Cara Membaca Perilaku Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Burung hantu memiliki kode-kode tubuh tertentu jika ia sedang merasakan senang, baik-baik saja, sedang sakit, dan sebagainya. Artikel tentang

bahasa tubuh burung hantu

ini saya susun berdasarkan pengalaman sendiri setelah memelihara burung hantu selama beberapa tahun. Saya sendiri hidup di keluarga yang kesemuanya merupakan pecinta BOP. Rata-rata, keluarga kami memiliki satu ekor burung pemburu seperti alap-alap dan cg, hanya saya saja sendiri yang memelihara burung hantu. Pengalaman menjadi orangtua asuh bagi errol sudah menjadi modal utama saya untuk menyusun artikel bahasa tubuh burung hantu ini. Anda juga bisa membaca artikel saya yang lain tentang burung hantu, seperti jenis-jenis burung hantu, cara menjinakkan burung hantu, dan cara memelihara burung hantu serak jawa.


Ada beberapa cara agar kita bisa mengetahui apakah burung hantu kita sehat, burung hantu sakit, burung hantu kita senang, atau lain sebagainya. Berikut adalah beberapa bahasa tubuh burung hantu yang saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri.
Cara Membaca Perilaku Burung Hantu
Image taken from cracked.com
  1. Burung hantu kelihatan gelisah, tidak tenang, celingukan ke kanan kiri.
  2. Jika burung hantu anda kelihatan tidak tenang, gelisah, dan sering celingukan ke kanan dan kiri, kemungkinan yang terjadi adalah burung tersebut masih dalam masa adaptasi. Perilaku burung hantu di atas biasanya terjadi saat burung hantu masih dalam masa adaptasi atau baru saja dipindahkan ke tempat yang baru. Biarkan burung hantu di ruangan tersebut selama beberapa saat sambil terus diberi makan.
  3. Burung hantu terlihat mangap-mangap, tenggorokannya bergerak-gerak, matanya terbuka lebar.
  4. Burung hantu membuka paruhnya (mangap) dan tenggorokannya kelihatan bergerak-gerak serta matanya melotot berarti burung hantu tersebut sedang kepanasan. Cukup pindahkan burung hantu ke ruangan lain yang lebih sejuk dan diamkan beberapa saat.
  5. Burung hantu terlihat mangap-mangap, tenggorokannya bergerak-gerak, matanya terpejam.
  6. Burung hantu yang kelihatan mangap-mangap dengan tenggorokan yang bergerak-gerak dan matanya terpejam ada kemungkinan burung hantu tersebut akan mengeluarkan atau memuntahkan pellets (sisa makanan berupa tulang dan bulu yang tidak tercerna). Diamkan selama beberapa saat di ruangan tersebut sampai burung hantu tersebut mengeluarkan pellet-nya. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang burung hantu muntah, normalkah?
  7. Burung hantu sering mengeluarkan suara, matanya merem (matanya terpejam) dan matanya terbuka saat kita jawil, matanya tertutup lagi beberapa saat kemudian. Makan tetap rakus. 
  8. Burung hantu dengan perilaku seperti di atas biasanya sering terjadi pada burung hantu yang sehat pada siang hari saat burung hantu tersebut tidur. Burung hantu yang sehat juga punya ciri spesifik yang bisa anda lihat dari fesesnya. Baca artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari tahinya.
  9. Burung hantu lebih sering diam, murung, matanya merem (matanya terpejam) dan matanya terbuka saat kita jawil, matanya tertutup lagi beberapa saat kemudian. Tidak nafsu makan.
  10. Burung hantu yang sering murung, tidak bersuara, matanya sering terpejam, dan nafsu makan menurun, tandanya burung hantu tersebut sedang sakit. Silakan cek warna fesesnya dan bandingkan dengan ciri feses burung hantu yang sehat di poin keempat.
  11. Burung hantu sering mengigit pelan jari dan telinga kita.
  12. Burung hantu yang sudah jinak kadang menggigit pelan jari kita bahkan juga kerap menggigit telinga kita. Perilaku burung hantu tersebut adalah ucapan terima kasih burung hantu kepada kita. Eluslah kepala burung hantu anda beberapa kali jika dia melakukan itu untuk membalas ucapan terima kasihnya tersebut.
  13. Burung hantu kelihatan merenggangkan bulunya. Horn (bulu bagian kepala yang mencuat ke atas seperti tanduk) kelihatan tegak.
  14. Beberapa jenis burung hantu memiliki horn atau bulu yang mencuat ke atas di atas kepalanya seperti tanduk. Jika bulu tersebut kelihatan tegak, maka ada kemungkinan burung hantu tersebut sedang waspada atau marah.
  15. Burung hantu keliatan menunduk. Matanya terbuka lebar. Horn-nya tidak tampang.
  16. Bahasa tubuh burung hantu dengan ciri di atas menandakan burung hantu tersebut sedang ketakutan. Perilaku tersebut lebih mudah ditemui pada burung hantu yang baru tiba di tempat yang baru. Misalnya: baru tiba di rumah setelah dibeli.
  17. Burung hantu mengeluarkan suara menggeram, kepalanya bergoyang ke kiri dan kanan, dan sayapnya terlihat dibentangkan.
  18. Burung hantu yang berperilaku seperti diatas umumnya terjadi pada burung hantu yang masih galak (liar). Bahasa tubuh burung hantu seperti di atas berarti si burung hantu berusaha untuk mengintimidasi anda dengan menakut-nakuti anda agar tidak mendekatinya.
Itulah beberapa

perilaku burung hantu

dan bahasa tubuh burung hantu yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai orangtua angkat dari errol dan padma. Semoga artikel di atas bisa menjadi acuan bagi siapapun dalam memelihara burung hantu dengan baik dan benar. Terima kasih. (FS)

240 Responses to "Cara Membaca Perilaku Burung Hantu"

  1. Siang dok, burung celepuk saya sudah 2hari ini badannya lemas, sering hilang keseimbangan, kalo makan sama fesesnya masih berwana putih. Kira2 kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... kalau warna fesesnya hanya satu warna saja, kemungkinan sakit.... :)

      Delete
    2. Dari warna fesesnya normal dok seperti biasanya. Skrg kepalanya jd selalu mendongak keatas. Kaya lemes gak ada tenaganya dok. Solusinya gimana ya dok?

      Delete
  2. Bu dokter.saya baru adopt BOjuve awal..itu umurnya berapa bulan ya dok?
    Sya kasih nama Toty,,hehe,,dia sering banget angkat 1 kaki klo lg diem,,apakah memang seperti itu perilakunya dok?
    trims ya jawabannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya istiilah dalam memelihara burung hantu...

      pas lagi tidur, dia sering angkat sebelah kakinya? wajar. biasanya kalau tidurnya sudah pulas seperti itu. kalau masih belum pulas biasanya kakinya masih nangkring dua-duanya... :)

      Delete
    2. assalamualaikum dok ..
      saya mau tanya.

      owl saya sakit
      sudah 3 hari .
      hari ini dia lemes banget, enggak mau makan.
      kalau fesesnya kemarin normal dok .masih ada hitam sama plak putih .

      tapi hari ini tadi enggak mau makan . cuman saya kasih air putih . fesesnya jadi berair dok .

      saya harus gimana?

      saya search penanganannya kalau enggak mau makan di kasih kuning telur ... apa boleh ya??

      Delete
    3. jangan dikasih kuning telor! bahaya.
      mending mas beli super-n di toko makanan burung, kasih ke dia. setetes setiap hari.

      mas biasa kasih makan apa?

      Delete
  3. assalamualaikum...
    Bu Dokter, apakah burung hantu itu juga perlu minum? Dan bagaiman cara memberi minum pada burung hantu kalo perlu minum. Sedangkan si burung hantu saya sudah saya rawat dari kecil dan gak pernah saya kasi minum...!!!
    Terimakasih atas perhatian dokter, wassalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang banyak pecinta owl yang jarang (bahkan tidak pernah) memberikan minum ke burung hantunya, ini balik lagi ke pendapat masing2. kalau memang mas/mbak tidak pernah memberi minum ke burung hant mas/mbak dan dia baik2 saja sih gak apa2.... gak masalah... :)

      saya sendiri berpendapat bahwa semua hewan pasti butuh minum, dan saya menerapkan prinsip ini ke burung hantu saya. cara memberikan minum ke burung hantu pernah saya tulis di blog ini... :)

      Delete
    2. Terus kata dokter kalo burung hantu dehidrasi itu penyebabnya apa dok? Apa kurang minum?
      .
      #saya cowok dok, gak usah bingung menyebutnya... hehehe...

