Cara Menjinakkan Otter | Drh. Fira Sovica

Bisa dikatakan,

menjinakkan otter

atau berang-berang lebih mudah dibandingkan menjinakkan musang, meski intinya sama saja dengan menjinakkan musang atau menjinakkan sugar glider, yaitu perbanyak interaksi dan buat si otter mengenali anda sebagai tuannya.
Cara Menjinakkan Otter
Image taken from otterlovers.blogspot.com

Dan sebaiknya, menjinakkan berang-berang dimulai saat usia berang-berang masih muda. Namun sebaiknya jangan memelihara berang-berang atau otter yang masih bayi. Usia ideal otter untuk diadopsi adalah otter yang berusia 3 atau 4 bulan. Ini dikarenakan bayi otter sangat rentan mati dan sangat tidak dianjurkan untuk memeliharanya kecuali yang sudah sangat berpengalaman. Selengkapnya tentang cara memelihara otter, anda bisa membaca artikel cara memelihara otter.
Back to the topic.

Menjinakkan otter

sebaiknya dilakukan dengan konsistensi, kesabaran, dan tekad yang kuat. Tanpa ketiga syarat di atas, menjinakkan otter akan sama susahnya dengan menjinakkan sugar glider atau menjinakkan musang. Adapun beberapa tips untuk menjinakkan otter adalah sebagai berikut:

  1. siapkan nama, dan panggil dia dengan nama itu.
  2. Berikan makanan dengan cara menyuapinya dengan tangan (hansfeed). Lakukan sesering mungkin.
  3. Perbanyak interaksi dengan otter peliharaan anda. Makin sering anda mengajaknya bermain, maka makin cepat ia mengenali anda sebagai sahabat, sebagai teman, dan bukan sebagai teman. Semakin anda sering bermain dengan otter peliharaan anda, maka semakin kenal otter dengan anda.
  4. Jika si otter masih galak atau sering mengigit, jangan takut untuk menyerahkan jemari dan tangan anada untuk digigit. Ya, anda harus 'berkorban' dengan memberikan jari dan tangan anda untuk digigit.

    Gak mau digigit? Silakan pelihara PoU. Karena hakikatnya, otter sama buasnya dengan bangsa musang yang lain (NB: otter masih 'berkeluarga' dengan musang). Dan sejinak apapun musang atau otter, dia pasti menggigit. Menggigit adalah insting alami dari setiap musang atau otter. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang resiko memelihara musang di artikel resiko memelihara musang.
  5. Jika si otter sudah mulai tenang saat anda elus atau saat berinteraksi dengan anda, pasangi harness di badannya dan ajak ia jalan-jalan. Sebaiknya, jangan mengajak otter anda jalan-jalan saat di siang hari. Pagi atau sore hari bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengajak otter berjalan-jalan. Awasi terus otter anda saat jalan-jalan, jangan sampai otter peliharaan anda kabur.

Demikian adalah cara menjinakkan otter. Semoga tips diatas bisa menjadi referensi anda dalam memelihara otter dan menjinakkan otter. Segala jenis komentar, saran, dan kritik bisa anda tuliskan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

161 Responses to "Cara Menjinakkan Otter"

  1. permisi saya adopt otter pada umur 3 bulan dan masih agak galak,, elus-elus ok,, udah bonding,, tapi tidak mau di gendong gimana ya agar otter itu bisa terbiasa digendong,, kao mau digendong tuh mau gigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang itu tidak cocok digendong, mas.
      mereka bukan hewan yang didesign bisa digendong. jadi jangan dipaksakan buat menggendong otter... :)

      Delete
    2. sama kaya punya saya , terus bagaimana cara memasang harnes nya dok

      Delete
    3. cara memasangkan harness kepada otter sama halnya dengan cara memasang harness untuk musang. udah ada kok artikelnya...

      Delete
  2. Punyaku kalo lagi makan di tangan suka nggereng nggereng...gmana biar bisa tenang makan di tangan sambil di elus dan kalo laper apa emang nggereng nggereng sambil muter muter di kaki...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung karakter otternya sebenernya. ada yang emang gitu, kadang ada juga yang nggak. tapi 22nya normal kok... :)

      Delete
  3. Saya mau jual kira2 d mana ya udah makan d tangan udah sering d ajak jalan2 udah bisa d elus2 bulu nya...cuman gigi depah 2 biji udah d pangkas ...kalo minat hubungi aja 087725992754

    ReplyDelete
  4. Permisi dok, mau tanya nih biar gk salah langkah pas adopt otter hehe..
    Diatas tertulis pakaikan harnes stelah otter mulai jinak.. brarti fase sbelumnya kita ajak main otter dlm kandang dong? soalny klo freeroom ntar bisa kabur kn dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski belum jinak, atleast dia sudah terbiasa dengan harness (tidak berontak saat diharness). karena banyak kasus otter yang belum terbiasa pakai harness lalu dipakaikan harness, tali harness malah bikin bulu otternya rontok karena otternya cenderung berontak..... di freeroom juga bisa sih. asalkan ruangannya tertutup, dia gak akan kabur. cuma jangan panikan saat main dengan otter freeroom, mas. tenang aja. elus-elus, ajak bercanda, dll..... kayak kita main ama kucing aja....

