Cara Menjinakkan Biawak | Drh. Fira Sovica

Menjinakkan salvator

atau umum disebut biawak adalah hal wajib bagi anda yang memelihara biawak. Biawak yang galak biasanya akan menggelembungkan leher/temboloknya, menegakkan tubuhnya, mengibaskan ekor, dan membuka mulut (siap menggigit). Jika biawak peliharaan anda bertingkah seperti di atas, maka penting bagi anda dalam menjinakkan biawak. Bagi anda yang membutuhkan informasi cara memelihara biawak, anda bisa membaca cara memelihara salvator di artikel cara merawat salvator.
Cara Menjinakkan Biawak
Image taken from id.wikipedia.org
Menjinakkan biawak bisa dilakukan oleh siapa saja dengan beberapa metode menjinakkan biawak berikut ini:
  1. Pastikan biawak sudah melewati masa pemberian makan.
  2. Seperti yang saya katakan di cara merawat salvator, biawak hanya perlu diberi makan 3 hari sekali. Saat akan menjinakkan biawak, pastikan biawak yang akan melalui proses penjinakkan telah melalui proses pemberian makan. Hal ini dikarenakan salvator adalah hewan yang membutuhkan waktu lama dalam memproses atau mencerna makanannya. Menjinakkan salvator yang sedang memproses makanannya akan membuat salvator muntah atau stress.
  3. Mulailah proses menjinakkan salvator dengan berinteraksi dengan salvator.
  4. Saya sarankan untuk tidak menggunakan pelindung tangan apapun saat berinteraksi dengan salvator anda jika salvator tidak terlalu agresif. Anda bisa menggunakan sarungan tangan karet jika salvator atau biawak yang akan dijinakkan masih sangat galak. Ajaklah biawak peliharaan anda bermain dengan menaruhnya di telapak tangan anda atau mengelus bagian punggungnya. Lakukan kegiatan tersebut secara terus menerus selama 5 hingga 10 menit setiap hari.
Perlu diketahui pula, semua bangsa reptil (termasuk biawak) bisa tahu perasaan manusia melalui sentuhan kulitnya. Semua jenis ular biasanya akan tahu jika anda takut atau jijik kepadanya. Takut kepada biawak yang akan anda coba jinakkan malah akan membuat dia berani terhadap anda. Akibatnya, dia akan lebih susah dijinakkan. Menghilangkan rasa takut kepada biawak yang akan dijinakkan adalah langkah pertama dalam menjinakkan biawak.
Demikian adalah

cara menjinakkan biawak

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu para pecinta biawak atau salvator dalam menjinakkan biawaknya. Terima kasih. (FS)

101 Responses to "Cara Menjinakkan Biawak"

  1. agar tidak muntah atau stress, harus menunggu berapa jam untuk mengajak bermain salvator setelah makan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. amannya sih 2 hingga 3 jam setelah makan... :)

      Delete
    2. dokk, apa bener klo digigit salva bisa mengakibatkan jari putus? Trus Ada yg blg ampe rabies? Itu benr atau gk ya dok?

      Delete
    3. dokk, apa bener klo digigit salva bisa mengakibatkan jari putus? Trus Ada yg blg ampe rabies? Itu benr atau gk ya dok?

      Delete
  2. Kemarin Saya di Kasih Anak Biawak yg sudah agak besar Dengan Panjang kurang Lebih 40 CM, itu masih bisa di Jinak-kan atau udah agak sulit untuk di jinak-kan nya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa dijinakkin mas. masih sangat bisa. :)

      Delete
    2. Kl masih baby gmna...?udh mulai gigit soalnya

      Delete
    3. sama. sering2 diajak main aja mas... :)

      Delete
  3. Kalau kena gigit biawak gimana efeknya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau biawaknya besar, tentu bisa melukai.
      kalau biawaknya besar dan kebersihan pakan dan badan biawak tidak terjaga, kemungkinan selain melukai juga akan membawa infeksi pada lukanya.

