Cara Mengobati Distemper Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Selain rentan menyerang kucing hutan dan ferret, distemper juga bisa menjangkiti musang, khususnya musang yang masih bayi atau anakan. Di artikel kali ini, saya akan mengetengahkan soal

cara mengobati distemper pada musang

.
Cara Mengobati Distemper Pada Musang
Image taken from facebook.com
Penyebab distemper pada musang
Distemper adalah penyakit yang disebabkan oleh virus canine distemper. Virus ini masuk ke dalam tubuh musang karena ketidakseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan musang. Biasanya, ketidakseimbangan ini menyebabkan jumlah bakteri jahat dalam usus musang lebih banyak daripada jumlah bakteri baik. Ditambah dengan pola makan yang salah, maka virus cinine parvo akan makin berkembang dan menyebabkan distemper.
Penyebab distemper lainnya adalah masuknya canine distemper virus ke dalam tubuh musang lewat makanan yang kurang terjaga kebersihannya.
Gejala musang yang terkena distemper
Ciri distemper pada musang atau tanda musang yang terkena distemper antara lain sebagai berikut:
  1. terlihat lesu atau tidak seceria biasanya.
  2. nafsu makan berkurang.
  3. bentuk feses cair dan berbau menyengat, tanda tidak seimbangnya bakteri dalam tubuh musang.
  4. jika tidak ditangani lebih lanjut biasanya tanda yang akan muncul adalah musang menjadi lumpuh, mulut berbusa, dan tubuhnya tidak bisa bergerak sampai akhirnya mati.

Pertolongan pertama pada musang yang terjangkiti distemper dan cara mengobati distemper pada musang:
  1. sterilisasi kandang dan perlengkapan memelihara musang secara menyeluruh. cuci kandang musang dan perlengkapan memelihara musang dengan desinfektan (bayclin atau lainnya).
  2. musang yang terkena distemper biasanya mengalami dehidrasi. Beri minum musang dengan air kelapa untuk rehidrasi tubuh musang tiap pagi dan sore hari.
  3. paksa musang untuk makan dan minum dengan menggunakan sepet. akan lebih baik jika makanan untuk musang yang terkena distemper adalah buah-buahan seperti pisang atau pepaya yang diblender kemudian diberikan dengan menggunakan sepet. selain memperbaiki sistem percernaan tubuhnya, buah juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam sistem pencernaan musang.
  4. cuci tangan dengan sabun hingga pergelangan tangan anda dan bilas dengan air yang mengalir setelah memegang musang yang terkena distemper.
  5. jika dalam tiga hari keadaan musang belum membaik, sebaiknya segera bawa musang yang terkena distemper ke dokter hewan terdekat untuk diberi penanganan selanjutnya.

Cara mencegah distemper pada musang:
  1. selalu pastikan keadaan kandang dan perlengkapan memelihara musang dalam keadaan bersih.
  2. biasakan menjemur musang setidaknya satu minggu sekali.
  3. berikan vaksin distemper. kunjungi dokter hewan terdekat untuk mendapatkan vaksin ini.
  4. seimbangkan gizi yang diberikan kepada musang. penulis menganjurkan untuk memberikan buah-buahan sebagai makanan sehari-hari musang dan kepala ayam rebus sebagai makanan tambahan yang bisa diberikan setiap minggu sekali.

Demikian adalah penyebab distemper pada musang,

cara mengobati musang yang terkena distemper

, serta cara mencegah distemper pada musang. Penulis berharap artikel ini dapat menjadi acuan bagi para pecinta musang. saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. terima kasih. (FS)

254 Responses to "Cara Mengobati Distemper Pada Musang"

  1. maaf dok boleh minta pin nya ngga or no telp . saya butuh masukan buat konsul musang saya ini pin saya 525576EE . sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih . mohon bantuan.a .

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk konsultasi, di blog ini saja mas. saya tidak membuka konsultasi via bbm.... :)

      Delete
    2. jadi begini dok . saya kemaren beli muspan . kata ownernya sih umur 6bulan tapi saking kurusnya kaya umur 4bulan . giginya pangkur terus kalo makan dikit banget , tapi pupnya sih normal ngga encer cuman bau soal.a saya kasih palyam . nah kalo menurut dokter itu kenapa ya ? terus biar gemuk lagi gimana cara.a . saya kasih scott emulsion dicampur susu malah ga diminum . tapi kalo saya kasih hydro coco sh lahap banget minum.a , mohon masukan.a dok

      Delete
    3. dari keterangan mas sih sepertinya dehidrasi. makanan coba kasih buah2an kayak pepaya matang, minumya kasih air kelapa muda (boleh campur gula sedikit kalau memang dia gak suka). lakukan selama seminggu penuh sambil dilihat warna pupnya warna apa, apakah sama seperti warna pepaya yang dimakan atau tidak.... :)
      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Dok kalau Muspan feses nya cair tpi bercampur makanan yg habis dimakan dan nggak bau busuk atau menyengat wajar nggak dok...
    Sebelumnya saya kasih buah pir kemudian 2 ceker ayam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih pepaya matang yang dipotong2. lalu tunggu dia pup. kalau warna pupnya masih sama seperti warna pepaya yang dimakan, saya kira dia masih sehat... :)

      Delete
  4. Oh iya dok, waktu itu paginya saya madiin,terus malemnya fesesnya cair. Tapi paginya normal, 2 hari kemudian sya mandiin lagi ternyata cair lagi fesesnya tpi seteleh beberapa jam normal lagi fesesnya, kira-kira normal nggak dok?
    Tanya lagi dok, muspan itu kalau malam memang aktifnya banget ya dok..
    Manjat sana manjat sini.. Kepalanya juga muter-muter.
    Makasih dan maaf dok, maklum baru pertama adop... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. :)
      coba aja kasih makan buah seperti yang saya kasih tau di atas. :)

      Delete
  5. Iya dok, saya tadi udah beli pisang satu sisir. Tinggal besok beli pepaya, sukur-sukur ada yg matang di kebun tetangga dok. Hehehehe ^_^ makasih banyak dok jawaban dan saranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik.
      kalau ada yang perlu ditanyakan lagi, silakan ke blog ini lagi mas... :)

      Delete
  6. mau tanya dok, musang saya lemas (tidur seharian), tidak nafsu makan, dan nafasnya berat (ngorok) kemungkinan terganggu pernafasannya/pilek. penanganan yang sudah saya beri yaitu makan bubur sun + madu selalu dispet, scoott, dan pocari. yang saya tanyakan 1. apa itu tanda" dr distemper? 2. untuk menyembuhkan pileknya itu bagaimana ya dok?
    terimakasih dok

    ReplyDelete
  7. Mau tanya dok..saya punya muspan 3 bln.kemrin saya mandikan..besok nya dia gak makan .idung berair.trus kayak ada suara mendengkur..itu gmna ya dok..maksih seblum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya cara mengobati pilek pada musang...

