Saturday, November 23, 2013

Cara Memelihara Musang Rase | Drh. Fira Sovica

memelihara musang rase

(viverricula malaccensis atau umum dikenal sebagai small indian civet) sebenarnya sama saja dengan memelihara jenis musang yang lain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan secara benar. musang yang sekilas mirip dengan srigala ini memang lebih bagus corak corak bulu ekornya dibanding jenis musang lainnya. Bagi anda yang belum mengetahui bedanya musang pandan dengan musang rase, anda bisa membaca artikel perbedaan musang rase dengan musang pandan.
cara memelihara musang rase
dan berikut ini adalah beberapa tips dalam memelihara musang rase:

1. musang rase yang masih bayi relatif lebih bisa dijinakkan tapi butuh penanganan ekstra.
musang rase yang dipelihara dari bayi (umur 1 atau 2 bulan) akan lebih mudah dijinakkan dibanding memelihara musang rase hasil tangkapan liar yang sudah dewasa. bahkan, dalam banyak kasus, musang rase yang dipelihara sejak bayi pun akan tetap bersifat jumpy (kagetan).

Yang terpenting dalam memelihara musang rase yang masih bayi adalah jangan sampai si musang kelaparan. penulis sendiri pernah memiliki seekor musang rase yang akhirnya mati karena penulis lupa memberi makan. makanan yang utama bagi bayi musang rase adalah bubur bayi atau susu dancow. bersihkan sisa makanan yang menempel di bulu musang rase setelah ia makan. sisa makan yang tidak dibersihkan akan membuat bulu rase menjadi rontoh.

2. berikan wadah minum di dalam kandang serta berikan kain di dalam kandangnya sebagai penghangat.

3. sering-seringlah berinteraksi dan mengajak main si musang.
berilah nama kepada si musang saat anda bermain dengannya. musang biasanya akan mengenali jika dipanggil, terutama oleh mereka yang merawatnya sejak bayi.

4. berikan asupan makanan berupa scott emulsion selain makanan utamanya.
meski di alam musang rase dikenal sebagai karnivora (pemakan daging), makanan utama musang dewasa yang dipelihara umumnya adalah buah-buahan. ada pula beberapa owner musang rase yang memberikan blenderan nasi dan hati ayam rebus kemudian dicampur susu untuk makanan utamanya, dan penulis sendiri menganjurkan menggunakan menu ini sebagai makanan sehari-hari musang rase.

5. beberapa sifat musang rase
a. musang rase rentan stress
dibanding dengan jenis musang lainnya, musang rase rentan stress. musang rase juga tidak terlalu suka keramaian. jadi lebih baik jangan membawa musang rase ke gathering-gathering atau ke tempat lain yang ramai.

b. musang rase sebaiknya tidak diharness
musang rase sebaiknya jangan diikat atau tidak diharness. sebaiknya tempatkan rase hanya di dalam kandang dan ajak main musang rase hanya di dalam ruangan.

6. musang rase perlu dimandikan
poin keenam dalam tips

cara memelihara musang rase

adalah perlu dimandikan, setidaknya saat musang sudah sangat kotor. gunakan air hangat dan sampo bayi untuk memandikannya. setelah dimandikan, keringkan musang rase dengan cara dilap dengan menggunakan handuk kemudian diangin-anginkan di dalam ruangan. jangan menjemur musang rase karena musang rase rentan dehidrasi.

demikian tips cara memelihara musang rase. semoga tips tersebut berguna bagi pembaca yang akan mengadopsi musang rase.

310 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 310   Newer›   Newest»

Dok. Klo baby musang rase sudh bisa makn sendiri kira kira dia sudh bsa minum Sndri juga blm?? Thx dok ;)

Dok. Klo baby musang rase sudh bisa makn sendiri kira kira dia sudh bsa minum Sndri juga blm?? Thx dok ;)

iya, secara umum musang rase yang sudah makan sendiri biasanya bisa minum sendiri juga... :)

Dok musang rase saya kok gk mau makan bubur ya maunya kok makan pisang truss ,gimana caranya biar dia mau makan buburnya

umur musang rase milik mas berapa bulan?
kalau memang selama ini dia lebih suka makan pisang, tidak apa2 kasih pisang aja. :)

Klo umur 2 bulan kira2 bth brp lama biar jinak?

tergantung seberapa sering musangnya mas ajak main. makin sering, makin cepat dia jinak... :)

Dok kok musang rase saya tidur mulu ya gak sering gerak gitu..
Kira2 kalo jalannya masih blm lancar gt umur brp bln ya dok?

gak apa2, kalau rase usia baby atau anakan memang masih suka tidur.
cukup pastikan kandangnya hangat ya mas. dilapisi kain bersih lebih bagus, karena kalau kotor biasaya bulu rase mudah rontok....

Dok minta kontak pin bb atau line soalnya mau nanya2 lagi soalnya saya baru memelihara hewan ini... Makasih kalo boleh.

Dok... musang rase saya ini up3bln tetep ga mau mkn amis amisan,daging,sebangsa yang idup termasuk telor ayam. Jadi maunya itu pisang ,pepaya, susu dan****w . Itu bagai mna dok.? Pdahal prnh saya puasakn agar mkn itu amis amisn,tp tetep.g respon



Klau dia vegetarian ga mkn amis amisan apa bisa bikin si musang cepat mati dok. Mohon pncerahannya

kalau memang seperti itu, kasih buah gak apa2.
sambil kasih hati ayam cincang. taruh aja di kandang aja.. :)

Dok musang rase (umurnya 2bulan jalan 3)ane semalem muntah2 berbusa putih, trus mondar mandir eek... walau udah ga ada eeknya pose dia pose buang eek trus muntah2... gitu aja setiap brp menit... ga mau makan minum... terakhir dia lg norak2nya makan rambutan (pertama kali dikasih) suka bgt trus makannya banyak.. apa gara2 itu ya dok?

meski rase termasuk carnivora, tapi kadang dia juga suka makan buah kok. jadi saya pikir bukan karena itu. warna fesesnya gimana mas?
coba minumkan air kelapa muda saja. :)

Dok saya punya musang rase umur kira2 1bln lebih mau 2bln.
mau tanya
1.makanan hariannya saya kasih ati ayam, ikan, & kulit ayam (dipotong kecil2). Cuma kendalanya dia gapernah mau makan sendiri, musti saya paksa masukin ke mulutnya. Kira2 cara saya sudah benar? Trus sampe kapan dia bisa makan tanpa harus saya paksa?

