Cara Mudah Menjinakkan Musang | Drh. Fira Sovica

Banyak orang yang ingin tahu

cara menjinakkan musang

dan prinsip menjinakkan musang. Terlebih saat ini musang termasuk hewan yang sedang musim dipelihara sebagai hewan peliharaan. Meski cenderung termasuk hewan buas, ternyata musang bisa dijinakkan.
Menjinakkan musang memang gampang-gampang susah. Sebagai hewan nocturnal (aktif di malam hari), musang bisa mengetahui perasaan ownernya hanya lewat pandangan atau kontak mata. Maka, makin takut kita terhadap musang, maka makin berani dia terhadap kita.
Cara Mudah Menjinakkan Musang
Bagaimana lagi cara mudah menjinakkan musang selengkapnya? Inilah beberapa prinsip cara menjinakkan musang. Cara mudah menjinakkan musang berikut ini juga anda bisa padukan dengan tips cara menjinakkan musang di artikel cara menjinakkan musang.
  1. Hilangkan rasa takut.
  2. Prinsip pertama dalam menjinakkan musang adalah menghilangkan rasa takut. Makin takut kita terhadap musang tersebut maka akan semakin liar dan buas musang itu.
  3. Digigit adalah hal wajar.
  4. Prinsip menjinakkan musang yang kedua adalah membiasakan diri digigit. Menggigit merupakan sifat dominasi dari musang, dan hal ini seharusnya tidak membuat anda takut. Secara singkat, musang menggigit hanya untuk membuat anda takut, bukan untuk melukai. Maka, biasakan diri anda digigit musang dan jangan sampai gigitan musang membuat anda takut. Bagi anda yang tidak mau terluka terlalu parah karena digigit musang, anda bisa membaca mengenai cara memangkur gigi musang di artikel cara memangkur gigi musang.
  5. Tempatkan diri anda sebagai partner, bukan sebagai pemiliknya.
  6. Prinsip menjinakkan musang yang ketiga adalah menempatkan diri anda sebagai partnernya, sebagai sahabat si musang, bukan sebagai pemilik. Makin kuat kedekatan anda dengan si musang, maka makin kuat juga ikatan (bonded) anda dan si musang. Musang akan mengikuti anda kemanapun anda pergi dan menganggap anda sebagai orangtuanya.
  7. Handsfeed (memberi makan dengan tangan).
  8. Prinsip terakhir dalam menjinakkan musang adalah sering menyuapinya makan atau dalam bahasa inggris disebut handsfeed. Anda bisa melakukan langkah ini bila ketiga langkah diatas sudah sempurna dilakukan. Hal ini agar si musang makin dekat secara emosional dengan anda.
Demikian adalah prinsip dalam

menjinakkan musang

. Semoga artikel diatas dapat membantu anda dalam menjinakkan musang. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

282 Responses to "Cara Mudah Menjinakkan Musang"

  1. gan saya mau nanya nih kalau cara menjinakan yang ini apa bisa dipake disetiap musang atau setiap jenis? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara menjinakkan musang di atas untuk semua jenis musang. mbak baca aja cara menjinakkan musang yang linknya ada di artikel di atas.... :)

      Delete
    2. malm dok,,,musng sy jink dn nurut ,, klu jaln aja suka ikutin sy dr belkng tnpa d rnte !! cm klu lg becanda musang sy palng suka gigit tangn atau kaki, apa kah itu tanda ny musang sy mulai galk krna sering d tggl krja ama sy dok, mksh buat info ny dok

      Delete
    3. menggigit adalah hal yang wajar bagi musang. namanya juga hewan buas, mas. hehehe.

      mas mau biar dia gak gigit? kuncinya cuma satu. jangan takut. kalau pas digigit mas jadi takut, dia pasti bisa tahu, dan akhirnya tambah 'iseng' lagi.....

      dibiasakan aja digigit biar gak takut lagi, mas... :)

      silakan cek artikel saya cara agar musang anteng

      Delete
  2. Drh.fira sovica musang saya sangat galak.. saya baru pertama kali pegang udah di gigit sampe jari berdarah darah.. apakah harrus di biasakan si musang ini gigit jari kita... kira"sampai makan waktu brapa lama dr.sampai si musang berenti gigit jari kita.. soalnya kalau lama bisa bisa jari saya habiis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang seperti itu, saran saya lebih baik dipangkur taringnya. memangkul/menumpulkan taring musang bisa saja dilakukan agar memperkecil resiko luka saat digigit musang.
      Mas bisa membaca CARA PANGKUR GIGI MUSANG, search di menu cari artikel diatas..... baca juga CARA MENJINAKKAN MUSANG, search di menu cari artikel juga.... :)

      Delete
    2. Kalau dii pangkur itu bisa menyebab kan musang nya jdi stres gak ya dok..
      Owya dok satu lagi.. kok musang saya kalau saya taruh di dalam sangkar dia selalu muter2 terus ya dok kayak gangsing.. itu knapa ya dok..apakah musang nya stres atau tidak betah di sangkar.(kyak protes mau keluar sangkar gtu dok :D)
      Sblm nya trimakasih dokter atas jawaban dan perhatiannya :D

      Delete
    3. kalau cara memangkurnya salah, iya bakalan bikin musang stress.
      dia muter2 kayak gitu karena sedang adaptasi. biarin aja dlu. nanti juga dia tenang sendiri... :)

      Delete
  3. Iya dok rencananya kemaren mau di pangkur di dokter hewan cuma di klinik hewan itu gak trima pangkur dok.. yaudah deh gak usah di pangkur jdinya..
    Oo bgitu ya dok.. pantesan aja skrng si jowey(nama musang saya) udah anteng..

    Trimakasih banyak ya dok atas sarannya smoga blognya makin sukses dan dokter makin panjang umur dan sehat selalu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh syukurlah kalau memang tidak jadi dipangkur.
      mas tinggal di daerah mana? kalau mau pangkur gigi musang, mas bisa telepon atau sms dlu ke dokter hewan daerah mas. saya ada nomor telepon dan hp dan alamat dokter hewan terdekat ke rumah mas. silakan search ALAMAT DOKTER HEWAN di bagian cari artike.... :)

      Delete
  4. Saya. Tinggal di tangerang kota dok...
    Boleh2 dok untuk info alamat/no tlpon dkter hewan...
    Saya izin search yah dok alamat dokter hewannya
    Trimakasih. Banyak dokter telah banyak membantu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama.... :)
      kalau mau nanya2 lagi, saya tunggu di blog ini... :)

      Delete
  5. Dokk ak punya musang umur 3bln kalau tak kasih makan pakai tangan kog nggak mau malah gigit tu napa y?tp kl siang musangnya kl ak gendong diam aja.

    ReplyDelete
  6. Pengen pelihara musang, mau tanya ni Dok, idealnya umur musang utk di adopt tu umur brp ya Dok? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur idealnya yang umur 2 hingga 4 bulan.... silakan mas search di bagian cari artikel: cara memelihara musang pandan :)

      Delete
  7. dok musang saya kalo di kasih makan pake sarung tangan g gigit tapi kalo g pake sarung tqngan gigit lagi dok tu gimna ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara coba kasih aja pake sarung tangan. sesekali, coba anda julurkan tangan anda pake sarung tangan tanpa makanan. biarkan tangan anda digigit oleh musang, agar anda terbiasa digigit oleh musang dan agar dia mengenal bau tangan anda..... digigit musang gak seseram apa yang dibayangkan, mas. cuma mungkin anda belum terbiasa, jadi masih kaget kalau digigit. caranya ya dengan membiasakan diri digigit. awalnya pake sarung tangan aja... atau mas mau pangkur taring musangnya juga bisa... :)

      banyak artikel lain mengenai menjinakkan musang. bisa mas search di blog ini....

