Kenapa Otter Saya Takut Air? | Drh. Fira Sovica

Dok, kenapa otter saya takut air?

Pertanyaan itulah yang barusan disampaikan oleh salahsatu owner otter kepada saya di klinik. Meski sejatinya otter adalah hewan semi akuatik dan perenang yang sangat handal, maka sangat aneh jika ada otter takut air. Hal yang sama pernah terjadi pada musang yang malah tidur pada malah hari, padahal musang adalah hewan nocturnal (hewan yang aktif pada malam hari). Kasus musang yang tidur pada malam hari bisa anda baca di artikel normalkah musang yang tidur pada malam hari?.
Kenapa Otter Saya Takut Air?
Image taken from otterriverfarms.ca
Kembali lagi ke bahasan kita, yaitu otter takut air.
Saya berkeyakinan bahwa semua hewan memiliki karakter sendiri-sendiri, sama halnya seperti kita, manusia. Mereka juga bisa merasakan kasih sayang terhadap lawan jenis (atau sesama jenis. Karena kadang ada hewan yang 'homo'.), mereka bisa merasakan marah, trauma, terancam, kesakitan, dan lain sebagainya. Kadang-kadang, perlakuan kejam manusia terhadap hewan tersebut membuat trauma yang amat sangat kepada hewan itu, membuat hewan tersebut berubah secara prilaku maupun psikologisnya. Pada kasus musang yang tidur pada malam hari, kadang perubahan prilaku terjadi karena manusia tersebut memaksakan suatu perilaku yang sebenarnya tidak sesuai dengan perilaku normal si hewan.
Hal tersebut sebenarnya merupakan hal salah jika perubahan perilaku itu membawa dampak buruk bagi kesehatan hewan.
Hingga saat tulisan ini saya publish di blog,

kasus otter yang takut air

tersebut masih dalam tahap observasi. Karena tidak ada perlakuan yang tidak biasa yang dilakukan oleh ownernya kepada si otter. Saya menduga ada hal yang terjadi kepada si otter di masa lalu, yang masih membekas, dan suatu kejadian membuat ingatan itu kembali dan membuat trauma si otter.

18 Responses to "Kenapa Otter Saya Takut Air?"

  1. assalamu'alaikum dok, ujung ekor otter saya luka seperti borok, bulunya rontok. Bagaimana cara mengobatinya ? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang kasusnya kayak gitu, kayaknya perlu antibiotik mas. bawa ke dokter hewan terdekat aja..... murah kok biayanya, gak sampe 200k...

      Delete
  2. ass dok, saya punya otter umur 2 blnan , dia kejang2 kyk ksakitan itu knp y ? tkutny klo klamaan d tangani bisa mengalami kmatian , gmna cara mengobatiny ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kolom perhatian sudah saya tulis kalau emang kasusnya urgent, langsung bawa ke klinik hewan terdekat saja. jangan nunggu jawaban saya. :(
      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  3. dok penanganan otter yg hairloss gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga kebersihan kandang, itu yang paling penting. kasih minyak ikan di makanannya biar pertumbuhan bulunya bagus. cek juga, apakah si otter suka garuk2 atau nggak? kalau iya, kemungkinan ada bakteri/kutu, jadi sebaiknya hilangkan kutu dan bakteri itu dulu....

      Delete
  4. dok penanganan otter yg hairloss gmn?

    ReplyDelete
  5. dok otter saya takut air .saya masukin ke bak yg airnya penuh dia berontak trus maunya keluar dari bak.caranya biar gatakut air lagi gimana ya dok??
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 dibiasain sama air aja, mas... jadi yang cetek dulu, setinggi mulutnya aja...

      Delete
  6. Selamat malam dok mau tanya, saya punya baby otter usia kurang lebih 1,5 bulan nafsu makan berkurang dan pupnya encer setelah di beri obat dr dokter nafsu makan sudah sedikit berubah namun badannya masih lemas dan kakinya dingin, itu penanganan selanjutnya bagaimana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baby otter emang lemah banget sistem pencernaannya, gak boleh salah makan dikit langsung sakit. jangan dikasih susu, kasih makan bubur bayi promina aja.

      emang sakit apa, mas? kok dibawa ke dokter?

      merk obatnya apa?

      kabari terus...

      Delete
  7. Dok saya baru bgt adopsi Otter umur 2bln up tp saya pengen memang tp takut jg digigit kira2 sakit ga gigitannya soalnya saya penyayang hewan tp takut kalo sampe digigit apalagi sampe berdarah'

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia kayaknya mau ngetes masnya aja. kalau emang masnya betul2 gak takut, biasanya gitu. jadi serba salah: mas takut, dia malah makin seneng ngisengin; mas gak takut, dia malah mau ngetes, sejauh mana mas gak takut. makanya, dia gigit2 mas terus... :)

      caranya cuma satu: kalau mas bener2 gak takut, sodorin aja tangan mas ke mulutnya dia biar digigit2... bisa dibebat tangan dulu pake kaos bekas pakai mas yang bau keringet, abis itu baru sodorin ke mulutnya dia biar gigit2 sama dia.... :)

      Delete
  8. Dokter
    Otter saya umur 2.5bln
    Poopnya cair nafsu mkn hilang
    Dan sudah lemas, disini gak ada dokter hewan yg bisa
    Pertolongan pertama apa ya?
    Bisa dikasih obat diare merk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu? jangan dikasih susu. stop susunya.
      kasih makan ubur bayi promina aja.

      mas udah tahu kalau otter anakan sangat mudah mati? :(
      udah saya bahas di artikel hewan peliharaan gampang mati. di sana ada penjelasan kenapa bayi otter gampang mati

      Delete
  9. Dok saya mu taya klo oter saya di kasih makan wiskas terus kira" ada efek yh gk ya

    ReplyDelete
  10. Dok mau tanya otter lebih baik d masih makan brapa kali sehari

    ReplyDelete
  11. asalamuallaikum dok,saya mau tanya,otter aku umur 2,5 bulan,saya kasih makan catfood ga jarang tak kasih ikan,kira" baik ga ya dok,trimakasih sebelumnya dan mohon jawabannya.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.