Mengobati Burung Hantu Lumpuh | Drh. Fira Sovica

Mengobati burung hantu lumpuh

memang diperlukan penanganan yang cepat dan tepat. Terlebih, kelumpuhan pada burung hantu terjadi karena berbagai sebab. Ada beberapa penyebab burung hantu lumpuh atau burung hantu tidak bisa berdiri. Artikel berikut akan mengupas kenapa burung hantu tidak bisa berdiri atau lumpuh.
Bagi anda yang ingin tahu mengenai cara memelihara burung barn owl, anda bisa membaca artikel cara merawat barn owl. Namun seperti yang saya tulis di artikel jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memelihara burung hantu, barn owl cenderung lebih sulit dipelihara. Burung hantu yang cocok dipelihara oleh pemula adalah burung hantu celepuk. Anda bisa membaca cara merawat celepuk dengan membaca artikel cara memelihara celepuk.
Mengobati Burung Hantu Lumpuh
Image taken from wikipedia.org
Oke. Kembali ke laptop. :)
Ada beberapa penyebab kenapa burung hantu jadi lumpuh. Dan berikut adalah sebab-sebab burung hantu lumpuh.
  • Penyakit tetelo.
  • Penyakit tetelo atau newcastle disease adalah penyakit yang umum (dan mematikan) pada unggas dan burung. Salahsatu tanda dan ciri tetelo pada burung bisa anda baca di artikel cara mencegah tetelo pada burung, yaitu kelumpuhan dan kesulitan dalam bernafas. Burung hantu yang terkena tetelo juga mengalami perubahan dari warna fesesnya. Feses atau tahi burung hantu yang kena tetelo berwarna hijau atau kehijauan.
  • Bakteri.
  • Bakteri dan kuman yang masuk ke dalam sistem pencernaan burung hantu juga dapat menyebabkan burung hantu tidak dapat berdiri (lumpuh). Bakteri biasanya masuk ke dalam tubuh burung hantu melalui makanan.
  • Beberapa sebab lain.

Dari kedua penyebab burung hantu lumpuh tadi, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa cara mengobati burung hantu lumpuh adalah sebagai berikut.
  • Lihat warna fesesnya.
  • Jika warna feses burung hantu yang lumpuh berwarna hijau, maka kemungkinan yang mungkin terjadi adalah kena tetelo. Sebaiknya bawa burung hantu yang suspect tetelo tersebut ke dokter hewan terdekat sesegera mungkin. Jika warna feses burung hantu yang sakit itu berwarna kuning cerah dan berbau menyengat, kemungkinan yang terjadi adalah burung tersebut mengalami infeksi atau masuknya bakteri ke dalam sistem pencernaanya.
  • Jika penyebab lumpuh pada burung hantu adalah karena bakteri, berikan antibiotik kepada burung hantu tersebut.
  • Ada beberapa jenis antibiotik yang bisa diberikan, dengan dosis yang berbeda pula untuk setiap jenis bakterinya. Saya sendiri menyarankan agar membawa burung hantu tersebut ke dokter hewan agar bisa ditangani lebih jauh. 
    Jika memang tidak memungkinkan untuk membawa burung hantu yang lumpuh tersebut ke dokter hewan, anda bisa memberikan amoxicillin. 1 tablet amoxicillin 500mg dipotong menjadi 2 bagian sama besar, satu bagian ditumbuk hingga halus dan dicairkan dengan 200cc air mineral. Berikan larutan amoxicillin tersebut ke burung hantu yang sakit sebanyak 2x sehari.

Demikian adalah

cara mengobati burung hantu lumpuh

. Artikel ini diharapkan bisa membantu anda dalam memelihara dan merawat burung hantu yang sakit. Saran, komentar, dan konsultasi mengenai kesehatan hewan bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

115 Responses to "Mengobati Burung Hantu Lumpuh"

  1. malam dok..
    cara ngerawat celepuk brancher gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca cara memelihara celepuk. linknya ada di artikel di atas.

