Normalkah Musang Yang Tidur Di Malam Hari? | Drh. Fira Sovica

Kebanyakan jenis musang adalah hewan nocturnal atau aktif di malam hari. Namun kadang ada kecenderungan

musang tidur di malam hari

. Pertanyaannya adalah, apakah musang yang tidur di malam hari normal? Bagaimana dengan kesehatannya?
Normalkah Musang Yang Tidur Di Malam Hari?
Image taken from kaskus.co.id
Sebagai dokter hewan, artikel ini saya susun berdasarkan pertanyaan beberapa owner musang yang bertanya kepada saya. Dan isi artikel singkat ini sebenarnya sudah pernah saya singgung sedikit di artikel penyebab musang susah jinak dan hal-hal yang salah dalam menjinakkan musang.
Di artikel penyebab musang susah jinak dan hal-hal yang salah dalam menjinakkan musang, saya mengatakan bahwa musang adalah hewan yang memiliki karakter unik. Meski kadang terlihat cuek terhadap ownernya, musang memiliki emosi yang kuat terhadap owner yang memeliharanya. Karakter musang juga bisa terbentuk berdasarkan cara owner musang dalam memelihara musang. Karakter musang tersebut terbentuk secara sendirinya berdasarkan insting kuat yang dimiliki musang. Itulah sebabnya ada musang yang kadang meniru perilaku ownernya, perilaku manusia, terutama musang yang dipelihara sejak kecil atau musang yang dipelihara sejak bayi. Musang jenis ini bahkan kadang lupa bahwa dia adalah seekor musang. Seperti halnya kucing yang menganggap ownernya sebagai "kucing besar yang suka memberiku makan", musang juga menganggap ownernya sebagai "musang baik hati yang suka merawatku dan memberiku makan".
Nah, kembali ke topik:

apakah normal musang yang tidur di malam hari?

  • Ada kaitannya dengan bagian artikel di atas, musang meniru setiap tingkah ownernya. Dan ini tidak ada salahnya samasekali jika musang tersebut masih sehat dan tidak terganggu kesehatannya akibat tidur di malam hari. Musang yang tidur di malam hari sebenarnya sudah mengalami masa adaptasi dan penyesuaian yang amat panjang sehingga dia lupa bahwa dia adalah hewan nocturnal.
  • Namun, insting alami sebagai hewan nocturnal tentu tidak bisa dihilangkan samasekali, sama halnya dengan kebiasaan mengigit meski musang tersebut sudah sangat jinak. Meski sudah terbiasa tidur di malam hari, musang akan tetap terbangun beberapa jam atau beberapa saat di malam hari. Sama halnya dengan musang yang pasti akan tetap mengigit meski musang tersebut sudah sangat jinak.
  • Saran saya, bagi anda yang memiliki musang yang sudah terbiasa tidur di malam hari, biarkan saja dia dengan kebiasaannya tersebut. Cukup sediakan nutrisi yang cukup bagi musang anda sehingga dia akan hidup lebih lama. Dan perlu saya ingatkan bahwa musang yang sudah terbiasa dipelihara oleh manusia dan musang yang sudah beradaptasi dengan manusia sebaiknya tidak dilepas liarkan di alam. Sedikit musang yang sudah dipelihara oleh manusia bisa bertahan di alam liar jika dilepas liarkan, kecuali jika musang tersebut sudah mengalami masa adaptasi kembali yang bisa membuat musang tersebut bisa bertahan jika dilepas di alam liar.
Demikian adalah artikel tentang normal atau tidakkah musang yang tidur di malam hari. Semoga artikel diatas bisa menjadi acuan dan penambah wawasan pembaca dalam memelihara musang. Pertanyaan, saran, kritik, serta konsultasi mengenai masalah hewan peliharaan bisa pembaca tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

15 Responses to "Normalkah Musang Yang Tidur Di Malam Hari?"

  1. Dok, beberapa Hari ini, musang saya takut sama Tikus, dia baru umur 4 Bulan, kira-kira apa normal untuk umur segitu takut sama hewan yang kecil darinya? Dia juga jadi suka kaget sekarang Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa dikatakan wajar. :)
      insting berburu musang biasanya emang berbeda-beda. tapi semuanya akan meningkat saat musang tersebut sedang birahi... :)

      Delete
    2. Umur segitu sudah birahi dok??