      baru mau adopt otter ya mas? saran saya jangan beli yang tangkapan liar. yang udah pernah dipelihara ama orang lain aja. setidaknya mengurangi stress otternya... :)

      Delete
  5. Dok itu iteraksi macam apa aja yg harus di lakukan

    ReplyDelete
  6. Saat di handle sebaiknya kandangnya di tutupi agar tidak bisa lihat sekitar atau lebih baik tidak di tutupi agar bisa adaptasi dengan sekitar doc

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia masih belum mengenal mas, lebih baik di ruangan tertutup. di kamar atau di gudang oke. kalau dia udah mulai terbiasa dan mulai tenang, bisa mas bawa ke ruangan lain. biasakan mendengar suara-suara, namun jangan dikagetkan....

      Delete
    2. maaf sebelumnya, ini maksudnya untuk otter ya mas? :D
      iya sama aja sih untuk otter juga. tadinya saya kira untuk burung hantu, hehehe. secara prinsip sih sama aja. jangan dikagetin, itu aja... :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Metpagi dok,,,aku ingin tnyak ne dok,,aq punya otter usia 3bulann,,kalau tiap pagi dn sore di ajak jln" jauh baik apa buruk ya dok bagi ksehatannya,,mohon pencrhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak. kalau jalan2nya gak jauh banget, aman ama aja. cukup perhatikan saat jalan2 ya mas. :)
      jangan lengah. takutnya dia makan sesuatu atau ada insiden (jatuh dll)

      Delete
    2. dok otter kalau di adopt usia 5 bln apa msh bisa bonding sma pmilik baru?

      Delete
    3. masih. balik lagi ke cara mas 'pdkt' dengan si otternya. :)

      semua hewan, umur berapapun itu, masih bisa bonding ke ownernya. dengan syarat ownernya sabar dan bisa caranya. :)

      Delete
  9. Dok saya pernah denger di salah satu artikel di internet katanya klo otter gigit di pukul aja tp jgn kenceng trus di suapin makanan tujuanya biar si otter tau klo gigit itu salah jd dia gk ngulang lg. Gmn menurut dokter apa cara ini bisa di bilang bener atw salah? Soalnya saya juga punya otter umur 2,5 bulanan lg demen2nya gigit becanda tp gk sampe berdarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan otter mas, musang juga ada yang bilang kayak gitu. :D
      boong itu mas. kalau mas getok palanya, yang ada malah dia makin 'ngejajal' keberanian mas. malah makin susah jinak dan susah nurut nantinya.

      musang dan otter termasuk hewan yang sangat mudah membaca pikiran kita, manusia. makin dikasarin, dia malah akan makin susah jinak. :)

      Delete
    2. jadi soal gigit menggigit ini biarin aja dok? dia si gk galak cuman bercanda2 namanya juga aktif bgt tp klo lg masanya ngantuk dia tenang sih

      Delete
    3. kalau cuma becanda, mas becandain lagi aja, hihihi. dulu otter salahsatu pelanggan saya juga gitu. kalau dia gigit2 becanda, towel2 aja otternya.... becandain.. :)

      Delete
    4. jangan gigit balik mas. kasian. hehehe... :)

      kasih saya kabar lagi ya mas... :)

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Dok..saya mau tanya dan berhubung saya newbie nih.
    Katanya otter kalo udah dewasa mau nyerang gigit ya??
    Trus kalo puph bisa diatur kaya anjing nggak? Alias nya sembarangan gk.

    Makasih

    ReplyDelete
  12. Dok,otter saya susah jinaknya,saya sudah coba cara di atas,udah kegigit berapa kali,tapi masih gak mau dipegang,otternya bukan tangkapan liar,cara jinakinnya gimana ya dok? apa memang karakternya seperti itu

    ReplyDelete
  13. Malam dok :) saya mau nanya nih, baru 1 bulan ini saya adopt otter dan sekaranf udah umur 3 blanan, nah pas saya pegang di bagian punggung dan mau diangkat kok dia langsung refleks ke gigit ya dok? Apa wajar? Dan juga di rumah saya freeroom sama si blacan kok karakternya jadi persis sama blacan ku ya(pemalu/one man)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur segitu, otter emang lagi belajar mengenali masternya.
      umur segitu juga dia lagi pecicil-pecicilannya. interaksi aja terus menerus, mas.

      bukannya bagus kalau dia one man, mas? :)

      Delete
  14. dok kok otter saya suka makan jagung, timun, juga ati ampla ya? itu normal ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang udah biasa dikasih makan itu atau baru dibiasakan dengan pakan baru, mas?
      kalau emang sudah terbiasa dikasih makan itu, saya kira gak apa2 karena dia sudah menyesuaikan diri. namun tetep minimal seminggu sekali kasih ikan..... coba aja kasih dulu sedikit... :)

      fesesnya gimana? mencret atau padat? saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  15. Mau tanya
    Saya punya baru pertama kali melihara otter dan otter saya umur 2 bulan up(baru melek kayanya) saya cuma beri susu sgm ananda yg 0-6 bln ,nah yg jadi pertanyaan saya ,umur berapa otter bisa makan fillet lele/df&cf ?dan apakah untuk umur segitu bisa jadi jitot/aman untuk anggota keluarga ?soalnya ade saya jail suka masukin tangan ke dalam kandang ,takutnya nanti malah kena gigit
    Makasih
    Mohon pengarahannya

