Cara Memelihara Lobster Hias | Drh. Fira Sovica

Memelihara lobster hias

di akuarium memang sedang menjadi tren ikan hias, terutama lobster hias air tawar yang relatif lebih mudah dipelihara. Cara memelihara lobster hias air tawar berikut diharapkan bisa membantu pembaca dalam memelihara lobster hias. Ada beberapa perlengkapan yang harus disiapkan dalam merawat lobster air tawar dalam akuarium. Artikel lain yang pernah saya bahas berkaitan dengan hewan eksotis adalah cara memelihara gurita.
Cara Memelihara Lobster Hias
Dan berikut adalah cara memelihara dan merawat lobster air tawar dalam akuarium yang penulis susun berdasarkan riset semasa penulis kuliah.
  1. Gunakan akuarium berdinding kaca yang bersih serta bebas dari lumut.
  2. Pasang perlengkapan standar akuarium ikan hias di dalam akuarium berupa aerator, saringan, dan perlengkapan lainnya. Setelah itu, masukkan air ke dalam akuarium dan diamkan selama 24 jam sebelum digunakan. Setelah 24 jam, buang air di dalam akuarium dan ganti dengan yang baru. Setelah itu baru masukkan lobster hias air tawar ke dalam akuarium.
  3. Makanan lobster hias air tawar adalah cacing beku, cacahan ikan mas kecil, udang cacah.
  4. Berikan makanan lobster air tawar tersebut setiap pagi dan siang hari. Usahakan agar pakan yang diberikan langsung habis dimakan lobster (tidak bersisa). Anda bisa memberikan sedikit demi sedikit pakan lobster air tawar sampai lobster tersebut tidak lagi memakan pakan tersebut, kemudian angkat sisa pakan dari dalam akuarium.
  5. Kebersihan akuarium lobster hias air tawar adalah hal yang tidak boleh diabaikan.
  6. Jangan sampai ada sisa makanan yang tertinggal di dalam akuarium, dan segera angkat sisa makanan dari dalam akuarium jika ada sisa makanan yang tidak dimakan oleh lobster. Ganti air setiap seminggu sekali dan bersihkan akuarium secara menyeluruh setiap setiap 3 minggu sekali.
Demikian adalah cara

memelihara lobster hias air tawar

. Tips diatas semoga bisa menjadi acuan dalam memelihara lobster dan menjadi penambah wawasan anda dalam memelihara ikan hias khususnya merawat lobster. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis dibawah ini. (FS)

88 Responses to "Cara Memelihara Lobster Hias"

  1. apakah ada waktu2 tertentu saat lobster berganti cangkang? lalu sisa ketika lobster memakan bekas cangkang nya itu apakah akan berdampak negatif dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lobster berganti cangkang kira-kira sekali dalam setahun, dan biasanya bekas cangkangnya akan dimakan oleh si lobster. tidak berdampak negatif kok... :)

      Delete
  2. satu pertanyaan lagi dok.. lobster cangkang biru & cangkang merah itu beda jenis atau satu jenis namun beda warna saja ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masing2 jenis lobster punya perbedaan fisik. beda warna saja bukan menjadi patokan jenis lobster. bisa saja lobster berwarna merah adalah jenis lobster yang beda jenis, meski warnanya sama... :)

      Delete
  3. mnurut kamu, lobster itu agresif kah? apa lobster akan hanya menyerang jika merasa terancam, soalnya 2 ekor ikan saya mati, setelah satu minggu saya satukan dengan lobster di akuarium

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik memang tidak disatukan dengan ikan. lobster kadang akan memakan ikan yang dipelihara bersama si lobster sebagai "camilan" :)

      Delete
  4. oiya, dokter fira.. sekali2 bahas ikan predator air tawar dan burung kicau dong hehehe :)

    ReplyDelete
  5. waw cemilan, lobster nya serasa di bioskop.. ok dokter saya tunggu artikel2 yg lain, sebelum nya terima kasih udah jawab pertanyaan saya..

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasang aja filter air, gak apa2 kok.
      dan bagus jika sisa makanan langsung anda buang/angkat dari dalam akuarium.