      Delete
    3. nggak. belum birahi. saya nggak mengatakan musang mas lagi birahi, hehehe. saya bilang umumnya nanti kalau udah birahi, biasanya instingnya akan tumbuh lagi. :)

      gak usah dirisaukan. selama musang masnya fesesnya gak mencret, aktif, dan makannya bagus, saya kira dia masih sehat. maaf karena baru balas.

      kabari terus

      Delete
  2. Maaf dok ijin nanya, musang sya perkiraan usia nya di atas 15 hari dn kerjaan nya hnya makan dn stlah mkn dia tidur begitu strus nya.
    Apakah sikap bayi musang sya itu msih di kategorikan normal? Sblm nya sya ucapkan Trimakasih atas penjelasan nya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. musang umur segitu emang senengnya makan, tidur, nangis-nangis (kayak bunyi2 gitu)....

      Delete
  3. Dok, musang saya setiap hari habis makan tidur, jarang beraktivitas klo malam pun dia tidur aja umurnya baru 2 bulan apakah itu wajar ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan?
      fesesnya gimana? mencret nggak?

      jangan mas kasih susu ya. stop susunya.

      coba mas cek artikel susu untuk musang.

      musang umur segitu emang masih suka tidur...

      Delete
  4. Dok mau tanya. Musang saya usia 3 blanan kok sepanjang hari dari pagi sampai sore tidur terus. Dan gak makan apa itu nggak papa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas selama ini kasih makan dia apa?
      fesesnya mencret nggak?
      jangan dikasih susu. kasih bubur bayi promina aja sebagai makanannya/

      saya tunggu laporan mengenai kondisi fesesnya ya mas

      Delete
  5. Dok saya mau tanya..
    Saya sudah merawat musang dari bulan februari dan pas saya pelihara kelihatannya umurnya sekita 2 bulan nah seiring berjalannya waktu sampai sekarang saya perhatikan kok pertumbuhannya seperti lambat gitu ya dok.. Itu salah dimakanannya sama minumannya atau gmn dok? Kalau makanan dan minumannya lebih baik dikasih apa dok? Terus akhir akhir ini saya lihat musang saya lebih suka memakan makanan yang tidak layak dimakan seperti kulit pisang,kain tidurnya dll padahal saya sudah beri dia makan pisang di tempat makannya apakah itu wajar dok?

    ReplyDelete
  6. Oiyya satu lagi ketinggalan dok..
    Saya mau tanya juga kenapa ya di bawah mulut musang saya seperti bentol besar gitu..
    Saya sudah bersihkan kandangnya 2 hari sekali.. Sebelum mulut musang saya bentol di bagian bawah saya sering memperhatikan juga dia sering menggaruk di besi kandangnya.. Apakah itu penyebabnya dok..? Lalu cara mengatasi bentol tersebut gimana ya dok..?
    Terima kasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
  7. Biar sekalian dok 1 lg pertanyaan saya..
    Apakah wajar apabila musang jantan menggesekan bagian vitalnya ke kain tidur/tempat makannya?
    Terima kasih dok maaf banyak tanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. selama fesesnya gak mencret dan nafsu makannya masih bagus, saya kira dia masih sehat. kalau musang umur segitu, focusnya ke 'sehat'nya aja dulu. kalau soal pertumbuhan, emang agak kurang keliatan kalau masih dibawah 3 bulan. setelah 3 bulanan, baru keliatan... :)

      2. bentol kayak gimana ya mas? gede? dia suka garuk2 bagian yang bentol itu? sementara ini observasi aja dulu mungkin. atau kalau mau, mas bisa kirim gambarnya kemari.

      3. wajar. dia lagi menandai daerah kekuasaannya. :)

      Delete
  8. Mau tanya dok , musang saya kerjanya tidur terus , makan juga harus di paksa , apakah itu wajar

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.