      Delete
    2. Dok mau tanya, barn owl saya makan nya selalu daging ayam sudah 4bln. Tapi baru hari ini kelihatan lemes dan satu kakinya pincang. Boleh tolong kasih saran hal apa yg pertama harus dilakukan. untuk soal makan masih lahap. Terimakasih

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kmrin saya kan baru adopt celepuk brancher .. stelah 4 hari nafsu makannya berkurang dan setiap saat matanya ketutup setengah. .
    fesesnya putih&hidap kadang cair kadang sperti krim..
    dan di pucuk paruhnya agak berwarna putih..
    cara ngatasin semua itu gmn ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih larutan amoxicillin seperti saya tulis di artikel atas. lebih baiknya sih ke dokter hewan dengan segera agar mendapat penanganan langsung....

      Delete
  4. Mbak fira saya mau tanya, saya pelihara burung hantu celepuk, sudah kira" umur 5-6 bulan saya mulai beli, pertama saya kasih makan jangkrik, beberapa hari kemudian dia sakit, tidak mau makan jangkrik lagi, saya kasih makan ulet dan burung emprit, nah skg burung hantu saya tidak mau makan emprit lg, jangkrik juga tidak mau, tp makan ulet masih mau, itu kenapa ya mbak, mohon sarannya mbak, takut kalo kenapa2 burungnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. definisi sakitnya gmn mas? apakah hanya tidak mau makan jangkrik?
      burung hantu yang sakit biasanya terlihat murung (matanya merem) dan nafsu makan hilang samasekali, ditambah lumpuh kadang2. kalau dia masih mau makan ulat hongkong, boleh dikasih hingga 2 atau 3 hari ke dpn, tapi setelahnya harus diberi jangkrik lagi... coba dipotong kepala jangkriknya hingga darahnya keluar, lalu sodorkan ke burung hantunya. biasanya aroma darah jangkrik yang terasa manis (menurut owl) akan membuat owl tertarik memakannya.... biasakan saja mulai dari sekarang kasih jangkrik dengan cara itu... :)

      Delete
    2. Tidak mau sama sekali makan jangkrik mbak, jangkriknya juga sudah saya patahkan lehernya tetapi tetap saja tidak mau dimakan. Matanya tidak merem, terlihat sehat, tidak lemas sama sekali, nafsu makan sepertinya berkurang, biasanya pada malam hari saya taruh ulat di tempat makan dan pagi2 sudah habis, tetapi tadi malam ulatnya tidak dimakan sama sekali, tetapi jika diberi dengan tangan ulatnya dimakan, takutnya ntar jadi nggk doyan ulet lagi, trs harus makan apa lagi nanti :(

      Delete
    3. kalau dia masih mau makan, sepertinya tidak ada masalah... :)
      coba dilatih, mas... cara melatih burung hantu bisa mas baca di blog ini....

      Delete
  5. Dok mau konsul dong, si haku celepuk saya sakit.. rada muyung gitu, trus kaya kecegugan gitu.. makan rada mau 4-6 jangkrik.. kasih obat ap ya dok? Trus kalo dokter hewan buat burung hantu yg terdekat di daerah jkt dmn dok? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. rada muyung maksudnya gmn mas? kecegugan itu cegukan maksudnya? :)
      warna fesesnya apa? kalau menurut saya sih kalau dia masih mau makan, masih sehat. tapi mas bisa tanya ke dokter hewan via telp. daftar nomor telepon drh di daerah jakarta pernah saya tulis di blog ini... :)

      Delete
    2. Warna feses ny putih cair, trus udah muyung gitu dok, matany ud merem.. kalo boleh tau dok, biaya rawat ny mahal gk dok?? :'(

      Delete
    3. Muyung itu udah lesu gitu dok.. iy, kaya cegugan gitu..

      Delete
    4. gini aja. coba mas ke apotik, beli amoxicillin. lalu potong 1 tablet amoxicillin jadi 6 bagian sama besar, ambil satu bagian, tumbuk, campur dengan 5 sendok makan air, minumkan ke burung hantunya.....

      tips di atas untuk urgent saja. kalau mau ke drh lebih baik. gak mahal, gak sampe 100rbu. tp tergantung dokternya juga... )

      Delete
    5. Iy dok, td pagi saya lgsung beli minyak ikan.. saya pecahin kulit minyak ikan ny, trus jangkrik ny saya olesin minyak ikan.. dok, klo misal saya mau share foto ttg kondisi ny gmn dok?