      Delete
  8. Dok kl muspan dewasa cara menjinakannya gimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan search di menu cari artikel: menjinakkan musang
      banyak artikel yang berkaitan dengan menjinakkan musang di blog ini... :)

      Delete
  9. Dok, knp musang saya setiap dimandikan selalu melawan dan akhir" ini menggigit. Bagaimana cara mengatasinya. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang sebenernya hanya membaca pikiran mas, kemudian melakukan hal yang sebaliknya. jika mas takut, maka dia akan makin berani mengintimidasi mas dengan cara menggigit dll. sebaliknya, jika mas berani, dia juga akan melawan untuk menguji seberapa berani mas dengan dia. silakan baca hal-hal yang salah dalam menjinakkan musang, saya sudah tulis di situ. search di bagian cari artikel....

      cara termudah adalah menempatkan diri kita sebagai partnernya. anggaplah kita ini 'musang yang lain' saat menghadapi musang kita, jangan menunjukkan keberanian, juga jangan takut. biasa2 aja. inget loh mas, musang bisa baca pikiran kita lewat tatapan mata. sama seperti kuda.

      sebaiknya biasakan saja dia kena air. mandikan seminggu sekali, dan usahakan mas memegang dia.kalau sekiranya membahayakan, bisa dipangkur taringnya ke dokter hewan terdekat. tapi itu sih last option. kalau bisa, jangan sampai dipangkur... silakan baca cara pangkur taring musang

      Delete
  10. Oke dok..tapi memang musang saya kalau liat air sekarang ini langsung ngelawan. Sampai bingung saya. Kalau memandikan dengan sarung tangan gimana? Di sarankan tidak?

    ReplyDelete
  11. Selamat siang dok
    Dok sya mau tanya2 . Sya baru adop musang umurnya -+ 4 bulan dok.. musang sya masih semi galak.. saya elus2 pakai sarung tangan g galak dok tapi kalau saya elus2 nya pakai tangan langsung digigit dok.. gmna ya dok solusi nya..

    Soal makan nya dia mau makan malam aj dok musang saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang juga, mas.
      kalau musangnya dipangkur, biasakan diri digigit, mas. mas takut karena belum terbiasa. coba elusnya jangan pakai kain tipis (atau kaus bekas pakai mas biar dia bisa mencium aroma tubuh mas juga saat menggigit). kasih aja tangan mas yang udah terbungkus satu lapis kain ke mulutnya, suruh dia mengigit. kalau sudah terbiasa digigit seperti itu (setelah melakukan hal tersebut selama beberapa hari) dan mas merasa tidak takut atau tidak kaget lagi, coba kasih aja tangan mas.

      beda lagi kalau taringnya belum dipangkur dan bisa membahayakan. tetep pakai kain/kaus bekas pakai gak apa2. namun usahakan setiap hari ada interaksi, entah itu dari elusan, pemberian makanan lewat tangan (disuapi), dimandikan, dll... :)

      di artikel ini juga banyak artikel mengenai menjinakkan musang. semoga membantu... :)

      Delete
  12. Blum sya pangkur dok gigi nya
    Klau soal mkannya dok musang sya mlm aj dok klau pagi sampai sore sya sodorkn mkn g di mkn dok klau saya taruh di t4 sedikit2 mknx apa musang sya kurang nafsu ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin memang kebiasaan dia seperti itu. biarkan saja.
      kalau mas mau dia makan siang hari, caranya begini: pas malam kasih makan sedikit hingga saat pagi hari dia masih lapar. nanti pas pagi, baru kasih makan banyak. terus menerus seperti itu hingga beberapa hari.

      tapi kalau menurut saya, biarkan saja menurut kebiasaannya dia. agak banyak kasih makan pas malem agar dia kenyang... :)

      Delete
    2. Jadi gpp ya dok... lau gtu saya biar kan dah
      Terima kasih dok

      Delete
  13. Dok ko musang saya gamau makan ya ,padahal udh di kasih pisang di kandangnya tpi tetp aja ga dimakan dok ,solusinya dong dok agar lahap makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih makan pakai pipet/suntikan. pelan2 kasihnya, jangan sampe tersedak.
      silakan baca cara menambah nafsu makan musang

      Delete
  14. Dok kok musang saya umur 3 bulan gemetar mulu ya kalau dikandang sama diluar kandang,itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak sebab, tapi yang paling mungkin malnutrisi. coba diperbaiki lagi pola makannya. kasih susu SGM LLM aja mas. :)

      Delete
  15. Malam dok, oh iya dok, musang saya berumur kurang lebih 10 bln. Dia agak galak....gmn cara mnjinakannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel di atas. hehehehe...

      banyak juga artikel mengenai menjinakkan musang lain di blog ini yang mas bisa baca2... :)

      Delete
  16. Tolong jangan pangkur taring musang!!! Stop pangkur!!!
    Kalo tidak mau digigit ya jangan pelihara musang galak!!!
    Jangan ajarkan menyiksa hewan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kalau baca sesuatu, jangan hanya baca judulnya. baca dulu juga isi artikelnya. kalau sudah baca artikelnya, baru deh komentar. :)

      silakan baca dulu artikel cara pangkur gigi musang baik2. JANGAN HANYA BACA JUDULNYA SAJA, LALU MEN-JUDGE SAYA MENGAJARKAN PANGKUR MUSANG. :)

      Delete
  17. blh nanya gk? cara jinakin muspan gimana sih..
    gua baru beli dan msh umur 3 bln minus pangkur nah
    pas ane bawa ke rmah trus ane diemin 2jam abis itu ane
    cba pengen pegang dia kagetan dan pas ane pengen elus"
    dia pengen nyerang dan kabur....
    itu gmn ya mohon bantuan dan solusinha

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel di atas. :D
      kunci utama dalam menjinakkan musang adalah sabar. gak ada musang galak yang bisa jinak secara langsung gitu aja. semuanya butuh proses. :)

      Delete
  18. Aku kmren dapet musang rase pandan. D jual laku gk yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. laku... harga musang bisa dibaca di artikel harga musang...

      Delete
  19. Dok,aq punya musang udah jinak +- umur 5 bulan. kmaren aq bawa ke klinik hewan krn kulitnya kena jamur. di klinik musang tsb disuntik 2 x. suntik vitamin sm suntik anti jamur. selang 1 hari musang tsb malah jadi galak. itu knp ya dok ? gmn cara caranya agar musang tsb bs jinak lg dok? Thks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, sebenernya untuk mengobati jamur, saya lebih merekomendasikan memandikannya dengan air mandi campur cairan antiseptik dettol dan setelah itu dimandikan. tapi tidak apa2 kalau memang sudah terlanjur diinjeksi.
      memang ada beberapa jenis vitamin dan serum anti jamur yang membuat beberapa jenis hewan mengalami perubahan perilaku karena merasa tidak enak badan dan sebagainya. nanti juga biasanya akan kembali seperti semula mas... :)

      Delete
  20. Dok saya punya musang -+ umur 2 bln. Musang saya klo di kasih pisang/pepaya kok gk mau ya dok. Mau nya duku, itupun dikit dikit. Gmna dok solusi nya agar muspan saya bisa makan yang lahap dok. Mohon solusi nya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok saya punya musang -+ umur 2 bln. Musang saya klo di kasih pisang/pepaya kok gk mau ya dok. Mau nya duku, itupun dikit dikit. Gmna dok solusi nya agar muspan saya bisa makan yang lahap dok. Mohon solusi nya dok :)

      Delete
    2. musang cenderung makan apa saja yang terasa manis dan dia akan rakus kalau lapar. musangnya jenis musang pandan? kalau iya, mas bisa kasih bubur bayi promina sambil terus diajari makan pepaya.... jadi diselang-seling. 2 hari makan bubur bayi, 1 hari ajari makan pepaya. kalau belum bisa makan pepaya padat, bisa dijus dulu tanpa es.
      kasih madu sedikit jus pepayanya biar terasa manis... :)

      Delete
  21. Dok mau tanya,musang pandan milik saya setelah dipangkur kok jadi kesusahan makannya ya.
    Umur kurang lebih 3bln ( betina)
    Solusi & langkah yg tepat gimana ya dok?trims

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Dok mau tanya,musang pandan milik saya setelah dipangkur kok jadi kesusahan makannya ya.
    Umur kurang lebih 3bln ( betina)
    Solusi & langkah yg tepat gimana ya dok?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas dipangkurnya oleh dokter hewan? kalau dipangkur oleh dokter hewan biasanya dikasih obat biar si musang gak susah makannya....