      Delete
    3. bisa karena kurang minum, bisa suhu panas juga. tapi jarang karena kurang minum, lebih banyak karena suhu panas... :)

      Delete
    4. Patrick Barn owl saya kok kadang bersin ya dok? Itu kenapa ya?

      Delete
    5. kemungkinan karena banyak debu atau udara yang terlalu dingin.
      coba pindahkan ke ruangan lain yang lebih bersih udaranya dan sering2 dijemur owlnya, minimal 2x seminggu. lakukan penjemuran di pagi hari sebelum jam 10 pagi selama 15 menit...

      Delete
  4. Bu Dokter mau tanya si Koko dua hari ini tingkah lakunya berbeda dari biasanya. Tiap hari habis 4 anak puyuh di malam hari (jm 6 - 10) dan 3 anak puyuh di pagi hari (jm 6 - 9) ditiap jam makan diselingi cicak 2-3 ekor. Dua hari ini mulai tidak selera dg cicak menggigitnya tidak sekuat biasanya bahkan kadang dilepas tapi kalau respon anak puyuh tetep kuat kalau dalam bok kardus kalau diluar cuma sekali aja dg jarak 0,5-1m (biasanya mampu 3 kali), pada pagi hari biasanya makan kuat sampai jm 9 dg interval 1 jam/ puyuh, lha terakhir ini tiap habis 1 cicak dan 1 puyuh pada puyuh ke 2 respon bagus disambar dicengkram cuma dibawa tidur siang baru dihabisin. untuk suara malam masih cuma tidak terlalu sering seperti biasanya trus akhir2 ini sering didatangi semut merah memakan sisa makan Si Koko tapi kayaknya si koko terganggu karena sering terdengar menghentakkan kaki pas as da semut dikakinya. Fases warna tidak selalu sama kadang hijau gelap (mirip warna pellet) ada hitam dan cairan bening kadang hitam dg coklat dan cairan bening . Kira-kira si Koko kenapa dok ya? salam dari si Koko buat Errol dan Padma kapan nih punya baby nggak di biakkan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya mungkin karena semut. dia agak terganggu dengan semut merah itu. mas bisa beli kapur semut lalu buat garis disekeliling kandangnya....

      kalau dari fesesnya sih masih sehat. mas bisa coba kasih makan bayi tikus putih atau bayi tikus rumah. liat gimana responnya kalau makan bayi tikus.....

      gak tahu kapan nih punya baby, hehehe. semoga aja berhasil. mereka masih ababil dua2nya. kadang errol marah ama padma, padma juga marah ama errol. jadi adu ekor gitu, diem2an. :)

      Delete
  5. Yth. Bu Dokter Fira, partner saya pico(celepuk) usia branch akhir ke juve awal, tiap pagi jam 05.00an saya kasih doq puyuh 1ekor, trus malamnya saya kasih jangkrik 10-13 ekor(sekalian melatih skill), untuk menu tsb tergolong kurang atau normal dok ? Thanks bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba siang atau sore kasih camilan, mas. bisa jangkrik lagi atau bayi tikus atau doc puyuh (yang minim bulu).... :)
      sehat terus pico. salam dari errol.. :)

      Delete
    2. okey bu dokter fira thanks, salam dari errol sudah tersampaikan :)

      Delete
  6. Dok, dulu pas merawat si errol masih chick pernah sakit ga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pelihara si errol sejak dia udah berusia dewasa, mas. dan alhamdulillah sampai sekarang sakit juga gak ada yang parah... :)

      Delete
  7. Dok,saya mw tanya,kenapa si owi (obay)sya klo dkasih makan dia merem sambil gigit2 sembarangan, smpek2 tangan sya sering luka? Tolong pencegahan.a dok,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. owi hasil tangkapan liar ya mas? kalau obay emang suka gitu. coba kasih pakan hidup, bisa bayi tikus atau sejenisnya.... :)

      Delete
    2. Iya kyk.a dok,sma klo ngeluarin feses.a dok, kluar.a kyk mencret g2(berserakan),dan saya udah baca artikel dokter tentang burung hantu yang mencret,tpi si owi gag ada tanda2 sakit,nagsu mkn.a bagus ja dok,kenapa tuh Y? Terima kasih

      Delete
    3. warna fesesnya apa mas? coba cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
    4. Warna feses berubah2 dok,kadang normal,kadang jga warna hitam bercampur air dan masih da uratenya dok,kenapa Y doc?
      Tapi si owi masih lincah saya liat smpe skg

      Delete
    5. Fesesnya gag beraturan bntuknya,gag sperti dgambar postingan dokter

      Delete
    6. kemungkinan kemasukan bakteri kalau memang tidak beraturan. berbau busuk gak mas?
      saran saya sih bawa ke dokter hewan aja biar dicheck-up...

      Delete
    7. Iya,bau dok,tapi didaerah saya gag da dokter hewan sma skli,klo dkasih amoxilin gmn donk?

      Delete
    8. jangan pakai amoxicilin mas...
      sekarang gimana keadaannya? maaf baru balas... :)

      Delete
    9. Kdang2 ja dok fesses g2, 1 minggu skli ja!
      Dan masih ska gigit dok ma owi gag aq saya pakein anklet, pengaruh kah tu donk sma dya suka gigit?

      Delete
    10. oh kalau hanya 1 minggu sekali, saya kira masih sehat. tapi perhatikan aja terus kesehatannya ya mas. kalau emang ada kasus urgent, langsung bawa ke dokter hewan terdekat aja. kalau perlu, langganan aja ama dokter hewan terdekat.

      kalau burung hantunya masih dalam tahap penjinakkan (belum jinak) sih menurut saya jangan pakai angklett dulu agar dia lebih percaya kepada mas. tergantung karakter burung hantunya sih.... lebih sering interaksi dan latih... :)

      semoga owi sehat terus.. :)

      Delete
  8. Dok,saya mw tanya,kenapa si owi (obay)sya klo dkasih makan dia merem sambil gigit2 sembarangan, smpek2 tangan sya sering luka? Tolong pencegahan.a dok,terima kasih

    ReplyDelete
  9. Dok, barn owl saya kenapa yaah❓ kok sayapnya lemes gitu ga kaya biasanya... Dua2 nya lagi. Pas disentuh sayapnya nutup/rapat lagi, tapi ga begitu rapat. Trus lemes lagi dok. Itu kenapa yaah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik bawa ke dokter hewan dengan segera, mas. meski saya punya dugaan, namun perlu melihat langsung juga burung hantunya secara langsung, makan masih mau??

      Delete
  10. Dok, barn owl saya kenapa yaah❓ kok sayapnya lemes gitu ga kaya biasanya... Dua2 nya lagi. Pas disentuh sayapnya nutup/rapat lagi, tapi ga begitu rapat. Trus lemes lagi dok. Itu kenapa yaah....

    ReplyDelete
  11. permisi dok, genting !!
    kenapa ya barn owl saya lemes kalo dipegang, juga kadang tiba" suka mau jatuh, kaya tergangu kesimbanganya

    maaf kalo menggangu soalnya lagi panik
    panik

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan mending bawa ke dokter hewan aja langsung mas kalau emang urgent....
      suspect tetelo, tapi semoga aja nggak...