    ReplyDelete
  16. Mau tanya
    Saya punya baru pertama kali melihara otter dan otter saya umur 2 bulan up(baru melek kayanya) saya cuma beri susu sgm ananda yg 0-6 bln ,nah yg jadi pertanyaan saya ,umur berapa otter bisa makan fillet lele/df&cf ?dan apakah untuk umur segitu bisa jadi jitot/aman untuk anggota keluarga ?soalnya ade saya jail suka masukin tangan ke dalam kandang ,takutnya nanti malah kena gigit
    Makasih
    Mohon pengarahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah menyarankan umur 2 bulan up udah mulai dikenalkan dengan daging. cacah aja dlu dagingnya. soal susu, sebenernya agak riskan juga karena susu terlalu berat buat sistem cerna otter.

      harap tekankan bahwa memelihara otter umur segitu sangat riskan. sangat rentan mati. jadi harus bener2 fokus... dan setau saya, df/cf nggak terlalu bagus buat otter.....

      Delete
  17. dok, mau tanya cara mengenalkan otter dengan daging gimana? soalnya pernah otter ku dikasih daging filet ikan lele eh bukannya ditelan malah dikenyot2 terus kayak lagi minum susu di dot. jd selama ini cuma minum susu aja dok.. umur otter udah 2 bulan up

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang agak susah sih kalau sudah terbiasa dikasih susu aja. gak pernah diberi makanan lain, mas? bubur bayi misalnya?

      coba aja kasih bubur bayi dlu. :)

      Delete
  18. Dok otter saya suka ny mkan roti coklat.
    Dia gmw yg lain.
    Otter ny juga sering triak2 sambil megang klaminnya.,
    Itu knpa y dok.??
    Otter ny btina dewaasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama dikasih makan roti coklat, mas? selama ini gimana? saya sih sebenernya agak bingung, jujur aja, karena toh kalau gak menimbulkan efek, saya takutnya nantinya timbul efek sampingnya... dan pasti kelak pasti akan muncul...

      boleh tau umur otternya berapa mas? :)

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Dok otter saya klo ga lapar jinak banget. Tapi klo lapar beringasan dan gigit serta gerem2 terus. Gimana biar ga gitu ya? Lalu gimana caranya supaya dia mau beralih dr lele ke catfood? Jujut aja saya ga tau dia umur berapa karena dikasi dan yang kasi jg ga tau umurnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang seperti itu, bersyukurlah. itu artinya dia sehat. karena otter yang sakit nggak akan kayak gitu.
      caranya agar dia kalem seperti apa? coba sering2 diajak main. selengkapnya, silakan baca artikel saya cara agar musang anteng, secara prinsip sama saja... :)

      agar beralih dari lele ke cf? kalau emang lele gak merepotkan, lebih baik stay di lele aja, mbak.

      saya biasanya menyiapkan potongan lele dalam wadah tupperware dan saya taro di freezer. 2 jam sebelum kasih makan otternya, saya taruh dulu potongan lele bekunya di wadah berisi air agar nggak beku lagi (gak terasa dingin lagi) sesuai dengan porsi makan otternya... :)

      kalau pun misalnya mau diganti ke CF, coba aja kasih. :)

      Delete
  21. Dok mau nanya kalo misalkan bulunya rontok itu karena apa terus kalo pake harnest gak mau padahal udah agak jinak si kalo dibgendong diem tapi kalo lagi main gigit mulu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulu rontok pada otter atau musang biasanya terjadi karena berbagai sebab. biasanya karena penyakit, bisa juga karena tergesek2 harness. bisa juga karena perubahan cuaca (khusus otter)...

      menurut saya gak usah dipakein harness kalau emaang musangnya gak mau. nantinya malah kegesek2 ke bulunya akhirnya rontok...

      coba mas baca artikel cara agar musang anteng. bisa juga kok diterapin di otter... :)

      kabari lagi

      Delete
  22. Dok mau nanya kalo misalkan bulunya rontok itu karena apa terus kalo pake harnest gak mau padahal udah agak jinak si kalo dibgendong diem tapi kalo lagi main gigit mulu dok

    ReplyDelete
  23. kalo dari tangkapan liar bisa jinak gak yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang atau otter?
      22nya masih bisa jinak. kuncinya cuma satu: sabar dan lakukan terus menerus...

      Delete
    2. kalau baru umur 5 bulan, masih sangat bisa jinak... :)

      Delete
  24. otter.
    lakukan terus menerus seperti apa ?
    kira2 berapa lama yah ? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung gimana karakter otternya. sama aja kayak manusia, ada yang mudah akrab sama orang, ada juga yang susah... otter juga kayak gitu...

      kalau umur otter baru 5 bulan saya kira cepet kok prosesnya. coba aja lakukan langkah2 penjinakkan otter seperti di tulis di atas...