      Delete
  24. dok, saya punya musang yang persis sama gambar yang diatas, di ujung ekornya warna putih, cuma lebih kecil.
    dia udah mau di elus di seluruh tubuh, terus kalo gigit juga cuma gigit2 kecil..
    tapi dia masih sering mendesis..
    terus kalo dikeluarin dari kandang juga ga mau dia.. kemarin saya coba keluarin dari kandang terus malah mau kabur, jadi saya pegang pangkal ekornya.. eh malah di gigit tangan saya..
    solusi supaya dia mau keluar dari kandang gimana ya dok ?
    soalnya saya kepingin dia bisa diajak kemana2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara agar musang tidak hissing bisa dibaca di artikel cara menghilangkan hissing pada mudang....
      kalo soal menggigit, wajar. namanya juga hewan buas. hehehehe.
      cara agar dia tenang saat dibawa keluar bisa dibaca di artikel cara agara musang anteng... :)

      Delete
  25. Mbak mau tanya cara ngasih makan pala ayam itu harus di cincang dulu apa di kasih utuh utuh ?
    Yang kedua cara agar musang umur 4 bulan bonding gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia bisa makan secara utuh, bisa kasih utuh. kalau tidak bisa, bisa dicacah kasar2. :)
      agar musang bonding mas bisa baca di artikel cara agar musang bonding dan cara agar musang anteng. silakan cari di bagian cari artikel....

      Delete
  26. dok mau tanya lagi.. musang ku tiap malam skitar jm 8 sampe pagi slalu muter2 di kandang udah gitu jadi galak itu kenapa ya?? padahal waktu habis magrib aku handsfeed dia nya mau makan.. siangnya aku elus2 anteng aja dok..
    makaseh dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang karakter musang seperti itu. kalau malam dia aktif di kandangnya. kan emang musang hewan malam, jadi wajar kok... :)
      coba lebih sering diajak main waktu malam... :)

      Delete
  27. Dok.. Musang saya belakangan ini sangat nakal.. suka menggit dengan agak keras. Hingga terkadang berdarah. Biasa nya tidak dok. Musang saya berusia 8 bulan. Tidak jinak. Lebih buas. Bagaimana cara menjinakkannya dok.? Dan langkah di atas sudah biasa saya terapkan semenjak musang masih bayi. TP skrg dia mulai buas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, bisa jadi karena dia udah siap kawin. menginjak 8 atau 9 bulan biasanya mereka sudah menginjak usia siap kawin. sebelumnya jinak?
      tapi sebenernya ada fakta lain kenapa musang usia dewasa sering berubah perilaku. saya coba jelaskan:
      tidak seperti kucing yang selalu menganggap kita (manusia) adalah kucing juga, makin bertambah usia musang sebenernya dia makin sadar bahwa dia adalah makhluk yang lain. beberapa jenis musang (berdasarkan karakternya), cenderung akan memberontak dengan cara intimidasi kepada orang yang ia pikir ownernya. cara intimidasinya macam2, bisa dengan cara gigit, cakar, memanjat ke tubuh ownernya, dan lain sebagainya...... namun tidak semua musang seperti ini juga. ada musang yang emang dasarnya 'manut' dan taat kepada manusia, meski ia sadar bahwa ia tidak seharusnya patuh kepada ownernya itu....

      cara terbaik agar si musang bisa jinak lagi seperti sediakala adalah mencintainya tanpa syarat. mau di gigit, cakar, melukai kita, atau apapun itu, kita tetap memelihara dan menyayanginya. kalo soal gigit, sebenernya sih wajar aja. kan musang memang dasarnya hewan buas. :)

      Delete
  28. Iya juga sih dok. terakir kali .. musang saya bawa ke dokter hewan dikarenakan mata nya katarak.. 1minggu mnum obat. Semenjak musang mnum obat.... dia jadi buas dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh... bisa juga karena efek obat... :)
      sekarang masih diminumin obatnya? kalau udah stop ada kemungkinan jinak lagi. tapi kalau toh gak jinak (dan semoga aja bisa jinak lagi ya mbak, hehehe) ya gak apa2.... :)

      dikasih nama siapa musangnya? :)

      Delete
  29. Iya dok... Udh mulai jinak lg kok musang nya.. Nama musang saya DEODRA DOK..mksh info ny y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. :)
      kalau ada yang perlu ditanyakan, bisa kembali kemari... :)

      Delete
  30. Permisi embak...DrH.fira sovica... :)
    Saya mau nanya nihh...
    Saya punya musang umur nya ± 4bulan trus kenapa ya dok musang saya klw sama saya jinak gx mau gigit tp klw sama orang tua saya atau sama angota keluarga yg lain dan tetanga² saya kx ganas ya..
    Contoh nya klw adik saya pengen ngelus apa mau gendong kok dia suka setrek/hessing ya...
    Dan 1 lg dok gimana cara nya dok supaya musang dengan kucing bisa akur dok...
    Mohon pencerahan nya dok....
    Trimakasih wasalam...

    ReplyDelete
  31. Siang sok
    Mau many donk cara ngatasin musang yg kagetan biar ga kagetan gmana yah :) umur nya udah 10bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang anteng... :)

      Delete
  32. Dok musang saya udah semi jinak biar jitot butuh berapa hari nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung karakter musangnya. ada yang mudah jinak, ada jga yang susah. tergantung tingkat kesabaran mas juga. :D
      yang pasti, gak hanya hitungan hari. bisa bulanan, bisa juga tahunan... :)

      Delete
  33. Dok musang saya kalau dikandang dan ditaro ditanah jadi galak itu gimana nanganinnya jadi kalau saya keluarin saya taro dipundak soalnya dia lebih tenang dipundak

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang anteng

      Delete
  34. Dok, knp musang saya gak mau dikasih susu SGM ya dok? Pdhl sdh saya campur bubur sun, umur musangnya sekitar 2 bulan.
    Tolong informasinya dok.....: )

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur 2 bulan lebih baik jangan dikasih susu dulu. kasih bubur bayi aja...

      Delete
  35. dok saya baru kali ini merawat musang, saya mau tanya dok semenjak musang saya di bawa ke rmh dia itu gamau makan hampir 2 hari dok,knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa mas?
      coba tanya ke owner lamanya biasa kasih makan kayak gimana...

      Delete
  36. Dok minta saran nya....
    musang saya musang akar borneo usia 3 blan jalan masih proses penjinakan tpi musang ini emng udah terkenal keras kepala nya Sama gigitan nya yg kerasa bnget.
    sengaja saya saya kasih tangan saya buat di gigit dengan tujuan biar saya bisa elus2 kepla nya, emng berhasil sih dok saya bisa elus2 kpala nya, tpi kalo saya tinggal 10 sampe 20 menit dia kaya yg baru kenal lagi saya sama, dan harun di gigit lg biar bisa di elus2 kplnya....

    Alhmdllah tangan pada bolong, menurut saya klo saya adob muskar yg galak dan saya bisa bikin jinak jdi bangga aj....
    ada saran dok atau solusi cara menjikan muskar borneo?

    Makasih dok mohon pencerahan nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, mengenal karakter musangnya dulu.
      saya senang mas mau berusaha mengenal karakter musang borneo milik mas sedemikian gigih. terus seperti itu, jangan menyerah. luka bolong2nya gak sampe dijahit kan mas? dulu saya ngejinakin musang bulan dewasa yang buas, dijahit 8 jahitan, mas, hihihi... tapi toh akhirnya bisa jinak total... padahal dapetnya udah dewasa, diatas 1 tahun....

      bentuk ikatan dengan musangnya, itu saran saya. ajak main lagi, sesekali liat matanya sambil ajak ngobrol. ngaruh juga soalnya. mereka bisa baca isi kepala kita hanya dengan tatapan mata.... pantangannya: jangan takut. sekalinya mas takut, mereka pasti tahu, dan mereka malah tambah berani buat 'ngejailin' mas... :)

      oh ya. kasih nama musangnya/ :)

      Delete
    2. Nama musang nya ''momon'' dok....
      makasih dok buat masukan nya.....
      oya dok buat usia brp bulan musang udah mulai di faksin? Soalnya musang akar jawa klo saya perhatiin gigi nya aga beda sama gigi muspan, buat jaga2 aj dok karna di rmh saya ada adik saya masih kecil...
      musang nya sih saya taro di kamar saya terus ga sesekali saya kandangin kalo saya lg keluar aj....
      makasih dok seklia lg atas pencerahan nya....

