Sunday, August 11, 2013

Cara Menjinakkan Musang | Drh. Fira Sovica

Ada banyak

cara menjinakkan musang

. Namun, seperti kebanyakan trik cara menjinakkan hewan nocturnal (hewan yang aktif di malam hari), kunci keberhasilan dalam menjinakkan musang adalah dengan memperbanyak interaksi kepada si hewan, atau dalam hal ini, musang. Oh ya, bagi anda yang mau memelihara musang, sebaiknya baca dulu artikel resiko memelihara musang.
Cara Menjinakkan Musang
  1. Namun ada satu pengecualian dalam menjinakkan musang, yaitu kita harus membiasakan diri digigit oleh si musang. Menggigit adalah salahsatu cara alami musang dalam mengenali kita sebagai ownernya. Maka dari itu, dengan membiasakan diri digigit, maka dia akan mengenali bau tangan kita sebagai ownernya. Dengan cara itu, musang akan menjadi jinak.
  2. Menempatkan musang di tempat yang ramai dilalui orang akan membuat musang menjadi terbiasa dengan kehadiran manusia. Tempatkan kandang musang di tempat yang ramai selama minimal satu minggu untuk membiasakan musang dengan lingkungan manusia. Poin ini lebih penting dilakukan dibanding dengan poin cara menjinakkan musang lainnya jika musang yang didapat adalah hasil tangkapan liar (WC).
  3. Pemberikan makan dengan tangan (handsfeed) juga dibutuhkan. Jenis makanan untuk musang bisa anda baca di artikel jenis-jenis makanan musang.
  4. Elusan tangan kita pada tubuh si musang juga akan membuat si musang mengenali elusan tangan kita.
  5. Lain daripada itu, kunci utama dalam menjinakkan musang adalah dengan cara banyak berinteraksi. Cara termudahnya adalah dengan mengeluarkan musang dari kandangnya di ruangan tertutup lalu kita mengajak main si musang. Cara ini sangat efektif dan relatif lebih cepat dari cara lainnya.
Faktor lainnya adalah kesabaran. Tiap musang memiliki karakternya masing-masing, mirip seperti manusia. Ada yang memang gampang dijinakkan, ada juga yang memang agak susah. Maka, kesabaran kita dalam menjinakkan musang bisa jadi adalah faktor keberhasilan terbesar dalam

proses menjinakkan musang

.

118 comments

Musang saya sudah jinak tetapi masih sering kagetan dan gampang panik kalau bertemu orang lain,saya sudah menempatkan kandangnya dikeramaian dan sering berinteraksi dng musang tsb,apakah masih ada peluang musang saya bisa hilang rasa panik dan kagetannya,terima kasih

masih bisa, mas.
tempatkan saja musangnya di tempat keramaian, sering berinteraksi
(ajak main), kalau mas punya pet cargo, mas bisa ajak musang mas
jalan-jalan misalnya ke gathering pecinta musang atau mungkin diajak
jalan-jalan bersama keluarga.
semoga membantu.

paling lama berama minggu gan musang bisa jinak

di artikel cara memelihara musang pandan (http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2013/10/karakteristik-dan-cara-memelihara.html) saya pernah menyebut
bahwa masing2 musang punya karakternya sendiri-sendiri.
ada yang gampang dijinakkan, ada juga yang emang "rada keras
kepala" alias susah dijinakkan. namun semua musang PASTI bisa
dijinakkan, meskipun mungkin tidak jinak total. Makin sering
anda berinteraksi dengan musang, maka makin cepat musang itu
jinak. tapi umumnya satu bulan atau 3 minggu musang bisa jinak
jika anda terus menerus berinteraksi dengan si musang. terima kasih.

Saya juga udah ada musang udah mau handfeed di pegang cuma ga tenang maunya turun tapi klo udah di gendong gamau turun.. Trs klo tangan saya masuk kandang di strike mulu tp ga sakit kira kira kapan ya ilang trs bisa tenang klo di gendong???

makin sering anda menggendong si musang, mengajak main si
musang, dan mengajak si musang ke keramaian bersama anda,
maka akan semakin cepat dia jinak dan tidak strike lagi.