      Delete
  25. oke dh d coba.hehee
    tapi ngeri giginya.wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas takut, dia malah susah jinaknya... :)
      otter bisa baca pikiran kita, semua hewan bisa... :)

      Delete
    2. Berarti ular cobra bisa kita jinakin jg dok.... Bisa bca pikiran kita kita coba jinakin jg dok hehhee

      Delete
    3. bisa. bisa banget.
      asal kita ngerti karakternya mereka... :)

      Delete
  26. Mlm doc pup otter sbenernya mencret /padat si doc?otter saya masih galak baru beli smlm kita yg jual umur 3blnan try..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mencret banget (sampe kayak cair) dan baunya busuk, biasanya sakit atau ada masalah di sistem cernanya...... mang dikasih makan apa? pastikan makanannya bersih dan bebas bahan kimia... bagusnya kasih daging ayam mentah yang dicacah... kasih lele mentah yang dicacah juga bisa...

      Delete
  27. Mlm doc pup otter sbenernya mencret /padat si doc?otter saya masih galak baru beli smlm kita yg jual umur 3blnan try..

    ReplyDelete
  28. Gtu ya dok saya biasa kasih anak ikan mas menurut dokter gmna..?
    Klo otter bisa berenang kira" umur brapa dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya mohon maaf karena saya baru bisa balas sekarang... :(

      kalau emang udah terbiasa kasih makan otter pake anakan ikan mas, nggak apa2. cuma kalau belum terbiasa (baru mau coba), mending kasih dikit2 dulu... kalau nantinya fesesnya jadi mencret, mending jangan dilanjutkan...


      emang biasa dikasih makan apa?

      Delete
  29. Gtu ya dok saya biasa kasih anak ikan mas menurut dokter gmna..?
    Klo otter bisa berenang kira" umur brapa dok..?

    ReplyDelete
  30. Slama ini full dot ...lagi saya knalkan makanan kasar (anak ikan mas)1 hari paling 1 ekor yg di makan.
    kalau bubur bayi campur susunya boleh gg dok?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama full dot, dikasih makan apa?
      coba aja kasih anakan ikan mas... gak apa2, seekor sehari, namanya juga belajar. saya kira itu lebih bagus daripada kasih bubur bayi, mas... :)

      Delete
  31. Iya dok terima kasih sarannya

    ReplyDelete
  32. dok ko otter saya suka gigit2 buntut sama kaki ya kenapa ya dok umur nya 3 bulanan,makan lancar ko dan pecicilan nya bukan main dok,apa memang karakter otter seperti itu dok terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama fesesnya (tahinya) normal dan makannya masih rakus dan gak ada sakit lain, otter yang suka gigit-gigit ekor dan tangannya bisa dibilang cuma maen2 dan iseng2 doang..... atleast, selama tangan dan ekornya gak luka akibat gigitannya ya mas... :)

      dia suka garuk2 nggak? :)

      Delete
    2. Dok.. Bentuk feses yg bener untuk otter umut 3 atau 4 bln an it gmna sih?? Ak di kasi tau temenku kalo modelnya cair kya mencret gitu .. Emg bener gt ya?? Soalnya dia kan cma konsumsi susu doang sih..

      Delete
    3. kalau makannya cuma susu doang, emang bentuknya mencret gitu. dan itu (menurut pengalaman saya), gak bagus...

      feses otter yang bagus itu sebenernya semi padat alias krim... :)

      Delete
  33. satu lagi dok ketika di owner sebelum nya otter jalan nya lancar tidak ngesot di rumah saya sesekali jalan nya ngesot dan menggesekan badan bawah nya ke tanah itu kenapa ya dok
    makan lancar dan benar2 hyper aktive tidak ada tanda2 sakit itu kenapa ya dok terimakasih,kalo boleh saya minta pin atau id line ibu biar lebih gampang konsultasi nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 gak mas?
      coba cek kulitnya, ada bintik2 merah atau apapun yang menandakan dia kutuan mungkin?

      saya hanya membuka jalur konsultasi via komentar di blog dan via chatting di blog ini, mas...

      saya tunggu kabarnya ya...

      Delete
  34. fesesnya sih normal dok ga encer kaya air,kayanya ketuaan deh dok owner pertamanya bilang sih 3 bulan jalan 4 bulan karena saya awam jadi ga tau itu otter umur berapa btw dok di dalem kandang jinak banget ya pas di luar kandang liar abis setiap orang di depan nya di gigit tapi ga sampe berdarah dok itu kenapa ya solusibya gimana dok terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan kutuan atau jamuran?
      tapi saya sih lebih condong ke dia sebenernya cuma maen2 aja... emang suka ada yang gitu kok otter... :)

      Delete
  35. kayanya kutuan deh dok,ngilangin kutuan nya gimana ya,dan terus kalo buat otter jadi anteng itu gimana ya dok maaf banyak nanya nih dok ibarat kata mah malu bertanya sesat di jalan dok haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      mas bisa coba pake anti-tick spray, semprotan anti kutu. beli aja di toko perlengkapan kucing...

      saya malah seneng kok bisa jawab2in pertanyaan... :)
      kabari terus

      Delete
  36. Bagai mana biar otter tidak beriak dok... Soal nya suka berisik kaya suara anak ayam.. Tolong solusi nya dok.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru mas harusnya seneng kalau dia berisik gitu. artinya dia sehat. karena kalo otter sakit, gak akan seaktif itu.... malah saya takut kalau otternya diem aja... :)

      fesesnya gimana? mencret?
      jangan dikasih susu, mas...