      Delete
  7. dok akuarium saya kan saya kasih tanaman air yg tingginya hampir setinggi akuarium atau pas se permukaan airnya, nah lobster saya yg 1 suka naik kesitu dok terus posisinya suka mereng gitu di puncak, kadang² sebagian badannya ada diatas permukaan air itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur lobsternya berapa? akuariumnya tidak pakai aerator ya mas?
      saya sarankan pakai aerator agar asupan oksigen dalam air bisa terpenuhi. coba juga lihat bagian bawah badan lobsternya, ada bintik2 kecil??
      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  8. dok, butuh brapa lama lobster saat berganti cangkang ? lalu knpa lobster sya blm stahun sudah gnti cangkang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lobster akan ganti cangkang (molting) sendiri saat ia merasa tidak nyaman. mungkin lobster milik mas ale masih merasa bahwa cangkangnya cukup nyaman. biarkan saja, biasanya nanti dia akan molting dengan sendirinya kok... cukup pastikan makanan dan asupan gizinya lengkap... :)

      Delete
  9. Yaa Allah dok.. Lobster sya udah tewas... Dugaan sya sih stress.. Trus dampak nya gk nafsu mkan.. faktor lain yg mnyebabkan stress mnurut sya, akuarium sya trlalu ramai

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor penyebabnya, kemungkinan kalo gak stress ya dr air juga mas..... :(

      Delete
  10. saya pengen nanya nih
    1. lobster saya red malboro lagi bertelur nah si lobster betina dan pejantannya di pisah
    2. saat telur sudah menetas apa makanan lobster yang masih amat kecil itu
    tolong kasih sarannya yah dari 2 pertanyaan itu
    hehehe soalnya saya baru pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang sebaiknya lobster jantan dan betina dipisahkan saat betina mengandung telurnya...
      makanan untuk larva lobster adalah pellet. anda bisa menambahkan cacing sutra yang dicacah halus saat larva berumur 7 hari...

      Delete
    2. Dok....kenpa gk dbals2???

      Delete
  11. Dok...saya ingin bertnya apa dampak dri lobster apabila saya bersihkan aquarium setiap 2 hari sekali krn klu tdk saya brsihkn air nya keruh??? Blas dok

    ReplyDelete
  12. Dok,,,saya ngasih mkan lobster saya pelet....saya tdk prnh membuang sisa pelet trsbut smpai saya brsihkn aquarium trsbut selma 2 hri....kira2 apa yg trjdi pda lobster saya¿??? Klu mmng hrus dbuang sisa mkanan trsbut,bgaimna cara membuang nya??? Blas yach dok,,,,trims

    ReplyDelete
  13. Dok...saya memelhra lobster 4 dlm aquarium plastik....saya mw tnya tntng air nya...kira2 air nya setngh dri aquarium atw brpa dok??? Kira2 mati tdk klu aquarium saya isi air nya stengh N saya cmn pakai oksigen saja....kata orang klu kebnyakan air akan mati...benar atw tidak??? Krn sdh 1minggu saya isi air nya setngh N tdk ada yg mati...mohon dbalas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas john. :)
      saya akan coba jawab:
      1. memang sebaiknya seperti itu. jika airnya mulai keruh, mas bisa bersihkan akuariumnya dan ganti airnya. bisa juga menggunakan aerator.
      2. sisa makanan yang tidak termakan sebaiknya memang diangkat. pakai saringan kecil yang yang biasa untuk menangkap ikan di akuarium, yang gagang saringannya panjang. bisa dibeli di toko akuarium terdekat.
      3. setahu saya, faktor kematian lobster air tawar lebih ke faktor suhu air. sebaiknya, suhu air diset tetap stabil, jangan naik turun secara drastis. kadang suhu air yang mendadak panas atau mendadak dingin akan membuat lobster stress dan akhirnya mati. selain itu, faktor ketersediaan oksigen dalam air juga penting agar lobster bisa bernafas dengan sempurna...