      Delete
    6. Dok.. foto ny ud saya share di blog saya.. mohon di cek ya dok.. makasiih dok

      Delete
    7. saya sudah liat fotonya.
      saya sarankan lebih baik bawa ke dokter hewan secepatnya. soalnya saya tidak tahu diagnosanya apa kalau tidak bisa melihat langsung, mas....

      semoga owlnya baik2 saja...

      Delete
  6. Dok saya mau bertanya.1 saya adopt celepuk brancher akhir, jitot, skill 10m. Kedua saya adopt lg clepuk brancher awal. Nah awalnya tidak apa". Smakin ke sni yg kcil, entah knapa kpalanya kek org celeng, dan tidak seimbang. Sampe dia terkampar d bwah, untuk brdiri aj gk bisa.. Sya bingung, akhirnya sya ptuskan untuk cekokin dia air.. Puji Tuhan malamnya da bisa bertenger lg. Nah yg gede skrg jd kurang napsu makan, matanya sayu.. Saya bngung mau kasi suplemen ap.. Keduanya saya taruh d 1 kandang + 1 pearch.. Apakan bisa nular dok ?? Trus suplemen yg pas ap ya ?? Minyak ikan gmna cara pakenya ?? Dan apakan curcuma plis d anjurkan untuk nambah napsu makan bop ?? Bop lemas mata sayu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi tetelo (NSD), terutama kalau nafasnya terlihat terengah2. silakan baca artikel saya cara mencegah tetelo pada burung hantu.

      jangan dikasih minyak ikan dulu. dan saya tidak menyarankan memberi curcuma plus untuk burung hantu. saya sendiri bingung darimana mas dapat ide memberikan curcuma plus untuk burung hantu.

      saran terbaik saya, lebih baik bawa keduanya ke dokter hewan terdekat mas. takutnya memang kena NSD. harap jaga kebersihan makanan (jangkrik) yang diberikan, jangan memberikan jangkrik yang sudah mati.

      baca juga artikel cara mengobati burung hantu lumpuh... semoga sehat buat keduanya... :)

      Delete
    2. Oke, makasih dok inpohnya.. Yg kecil si yg sprti kena tetelo da segar kmbali, da bsa d ktakan 90% normal.prmsalahnya tngal yg brancher akhir.napsu makan oke, cuma matanya sayu dan lemas. Biasa bsa trbang jauh, skrng trbangnya cma dkat aj. Apa yg gede trtular tetelo ?? Tapi gk ad gejalnya dok, ap stress biasa ?? Feses normal, gk ad ijonya..

      Delete
    3. cuaca memang lagi tidak bersahabat untuk owl. si errol juga abis sakit, iklimnya lagi gak bagus mas.
      gak apa2. asalkan nafsu makannya masih bagus saya rasa masih normal... :) pindahkan saja perchnya ke ruangan yang rada hangat, tapi tidak panas... :)

      Delete
    4. Makasih dok, atas sarannya. Iya kayanya faktor cuaca, skrg keduanya da kembali sehat.. Matanya da belo kmbali, sma rakus sperti biasanya.. Tiap aku pulang, da lngsung pda nemplok..hehehe..

      Delete
    5. saya ikut senang. :D
      silakan latih burung hantunya ya mas. cara melatih burung hantu bisa mas search di menu cari artikel... :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. pagi dok.... celepuk saya masih brancer malam nya sehat walafiat, trus paginya juga lahap makan,,,,, selang 15 mnit kemudian celepuknya kayak kejang gtu, trus kalo berdiri malah jatuh kebelakang badan nya ndak mampu berdiri... itu penyebab nya kenapa ya dok, trus ngatasinnya gmn? plissss help me dok,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? warna hijau?
      mas bisa baca cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. kalau memang urgent, saya sarankan bawa ke klinik hewan terdekat... :)

      Delete
    2. dok owl saya ko kejang" ya dan kepalanya mendongkak keatas terus tapi fesesnya normal kadang kemerahan nafsu makn berkurang. gmna dok ya??

      Delete
    3. segera bawa ke dokter hewan, mas. kayaknya dia kena tetelo. atau mas coba cek artikel saya, cara mengobati tetelo

      Delete
  9. malam dok. celepuk saya masih bulu kapas . udah 2 hari ini saya kasih cacing jerman . tapi kalau pagi sampe sore dia ngak mau makan . di suapin burungnya malah mundur mundur . wajar kah dok jika hanya makan malam saja .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulat jerman maksudnya?
      burung hantu memang dasarnya hewan malam. coba mas lihat artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya....