      Delete
  8. musang ane nggk makan lancar dok

    ReplyDelete
  9. jadi gini dok. musang saya tuh umur kurlab 5 bulan. kalo makan nggk bisa lancarr ?? dia kalo makan cuma sehari satu kali. dan itu jam 8 malam saja. dia makan nasi kecap aja dok. nggk mau di kasih buah2an. kalo pagi tidur mulu...
    bangunya tuh mlem....
    pas jam 8.
    jadi makan nggk bisa rutin...
    trs tdi tu kena fluu... parah dok dia nggak mau makan sama sekali sampai mau pingsan... :(
    trs penanganan saya saya paksa minum air gula yg saya campuri minyak ikan.
    trs saya suruh makan tomat... saya kasih nasi kecap nggak mau...
    saya minta solusi dok agar musang saya bisa makan sehari 3 kali atau lebih tuh caranya gimana ya ??
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena dia belum terbiasa makan buah. mas bisa biasakan dia makan buah dengan meninggalkan potongan buah (terutama pisang lampung dan pepaya) yang dipotong2 di dalam mangkuk. tinggalin aja di kandangnya seharian, mau dimakan atau nggak, gak masalah... nanti biasanya dia makan sendiri....

      musang adalah hewan nocturnal, jadi wajar kalau dia lebih aktif di malam hari. untuk cara mengobati musang pilek, sering2 dijemur aja minimal 2 kali seminggu selama 15 menit sebelum jam 10 siang. kasih kain tipis di atas kandangnya selama penjemuran agar mata musang tidak kena sinar matahari langsung... :)

      Delete
  10. musang ane kemaren hampir mati dok. trs ane paksa makan tomat sama minun air gula dok. trs alhamdulillah agak baek.
    trs skrng musang ane lumpuh... makan susah. cuma minum air gula. perut kosong dok... gimana nih dok ??? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gmana keadaannya mas?
      coba kasih bubur bayi dengan cara disepet. air gula tetep dikasih ke dia....
      kasih kabar lagi kemari ya mas...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  11. Dok musang saya umur 3 bln,abis mkn suwiran ayam ko paginya mlh mulutnya berliur byk trus lemes gtu ya dok .kya mau mati..tu knpa dok?mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum terbiasa makan ayam ya mas?
      coba kasih makan pepaya aja agar menetralisir sistem pencernaannya... :)

      Delete
  12. Maaf dok mau tanya kalo musang saya ksh kepala ayam rebus stiap hari. Tapi sa barengin olah raga tiap hari.. Gmana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia aktif gerak, gak apa2... tapi yah, sesekali kasih buah aja mas biar pencernaannya bagus...

      Delete
    2. maaf nih dok, saya mau tanya,,,,kenapa musang saya jalanya merunduk ga bisa angkat badanya,lemas gitu,tapi dia masih mau makan dan fases nya bagus ga mencret, itu kira2 kenapa ya dok

      Delete
    3. udah ada artikelnya: MENGOBATI MUSANG YANG BERJALAN MUNDUR. itu juga gejala distemper juga mas, jadi baca artikel di atas juga...

      pertolongan pertama, mas bisa kasih air kelapa muda campur sari kurma

      Delete
  13. Dok kalau perawqtan baby tando gmna ?
    Apakah sama dengan yg diatas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara memelihara tupai tando. cari di bagian cari artikel..

      Delete
  14. dok musang saya msh umur sekitar 2 atau 3 bulan gtu. saya kasih makan susu dan bubur bayi setiap harinya tp lama kelamaan bulunya rontok sampai keliatan kulitnya emang waktu ngasih makan dgn susu, susunya itu tumpah-tumpah ke bulunya dan akhirnya lengket. tp setelah itu saya mandikan. terus mulai gak nafsu makan dan kebanyakan tidur. gak lincah lg. kira-kira kenapa ya dok? gimana cara ngobatinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis musangnya apa? musang pandan atau musang rase?
      harusnya begitu kena bulunya, mas langsung lap pakai handuk yang dibasahi air hangat. gak usah dmandikan, cukup lap aja.
      kebersihan kandang juga diperhatikan. dan kalau musang 3 bulan emang lebih banyak tidur... :)

      kasih saya kabar ya mas..

      Delete
    2. musang pandan dok. pagi ini sya liat matanya berair dan warnanya agak bening gitu. gak selera makan. dan bulunya rontok disekitar hidung, leher dan kakiknya. fisiknya lemes banget dok. duh sya gak tega liatnya. gimana ya cara ngobatinya dok.

      Delete
    3. 1 hari sebelumnya dikasih makan apa? selama ini dikasih makan apa? musangnya sudah bisa makan sendiri? coba kasih buah. pisang atau pepaya. jangan dikasih makanan mengandung protein dulu (daging2an, bubur bayi, jangkrik). cukup kasih buah aja. kalau belum bisa makan sendiri, coba dijus dulu. kalau musangnya tidak mau makan buah, silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja.... :)

      saya tunggu kabar selanjutnya... :)

      Delete
    4. saya kasih susu aja dok kadang juga bubur bayi dicampur susu. makan buah dia gak mau dok. jadi td saya paksa ksh hydro coco. jd musang saya ini gimana ya dok apa terkena virus distemper? terkadang saya jg mendengar suara seperti dengkuran dan tubuhnya bergetar

      Delete
    5. terus rontoknya bulu musang disebabkan karena apa ya dok? saya kasian liatnya dok kulitnya sampe keliatan gitu. tiap diksh makan malah diem aja dan terdengar suara dengkuran. mohon solusinya ya dok.