      Delete
  14. Ooo...jd bukn krn bnyak nya air didlm aquarium bs menyebabkn kematian udang melaikn suhu air.... Hbis nya saya bingung,kbnyak org blng klu memelhra udang air jgn smpai trendam udang nya krn bs menyebabkn kematian...mnurt dokter sebaik nya air sbnyak apa???? Setngh aquarium atw sebtas bdan udang tinggi air nya??? Mhon pnjelas nya lg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggi air sih terserah, boleh penuh (setinggi akuariumnya) atau setengah.
      yang penting pastikan airnya bebas bahan kimir (kaporit dll), suhu air stabil, dan banyak persediaan oksigen dalam air. cara menambah kadar oksigen di dalam air dengan menggunakan aerator.....
      semoga membantu

      Delete
  15. Klu di aqurium pake air sumur,bgus tdk pake air sumur dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai air sumur tapi diendapkan dulu selama 24 jam sebelum dimasukkan ke dalam akuarium, dan pastikan air sumurnya tidak ada riwayat terkena limbah pabrik dll.... :)

      lebih aman sih air sumur yang dimasukkan ke mesin pemprosesan air dulu. tapi jika memang tidak ada, tidak apa2... cukup diendapkan... :)

      Delete
    2. Sumur itu bwtan sendiri N digali khusus tuk air brsih...saya tdk tw klu air sumur hrus diendapkn dlu...saya pake mesin air tuk mengeluarkn air...kira2 apa yg trjdi pda lobster krn sdh 1minggu saya menggunkn air sumur tdk diendpn kn dhlu???

      Delete
  16. Dok....saya mw nambh memelihara udang trsbut tp di kolam...sdngkn dikolm trsbut msh keadaan tanah....mnurt dokter gimna??? Krn kolam trsbut besar N tdk menggunakn oksigen aplg tdk bs gnti air seprti aquarium N cmpuran air hujan...kira2 bisa hdup tdk udang lobster nya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menjaga suhu tetep stabil, kolam lobster hendaknya dibuat indoor (di dalam ruangan) dengan kondisi kolam permanen (diplester). kalau memang mas mau serius dalam ternak lobster, mas bisa membeli buku tentang ternak lobster. di sana biasanya lebih lengkap... :)

      Delete
    2. Jadi tdk bisa pada ruang trbuka yach dok??? Kolam itu mmng permanen tp trbuka N tdk diplester.krn ada ternakn ikan nila+gurami????? Rencna udang nanti dkolam itu lh tp dipsahkn???

      Delete
    3. kalau diruang terbuka kan suhunya naik turun. takutnya malah stress nantinya. :)

      Delete
    4. Ya allah dok....lobster saya bru mlem ini udh mati 2 buntut nya pda hilang setengh,skg tinggal 2 ukurn sedang...dok knpa bisa bgtu???? Bales dok

      Delete
    5. mas pelihara dimana? di kolam luar? lebih baik memang jangan dipelihara di luar ruangan, seperti saya bilang tadi. :)

      lobster kadang berantem dengan lobster lain, yang menyebabkan ekor lobster putus, capit lobster putus, dan lain sebagainya....

      Delete
    6. Saya pelihra dlm aquarium dlu.... Knp dia bs berantem pdahl dksh mkan trus...

      Delete
    7. biasanya karena ngerebutin makanan... :)

      Delete
  17. Oooo...wlwpun dksh mkan nya bnyak msh rebutn mkanan... Oh yo dok air dlm aquarium saya kok brbuih atw berbusa dipinggir2 aquarium??? Knp bs bgtu N apa hrus dgnti air nya???

    ReplyDelete
  18. Jd hrus gmna dok biar tdk berantem lg smpai mati??? Klu di psahkn bearti cmn 2 dlem aquarium??? Gmna mnrut dok,,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, mas john lagi. saya akan coba jawab. :)
      1. iya, tetep akan rebutan dan berantem meski makanannya banyak. memang nalurinya seperti itu. caranya biar gak berantem akuariumnya disekat kalau pas mau makan dan sekatnya diangkat setelah pemberian makanan selesai.
      2. gak apa2 kalau tidak banyak. pastikan air diganti tepat waktu.
      kalau saya boleh tanya, mas john ini pelihara hanya skala kecil (hanya di akuarium) atau skala besar (ternak)? :)

      Delete
  19. Saya mw mncoba dlm skla kecil klu sdh tw bru sekla besar.... Jd sdh tw cara penangan nya...trims yach dok????

    ReplyDelete
  20. Dok...mnurt dokter,,,ikan buntel bracun atw tdk krn saya bru membeli nya??? Terletak dmna racun nya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. sama2 mas. kalau ada yang mau ditanyakan, bisa ke blog ini... :)
      iya, ikan buntal memiliki racun. :)

      Delete
    2. iya, beracun. racunnya ada di daging. :)
      meski demikian, bagi yang bisa ngolahnya kadang ikan buntal juga bisa dimakan. koki jepang dan chef jepang biasanya piawai untuk mengolah daging ikan buntal. kalau tidak berpengalaman, lebih baik jangan....