      bersihkan luka akibat gigitan biawak dengan cairan antiseptik seperti dettol cair... :)

      Delete
  4. Assalamualaikum. Dok biawak saya mengalami kejang atau gemetaran pada bagian extremitas dan thoraxnya, dan nafsu makan sama aktivitasnya menurun. Bagaimana solusinya dok? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? mencret? warnanya apa?

      pernah muntah gak? saya sih khawatirnya keracunan, entah karena makanan atau apa. biasa dikasih makan apa mas? sebelum sakit ini, mas kasih yang aneh2 mungkin?

      saya tunggu kabarnya

      Delete
    2. Fesesnya kadang padat kadang cair, warnanya gelap dan putih. tapi sekarang interval defekasinya agak jauh ga seperti dulu.
      Dulu pernah muntah sekali tapi udah lama. Sehari-hari cuma makan jangkrik tapi sekarang berkurang nafsu makannya. Tidak saya kasih aneh2 dok, hanya jangkrik dan minum air. Lalu solusinya gimana dok?

      Delete
  5. Dok mau tanya biawak saya panjangnya sekitar 40cm udah boleh dikasih tikus blum..?

    ReplyDelete
  6. dok kalau ukuran 60cm masih bisa dijinak kan ngak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biawak umur berapapun bisa dijinakkan. kuncinya cuma 1: sabar dan tahu caranya. :)

      Delete
  7. Tanya dok,kalau 1,2m itu cara ampuh jinakin nya gimana ya?
    Soalnya dikasi makan terus di lihat'in aja udah muntah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada cara ampuh menjinakkan biawak selain sabar dan ikuti langkah2 di atas. yang pasti, bisa kok dijinakkan... :)

      Delete
  8. Assamualaikum, dok saya baru bali varanus nebu ygpanjangnya 1meteran. Udah 3hari dirumah dan udah mulai makan.apa udah boleh saya handle kah?
    Nebu nya sangat galak.
    Di ukuran nebu yg 1meter ini apa masih bisa jinak/anteng?
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah pernah pelihara nebu atau sejenisnya sebelumnya? kalau belum, mending biarkan aja dlu selama beberapa hari. taruh kaus bekas pakai mas di atasn kandangnya atau di deket dia, biar dia kenal bau masnya. itu juga kalau masnya gak merokok. kalau merokok, lebih baik jangan.... nah, usahakan setiap hari liat dia di kandang. tatap matanya dia dari jarak jauh. duduk aja deket kandangnya selama 10 hingga 30 menit. lakukan setiap hari. setelah itu baru mas coba lakukan langkah2 penjinakkan di artikel di atas. varanus segalak apapun masih bisa jinak asalkan mas sabar dan tahu caranya. yang paling penting sih sabar, itu aja.

      Delete
  9. dok, saya punya nebu ukuran 1,4 m tadinya jinak kadang lemot, tapi saya tinggal pergi 1minggu malah jadi galak , gmna cara ngatasinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan saya, kenapa mas tinggalkan seminggu? emang kalau nebu kayak gitu mas, minimal ajak main meski cuma 5 menit sehari...

      coba ajak main lagi. dan usahakan sabar dan jangan takut. nebu termasuk reptil yang akan tahu kalau masnya takut, dan kalau dia tahu mas takut, dia malah makin susah buat jinak... :)

      maaf baru balas ya mas. kabari saya lagi..

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Dok... saya punya salvator kira2 50cm dapet dr hutan ,itu dikasih mkn jangkrik? Brp biji ? Brp hari sekali? Klo dipegang bisa gigit gak ? ,bisa jinak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca dulu artikel saya cara memelihara salvator dan artikel cara menjinakkan biawak... :D

      Delete
  12. Dok kalau baby salva ukuran 60 cm apa masih bisa dijinakan??