2.pemberian bubur sun, susu atw buah2an apakah bisa saya berikan sebagai menu utama mengingat rase kan jenis karnivora?

3.Dari owner sebelumnya dia selalu dikasih buah2an & susu kental manis (dg cara dipaksa juga) setelah berganti owner saya cek vesesnya kuning encer, setelah ditangan saya coba ganti menu ke daging, tapi vesesnya ttp encer agak kental dg warna hitam. Apakah rase saya terkena bakteri?

Makasih

terima kasih dan maaf sudah lama menunggu jawabannya. kemarin saya abis ganti templates... tapi akan saya jawab:
1. umur segitu memang harus disuapi, mas. jadi benar2 harus telaten. kira2 umur 3 bulan dia akan belajar makan sendiri.
2. lebih baik berikan daging2an atau hati ayam, meski bisa diseling dengan bubur sun. hari ini hati ayam, besok bubur sun, begitu terus diselang-seling... :)
3. harusnya memang tidak boleh dikasih susu kental manis. mungkin masih ada sisa laktosa di sistem pencernaannya, makanya dia tetap mencret. terus saja beri makanan yg mas kasih dan jangan dikasih susu kental manis. nanti akan baikan sendiri....

:)

Terimakasih banyak bu dokter, alhamdulillah dari kmrn makannya saya kasih hati ayam seling bubur sun campur minyak ikan sesuai saran dokter, untuk hati ayamnya masih tetap harus dicekoki, tapi kalo bubur sun dia udah mulai mau makan dari pipet.. Terakhir saya cek vesesnya sudah agak keras tidak berbau menyengat sprti sebelumnya tapi ttp berwarna hitam, apakah itu bisa dikatakan normal dok?

Trimakasih sudah mau meluangkan waktu membalas pertanyaan saya

oh, syukurlah. :)
lanjutkan saja langkah2nya, mas. terus menerus selama beberapa hari. kalau soal fesesnya, saya kira sudah normal. kalau ada yang mau ditanyakan, bisa ke blog ini lagi. :)

semoga sehat selalu... :)

Dok rase q kan masih umur 2 bln trus pas d pgang d dalam kandang gk gigit lach pas d gendong itu gigit !!
Kenapa ya itu dok??

kalau mas angkat di dalam kandang ('diserok' pakai telapak tangan gitu), gigit gak?
udah berapa lama melihara rase mas? :)
kalau masih baru, memang begitu. dan rase cenderung lebih agresif dari jenis musang lain. pecicilan, kalau bahasa kitanya. jadi sebenarnya wajar aja... :)

Dok umur rase saya 2bulan lebih sdikt, slama ini saya kasih makan bbur sun, nah rencana mau saya ganti menu pakai hati ayam, gimana tu dok caranya, soalnya stiap saya kasih, pasti dmuntahkkan,,

Satu lagi dok, untuk umur rase tertua sekitar umur berapa dok.terima kasih

saya akan coba jawab:
1. coba ati ayamnya diblender dulu dan ditambah sedikit bubur sun. :)
2. rase bisa bertahan hingga usia 15 hingga 25 tahun... :)
sehat selalu buat rasenya... :)

Udah saya blender kok dok, msih gak mau.
MKAsih informasinya dok,

Ohya dok, mkanan shari2 musang, apa mempengaruhi pertumbuhannya?
Biasanya berapa bulan musang rase bisa besar sperti kucing

postur tubuh rase biasanya mengacu ke genetik. sama seperti kita manusia. ada yang bongsor meski masih anak2, tapi ada juga yang udah dewasa tapi tetep cute. :D
makanan sehari2 biasanya hanya mempengaruhi obes atau tidaknya musang. sebaiknya memang musang tidak obesitas, karena musang obesitas malah rentan mati. mas bisa baca artikel saya: kenapa musang obesitas rentan mati.... :)

musang bisa seukuran kucing biasanya sekitar 10 hingga 12 bulan, tergantung postur pada umumnya.... :)

Dok numpang tnyak musng rase bisa mkan sendri umur berpa dok.

biasanya umur 3 bulan juga bisa makan sendiri... :)

biasanya umur 3 bulan juga bisa makan sendiri... :)

Rase sya kan jantan dok. Apkah n2t klau bsar dia mau kawin apkah dia akan sensitif klau gak dkwinkan dok.

iya, rata2 musang akan agresif jika masuk masa birahi. silakan baca artikel CIRI MUSANG SIAP KAWIN dan CARA MENGAWINKAN MUSANG. Search aja di menu cari artikel... :)

This comment has been removed by the author.

Ok dok. Mksih atas infonya dok.

Ok dok. Maksih atas infonya dok.

Mau tnyak dok. Apakah musang rase juga butuh minum dok....??? Dan apakah bner klau musang rase thu jumak jinak pada 1 orang saja dok.... mohon infox dok.

This comment has been removed by the author.

saya coba jawab:
1. semua makhluk hidup pasti butuh minum, mas. hehehe. termasuk musang rase.
2. gak kok. musang rase bisa jinak kepada siapa saja. kalau musang rase termasuk "musang tengil", iya, memang musang rase itu paling usil diantara anggota keluarga musang yang lain.
salam. semoga membantu

dok, baby rase saya kok susah minum susunya , trus gimana caranya saya ngasih minum susunya dok ? makasih dok sebelumnya

kalau masih belum bisa minum susu sendiri, bisa pakai pipet atau suntikan yang ada selangnya. pelan2 saja

susu yang diberikan adalah susu non laktosa kayak sgm LLM. susu yang mengandung laktosa akan membuat musang mencret...

ok dok, trus susunya kalo umur 1,5bulanan harus berapa ml n berapa jam ? trus caranya harus dipaksain dok ? soalnya setiap dikasih susu, gak mau langsung ngebuka mulut, harus dipaksain trus dok, salah tidak dok cara saya ?
okeee dok makasih infonya :)

kalau dia belum bisa minum susu sendiri, bisa dengan dot. banyaknya sampai dia gak mau minum lagi.... :)

iyaa dok ini juga pakai dot, cuma pas dikasih malah buang muka gtuh dok, salah tidak kalo saya ngasihya dipaksa gtuh dok ?

iyaa dok ini juga pakai dot, cuma pas dikasih malah buang muka gtuh dok, salah tidak kalo saya ngasihya dipaksa gtuh dok ?

tapi giliran dikasih minyak ikan yang buat kucing langsung mau dok -,- kenapa tuh ya dok ?