      Delete
    3. Ooo...pda daging nya yach dok??? Bukn pada gigi atw kulit badan nya??? Bearti aman klu dipelihra bkn tuk dimkan...

      Delete
  21. Dok. saya pelihara 2 lobster hias jenisnya Red Mallboro. lobster saya ini dalam sebulan saya lihat sudah 2x ganti cangkang. apakah itu normal?
    saya memeliharanya di kolam, makanan untuk lobster saya kadang saya berikan pelet dan kadang cacing beku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. lobsternya umur berapa? :)

      Delete
    2. gak tau juga umur berapa, saya beli ukuran masih 2 inci kira".. udah saya pelihara satu bulan.

      Delete
    3. oh iya. umur segitu memang masih sering molting... :)

      Delete
    4. terimakasih infonya dok,

      ternyata lobster itu ganas juga ya, pernah saya menemukan anak cicak jatuh di kolam dan langsung di samber sama tuh lobster.. ckckck

      Delete
    5. memang seperti itu, hehehe... :D

      Delete
  22. dok kalau aquarium u/ lobster tanpa mesian apapun bagusnya gimana ya dok??? mdan dasarnya bagusnya apa ya dok??? thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. air dalam akuarium pemeliharaan lobster harus memiliki kadar oksigen cukup, maka akuarium hendaknya dilengkapi dengan aerator agar tingkat oksigen tetap stabil...

      Delete
    2. dok kalau diberi batu sbg daratannya buat dia bernapas bagus tdk dok? dan kalau dasar nya kerikil bagus tdk dok?

      Delete
    3. seperti kura2 gitu mas?
      lobster bernafas dengan menggunakan insang, mas. jadi gak akan ada gunanya kasih darangan di akuarium, dia gak akan naik ke situ buat ambil udara... :)

      Delete
  23. Dok, sy baru2 ini sdh 4 hari pelihara lobster redclaw 3 ekor ukuran 5 inc di aquarium (filter,aerator ada) namun tiba2 perilaku si lobster membalikkan badan dan tidak lma kemudian mati. Sy pelihara di outdoor/teras rumah. Faktor apa yg bs mengakibatkan sii lobster mati secara mendadak dengan membalikkan badan ya dok ? Krn sy penasaran . thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau seperti itu karena perubahan suhu, mas. perubahan suhu yang terlalu drastis.
      silakan baca artikel saya penyebab kematian lobster hias....

      Delete
  24. dok saya mau tanya.. klo lobster yang sungutnya putus sebagian pada waktu lobster masih kecil apakah sungutnya bisa tumbuh kembali seperti sedia kala?
    dan butuh proses molting berapa kali untuk panjang kembali sungutnya...? atau dengan sekali molting langsung bisa pulih dok? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara prinsip, bisa kembali tumbuh dalam 3 atau 4 kali moulting... :)

      Delete
  25. Dok,cara membedakan lobster jantan & betina itu gmn??

    Sebaiknya kalo punya lobster itu dipisah dgn lobster lainya ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, saya sudah bikin artikelnya. besok terbit. silakan balik lagi ya... :D

      Delete
  26. dok, saya baru beli 2 lobster, trus saya taruh di aquarium kecil tanpa aerator dan filter, kira2 berpengaruh sama lobsternya ga dok? apa bisa bikin cepat stress lobternya ga? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan suhu airnya tidak naik turun. tetep hangat. saya kira masih aman... jaga kebersihan air juga mas/mbak.. :)

      Delete
  27. Dok, apa lobster memerlukan pompa udara yg biasa digunakan utk ikan dalam aquarium?

    ReplyDelete
  28. Dok, dokter kok cantik ya? Apa karena di aquarium ada aeratornya atau karena suhu airnya stabil?
    Bagaimana merawat kulitnya sampai halus begitu?apakah karena sering molting atau ada pakan khusus? Maaf ya dok sy banyak tanya krn jarang orang cantik yg mau jd dokter hewan

    ReplyDelete
  29. Izin nanya,perbedaan lobster jantan dan betina apa ya dok?