    ReplyDelete
  13. oia tanyak lagi dok, kan salva yang saya dapat dari teman muntah waktu mau dihandle bagaimana cara memberi makannya apa diperlukan waktu untuk pemberian makannya dok karena sudah muntah tadi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo abis dikasih makan, jangan diajak main dulu mas. Bahaya. Diemin dulu barang 1 hingga 2 jam sampe dia mencerna makanannya.....

      Kayaknya udah saya bahas di salahsatu artikel saya.... Coba diexplore....

      Delete
  14. saya mau tnya dok salva klu mw di handling muludnya di plaster dlu ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa harus diplester, mas?
      takut gigit? :D

      kalau takut digigit, mending pelihara salva yang masih anakan. jangan pelihara yang udah dewasa dan buas... :)

      Delete
  15. Dok saya mau tanya,saya barusan dapat Nebu dari Malang dan d kirim k sby, stelah smpe d sby kuk nebunya malah gak mau makan??tp dia masih aktif mau kabur aja, solusinya gimana dok??

    ReplyDelete
  16. Dok biawak bisa tahan makan berapa hari sih dok ? soalnya dari kemarin belum dikasih makan lupa mau beli

    ReplyDelete
  17. Dok kok biawak saya nggak mau makan ya padahal dikasih kepala ayam dia nggak mau apa dia stress? Soalnya pas waktu itu dapet nagkep

    ReplyDelete
    Replies
    1. biawak atau salvator diberi makan 3 kali sehari...

      kemungkinan dia masih stress. baru nangkep dari alam ya mas? coba karantina dulu di ruangan sepi suara. biar dia diem dulu di ruangan itu barang beberapa jam.

      Delete
  18. Dok. Mau tanya !!
    Biawak saya sifat nya persis seperti di atas...
    Udah 2 minggu nggak mau jinak..
    Cara nya gimana ya dok ??

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. dok kalo cocopeat tertelan oleh salva bahaya ga dok ?
    thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa menyebabkan sembelit, mas. alias impaction. sama halnya kayak gecko. buat referensi, mas bisa baca artikel cara mengobati sembelit pada gecko. secara prinsip sama sih... :)

      http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2014/12/mengobati-sembelit-pada-gecko.html

      Delete
  21. Dok saya punya biawak ukuran 1 meter masih bisa jinak ga dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih. tergantung seberapa besar kesabaran mas. :)
      tapi saya yakin, dia pasti bisa jinak...

      Delete
  22. dok mau tanya, waktu yang dibutuhkan salva untuk mencerna makanannya itu sekitar brapa jam, karna tiap sudah saya kasih makan dan saya diamkn 2-3 jam, trus saya handle 5 menit dia muntah..makash

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal 3 hingga 5 jam, mas. tergantung seberapa besar makanannya. cuaca lagi gak bagus buat reptil, jadi hati2. jangan sampe salvanya kedinginan...

      Delete
  23. dokter jika pelihara 2 salva, tapi tidak 1 indukan/beda indukan, kalo digabungin boleh ngga, usia masih baby skitar 40cm. bertengkar apa tidak? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja satuin, mas.
      terus liatin selama 1 atau 2 jam. kalo berantem, ya pisahkan lagi.

      biasanya sih akur...

      Delete
  24. Dok salva ku lemes, tadi pagi pagi habis muntah, semalem makan cicak tdi dimuntahin...
    Katanya temen sih stres,,nah cara bikin stabilnya lgi gmana dok...
    Buat fesenya agak encer,,mohon bantuannya,,makasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuuh, maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaan salvanya, mas?
      kalau masih ada, usahakan tetep makan meski cuma dikit. suhu kandangnya stabil, jangan naik turun. lalu jangan terlalu bising, jangan banyak suara2 mengagetkan.
      kasih makan daging cincang aja yang dicincang halus. bisa pake daging emprit yang dicacah agak halus....
      sekali lagi maaf karena baru balas.