      Delete
  12. Makan mau dok. Itu setelah diberi daging sapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jangan dikasih daging sapi lagi.
      sekarang gimana keadaannya? maaf saya baru bales. sibuk bgt 2 hari ini... :)

      Delete
  13. Dok, saya ngadop celepuk, brancher tpi udh bisa terbang cuman ga jauh. Selama 2 hari saya karantinaiin di kandang di dlm rumah, masih suka bitting sama suka deff klo di deketin, makan masih handfeed terus makannya kadang dikit kadang banyak. Mohon sarannya dok biar bisa memberikan yg terbaik buat partner saya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca2 dlu artikel2 saya tentang burung hantu di blog ini... :)
      kalau ada yang tidak dimengerti, baru tanya2... :D

      maaf baru bales, saya sibuk bgt 2 hari ini... :D

      Delete
  14. dok help kaki glowy kmrn terbelit lesh dan skrg pincang sy takut patah krn skrg dia cm bertahan dgn kaki kirinya yg kanan ky sm sekali ga ada tenaga...kejadian kmrn pagi sejak kejadian lgsg sy ksh gandapura n rendam dengan rebusan jahe n kamijara.. sy pijetin tp dia ga kesakitan tp ya itu kakinya lemes banget yg kanan..takut knp2 dok, napsu makan jg turun drastis,minum msh mau..feses fecalnya ga hitam pekat n ga ada kapurnya.. sy hrs gmn dok tolongin ;.( dia ud jinak bgt mau ke glove tanpa makanan.. dok apa ada no yg bs sy hub? disini ga ada drh yg paham ttg owl

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya?
      kalau memang urgent, langsung ke klinik hewan terdekat aja mas. kalau dilihat dari fesesnya, kayaknya dia kurang makan. mungkin karena kesakitan. gak bersuara kayak biasa lagi ya mas??

      kalau memang tidak kesakitan, mudah2an gak kenapa2, meski saya sih menyarankan agar dia langsung dibawa ke dokter hewan aja....

      maaf baru balas. saya sibuk bgt 2 hari lalu. :(

      Delete
  15. malam dok.. bersuara kl stiap sy datang tp dia ga nunjukin klmsakit cm keliatan kl dia lg sakit sih agak sayu matanya.. td ternyata sy liat di siku lekukan kakinya yg kaya nonjol n berwarna gelap gt ky biru dok harus sy obatin apa?? apakah dia bisa normal lagi kakinya? soal makan 2 hari ini dia ga mau sapi jd makannya daging babi n jangkrik kl malam.. disini susah cr tikus putih sm puyuh dok gimana yah? ikan salmon atau belut gt boleh ga atau ikan lainnya tp di filet?

    ReplyDelete
  16. ga ada dokter yg paham owl dok makannya sy bingung kebanyakan anjing kucing apa bs tolong ksh recomend dokter yg terdekat dengan tegal dok? td sy angkat kakinya sy goyang dia diem aja sih sy pijet2 oles pk kapas n gandapura jg diem aja nurut malah jari sy digigitin pelan2.. kira2 itu hanya kesleo atau patah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bengkak pada kaki bop dan burung hantu bisa diidentifikasi sebabnya:
      1. kalau dia keliatan sering menyentuh atau menggesek-gesek bagian yang bengkak, kemungkinan bengkaknya karena infeksi dalam.
      2. kalau dia keliatan tidak sering menyentuh bagian yang bengkak atau kesakitan saat bagian yang bengkak disentuh, maka kemungkinan ada insiden yang menyebabkan bengkak. fracture tulang kemungkinan....
      saya sudah menyediakan daftar dokter hewan daerah jawa tengah dan jawa timur di blog ini, lengkap dengan no telp-nya. silakan hubungi. mas juga bisa gabung dengan grup bop dan burung hantu di facebook agar bisa sharing...

      saya ingin tahu kabar selanjutnya, terutama dari 2 poin yang saya sampaikan di atas. saya tunggu... :)
      semoga owlnya baik2 saja.

      Delete
  17. Dokter, aku baru aja beli celepuk yang masih bulu kapas.. Itu dia kan masih belum bisa stabil gt bertenggernya jadi ga aku taruh di perch. Aku taruh di boks sepatu yang agak besar, dialasin koran gitu.. Dia aktiif banget, dok. Kadang suka ngintip-ngintip gitu dari boks sepatu, kepalanya suka nongol gitu. Ini ditaruh di boks apa boleh? Atau gimana, dok? Soalnya kan aku baca ga boleh di kandangin..

    Terus makannya lancar dook, lancar banget malah. Tapi tadi aku liat kotorannya lebih banyak warna hitamnya dari putihnya dok.. Ini tandanya dehidrasi kan? Aku suapin minum pake yang tempat minum hamster ituloh dok.. Dia kaya kehausan gitu. Ini ngasih minum dengan cara ini gapapa kan dok?

    Hehe ohiya dok makasih ya postingan di blog ini sangat membantu. Saya sudah hampir baca semua tentang yang burung hantu sebelum membeli burung celepuk saya ini..

    Oh ya, nama burung hantu saya Jongin. Salam dari Jongin untuk burung hantunya dokter ya!<3

    ReplyDelete
    Replies
    1. box sepatu kan kecil, mas. lebih baik gunakan box yang agak besar, bekas tv atau bekas kulkas. kalau kecil, biasanya dia rentan stress...

      lebih banyak warna hitamnya daripada putihnya, normal. tidak dehidrasi. kalau dehidrasi, banyakan putihnya daripada hitamnya, dan sedikit bagian beningnya.... :)

      salam buat jongin. jangan lupa latih ya mas. cara melatihnya ada di blog ini... :)

      Delete
  18. opsinya kl glowy masuk yg ke 2 krn memang ada insiden terbelit leash dan dibagian sikunya sy pegang agak panas n ky ada pendarahan didalam yg menyebabkan jd terlihat memar n biru lebam... apa ada salep untuk mengatasi itu dok? krn dlm wkt dkt ini ga mgkn cari drh krn sudah dkt lebaran... saat ini dia msh aktif bs lompat2 walaupun kaki 1 aja.. kira2 bakal bs sembuh lagi ga dok kasian glowy

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa oleskan minyak gandapura atau minyak tawon namun saya tidak menjamin sembuh. kalau memang sudah biru, kayaknya lebih baik bawa ke dokter hewan aja. kalau memang terdesak (misalnya dokter hewannya tutup or apapun itu), bisa pakai minyak tawon aja, oles ke bagian yang memar... :)

      saya tunggu kabarnya..

      Delete
  19. kalo pake counterpain yg cool boleh dok? atau ada salep gitu ada yg recomend? hr ini sepertinya ud agak baikan dia sudah mau makan sapi lg dengan lahap n kakinya ud agak berani napak ga nyengkram lg jari2 nya.. cm msh blm bs untuk menopang jd msh pincang.. dia nurut bgt dok sy obatin jg nurut sampai sy bebat dengan kapas n kain nurut ga berontak malah gigitin jari sy pelan n bunyi manja kl sy dateng n sy obatin.. oiya dok ada ga obat yg untuk minumnya jg supaya luar dlm diobatin biar cpt sembuh.. salam buat padma n erol dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pernah pake counterpain. kalau mau coba, coba aja. saya biasanya pakai minyak tawon aja...
      kalau dia kayak gitu (gigit pelan), artinya dia bilang terima kasih... :)

      Delete
  20. malam dok pa kabar erol n padma? glowy us lebih better walaupun msh pincang tp ud mulai ga nyengkram trs kaki yg cidera sudah bs digerakan tapi msh blm bs menumpu, msh agak kurus krn makannya blm normal sperti biasa.. dok tiap hr sy ksh tulang sotong,vita hawk n madu 1 tetes bolehkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih madu mas. cukup tulang sotong ama vitahawk aja... :)

      padma ama errol lagi ngerecokin saya yang lagi makan ketupat.. :D

      Delete
  21. Yth. Bu Dokter Fira, selamat hari raya idul fitri 1436 H, salam buat errol dan padma dari pico :D

    ReplyDelete
  22. Dok si Rokie BO sya kok pgi pgi ini kan laper triak triak , aku ksih dging sapi kok ga mau ya dok padahal biasanya aku ksih dging ayam mau dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih makanannya yang biasa, yaitu daging ayam, kalau masih gak mau juga, cek fesesnya, samakan dengan yang ada di artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. kalau fesesnya normal, tunggu dulu beberapa saat (30 - 60 menit), lalu coba kasih makan lagi..... kalau masih gak mau makan juga, lebih baik bawa ke dokter hewan aja agar lebih jelas....

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  23. Permisi dok, saya baru saja dapat barn owl usia branches akhir. Makan lahap, aktif, cepat adaptasi. Yang jadi pertanyaan, apakah bisa diadopsi oleh 2orang dok. ? Bagaimana terhadap psikologinya? Karena diadopsi sama tmen satu kontrakan jadi bisa gantian kasih makan. Sibuk kuliah soalnya hehehe. Ditunggu jawabannya ya dok. Salam buat erol sama padma dari little Jordan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, bisa aja seperti itu.
      biasanya nanti si owl lebih dekat ke salahsatu master, namun gak apa2 juga seperti itu.
      sama aja kayak errol dan padma, saya lebih deket ke errol dibandingkan sama padma... :)

      salam buat little jordan ya... :)

      Delete
  24. Thx , dok tapi tetep ga mau daging sapinya, tapi selain daging sapi mau dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 kasih aja makanannya yang biasa, yang dia mau makan...
      sesekali bisa juga kasih bayi tikus...