Saya baru mndapatkan anak musang yang masih liar, kalo di deketin dianya mendesis seperti enggan di dekati, kira kira bisa sampe berapa munggu ya dia gak mendesis dan cepat jinak.....
Terimaksaih.....

musang liar mendesis disebut dengan istilah hissing.
cara agar musang tidak hissing lagi bisa dibaca di artikel
CARA MENGHILANGKAN HISSING PADA MUSANG
http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/05/cara-menghilangkan-hissing-pada-musang.html

Mw tnanya nih mas. Tlong pncrahannya. Musang saya t udah bsa handsfeed trus dielus jg dah mw walau sring bgt nyrang n hissing, klo kyk gni udah bsa d blng jinak blum, trus udah bsa di gendong gak mas, kdang dia tenang sma sya, kdang tkut, ap lg klau d mndiin. Ylng bntuannya mas.

saran saya, kalo mau gendong musang lebih baik jangan ragu2.
gendong aja, gak apa2 kok. dan musang rata2 akan diam/tenang
kalau sudah digendong.
soal menghilangkan hissing pada musang, mas bisa membaca
artikel cara menghilangkan kebiasaan hissing pada musang di
http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/05/cara-menghilangkan-hissing-pada-musang.html
kalo MENURUT SAYA, sebenernya sih hissing
dan striking termasuk naluri dasar musang.
asalkan dia bisa dielus, bisa digendong, dan bisa dihandsfeed
itu termasuk jinak meski masing striking.... semoga membantu

Muspan ane mau dielus2 (3bulan) cuma kalau diangkat agak strike.. juga kalau dielus kadang strike gitu kyk mau nyerang.. ngatasinnya gimana ya gan? makasih *newbie :)

sebenernya kembali ke masnya... mas takut kalau angkat dia ya?? kalau mas takut, dia bisa tahu kalau mas takut dan akhirnya strike agar mas tambah takut.... cara satu2nya adalah menghilangkan rasa takut dan langsung angkat.... untuk selengkapnya mas bisa baca artikel cara menghilangkan hissing pada musang

This comment has been removed by the author.

Mas saya mau beli musang nih umur -+ 7 bulan kira" masih bisa jinak nggak ya tolong pencerahannya mas baru pertama punya musang jadi belum paham

saya mbak. bukan mas. :)
masih bisa kok. coba mas search menjinakkan musang di kolom cari artikel di atas, banyak yang bisa mas baca mengenai menjinakkan musang di sana.... :)

Dih ma'af mbak :) apakah bisa jitot mbak soalnya umur 7 bulan masih galak nih?

kalau tahu caranya, masih bisa. mas bisa search artikel cara menjinakkan musang dengan cepat di menu cari artikel diatas....

dan seperti yang saya tegaskan di artikel resiko memelihara musang, perlu saya tekankan bahwa musang akan tetap musang. dan yang namanya musang pasti dia akan menggigit, baik itu gigit becanda maupun serius. semua musang bakalan menggigit kok, meskipun musang tersebut kita urus dari bayi. karena memang sudah sifat dasar musang seperti itu mas.... memaksakan musang sejinak kucing sama halnya seperti memaksakan ikan hidup di darat.... :)

intinya, asal kita yakin, kita pasti bisa menjinakkan musang sebuas apapun musang itu. dulu saya dapet musang bulan umur 2 tahunan hasil tangkapan liar orang2 di kampung saya. saya adopt karena musang itu diancam mau dibunuh. saya adopt.

awalnya memang jari2 saya bocel2 disana sini karena dikoyak (bukan sekedar digigit) si Millo, nama musang saya itu, dan hampir setahun proses menjinakkan si Millo nyaris tanpa hasil. tapi saya yakin bahwa semua musang bisa dijinakkan. tapi toh akhirnya si Millo bisa jinak total. sekarang dia diasuh oleh paman saya... :)

Mba saya mau tanya saya beli musang dirumah baru 4hari, sm ownernya jitot bgt kira2 utk adaptasi butuh waktu brp lama? Supaya bisa jitot bgt kaya sm owner pertamanya

coba mas sering2 diberi makan disuapi pakai tangan mas. harusnya kalau selama 4 hari sering diberi makan pakai tangan (disuapi) dia bisa kenal dengan bau tangan mas, nanti dia akan adaptasi dengan sendirinya..... :)

coba kasih makan disuapi selama seminggu ini sambil disebut namanya... cara menjinakkan musang bisa mas baca di artikel cara menjinakkan musang, silakan search di menu cari artikel diatas...