      Delete
  25. dok, cara buat lemotin salva gimna ya?
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca dan praktekkan artikel diatas secara terus menerus. :)

      Delete
  26. Assalamualaikum.
    Apakah sulit untuk memelihara v.jobiensis

    ReplyDelete
  27. Dok saya mau tanya,
    Biawak saya fresh wc ukuran sekitar 40cm,dapet sekitar 2 minggu yg lalu.
    Setiap di ambil dari akuarium kok pup ya,dan berair.
    Tapi harian pup normal.
    Kir2 kenapa ya dok?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok.
      mungkin dia masih agak stress, atau belum terbiasa dengan lingkungan barunya. gak apa2. sering2 ajak main aja dengan cara dielus. galak gak mas?

      makan gimana? lancar?

      Delete
    2. Oh gitu ya dok,ya lumayan galak juga kalau mau di ambil dari akuarium,temboloknya aja ngembang,tapi gak mangap.
      Makan cicak lancar dok,sehari 5 ekor aja di embat.
      Sehari paling gak di ajak main berapa kali ya dok?
      Biar cepat beradaptasi & gak gigit lagi.haha

      Delete
    3. reptil itu paling peka sama sentuhan. jadi minimal dielus aja punggung, mulai dari bagian atas kepalanya. biar dia kenal sentuhan tuannya gimana...

      jadi awal2 gitu aja dulu. nanti kalau dia udah agak tenang, baru mas bisa mulai angkat.

      sehari cukup 10 menit, asal rutin...

      fesesnya/tahinya gak mencret kan?

      Delete
  28. Oke siap dok,berarti ga usah diangkat dulu ya,kalau dah tenang baru diangkat.
    Feses normal dok,cuma ya itu kalau mau diangkat ya feses sering berair,mungkin masih kagetan kali ya.haha
    Eh dok kalau di kasih hernes trus buat main "katanya" bisa lebih cepet beradaptasi .
    Bener gak sih?
    Makasih 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ngarus mas. justru kalau salvanya masih kagetan dan masih galak, diharnessin malah bikin dia stress karena dia selalu mau kabur, terus mas tarik. dia kbur lagi, terus mas tarik lagi. yang ada dia stress... :)

      sip. makan normal? :)

      Delete
    2. Mantap sarannya dok,dah mulai anteng di handel,
      Resiko salva wc,hehehe

      Delete
    3. hehehehe. yang sabar ya mas. emang cobaannya gitu ngurus salva WC... :D

      gmn sekarang?

      Delete
  29. Dok salva saya muntah terus gmana yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan salah makan, mas?
      muntahnya gmn?

      bening atau ada warnanya?

      Delete
  30. Dok kenapa salva saya mulutnya keluar busa ya?
    Kenapa salva saya kalau abis minum/mandi pasti keluar lendir dari mulut apakah gpp?
    Terus 4 hari lalu saya di gigit apakah gpp salva saya ukur 1m fres wc

    ReplyDelete
  31. Salva baby ukuran sekitar 30cm an dikasih makan hamster gpp dok

    ReplyDelete
  32. Salva baby ukuran sekitar 30cm an dikasih makan hamster gpp dok

    ReplyDelete
  33. dok aq baru saja beli melinus. kata seller nya dah lolos tes makan. tp d tmpat aq dah 2 hari hanya diam aja di kasih makan gak mau.. apa masih strees d perhalanan ya.. gimana nyembuhinnya.. mks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sepertrinya stress karena perjalanan. mending dikarantina dulu di ruangan sepi... :)

      Delete
  34. udah mau makan dok tp masih sembunyi2 klo ada orang gak mau makan.. mks.🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gak apa2. yang [penting dia mau makan.
      fesesnya gimana?

      sementara gitu aja kasih makannya. taro deket dia terus tinggal...

      Delete
  35. fasesnya coklat hitam ada putihnya padet.. gimana ya dok cara melatih biar makannya ndak malu2.. 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sodorin makanan ke arah mulutnya. bisa juga mas pegang2 dulu makanannya, biar makanannya bau tangan mas. tapi inget: kalau masnya merokok, mending jangan. karena kalo residu rokoknya nempel di makanan, malah ngeracunin dia nantinya...