      Delete
    3. Nama musang nya ''momon'' dok....
      makasih dok buat masukan nya.....
      oya dok buat usia brp bulan musang udah mulai di faksin? Soalnya musang akar jawa klo saya perhatiin gigi nya aga beda sama gigi muspan, buat jaga2 aj dok karna di rmh saya ada adik saya masih kecil...
      musang nya sih saya taro di kamar saya terus ga sesekali saya kandangin kalo saya lg keluar aj....
      makasih dok seklia lg atas pencerahan nya....

      Delete
    4. musang bisa mulai divaksin di usia 8 bulan.
      kalau emang khawatir dia gigit, lebih baik jauhkan dari adik mbak. opsi lain: dipangkur di dokter hewan agar gigitannya tidak terlalu membahayakan. saya sih menyarankan opsi pertama... :)

      silakan mbak baca2 lagi artikel lain mengenai musang... :)

      Delete
    5. Saya cowo dok...
      iya makasih banyak dok, klo buat opsi di panggur hehehehe gpp saya lebih milih lebih protek pengawasan saya ke si musang nya.....
      walaupun di panggur dengan yg ahlinya saya yakin si musang bisa bicara dia pasti nolak...
      seklia lg terimakasih banyak dok atas pencerahan nya....
      jngan kapok ya dokter fira sovica
      oya nama dokter bagus....

      Delete
    6. ups sorry... :D
      iya, betul mas. mending jangan dipangkur. :)

      kalau ada yang perlu ditanyakan, silakan ke blog ini lagi.. :)

      Delete
    7. Mohon maaf lahir dan batin dok...
      iya makasih dok

      Delete
    8. sama-sama, mohon maaf lahir batin juga.. :D

      Delete
  37. Dok kira2 kalau ga di kasih makan 1-2 hari kira2 udah lumayan jinak ga dok tolong solusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak tau apa hubungan antara tidak dikasih makan denga jinak mas, hehehe. apakah kalau tidak dikasih makan akan jadi jinak? sama aja kayaknya mas. musang jinak juga butuh makan....

      atau saya yang agak kurang ngerti maksud mas? coba lebih dijelaskan lagi... :D

      Delete
    2. Maksud nya jadi si musang itu biar tau itu pemilik nya

      Delete
    3. agar si musang mengenal pemiliknya, perlu terus dikasih makan dengan cara handsfeed (disuapi) dan sering2 diajak main....
      lakukan terus, karena biasanya beda musang, cepat atau lambatnya dia mengenal masternya tergantung ke karakter musangnya...

      Delete
    4. Itu kalau di ajak main perlu pake tali ga dokk..?

      Delete
    5. Kalau boleh saya minta pin bb dokter biar lebih jelas

      Delete
    6. kalau belum jinak lebih baik jangan pakai harness dulu. agar dia lebih percaya dengan masnya...
      saya tidak menyediakan jalur komunikasi lain selain dari komentar dari blog ini. maaf. :)

      Delete
    7. Harness tu apa dok..? Maaf pemula

      Delete
    8. mas tahu 'tali' atau belt yang biasa dipakai buat nuntun anjing atau kucing? nah itu namanya harness..
      tali tuntun hewan... :)

      Delete
  38. Dok mau tanya sya bru ab umr 2 bln kenapa klo di pundak kya jinak total tpi giliran di kandang pas sya mau ambil ko nyerang ya?? Itu knpa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang anteng... :)

      Delete
  39. Selamat pagi Dr.Fira

    Mau tanya kan saya habis beli muspan usia 4bln an nah dia sblmnya uda jinak ama yg punya tp dah lama ga d urus trus d jual pas galak pas saya beli, nah baru kemarin saya beli hari ini tadi seharian saya coba jinakin langsung saya masukin tu tangan saya ke kandang tp bentuk kepalan ( blm berani buka ) ni tangan uda kek habis perang aja sobek dimana mana ga sakit si sebenernya cuman saya masih takut aja kalo mau masukin jari saya ke mulutnya musang ini , solusinya gimana ya dok? Apa metode saaya ini sudah benar atau belum?

    Trus kalo kandamg muspan ini baiknya kondisi terang atau gelap2@an soalny saya pny SG pernah baca artikel baiknya d ksh ruang gelap karena hewan nokturn gitu, nah yg bener gimana dok?

    Ama 1 lg musang jantan dan betina itu bisa gemuk semua atau hanya betina saaja karena saya liat di forum2 rata2 yg gemuk itu betina ,


    Terimakasih sekali dok, di tunggu jawabanya

    Saya imam dari prawirotaman, yogyakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang bisa baca pikiran dan sifat kita, mas tau? :)
      semua hewan kayak gitu, mereka bisa baca pikiran manusia dengan mudah. burung hantu malah hanya membutuhkan kontak mata aja agar dia tau sifat kita. :)

      mas sebenernya takut atau tidak dengan si musang? kalau mas diam2 takut dengan si musang, biasanya dia malah makin berani dengan mas. begitu juga kalau mas berani dengan si musang, dia akan terus 'mengetes' keberanian mas. bersikaplah biasa2 saja. anggap saja musang itu partner mas, teman mas. yang penting pahami karakternya. memberikan tangan mas untuk dia gigit2 boleh juga, namun mas bisa bungkus tangan mas pakai kaus bekas pakai dulu agar efek gigitannya lebih berkurang. membiarkan tangan digigit juga akan mengurangi efek kaget akibat digigit musang. jadi menurut saya penting...

      mas bisa taruh kandang musangnya di tempat yang dilalui banyak orang. di depan rumah misalnya. kalau depan rumah mas jalan umum, taruh aja kandangnya di situ, biarkan si musang terbiasa dengan manusia...

      gak ngaruh mau kandang musang dan kandang sg terang atau gelap, mas. kalau siang ya dia akan tetep tidur meski ruangannya terang, dan kalau malam ya dia akan aktif meski ruangannya gelap. jadi sama aja. menurut saya sih biarin aja terang. :)

      saya sedang menyusun artikel mengenai rahasia penjinakkan musang. nanti saya publish... :)

      Delete
  40. Berani saya dok, cuman masih canggung si saya pengen megang2 dia tp kok mukanya kek ga enak banget gitu ama saya hehe

    Tapi perkembangan signifikan si dok, pas kemarin saya beli dia masih ganas banget ga suka diem gerak mulu dia, ee seharian ni dia ayem enak gitu saya tungguin malem gitu ngopi di depan kandang dia, trus saya kasih handfeed pake telur puyuh ( boleh apa ga ya dok pake telur puyuh ? soalnya di kasih tau owner sebelumnya dia doyan make itu )

    Tadi saya masukin tangan ane dia udah santai mau di pegang2 cmn saya nya yg msh canggung sebenerny haha

    Berarti saya tetep lakuin kek gini ya dok sampe kira2 berapa hari ya untuk saya keluarin musang dari kandangnya , saya si pengenya jitot jadi pelan2 gpp hehe

    Terus sama iini kok di bagian punggungnya ada kek luka gatal kek kalo kita hbis jatuh trus keluar darah trus kering agak petak gitu si bulunya juga rontok pas di lukanya itu tapi lukanya udah kering, nah ini bisa di sembuhin gmn caranya dok ?