      Delete
    6. mbak tahu kalau musang gak boleh dikasih susu yang mengandung laktosa? coba dibaca dulu cara mengobati musang mencret. kemungkinan dehidrasi itu karena mbak ngasih dia susu non laktosa. mencret juga gak? kandangnya dijaga kebersihannya....jangan sampe kotor apalagi pup atau pee-nya kena ke bulunya....

      silakan dibaca2 dulu artikel2 tentang musang di blog ini ya mbak.. :)

      Delete
  15. dok saya punya musang kira kira umurnya 5 bln.dia suka sekali minum susu, dan susu yang saya berikan susu dancow. dia tidak terlalu suka makan saya kasih buah pisang sama buah naga, itu pun dia makan hanya sedikit. terakhir tadi malam saya kasih makan buah mangga dan ternyata dia mau makan. tetapi tetap makannya hanya sedikit dan banyak mnum susu. tadi pagi saya lihat musang saya sakit dok, dia lemes baget malas sekali bergerak. biasa saya gendong dia langsung manjat manjat k pundak saya ini sekarang gak mau dok. dia hanya terbaring lemas saja. kira kira musang saya sakit apa ya dok. apa yg harus saya lakukan sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya encer/mencret ya?
      kemungkinan dehidrasi akibat laktosa. STOP pemberian susu dulu, kalau bisa untuk selamanya. kasian lambungnya, mungkin terlalu berat mencerna laktosa.

      coba kasih air campur sari kurma buat minumnya sebagai pengganti susu. lebih menyehatkan. juga, kasih air kelapa muda campur madu asli (jangan madurasa. madu TJ kalo gak ada madu asli). air kelapa diberikan sehari sekali untuk kebutuhan hidrasinya.

      baca juga artikel saya cara agar musang mau makan apa saja... :)

      Delete
  16. dok musang saya kena distemper,, kira2 bisa sembuh gk ya dok? 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan penanganannya cepat dan tepat, masih bisa. bawa aja ke dokter hewan terdekat, mas..

      Delete
  17. dokter hewan di sini jauh dok,, kasian dia udah lemes banget tpi udah saya kasih hydro coco dok,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang bener kena distemper, sebaiknya emang dibawa ke dokter, mas..... :(

      kasih saya kabar ya.. :)

      Delete
  18. Dok saya baru adopsi musang .. trus kata pemiliknya musang nya lagi birahi,, jdi bagaimana cara perawatan nya dok..??
    Mohon dibanntu

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa bulan?
      silakan baca artikel saya ciri musang birahi.

      perawatannya sih sama aja. ajak main, beri makan, bersihkan kandang, dll... :)

      Delete
  19. alhamdullilah dok musang saya udah sehat lagi 😊,, maaf dok baru bisa ngasih kabar.

    ReplyDelete
  20. Dok, musang ayah saya umurx skitar 1bulan bru adopsi, hr ini muntah darah . Bgaimana penanganax agar sehat kmbali? Ap msh bs dsmbuhkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mbak gak ngasih tau ada insiden apa sebelumnya dan diberi makan apa. kalau hanya diberi tahu muntah darah kan saya gak tahu kenapa....

      saran saya sih bawa ke dokter hewan aja secepatnya, mbak...

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Dok,mau konsultasi nii musang saya kok lesu,lemas gk kayak musang lain dok,baru kotorannya berair gitu, pernafasannya kayak sesak" gitu.mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum ini ada insiden apa mas? jatuh atau apa?

      selama ini dikasih makan apa?

      coba kasih air kelapa ama kasih makan pepaya matang aja dlu selama 3 hari. bisa kasih sari kurma juga buat penambah daya tahan tubuh. lakukan selama 3 hari. kalau masih belum mendingan juga, bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  23. Dok musang saya muntah muntah terus tiap makan dikin selisih beberapa menit muntah terus pup nya cair dok. Ini apa kenak distemper dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi. namun untuk langkah pertama pengobatan, coba mas kasih air kelapa tiap pagi dan sore, dan makan cukup buah2an saja. terutama pepaya.

      sayangnya mas gak ngasih tau umurnya.... agak susah saya buat analisanya...

      Delete
    2. Umur musang 5 bln 21 hari dok. Udah di bawa ke dokter hewan sudah di suntik dll tp kok masih ndak mau makan dan pupnya masih aja cair dok.

      Delete
    3. pendapat dokternya apa? maaf baru saya balas, mas. sibuk bgt akhir2 ini...

      dikasih obat gak ama dokternya? kalau dikasih, gak apa2 gunakan aja obat dr dokternya,...

      Delete
  24. Dok musang saya muntah muntah dan klk makan dikit langsung muntah. Trus pup nya cair dok.

    Ini apa positif distemper dok

    ReplyDelete
  25. Hallo dok.
    Dok saya mau konsul.
    Kemarin saya memandikan musang, spti biasa 1mggu skali saya mandikan.
    Stlah dimandikan, kok tbtb dia lemas tdak mau makan, dan saya perhatikan. Kaki belakangnya tdak mau digunakan untuk berjalan dok, sudah 3 hari ini jalannya di seret terus, dan tbtb berubah jadi lebih agresif dok, spt liar gtu. Padahal dia sangat akrb dgan org2 sktarnya dok.
    Tolong pbcrahannya dok :( terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mbak gak ngasih tau umur musangnya berapa.
      kalau bayi, emang suka kayak gitu. bisa jadi kurang kalsium.

      selama ini dikasih makan apa? dan kalau musangnya masih dibawah 3 bulan, lebih baik jangan dimandikan dulu... lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat...

      Delete
  26. Dok, saya musang yang sy pelihara usianya sekitar 3 bulan kaki belakangnya tak bisa di gerakan dan dia jadi agresif kemudian saya coba pegang dan di urut karena takut gigit sya pegang tengkuknya, eee malah mulutnya tak bisa nutup alias mangap terus, gimana cara mengobatinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa ke dokter hewan terdekat aja mas. biar dicek.... takutnya emang kena distemper...

      Delete
  27. Hallo dok
    Saya gatot,sya punya maslah dgn muspan saya yang umurnya 1,5 bulan,dia jln mundur dengan kepala nunduk terus dan gemeteran,udah sekitar 3 hari begitu terus, berhenti kalo dia tidur saya,uapaya yang saya lakukan di kasih air gula aren tiap hari
    Untuk makan masih normal sma kotorannya juga normal sesusai dgn yang dia mkn

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, saya sedang sakit sekarang. gimana keadaan musangnya saat ini, mas? untuk treatment dan referensi, mas bisa baca artikel saya cara mengobati musang yang berjalan mundur.... :)

      Delete
  28. dok musang saya usia 2 bulan makan masih di bantu sepet tpi pup nya encer setiap kali saya spet bursun langsung pup cair....
    ini udah 10 jam dari awal pup encer skrng si musang udah lemes karna perut nya kosong saya coba spet bursun aga encer tpi pup nya ag kemerahan skrng.....
    pencerahan nya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya sama pemiliknya yang dulu, dikasih bubur sunnya yang merek apa. karena kadang ngaruh juga karena beda merk..... tapi biasanya sih yang merk promina gak bikin mencret. dan coba bubur bayinya jangan encer. dibuat agak kental... :)

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. dok musang saya baru umur 1,5 bulanan. saat dia napas ada suara mendengkurnya, hidungnya berair, dia banyak tidur, matanya kelihatan agak berair, minum susu baru sedikit udah disemprot2in, ngga sering bersuara kayak biasanya.
    sebelumnya saya baca post diatas saya kasih air gula dan madu. tapi si musang malah ngga suka. pertolongan pertama gejala bayi musang yang seperti itu apa ya dok?mohon dibalas ya dok. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bales. sekarang gimana keadannya, mas?
      jangan dikasih air gula. mending kasih sari kurma aja.

      mas yakin sekitar kandangnya bersih? selama ini ditaruh dimana, indoor atau outdoor?

      kalau emang urgent, chat aja mas...