Dok, bubur SUN pisang boleh dikasih untuk musang umur 2 bulan?

justru jangan terlalu banyak dikasih minyak ikan mas. gak bagus buat sistem pencernaannya. harus dibiasakan makan....

musang apan? pandan? rase?
boleh aja... :)

Dok, musang rase saya umur 3bulan kalo dipegang gak bisa diem dok trus kalo dilepas mau'a ngumpet sambil tidur. Jadi saya susah buat ngasih makan pake tangan dan mandiin musang'a dok, jadi gmna cara'a biar musang saya anteng kalo dipegan dan dimandiin ?
Thanks...

sementara ini jangan dimandiin dengan cara dicemplungin ke air dulu. cukup semprot pakai semprotan air.
rase sendiri sebenernya terkenal lebih pecicilan dibanding jenis musang lain, namun mas silakan baca cara agar musang anteng...

Ohh gitu dok, terima kasih dok

sama-sama. :)
kalau ada yang mau ditanyain lagi, silakan ke blog ini lagi ya mas.. :D

Dok musang rase saya udah 3hari gak bunyi" knapa yaa ? Apa ada gangguan atau apa ?

bentuk fesesnya gimana mas?? cair? warnanya apa?

This comment has been removed by the author.

Padat , warna'a hitam. Tapi pup'a sedikit dok ..

ditilik dari warnanya sih normal.....
sekarang keadaannya gimana mas? makannya?? :)

Masih aktif dok, kalo lagi di depan kandang nyamperin mulu hehe..
Makan'a lancar dok, tadi saya kasih pisang trus ati ayam. Gapapa kan dok ?

This comment has been removed by the author.

pepaya gak apa2 tapi jangan keseringan. seminggu 2kali aja. saya sih menyarankan pepaya mas, biar sekalian membersihkan saluran cerna si rase juga...

ati ayam oke.. :)

sehat terus buat rasenya

Okee. Makasih dok atas masukannya ..

dok musang saya umr 3 bulan gaamau makan dari wadah masa, itu kenapa? terus sekarang ga nyentuh makanan sama sekali. handfeed gamau juga. tapi diajak main mau. kalo fesesnya item sih. makasih dok. mohon bantuannya ya

jenis musangnya apa?
kalau musang pandan, silakan disepet aja pakai pipet atau suntikan yang ada selangnya (bisa dibeli di abang2 yang jualan mainan keliling). kalau jenis musangnya musang rase, mas bisa kasih ati ayam rebus yang dicacah halus. taruh saja di kandangnya.... :)

dok rase saya kok dikasih makan nasi kecap gamau tapi kalo ati ayam sama pisang doyan, terus kalo dikasih makan pake tangan suka nyamber2 gitu...
untuk minum suka males2an gitu,minuman yg cocok buat rase apa a dok? umur sekitar 2-3bulanan..

Dok musang rase saya kalo lg main suka banget gigit tangan itu knp ya ?
Rase saya juga kalo dikasih makan jarang dihabisin, rasenya saya kasih pisang dok

ati ayam dan pisang aja bagus.... :)
untuk minum, bisa kasih air mineral kasih gula dikit. dikit aja, jangan kebanyakan...

sifat dasar rase emang begitu. pecicilan banget. dibanding jenis musang lain, rase emang paling 'gak lucu' kalau becanda. gigitnya beneran... :)

Kebiasaan gigitnya itu bisa dihilangin gak dok ? Soalnya adik saya juga pernah digigit.

hmmm, agak susah sih mbak. kalau pengen yang lebih kalem, musang pandan lebih kalem kok... :)

Ooo ya udah makasih dok :)
Btw saya laki-laki :D

oh ya. sama2. kalau ada masalah lagi, silakan kembali kemari. saya tunggu.
dan soal saya salah panggil, salah masnya sendiri kenapa majang foto cewek. hehehe... :D

untuk mensiasati biar gabosen sama pisang dan ati ayamnya gmna dok? ?
apa rase itu jarang minum ya dok? soalnya saya blm pernah liat rase saya itu minum...

sementara itu dulu. ati ayam sama pisang. nanti bisa dikasih pepaya juga. :)
rase juga minum, mas. taruh saja tempat minumnya di kandang.... :)

ohh iya dokk, multivitamin buat musang contohnya apa yaa?
perlu gak musang diberi multivitamin..
maaf dokk banyak nanya nih...hehe

betul kata mas. multivitamin bisa diberikan kalau kondisi musang kurang sehat atau nafsu makannya kurang saja. kalau musangnysa sehat saya kira dia tidak perlu dulu dikasih multivitamin....
bisa diberikan scott emulsion 1 sendok makan setiap seminggu sekali dicampur ke makanannya....

makasih dokkk....maaf banyak nanya ini:D hehe

anytime... :)
bisa nanya2 lagi kemari kalau ada problem. saya malah seneng. :D

Dok, rase saya kok dari kemaren sukanua ngumpet dikain yg sy taruh dikandang yaa..jadi males makan gitu, makan kayak ga selera gitu....umur rase saya sekitar 3 bulanan...

selama ini dikasih makan apa?
coba dikasih ati ayam rebus yang dicincang halus mas... :)

Dikasih pisang sama airputih dikasih gula dok minumnya....