    Oiya , mantap sekaleeeee saya tunggu apdetanya dok :D

    Terimakasih sekali jawabanya sangat membantu dokk, sukses buat web nya dok ,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu. dia tahu mas canggung, meski gak takut. dan itu ngaruh juga :)
      telur puyuh bisa dijadikan makan musang.

      iya, terus lakukan langkah2 penjinakkan seperti yang sudah mas lakukan selama ini. yang penting, percaya sama dia mas. mas bisa baca juga artikel terakhir yang saya buat (langkah menjinakkan musang).

      untuk lukanya, sementara ini observasi aja dulu selama seminggu. diliat2 aja. kasih kabar ke saya kalau emang ada yang gak wajar dari lukanya... :)

      semua jenis musang dan apapun jenis kelaminnya, semuanya bisa obes, mas. tapi hati2 juga, musang obesitas rentan mati karena gagal jantung. silakan mas search artikel saya cara menggemukkan musang....

      oke mas. saya tunggu kabar selanjutnya ya... gak usah sungkan kalau mau nanya2 lagi kemari.. :)

      Delete
  41. Eh lupa dok, kalo musang jantan bisa gemuk juga ga ya ? apa cuman muspan betina aja dok ?

    ReplyDelete
  42. Dok, saya mau tanya , saya punya musang pandan , saya melihara udah sekitar semingguan dok, dia udah mau di kasih makan pake tangan di elus elus juga mau dok. Tapj dia belum mau di keluarin dari kandang , kira kira gimana ya dok baiknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang anteng

      Delete
  43. Wkwkw siap dok, saya mencoba meyakinkan diri saya dahulu dah kalo begitu hehe
    Oke siap dok makasih banget saranya, ini coba saya akan pantau aja dok semoga udah ga membesar aja lukanya soalnya pas beli si ga liat kalo ada luka hehe

    Ada artikel tentang jenis2 musang pandan ga dok? soalnya saya liat forum banyak warna di muspan kayak condong ke abu, ke coklat , atau ke item jadi bingung sebenarnya 1 jenis atau beda ras gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah saya buat artikelnya: perbedaan warna bulu musang pandan. :)
      silakan dibaca... :)

      Delete
  44. Dok saya punya musang pandan lepas trus ditemuin sama orang cuma nangkepnya di ketok kepalanya, keadaan musangnya sekarang tidur melulu palanya luka memar, badannya lepas, makanya udah saya suapin, di kasih obat apa ya supaya sehat lagi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih sari kurma aja. campur ke air minumnya, atau diminumkan langsung. kasih 2x sehari. makanan harus tetap diberikan.. :)

      Delete
  45. Dok muspan sayakan abis adop musang awalnya dia galak dan pemalu tapi sekarang tiba"sering naik ke pundak terua tiba" jinak tapi yang saya bingung kan kenapa dia jilat" tanganku terus nafsu makannya turun saya takut kalo mati gimana ya biar makannya lahap lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah. coba mas baca artikel saya imprint pada musang. bisa jadi musang tersebut imprint dengan mas. kalau soal jilat2 tangan mas, itu wajar. :)

      selama ini dikasih makan apa? silakan baca artikel cara memelihara musang...

      Delete
  46. Kayanya imprint dok soalnya pengen keluar terus langsung deketin saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus itu. nantinya bisa jadi one-man. silakan mas baca mengenai musang one man di blog ini.
      musang muter-muter di kandangnya bisa jadi karena belum terbiasa dengan kandangnya. jadi wajar. selama makanannya normal (masih rakus) dan tidak ada tanda2 sakit, masih normal kok...

      Delete
  47. Dok kalo musang muter" kandang terus pengen keluar itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  48. Dok musang saya kan ring tail tapi ringnya tipis bisa di buat agar ring nya jadi tebal( lebat ringnya) apa engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya kalau ringtail itu malah jelek mas?
      coba mas baca artikel saya Penyebab Ekor Ringtail Pada Musang

      Delete
    2. Maksud saya bukan ring tail yang itu maksudnya itu bulunya itu lo dok kan ada ekput terus ada yang ring itu lo

      Delete
    3. ohh... kirain ringtail = bentuk ekor melingkar. maaf, soalnya kadang ada perbedaan persepsi mengenai arti ringtail... :)

      kayaknya susah deh mas buat menebalkannya. itu kan emang udah faktor genetik. :)

      Delete
  49. Yang kalo orang bilang uban itu

    ReplyDelete
  50. Siang dok, Musang Saya saya kasih minum susu bendera gold atau air gula. Kelihatanya dia suka, gak papa dok dikasih minum 2 macam itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau susu bendera gold (susu kental manis), lebih baik jangan. meski suka. soalnya bikin musang mencret karena mengandung laktosa. kalau diteruskan takutnya malah bikin dehidrasi. :)

      kalau toh mau dikasih susu, coba aja pakai sgm LLM yang non-laktosa. kasih madu TJ biar agak manis..... :)

      Delete
    2. Dok kalo susu SGM ananda tapi di kasih gula dikit gapapa dok ?. Soalnya kalo enggak di kasih gula enggak mau minum

      Delete
  51. Kalo dikasih air gula gak papa dok? Soalnya kata teman saya sih gak papa. Dia juga punya muspan..... Tanks.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada madu sih (bagusnya madu TJ, jangan madurasa), mending kasih air madu aja mas. tapi kalau emang gak ada, boleh kasih air gula, tapi jangan manis banget. manisnya samar2 aja.... gak baik buat pankreas ama ginjal musang kalau terlalu manis... :)

      Delete
  52. Ooo gitu ya dok, akan di coba dok tanks.....

    ReplyDelete
  53. Dok kalo muspan sya gak mau makan dari pagi sampee sekarang terus mencret tapi fesesnya kuning itu normal apa sakit dok ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu?
      dikasih susu kental manis ya?

      lebih baik hentikan pemberian susu (susu apapun itu). jangan dikasih susu dulu. makanan ganti jadi buah2an aja. pepaya lebih bagus. silakan baca juga artikel cara mengobati musang keracunan secara alami...

      Delete
  54. Makasih dok sekarang udah gak mencret lagi

    ReplyDelete
  55. Dok saya mau tanya saya punya musang pelihara dri umur 2minggu udh gde dan jinak trs biasa main di kebun belkang rumah dok pas lama lama sifatnya brbh smnjk mainnya di kebun jdi galak itu gmna ya dok ? Mksh dok

    Umurnya skrg 5bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musang udah beranjak dewasa emang kayak gitu. kadang berubah sedikit sifatnya. udah ada sifat 'berontak' kepada ownernya. salahsatunya adalah dengan mengetes, apakah ownernya takut sama dia atau tidak. dia galak karena dia pengen tahu apakah ownernya yang selama ini mengurusnya itu sebenernya takut sama dia atau tidak.... :)

      kalau dia mulai galak kayak gitu, jangan terpancing. kalau mas takut, dia malah akan semakin berani. biasa saja. tetep urus dia baik2.... nanti kalau rasa takut mas sama dia udah ilang, biasanya dia akan jinak lagi dengan sendirinya... :)

      Delete
  56. Dok, kemarin says baru adopt baby musang umur 1 bulan. Saya kasih susu SGM pup nya agak chair gitu. Padahal dari owner pertamanya susunya sama. Mohon bantuannya ya, dok. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanya ama ownernya yang lama, jenis susu sgmnya sgm apa? kalau sgm LLM (sgm non laktosa) gak bikin musang mencret. Kalau jenis sgmnya yang mengandung laktosa (SGM biasa) biasanya emang bikin mencret

      Delete
  57. Oh gtu ya dok maksh dok atas sarannya :).

    ReplyDelete
  58. Dok kalo musang punya luka terus lukanya membekas apa bulunya bisa numbu lagi dok?

