Cara Memelihara Gurita | Drh. Fira Sovica

Memelihara gurita

dalam akuarium memang gampang-gampang susah. Gurita adalah hewan yang hidup di air asin atau air laut, maka mau tidak mau anda harus menyediakan media air laut sebagai sarana merawat gurita dalam akuarium. Gurita merupakan hewan laut yang bertubuh lunak. Gurita biasanya banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias air laut sebagai hiasan dalam akuarium atau sebagai hewan peliharaan utama. Saya juga pernah membahas jenis ikan eksotis, yaitu cara memelihara ikan buntal.
Cara Memelihara Gurita
Image taken from kaskus.co.id
  • Memelihara gurita dalam akuarium sebenarnya hanya memerlukan perlengkapan standar akuarium air laut seperti air laut dan perlengkapan-perlengkapan akuarium air laut lainnya.
  • Makanan gurita yang dipelihara di dalam akuarium adalah cacahan daging udang kecil, cacing beku, dan sesekali anda bisa memberikan potongan mentimun layu (mentimun yang disiram air panas terlebih dahulu). Makanan untuk gurita yang dipelihara dalam akuarium tersebut bisa diberikan setiap pagi, sore, dan malam hari karena gurita adalah hewan nocturnal atau hewan yang aktif di malam hari.
  • Selain itu, kebersihan air dalam akuarium juga hendaknya dijaga. Kematian gurita yang dipelihara di dalam akuarium rata-rata karena kondisi media air tempat memelihara gurita sudah kotor. Sebaiknya, air laut sebagai media memelihara gurita diganti setiap 2 minggu sekali. Dan angkat sisa makanan yang masih tersisa di dalam akuarium setelah memberi makan.
Demikian

cara memelihara dan merawat gurita

dalam akuarium. Semoga artikel diatas bisa menjadi penambah wawasan, terutama bagi anda pecinta ikan hias air laut, terutama bagi anda yang ingin memelihara gurita dalam akuarium. Saran, kritik, komentar, dan konsultasi dari anda sangat saya tunggu di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

4 Responses to "Cara Memelihara Gurita"

  1. selamat siang dok, kalo di dekat mata gurita keliatan putih, knp y dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya. mas yakin airnya bersih dan bebas bakteri? minimal bersih dan suhunya terkendali, tidak fluktuatif... untuk makanan, biasa dikasih apa mas? :)

      Delete
  2. Replies
    1. tergantung jenis guritanya sih.
      kalau guritanya air tawar, mungkin bisa aja.
      kalo guritanya jenis gurita air laut, ya harus pake air laut, mas... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.