Rase sy juga kalo didalem kandang dipegang diem nurut tapi kalo diluar kandang dipegang mau diangkat kok nyamber ya dokkk, pengen gigit mulu....

karakter rase emang kayak gitu kok. jadi sangat wajar.
cara menjinakkan musang rase galak bisa mas baca di artikel saya di blog ini. cari aja... :)

Dok rase saya klo siang jam 12 an kok selalu tidur di taman dan itu langsung dibawah sinar matahari, itu gpp kah buat rase nya ? Ada efek nya kah ? Makasih dok

lebih baik jangan kena sinar matahari langsung. tidak bagus untuk matanya.... :)

Oo iya dok, rase saya sering buang air sembarangan, rase nya dilatih biar buang air nya gak sembarangan gitu bisa gak dok ?

kalau musang rase, saya kurang tau. namun kalau musang pandan dan sejenisnya, bisa. silakan baca artikel cara melatih musang buang air di toilet

Dok sekarang musang saya kalo lagi diem atau lari kok kaki belakangnya kayak kejang, pas kakinya kejang rasenya kayak bingung gitu, itu kenapa ya dok ?

Tambahan lagi poop nya itu kuning, cair(mencret) itu kenapa ya dok ?

kalau boleh saya sarankan sih bawa ke dokter hewa aja mas. tebakan saya sih ada bakteri di sistem pencernaannya. takutnya nanti keburu parah malah gak tertolong...

Dok ini rase saya udah hampir sembuh tp sekarang dikasih bubur sama air gula gak mau, maunya air putih aja, itu bikin musangnya kenyang kah ? Klo nggk cara kasih nutrisinya pake apa dok ?

mas bisa kasih ati ayam setengah matang.
ati ayam mentah mas potong2 kecil2. siapkan air mendidih, kemudian rebus cacahan ati ayam tadi selama 3 menit. angkat, biarkan hingga dingin, kemudian berikan....

saya kira sih dia masih merasa 'tidak enak badan'..... makanya dia banyak minum air putih.... :)

Dok ini rase saya udah sembuh total, sekarang ini tinggal sering" kasih makan aja, pola makan nya rase gimana ya dok ?

oh syukurlah kalau sudah sembuh.
pola makannya seperti biasa. kasih makan 3-4 kali sehari. makanan utama daging ayam rebus cincang atau ati ayam rebus cincang, sesekali dikasih buah (pisang, pepaya)... silakan baca artikel di atas... :)

Dok kalo rase udh di kasi makan jam 7 pgi trus ditinggal smpe jam 2:30 it kek mana dok..gak papa aja atau sekitar jam 12an harus di kasi makan lgi dok..rase saya msi skitar 2 bulan dok

kalau umur 2 bulanan sekitar jam 12 kasih makan lagi. kalau dia sudah bisa makan sendiri, taruh makanannya di kandang. kalau masih sepet sepertinya mau tidak mau harus dikasih makan lagi jam 11an atau jam 12an..... yang pasti jangan sampai kelaparan... :)

dok saya baru beli musang rase..gigi ujungnya di pangkur besarnya sekepalan tangan saya..itu usia berapa ya dok? terus makanan sebelumnya di kasih sun..tapi ga di kasih minum...seandainya sun terus bagus ga ya dok? kalo ga baik apa dong makanan yang baik untuknya? makasih dok

mungkin sun-nya dibuat agak kental, mas. coba mas tanya ke yang punya sebelumnya. usia jujur saja saya tidak tahu karena tidak melihar langsung. makanan terbaik untuk rase tetep daging2an. mas bisa kasih ati ayam rebus yang dicincang buat rasenya... :)

Dok, rase kalo diberi pisang terus gimana ya dok?

pisang sesekali boleh diberikan, asal jangan keseringan mas....

Terus baiknya selain daging2an dikasih apa ya dok? kalo sun baiknya rasa apa?
ini rase saya sama pandan saya kandangin sama2...gapapa kan dok?

Kalo rase dikasih catfood atau dogfood bisa ya dok buat makanan utama?

kalau akur, dikandangin berdua gak apa2.
bubur sun rasa apa aja bisa.
selain daging2an, bisa dikasih ati ayam rebus... :)

catfood dan dogfood yang diberikan jangka panjang bisa menyebabkan kanker.... kalau sesekali sih gak apa2, tapi jangan keseringan. secara struktur sih sebenernya gak cocok buat sistem pencernaan rase. jadi mendingan kalau gak ada makanan lain, lebih baik jangan dikasih...

Dok musang pandan saya kayaknya kena jamur, soalnya ada bintik2 merah di badannya, cara nanganinnya gmn ya dokk? sedih saya jadinya

bisa sering2 dimandikan dan dijemur. cara memandikan musang bisa dibaca di artikel ini. begitu juga cara menyembuhkan penyakit jamur... :)

Bintik bintik merah itu semacam jamur ya dok?

kutu juga bisa kayak gitu mas.
mas bisa baca artikel cara memandikan musang rase....

Dok musang rase dan pandan saya kasih minum susu bendera, dan ternyata suka terus juga ga mencret...saya lanjut pake susu bendera terus gapapa dok?

selain sgm itu bagusnya apa ya dok menurut dokter?

cuma itu aja sih yang bagus. susu kedelai bisa dikasih.... jangan pakai gula... :)

dok boleh engga kalo si musang engga di kasih scot elmusien

oh ya dok musang rase dikasih makan berapa kali sehari

gak apa2 gak dikasih scott emulsion juga.
musang rase diberi makan 3-6 kali sehari. tergantung usia musang rasenya. semakin muda musang rasenya, makan semakin sering dikasih makan...

Permisi dok, saya ingin pelihara rase.. Tpi knp diatas ditulis jgn mengajak gathering dsb? memang apa efekny dok? dan apa boleh klo dibiasakan jalan" di keramaian?

Permisi dok, saya ingin pelihara rase.. Tpi knp diatas ditulis jgn mengajak gathering dsb? memang apa efekny dok? dan apa boleh klo dibiasakan jalan" di keramaian?

jangan mengajak musang rase gathering khusus untuk musang rase yang masih suka stress, terutama musang rase tangakapan liar. kalau musang rasenya udah jinak dan udah terbiasa dengan keramaian sih gak apa2 dibawa gath juga... :)

Assalamualaikum dok mw nanya apa musang rase bisa di latih potty training?

bisa. meski membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan musang pandan dan musang bulan.
potty training pada musang rase bisa mas baca artikelnya di cara melatih musang buang air di toilet

Trus sama mau nanya dok kan saya ada baby musrase 2bulanan itu kok dikit2 tidur apa wajar ya? Klo di freeroam si dia lari2an sana sni

kalau musang umur 2 bulan wajar kok masih sering tidur.... :)
dijaga makannya ya mas. jangan sampe telat makan... kalau rase, fatal kalo sampe telat makan... :)

sehat selalu..