    ReplyDelete
  59. Selamat malam Dokter, assalamualaikum.., apa kabar..??
    Dok minta saran.., aku baru aja semalem ada musang liar masuk rumah (kebiasaan punya pliharaan karena dateng sendiri), aku tangkap digigit dok.., tapi ketangkep juga.., aku taruh di kandang kawat tapi koq mw dijebol truss tu kandangnya.., sampai2 itu hidungnya terluka..,
    bagusnya diapain tu musang dok..?? makanannya gimana..?? kasih makan pda jam brapa aja..?? ukuran porsi makannya sberapa..??
    bales dok.., trimakasih..!! :D

    ReplyDelete
  60. Dok saya punya muspan jantan umur 4 bulan ada yang mau ngasih muspan betina semi(kata ownernya) umur 5 bulan apa masih bisa jitot dok ? Terus kalau kandangnya bisa ga saya satuin sama muspan saya ? Abis takut berantem atau takut yang jinak malah ikutan galak dok . Makasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu musang bulan saya umur setahunan lebih bisa jinak total sama saya kok mas. sebenernya balik lagi ke kitanya. menjinakkan musang sama kayak kita menghadapi rasa takut kita sendiri. kalau mas ragu2 ya musangnya susah jinak. namun kalau mas yakin bisa jinakin, pasti nanti dia jinak.... :)

      silakan baca2 lagi artikel saya di blog ini. mas unknown banyak banget hewannya mas... :D

      Delete
    2. Oh gitu ya dook abis saya nanya sama temen saya katanya kalau udah diatas 5 bulan ampun ampunan dok jinakinnya hahaha jadi mba kalau kandangnya disatuin gimana mba ? Bakal berantem ngga mba kasian mba yang baru dateng masih di taro di pet cargo abis takut berantem hahaha

      Delete
    3. sementara ini pisahin aja, tapi deketin kandangnya. biar mereka bisa saling cium aroma masing2. dengan begitu mereka bisa 'kenal' nantinya. kalau udah beberapa minggu dan keduanya gak strike, boleh ajak main bareng. kalau pas main bareng gak strike, boleh deh disatuin... :)

      yang penting kitanya aja mas. yakin apa nggak bisa jinakin. kalau ragu2, kadang itu yang ngebuat musang gak jinak2... :)

      Delete
  61. Iya mba dokter makasih banyak nih sarannya mba dokteeer sukses terus mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. silakan ke sini lagi kalau ada yang mau ditanyakan... :)

      Delete
  62. Iya mba dokter makasih banyak nih sarannya mba dokteeer sukses terus mba

    ReplyDelete
  63. Iya mba dokter makasih banyak nih sarannya mba dokteeer sukses terus mba

    ReplyDelete
  64. Mba mau nanya lagi mba ini ko musang yang betinanya kalau tidur ngorok ya mba ? Kadang suka kaya bersin gitu mba sakit atau gimana ya mba ? Kalau sakit hal apa yang harus saya lakukan mba ?

    ReplyDelete
  65. Mba mau nanya lagi mba ini ko musang yang betinanya kalau tidur ngorok ya mba ? Kadang suka kaya bersin gitu mba sakit atau gimana ya mba ? Kalau sakit hal apa yang harus saya lakukan mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas sering jemur musangnya. jangan kena matahari langsung (bagian atas kandangnya kasih kain), dan jemur musang dibawah jam 9 pagi selama 10 hingga 15 menit. lalu pindahkan ke tempat teduh....

      lakukan selama seminggu full, sambil diperbaiki makannya. biasa dikasih makan apa? :)

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Oh iya dook makasih sarannya dook , saya sudah bisa menyatukan kandang mereka dok awalnya emang kaya berantem gitu dook tapi sekarang nempel lengket banget dok nah yang jadi masalahnya ko sekalinya tangan saya masuk kekandang jadi langsung strike keras ya dok ? Udah gitu sekarang dua duanya jadi gamau hansfeed dok padahal dalam 2 hari ini saya terus ngelakuin hansfeed dan dua duanya ngasih respon positif dok , udah gitu yang jantannya sekarang malah ngurangin makannya dok kenapa ya dok ? Apa sebaiknya saya pisahin lagi kandangnya dok ?

      Delete
    3. Oh iya dook makasih sarannya dook , saya sudah bisa menyatukan kandang mereka dok awalnya emang kaya berantem gitu dook tapi sekarang nempel lengket banget dok nah yang jadi masalahnya ko sekalinya tangan saya masuk kekandang jadi langsung strike keras ya dok ? Udah gitu sekarang dua duanya jadi gamau hansfeed dok padahal dalam 2 hari ini saya terus ngelakuin hansfeed dan dua duanya ngasih respon positif dok , udah gitu yang jantannya sekarang malah ngurangin makannya dok kenapa ya dok ? Apa sebaiknya saya pisahin lagi kandangnya dok ?

      Delete
    4. gak apa2, satuin aja. kalau soal strike, hmm, mungkin observasi aja beberapa hari ini sambil terus coba pendekatan...
      mas takut ya sama dia? kadang musang tahu kalau kita takut... dan karena itu dia jadi galak.... :)

      Delete
    5. Iya mba terus terang aja pas mulai disatuin saya jadi aga takut mba saya kan gaada glove ya mba saya ganti pake kaos kaki apa nggapapa ya mba ? Saya takutnya malah dua duanya jadi semi mba :(

      Delete
    6. Iya mba terus terang aja pas mulai disatuin saya jadi aga takut mba saya kan gaada glove ya mba saya ganti pake kaos kaki apa nggapapa ya mba ? Saya takutnya malah dua duanya jadi semi mba :(

      Delete
    7. Iya mba terus terang aja pas mulai disatuin saya jadi aga takut mba saya kan gaada glove ya mba saya ganti pake kaos kaki apa nggapapa ya mba ? Saya takutnya malah dua duanya jadi semi mba :(

      Delete
    8. memelihara dan menjinakkan musang itu erat kaitanya dengan kita melawan rasa takut kita sendiri. terlalu berani juga salah juga, soalnya malah membuat si musang jadi menjajal terus keberanian kita. malah tambah galak juga... :D

      lalu gimana caranya? kalau kita takut, salah karena bikin si musang jadi galak. terlalu berani juga salah karena si musang tambah galak juga. lalu gimana? kalau mas mau main ama mereka, mas jangan menganggap diri mas sebagai manusia. anggap diri mas sebagai musang juga. dengan pendekatan ini juga dulu saya menjinakkan musang bulan hasil tangkapan liar saya dulu... :D

      sering2 ajak ngobrol sambil liat matanya, karena ngaruh juga. si musang biar bisa membaca pikiran kita. silakan baca2 tentang cara menjinakkan musang di blog ini. jangan nyerah ya mas... :D

      Delete
    9. Iya deh dook coba saya yakinin diri aaya lagi doook semenjak disatuin belum ada yang saya mandiin dok sedih banget itu musang :') makasih ya dok support dan jawaban jawabannya dook maaf saya banyak banget nanyanya dok hehe sukses ya dok buat blognya

      Delete
    10. Iya deh dook coba saya yakinin diri aaya lagi doook semenjak disatuin belum ada yang saya mandiin dok sedih banget itu musang :') makasih ya dok support dan jawaban jawabannya dook maaf saya banyak banget nanyanya dok hehe sukses ya dok buat blognya

      Delete
    11. kalau ada yang mau ditanyakan, bisa kembali kemari, mas.. :)

      Delete
  66. Dok, sifat musang saya kok aneh ya? Kadang dipegabg gigitnya sakit, kadang diem... Tapi sering banget keadaan nyerang pas dipegang, baru 2 hari sih dok... Baru beli dijatinegara, udah umur 3 bulan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan masih stress. mas karantina dulu deh di ruangan sepi. kasih makan dan minum teratur.
      coba baca2 lagi artikel2 lain mengenai menjinakkan musang di blog ini... banyak referensi kok... :)

      Delete
    2. Saya masih new bie banget nih... Heehee. Kira2 bisa jinak ga ya dok...? Kalo biar bisa deket sama musang lain juga gimana ya? Soalnya musang saya gabisa deket musang lain, sedangkan musang temen saya bisa deket sama musang lain..

      Delete
    3. kembali lagi ke keyakinan kita sebenernya. yakin gak si musang bakalan jinak? soalnya kalo kita ragu2, kadang itu yang ngebuat musangnya susah jinak....

      musang kadang ada yang gak mau deket ama musang lain. itu masih wajar kok. coba sering2 diajak gathering...

      Delete
    4. Ohiya dok... Kalo musang obes, gimana? Katanya kalo dibikin obes malah gabagus kesehatannya.... Bisa bikin cepet mati juga, maaf ya nanya mulu hehehehe...