      Delete
  36. ohh.. emang bahaya banget ya residu rokok buat biawak..?

    melinya dah mulai terbiasa dok sekarang gak sembunyi walau ada orang di dekatnya.. walau makannya tetap sembunyi2 . mungkin perlu waktu adaptasi lg untuk makanan..
    mks dok saran2 nya.. 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya merokok? kalau nggak merokok, coba taro kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet di atas kandangnya. dilebarin, kayak dijemur gitu. kalo bahasa emak-emak, dijembreng, hehehe. atau diampar di atas kandangnya. biar dia kenal bau tubuh mas, dan kenal sama mas.

      hewan apapun bahaya kalo kena residu rokok, mas. :)

      kabari terus

      Delete
  37. merokok dok..
    aq juga punya indicus dok.. jinak. lemot.70cm.. aq sering ajak main2 itu sambil merokok apa itu juga berbahaya.?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahaya, mas. bahaya banget malah. kalau mau maen sama hewan, mending rokoknya buang dulu. setidaknya bisa meminimalisir efek residu. saya bilang meminimalisir ya, bukan menghilangkan samasekali. karena residu dari asap rokok biasanya akan nempel di kain (baju). dan itu masih aja tetep bahaya kalau terhirup.

      tapi setidaknya masih bisa dibilang aman daripada yang kehirup asap rokoknya langsung sih. jadi mending buang dulu rokoknya atau jangan merokok dulu kalau mau handling hewan. :)

      Delete
  38. ohh.. gitu

    semalam melinusnya dah mulai bisa makan di liatin dok.. aq kasih DOQ (anak burung puyuh) habis 5, panjang melinya 70cm apa itu cukup.?
    untuk penggemukan baiknya di kasih makan berapa hari sekali..

    mks... 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas.
      emang selama ini dikasih makan berapa hari sekali? :)
      ngikutin yang udah ada aja. :D

      Delete
  39. ya selama ini ya gak tau dok aq tanya sallernya jg gak respon. kata temen aq 3 hr sekali.. tp itu aq coba kasih makan tiap malam mau juga..

    apa minyak ikan bisa menambah nafsu makan dok..?
    ngasih makan minyak ikannya gimana. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu sering kasih minyak ikan, cukup seminggu sekali aja.

      kayaknya sih dia masih stress dengan tempat baru. coba mas pindahin ke ruangan yang sepi suara. taro aja dia di situ. terus disekitar kandangnya, goresin kapur semut, biar semut gak ganggu dia...

      soal pemberian makan, taro aja deket dia, terus tinggal. makanannya bisa mas coba pake daging puyuh atau daging emprit. beli aja puyuh hidup, terus bawa ke tukang ayam di pasar, minta siangin, ambil dagingnya aja. setok di freezer. tiap kali mau kasih makan, ambil dari freezer, rendem di air Aqua sampe gak dingin dan gak beku lagi, cacah2 kasar, terus taro deket dia, dan tinggalin. emang kadang gak mau makan kalau diliatin.

      Delete
  40. ya. mks dok
    akan aq coba, tp aq lebih suka kasih makan yg frees. lagian rumah aq deket yg jual pakan gituan.. DOQ.DOC.emprit. gemak afkir.. 🙏🙏

    ReplyDelete
  41. siang dok..
    Alhamdulillah dok dah mau makan walau sedikit malu2 dan sudah mau di handfeed..
    sudah agak berisi badannya

    cuman masih jampi n suka ngacir..
    mks..🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting dia mau makan dan sehat. good.
      kalau soal jumpy dan ngacir, terus ajak main. agar dia percaya bahwa mas bukan mau menyakiti dia, bukan mau ngebunuh dia, tapi pengen jadikan dia sebagai teman.

      karena rata-rata biawak dan sejenisnya berpikiran kayak gitu. sama kayak hewan lain, mereka menganggap manusia nggak bisa dipercaya.... :(