      Delete
  31. Dok saya punya muspan umur1,5 bulan mati dok katanya kena Distemper dan musang2 temen saya juga kena dok nular katanya, kalo saya adop lagi kemungkinan kena lagi GA ya dok? Soalnya ada juga yg bilang karna cuaca lagi GA bagus ,trus kalo saya adopt lagi apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
  32. Dok saya punya baby muspan umur 1,5bln yg masih nyepet,udah aku rawat hampir 10 hari tk kasih bubur sun+susu sgm ananda umur 0-6bln sama tk kasih minyak ikan 2 butir tiap hari tetep sehat tpi tadi pagi kok anus musang saya berlendir & ada darahnya sama mata musang saya yg kiri berair,apa itu gejala distamper?Tapi sampai saat ini nafsu makanya tetep bagus & musangnya juga sehat2 aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. stop pemberian susu dan minyak ikan. mas kasih minyak ikannya terlalu banyak, makanya mengganggu pencernaannya. ditambah lagi dikasih susu.

      mending kasih bubur sun aja mas, bagusnya tambah sari kurma...

      Delete
  33. Ini sekarang musangnya masih lincah aja tapi matanya keluar air mata ama pupnya agak berlendir,penanganya gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru bales, mas, saya sedang sakit sekarang.

      kondisi musangnya sekarang gimana? yang saya sarankan sudah dipraktekkan belum?

      saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Dok mau tanya nihh.. kenapa ya musang saya lemas,lesu,makan cuman sedikit..kemaren malem mah baik2 aj ..malem ini saya kasih air gula..makanan kemaren saya kasih bubir bayi..apa mungkin karena jatuh ya dook..soal nya di senang gelantungan² di atas kandang trus dia jatuh..masih aja dia gelantungan dok... solusi nya gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek fesesnya, baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. emang umur musangnya berapa mas?
      coba kasih sari kurma, mas. campur air minumnya aja.


      saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
    2. Feses nya kayak nya normal dok..bentuk nya padat warna nya seperti bubur milna.. umur nya 2 bulanan lebih kyk nya dok soal nya saya juga baru beli sama owner sebelum nya.. keadaan nya sekarang dia makan nya dikit dok .. minum air gula nya lumayan banyak lah..truss dia agak aktif sekarang dok..tapi kadang2 tidur dia..kalo udah jam 10keatas biasa nya dia aktif ..sering mainan ..gelantung2an ..apakah itu normal dokk.....soal nya kemaren saya panik...hahahah soal nya baru pertama beli musang....dia juga kalo makan pisang sama pepaya makan nya dikit dok..kalo saya kasih makan nasi+kecap boleh gak dok?+ sama untuk makan sore saya kasoh ceker ayam?

      Delete
    3. untuk air gula mending hentikan dulu, mas. kasian sistem pencernaannya, terlalu berat itu. mending ganti pake air sari kurma aja, lebih alami. biasa dikasih bubur bayi? gak apa2. tapi minimal seminggu sekali kasih buah.... pepaya atau pisang.... biar sistem cernanya bagus...

      musang kan emang gitu mas, mereka kan hewan nocturnal (aktif pada malam hari)....

      Delete
  36. Dok mau tanya nihh.. kenapa ya musang saya lemas,lesu,makan cuman sedikit..kemaren malem mah baik2 aj ..malem ini saya kasih air gula..makanan kemaren saya kasih bubir bayi..apa mungkin karena jatuh ya dook..soal nya di senang gelantungan² di atas kandang trus dia jatuh..masih aja dia gelantungan dok... solusi nya gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi air gula nya henti kan dulu ya dok..misal nya kalo air nya saya ganti menggunakan hydrococo gimana dok apa pake sari kurma nya ..dikasih ceker,nasi+kecap,sama telur rebus boleh gak dok

      Delete
  37. Feses nya kayak nya normal dok..bentuk nya padat warna nya seperti bubur milna.. umur nya 2 bulanan lebih kyk nya dok soal nya saya juga baru beli sama owner sebelum nya.. keadaan nya sekarang dia makan nya dikit dok .. minum air gula nya lumayan banyak lah..truss dia agak aktif sekarang dok..tapi kadang2 tidur dia..kalo udah jam 10keatas biasa nya dia aktif ..sering mainan ..gelantung2an ..apakah itu normal dokk.....soal nya kemaren saya panik...hahahah soal nya baru pertama beli musang....dia juga kalo makan pisang sama pepaya makan nya dikit dok..kalo saya kasih makan nasi+kecap boleh gak dok?+ sama untuk makan sore saya kasoh ceker ayam?...saya mau nambahin dikit dok..tadi pagi musang saya feses nya cair dok .trus pagi nya saya kasih pepaya yang saya halus kan..terus pas saya pulang sekolah ..aaya liat feses nya sama seperti pepaya dok bentuk nya padat... dok kalo muaang n6a saya kasih makan telur rebus gimana..boleh gak..putih nya aja apa kuning nya aj... respon ya dok :v

    ReplyDelete
  38. Maaf dok saya mau tanya..saya punya musang perkiraan umur 4bln klo mau mkn dia gemeter dan mau minum pin seperti itu....knp ya dok tapi masih suka makan buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya, coba mbak buat ramuan kesehatan musang. ada kok resepnya di artikel ramuan kesehatan musang... search aja di bagian search... (paling atas)

      Delete
  39. Dok musang saya umur 3 bulan. Kaki kanannya tiba-tiba lumpuh. Apa itu terserang distemper dok? Cara penyembuhannya gimana dok biar kakinya kembali normal? Oiya kalau kakinya lumpuh apa sakit dok kalau dipegang kakinya?
    biasanya saya kasih makan pisang sama air gula dok. ini dia masih lincah dok padahal kakinya lumpuh 1. ga tega ngeliatnya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih kurang kalsium. biasa dikasih makan apa? coba kasih bubur bayi promina campur sari kurma... buah bisa tetep dikasih, jangan pisang, pepaya aja.

      kasih juga ramuan kesehatan musang. ada kok artikelnya...

      kabari lagi ya mbak... :)

      Delete
    2. Dok..saya mau nanya muspan saya kejang2 dok saya kasih makan bubur bayi dan minum hydro coco

      Delete
  40. Dok musang saya umur 9 bulan udah rada birahi gitu, Dia suka naikin tangan saya trus ngeluarin suara nguik nguik gitu.. Sehabis dia naikin tangan saya pasti keluar bercak2 merah dari anusnya.. Dan itu baunya menyengat dok.. Kira2 itu knp ya terus gmna cara ngobatinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya jantan atau betina mas?
      kenapa nggak dikawinkan aja? :)

      setau saya sih musang emang suka mengeluarkan kelenjar tertentu kalau lagi birahi. :)

      Delete
  41. Kalo musang makan lidah buaya gkpp kah dok.. Tadi musang saya makan tanaman lidah buaya nenek saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya hindarkan, mas.... :)
      meski menurut saya aman, tapi sebaiknya jangan...