      Delete
  10. Dok celepuk saya sepertinya kena tetelo, sudah ngga kuat nangkring dan kalau berdiri sering sempoyongan gitu dok,saya paksa makan juga ngga mau dok hanya digigit terus dilepehin kembali dok, di daerah saya ngga ada dokter hewan dok, kira2 harus saya apakan ya dok? Ngga tega ngeliatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung hantu yang kena NSD (tetelo) biasanya fesesnya berwarna hijau terang...
      silakan mas cek fesesnya... mas juga bisa baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.....

      mas bisa telepon dokter hewan terdekat. nomor telepon dokter hewan pernah saya bikin daftar di blog ini. silakan cari di bagian cari artikel...

      Delete
  11. dok saya mau tanya.. kalo owl boleh di mandikan tidak ? seperti burung burung laenya... trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tapi tidak dengan cara disemprot atau disiram langsung pakai selang air.
      cukup dispray aja pakai spray air yang biasa buat memandikan burung. semprot menggunakan spray 2-3 kali, kemudian lap, lakukan lagi beberapa kali (5-6 kali), kemudian jemur dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi atau diangin2kan... :)

      nanti saya buatkan artikelnya khusus buat mas... ditunggu ya... :)

      Delete
  12. Dok untuk larutan amoxilinya...kl sy pake pipet berapa dosis atau ukuran untuk sekali meminumkan ke Owl ny...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang dari 5ml dengan pemberian 2x sehari

      Delete
    2. umur celepuk sy kurang lebih 2 bulan doc,,thx info ny mudah2n OWL sy sehat lagi....

      Delete
  13. Dok,
    BO saya tdk bisa berdiri jatuh terus dok tapi matanya masih ngebuka terus mulutnya masih ngebuka terus nutup. Tp dikasih makan egk mau.
    Ada apa sama BO saya dok? Help..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya harus dibawa ke dokter hewan secepatnya mas.
      kemungkinan tetelo, tapi semoga aja nggak.

      fesesnya gimana? warnanya dan bentuknya....

      Delete
  14. Dok, celepuk saya kok di ketiaknya muncul gelembung udara sebesae biji salak ya? Itu kenapa ya dok? Yang menggelembung hanya sebatas di permukaan kulit, jadi masih bisa diterawang gitu dok. Tapi kondisinya sekarang masih aktif. Usia brancher tengah belajar terbang.. Mohon pencerahannya dok, sekarang kondisi sayap satunya tidak bisa tertutup rapat karena ada benjolan tersebut. Pakan selama ini jangkrik, emprit cincang, doq cincang, doc cincang..

    Terima kasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas sentuh, dia keliatan kesakitan gak?
      atau apakah dia sering menggerak2an sayapnya yang diketiaknya ada benjolannya?

      saya sih curiga ada infeksi dibawah kulit, makanya lebih baik bawa ke dokter hewan secepatnya... sering dijemur burung hantunya? silakan baca artikel saya cara menjemur burung hantu....

      kasih saya kabar ya mas..

      Delete
    2. Kalo saya sentuh, dia nya ngga knapa2 dok..
      Sayap nya selalu digerakin normal dok, dan sampai saat ini kegiatannya normal dok..

      Iya dok, saya rencana mau bawa ke dokter, cuman lagi libur lebaran.
      Iya dok, besok saya kasih kabar lagi tentang kondisi "jelly" dok..
      Makasih banyak dok...
      Salam..

      Delete
    3. sehat selalu buat burung hantunya mas.. :)

      Delete
  15. Mba klo bwk lumpuh knp y...awal'a sih kna founce trs sy ksh metrodinazol sesuai artikel yg mba vira tulis eh shabis founce'a smbuh mlh lumpuh
    Sya ksih bu2k tulng stong tpi g da prkembngan
    Awal dia lumpuh shbis sy ksh metrodinazol, shbis tuh lngsung hlang keseimbangan
    Wrna feses'a g nentu tpi yg psti bau nyengat trs ky kapur gtu
    Kra2 knp y mba?? P bisa smbuh kmbali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh y tpi nfsu mkn bgus mba...
      Knp yaaaaa ni bkin sya pusing