Makasih ya mba infonya btw Mba dokter hewan ya? Mau tanya lgi klo tdinya gigi nya ori klo kita mau tumpulin bisa jadi stress / galak ga ya mba trs biayanya brp kira2 makasih mba

iya, mas. saya dokter hewan.
kalau mau ditumpulkan taringnya (dipangkur), lebih baik di dokter hewan, itu saran terbaik saya. kalau toh tidak di dokter hewan, mas bisa gabung ke komunitas pecinta musang di kota mas. biasanya mereka ada yang biasa pangkur gigi musang. namun harap perhatikan juga caranya ya mas, kalau bisa dampingi musang mas saat proses pangkur dilaksanakan....

kalau di dokter hewan, biayanya sekitar 100 hingga 200rbu. mas bisa tanya2 lagi ke saya setelah proses pangkur nanti. biar saya kasih tau obat untuk menghilangkan rasa sakit si musang.... :)

Makasih banyak ya bu dokter

dok musang saya uda jinak tp kalo habis d mandiin jadi gelisa sering strik gmn ngatasinya dok????

itu masih wajar, mas. mungkin dia belum biasa dimandikan. tidak apa2, lanjutkan saja. nanti juga dia terbiasa dan tidak strike lagi. silakan baca cara memandikan musang, search di menu cari artikel diatas... :)

tapi kalo d gendong kabur2an dok kadang mau kadang gelisah,terus gmn caranya msang saya tidak strik sma orang lain
mav dok banyak tanya maklum baru punya kali ni dpt yg gde lg kira2 umur 5-7 bulan tu juga dpt baru 3 hri yg lalu

iya, gak apa2 mas banyak tanya juga. saya malah seneng kalo ada yang baru belajar pelihara musang dan banyak nanya. :D

memang harus banyak interaksi juga biar dia percaya sama mas. kalo baru 3 hari, wajar kalau dia belum percaya sama mas. saya yakin, nantinya dia akan jinak dan nurut sama mas kalau mas terus menerus berinteraksi sama dia. sering2 diajak main, sering2 disuapi pakai tangan, sering2 diusap2, sering dimandikan (1 minggu sekali). cara memandikan musang silakan search di atas sana....

ah, jadi inget si millo, musang saya. awalnya dia galaknya ampun2an, tapi toh akhirnya jinak juga meski jari saya bocel2 dikoyak sama dia, hehehehe. sabar ya mas latih musangnya... :D

kalo mau nanya2 boleh di blog ini saja mas... saya tunggu.... :)
kalo ada yang dicari, silakan di search dulu di menu cari artikel diatas... :)

gimana carany dok musang saya biar cpet bonding,,,kadang masih gelisah dok d kandang..

udah saya jawab mas... silakan baca lagi...

iya dok makasih....
jangan bosan jawab ya dok sma pertanyaan saya....

maaf dok, saya mau tanya kalo digigit musang itu berbahaya nggak, soalnya saya baru pemula dan mau mencoba memelihara musang liar hasil tangkapan yang usianya kira-kira 6 blanan.. jari-jari saya kadang-kadang digigit sampai berdarah, apakah hal itu berbahaya?, yang saya takutkan ada penularan penyakit tertentu dari gigitan tersebut, terima kasih...

hingga saat ini, saya belum pernah menangani kasus penularan penyakit pada musang. tapi untuk berjaga2, mas bisa membaca artikel saya penyakit musang yang bisa menular ke manusia dan artikel cara aman memelihara musang, silakan search di menu cari artikel diatas....

Mba saya pnya muspan umur 7 buln tpi udh saya handel 1 buln tpi msihh strike aja ama hising gmna ya mba cra biar dia ga gtu??

silakan mas baca artikel CARA MENGHILANGKAN HISSING PADA MUSANG dan CARA MENGHILANGKAN STRIKE PADA MUSANG, silakan search di menu cari artikel di atas...

kalau hanya satu bulan sepertinya masih kurang mas, coba beberapa bulan... :)

permisi dok.. saya baru adop muspan.. kata owner pertamanya si jitot...
udah saya handle 1 bulan full ko klo dibawah masih suka ngibrit ya dok..
klo pundak juga kadang suka loncat .. jd takut kabur klo ga pake harnest..
cara ngatasinya gmna ya dok.. ?
trmakasih

silakan baca cara membuat musang bonding. banyak juga artikel mengenai cara menjinakkan musang di blog ini. search aja... :)

semoga membantu

bu dokter mau nanya ni sama baru pertama X punya muspan beli dr orang mkn sekitar berumur 3-4 bulan..
apa kalau musang stres muter2 di kandang apa dia stres ato ngajak main apa di biarin sampe cape sendiri..?
trus kalau dimandiin 2-3 hari sekali gpp bu dokter..?

biarin aja, memang kadang kalau musang baru sampai rumah begitu mas. masa adaptasi. :)
dimandikan 3 hari sekali aja. jangan lupa jemur abis dimandikan. menjemurnya jangan kena sinar matahari langsung, kasih kain tipis di atas kandangnya... :)

terima kasih sarannya bu dokter..:)
oia muspan saya kalau di kasi buah ga' dimakan dok apa ia solusinnya..?
kadang saya kasi promina sama susu bendera saya selingi sama nasi kecap kadang nasi sama ikan saya kunyahi, ga apapa kira2 tu bu..?

