik. mereka gak cuma gigit, tapi ngoyak. digigit, giginya yang tajem udah nancep ke tangan kita, kemudian dia kepalanya goyang2 ke kiri-kanan hingga daging kita sobek.... setau saya sih cuma musang yang kayak begini...

      itu kalo musangnya masih buas ya mas. kalo musangnya udah jinak sih nggak sampe begitu

      Delete
  9. emang kalau musang udah bonding ke sesama musang (temennya), kadang suka kejadian kayak gitu...

    mending mas sering ajak main lagi dia. atleast, biar dia kenal sama mas dan gak terikat lagi sama musang temennya itu tadi... :)

    ReplyDelete
  10. Dok ijin curhat nih..
    Saya punya anak Muspan umur 3 bulan..saya potong taring nya itu.. kira2 beresiko negatif k Muspan nya(musang pandan)

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.