      Delete
    5. ada caranya kok agar musang obes tetap sehat.
      silakan cari di bagian cari artikel: cara agar musang obes tetap sehat...

      Delete
    6. Oke.... Makasih banyak ya dok... Hehehehehehe

      Delete
  67. Dok saya mau tanya,,saya habis beli musang pandan usia 3 bualanan semi jinak,,,trs saya jinakkan ke tmpt seseorang pawang musang,,,dan musang saya udah jinak,,,trs skr musang saya suka lari kalo ada kolom dibawah lemari meja dll,,,,sy pegang sprtnya mau gigit,,,dan tingkahnya lincah n gesit banget,,,,bagai mana cara si musang pandan ini jinak dan gak banyak tingkah,,,,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya: cara agar musang anteng.
      cari di bagian cari artikel..

      Delete
    2. Dok saya cari cari artikel cara agar musang anteng gak ketemu ketemu dok,,,

      Delete
  68. Slamat malam dok saya baru adop muspan umur -+3 bulan dari pnangkapan liar tp udh di pangkur dan udh di pakein harnes.
    Prtama dateng krmh dia agresif bner, baru mau di pgang aja udh mau di gigit, langsung aja saya masukin kandang dok biar tenang dlu dia nya
    Nah besok nya pas saya kasih makan di mau mkn dok dan saya coba pegang badan nya dan di elus2 trnyata berhasil dok, malah jari saya di jilat2, tp masih suka gigit, gigitan nya gk sakit dok kya di gigit kucing kecil,
    Nah yg jd masalh nih klo dia di kluarin dari kandang dok,
    Dia brubah lg jd agresif di pgang gk mau apalagi di elus -,-
    Jd gmna dok apa di biarin aja di dlm kandang terus?? Dan tanda2 nya klo dia udh bsa free room gmna dok?
    Mohon pencerahan nya trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas beraninya hanya kalau dia di dalam kandang aja ya? kalau musangnya dikeluarin, mas juga takut ama dia? bener begitu? :)

      mas harus tau kalau musang bisa baca pikiran kita. semua hewan juga gitu. kalau mas takut, dia malah makin berani ama mas. terlalu berani juga salah, karena nantinya dia malah makin kurang ajar ama mas. serba salah kan? hehehehe...

      anggep dia sebagai partner aja. sebagai 'sama2 makhluk hidup'. yang pasti, jangan pernah anggap musang sebagai hewan peliharaan karena mereka gak kayak gitu jiwanya.

      mending mas baca artikel saya hal yang salah dalam menjinakkan musang dan cara agar musang anteng. :)

      sukses buat project menjinakkan musangnya. :)

      Delete
  69. maaf dok mengganggu waktunya sedikit . cuma mau nanyak ,, saya baru adop muspan kira2 usia kurang lebih 1 bulan stngah , soalnya giginya udh tumbuh tapi masih kecil2 dok ,, nah yg mau sya tanyakan , pas belum sya belik muspan nya di beri susu kental manis sma penjualnya ,, terus pas udh sya belik sya ganti pola makannya dok ,, sya kasih bubur promina 6+ bulan saya campur madu hutan juga dok ,, nah itu bagus gk dok pakan nya ? terus sya jarang liat fesesnya yang padat .. sya malah liat fesesnya bentuk cairan atau sekedar padat tpi masih ada encer2 nya , kira2 itu sehat gk ya dok ??

    kalo dia sering garuk2 badan nya itu kira2 sehat juga ya dok ?? pda usia berapa muspan bisa di mandikan dok ?? makasih dokk :) saya tunggu jawaban nya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng mas merubah makanannya. makanan yang mas berikan jauh lebih bagus dari makanan sebelumnya. pertahankan terus. silakan baca2 artikel saya mengenai musang di blog ini...

      maaf baru balas... :(

      Delete
    2. dok mau nanya lagi ,, muspan nya berisik kalo di dalam kandang ,, tpi pas saya keluarkan dia malah lasak tapi gk berisik .. tapi dia gigit mulu , yg mau sya tanyakan sma dokter ,, apa sampai besar nanti pas di keluarkan dia gigit mulu ? pdhal hampir tiap hari saya bawak gendong terus pagi siang malam sya terus yg ngasih makan nyaa ,, sya takut pas udh besar nanti udh tumbuh gigi nya dia malah makin ganas .. butuh saran nya dok :(

      saya tunggu jawabannya dok :)

      Delete
    3. balik lagi: masnya takut ama dia? :)
      kalau masnya takut dia begitu, nantinya dia malah begitu beneran. soalnya musang bisa baca pikiran kita, semua hewan juga kayak gitu.

      santai aja mas. intinya, kalau mas sayang sama dia, dia juga pasti tau (soalnya dia kan bisa baca pikiran kita). bersikap biasa aja. jangan ada kekhawatiran begini dan begitu.

      asal mas tahu saja, musang bulan saya si bruno dulu galak banget soalnya hasil tangkapan liar dan udah tua. tapi dia toh bisa jinak total sama saya. malah bonding.

      balik lagi ke pikiran kita aja mas. :)

      Delete
    4. saya sbenarnya berani2 takut gitu sih dokk .. hehe .. karena terkadang gigitan nya sakit kadang ngk .. hehe .. sayang kalipun sya sma muspan sya dok ,, hehe macam melebihi pacar udah dok :D

      kalo muspan nya jilatin kuping atau muka sya itu tandanya apa dok ??
      cara cepat bikin muspan bonding cemana dok ?? mumpung muspannya masih umur 1 bulan setengah dok ..

      sya tunggu jwbannya dok :)

      Delete
    5. nah itu dia salahnya. lebih baik hilangkan, mas. bersikap biasa aja.

      silakan mas baca artikel saya bahasa tubuh musang dan artinya

      Delete
    6. dok mau nanyak lagi nihh .. boleh yaa :D

      musang saya kalo tidur sering di gigitin nyamukk .. itu bahaya gak ya dok ? terus apa yg harus sya lakukan dok ??
      kalo badan musangnya saya elap pake kain basah gk papa kan dok ??

      Delete
    7. saya malah senang kalau ada yang bertanya, mas. :)

      gak apa2. gigitan nyamuk gak bahaya untuk musang.
      lap pakai handuk yang dibasahi air hangat aja, mas. umur musangnya berapa? kalau masih bayi, iya, pakai air hangat. kalau musangnya diatas 4 bulan, bisa pakai air biasa. bagusnya pakai air hangat.. :)

      Delete
    8. oh gak bahaya tohh , makasih dok udh di kasih infonyaa ..

      saya gak tau berapa usia muspan saya dok ,, yg jelasnya , muspannya giginya masih kecil2 tapi udh lincah dok kalo dikeluarkan dari kandangnya ,, udh bisa makan sendiri dok ,, tapi makannya masih dijilat2 pake lidah nya dok .. kira2 itu umuran berapa dok ?? mau saya mandikan langsung pake air gk papa itu dok ??

      Delete
    9. kalau masih dibawah 4 bulan, minimal dibawah 3 bulan, mending jangan dimandikan dengan cara dicemplungin langsung, mas. kasian kalau sampe hipotermia.
      untuk lebih jelasnya, silakan mas baca artikel saya siklus hidup musang dan cara mengawinkan musang. di sana ada alur2 hidup musang mulai dari induknya kawin sampe anaknya bisa mandiri sendiri...