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Dok barn owl saya kok matanya sayup ya gk malem gk siang sama aja, makan pun juga agak susah dok cuman di mainin aja gk di telen, badan agak lemes tp masih mau bunyi. Itu knp yah dok ?
    Oh iya usianya masih brancher awal banget
    Tolong beri solusi dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? fesesnya gimana? coba mas cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. untuk pakan, bisa mas coba pakai hati sapi segar (yang masih berdarah lebih bagus, jangan yang beku). mas blender mentah atau dicacah kecil2, lalu coba berikan....
      kalau emang urgent, lebih baik bawa ke dokter hewan mas.

      Delete
  27. Dok barn owl saya kok matanya sayup ya gk malem gk siang sama aja, makan pun juga agak susah dok cuman di mainin aja gk di telen, badan agak lemes tp masih mau bunyi. Itu knp yah dok ?
    Oh iya usianya masih brancher awal banget
    Tolong beri solusi dok :)

    ReplyDelete
  28. Drh,, rip si alay,,
    Saya tidak tau pas pagi hari melihat si alay di makan sama buk2,, padahal sebelumnya mereka akur,, berkicau bareng di malam hari,, tp pagi td,, saya melihat alay sudah tergeletak dengan tercabik,
    Padahal, makannannya cukup banyak saya rasa..

    Knp perilaku burung hantu seperti itu,, mohon penjelasannya drh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya si alay dilukai atau dibunuh si buk-buk?
      emang kerap terjadi begitu, terutama jika kedua owl sudah saling imprint. saling terikat secara emosi. satu owl akan tahu kalau owl temennya tidak lagi berumur panjang atau sedang sakit keras, makanya temennya yang masih sehat biasanya akan sengaja melukai atau membunuh. sangat jarang ada owl saling membunuh karena kurang makan, mas. rata2 karena sebab itu tadi. oh ya, owl biasanya pintar menyembunyikan penyakit, tergantu karakter owlnya. mungkin buk2 tau kalau alay bakalan tidak berumur panjang mas....

      RIP alay. sekarang tinggal buk2, sehat terus buk2... :)

      Delete
    2. Hmm,, makasih dok,, smoga buk2 sehat selalu,, kasihan dia jomblo sekarang....

      Delete
    3. dok jinakin owl masih liar gmna...
      terus dia sering bunyi wuk wuk

      Delete
  29. salam kenal dok.. saya adop buffy waktu brancher..namanya BOB sekarang sudah juve.. yang mau saya tanyakan kok si BOB gak pernah bersuara triak ya dok? yang saya denger cuma clickin sama hisssis.., kl untuk makan normal, saya kasih variasi tikus putih sama ikan kecil, feses normal, aktifitas normal ... ada yang salah sama suaranya gak dok? trimakasih

    ReplyDelete
  30. Dok, fifi udah sembuh berkat sarab dokter ^^
    Tp skrg kadangdia gigit keras jari kya marah gitu itu kenapa yah dok, udah 4 kali d gigit sakit bgt, gk biasa nya dia bgini,
    Makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pelihara burung hantu mah udah resikonya pelihara burung hantu mas... :)
      namun mas bisa baca artikel cara menjinakkan burung hantu...

      Delete
    2. Jinak udah kok dok, tp akhir" ini aja jd agak liar, perilaku nya jd beda, tp nanti jd manja lg, trus galak lg gitu,

      Delete
    3. kalau gitu kayaknya dia bisa baca perasaan mas.
      ya, semua hewan bisa baca pikiran kita. kalau kita takut, dia berani. kalau kita berani, kadang dia sengaja jadi galak buat 'ngetes' keberanian kita...

      santai aja. anggap sebagai partner. emang perlu latihan, tapi nanti juga biasa....

      Delete
  31. permisi dok mau tanya, burung hantu tidur nya sambil berbaring seperti ayam yang bertelur itu normal atau tidak ya? dia duduk di dasar yang aga empuk dan menyandarkan kepalanya. dan tidak ada tanda-tanda sakit di faecesnya dan di fisiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya tambahan dok, untuk nafsu makannya tetap besar. setelah tidur pun dia bangun lagi dan jalan2.. lalu lompat ke perchnya. burung hantu saya blm bisa terbang cuma baru lompat dan mengepak-epakkan sayapnya.

      Delete
    2. kalau belum bisa terbang (aka masih anakan), masih wajar seperti itu mas selama nafsu makannya bagus dan gak ada tanda2 sakit...

      Delete
  32. Dok mau tanya nih BO masih chick akhirsaya si Zorro tiap 1 minggu sekali saya kasih ,vit Bcomplex,Vit C sama minyak ikan(beda hari ngasihnya),untuk yg vit b & c saya kasih 1/4 tablet itu gpp dok?takaran yg pastinya berapa dok terimakasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk minyak ikan, sebaiknya jangan tiap hari, mas. malah bisa ganggu pencernaannya. seminggu sekali aja.
      untuk vitamin juga sebaiknya jangan tiap hari juga. cukup seminggu sekali aja.

      kalau mau tau takaran pastinya, mas bisa timbang berat badan si zorro pake timbangan digital biar tepat lalu komen lagi kemari ya... saya tunggu... :)

      Delete
  33. dok,bo saya si bino akhir akhir ini kalo saya deketin selalu mengeluarkan suaea panjang itu maksudnya apa ya padahal biasanya cuman hah hah aja ini haahhhhhhhhhhhh sampe panjang pokoknya sampe abis ngakkkkk gitu,terus semjak itu gak mau makan ayam hidup puyuh (sudah di potong awalnya sih mau makan tapi bagian dada saja,lama lama tidak mau sama sekali,pas saya kasih tikus maunya juga udh di matiin dan ga mau makan palanya dulu langsung hap semua,saya kasih tikus jumper

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? normal?
      ukuran ayam hidupnya mas kasih yang masih anakan, kan? :)

      tebakan saya sih dia emang lagi gak nafsu makan aja. cuaca emang lagi gak bagus, jadi sebaiknya jaga agar ruangan tempat memelihara owlnya tetap hangat dan bersih.

      soal agar dia nafsu makan, hmm, mungkin kasih makanan yang sekira dia masih mau makan aja dan keep warm... got it? :)

      Delete
  34. Dok boleh minta id line bm atau akun facebook nya gak soal nya aku mau nanya masalah burhan masih pemula aku nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau akun facebook, adanya fanpage di facebook.com/caramemeliharahewan

      mending tanya aja di sini, mbak. baca-baca dlu artikel mengenai cara memelihara burung hantu di blog ini....

      Delete
    2. Gini dok si cicit jenis celepuk tpi kta nya yg udah dwasa. Dia nya didktin gk buka sayap, dielus-elus nunduk tapi ditaruh ditngan bunyi mau terbang terbang terus di ksih mkan gak mau. Mau mkan kalo gak ditaruh ditangan aja. Gimna itu dok belum jinak atau gimna ya

      Delete
    3. bukan belum jinak, cuma dia belum terbiasa atau belum percaya aja sama mbaknya... wajar kok. cukup sering2 ajak main aja.

      soal kasih makannya, sementara ini kasih aja makan dengan yang kira2 dia mau makan.... :)

      Delete
  35. Ngjak main nya gimna dok maaf ya msih pemula aku nya ? Aku udh sering ngjak ngombrol. Trus pagi sama sore aku elus elus kepala sama perut nya sambil mancing supaya dia mau bertengger ditangan aku dok tapi ditaroh cuman satu kaki sambil gigit tangan aku nya, aku angkat perlahan supaya kaki yang satu nya ke angkat tapi cicit nya masih belum mau bertengger ditngan aku . Gimana itu dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajak main burung hantu artinya berinteraksi dengan si burung hantu. bisa dengan mengelus2nya dan sebagainya... :)

      kalo burung hantu belum mau bertengger di tangan kita, itu artinya belum percaya kepada kita selaku ownernya. tebakan saya sih dia masih jarang diajak main. gak apa2, sering2 aja ajak main dan ngobrol sama dia.... perlahan-lahan, ngobrol sambil liat matanya, biar kalian bisa 'terhubung'... :)

      Delete
  36. Dok pagi ini cicit udah berani nangkring ditangan aku tapi kadang gigit kadang diam aja gak separah waktu sebelum dianya nangkring ditangan aku sih, wajar gak sih dok ? Atau mungkin dia nganggap tangan aku makanan.