      Delete
  42. sore dok..
    udah enak dok di handle. anteng tp klo d bawah pinginnya ngacir mulu.
    gimana ya caranya biar jalannya lemot..
    mks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia ngacir karena belum kenal sama masnya. lebih sering lagi interaksi. lebih sering lagi ajak main. agar dia lebih percaya sama masnya... :)

      Delete
  43. baru nangkep biawak td di kantor...mau bunuh ga tega, mau piara blm tau (belum pernah piara hewan) skrg sy iket pake rafia... kasian
    panjamg kira2 1meter (dah besar) sepertinya kelaparan...karena perutnya kempes....

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kasih makan, mas. cek artikel saya, cara memelihara salvator.... :)

      kasih makan ayam aja. atau daging ayam potong. :)

      Delete
  44. Dok. Salva saya semenjak lepas dia jadi sering pengen keluar terus dri kandangnya. Padahal dulu engga sebelum lepas. Lepasnya sh kisaran 1 hari lebih. Tpi pas ditangkap jinak. Smpai skarang pun jinak. Tpi jumpy dok. Gmna solusinya. Dihendel sh aman. Tpi jumpinya kuat tenaganya ga kya sblum lepas. Apakag harus dikarantina dlu dok ? Skarang saya hebdle nya diangkat dalam kandang trus.klo diluar dia masih jumpi dok nnti dipaksa hendle malaha galak lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih stress kayaknya mas. tetep ajak main kayak biasa, nanti dia akan balik lagi.... :)

      maaf karena baru balas.

      Delete
  45. mba kenapa ya rudicollis saya kayak kerluar lendir kebusa busaan gitu dari mulutnya,kata pemilik sebelumnya akibat dikasih fillet terus,emang ngaruh ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau filetnya dingin, mungkin aja. kalau filetnya fresh (baru diambil dari ayam yang abis dipotong), kayaknya sih nggak....

      nafsu makannya bagus?

      Delete
  46. Dok, kalo Salva sy ukuran 1m an,, tp udah satu bulanan drmh, sy taro dkolam, trs ada batu y buat dia naik dr air,, karakter nya diem bgt dok, susah makan, klo diambil pasti mangap2, soalnya Uda 2org digigit sm dia.. solusinya gmn dok? Biar makan nya lancar aja, terakhir dkasih tikus putih, udah masuk 3/4 y malah dkluarin lg dok.. udah sebulan ini, cm makan 1tikus putih aja dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau salva umur 1tahunan emang agak susah untuk jinak...
      bukan berarti nggak bisa, tapi emang butuh effort lebih. resikonya, ya pasti digigit....

      gigitannya sampe bikin mas luka?

      coba keluarkan dari air. jangan ditaro di kolam.
      kalau mas mau ajak main sama dia, pake glove biar aman kalo digigit....

      Delete
  47. Ada bekas luka y dok abis dgigit sm Salva ya.. apa suka gigit karena lapar dok? Soalnya makannya susah bgt dok, solusinya biar makan y lancar, gmn dok? Mungkin pendapat sy kalo dia kenyang, ga mungkin mau kan dok..tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas taro makanannya deket dia, terus mas tinggal, dia mau makan sendiri?
      fesesnya gimana? mencret?

      coba mas baca artikel cara agar reptil tetap sehat. kasih obat itu ke dia. :)

      Delete
  48. Dok klo Salva ukuran 60cm an, mata sebelahnya merem mlu dok, obatnya apa dok? Klo makan sih lancar bgt..makasih

    ReplyDelete
  49. Dok kan saya baru salva semalem, saya pegang pas di sana anteng² aja. Rp pas sampe rumah galak bngt knp ya?cara mengatasi nya knp?

    ReplyDelete
  50. Assalmualaikm Dok...apakah biwak cukup gizinya yg hanya dikasih mkn ikn lele 3hri 1x.sy punya biawak dpt nangkp udh 2 bln yg hanya d ksih ikn lele.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.