Iya alhamdullilah dok emang saya usahain sering2 nyepet sama satu lg dok ciri2 musang mw BAB gmn ya? Biar di latih potty dr skrg

musang yang mau bab biasanya diam di suatu tempat dulu.
jadi gak kayak ayam yang bisa 'eek sambil jalan'. musang biasanya akan diam dulu.

mending pake takaran makanan aja mas. gini. coba mas kasih makan satu sendok makan. lalu diamkan, jangan dikasih makan, sambil dihitung berapa menit setelah makan dia pup.... :)

This comment has been removed by the author.

Dok saya pnya musang rase awalnya saya nemu depan rumah ga tau musang rase liar ga tau musang rase yg kabur dari kandang nya, dia ukuran nya kurang lebih segede kucing remaja kira kira dia umurnya berapa ya dok? Trus saya kasih makan pepaya dia ga mau di ksih nasi cuma dikit dikit kalo boleh tau nasi di tambah ati ayam yang mateng apa yang mentah dok? Trus biar cpet jinak nya gimana ya dok? Di deketin tangan ke mulutnya sih ga ngigit cuma kalo mau di pegang badan nya suka kaya yg mau gigit dok

kalo soal umur, jujur saya tidak tahu. karena saya liat langsung juga gak kan musangnya? hehehe. misalnya mas unjukkin fotonya juga saya juga ragu2 bisa tahu umurnya, soalnya rase itu posturnya berbeda2, mas. ada yang umurnya udah tua tapi emang posturnya kecil, ada juga yang posturnya mirip rase dewasa padahal umurnya baru beberapa bulan. jadi gak ngaruh juga usia... :)

kalau mau kasih makan, coba nasi pakai ati ayam rebus yang dicacah. campur aja, aduk2... biar cepet jinak, silakan baca artikel saya cara menjinakkan musang rase. kalau untuk ukuran segitu, kayaknya dia udah jinak itu mas. rase kan lebih buas dibanding jenis musang lain.... :)

Oh iya kalo gitu makasih ya dok ataa infonya hehe

Dok mw nanya lg musang rase otomatis bisa makan sendiri apa di latih? Soalnya musang saya msh ngedot udh umur 3 blnan klo di ksh di bowl dia gk mw makan cman di ciumin doang padahal dia emang lg laper tp giliran make dot dia lahap bgt. Trus juga giginya udh berasa klo lg becanda mohon saran nya dok

Dok gimana cara ngatasi baby rase yg maunya cuma makan pisang dan minum susu aja?

sebenernya kasih makan pisang ama susu aja gak baik untuk baby musang. kalau gak dibarengi ama asupan kalsium, malah bisa menyebabkan hind leg paralysis. silakan baca artikel saya cara mengobati hind leg paralysis pada musang....

coba mas kasih blenderan hati ayam rebus. harus dibiasakan emang, tapi pelan2 pasti bisa. kasih saat musang rasenya ngerasa lapar... :)

Dok musang rase saya suka gigit dok...! Apakah boleh saya ajak main...? Saya g tau dok...

justru itu wajib hukumnya, hehehehe....
digigit sih wajar mas. namanya juga piara musang.. :)

Dok maaf menyimpang, saya punya musang pandan umur 3bln nah di badannya ada benjolan kayak bisul,tpi bkn bisul entah apa itu benjolan apa , itu knp ya dok kasian saya sama muspannya , makasih

Sama 1 lagi dok dia kencing mulu , kencingnya dalam hitungan detik-menit , siap hitungan detik-menit dia kencing apakah memang muspan kencingnya seperti itu? Atau muspan saya sakit?

dari keterangan yang mas kasih, ada kemungkinan dia kena diabetes. ini hanya tebakan saya saja loh ya, jadi belum tentu juga. soalnya saya juga gak bisa liat musangnya.

masih bisa infokan saya fesesnya? warna, bentuk, dan semuanya tentang fesesnya? agar sya bisa tahu pasti apakah benar musangnya kena diabetes.

mungkin nanti saya susun artikelnya untuk mas... :)

Malam dok,saya baru memiliki rase usia kisaran 3bln, saya baru baca kalau jgn mkanan utama pisang atau sun bayi, kendalannya adalah ketika saya pergi kerja dan saya taruh makanan di kandang dari pagi sampai sore apkah tidak basi?

Selanjutnya apa kah boleh saya belikan bubur ayam dan saya kasih sate hati ayam dan saya potong kecil2 lalu saya aduk dengan bubur nya?

Selanjutnya, rase saya seharian ini tdr trus tapi kalau malam sangat aktif, kisaran jam 8mlm aktif sekali ingin kluar kandang tpi maunya masuk kolong trus saya ajak interaksi sulit jadinya, apakah tidak apa2 jika saya lepaskan dalam ruangan dan bermain sendiri?

Selanjutnya, jika rase saya kandangin trus dan dia agresif didalam kandang terkesan ingin kluar tapi saya tidak kluarkan apakah tidak akan stres?

Selanjutnya kandang yg bagus seperti apa? Yg saya punya bentuk persegi 'kotak' dengan ukuran panjang 40cm lebar 50cm tinmggi 30cm itu baik tidak untuk seumur rase saya, dan kandang besi jaring kakinya suka masuk ke bolongan sela2 kandang bawah, baik tidak dok?

Selanjutnya, rasa saya tidak mau handfeed by pipet/ suntikan dengan selang karet maunya taro aja dikandang..

Mohon pencerahannya, maaf kalo gak kebaca emng tulisan saya jelek hihihihi

This comment has been removed by the author.