    Temen aku ada yang pelihara celepuk juga dok dia mandiin sama air sirih atau cengkeh kata nya sih biar gak bau bener gak sih dok aman gak ?
    Makasih banyak arahannya dok salam ya buat erol sama padma dari cicit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya sedang sakit sekarang. nggak, itu wajar kok kalau owl mulai mengenal masternya emang gitu. si errol juga dulu paling senang gigit2 idung saya waktu dia mulai mengenal saya. masing2 bop dan owl punya cara tersendiri kalau dia mulai mengenal ownernya. mbak beruntung cuma digigit tangan dan jari, kakek saya elangnya dlu suka nemplok di atas kepala... :D memandikan owl pake air sirih dan cengkeh bisa aja dilakukan sih, yang penting cara memandikannya yang benar.... ada kok artikelnya.... errol dan padma dirumah, diurus sama suami saya. saya sekarang di rs. kemaren di kaca jendela rumah sakit ada 2 ekor barn owl menclok di sana, saya yakin itu si errol dan padma. sayangnya kemaren saya gak bisa ngangkat kepala. sekarang aja agak mendingan, makanya bisa buka blog lagi... doain ya biar saya bisa sehat lagi.. salam buat cicit...

      Delete
  37. Iya dok gak papa cepat sembuh ya :)

    ReplyDelete
  38. Skrg cicit suka nangkring setiap didekatin tngan aku dok trus waktu aku dekat ke tempat dia bikin suara suara gitu. Tapi pernah skali wktu nangkring ditngan aku dia gigit parah lbih parah dari sebelum nangkring smbil bersuara hu hu hu knpa ya dok ? Dia suka garuk garuk juga, ad yang jatuh mirip ketombe gitu tapi sdikit aja gmna dok feses nya normal soal nya aku udah baca artikel dokter, aku kasih makan jangkrik aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada matahari cerah pagi2, mending mandiin aja. silakan baca artikel saya cara memaandikan burung hantu.

      owl emang suka iseng. si errol apalagi. dia seneng banget pup di muka saya kalau saya lagi tidur. tau-tau kerasa anget aja di muka. pas bangun, yah gitulah... :D

      mungkin si cicit sama kayak errol, suka ngisengin masternya. dan itu bagus. dan saya yakin si cicit cuma becanda, karena dia sambil bersuara hu hu hu. kalau owl beneran nyerang, biasanya dia gak sambil bersuara hu hu hu gitu. suaranya beda... :)

      si cicit sering nemplok di atas kepala? atau mungkin suka menclok di bahu kemudian gigit2 kuping mbak? :)

      Delete
  39. Halo Dok, saya pelihara celepuk umur 7-8 bulan namanya Lyle, udah sekitar sebulan dia tinggal sama kita, dan selama itu belum pernah keluar kandang (pernah sih 2 kali namun karena pintunya lupa ditutup, hehe). Setiap kita datengin dia selalu merentangkan sayap, kepalanya goyang, dan suaranya serak kayak menggeram (seperti poin 9 page ini). Tapi kalo kepalanya udah dielus, sayapnya dilipet lagi, kepalanya nunduk atau miring ke samping, dan kadang-kadang matanya sampai terpejam. Itu tanda rasa takut atau rasa nyaman ya Dok?

    Terus mau nanya soal housing-nya Dok, idealnya Lyle ditaro di kandang atau di perch pake rantai? Kita takutnya kalo pake rantai yang panjangnya paling cuma 30-40 cm Lyle gerakannya terbatas juga, nggak jauh beda sama kalo di kandang. Kandangnya Lyle 40×60 cm, tingginya 50 cm, dan ditempatkan di halaman belakang.

    Terima kasih sebelumnya, Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo lyle,
      lyle sebenernya jenis burung hantu yang cukup welcome. mudah menerima owner baru. mas pelihara dia udah berusia tua ya si lyle-nya? betul? :)

      coba jujur ama saya: mas takut atau ragu si lyle gak bisa jinak? atau mas takut digigit ama dia? :D

      owl bisa baca pikiran kita, mas, semua owl juga kayak gitu. kalau kita takut atau ragu, maka dia akan semakin keras kepala dan susah dijinakkan. bersikap biasa aja. jangan anggep dia burung hantu, coba anggap dia partner. yang paling penting, percaya sama dia. coba mas keluarkan dia dari kandang dan elus dia di luar kandangnya. sesekali taruh di pundak.

      trik lain, taruh si lyle di kamar tidur mas saat mas sedang tidur, biar dia liat mas tidur. dengan cara itu, si lyle bisa percaya kalau mas nggak berniat jahat sama dia... :)

      ya, semua owl menganggap kita, manusia, adalah makhluk yang gak bisa dipercaya. :D

      untuk housing, sebenernya bagusnya buat lyle itu ruangan kosong atau gudang. taruh aja di situ tanpa diikat apa2. biar dia bebas. tapi dengan spesifikasi kandang yang mas sebutkan, itu udah bagus kok...

      kabari saya lagi mengenai si lyle. chat aja kalau saya lagi online... :)

      Delete
  40. doker . burhan celepuk saya patah kaki nya sebelah kanan mungkin dikarenakan masih kecil dia udah beterbangan ke pohon tinggi . pas saya lihat kaki yang kanan udah patah parah banget . gimana dok cara menolonganya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk kasus urgent kayak gini, mending langsung bawa ke dokter hewan terdekat, mas... biar sekalian dicek...

      Delete
  41. Dok, celepuk kalau tidur pulas emang rebahan ya? Telungkup gitu kaya orang? Soalnya si Otus gt.. Tapi makan n feses sih bagus. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih nggak, mas.
      tapi kadang emang suka aneh2 sih. dulu si errol aja kayak gitu.

      kalau pendapat saya, kalau dia masih aktif, makan dana fesesnya bagus, dan tidak ada gejala sakit, kayaknya masih sehat.

      kalau mas worried, mending bawa ke drh aja biar dicek-up... :)

      Delete
  42. Pagi mbak fira,saya punya burung hantu umurnya skitar 3 bulan sering menggerakan kepalanya,trus klo makan jangkrik biasa doyan skarang malah susah kenapa ya mbak fira? Trima kasih.

    ReplyDelete
  43. dok, celepuk saya si Hani tadi malam berkelakuan agak aneh. tadi pas di tinggal tidur, dia tiba2 jadi banyak terbang gak tenang gitu dok, sempat ngirain dia mungkin lapar, pas tak kasih makan jangkrik, dy cuma ambil 1 ekor, itupun lama baru di tilep sama Hani. Karna kyaknya dy gak lapar, akhirnya tak tinggal tidur lagi. tapi dia malah makin heboh dok, coba terbang ksana kemari tapi sering jatuh karna ke tahan sama ankletnya.
    akhirnya pas saya coba cek, trus tak naikin di perch-nya tiba2 kepalanya bergerak agak tidak normal. kepalanya bergerak keatas serong ke kanan dan berputar, begitu terus dok, bahkan kalo dia muter kepala juga gitu. kalo dari fesesnya sih masih normal dok, mata juga normal, nafas normal....
    itu kira2 si Hani kenapa yah dok? wajar gak sih kepalanya kayak gitu?
    tolong yah dok :'(
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      wajar kok si hani kayak gitu. owl emang lebih aktif kalau malam. apalagi kalau diluar ada temennya (owl lain), dia pasti lebih aktif lagi... :)

      Delete
  44. Saya punya bo terus bo saya di taruh dikardus soalnya kakinya masih lemas karna mash chick dan klo tdur bo saya berbaring saya pikir saat pertama kali mti saat saya sentuh bo saya bangun lagi dan makannya lahap

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas cek artikel parameter kesehatan burung hantu, juga artikel2 lain. baca2 aja dlu.. :)

      udara lagi gak bagus buat burung hantu. jaga jangan sampe owlnya kedinginan... :)

      Delete
  45. Dok, cara mengatasi burung hantu mengeluarkan suara menggeram, kepalanya bergoyang ke kiri dan kanan, dan sayapnya terlihat dibentangkan bagaimana? apa dengan mengelus dan memijit2 kepalanya cukup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perilaku yang mas sebutkan (kepala goyang2 ala tina toon, sayap dilebarkan, sambil mengeluarkan suara ancaman) namanya perilaku defends (pertahanan diri), karena dia merasa terancam. cara menghilangkannya sering2 ajak main, minimal elus kepalanya dan kasih makan dengan cara handsfeed (disuapi). selengkapnya ada di artikel saya cara menjinakkan burung hantu

      Delete
  46. dok saya mau tanya kenapa burung hantu saya kalo tingkah cuma di sore hari sama subuh??
    kalo malem matanya sering terpejam

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.
      untuk feses dan lainnya gimana?
      kalau fesesnya bagus (masih 3 elemen) dan dia mau makan serta sering bersuara, masih bisa dikatakan sehat.

      cuaca lagi gak bagus buat hewan, mending pindahkan dulu ke dalam ruangan.
      kabari lagi ya mas.