      Delete
    2. saya kira perlu dikasih antibiotik. karena kemungkinan bakteri dari frounce dah terlanjur masuk ke dalam sistem pencernaan. bisa juga sih ditunggu hingga bakterinya keluar dari tubuh dengan sendirinya, tapi mendingan kasih antibiotik aja. bawa ke dokter biar dapet suntikan antibiotik.....

      kalau didiamkan saja (gak diobati, hanya rajin dikasih makan) saya yakin masih bisa sembuh namun mungkin agak lama... dan bisa jadi nanti sistem daya tahan tubuh si burung menurun, dan malah fatal akibatnya....

      Delete
  16. D sni g da doktr hwan dok...klo d ksh amoxillin kra2 bsa g y dok...??

    Oea stu lg...p doktr prnh coba breed bop??
    Klo udh da artikel'a g??
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, bisa juga. TAPI saya gak jamin sembuh loh ya. dengan kata lain, do at your own risk.

      saya lagi coba mengawinkan burung hantu saya si errol dengan si padma. mudah2an berhasil. :)

      Delete
  17. Salam dok.. celepuk saya torga tiba2 doyong dok. Kalo dipegang kuat mengangkat kepalanya. Kalo ditaruh langsung doyong sampe jungkir balik. Saya cek fesenya biasa saja. Makan juga biasa. Apa mungkin krn stress ya dok krn sering diumek2 sana anak saya barusan. Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas diamkan aja waktu diunyel-unyel anak? :(
      bisa jadi sih. tetep kasih makan, dan jaga agar owlnya gak kedinginan (taruh dalam ruangan). cuaca emang lagi gak bagus....

      kasih saya kabar lagi...

      Delete
  18. Malem dok , Burung clepuk saya masih anakan dok masih ada bulu kapasnya dan saya perkirakan usianya baru 2-3bulan . Namun masalah yg saya hadapi ini cukup mmbuat saya binggung dok , pasalnya ketika saya meng adopis owl saya sehat dok namun mengapa setelah dalam rawatan saya owl itu membuat saya binggung dok . dia terlihat sakit dok matanya sayu dan merem terus , lalu tubuhnya bergetar , badannya juga lemas bahkan untuk menyangga badannya sendiri pun dia tidak kuat dok . saya jadi kasian melihatnya dok , mohon pencerahannya dok agar owl saya bisa seperti sediakala dok ..

    Oiya dok warna fesesnya hanya berwarna putih pada umumnya dok seperti pada kebanyakan owl lainnya dok .

    ReplyDelete
    Replies
    1. rajin kasih makan? pastikan gak telat kasih makan. karena dari fesesnya sih kemungkinan dehidrasi atau kurang nutrisi.

      itu aja sih mas. coba baca2 artikel saya mengenai burung hantu di blog ini ya mas...

      Delete
  19. Dok mau tanya lagi nih burung nipon/kakibinting saya tiba tiba ngak bisa berdiri ada dibawah sangkar ngak nangkring....mata terlihat segar...hanya kelebek2 aja di bawah sangkar...cara penangananya gimana ya?makasih

    ReplyDelete
  20. Dok, celepuk saya udah 3 hari sakit :( nama celepuknya bubbly, saya udah adop 1 bulan umurnya sekitar 3 bulanan, skrng bub lumpuh dok cuman bisa gerakin sayapnya klu jalan atau lagi jaga keseimbangan tapi klu makan masih lahap dok. fesesnya warna putih krim gitu dok. kira2 bub sakit apa ya dok? 0.0

    ReplyDelete
  21. udah saya kirim videonya dok
    terimakasih dok

    ReplyDelete
  22. bu dokter bo saya lumpuh,namanya chiko,warna fesesnya kuning dan bau, mulutnya juga berlendir saya harus bagaimana bu dok?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      sekarang gimana keadaan owlnya? jujur aja, banyak sebab sih. kalau fesesnya kuning dan bau, biasanya infeksi bakteri karena makananya kurang bersih. bisa juga gejala awal tetelo (NSD)....

      kalau bo-nya masih bertahan, saya sarankan bawa ke dokter hewan secepatnya...