      Delete
  42. Malam dok. Sy punya musang usia 3 bln an. Awalnya normal..kesini2 kok kepalanya ke lantai dan spt lumpuh, jalannya ngesot pakai kepala. Dan sekarang ditambah suka kejang dg teriak kesakitan. .sy ga tega. Kalau sudah tidur bangun bisa normal dan langsung makan minum, tp bgt lagi. Makan bursun rasa pisang dan minum susu. Feses normal warna kuning kecoklatan. Kena sakit apa yaa dok. Kmr sy ke drh dan diberi vit baby..tp blm ada tanda2..mohon sarannya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih ramuan kesehatan musang, udah ada kok artikelnya... selain kasih ramuan kesehatan musang, bisa kasih sari kurma satu sendok teh sehari sekali...

      Delete
  43. Dok numpang tnya klo mata berlendir belek disertai kurang nafsu makan itu pnyakit apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. belek dan kurang nafsu makan pada musang belum tentu sakit, mas. harus dicek dulu fesesnya gimana, karena feses/tahi musang yang sehat dan yang sakit beda....

      kalo soal matanya belekan, biasanya karena ada kotoran yang masuk aja. bisa debu atau penumpukan cairan mata yang kecampur sama kotoran...

      Delete
    2. Tpi dok musang saya tahinya mencret dan bau amis dok lesuh juga musang saya

      Delete
  44. Dok muspan sy umur 2 bulan trus kmren sy makanin susu trus ky mau mati alias dah lumpuh trus sy kasih pisang bbrp jm kmdian mau jaln tapi skarang gak ky biasanya biasanya mau bunyi skarang gak trus biasanya lari skeang sukanya tidur gmn dok mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pernah kasih susu lagi.
      itu saran saya yang utama.
      sekarang, coba mas kasih ramuan kesehatan musang. baca resepnya di artikel ramuan kesehatan musang.

      lakukan secepatnya/

      Delete
  45. Tapi kan masih bayi apa gak mati klo gak di kasih susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru bakalan mati kalau dikasih susu.
      susu gak cocok buat anakan musang, keculi susu dari induk musang itu sendiri. susu buatan manusia bikin sistem pencernaan musang jadi kacau. banyak anakan musang yang mendadak lumpuh abis dikasih susu. bahkan mencret.

      Delete
  46. Dok mau tnya musang saya lesu .g mau makan udh 2 hari ini. Trus minumnya bnyak bgt..ap ini gejala distamper ya dok.saya bantu spet pisang tp sebagian di muntahin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret ya mas?
      jenis musangnya musang apa?
      coba mas baca artikel saya, ramuan kesehatan musang. baca juga artikel saya lainnya, yaitu cara menambah daya tahan tubuh musang....

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. G mencret dok.normal fasesnya.tp air seninya banyak ampe pasirny basah. Jenis nya rase dok.

      Delete
    3. coba kasih makan yang lembek dulu kayak bubur bayi. disepet aja dulu mas. usahakan tetep makan ya. jangan sampe gak makan...

      sekarang gimana keadaan rasenya?

      Delete
  47. dok musang saya kemaren lusa kena distemper dan skrg dia kadang lemes kadang pecicilan dan pup nya skrg cair" encer gmn cara penangannannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan musangnya?
      kalau masih ada, coba kasih kurma tahnik. selengkapnya baca di artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang...

      maaf bgt ya mas karena baru saya balas.... :(

      Delete
  48. Dok saya punya baby musang rase gak tau umur berapa tapi belum tumbuh gigi dok seharian ini badan nya kaya lemes gitu dok tidur mulu kalo di taro ditempatnya pasti langsung tidur saya kasih dia susu dok warna feses nya kuning agak berair gitu tapi gak cair gak bau juga itu kenapa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas.
      biasa dikasih makan apa? jangan dikasih susu, kasih bubur bayi encer aja. usahakan tetep makan meski cuma dikit....

      kabari lagi ya mas...

      Delete
  49. dok.saya mau nanya. saya punya muspan umur 3-4 bulanan. nah saya kn baru adop dri orang tuh. kata orgnya kasih nasi kecap gtu doang. trs saya cobain kasih buah"an kyk pisang sama pepaya gamau jga dok. gmna ya dok. biar dia bsa makan buah"an.

    trs skrng musang saya gamau makan nasi kecap sosis dok.matanya agak berair gtu trs sia mau nya minum susu doang. makan gamau. cara nanganin nya gmna ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas. coba mas baca artikel saya, cara agar musang mau makan apa saja.

      fesesnya gimana mas? mencret?
      coba mas kasih kurma tahnik, seperti yang saya bahas di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang. silakan baca artikel tersebut

      maaf baru balas. kabari lagi ya mas.

      Delete
  50. oh iy dok andai selain sari kurma tahnik boleh ndak misal merk lain gtu ?
    sama mau tanya musang klo d kasih makan bubur sun rasa ayam kampung bayam boleh ndk ??soalnya maknan utamanya dia pisang

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bubur bayinya, boleh aja rasa apa aja bisa. selain kurma tahnik, jujur saya gak tahu merk apa lagi. emang mas pakenya yang merk apa? asal sama2 sari kurma, boleh kok... :)

      Delete
  51. sari kurma amira .kalau bubur boleh rasa apa saja ya asal dia mau dan ga mencrer ?
    kalau gitu terimakasih info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohm boleh yang merk amira. :)
      iya, rasa apa aja mas.. :)

      Delete
  52. Selamat malam dok ,mau tanya tentang baby musang saya nih umur 1.1/2 bulan ko muspan saya lemes baget y kaya orang sakit ,Muspan y saya ksh susu Dancow sama buah pepaya ,minta saran y dok ,klo susu y kurang tepat atau ada yg slh ,makasih sebelumnya y

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. itu yang bikin dia sakit.
      fesesnya mencret kan?
      dan coba kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang.

      untuk makanannya, mas bisa kasih bubur bayi promina....

      lakukan yang saya sarankan. dan kabari lagi. :)

      Delete
  53. Dok saya mau tanya musang saya belakangan ini lemas sekali dok tapu jus pepaya habis di makan tapi kurus badannya kenapa ya dok tolong solusinya umur 2 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang

      Delete
  54. Dok mau tanya.. Klo buat yang newbie dalam musang. Mau keep musang kan, yng bagus nya itu musang apa ya? Dan kenapa harus musang itu? Kebagusan musang itu sendiri itu apa dan kejelekan musang itu apa???