      Delete
    10. okee dok .. makasih info nya dokk ..

      nanyak lagi ya dokk .. hehe wajar masih pemula hehe

      interaksi seperti apa yang bisa bikin musang jitot dok ?? muspan saya kalo gk salah di bawah 3 bulan ..
      saya sering interaksi sama dia kalo saya luang waktu ..

      contoh interaksi saya , saya keluarkan dia dari kandang terus saya bawak nonton tv ,, baru dia saya taruk di pangkuan saya dok ,, yaudah abis itu dia sya lepaskan ,, tapi dia bawakkan nya mau kabur aja dok .,, tapi kalo dia kabur saya tangkap lagi saya taruk lagi ke pangkuan saya dokk,,

      nah saya mau minta saran dokter contoh interaksi seperti apa yang bisa bikin jitot .. ditunggu sarannya dokter cantik :) hehe

      Delete
    11. interaksi dalam hal apa aja. usap2, ajak main, ngobrol, natap matanya dia, semuanya. :)
      ajak gathering ama komunitas musang juga kadang ngaruh juga buat si musang agar lebih dekat sama ownernya.

      mas merokok gak? kalau nggak merokok, coba taruh kaus bekas pakai mas di kandang. sehari ganti, sehari ganti. biar dia lebih kenal ama bau masnya...

      tapi itu juga kalau mas gak merokok loh ya. kalau merokok, jangan. bahaya, bisa kena residu rokok...

      Delete
    12. ohh gitu ya dokk ,, thanks buat info nya dok :)

      saya gk perokok dok ,, maksudnya baju siap saya pake saya jadikan alas kandangnya ?? ntr kalo dia eek atau kencing kotor dong dok ,, hehe

      taruk disekitarnya aja bisa kan dok ??

      Delete
    13. tutup aja kandangnya. pakai kaus bekas pakai.
      bagusnya sih taruh di dalam. sehari ganti, sehari ganti.
      misalnya: hari sabtu sore, mas taruh kaus yang udah mas pakai seharian di dalam kandang. mas ganti pakai kaus baru.

      besoknya, minggu sore, mas ambil kaus yang kemaren ditaro di dalam kandang, cuci kaus itu, lalu mas taruh kaus yang seharian udah mas pakai...

      begitu terus seterusnya.. :)

      Delete
    14. okee dok .. akan saya coba dok ,,
      makasih dok atas info nya .,,

      tar saya tanyak lagi ya dok , kalo sya lagi bingung dok

      Delete
  70. Dok saya baru adope muskar jawa klo umur saya kurng tau jenis kelaminny betina dan puting udab keluar itu kira kira umur berapa dok? Trus dia galak total dok berulanv kali tanhan saha digigit dan saya gk berhenti sampai disini .... cara apa lagi buat saya untuk menjinakan nya apakah gigi ny hatus saya pangkur dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tahu persis yang mas rasakan sekarang. dulu juga saya menjinakkan si bruno musang bulan saya ya gitu. jangan nyerah ya mas. pasti bisa jinak kok...

      silakan baca artikel2 saya mengenai musang di blog ini. baca aja banyak2, soalnya saya sudah membuat banyak artikel yang berkaitan dengan menjinakkan musang dan semacamnya....

      gak usah dipangkur, mas. kasian. kalau toh mau dipangkur, mending ke dokter hewan. jangan pangkur sendiri... :(

      Delete
  71. Dok saya baru adope muskar jawa klo umur saya kurng tau jenis kelaminny betina dan puting udab keluar itu kira kira umur berapa dok? Trus dia galak total dok berulanv kali tanhan saha digigit dan saya gk berhenti sampai disini .... cara apa lagi buat saya untuk menjinakan nya apakah gigi ny hatus saya pangkur dok

    ReplyDelete
  72. Dok numpang copy ya,buat tugas sekolah

    ReplyDelete
  73. Met Malam dokter yg cantik...? saya mw tnya nih dok, klo dokter hewan yg bisa pangkur di daerah tanjung duren jakarta barat dmn ya lokasi nya.....?? Dan 1 lg dok, klo blh tw harga nya brp yaa dok.......???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, gak tau deh mas.
      kalau mau, mas gabung di grup/komunitas musang di kota mas. biasanya mereka tahu dokter hewan yang bisa buat pangkur.. :)

      Delete
  74. Malam Dok,, mau curhat nih. Saya baru dpt Muspan hasil tangkapan liar kira" umur 5 bln. Baru dipelihara 2 bln. Ada gak ya jasa penjinakan musang ? Soalnya saya hampir nyerah. Krn sering kena gigit terus.
    Tlg tipsnya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak mau digigit, pelihara ikan koi aja mas, huehehehe...

      ada kali yang buka jasa penjinakkan. cek di grup pecinta musang di facebook.. :)

      Delete
  75. sore Dok,musang saya masih gigit trus ya padahl sudah sering saya di gigit ya ga smpai lukas sih cuman berbekas dn agak merah. berusaha untuk jinakin sprti ap yg sudah di shere.. dan kalau saya coba keluarin dari kandang,pas di luar sya pegang buntut nya biar gak kabur dn juga biar saya bisa hendel nya. tpi klw kaget malah gigit lgi... mohon pnjelasannya/tips nya Dok maksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia gigit mas, mas kaget atau takut ya? bener? :)
      memelihara musang erat kaitannya dengan menghilangkan rasa takut dan ragu2. karena kalau mas takut atau ragu2 atau kaget saat dia gigit (meski sudah biasa digigit), dia akan terus begitu, mas.

      coba mas baca artikel saya hal yang salah dalam menjinakkan musang dan artikel kenapa musang susah jinak.

      hilangkan rasa takut mas dan ragu2... itu aja sih kuncinya.... silakan baca artikel yang saya kasih buat referensi...

      Delete
  76. dok emg kalo musang dikasih susu kental manis jadi sakit ya dok?
    saya punya musang umur 2 bulan tangkapan liar, galak bener dok hari pertama saya hendle ancur jari saya, hari kedua tetep galk, nah hari kelimanya ada yg bilang kasih susu kental manis(tidak diseduh) di oleskan ke tangan lalu ddekat kan kr mulut si musang awal nya digigit tangan saya, tapi lama lama malah di jilatin ama musang nya,Kalo udh abis gigit kres2 aja, trus saya kasih lagi dan seterusnya.
    apakah cara tersebut sudah benar?
    apakah dengan cara seperti itu musang busa jinak?
    apakah dengan cara itu musang menjadi sakit, mencret?

    mohon infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, pemberian susu kental manis pada musang bisa menyebabkan mencret. kalau mas menggunakan susu kental manis sebagai 'pancingan' agar dia gak gigit, mending jangan pake susu kental manis, mas. coba pake madu. mas bisa coba pake madu tj, jangan madurasa. opsi lain dan ini lebih bagus, mas bisa coba pake sari kurma. maaf baru balas, saya sedang sakit sekarang.... :(

      Delete
  77. Malm dok.
    Mau nanya, apakah musang umur 1th ke atas masih bisa dijinakkan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegas saya sebutkan, bisa asalkan kitanya sabar. dulu musang saya umur setahun lebih, hampir 2 tahun, tapi toh bisa jinak.... kembali lagi ke cara kita aja mas... :)

      Delete
  78. Makasih dok atas pencerahannya.
    Dok, apakah prilaku kasar dapat menghambat dalam proses penjinakan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kalau kita kasar sama musangnya, dia malah makin melawan dan akhirnya susah jinak....

      Delete
  79. Dok mau nanya, bedanya musang kalok gigit cuma main2 sama gigit bneran tu gimana.?
    Soalnya musangKu bgitu mau aku elus dia ngendus tangan ku lalu di jilat stlah itu baru gigit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini mas. gigitan musang itu rata-rata artinya 'ini bisa dimakan nggak ya?'. jarang ada gigitan musang yang artinya 'sialan nih tangan!! bikin gua kesel aja!!!' :)

      nah, dari situ mas bisa tahu mana yang gigitan serius, mana yang becanda. dan menurut saya, wajar sih mas kalau musang menggigit. namanya juga hewan buas.... :)

      Delete
  80. asalammualaikum berkat saran dokter musang saya sudah hampir jinak yeyeyey, hanya maasih sedikit kagetan, cara terbaik biar ga kagetan gimana dok? tiap kaget pasti nyontok gigit walaupun gigitannya kaga kaya pertama adopt *ga sampe berdarah

    apa harus saya bikin dia kaget terus biar terbiasa?

    atau apa saya halusin biar ga kagetan?

    mohon informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang anteng. :)
      iya, mas harus membiasakan diri digigit biar mas gak kaget lagi. soalnya kalau masnya kaget, musangnya malah tambah iseng nantinya... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.