Dok saya mau nanya saya kan melihara musang umurnya paling 1 bulanan terus sepasang. Kalau ditaro kandang dia suka gak bisa diem itu laper apa gmna ya? Terus kalau biar kita tau dia laper apa kenyang gmna? Kalau pagi jg suka dijemur dimatahari pagi itu bagus apa salah? Terima kasih

kalau masih anakan (1 bulanan) amannya sih jangan dijemur dulu. yah, angin2kan boleh, tapi jangan kena sinar matahari langsung. bahaya buat matanya. :)

sepengetahuan saya sih bayi musang suka berisik kalau laper. kalau abis dikasih makan dia diam, itu dia kenyang.

coba mbak baca2 artikel saya cara memelihara bayi musang. hati2 juga karena lagi perubahan cuaca. mbak tinggal di daerah mana? :)

saya tunggu kabarnya

sebenernya sih gak apa2 juga kasih pepaya, pisang, atau bubur bayi ke musang rase. karena di alam pun dia suka makan tumbuh2an dan buah.

boleh aja kasih ati ayam. pastikan bebas bahan kimia. itu aja.

soal keamanan saat bermain, boleh aja dia main sendiri di ruangan asalkan mas bisa memastikan tidak ada barang2 berbahaya yang bisa membahayakan si musang kalau dia menelan benda itu. contoh: racun serangga, obat nyamuk, dll.

kalau soal menaruh rase di kandang, setau saya sih emang musang rase akan sering menabrak2an diri ke jeruji. emang nalurinya seperti itu. stress sih nggak, cuma ya kadang ada luka2 kecil di tubuhnya akibat dia suka menabrak2an diri itu. balik lagi ke masnya sih. saya sih menyarankan di freeroom aja mas.. :)

kandang yang bagus buat rase pakai kandang kelinci aja mas. yang jeruji bawahnya rapat2 sehingga dia gak terperosok.

kalau dia maunya makan langsung, gak apa2. sementara ini yang penting dia mau makan. itu aja dulu.

mas merokok tidak? kalau nggak merokok, taruh kaus bekas pakai mas (yang bau keringat) di atas kandang. lebarkan, biar dia bisa kenal aroma tubuh mas.

saya tunggu kabarnya. dan maaf baru dibalas karena saya sibuk sekali akhir2 ini.. :(

iya saya sudah kasih ati ayam, tapi kalau pake nasi dia gak mau, porsi mkan yg baik seberapa banyak sekali makan?

musang saya susah sekali di pipet, mnum jga saya sangat jarang liat, tapi sllu saya sediain air dan mkanan..

skrng saya latih makan tlur capur nasi, msh agak susah sih..

musang saya sulit dipegang dalam arti sllu ingin turun dari pangkuan saya..

nah itu dia dok di freeroom sih gak ada bahan2 ibat nyamuk atau yg beracun kimia, tapi namanya kolong kemari rak tv agak sempit jadi sulit dibersihkan debu pasti ada, dan kalau sudah di kolong anteng bgt susah kluar harus secara paksa..

saya merokok dok..stiap saya plng beraktifitas sllu saya paksa pangku sih cma tkt nya stres aja, krn rase kan rentan stres yah kalau gak salah..

oia dok saya mau ksh kalung seperti kucing yg ada krincingannya itu gmn? mksdnya biar saya tau kalau dia sedang bergerak di kolong..

makasi dok..

kalau sehari2 saya kasih menu seperti ini gmn

pagi : ati ayam
siang : ati ayam
sore : buah "pepaya,pisang"
malam : ati ayam/ kepala ayam

saat ini msh susah kalau dicapur nasi, kalau gak di campur saya kasih 1 porsi ati ayam ckup gak dok? apa saya paksain pakai nasi saya siap kan di kndang kalau dia lapar mau gak mau dia makan atau didiemin aja?

Saya tinggal didaerah cakung. Kalau pagi dn siang suka dilepas dr kandang tp masih didalam rumah dok. Suka berisik kaya anak bayi nangis gitu. Cuma kalau dikasih makan dia suka gamau terus harus bener2 dipaksa kadang dilepeh lagi itu normal apa gimana? Saya kalau kasih makan dia bubur sun rasa beras merah kadang saya campur pake susu sgm. Cara biar dia mau makan dn gak dilepeh lagi gmna ya dok? Makasih ya dok:)

kak reeny maap ikut komen, ksh tau dokter musang nya jenis apa, trus fases nya gmn?

dari pengalaman saya, klo saya pnya musang rase, coba ksh ati rebus, trus potong kcil2 aja kak, klo mau brarti gak doyan menu bubur sun..
klo musang pandan coba ksh pisang biasanya lahap

jenis musangnya mbak reny musang rase atau pandan? kalau musang rase, bisa ikut sarannya mas rudy.

kalau musang yang masih baby emang harus telaten. pelan2 kasih makannya. bisa kasih sari kurma juga biar nafsu makannya bagus. dikit aja, jangan terlalu banyak, dicampur ke makanannya.... :)

saya tunggu kabarnya. :)

dok mohon pencerahannya, hari ini rase saya dimandikan pake air hangat oleh adik saya dan krn msh bnyaj busa nya terpaksa pakai air biasa, stlah saya plng krmh sore hari dia gak nafsu makan, saya kasih telur yg saya kocok trus saya masukan ke plastik lalu saya rebus hingga mateng, lalu saya potong2 kcil gak nafsu jga biasanya lahap, saya ksh pisang, pepaya jga sama, dan biasanya aktif dikandang ini tidak, dan saya free room main sih cma agak aneh aja kliatannya gak se agresif biasanya, rase saya umur 2-3 blnan, trus pup nya agak encer, sempet sejam lalu muntah kuning mungkin kuning dari telur.. mohon dok pencerahannya.. saya panik

This comment has been removed by the author.

rase umur 2 - 3 bulan sebaiknya jangan dimandikan dulu. dilap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat. apalagi musim pancaroba begini, banyak musang rase sakit saat pancaroba.

saya takutnya hipotermia, tapi semoga nggak. cek fesesnya mas. tetep kasih makan kayak biasa. dan jaga agar tetap hangat. serta jangan sesekali memandikan rase lagi kecuali mas mau dia kembali...... ke yang maha kuasa.... :(

Dok, rase saya umur jalan 2bln. Dia kalo bobok ko kaya mimpi gitu yaa? Jadi dia kaya jumpy gitu dok, pdhl boboknya di tangan saya dan ga ada kebisingan, persis kaya bayi human kan kadang kalo bobok suka kaya jumpy gitu yg kalo kata orangtua mah lg mimpi. Trus dia maunya kalo makan (bubur) disuapin pake jari/buburnya di leletin ke tangan kita, nanti di jilat2in sama dia dok.. saya coba kasih pake sedotan (krn pipetnya blm ketemu), dia gamau. Oiya dok, dia gamau kalo bobok dikandang (pdhl cukup anget) atau di free room suruh cari tempat bobok sendiri, dia maunya di kelonin dok, saya kan jd ga tega ninggalinnya:( mohon komentarnya ya dok apa yg harus saya ubah atau tambahkan dr cara saya memelihara rase. Makasih dok:)

yang penting dia mau makan, itu aja dlu. soal gimana cara dia makan, gak masalah.

soal dia suka mimpi gitu, itu normal. hewan juga bisa mimpi kok. apalagi kalau masih anakan. itu wajar banget.

jarang loh ada anakan rase yang langsung imprint sama ownernya seperti rasenya mbak. jaga baik2 ya mbak. apalagi sekarang lagi pancaroba. harus benar2 dijaga...