    Dan mau tanya lagi dok. Penyakit musang itu ada apa aja ya dan ada berapa macam penyakit??

    Mff dok banyak tanya. Maklum newbie bngt di musang

    ReplyDelete
  55. Dok mohon infonya, musang saya umur 2/5 blan , dia dari kemarin tidak mau makan , skrng sdang sakit tak berdaya mau gerak ajah kayanya susah bgt . Sudah saya bantu spet atau air kelapa namun tidak ada reaksi apa apa . Mohon pencerahan nya dook???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang.
      dan usahakan tetep makan meski cuma dikit. disepet aja mas.
      air kelapa bisa terus diberikan.

      kabari lagi ya mas

      Delete
  56. Dokter musang saya umur 2 bulan terus kerjaan nya tidur terus klo.dikandang apakah itu sehat dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya mencret kayak aer nggak mas?
      jangan dikasih susu.
      kasih makan bubur bayi aja. promina bagusnya.
      kabari lagi

      Delete
  57. Dok musang sy umur 3bn muntah2 dn pupnya encer kekuningan dan ga nafsu mkn kerjanya tiduran aja, mohon saran dan pengobatannya apa sj. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu.
      makanannya cukup bubur bayi promina aja.
      terus seminggu 2 atau 3 kali kasih buah.

      dan coba mas kasih obat yang saya tulis du artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang. :)

      Delete
  58. baby muspan sya umur 1,5bln pas prtama beli cmn flu dan sekarg mlh muntah2 setiap diksih mkn bursun(kmngknan kena distemper)badanya kurus bgt++lemes bgt. Udh sya ksih hydrococo sma air gula+madu tapi keadaanya msih gtu aja. Gimna cara nyembuhinya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. stop air gula dan madunya.
      coba mas kasih kurma tahniq, udah saya tulis caranya di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang.
      kasih makan bubur bayi promina.
      untuk minumnya kasih air kelapa aja.

      JANGAN dikasih makanan dan minum selain yang saya tulis di atas. dan segera lakukan. :)

      Delete
  59. Dok mohon bantuannya dok ini musang saya umur 2,5 bulan makannya susah bngt dan akhirnya dia lemes perutnya kosong badan kurus pup encer,,harus saya spet pke makann apa ya dok biar seger lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau jenis musangnya apa.
      JANGAN dikasih susu. makanannya cukup mas kasih bubur bayi promina aja. disepet aja bubur bayinya. tapi jangan kebanyakan.
      pokoknya JANGAN PERNAH dikasih susu.
      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas

      Delete
  60. Dokter... saya mau nanya.
    Saya punya muspan cowok umur 1 tahun 7 bulanan...
    Akhir akhir ini gak mau makan, dan kalo pup encer serta bau amis gak kayak biasanya.. nafsu nakan berkurang, dan lebih banyak tiduran.
    Kalo masalah makan saya setiap pagi ngasih buah pisang atau pepaya kadang melon, kalo siang 2 ato 3 hari sekali kasih makan ayam rebus.. dan kalo malam rutin pake nasi kecap.


    Kira kira gimana ya dok cara penanganan muspan saya agar kembali sehat...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. daging ayamnya, mas yakin bebas bahan kimia? :)
      coba stop makanan selain buah-buahan. cukup kasih buah aja.
      terus mas bisa kasih sari kurma + air kelapa muda. Bisa berikan 2x sehari.

      Delete
  61. Dok saya mau tanya.....
    Saya ada musang pandan kira" umur 3bulan,makannya banyak,tapi dua hari ini jalannya sempoyongan dan mulai susah makan....itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok gimana cara biar pulih kembali.... sekarng malah gemeteran

      Delete
    2. 1. jangan dikasih susu. cukup kasih bubur bayi promina aja.
      2. coba beri larutan air kelapa + sari kurma. sehari 2x.
      lakukan 2 hal di atas selama seminggu penuh. kalo masih sama (gak ada gejala mendingan), sebaiknya bawa ke dokter hewan sesegera mungkin

      Delete
    3. Dok, sekarang mulai makanya banyak tapi pake pisang...terus sekarang jalan beberapa langkah malah nyusruk mlu...
      Kira" sakit apa ya dok,ky ga seimbang gitu

      Delete
    4. lebih baik jangan pake pisang. pake bubur bayi promina aja. karena kalo pisang, kadang malah menghambat penyerapan kalsium.... mungkin itu sebabnya dia jalannya suka nyusruk2 itu...

      Delete
  62. Tapi saya kasih vitamin b1 ipi ....salah ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah di kasih itu?
      dan mendingan nggak?

      sebenernya sih saya lebih menyarankan pake resep saya RAMUAN KESEHATAN MUSANG, udah ada artikelnya. pake itu aja dulu. tapi kalo pake vitamin b1 udah agak mendingan, gak apa2 pake vit b1 aja dulu...

      Delete
  63. dok mau nanya kalo muspan saya di bawa ke drh kira-kira berapa ya untuk biayanya?gejalanya kaya virus distemper

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja bawa aja dulu mas.
      estimasi sekitar 300k, kurang lebih segitu.
      itupun sebenernya harus dicek dulu seberapa parah distempernya... :)

      mang udah parah distempernya?

      Delete
  64. Mlem dok mau tnya, ini sya bru bli muspan umur 2,5 bulanan si msangnya dri kndang tduran mulu.. Tdurnya jga bdannya lurus bukan melungker kya musang yg biasanya. Sya tkutnya kna distamper soalnya sya dlu prnh pnya muspan kna distemper tdurnya bdnnya lurus.. Apa dia kcapean perjlnan atau kna distmper ya dok?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      saya kira mas gak usah khawatir selama fesesnya normal (gak mencret) dan dia masih mau makan... :)

      Delete
  65. Oh iya dok tahinya berwarna coklat ke hitam2an pdhal makanannya pisang mateng. Trims

    ReplyDelete
  66. dok musang saya lemas tidak nafsu makan trus berak dan kencing mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...
      biasa mas kasih makan apa? beraknya mencret nggak?

      untuk pertolongan pertama, bisa kasih air kelapa campur sari kurma

      Delete
  67. Dok musang saya umur 3 bulan kemaren keracunan sekarang dia gak mau makan kecuali minum air gula merah...
    Tp masih aja lemas...
    Ke kira apa ya obat nya dok?