untuk susu, lebih baik jangan susu bendera, mas. apalagi yang kental manis, jangan karena dapat menyebabkan mencret. silakan baca cara mengobati mencret pada musang. kalau memang buah gak dimakan, coba pilih pisang yang lunak seperti pisang sunpride atau pepaya yang benar2 matang. kasih terus tinggal saja, nanti abis sendiri.

nasi dengan ikan mas kunyahi maksudnya gmn mas? mas kunyah, taro di mangkuk, lalu mas kasih ke dia? lebih baik jangan begitu. bakteri di dalam mulut kadang bisa menular ke musang.

maksudnya ikannya saya kunyahi trus campur kenasinya betsie..:)
baiknya susu apa ia bu dokter..?
trus kalau saya kasi makanan kucin kayak wiskas gpp..?

susu non laktosa aja. seperti susu sgm non laktosa. kalau tidak ada, gak usah dikasih susu juga gak apa2... :)

meski banyak yang ngasih catfood ke musang, lebih baik jangan dikasih catfood mas. dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker pada musang. tp untuk sesekali sih boleh aja. makanan terbaik untuk musang bisa mas search di blog ini... :)

dok musang saya umur 2 bulan, dia kalo jalan di tangan itu masih gemeteran, itu wajar apa engga ?

pastikan makanannya rutin, coba kasih promina bubur bayi secara rutin, jangan sampai telat.
sesekali bisa kasih air gula merah, 2 hari sekali. cara buatnya: air mineral ditambah cacahan gula merah secukupnya, jangan terlalu manis. lalu diberikan ke anak musangnya... :)

gimana ya dok memberi makan musang umur 3bulan tpi masih galak mohon petunjuknya

kasih aja langsung di wadah, lalu taruh di kandangnya...
untuk menjinakkan musang, silakan baca di blog saya: CARA MENJINAKKAN MUSANG... :)

Dok, klo musang umur 2-4 bln bleh d simpen d luar? Kedinginan gk.... klo pemberian susu non laktosa sampai musang umur brp? Makasih

kalau udara lagi dingin kayak gini, lebih baik kandangnya ditaruh indoor, mas. kasian kalau sampe hipoterm (kedinginan)....
susu non laktosa tetep bisa diberikan sampai dewasa kok... :)

Bu sya dpt musang kira2 1th dr alam tiap hari udh sya ajk intraksi smpe ga gigit tp dy klo dgendong nyakar bu kya nyengkram di bahu smpe2 berdarah, mohon bntuannya msih baru

memang seperti itu kalau musang hasil tangkapan liar. :)
intinya sabar, sabar, dan sabar. terus menerus saja ajak interaksi, kasih makan disuapi pakai tangan, ama sering dielus pakai tangan.....

bisa baca2 juga artikel saya di blog ini mengenai menjinakkan musang. semoga bisa menjadi referensi.... :)

dok, musang ku umur 10bulanan tp akhir2 ini kalo diajak jalan suka ileran knp ya? apa karena matahari dia dehidrasi atau apa dok?

oh, gak apa2. coba mas sering jemur.....
sama kasih buah2an setiap 2 hari sekali. kasih aja pepaya... :D

cara menjemur musang bisa mas baca di artikel cara menjemur musang....

caontoh nya ngajak main musang gimana dok .maklum baru belajar

ya diajak main.
kasih makan pakai tangan (disuapi). dipakein harness lalu diajak jalan2... sering usap2 dia... dll... :)

Dok..saya baru plihara musang pandan umur 3 bln...kalo pengen saya ajak main baiknya waktu siang hari atau malam hari ya dok...

Ijin menjawab dok, saya dari MLT ( musang lovers tasikmalaya ) pengalaman saya dalam mengurus musang itu lebih baik di ajak main pada siang hari dalam waktu lama, agar malam sifat nocturnal nya tidak terlalu agresif karena sudah capek, jd semakin banyak waktu yang bisa d habiskan dengan musang anda dengan meminimalisir sifat agresif pada musang, salam wangi :)

terima kasih mas irgi....
untuk mas muhammad iqbal, mungkin bisa gabung ke MLT :)

This comment has been removed by the author.