Alhamdulillaahhh hehehe

Emang iya dok jarang ada anakan rase yg langsung imprint sama ownernya? Bukannya itu emang naluri mereka sbg baby yg udah di pisahin sama orangtuanya dok? Jd adopter nya disangka/dianggap orangtuanya :D

Btw dok, ko bulu rase saya kasar ya dok di bagian dagu, sekitar mulut, ujung ekor dan ekor deket anusnya?

Dok Kok Musang Rase Saya Kok Bau Itu Kenapa Dok Boleh Dimandiin Ga Atau Dikasih Minyak Kemiri
Musang Rase Saya Baru Bisa Makan Sendiri Itu Umur Brp Ya Dok
Trus Kalo Dimandiin Harus Umur Brp
Terima Kasih Tolong Di Jawab Ya Dok ??

musang rase baru bisa dimandikan umur 4 bulan keatas... :)
kalau dibawah itu, lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat....

Biar Ga Bau Badan Nya Gimana Dok
Boleh Ga Dikasih Minyak Kemiri

boleh aja, jangan terlalu basah. :)

hmm, kayaknya sih sama aja mas. soalnya rase kan emang punya kelenjar bau. mau digimanain juga, tetep akan ada baunya....

Dok saya punya musang rase sekitar 2bulan kurang lah jika dikasih susu saja ga kenapanapa kan? Terus dia suka gigit terus kadang keras kadang engga, apa itu wajar karena mau tumbuh gigi atau gimana dok? Makasih

Dokk saya punya musang rase sekitar 2bulan kurang lah jika dikasih susu saja ga kenapanapa kan? Terus dia suka gigit terus kadang keras kadang engga, apa itu wajar karena mau tumbuh gigi atau gimana dok? Makasih

kalau menurut saya sih jangan dikasih susu karena bisa menyebabkan mencret.
soal dia suka gigit2, emang kayak gitu. semua musang kalau umur segitu emang suka gigit2. lagi kepo. cumaaaaa... khusus buat rase, biasanya dia akan gigit2 terus sampe dewasa, kalo jenis musnag lain nggak. rase gigit cuma becanda kok, meski kadang kelewatan, hihihi...

Kalau jangan susu harus dikasih makan apa dok?
Tapi kalau rawat umur 2bulan kurang bisa jinak kan walaupun udh dewasa masih suka gigit gigit?

selama ini emang dikasih makan susu aja?
kasih makan bubur bayi.

sifatnya musang rase ya gitu, dia suka gigit2 iseng. kadang sampe dewasa juga begitu, mas... :)

Iya dok susu aja, yaudah nati nyoba pake bubur bayi. Makasih dok

sama2. kasih kabar kalau ada apa2. :)

Oh iyah dok kalau bubur bayi yg mengandung beras apa benar ga boleh buat rase?

gak apa2. meski karnivora, sesekali rase memakan selain daging juga kok. :)

Dok curhat Sekalian nanya nih.!
Musang Rase-ku punya kebiasaan manjat punggung dan bertengger anteng dipundak, pertamanya sih diem anggun sesekali jilat2 gitu,e taunya nyaplok telinga,ada saran gak agar kebiasaan nyaplok telinganya ini ilang hehe?

trus satu lagi dok, kira-kira normal gak Rase suka gesek2in kelaminnya kebenda2. Awalnya sih botol2an, baru2 ini leptopku yang jadi korban hiks, trus baunya agak gimana gitu.
btw rase-ku usia 4 bulan dulu adopsi usia 3 minggu (menurut yg jual sih gitu), namanya Lou, dulu waktu belum tau jenis kelaminnya berharap klo jantan panjangnya Lougan tp kini berhubung ketahuan klo dia betina y udah namanya diganti jadi Lou Lou hehe.^_^

justru mas harusnya bangga karena musang mas sering mencaplok telinga. gak membahayakan kan gigitannya? kalau gak membahayakan, saya kira bagus. coba mas baca artikel saya cara membaca perilaku musang atau arti bahasa tubuh musang.

kalau soal menggesek2kan kelamin ke benda2, normal kok. masing2 hewan punya kebiasaan unik masing2. kucing saya, si Anjing, suka kawin ama kucing cowok. padahal dia cowok... :)

iya sih g bahaya, tp sakit hehe
trus dok usia segitu (4 bulan)
apa emang sudah waktunya kawin y dok?
kecil banget lo padal
la kalo semisal hasrat kawinnya g terpenuhi kira2 jadi masalah g buat dia?

bukan. dia bukan mau kawin itu mas.
cuma karakter aja yang unik... :)

dok musang rase saya harianya cma di kasih pisang di kerok sama campur susu bendera

dan vasesnya kaya mencret tpi g cair.warnanya hitam dok

dan apakah baik buat musang umur 1.5blnan

kli di kasih telur di rebys dulu apa gmn.dan cara makaninnya gmn dok
thx dok

Dok, juna (musang rase) sy umurnya 2,5 bulan. Untuk makanan sehari-hari nya apa? Untuk cemilannya apa?
Makasih dok.

silakan baca artikel di atas.. :D

jangan kasih susu bendera. bahaya buat rase.
kalau toh mau dikasih susu, kasih susu non laktosa biar gak mencret...

bagusnya, kasih buah aja atau bisa juga kasih bubur bayi..

ma'af dok tanya lgi hihi
klo ksih makan telur rebus gmn dok?