      Delete
    2. Kalo menurut saya fesesnya normal,tapi kadang warna putih kental..
      Nafsu makannya menurun dok,sehari mungkin 2-3 anakan puyuh dan potongan daging ayam sedikit,makannya juga pas tengah malem..
      Apakah ada indikasi penyakit atau yang lainnya dok??
      Terima kasih

      Delete
    3. fesesnya 3 elemen nggak?
      coba mas beli super n aja, kasih setetes tiap hari. jangan sampe kedinginan juga...

      untuk makan, kalau emang dia makannya dikit, lebih sering kasih makannya. kalau biasanya 3 kali makan, nah kalau makannya dikit, bisa tambah jadi 4x makan.... dagingnya cacah kecil2 dulu ya mas....

      cuaca masih gak jelas, padma sakitnya makin parah. moga2 owlnya mas sehat2 aja.... :)

      Delete
  47. Bu dokter, saya baru beli celepuk. Pertama saya bawa ke kamar terus dia langsung panik menunjukan perilaku no. 9. Saya berusaha terus kasih jangkrik sampai 5 buah. Setelah itu saya bingung mau simpan dimana karena saya belum punya anklet untuk mengikat celepuk di tangkringan. Akhirnya saya simpan di dalam dus, sebelumnya saya coba simpan disangkar dan celepuk terus mengeluarkan suara. Akhirnya saya simpan dalam dus dan lumayan tidak keluar suara lagi. Langkah selanjutnya dan yg benar yg harus saya lakukan apa yah Dok ? karena saya belum punya anklet dan tidak ada ruang kosong. Karena kalo disimpan bebas dikamar saya saat saya tidur, saya takut celepunya bbuang kotoran dimana mana dan berusaha mencari jalan keluar karena ada cukup celah di atas kamar saya yg mungkin celepuk itu masuk kesana.Apakah tidak apa" kalo saya simpan di dus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur celepuknya berapa mas?
      gak apa2 ditaro di dus dulu. coba mas baca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.

      beli super-n di toko makanan burung, kasih setetes tiap hari.

      kabari lagi ya... :)

      Delete
    2. oh ya. baca juga artikel kenapa burung hantu bersuara terus. :)

      Delete
    3. Umurnya brancher akhir Dok. Sekarang udah saya simpen di perch Dok. Sudah lancar makan jangkrijk, tapi saya gatau dia suka minum atau engga, soalnya tempat minum yg saya simpen kaya yg segitu gitu aja ga berkurang. Gimana yah dok ? Terus kalo lagi ga di kasih makan suka pasang posisi defend terus kalo saya deketin. Terus saya elus kepalanya baru biasa lagi. Itu gapapa dok pasang posisi defend gitu terus ?

      Delete
    4. maaf karena baru balas.
      cara memberi minum burung hantu sudah ada kok artikelnya: judulnya cara memberi minum burung hantu.

      kalau mas baru pelihara burung hantu, ya emang gitu. defends. coba aja ajak main terus. selengkapnya mungkin mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu

      Delete
    5. Oke Dok. Satu lagi, doi kok jarang bersuara yah dok, kalo malam saya bawa masuk ke kamar biar liat saya tidur. Biasanya suka bersuara, tapi sekarang kok engga yah ?

      Delete
    6. fesesnya gimana mas? normal?
      coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.

      rajin dikasih super-n nggak owlnya? coba baca artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
    7. Fesesnya normal dok. Dia bersuara kalo saya julurin tangan aja, tapi suaranya kaya suara mengancam dok. Suaranya juga kaya yg ketahan gitu kaya yg serak.
      Engga dok ga rajin dikasih super n.
      Terus dia kenapa ga betah di perch nya yah dok ? Saya simpen perch nya disamping rak sepatu, tapi dia suka pindah terus ke rak sepatu setiap saya simpen dia di perch nya.

      Delete
    8. ini mas yang semalem chatting ya.
      udah saya balas via chatting ya mas... :)

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Dok, saya mau nanya, bay owl saya diem mulu, nunduk, ga bersuara, merem terus, fasesnya warna putih, makannya biasa aja, kenapa yah dok tolong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan masih mau? biasa dikasih makan apa?
      cek artikel saya, Cara Agar Burung Hantu Tetap Sehat. kasih obat yang saya tulis di artikel itu.

      Delete
    2. Kemarin masih mau tapi hari ini gamau makan, biasa dikasih jangkrik, fasesnya sekrang putih ke kuning kuningan, saya pernah baca artikel bu dokter, kayanya burungnya diare, cara obatin nya gimana dok?

      Kasian diem mulu ga bersuara:(

      Delete
    3. Dok burhannya udah mati :'(
      Baru tadi beberapa menit setelah saya usap kepalanya dan dia langsung jatuh dari pech nya tak berdaya :'(

      Makasih dok atas bantuannya

      Delete
    4. :(
      belum sempet dikasih super-n ya mas?

      buat pengalaman aja ke depannya....

      Delete
    5. Iya belum dok

      Tadinya mau dibawa ke dokter hewan dok tapi telat :(

      Delete
  50. Dok, saya debby dr nganjuk, jatim. saya mau nanya dok. Saya punya burhan celepuk. Tapi kok burhan saya sampai sekarang knapa suaranya masih mendesis gitu yah? Apakah ada yg salah dengan makanannya atau yang lain? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dideketin dia mendesis sambil ngebuka sayapnya dan kepalanya goyang2 ya? bener?

      itu dia mengancam kita. istilahnya, defends (belum jinak). perlu langkah penjinakkan lagi. coba aja baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu...

      untuk mengecek kesehatannya, coba aja baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu

      Delete
  51. Dok. Mau tanya. Jam tidur burung hantu itu jam berapa sih... Hehe

    ReplyDelete
  52. Dr kalau celepuk abis saya kandangin terus pas dikeluarin suka kaya terbang ke arah saya itu artinya gmn ya? Apa dia marah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. celepuknya masih anakan ya? bener?
      kalo masih anakan atau awal2 dewasa, emang suka gitu. terutama buat owl yang ada kemungkinan imprint sama kita. malah bagus kalo menurut saya.

      coba cek artikel saya, imprint pada burung hantu...

      Delete
  53. Oh gitu ya doc, saya mikirnya dia marah gitu. Soalnya terbangnya kaya marah gt, dan habis saya masukin kandang pas solat.
    Iya celepuknya masih sebulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo khawatir burung hantunya sakit, cek aja artikel saya parameter kesehatan burung hantu dan artikel cara agar burung hantu sehat... :)

      Delete
  54. Dok si gery (celepuk sya) klo saya lgi duduk deket dia, dia suka nyamperin saya terus diem dah di lutut saya,terus dia gigit" kecil ke lutut saya��,perilaku seperti itu artinya gmna ya dok? Mohon penjelasanya
    Btw si gery baru 1 minggu sama saya
    Ada salam buat errol dari gery��

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak dia gigit jari kita atau kuping... dia bilang makasih... :)

      fesesnya gimana? normal? cek aja artikel saya PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU

      Delete
  55. Dok celepuk saya msh usia chick kalo saya liatin dia kayak marah ke saya terus loncat ke saya, padahal blm bisa terbang. Gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha. kayak si errol dulu.
      calon imprint, saya yakin dia kelak akan imprint sama masnya....

      coba baca artikel saya IMPRINT PADA BURUNG HANTU

      Delete
  56. selamat malam dok, saya baru pelihara burung hantu celepuk yang masih bulu kapas, baru sekitar 1 minggu. awalnya dia aktif dok sering bersuara terus makannya juga banyak. tapi akhir akhir ini jadi jarang bersuara dok, kurang aktif, nafsu makan juga menurun. fesesnya saya lihat sangat dominan putih daripada hitamnya, uretanya saya lihat hampir tidak ada. apa dehidrasi ya dok? tapi saya suap minum dia juga tidak mau minum, saya kasih minum di tempat minum juga tidak diminum. kira kira kenapa ya dok dan bagaimana solusinnya? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih super-n.
      silakan baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT...

      biasa dikasih makan apa? jangkrik?

      kabari terus. jangan lupa kasih super-n.