Dok, mau nanya ne. Musang saya usia skitar 4bln. Dia hasil dr tangkapan liar. Saya handfeet belum mau, pernah saya coba handfeet dianya strike terus. Bagaimana cara mengatasinya supaya bisa handfeet ya dok. Trimakasih...

sementara ini jangan handsfeed dulu. cukup pastikan dia mau makan, itu aja dlu. selama 2 minggu ke depan, usahakan dia sering melihat mas. kalau mas gak merokok, mas taruh juga kaus bekas pakai mas di atas kandangnya agar dia hafal bau mas. nanti setelah 2 minggu, coba lagi handsfeed. kuncinya cuma JANGAN TAKUT. kalau mas takut, dia malah makin susah jinak nantinya... :)

Baru kmrin sore sy dpet musang... gede bngt... jantannya + ganas... gmn th cra ngjinakinnya gan . . Smpe skrg msh d iket...

silakan baca artikel di atas. #udahgituaja

numpang tanyak :)
kemaren saya baru aja di kasih paman saya musang jenis pandan kira" umur nya 4 bulan . yg mau saya tanyak.in ? musang itu awal nya jinak waktu masih di rumah paman saya setelah saya bawak ke rumah kok jadi galak padahal di rumah paman saya , saya elus,gendong nggk gigit sama sekali tpi pas di pindah kerumah saya gigit tangan saya sampek berdara

klok boleh tau solusi nya gimana ya ?
sekalian belajar memelihara mamalia soal nya saya sepesialis BOP :D

numpang tanyak :)
kemaren saya baru aja di kasih paman saya musang jenis pandan kira" umur nya 4 bulan . yg mau saya tanyak.in ? musang itu awal nya jinak waktu masih di rumah paman saya setelah saya bawak ke rumah kok jadi galak padahal di rumah paman saya , saya elus,gendong nggk gigit sama sekali tpi pas di pindah kerumah saya gigit tangan saya sampek berdara

klok boleh tau solusi nya gimana ya ?
sekalian belajar memelihara mamalia soal nya saya sepesialis BOP :D

musang bisa membaca pikiran kita. mereka kadang sengaja berubah jadi galak untuk mengetes kita. kalau kita takut maka dia akan semakin jadi, semakin galak.

silakan mas baca lagi artikel yang berkaitan dengan cara menjinakkan musang di blog ini. diantaranya artikel hal yang salah dalam menjinakkan musang dan artikel perubahan perilaku pada musang. :)

sama, mas. saya juga masih belajar. :)

mau tanya dong dok,musang jenis apa yg cocoj untuk pemula seperti sya?

musang pandan anakan, yang udah bisa makan sendiri. :)
umur 3 hingga 4 bulan.. :)

misi bu dokter saya punya muspan kayaknya 4-5 maunya makan catfood saya kasih nasi kecap,pisang gak dimakan ada cara gak bu biar musang saya bisa mau makan selain catfood takutnya gk baik buat musangnya makasih mohon pencerahannya.

umurnya udah 4 atau 5 bulan?
silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja

-Perkenalan Owner Baru-

Bu dokter saya baru beli muspan umur -+2 bulan Up nama dari owner pertama 'Bongo' (ga tau apa artinya hehe) karakter jinak jumppy,pecicilan ditaruh pundak anteng tapi kalau sudah saya taruh di lantai pasti ngacir eksplore ruangan kalau saya deketin dia kabur nyari tempat buat ngumpet kalau mao dipegang dia hissing & seperti mau menggigit bikin saya agak 'jiper' alhasil main kejar-kejaran dengan saya,tapi kalau sudah ditangan anteng bu paling kepundak kanan pundak kiri sama tangan,kadang suka gigit juga sih..jadi kalau bu dokter kenali dari karakternya Si Bongo itu cara terbaik dan paling cepat buat dapat gelar 'Jitoott Markotot' itu gimana ya bu? mohon pencerahannya bu dokter :D

Terimakasih

halo mas dan bongo... setau saya bongo itu alat musik yang mirip kendang, tapi kecil. biasa dibuat dari pipa paralon besar yang dikasih karet ban di atasnya. suka dibawa sama anak2 jalanan gitu.... :)

hmm, soal 'gimana caranya biar musang bisa jitot' ya mas? agak susah jawabnya, karena....
1. sejinak apapun musang, dia pasti akan gigit. alias gak ada musang yang gak gigit. namun coba mas baca artikel saya cara agar musang nggak gigit. di sana ada caranya.
2. yang menyulitkan si bongo jadi jinak sebenernya mas sendiri. :)
mas cerita kalau mas suka jiper (takut) kalau si bongo lagi hissing kalau mau diangkat. nah itulah sebenernya yang membuat si bongo jadi susah jinaknya.