      Delete
  37. permisi dokter mau nanya ... maaf sblum nya ini sangat" mlenceng dari topik.
    kalo saya bawa otter dari bandung ke batam melalui kapal akan membuat otter stres ga dok ? dan apa boleh otter naik kapal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung umur otternya.
      sangat riskan kalau otternya masih bayi, tapi kalau otternya udah dewasa, saya kira aman. itupun harus dijaga agar dia gak kepanasan dan tetep kasih makan selama perjalanan.

      kenapa gak pake jasa pengiriman hewan aja, mas?

      Delete
  38. dok kenapa otter saya suka berontak kalo di elus2

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. itu artinya dia belum percaya sepenuhnya sama mas. umur otternya berapa? udah dewasa ya? dan udah pelihara berapa lama?
      kabari lagi... maaf karena baru balas... :(

      Delete
  39. dok kenapa otter saya suka berontak kalo di elus2

    ReplyDelete
  40. Mau nanya dok. Kalo dia suka gigit2 pas digendong knp ya? Padahal kalo dilantai di elus2 mah diem aja nurut dia. Udah gtu jd sering gigit2 benda disekitar seperti kain lap atau boneka gtu. Apa karna baru numbuh gigi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaaaf banget karena baru balas.
      iya mas, itu dia karena baru numbuh gigi.

      Delete
  41. Dok saya mau tnya.,.
    Rencana Ny saya mau beli Linsang liar yg Dah dewasa.,.nah penanganan Ny gmn ya Dok agar jinak dn bisa bonding

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas emang siap dengan segala resikonya, ya silakan aja. yang pasti mas harus punya komitmen, gak cuma soal pelihara aja, tapi juga soal penjinakkannya. karena yang dewasa tentu lebih mudah dipelihara karena daya tahan tubuh lebih kuat, tapi juga susah buat dijinakkan.

      tapi pasti bisa jinak kok. meski waktunya agak lebih lama. :)

      mas bisa baca artikel saya di atas... :)

      Delete
  42. Kira2 maem Ny ap ya Dok untuk Linsang dewasa yg liat?
    Soal Ny rencana saya mau beli Linsang dewasa yg tangkapan liar mayan harga Ny agak miring hehe
    Dn Kira2 butuh brp minggu untuk menjinakkan Ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama aja mas, karena kalo yang dewasa dan belum jinak biasanya susah jinakkinnya...
      kalau karakter linsangnya kuat, biasanya agak susah jinakinnya. saya ngejinakin si bruno, musang bulan saya dulu, sampe 8 bulanan. saya dapet si bruno dari alam, dan usianya udah tua.

      Delete
  43. Dok. Kok skrg makin galak ya jd suka gigit2. Apalagi pas mau digendong. Di angkat badannya dia marah malah mau nyerang. Padahal tiap hari selalu saya ajak main. Umur nya 3 bulanan lah kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya takut kali pas ngajak main, bener?
      lanjut aja penjinakkannya. maaf karena baru balas ya mas.

      emang tadinya gak sering nyerang?

      Delete
  44. Ga kok mba. Justru dia kalo diajak main biasa mah ga galak. Tp kalo udah kaya mau diangkat gtu badan nya malah kaya mau gigit dan menjerit

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, iseng aja kali mas.
      umur segitu emang lagi seneng2nya main.

      mas ngerokok gak? kalau gak merokok, coba taro kaos bekas pake di atas kandangnya, dijembrengin. biar dia kenal sama bau masnya... :)

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Dok mau nanya. Kalo kaki kaki nya itu pada merah kenapa ya? Kaya terkelupas gtu bulu2 di kaki nya. Apa itu wajar atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 kakinya?
      ada bintik2 gitu nggak di kakinya?
      kalo bisa, kaki otternya jangan kena basahan atau kotor. sering2 dibersihkan. :)

      kabari lagi

      Delete
  47. Suka gigit2 sih dok kadang2. Tp entah darimana itu timbulnya merah2 gtu seperti infeksi. Tidak ada bintik merah. Saya ingin kirim gambarnya lewat w.a dok. Tolong bgt bantuannya. 081316661945 (w.a)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim gambarnya via postimage.org. upload aja ke sana, terus kirim linknya kemari.

      jujur aja, agak susah untuk otter, karena kulitnya cenderung sensitif. mudah rontok bulunya. saya ingin menyarankan mas cuci pake air hangat + dettol antiseptik (yang cairannya kayak teh), tapi jujur aja saya kurang yakin bisa sembuh. coba aja. cuci kakinya pake itu....
      kalo sampe 3 hari belum baikan juga, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat.
      jaga kebersihan kandang dan kakinya

      Delete
  48. Suka gigit2 sih dok kadang2. Tp entah darimana itu timbulnya merah2 gtu seperti infeksi. Tidak ada bintik merah. Saya ingin kirim gambarnya lewat w.a dok. Tolong bgt bantuannya. 081316661945 (w.a)

    ReplyDelete
  49. Sudah saya kasih dettol sih dok tp dicampur air biasa tidak hangat. Dan saya ksh albothyl juga dicampur air. Alhamdulillah otter saya cukup cerdas karna kalo pipis sama pup diluar kandangannya. Jd kandangnya selalu bersih sih. https://postimg.org/image/l49r7z765/ itu link nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari tampilan sih kayak scabies, tapi scabies biasanya ada titik2 merah gitu mas. kalau mau, mas bisa pergi ke petshop yang jual perlengkapan kucing, beli obat yang namanya Revolution. cara pakainya dengan cara ditetes ke kakinya... :)

      kabari lagi...