      Delete
  23. Dok, burung hantu saya kakinya bengkak, ada bekas hitam di pergelangan kakinya, dan bila di sentuh seperti sudah mati rasa. Apakah masih bisa di obati dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saya tahu kenapa bisa bengkak?
      apakah dia kelihatan kesakitan kalau berjalan atau kalau bengkaknya ditekan pelan?
      apakah kayak ada cairan/nanah di dalam bengkaknya?
      terus dia masih mau makan?
      mohon dijawab.
      sementara ini oleskan aja minyak urut di bagian yang bengkak.

      saya tunggu

      Delete
    2. Sepertinya karena kakinya di jerat terlalu kencang. Tidak terlihat kesakitan, tapi kakinya sering di angkat dan gabisa gerak. Ada sedikit nanah di bagian atas sepertinya. Kalau makan masih mau dan masih lahap.

      Delete
    3. Sepertinya karena kakinya di jerat terlalu kencang. Tidak terlihat kesakitan, tapi kakinya sering di angkat dan gabisa gerak. Ada sedikit nanah di bagian atas sepertinya. Kalau makan masih mau dan masih lahap.

      Delete
    4. sebelumnya maaf karena baru balas. saya sibuk sekali kemarin.

      sekarang gimana keadaan owlnya, mas? bengkaknya udah mendingan?

      Delete
  24. Malam dok...
    Dok mau tanya nih,,bagaimana cara mengatasi barn owl yg trauma??
    Jd batting sekarang terhadap saya dok..
    Apakah bisa kembali normal lg?
    Terima kasih sebelum nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dijelaskan traumanya karena apa?
      bisa aja sih, cukup karantina ulang dan sering2 ajak main. biar dia percaya lagi sama kita. coba baca artikel saya cara karantina burung hantu...

      Delete
  25. Sore dok, celepuk yg saya punya ga bisa berdiri, tapi dia lahap makannya, suaranya jg masih lantang. Sudah dua hari. Sebelumnya pernah terjatuh padahal ga jauh,kena sayap kiri aga sakit dia, skrg uda membaik, trs saya pernah kasih tahu sedikit krn saran pedagang, sblmnya kena sinar matahari pagi jam 7 sampe jam 8. Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu. terutama bagian fesesnya.

      kayaknya sih itu stress, bisa jadi karena kelamaan dijemur. kalo satu jam dijemur, kelamaan, mas. cukup 10 atau 15 menit aja.

      coba kasih super-n, beli di toko makanan burung, kasih setetes tiap hari...

      sebelumnya maaf karena baru balas... kabari lagi...

      Delete
    2. Fesesnya warna hitam ada putih... kemarin sempat di bawa ke drh, d kasih antibiotik, tp kayanya ga cocok, jadi lemes ga mau makan. Akhirnya saya stop. Nanti saya coba kasih super N. Thx

      Delete
    3. oke. kabari lagi ya mas.
      fesesnya hitam dan putih doang? gak ada bagian beningnya?

      Delete
  26. Dok Celepuk biasanya Kapan Bisa berdirinya?
    Punya Saya masihh Chick & Baru Tumbuh Bulu Jarum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup mas pastikan makanannya cukup.
      dan mas bisa kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu sehat.

      lakukan. dan kabari lagi ya mas.

      Delete
  27. Dok, musang saya baru saya berusia sekitar 3bulan,saya ingin tanya.
    tadi dia keliatan kaya garuk garuk gitu terus pas dia tidur di pangku saya cek bulunya, ada seperti Hewan kecil sekali nyaris gak keliatan warnanya putih di tangan saya gerak muter2 gt. Menurut saya itu yg bikin dia gatal.. Apa itu dok? Gimana cara ngilang nya? Apa itu bisa nular ke saya soalnya mochi suka main di pundak sama atas kepala, meski saya pake Hijab??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      mbak bisa sering2 lap mochi pake tisu basah non alkohol.
      seminggu sekali bisa dimandikan pakai air hangat yang dicampur dengan dettol cair (yang cairannya kayak teh)...