musang bisa baca pikiran kita, mas. dan kalau mas takut, dia pasti tahu, dan karena itulah dia malah makin berani sama mas. hilangkan rasa takut. kalau saya dlu caranya saya bungkus tangan saya pakai kaus, lalu saya sodorkan ke musang biar dia gigit2 tangan saya. ya, dengan cara ini, saya gak kaget lagi kalao digigit ama dia. udah biasa.

silakan baca2 dlu artikel saya yang berkaitan sama musang... :)

Dok mau nanya kalo musang saya kalo di taro bawah ngacir terus kalo bawa jalan" naik motor kaget sama di jalan juga solusinya gmna ya

Dok klo musang di taro bawah suka ngacir gmna ya biar ga ngacir terus klo di bawa jln" juga suka kget kaya mau loncat tolong informasinya dok

silakan baca artikel saya cara agar musang anteng...

Dok klo musang di taro bawah suka ngacir gmna ya biar ga ngacir terus klo di bawa jln" juga suka kget kaya mau loncat tolong informasinya dok

Dok mau nanya kalo musang saya kalo di taro bawah ngacir terus kalo bawa jalan" naik motor kaget sama di jalan juga solusinya gmna ya

mas jarang main sama dia ya? coba lebih sering ajak main. lebih sering berinteraksi. silakan baca juga artikel cara agar musang anteng...

obat buat hilangin rasa sakit saat musang d pangkur apa y

cara untuk menghilangkan rasa sakit saat musang d pangkur apa y?

silakan baca artikel saya cara memangkur gigi musang. :)

Mbak saya baru beli musang rase udah 4 hari dirumah, saya belinya udah jitot, terus musang saya sekarang suka gigit" gemes gitu.... Apa itu wajar..? Apa faktor giginya mau tumbuh...?

Mbak saya baru beli musang rase udah 4 hari dirumah, saya belinya udah jitot, terus musang saya sekarang suka gigit" gemes gitu.... Apa itu wajar..? Apa faktor giginya mau tumbuh...?

misi dok.. saya mau nanya.. saya owner newbie musang.. saya baru beli musang betina umur kurang lebih 10 bulan.. apakah pemangkuran dan pemotongan kuku di perlukan dok? soalnya gigitannya sampe tembus dok.. jari anak saya berumur 1 sampe sobek dok.. mohon pencerahannya..

dok apakah musang jika di foto menggunakan flash itu aman jika kena matanya? apa bisa menyebabkan katarak

meski kecil kemungkinan flash hp atau kamera menyebabkan katarak, tapi sebaiknya jangan, mas... :)

This comment has been removed by the author.

Mau tanya .musang sya agresif,bagaimana cara penyelesaian nya?
Terima kasih

silakan baca artikel cara agar musang anteng

dok kta dokter kan tempatkan musang di tempat yg ramai, kalau rumah saya sepi cuma ada saya sama di luar juga sepi jarang ada orang, itu harus gimana. sedangkan saya paling handle 1jam/hari selebihnya di kandang. oh ya apakah kandang tertutup buat musang susah jinak, soalnya kandang nya saya buat sendiri.
tolong di jawab. makasih dok

sebelumnya maaf karena baru balas.
iya mending bawa ke keramaian biar dia terbiasa sama manusia. mas bisa ikut gathering sama pecinta musang kota mas.
maksudnya kandang tertutup gimana? sebenernya sih gak ngaruh soal kandangnya. asalkan kita sering maen sama musangnya, tetep bisa jinak kok... :)

Dok mau tanya,
1. Saya beli musang pandan dari tangan perama,umur 2 bulanan. Dari tangan pertama sdh diberi nama, tapi saya mau ganti nanya karena gak cocok. Dan saya akan panggil nama barunya dalam setiap interaksi dgn muspan itu. Pertanyaannya apakah dgn menggunakam nama baru dibbisa kenal/ tahu dan bisa nurut?

2. Saya mau latih muspan 2 bulanan itu dgn setiap step prestasi saya mau kasih kacang bali. Apakah dgn pemberiam kacang ini akan membahayakan pencernaannya ataua bagaimana Dok?