    ReplyDelete
  68. Dok musang saya umur 3 bulan kemaren keracunan sekarang dia gak mau makan kecuali minum air gula merah...
    Tp masih aja lemas...
    Ke kira apa ya obat nya dok?

    ReplyDelete
  69. Dok musang saya umur 3 bulan kemaren keracunan sekarang dia gak mau makan kecuali minum air gula merah...
    Tp masih aja lemas...
    Ke kira apa ya obat nya dok?

    ReplyDelete
  70. Dok musang saya umur 3 bulan kemaren keracunan sekarang dia gak mau makan kecuali minum air gula merah...
    Tp masih aja lemas...
    Ke kira apa ya obat nya dok?

    ReplyDelete
  71. Dok kemaren musang saya umur 3 bulan menderita keracunan susu basi...
    Sampe sekarang gak mau makan kecuali minum air gula merah..
    Ke kira apa saran biar dia mau makan dok?
    Atau ada obat ny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih RAMUA KESEHATAN MUSANG. Udah ada artikelnya, judulnya RAMUAN KESEHATAN MUSANG. Bikin, terus minumkan, mas... :)

      Delete
  72. Dok saya di kasih musang umur 1.5 bulan . Dia ga mau makan kalo makan mesti di paksa . Saya coba kasih pisang di blender Terus fases nya sama kaya makanan nya . Tapi tidur terus apa itu wajar .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo musang umur segitu emang masih sering tidur. bisa mas kirim gambarnya kemari? caranya, mas bisa baca di bagian PERHATIAN....

      coba mas kasih bubur bayi promina beras merah. airnya dikit aja, dibikin kental. taro aja di kandangnya.

      Delete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. Slmt malam dokter, musang pandan saya (umur 1 tahun). Baisa dia main di seputaran rumah, tiba-tiba gak pulang rupanya dia diem aja digudang waktu diambil keadaanya lemes dan gak ada nafsu makan sama sekali, padahal kemarin nya keadaan sehat dan lincah. Skrg kondisinya cuma tidur dan gak gerak diem aja dikandangnya, terus suaranya kayak ngorok gitu kayak ditenggorokan berdahak gitu dokter. Sudah 2 hari ini dikasih madu dan promina . Sedikit" itu juga dipaksa disepet pake suntikan kemulutnya. Mohon bantuannya dokter apa yang harus dilakukan. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      stop madu, ganti pake sari kurma aja.

      terus kasih larutan air kelapa muda campur sari kurma. dikasih 2x sehari, pagi dan sore.

      usahakan tetep makan, sedikit gak apa2. yang penting makan. pake bubur bayi promina.

      kabari terus ya mas

      Delete
    2. Jarang banget dia BAB dokter. Fesesnya mencret warna hitam pekat. Biasa dia dikasih minum susu kental manis tpi Semenjak sakit di stop. Tpi dia gak mau minum lain selain susu kental manis kayak minuman dia biasanya, skrg nafsu makannya masih gak ada .Malah dia maunya makan jangkrik (pakan burung) karena dirumah juga pelihara burung .Aman gak dokter kali dibiarin atau dikasih makan jangkrik. Skrg masih disepet promina sama buah pepaya yg dihalusin.

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas, mas... :(

      sekarang gimana keadaan musangnya?

      Delete
  75. Malam dok .. saya mau nanya musangku sudah beberapa hari gak nafsu makan dan minum .. makan buah buahan pun juga gak mau .. dia juga sering mengeluarkan air liur dan badannya lemes gak mau bergerak .. itu kenapa ya dok?? Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya: mengobati musang yang sering ngiler

      Delete
  76. Dok, permisi saya mau nanya. Ini musang saya kan emang nggak biasa makan sendiri/harus disuapin. Lah tadi saya tinggal ke malang, dan makanannya saya taroh di kandangnya. Tapi pas saya pulang lagi, pisangnya masih utuh, cuma minumnya aja yang tinggal dikit. Nah sekarang ini malah nggak mau makan sama sekali, lemes, mutah-mutah. Ini gimana cara nyembuhinnya dok?:'+

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(

      udah ada sih artikelnya: ramuan kesehatan musang. bikin, dan kasih aja ramuan itu...

      Delete
  77. dok sya mau nnya ini, musang saya umur skitar 3bulan lebih, bbrp hari lalu dia tiba" lemas ga seceria biasanya, kalo jalan kaki belakangnya seperti pincang, tp klo saya priksa dia tidak terlihat kesakitan, saya kira kurang kalsium gitu, saya kasi bubur sun rasa pisang dicampur air susu, bukan air putih. tetep ga ada perubahan sampe hari ini, kaki blakangnya masi tetap lemas gitu, gamau main sperti biasanya, tiduran terus, ahkirnya skrng saya cma kasi makan pisang aja. nafsu makannya tetap, ga ada perubahan, fesesnya jg normal, warnanya sama dgn apa yg dia makan. kandangnya jg suda saya bersihkan setiap hari. kira" gimana ya biar kakiblakangnya berfungsi dgn normal lg ? biar dia bisa main sperti biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas, mas...

      coba kasih bubur bayi promina + sari kurma.

      Delete
  78. Malam dok,,,maav ganggu....
    Aq punya muspan umur 3 bln tp blm bs makan sendiri msh pke spet tu normal ga cii dok?
    Trs aq liat di kuping'a tba" kya da koreng gtu tu knp iia dok? Trs bwt ngilangin koreng'a pke pa iia dok? Slma nii aq obatin pke alchol tu gpp dok? Muspan aq freeroom...
    Di tunggu jwban'a,,,mkch ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takut musangnya kena scabies.
      dia suka garuk2 badannya juga?

      harusnya sih udah bisa makan sendiri, mbak. puasakan aja.

      Delete
  79. Puasakan gmn dok? Pdhl aq rajin bgd mandiin pke detol cair trs di jga bgd kebersihan'a tp qo bs kena iia dok? Penyakit scabies timbul gra" pa cii dok? Cara pengobatan bwt ngilangin scabies'a gmn dok? Scabies tu nular ga cii? Mkch jwban'a 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua hal tentang scabies udah saya bahas di blog ini. cari aja artikelnya, search di bagian atas itu: scabies

      taro aja makanannya di kandang, terus tinggalin. kasih bubur bayi promina..