      Delete
  28. DOk saya mau tanya, saya punya celepuk brancher kakinya lumpuh tetapi nafsu makan normal dan fesesnya tidak berwarna merah/hijau, itu kenapa ya dok? apa mungkin kekurangan vitamin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kurang kalsium. mas kasih makan apa?
      saya sarankan mas kasih pinkies (bayi tikus putih yang masih merah), nanti dia dapet asupan kalsium dari situ...

      sama kasih super-n, setetes setiap hari. baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

      Delete
  29. Sehari hari saya kasi makan jangkrik dok, kalau cara kasih makan tikus gmn ya dok, dia kalau dikasih jangkrik di lantai blm mau nangkap sendiri, apalagi skrng kakinya lagi lumpuh, mohon penjelasannya, terimakasih dok :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayi tikus putih, mas. yang belum bisa bergerak.

      bisa juga mas kasih super-n dulu. sehari 2x.
      terus jangkriknya mas tabur bubuk tulang sotong dulu sebelum dikasih ke dia...

      kalau mau lebih pasti sih sebenernya bawa aja ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  30. dok, mau nanya, saya punya peliharaan kutilang paruh kodok (frogmouth), 2 hari ini dia gak bisa bertengger kayak lumpuh gitu, pas q pegang paha kananx kayak agak merenggang dari badanx, sedangkan posisi paha kirix rapat sama badanx, tp pas q pegang paha bagian kananx dya gak kesakitan dok, kira2 itu kenapa ya dok??
    apa itu pahax patah, keseleo atau ada penyakit lain dok????
    teima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama?
      saya sih takutnya tetelo. fesesnya gimana mas? coba cek artikel saya PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU. secara prinsip sama.

      dia gak kesakitan samasekali kalo ditekan bagian yang lumpuh?

      sementara kasih aja obat yang saya tulis di artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT.

      lakukan dan kabari lagi ya mas... :)

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Dok, tadi saya menemukan anak dari burung hantu yang sekiranya jenis buffy fish.. Saya temukan burung ini tidak bisa terbang dan tidak bisa berdiri di depan rumah, subuh tadi.. Karena saya belum pernah memelihara burung hantu sebelumnya, jadi saya masih bingung dok bagaimana cara merawat dan menolongnya..
    Mohon bantuannya dok, terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya CARA MEMELIHARA BUFFY FISH OWL

      Delete
    2. Dok maaf saya mau tanya kmren MLM no saya jatuh dari prch trus GK isok berdiri gmn ya dok

      Delete
    3. Dok maaf saya mau tanya kmren MLM no saya jatuh dari prch trus GK isok berdiri gmn ya dok

      Delete
    4. kalo kakinya mas pegang, dia kayak kesakitan nggak?
      kalo kesakitan, mending bawa ke dokter hewan...

      Delete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Dok burung hantu saya sepertinya sakit, kepalanya muter2 sendiri lalu jatuh dari tenggeran, makan masih lancar. Kondisi terakhirsih kandangnya dirubung semut, yang saya liat hanya dibagian bawah saja, kira2 Velo (nama burung hantu saya) kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ke tetelo atau gejala tetelo, mas.
      saya sarankan bawa ke dokter hewan aja.

      untuk pertolongan pertama, bisa kasih super-n setetes di pagi hari, dan setetes di sore hari...

      makan dia masih mau?

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Makan mau dok, cara ngasih super-n itu langsung tetesin di mulutnya? Atau dicampur di ir minumnya? kira2 kalau tidak dibawa ke dokter hewan berbahaya gak dok? Saya kurang tau tempat dokter hewan soalnya

      Delete
    4. kalau emang mau ditetesin ke mulutnya langsung, tetesin aja. mas ambil dia pelan2 aja mas. bisa minta bantuin temen/saudara atau adek kakak buat tetesin ke mulutnya dia. atau mas bisa langsung tetesin aja ke mulutnya dia...

      kalau emang mau dibawa ke dokter hewan/rumah sakit hewan lebih bagus. mas di daerah mana?

      sementara ini kasih aja super-n dulu

      Delete
    5. Sementara saya kasih super-n dulu aja dok.

      Saya didaerah jogja dok

      Delete
    6. bawa ke fakultas kedokteran hewan UGM aja mas. di sana kan ada rumah sakit hewan prof. soeparwi.

      setelah dikasih super-n gimana perkembangannya?

      Delete
    7. Sampai saat ini masih sering guling2 dan kepalanya miring ke kanan terus,, dok saat ekspirasi pernapasannya terdengar suara seperti denyutan jantung, itu suara apa dok?