Mohon pencerahannya.
Twrima.kasih sebelumnya

1. bisa kok mas. nanti dia mengenali nama barunya. asal sering2 dipanggil dengan nama barunya aja. dan sering2 diajak main. :)

2. jadi kalau dia berhasil melakukan trik, mas akan kasih dia kacang, gitu? sejujurnya, kacang agak kurang cocok sih buat pencernaan musang. tapi coba aja kasih, kalau nanti mencret, stop pemberian kacangnya.
kenapa gak dikasih buah2an, mas? kayak lengkeng? lebih aman dan lebih menyehatkan. :)

Mas saya Punya musang nih tapi pas beli baru memang jinak tapi setelah 1minggu lebih musangnya jadi agresif gitu jadi saya takut digigit mohon caranya dong gimana cara mengatasi masalah ini

kalau masnya malah takut digigit, dia malah makin seneng ngisengin masnya. karena musang tahu apa yang ada di pikiran masternya. jadi, biasain digigit biar masnya gak kaget lagi....

Mungkin umurnya baru 4-5 Bulan giginya+ kuku tajem bangt saya dicakar sampe berdarah,trus gimana Soalnya jadi galak bener

nggak bisa, mas. emang udah resikonya gitu.
gak ada cara lain selain membiasakan diri digigit. atau jual musangnya. hihihi...

Dok.. saya punya musang.. di gendong mau di elus di kandang mau.. cuman kalo kaget gigit.. terus kalo lepas dari kandang.. saya deketin malah hissing malah mau strike.. itu gimana?

Dok.. saya punya musang.. di gendong mau di elus di kandang mau.. cuman kalo kaget gigit.. terus kalo lepas dari kandang.. saya deketin malah hissing malah mau strike.. itu gimana?

wajar kok musang gigit. itu berarti emang dia belum jinak.
kalo digendong dia mau?
berarti emang dia belum begitu kenal sama masnya.
masnya merokok gak? kalau gak merokok, mas bisa taro kaos bekas pakai mas di kandangnya dia. itu juga kalo masnya gak merokok. kalau merokok, mending jangan. residu rokok yang nempel di kausnya bisa bikin musangnya sakit...

terus ajak main, terus elus2 biar dia jinak. selengkapnya mas bisa baca di artikel di atas

dok, apa ada jenis musang pandan yang susah dijinakkan? apa ada ciri-ciri khusus? saya baru dapat muspan 5 hari yang lalu, tp Muspan saya selalu striking. apa kalo saya mandiin tiap hari membantu proses penjinakan? di youtube ada yg menggunakan botol bekas, apa itu memang bisa membantu?
terima kasih.

botol bekas diapain mas? digetokin ke kandangnya?
kalau iya, udah ada artikelnya MENGGEBRAK KANDANG MUSANG BISA BIKIN MUSANG JINAK?

nggak sih. semua jinak musang bisa dijinakkan. mungkin maksud mas, karakter musangnya. ada yang emang karakternya keras kepala, hingga susah jinak, ada juga yang gampang jinak. tapi itu juga tergantung kitanya juga.

kalau kita sabar, pasti bisa jinak. saya dulu dapet musang bulan umur setahun lebih, juga akhirnya jinak total sama saya. bahkan bonding. :)

ooo gitu ya dok...
Muspan saya 3 bulanan umurnya. kalo dimandiin tipa hari ada pengaruhnya ga dok?
muspan saya belum mau makan nasi, maunya baru pisang dan sedikit pepaya. wajar ga ya dok?

jangan tiap hari juga, mas. mending seminggu 2x.
coba mas kasih makan bubur bayi promina, biar ada asupan kalsiumnya ada.... :)

This comment has been removed by the author.

musang saya kurang lebih umur 4 bulan, apakah masih bisa dijinakkan? kalo di lepas di ruangan suka ingin kabur, gimana ya biar bisa jadi anteng? trs makanan yang pas apa ya? soalnya saya kasih pisang dia kayak susah nelan gt dok,

saya dulu dapet musang bulan umur setahun lebih, hasil tangkapan liar, tapi masih bisa jinak, mas.
jadi saya sangat yakin musang mas masih bisa dijinakkan asal mas sabar.

maaf karena baru balas.

sekarang gimana keadaan musangnya?
gak apa2 kasih pisang aja dulu

Dok saya mau tanya, waktu dulu musang saya sebenarnya sudah jinak dan sering di ajak main tapi waktu saya tinggal (tidak di ajak main) selama 2hari tiba tiba jadi galak banget musangnya dan suka bersembunyi kalau liat orang, kira kira kenapa dan bagaimana mengatasi nya?