      Delete
  57. Dok, sya punya barn owl bc akhir, sering megap2, nafsu makan baik, feses norma. Tapi kenapa responny menurun ya dok padahal sudah jttf 2 meter. Dan ditaruh di ruangan sejuk.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. megap2nya abis makan?
      kalau abis makan, bisa jadi karena potongan makanannya terlalu gede. coba dicacah kecil2 dulu. sekira dia gak kesulitan makannya...

      kemungkinan lain: ada kemungkinan lagi mabung? coba cek artikel saya MERAWAT BURUNG HANTU MABUNG.

      Delete
  58. Malam Dok , ortho (barn owl) saya sudah 3 hari ini sifatnya sangat aggressive, selalu nyerang orang" yang ada di dekat dia itu kira" kenapa ya? (
    saya udah luka" nih badannya gara" di cengkram+dipatuk 😭)
    Trus juga nafsu makannya menurun dok, biasanya 3 tikus sekarang cuma 1. itupun harus di suapin dok
    makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ortho itu udah dewasa ya mas? udah berapa lama pelihara?
      dan mas belinya saat dia udah dewasa ya?

      kalau iya, emang resikonya kayak gitu. saya sendiri ngalamin dulu waktu ngejinakin si errol.

      yang penting dia sehat dan mau makan. kalau penjinakkan, mas bisa lakukan terus dan terus. poinnya: buat dia ngerasa nyaman aja dulu. mas taro dia dimana?

      gak apa2 kasih tikus satu aja. mungkin untuk suplemennya, mas bisa kasih dia super-n, ditetesin langsung ke paruhnya...

      Delete
    2. Umurnya sekarang 9 bulan , di peliharanya dari umur baru 4 hari dok .. kira" ngaruh ga ya dok sebelumnya ortho pernah di tinggal sendirian di rumah, trus pas saya pulang perchnya udah patah bikin rumah berantakan .. nah sejak saat itu dia jadi galak 😭

      Delete
    3. selama 9 bulan ini, gak pernah dilatih?
      mas cuma kasih makan doang ya, tanpa dilatih dan diajak main?

      harusnya sih selama 9 bulan ini sambil dilatih juga, jadinya dia gak galak... :(

      Delete
    4. Iya sih dok 😭, bingung mau ngelatihnya gimana soalnya baru pertama kali ngerawat barn owl.. kira" kalo udah kaya gini ngelatihnya diawalin dengan apa ya? Apa perlu masukin dia ke boks lagi atau gimana dok??

      Delete
    5. mulai dari elus2 aja dulu, mas. :)
      elus2 sambil coba kontak mata (liatin matanya).... itu aja dulu....

      kalau udah mulai nyaman pas di elus, bisa kasih makan dengan cara disodorin ke mulutnya...

      Delete
  59. Dok burung saya lepas
    Apakah bisa kembali dok!!!!!

    Terima kasih
    Moga di jawab. Kkkkk burung hantu aq kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas...
      kalau belum bonding banget, agak kecil kemungkinan untuk balik lagi, mas...

      Delete
  60. burung hantu saya gak mau diem gimana nih dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya makhluk hidup pasti gak bisa diem, mas... :)
      agak susah kalau burung hantu dibikin diem kayak patung, hehehe....

      Delete
  61. Dok, owl saya dari pagi sampe malem kayak mau tidur terus, tapi mkn tetap lahap, fesesnya normal, gamana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
  62. Dok, maaf. Kok barn owl saya tidur terus? Saya baru dikasih temen, namanya Keith. Masih bulu kapas. Fesesnya kadang normal kadang coklat semua. Makan masih mau, bersuara masih sedikit. Makannya tapi dia gamau binatang hidup, maunya daging potong. Dia juga nggak mau diem di atas perchnya, kaburnya ke bawah meja saya terus. Kadang-kadang agak gemetaran. Tolong bantu ya dok, saya takut banget. Maaf kalau seandainya keposting dobel, ada error barusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat. di sana ada suplemennya.

      emang biasa dikasih makan apa? coba daging makanannya dicacah kecil2 dulu. bagusnya pake daging emprit.

      Delete
  63. Dok, kl bay owl mencicit siang2 normal kan? Dia siang di dalem rumah. Makan masih rakus, kalau malem masih nakal heboh. Feses jg 3 elemen walaupun sesekali kyk mencret...
    Oiya, kl ujung paruhnya kyk menghitam itu knp ya dok? Kl yg sy sempet baca2 sih katanya memar, tp selama makan masih rakus katanya sih gpp... Bnran gpp itu dok? Ato gimana?

    ReplyDelete
  64. Kenapa burung hantu saya kalau di deketin merunduk trus kaya mau gigit ya dok. Padahal kalau udah di pegang langsung diem gk respon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, normal kok.
      mungkin lebih sering lagi diajak main... :)

      suplemennya mas kasih apa? coba kasih suplemen yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat...

      Delete
  65. Dok celepuk saya kalau perutnya saya pegang kok galak gitu ya dok. Tapi kalau saya elus kepala gpp. Apa daerah perut emang sensitif dok?

    ReplyDelete
  66. Malam dok.
    Sya mau konsultasi, sya memelihara burung hntu clepuk dari chick sampe sekarang sudah brancer akhir, kira2 10 bulan'n dok sya berinama CLEO. Nah sekarang tiba2 dia jadi galak dok, bulu kepalanya naik seperti tanduk, sayapnya megar turun kebawah dan menggeram trus kemudian menyerang siapa sja yg dia liat,, sebelumnya gak pernah gtu dok, selalu jinak sma sya.
    Kira2 itu kenapa ya dok?
    Mohon solusinya dok.. :( :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo brancher akhir, alias mau ke dewasa, emang suka gitu, mas... dia udah mulai tahu dia siapa. mulai bisa ngenalin kayak 'gua tuh hewan buas, gua nggak mau nurut sama siapapun'... kalo manusia, mungkin kayak udah menemukan jati diri, gitu... :D

      gak usah dibedain perilaku ke dia, kayak biasa aja. kasih makan, tetep baik ama dia. tetep rawat. :)

      Delete
  67. mbak dokter, mao konsult dikit
    tadi pagi saya ke puskeswan bawa barn owl saya kondisi lemas mogok makan...
    saya di sarankan pakai hati ayam di campur vita chick & beli antibiotik tetrachlor apa itu betul dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas. ikutin aja perintah dari dokter hewannya...
      dokternya ngecek fesesnya juga nggak mas? :)

      Delete
  68. Pagi dok, saya punya burhan jenis celepuk. Udah sekitar 3 bulanan dirumah saya, umurnya saya kurang tau berapa karena waktu itu beli sudah agak besar. Naah akhir2 ini burhan saya makannya kaya ganafsu,biasanya bisa makan sampai 20lebih jangkrik sekarang paling cuman belasan dan suka diemut (dipegang diparuh doang). Kalau dilihat dari perilaku dan fesesnya sih gaada menunjukkan sakit dok, karena dia masih terbang"an dan fesesnya masih normal. Nah saya mikir apa dia bosen makan jangkrik? Dan kalau emang dia bosen kira2 makanan pengganti apa yang bagus buat burhan jenis celepuk saya dok? Sebelumnya terima kasih yaa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi dia emang bosan, mas.
      tapi mas bisa coba kasih makanan lain dan kasih super-n setetes setiap hari. tetes langsung ke mulutnya.

      Delete
    2. Ooh okee dok. Tapi kira2 makanan penggantinya apa yaa dok yang bagus? Kalau saya kasih ayam mentah yang dijual dipasar trus saya potong kecil2 gimana dok? Soalnya kalau mau kasih itik atau tikus kecil kayanya mulutnya belum muat...

      Delete
    3. bisa mas kasih daging puyuh atau daging emprit. nyetok aja di freezer. tiap kali mau kasih, ambil sedikit, rendem di air mineral sampe gak dingin dan gak beku lagi, terus cacah... baru kasih ke mulutnya

      Delete
  69. Maaf dok, saya mau tanya apakah artikel di atas juga berlaku pada alap2? Alap2 kawah terutama. Makasih dok

    ReplyDelete
  70. Dok, celepuk saya--saya kasih sosis, aman gak?