      Delete
  50. Sudah saya kasih dettol sih dok tp dicampur air biasa tidak hangat. Dan saya ksh albothyl juga dicampur air. Alhamdulillah otter saya cukup cerdas karna kalo pipis sama pup diluar kandangannya. Jd kandangnya selalu bersih sih. https://postimg.org/image/l49r7z765/ itu link nya dok

    ReplyDelete
  51. Ok dok makasih bgt ya info nya. Itu disebabkan jamur atau apa ya dok? Soalnya cuman ada di kaki2 nya gtu. Badannya mulus bgt ga ada merah2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengenai penyebab scabies, mas bisa baca artikel MENGOBATI SCABIES PADA KUCING DAN ANJING.

      kasih aja salep buat kulitnya, mas. beli di petshop. kalo bisa, sekalian bawa otternya aja ke petshop... :)

      Delete
  52. Oh jd ternyata merah2 itu kulit yg sudah terkelupas dok. Dan msh banyak kulit2 keras nya. Kata org di petshop kulit2 keras di sekitarnya harus dicopot, ya tp jangan dipaksa. Direndem air biar rada mengelupas baru kita copot. Habis itu dikasih salep khusus gtu td saya beli

    ReplyDelete
  53. Dok. Ternyata benar ada bintik2 gtu di dekat bawah perutnya itu. Tp kulit2 keras yg dikaki nya itu udah copot semua alhamdulillah trus saya kasih salep khusus fungal gtu buat anjing atau kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. fiuh, syukurlah! saya ikut seneng dengernya!
      tapi ada PR lagi mas: kalau bener fungal, mending segera cuci kandang dan perlengkapannya... :D

      kabari terus

      Delete
  54. Tp memang seharusnya dicopot gtu kan ya dok kulit2 yg kerasnya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kalau pas dilepas kulit kerasnya gak bikin luka, mending lepasin aja... :)

      Delete
  55. Dok saya Pemula, yang baru saja ingin memelihara otter. Saya dihadapkan antara 2 pilihan yang pertama adalah Otter yang masih bayi dan otter yang kurang lebih 2-3 bulan. Sebaiknya saya pilih otter yang umur berapa dok untuk pemula dan setiap harinya bekerja.

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri lebih menyarankan umur 2-3 bulan. yang kira2 udah bisa makan sendiri. kalo yang masih bayi, repot harus disepet tiap 4 jam.

      dan lagi, otter umur 2-3 bulan daya tahan tubuhnya lebih kuta dibanding otter yang masih bayi...

      silakan baca2 dulu artikel saya tentang otter di blog ini, mas... :)

      Delete
  56. Selamat sore dokter. Otter aku umur 6 bulan kenapa ea dia berontak di kandang padahal sudah makan.. dan kalau di bawa keluar suka samber tangan dan kaki.. kira kira kenapa ea??dan gimana caranya biar gak suka nyamber tangan trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore.
      mas baru pelihara otternya berapa hari?
      mas beli di orang atau nangkap?

      kayaknya stress. mending pindahkan kandangnya ke ruangan yang sepi suara. diamkan di ruangan itu selama 6 sampe 12 jam. jangan diganggu. kalau mau kasih makan, taro aja di kandangnya....

      masnya merokok? kalau gak merokok, taruh kaos bekas pakai mas di kandangnya... dilebarin...dijembrengin gitu, biar dia kenal bau tubuh masnya.... :)

      soal dia gigit2 kaki, wajar kok. mereka kan emang tertarik sama bau alami manusia. dan kaki termasuk bagian tubuh yang punya bau alami..

      Delete
  57. Baru seminggu dok. Beli dari orang. Apakah ada cara nya Biar gak suka gigit tangan. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada cara lain selain jinakkin, mas...
      caranya udah ada di artikel di atas...

      Delete
  58. kalau emang dia udah terbiasa makan lele, gak apa2 kasih makan lele aja mas. saya malah takutnya kalau mas kasih catfood, nantinya malah muntah dia...

    otternya umur berapa?