Kak dokter, mau tanya muspan saya udah umur 3 Tahunan. Udah jinak, udah hapal bau saya, udah bisa ngikutin saya tanpa tali. Tapi kok kadang kalau tengah bisa galak banget ya sampe gigit. Musang saya emang ga ditaruh kandang. Itu kenapa ya? Terus cara ngatasinnya gimana?

maksudnya "kalau tengah bisa galak banget" itu maksudnya tengah apa ya mbak? tengah malam gitu? :)
emang begitu. ada musang yang emang karakternya jadi "preman" banget kalo malam, karena pada dasarnya musang emang hewan yang aktif pada malam hari. wajar kok.
bisa diantengkan nggak kalau malam? bisa.
karena secara prinsip, asalkan mbaknya gak takut digigit. :)

Maf dok..sy baru dpt muspan umur kira2 1th lebih...kata owner lama dulu jitot, karna gk d urus jadi galak.
Skarang d handfeed mwu...tapi kalo mwu d pegang pas masukin tangan k kandang langsung strike...tapi kalo d elus lwat pinggir kandang masih diem waspada...
Baru dpt 4 harian...
Ad tips jitu gk dok...
Sy coba pake sarung tangan, sampe robek d gigitin..
Apkah sya mesti nunggu sdkit lebih lama untuk nyoba pegang lagi???

Maf dok..sy baru dpt muspan umur kira2 1th lebih...kata owner lama dulu jitot, karna gk d urus jadi galak.
Skarang d handfeed mwu...tapi kalo mwu d pegang pas masukin tangan k kandang langsung strike...tapi kalo d elus lwat pinggir kandang masih diem waspada...
Baru dpt 4 harian...
Ad tips jitu gk dok...
Sy coba pake sarung tangan, sampe robek d gigitin..
Apkah sya mesti nunggu sdkit lebih lama untuk nyoba pegang lagi???
Nunggu dy terbiasa lihat sy...
Musang ny sya taruh d kamr jd hampir tiap hari ktmu n d ajak ngobrol..hehe

Hhee, tapi dianya mah kayak gemes gitu kalau liat yang bergelambir kayak lengan atau betis ku gitu kak. Jadi kalau malem suka di kejar terus dikoyak" deh. 😑😥. Hhee makasih ya jawabannya kak dokter.

masnya merokok? kalau nggak merokok, taruh kaus bekas pakai mas yang masih bau keringet di atas kandangnya. dilebarin, dijemberengin gitu, biar dia kenal bau tubuh masnya... :)

emang butuh kesabaran, tapi sebenernya kembali lagi ke buat dia senyaman mungkin. jangan terlalu maksa dia buat jinak sama kita, karena kalau dia udah bisa nyaman dengan lingkungan barunya, nantinya dia akan jinak sendiri.

dan lagi, usahakan tetep elus dia. mas bisa pake sarung tangan atau bebat tangan mas pake kain kalau mau elus. kalau saya dulu, saya bebat tangan saya pake kain kemudian saya sodorkan ke mulutnya dia, biar dia nyerang tangan kita itu. itu penting biar kita terbiasa, biar kita gak kaget lagi....

dan juga, hilangkan rasa takut. musang tahu kalau kita takut, dan itu jadi 'amunisinya' dia buat nyerang. musang akan terus nyerang kita kalau kita takut. :)

kontak mata juga penting. musang bisa baca pikiran kita lewat kontak mata, sama kayak kuda. kalo mau, ajak ngobrol sambil liat matanya.... :)

mereka ngerti kok yang kita omongin, cuma gak bisa bales aja. :)

sama2. focus ke penjinakkan dulu aja.
bisa taro kaos bekas pakai di kandangnya, biar dia bisa kenal sama bau tubuh mbak.... :)

Pas pake sarung tangan dy malah lebih agresif dok....dr luar kandang ja dah nyerang...tp kalo tangan kosong lbh anteng..
Musang dokter yg nemu d alam liar to pasti taring ny tajem kan...d pangkur dulu sblom jinakin atau gimana...??
Kalo ngoyak lumayan hancur soalny tangan...
Sarung tangan q ajak koyak soal ny

kalau emang masnya gak takut pegang tanpa sarung tangan/pelindung, ya bagusnya emang gitu. :)

kalau mau pangkur, boleh aja. coba aja gabung ke komunitas pecinta musang di kota mas, minta tolong pangkur... atau kalau mau, bisa ke dokter hewan meski jarang ada dokter hewan yang mau....

kalau jari dan tangan hancur pas coba jinakin musang, emang udah resikonya, hehehe...

Makasi dok...si Omank dah mulai anteng nie..hehehe ( omank musang jantan)
Kmren q baru ambil muspan betina umur 3/4 bulan...lbih ganas drpada omank...doain ya biar bisa anteng juga...
Makasi banyak info ny ya dok...
Salam dr omank...

waaah, mantap! :)
iya, pasti saya doain. baca2 aja artikel2 saya tentang musang di blog ini, mas... :)

saya tunggu terus kabarnya...


Silakan upload gambar.