Sunday, November 24, 2013

Cara Memelihara Kalajengking | Drh. Fira Sovica

Memelihara kalajengking

memang tengah menjadi tren di kalangan pecinta hewan eksotis karena kalajengking atau scorpio dianggap "keren" untuk dipelihara. Secara prinsip, kalajengking tidaklah susah untuk dipelihara, baik oleh pemula maupun yang sudah berpengalaman. Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips cara memelihara kalajengking yang saya kutip dari berbagai sumber. Oh ya, bagi anda yang berniat memelihara hewan eksotis lain, anda bisa membaca artikel saya cara memelihara tarantula atau cara memelihara gurita.
Cara Memelihara Kalajengking

1. Siapkan sebuah wadah kaca, lebih baik jika menggunakan akuarium atau terrarium, sebagai media kandang kalajengking.
Alasi kandang dengan cocopeat yang bisa dibeli di penjual tanaman hias dan tambahkan aksesories lain seperti potongan kayu berbentuk eksotis dan tambahkan hiding part, bisa berupa tempurung kelapa berukuran besar atau lainnya.

2. Beri makan kalajengking secara teratur.
Makanan kalajengking adalah serangga seperti jangkrik. Beri air minum dalam wadah yang ditaruh di pojok kandang.

3. Bersihkan kandang jika kandang sudah mulai berbau.
Akan lebih baik jika kandang dibersihkan secara total maksimal 3 minggu sekali.

Kalajengking adalah jenis hewan yang mudah dalam cara perawatan. Hal terpenting dalam

memelihara kalajengking

adalah kebersihan kandang dan pemberian pakan. Semoga tips diatas bisa menjadi acuan bagi anda dalam memelihara kalajengking. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

14 comments

gan, saya punya serangga mirip kalajeng tapi juga mirip laba-laba, kurang lebih penampakannya seperti ini http://www.kaskus.co.id/post/5650439d642eb65a1a8b4571#post5650439d642eb65a1a8b4571
nah, saya mau tanya itu namanya serangga apa yya ? termasuk kalajengking bukan ?

whiptail scorpio, atau umum disebut ketonggeng atau katonggeng.

TeriMakasih gan
Info nya
Ane nemu kalajengking besar keren lg
Tsr gak tau makanan nya apa :D

baca artikel di atas, hihihi...

sukses untuk peliharaan barunya.. :)

assalamualaikum,
mau tanya Dok, ini kalajengking jenis apa yah https://www.instagram.com/p/BNqiSTZhgaC/ ??? berbisa atau tdk. saya boleh nemu waktu bersihin rumah, ukuran panjangnya 0.5cm, masih kecil. dan kira2 makanannya apa kalo masih bayi?
terima kasih atas jawabannya :)

cuma setengah senti meter? kecil banget.... :)
kalau masih baby gitu, agak susah sih makanannya. tapi mbak bisa kasih potongan ulat hongkong kecil2...

Dok mau nanya, binatang ini kalajengking bukan ya? Nemu dikamar mandi saya... Apakah berbahaya? https://twitter.com/unggulsetiawan/status/827092355530452992?s=01

kalo nemu kalajengking, kita samakan aja bahwa semua kalajengking itu berbahaya. tapi jangan dibunuh, mas. usir atau buang aja ke tempat lain.

salam kenal juga. terima kasih sudah berkunjung.

Dok saya baru dapet lychas 6 ekor baru turun dari gendongan induknya nah kalo kesengat itu efeknya apa ya? Sama makananya dikasih berapa kali perminggu??
Makasih dok

bisa dan racun kalajengking lychas mucronatus tergolong bisa yang kuat, namun tidak membahayakan. setidaknya bagi manusia. itupun kalau kalajengkingnya sudah dewasa. kalau masih anakan kayaknya masih gak berbahaya samasekali. CMIIW....

kalau untuk dewasa biasanya sekali atau dua hari sekali kasih makannya. kalau untuk anakan, jujur saya kurang tahu. namun sepengetahuan saya, sehari sekali cukup.

Bahaya atau tidak scorpion ini Dr? Adakah bisa nya mampu membawa maut? Sy dari malaysia :)
http://i.imgur.com/9TGIcN0.jpg


Silakan upload gambar.