    ReplyDelete
  59. dok mw tanya nie
    other sya skg umur kurang lbh 7 bln sdh bonding dok ,, di ajak jln" ok
    cma sya pengen gengdong tpi gk berni dok
    krna kalok mw di ambilo kyakx mw gigit jdi saya tkut .. solusinya gmn daok
    dan skg mkanannya beralih ke tomat dari sblmx biasa foodcat ,, untuk kesahtannya gmn dok ,, apakah tidak ap" buat kesehatannyan ,, klok hasil pop nya sih bgus bgus dok

    ReplyDelete
  60. dokter cantik. aku punya otter jantan umur kira kira 4 bulan. waktu saya kasih makan di tangan knp selalu gigit dok. trs dia sering teriak teriak gtu.apa itu normal?gmna cara ngehilangin kebiasaan gtu. mohon bantuanya

    ReplyDelete
  61. dok lebih baik di beri makan bibit lele atau lele besar? cuman takut aja gitu kalo di kasih lele besar durinya nyangkut di tenggorokanya. terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung umur otternya, mas.
      kalau mau aman sih kasih lele yang lebih kecil dari otternya, biar dia gampang cernanya.
      kayaknya gak deh, si otter biasanya gampang untuk cerna duri dari ikan yang dimakannya. gak ada istilah otter 'ketulangan', hehehe. setidaknya saya belum pernah denger. :D

      Delete
  62. Malam dok,saya mau tanya
    Saya baru adop otter umur 3bln.kata owner sebelumnya karaktermya udah jitot,karna kerjaan 2 minggu gak ke handle jadi galak.padahal dia urus otter itu dari bayi.
    Saya ragu,apa otter yang saya beli ini emang dari kecil apa liar,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya saya ragu-ragu sih.
      karena biasanya otter kalau udah jinak, dia akan tetep jinak. kalau cuma 2 minggu gak diajak main, kayaknya dia akan tetep jinak deh mas....

      emang galak banget? banget?

      kalau iya, kayaknya sih iya otter liar. itu pendapat saya. karena kalau musang yang tadinya jinak terus dia jadi galak karena kehandle, dia gak akan jadi "galak banget", tapi "galak aja"...... gak pake banget... :)

      Delete
  63. Dok gimana dengan otter yg awalnya jinak tapi setelah sampai di rumah pembeli jadi agresif dan mau gigit mulu ?
    Apa solusinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi dia stress atau ketakutan sama tempat baru.
      nggak apa2, karantina aja dulu di ruangan sepi...

      Delete
  64. Dok saya punya Otter kra2 umur 4 bulan,Otter nya agresif bnget dok Bru di dktin ajj udah nggerem,udah coba cra2 yg di atas smpe tangan brdarah2 tpi ttp aja liar..musti gimna ya dok kra2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang seperti itulah 'dukanya' pelihara otter yang galak, mas. memang kudu banyak sabar. kalaupun mau otter yang lebih jinak, bisa pelihara otter anakan, tapi otter anakan sangat mudah mati..... kalo otter yang remaja, agak galak tapi agak lebih kuat daya tahan tubuhnya, jadi gak mudah mati....

      hmm, saran saya buat mas, mending sementara ini taro aja di kandang, kasih makan rutin, itu aja dulu sampe beberapa bulan ke depan, mas.... kalau mau kasih makan, coba pake sarung tangan karet, terus suapi makannya....

      Delete
  65. Dok.. saya punya otter 2 ekor (jantan dan betina) dan berumur 2bulan..
    Boleh kah mereka dijadikan satu kandangnya?
    Terus mereka sering tidur2 gitu tapi kalau laper mereka bawel sih, apakah itu normal ?

    ReplyDelete
  66. Kalau untuk porsi makan idealnya untuk umur 2 bulan, lele berapa ekor per hari kira2 dok ? Saya biasa kasih mereka lele yg masih kecil (kira2 seukuran telapak tangan) 1-2 ekor perhari

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya, 1-2 ekor lele itu abis?
      itu udah bagus sih. emang porsi makan otter segitu. malah menurut saya, itu udah bagus banget. rata2 cuma 1 ekor. :)

      Delete
    2. Permisi dok,mau shering dikit dong,kenapa ya ini otter saya sangat hiperaktif pas malam hari,sampe pernah jatuh dari lantai 2 ya untungnya gakpapa si hahaha
      Apa emang otter sama dengan musang lebih aktif dimalam hari?
      Dan saya juga sering bingung,ini otter sangat bonding,diajak naik motor oke,diajak jalan oke,bahkan digendong anak" juga oke gak mau gigit,tapi kalo diarea deket sama kandangnya dia malah suka gigitan ( gigit bercanda tapi lumayan sakit )
      Atau karna pengaruh dari makanannya ya,setiap hari saya kasi lele yg udah dicincang kecil-kecil

      Delete
    3. otter emang nocturnal mas...sama kayak musang...

      nggak pengaruh, mas. emang sejinak apapun otter pasti gigit kok. cuma becanda lagian. :)
      udah saya bahas: apakah daging membuat musang jadi galak. ada artikelnya. sama aja otter juga gitu.

      Delete
  67. permisi dok mau tanya,, saya punya otter umur 3 bulan masih semi jinak,, kira2 didalem kandang otter dkasih bak air atau ga perlu dok,,baru pelihara pertama kali buat otter sebelumnya udah pernah jinakin musang semi galak jg apa penangananya sama buat jinakinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. penanganannya sama aja sih mas... :)
      mending tanya sama owner sebelumya, apakah biasanya dimasukkin ke air atau tidak. kalau nggak ya nggak usah. :)

      kalau saya sarankan, jangan di masukkan ke air... :)

      Delete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. Dok mau tanya ini Otter saya ekornya berjamur sampai bulunya rontok jadi kayak petal gitu gmna cara mengatasinya dok dan obat/salep apa yg cocok dok. Sementara ini cman saya bersihkan dengan dettol .