    ReplyDelete
  71. Malam dok, saya baru beli celepuk udah brancher akhir, setiap saya deketin dia langsung ngembangin sayapnya gitu. Saya bingung cara kasih minumnya dok, soalnya setiap saya sodorin sedotan dia ngehindar terus, kira2 caranya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan aja dulu. kasih makan pake jangkrik.
      nah jangkriknya celupin dulu ke air aqua....

      Delete
    2. Ga kekurangan minum kan dok kalo gitu?
      Oh iya dok saya mau nanya, pas saya beli kan nanya ke yg jual biasanya dikasih makan apa aja, katanya di kasih daging lele, boleh ga dok? Soalnya belum nemu yg jual tikus putih

      Delete
    3. sebenernya kasih jangkrik aja mas. kalo lele, nggak cocok. :)

      Delete
    4. Oh ga cocok ya dok. Kalo dikasih daging tikus afkir yg udah di potong2 boleh ga dok? Apa harus yg masih pinkies?

      Delete
    5. bagusnya pingkies. meski dikasih daging tikus afkir juga bisa. tapi secere naluri, burung hantu suka makanan yang masih hidup dan keliatan lemah, kayak pingkies...

      Delete
    6. Makasih banyak dok, sukses selalu 👍

      Delete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. Semalem saya baru ambil BWK dok, lumayan jinak. Td pagi jg masihmau makan dari tangan saya, tp knp ya skrg malah bunyi trs dan pengen terbang gitu. Itu stres atau gmn? Oh iya dia jg sering ngembangin bulu dan kepak2in sayap di perch.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel parameter kesehatan burung hantu. sama aja kok. :)

      kalo parameter kesehatan di artikel itu ada semua, saya kira normal...

      tapi buat suplemen, mas bisa kasih super-n setetes setiap hari...

      Delete
    2. Dikasihnya di air minum atau gmn,Dok? Kira2 ini usia brp ya? Di leher warna coklat dan kaki masih kuning.

      Delete
    3. langsung tetesin aja mas...
      agak susah kalau gak liat burungnya langsung biar tahu umur burungnya. bisa mas fotoin?

      Delete
  74. Dok mau tanya kalo di dalam mulutnya gaada bercak putih cuma ada di paruhnya aja itu sariawan atau jamur?
    Satu lg dok, kan kemarin saya coba pasang anklet terus ditaro di perch tapi keliatan ga betah gitu, digigitin terus ankletnya, tipsnya gmn ya dok? Soalnya kasian di kandang terbang2 terus sampe bulunya ada yg patah

    ReplyDelete
    Replies
    1. diparuhnya di luar atau di dalam, mas? bisa difotoin?
      buat jaga2 mending kasih super-n setetes setiap hari...

      nggak apa2 mas, biarin aja. kecuali kalau dia udah panik banget, sampe terbang2 berusaha melepaskan diri sampe khawatir kakinya luka, baru mas lepas. kalau dia cuma gigit2 aja, nggak apa2... biarin aja...

      Delete
    2. Diluar dok, tiba2 udah hilang sendiri putih2nya, tetep kasih super n aja gapapa dok buat jaga2?

      Nah itu dok dia terbang terus, kalo misal saya pakein talinya yg pendek gmn dok? Ngeri luka kalo dia terbang terus dok

      Delete
    3. iya, tetep kasih super-n nggak apa2... :)
      kalo bisa, pake talinya yang panjang aja.

      Delete
  75. dok saya punya bo namanya si alpha , dia tangkapan liar dok saya beli waktu juve awal dan sekarang udah juve tengah , kebiasaan buruknya itu suka ngacak ngacak ruangan segala gala nya di bantingin dok, gimana yah agak dia bisa diem ga terlalu hiperaktif gitu dok, makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bikin owlbox aja mas. dari kardus yang agak besar, kasih tangkringan di dalamnya, terus buat lubang yang bisa dibuka tutup di salahsatu sisinya, sehingga burungnya bisa dimasukkin atau dikeluarin dari lubang itu...

      Delete
  76. Dok salam kenal, partner saya shiro (BO) juve awal udah saya plihara sbulan lebih dok, ud jinak n nurut bnget sama saya makan nya lahap skill ud jttf 1 meter. tpi kmrin pas saya tggal pergi satu malam si shiro leash nya putus dok trus dia terbang leashnya nyangkut di pajangan rangka sculpting gtu dok, pas saya plang saya kaget lait dia ud di lantai trus kakinya di atas terikat karna nyangkut di bagian atas pajangan nya dan kepala di bawah nyentuh lantai. saya panik langsung cepet" lepasin pertama tama dia masih ngepak ngepak sayap nya, pas uda saya lepasin doi lemes bnget n gak bisa berdiri kayak orang mabuk. trus saya buka smua equipment nya ankjess nya. kaki nya luka yang kirinya bengkak saya kira patah setelah saya cek tidak patah hanya luka dan memar. trus karna dia lemes sya ptong" tikus saya buka mulut nya trus masukin ke dlam mulut nya ampe di telen dok. alhasil dia makan 2 ekor tikus trus saya biarin d meja sementara sambil saya obatin kaki nya. 2 jam kemudian shiro ud bis terbang ke perchnya dok trus saya masukin shiro k kandang dlu dok biar jaga" dia gk terbang dan luka lagi. setalah itu selama 4 hari dia makan lahap bnget feses jga bgus dok cman masih pincang jdi sering saya pangku or taroh di tgn n pundak saya, nah pas malam keempat saya kasih dia makan, 2 ekor tikus lahap pas yang ktiga dia nyambar trus gak mau di telen" dok, trus saya biarin kirain dia masih kenyang atau blum muntahin pelet jdi saya masukin kandang lagi. bsok pagi nya saya cek dia ud meninggal dok :( saya kaget dan sedih bnget saya bgung knpa bisa meninggal :( padhal kakinya ud mulai sembuh dan hri itu saya emg rencana cek up k dkter hewan krna emg baru buka lagi dkternya stlah thun baru. saya liat di dlam kandang di tmpat dekat paruhnya ada muntahan pelet yang tidak sempurna hampir utuh bntuk tkusnya cman hancur sdikit dan membusuk. perkiraan saya apakah dia meninggal karna stress kakinya sakit apa karna dia makan tikusnya masih stgah hdup. karna biasanya shiro makan nya pas kepala tikus nya uda d pecahin dan mati total baru di telen tpi karna kaki nya sakit jadi gk bisa ngambil tikus dgn cengkraman kaki nya shiro nelen nya gk mati total masih stgah hdup tikus nya. Saya merasa kehilangan bnget dok :( in BOP pertama saya jdi maaf kalo saya slah merawat dok. skrg sya ud beli BO lgi juve tgah lgi adaptasi bru 2 hari blum mau makan masih blum mau nangkring di perch nya dan kepalanya suka nunduk terus geleng" dok, apakah itu perilaku aneh? mohon saran nya saya gk mau partner saya mati lgi :( dan saya namain shiro lagi. mohon bantuan nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu dia masih sakit, dan masih paksa dia makan, itu kayaknya masalahnya. ;(
      dia masih stress karena tergantung, tapi lalu mas masukkin makanan ke mulutnya. harusnya lepasin dulu, karantina di ruangan sepi, elus2, kasih super-n setetes pagi dan stetes sore, sambil taro pingkies (bayi tikus yang masih merah) di deket dia, terus tinggal. jangan diliatin. nanti dia akan makan sendiri.

      saya ngerasain juga mas apa yang mas rasain. jadi tenang, mas gak sendirian. saya juga abis ditinggal si errol burung hantu saya.....

      sabar ya mas.

      untuk owl yang baru ini, emang lagi masa adaptasi. dia udah mulai percaya, tapi emang butuh waktu sedikit lagi. sering2 liat matanya sambil ajak ngobrol biar dia bisa 'connect' kayak si shiro.... :)

      kasih super-n setetes setiap hari.... :)

      Delete
    2. oh gitu yah dok, tpi klo saya gk paksa makan takutnya dia malah mati lemes dok, tpi bsok nya dia uda aktif kayak biasa lagi dong. iya dok. jdi pembelajran jga buat saya. :) si errol knpa dok? turut beduka yah dok.

      oke dok, trima kasih saran nya yah dok. sangat membantu skli.

      Delete
    3. dok shiro saya skrg malah jdi lemes dan gk mau mkan. saya masukin kaandang tertutup skrg biar gelap dan d taroh d ruangan yang gelap dok. saya khawatir dok takut nya dia mati nih dok.

      Delete
  77. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.