    ReplyDelete
  30. Izin nanya,perbedaan lobster jantan dan betina apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya buatkan artikelnya. silakan cari di bagian cari artikel..

      Delete
  31. Malam dr.Fira..saya mau brtnya dok lobster papua sya kog tiba2 kaku posisi badan uda rebahan tp sesekali msh gerak2..itu kr2 sakit apa y dok?trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedang saya tulis artikelnya. beberapa saat lagi saya publish. :)

      Delete
  32. Malam dr.Fira..saya mau brtnya dok lobster papua sya kog tiba2 kaku posisi badan uda rebahan tp sesekali msh gerak2..itu kr2 sakit apa y dok?trimaksih

    ReplyDelete
  33. dok, saya pelihara lobster kira2 sudah 2 bulan, ada 3 yg 1 skitar 5inc cuma capitan hanya 1, dan 2 lobster sekita 3inc.. aquarium saya 80*50 klo tdk slh.. tp di dlm aquarium ada bbrp ikan hias ada semacam ikan sapu² garis² hitam putih, ada ikan mas 3, black ghost dan bbrp ikan lain. dlm aquarium sy buat rumah2 dr mainan kreta anak kecil, kayu, dan ada filter dan gelembung juga.

    yg ingin saya tanyakan, lopster saya sering sekali naik ke atas air berdiri di dahan kayu bisa seharian tdk turun itu yg lobster 5inc, yg lobster lain suka sekali capitnya seperti angkat tangan gitu.. kenapa ya dok? tp kdg lobster suka makan ikan aku yg terlihat lemah.

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  34. Saya mau tanya lobster saya di satukan di aquarium dengan ikan koral tp knpa malah lobster yg jadi penakut jadi saya biarkan tetap dalam satu akuarium.. boleh kah seperti itu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja sih mas, tapi sebaiknya tetep diawasi selama beberapa hari. kalau terjadi apa2, mending pisahkan... maaf baru balas, saya sedang sakit sekarang....

      Delete
  35. dok,, mau tanya,, apakah lobster air tawar cocok untuk penghuni aquascape ???

    Thanks,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di akuascape kok... :)
      sebelumnya maaf karena baru balas...

      Delete
  36. Dok mau tanya klo lobster saya taro di aquarium tanpa filter trus saya taro kantor ruangan ac apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ruangannya ber-ac sih sebenernya gak kenapa2. cuma, yang tanpa filter air ini. Agak riskan sebenernya kalo tanpa filter air. saya belum pernah coba sih, pelihara lobster hias tanpa filter. mungkin mas mau coba? :)

      Delete
  37. Dok mau tanya klo lobster saya taro di aquarium tanpa filter trus saya taro kantor ruangan ac apakah bisa?

    ReplyDelete
  38. Dok, makanan lobster itu apa aja selain pellet?

    ReplyDelete
  39. Dok saya mau tanya kira2 berapa suhu air untuk lobster

    ReplyDelete
    Replies
    1. suhu air ideal untuk lobster hias antara 12 hingga 19 derajat celcius....

      Delete
  40. Dok mau tanya, lobster hias itu ukuran dewasa bisa sampai berapa ya? Saya tau klw lobster punya kemampuan regenerasi yang bagus dan sel sel tubuhnya bisa terus awet muda jadi bisa berumur panjang, tapi untuk lobster hias ada batasan ukuran tubuh? Apakah lobster hias ketika dewasa bisa di konsumsi 😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa ngegedein kok mas. cuma dari lingkungan pemeliharaannya mendukung gak? maksudnya, apakah akuariumnya cukup besar....

      apakah lobster hias bisa dikonsumsi? bisa. tapi apa mas tega? :D

      Delete
  41. O... TerGantung lingkunganya ya, klw kepepet gak ada lauk ya.... Mau giamana lagi dok, 😁😂😅😆 asal bisa di konsumsi. Pas lihat lobsternya ganti kulit kayaknya enak bgt soalnya masih lembut. Kan lumayan dok hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha. mas tega makannya?
      secara prinsip ya bisa aja. :)

      Delete
  42. Dok, kmrn sy baru membeli lobster red marlboro. Sya msukin di aquarium sma ikan guppy. Sy mau tnya apakah tdk apa2? Lobster mknannya ap dok? Kmrn sya ksih nasi campur pelet mau tp hri ini tidk dmakan. Knp y dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.