dan ngasih mkanya gimana
thx jawaban dokter sangat membantu

cacah aja telur rebusnya, mas... :)

gimana rasenya? sehat?

rasenya sih sehat dok.ypi yg saya bingung latanya klo fi ksih susu bendera g bagus.tpi ni dri kcil emang pke susu benderam
apakah aaya harus mengganti atau lanjutin aja

masalah rasenya sih sehat suka mainan dok
thx dok

rasenya sih sehat dok.ypi yg saya bingung latanya klo fi ksih susu bendera g bagus.tpi ni dri kcil emang pke susu benderam
apakah aaya harus mengganti atau lanjutin aja

masalah rasenya sih sehat suka mainan dok
thx dok

kembali ke masnya lagi sebenernya. :)
mau dikasih susu bendera terus atau nggak. yang pasti setau saya, susu bendera kurang bagus buat rase....

fesesnya selama ini gimana? mencret?

vasessnya sih g mencret warnanya hitam.bagusnya kasih susu lgi atau ganti
thx dok

saran saya sih ganti. gak usah kasih susu lagi.
namun, balik lagi ke komentar saya sebelumnya, terserah ke masnya... :)

berarti cma pisang doang.
tpi gpp kan klo pisang doang.soale g pernah tk ksih minus dok hehehe

iya kasih pisang aja mas.. :)
kasih minus apaan? :)

sekarang gimana keadaan musangnya? sehat? :)

Dok saya punya musang rase mungkin umur satu bulan lebih pkok masih nyuapin , skrng kok nafsu makannya memudar trus sering tidur , makanannya saya kasih susu kental dan bubur sun dan pisang , dan anehnya musang saya nggak pernah buang air besar maupun kecil , hampir gk pernah sma sekali , kenapa dok itu ? Trims

jangan dikasih susu kental manis, mas. gak bagus buat sistem pencernaannya. kasih bubur sun atau pisang aja.

musang rase yang masih bayi emang cenderung lebih susah dipelihara... jadi emang kudu sabar. chance hidup sampe dewasanya gak sampe 50%. tapi nothing impossible, right? :)

asalkan mas sabar dan telaten dan gak bosenan, saya yakin musangnya bisa bertahan kok....

kalau sampe seminggu ke depan belum ada perkembangan, mending bawa ke dokter hewan aja, mas....


saya tunggu kabarnya lagi ya... :)

alhamndulilah dok si lorry (musang rase) sehat wal'agiat
thx dok atas masukannya

cma jdi kurus dok badanya.kurusnya sa'at dia mulai bonding.apakah berpengaruh dok

dan ada yg mau beli tuh lorry saya g tega pas sdang di pantau sama buyernya hehe :')

gak ngaruh sih.
mungkin ditambah aja porsi makannya... :)

sekarang sehat?

alhamndulilah sehat selalu dok.

caranya biar dia makannya daging gmn ya dok.

thx dox

kalau rasenya masih anakan (dibawah 3 bulan), yang terpenting adalah dia mau makan aja dlu. itu aja. kalau soal variasi makanan, nanti bisa dibiasakan setelah di atas 3 bulan....

atau.... hmm, mungkin mas bisa coba kasih sedikit hati ayam rebus yang dicacah halus. taruh aja di kandangnya... biar dia belajar dari sekarang... hentikan pemberian hati ayam rebus kalau ada perubahan di fesesnya atau si rase menunjukkan tanda2 nggak bagus...

kabari saya terus... :)

Dok, saya mau taro serbuk kayu di kandang (kardus) juna (musang rase). Apakah aman dok?

jangan pake serbuk kayu dll.
bahaya buat paru2nya. kalau partikel kayunya masuk ke paru2, bahaya...

emang suruh siapa pake bedding (alas kandang) serbuk kayu mas? :)

Waaah yaudah sy ga jadi pake kalo gitu hehe
Ada di blog sebelah dok.
Soalnya bingung mau di berikan bedding apa selain kain. Soalnya daerah sy dingin dok, boleh minta saran nya?

kalau emang mas berdomisili di daerah dingin, mas bisa tutup badan musangnya dengan kain jika memang udara sedang dingin. biasanya sih musang akan menyusup dengan sendirinya ke dalam kain kalau dia merasa dingin... :)

Oke dok.
Dok, cara mengetahui si baby rase lagi lapar gimana sih dok? Kadang sy suapin dia nya berontak dok. Utk jdwal makan juna pagi, siang, malam sy kasih susu non lactosa+sun pisang. Kadang suka nyisa makanannya dok, sayaang dibuang buang

Dok tambahan hehehe
1. Baby rase baiknya diberikan makan setelah dia bab atau gmn dok?
2. Bolehkah baby rase dilap pakai tisu basah?
Makasih dok :D

biasanya bayi rase yang lapar sering berisik.
mang baby rasenya belum bisa makan sendiri? kalau udah bisa makan sendiri, taruh aja makanannya di kandangnya....

nggak masalah kasih makan dia setelah atau sebelum pup. sama aja.

bagusnya mending lap pakai kain yang dibasahi air hangat aja mas... :)

Pagi dok.
Kok baby rase saya keliatan lemes ya abis sy berikan madu TJ (campur di bubur sun pisang). Ga cocok apa gmn dok?

kalau rase, nggak usah kasih madu, mas. kalau baby musang lain boleh aja...

Jaga kesehatan baby rase pake apa ya dok?

stop pemberian madu, lalu kasih bubur bayi aja sebagai makannya. jaga kebersihan kandang. lalu kalau masih 3 hari belum baikan juga, mending bawa ke dokter hewan aja... :)

Dok rase sy lemes bngt mlm ini. Td sempet rebah pas nyoba berdiri. Skrg ini dia lg baring, ga ngerti baring tidur atau sekarat :(
Ada cairan keluar dari mulutnya tp ga berbau. Td sempet pup dan normal2 aja dok. Ini knp ya dok? Sy khawatir :(

dok, mau tanyaaa, saya baru adop baby musang rase, kata penjualnya biasa dikasih susu beruang, boleh kah dok? trus kira2 sampe umur berapa ya dok?

tolong di respon yaa dok, terima kasih

Dok, mata kiri baby rase sy berlendir knp ya dok?

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 310   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.