      Delete
  80. Dok, musang bulan sy usia 2 bulan awalnya mau makan pisang di potong kecil2, trus waktu itu dia muntah trus jadi gamau makan trus selang satu hari musang sy mencret. Tp dia tetep aktif dok ga lemes. Minta solusi nya dok biar musang bulan sy jadi mau makan dan sembuh. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      setelah itu, apakah dia tetep mencret atau fesesnya normal lagi? kalau mencret terus selama 3 hari, coba kasih air kelapa muda campur sari kurma.

      kalau belum 3 hari dan dia sembuh, berarti masih bisa dikatakan sehat...

      Delete
  81. Dok tnya untuk mencengah destemper tu harus di vaksin musang usia brpa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. parvovirus. coba hubungi dokter hewan atau rumah sakit hewan terdekat, mas.
      maaf karena baru balas.

      Delete
  82. Maaf ya dok saya mau tanya kenapa musang saya yg kemarin makan lahab tapi sekarang kok lemas kayak mau mati dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takutnya kena distemper sih. coba mas baca artikel di atas.

      Delete
  83. Semua yang dokter saranin tentang scabies da saya lakukan semua'a tp scabies'a blm ilang" jg dok? Da opsi lain biar cpt proses penyembuhan'a?
    Saya ksih mkan spot(nm muspan) promina yg bubur tim dok rasa'a ganti"+bear brand tu gpp dok? Makan'a lahap bgd trs fases'a alhmdllh bgs. mkch dok jwban'a ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis obat yang mas berikan apa?
      coba baca artikel terbaru saya, OBAT SCABIES UNTUK ANJING, KUCING, DAN MUSANG....

      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  84. Dok saya punya musang rase, kejang2 terus trus klo jln kepalanya geleng2. Kurang keseimbangan
    Pertanyaannya gejala apa ini
    Bagaimana pertolongan pertamanya
    Soalnya drh disini jauh sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. distemper.
      agak susah kalo tanpa penanganan dokter hewan.
      sebenernya sebelum separah ini, gejala awal distemper bisa dilihat dari fesesnya. dari tahinya. dan kalau mas udah liat ada gejala distemper dari tahinya, sebenernya bisa dicegah....

      saya nggak bisa berbuat banyak karena nggak bisa liat musangnya langsung. saran saya, mending bawa ke dokter hewan.

      bisa dikasih obat kurma tetes tahniq atau sari kurma, tapi itupun sebenernya saya gak jamin bisa sembuh mas. mau coba dulu?

      Delete
  85. Nb musang saya umur 2 bln sebelumnya saya kasih makan bubur sun dan susu bayi tanpa laktosa

    ReplyDelete
  86. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  87. Klok udah terjangkit distemper jalan kluarnya apa ya dok mungkin ada obat lain selain ke dokter saya bingung.... Minta pemcerahanya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa, mas. saya sarankan tetep ke dokter.
      kalo toh distempernya belum parah, paling mas hanya bisa mencegah agar nggak terlalu parah aja. caranya dengan kasih ramuan kesehatan musang. udah ada artikel RAMUAN KESEHATAN MUSANG.

      Delete
  88. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. Dok dibawah kandang otter saya ada kotoran orange2 gitu,tapi makan masih rakus dok, trus lincah juga, apa gejelanya sama dengan musang dok?
    Terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
  91. Dok dibawah kandang otter saya ada kotoran orange2 gitu,tapi makan masih rakus dok, trus lincah juga, apa gejelanya sama dengan musang dok?
    Terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih susu? jangan dikasih susu, mas.
      kasih bubur bayi promina aja.

      bisa kirim foto fesesnya kemari? upload aja di bagian upload gambar, terus linknya copas di sini...

      Delete
  92. Siang... musang saya rase... saya mau tanya .. kmren dia kena distamper.. tp berkat artikel dokter diatas musang saya sehat lagi.. kmren jam 10an pagi dia kena distamper.. dan sore udah mulai nerima makanan.. sampai pagi jam 9 makan sendiri.. dan setelah jam 11 dia pup mengeluarkan gumpalan darah, gumpalan nya 1 berbentuk pupnya.. agak besar dr pup biasanya dok..ama muntah cairan lendiri gt dok.. itu knp ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng karena artikel saya bisa bantu rasenya mas... :)
      sekarang gimana keadaannya, mas? dan umur musang rasenya berapa?

      biasa dikasih makan apa?

      saran saya, kasih minum air kelapa muda campur sari kurma. biar sistem pencernaannya bagus lagi. dan sementara seminggu ke depan kasih makanan yang dihaluskan. jadi cacah2 dulu makanannya... :)

      Delete
  93. Dok sya punya peliharaan musras
    Musras saya kok d mulutnya keluar lendir... Musras sya sakit pa ya dok... Trus gmana penangananya.... Sakit kayak gitu pa bahaya bagi ownerxa....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama? dan nafsu makannya gimana?

      kalau dikasih susu, mending stop susunya. ganti pake bubur bayi promina encer aja.

      fesesnya/tahinya gimana? mencret?

      kalau iya, coba kasih air kelapa muda...

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  94. Siang dok... saya si golden fly itu... musang rase saya setelah 2 jam saya tanya dokter... dia meninggal..: sedih banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut sedih, mbak... :(
      maaf karena saya baru balas sekarang....

      tapi emang di artikel HEWAN PELIHARAAN GAMPANG MATI juga musang rase termasuk sih....

      Delete
  95. maaf Dok Cara Pertama menangani musang distemper gimana .? harus di kasih apa ? soalnya lemes banget dan di spet pun susah buka mulut nya sekali nya masuk juga sedikit

    ReplyDelete
  96. Dok musanh saya (belum tumbuh gigi) kenapa lemas, lesu, kalau jalan seperti tidak kuat angkay badan & tidak nafsu makan? Untuk fesesnya seperti yang di makan dok. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu ya? jangan dikasih susu.
      cukup kasih bubur bayi promina, buat agak encer.

      kasih sari kurma, mas.

      Delete
  97. Dok mau tanya saya punya muspan umur 2,5 bln
    Sekarang ini kotoranya bau dok gak seperti biasanya , kemarin sudah normal tidak ber air tapi tetap bau dok .eh sekarang kotoranya balik lagi ber air dan saya ajak jln2 naik motor dia muntah kaya berbusa dok gimana ya caranya mengobati n penangananya ?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus selama seminggu ke depan, kasih bubur bayi promina aja ya mas. jangan yang makanan lain.

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.