    ReplyDelete
  70. Kira" kalau kena jamur gitu apa boleh d mandikan/d renangin dok. Terimakasih atas waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan, mas.
      pake dettol sebenernya udah cukup, kalau belum terlalu parah.....

      Delete
  71. Makasih infonya dok. Oh iya dok ini kan posisi kulitnya gundul bulunya habis rontok trus permukaan kulitnya udah mulai membaik apa nanti nya bsa tumbuh bulu lagi ya dok? Biar cepet tumbuh apa perlu makanannya saya campur minyak ikan? Soalnya saya jarang kasih minyak ikan dok soalnya kalau keseringan suaranya jadi serak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emang jamurnya udah sembuh, nanti bari focus ke penumbuhan kembali rambutnya. bisa kok, bisa tumbuh lagi.

      kalo untuk mempercepat, boleh kasih minyak ikan. tapi jangan sering2. cukup seminggu sebutir aja mas.

      Delete
  72. dok saya pelihara otter yang baru melek, saya kasih susu bayi non laktosa,, tp fases putih gitu normal ga dok,,otter nya sih keliatanya sehat thanks dokcan

    ReplyDelete
  73. Mba sya bru nemu otter di depan rumah trus sya plihara bru 3hri. Kmren" mau makan terus sekarang gak mau makan. Biar di kasih lele blender tetap gk mau. Tolong saran nya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih wetfood aja mas. makanan kucing yang basah.
      dan coba karantina di ruangan sepi.

      Delete
  74. Selamat malam dok , maaf sebelumnya saya ini kan ada rencana ingin adopsi Otter dengan umur 7 bulan , pada owner pertama sih dia bilang jinak total dan memang saya lihat sendiri bonding , tapi apakah kalau berpindah owner perilakunya akan sama dengan owner pertamanya ? Soalnya yg saya tau Otter itu tipe hewan setia , terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung karakter otternya sih mas,
      kadang ada yang strike dulu sama owner barunya, ada juga yang langsung akrab. tapi pasti akan akrab kok meski awalnya strike. soal waktunya, maksimal biasanya seminggu udah akrab... :)

      Delete
  75. Dok mau nanya cara mengatasi otter kembung gimana ya? dan apa ciri-cirinya jika otter kembung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bianya kalau otter kembung dia malas bergerak, mas. kadang kalau udah parah malah gak mau makan. dari fesesnya juga kadang mencret. perutnya membesar, meski ini bukan tanda utama otter kembung...


      coba cek artikel saya, cara mengobati kucing kembung. secara garis besar sama sih penanganannya... :)

      Delete
  76. dok..
    kalo ngajarin otter pup di tempat khusus gimana ya?
    Umurnya 5 bulan..
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel: cara melatih musang buang air di tempatnya.

      secara prinsip sama. :)

      Delete
  77. Pagi sih saya mau tanya..umur otter saya 10bln..jalannya pake dulu sm dengkulnya sih ga bs jln pakai telapak kaki dulu normal..saya liat jari2 agak benkok dok..dulu pernah jatuh dr tangga dok..itu gmn biar normal lg ya dok?

    ReplyDelete
  78. Pagi dok saya mau tanya..umur otter saya 10bln..knp otter saya jalan pakai dengkulnya sya dok ga bs jln pakai telapak kaki dulu sih normal..saya liat jari2 agak benkok dok..dulu pernah jatuh dr tangga dok..itu gmn biar normal lg ya dok?

    ReplyDelete
  79. Dok saya Baru ados otter kira" umur 3bulan tpi kok gk tingkah ya dok malah tidur terus itu harus di apa.in ya dok

    ReplyDelete
  80. Kenapa otter sy ga bunyi ya, trus kalo jalan sukanya ngesot / kaya brenang di air

    ReplyDelete
  81. Dok. Tangan saya kena gigit otter , dan di koyak sm otternya.. sudah saya bersihkan dengan air dan kasih betadine , tp stelah 2 hari , sebelah2 lukanya kaya kembung dan ketika saya pencet keluar kaya air , dan ad juga kaya nanah.. itu bahaya gak ya ? Dan gimana cara obatinnya.. saya sudah minum antibiotik juga.

    ReplyDelete
  82. Mau tanya Dok, saya dapat Baby Otter dari alam, kira" sdah 12 hari saya plihara, saya ga tau usianya matanya sampai saat ini masih merem, kira kira boleh ga ya dimndikan... so bdanya kotor kena pipis sama pupnya.

    ReplyDelete
  83. Kak, mau nanya dong. Kok Otter sekitar umur 4 bulanan, itu klo dijinakkan nya kira kira berapa lama si? Trus juga porsi makannya kira kira berapa banyak?

    ReplyDelete
  84. Oterku umur 2,5 bulan,kok galak amat ya dok,apa gara2 ambil di liaran

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.