      Sebenarnya tetelo itu penyebabnya apa sih? Dugaan pertama saya dia nelen barang dan gak bisa dimuntahin. Terimakasih

      Delete
    8. saya takutnya kena tetelo aja mas. karena salahsatu ciri tetelo (newcastle disease) ya gitu, susah nafas....

      Delete
  38. dok saya mau nanya, burung saya setiap jalan keserimpet sama kaki yg sebelahnya terus,dan kesimbangannya hilang,kenapa ya dok.dan terbaring lemas mulu,bulu halusnya pada rontok.saya mau ke dokter hewan daerah ciledug tapi ga tau dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya gimana?
      selama ini mas kasih makan apa?

      fesesnya gimana? masih 3 elemen nggak? coba baca artikel saya PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU....

      ada indikasi kurang kalsium sih mas. coba makanannya mas kasih bubuk tulang ikan sotong. cukup seminggu sekali aja. jangan lebih.

      oh ya, kasih super-n setetes setiap hari

      Delete
  39. Mbak fira, celepuk saya kenapa ya tiba2 kok lumpuh,
    Tp kalo dilihat padahal dy sehat, cuman lehernya aja kyk ga kuat nompang kepalanya,
    Makannya juga banyak kyk biasanya.
    Tolong dibantu ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks... :(

      mas baru nemu blog ini ya?

      sebenernya sih pencegahannya udah saya kasih tau di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. iya, pencegahan. bukan mengobati.

      tapi mas bisa coba kok. coba aja kasih obat yang saya tulis di artikel itu, kasih setetes pagi hari, dan setetes siang hari.

      tapi saya juga gak jamin sembuh loh. kita ikhtiar aja. :)

      segera kasih. dan kabari lagi

      Delete
  40. Dok maaf saya mau tanya kmren MLM BO saya jatuh dari prch trus GK bisa berdiri gmn yow dok cara sembuhinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mas pegang kakinya, dia keliatan kesakitan nggak?
      kalo kesakitan, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja.....

      Delete
  41. Addalamualaikum dok, mau tanya. Ada punya pengalaman mengobati radang di paha pada bop dok, udah semingguan gak sembuh2, di bawa ke drh terdekat di kasih mineral dan Dexamethason 2 kali 1 hari dosis 1/4. Kasian bop nya dok, sipat bopnya sering down, makan di paksa, fesesnya aman walaupun gumpalan hitam nya berubah jadi gumpalan hijau, makasih dok tolong berikan saran nya agar lekas sembuh

    ReplyDelete
  42. Maaf salah *assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kerna salam dilarang typo

    ReplyDelete
  43. segera beli super-n, kasih ke owlnya sehari 2x, pagi dan sore, masing2 setetes... langsung tetesin ke mulutnya aja...

    semoga aja belum terlalu parah ya mas... dan kabari terus...

    ReplyDelete
  44. Dok saya mau tanya, ini burhan saya kok gk mau makan, dan gk bisa berdiri di tangkringan. Malah tengkurap itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama? fesesnya/tahinya gimana?
      mending segera kasih super-n setetes setiap hari. segera.
      selama ini dikasih makan apa?

      Delete
  45. Mlm dok saya puny owl jenis bo umur skitar brancher awal pad saat belajar berdiri dan jalan kaki sebelah kiri terkilir trus bengkak dan bengkok ke arah kaki kanan mohon solusi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kalo sampe kakinya melintir begitu, kudu ditangani dokter hewan, mas. tapi coba aja pake minyak tawon, di oles ke bagian kakinya yang bengkak... saya gak jamin bisa sembuh sih.

      makanya kalau bisa sih bawa ke dokter hewan aja...

      emang kenapa kok bisa sampe begitu?

      Delete
  46. BOP MULAI BISA JALAN ITU KAPAN YA? SOALNYA ADA MASALAH YG BIASA DITANYAKAN ORANG KENAPA BOPNYA TIDAK BISA BERJALAN PADAHAL SUDAH MULAI TUMBUH BULUNYA DIKIT DAN KENAPA KAKINYA LEMAS SEBELAH. MOHON DIJAWAB, TERIMAKASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pake huruf besar semuanya, mas. :D
      kalau kakinya lemas sebelah biasanya problemnya di asupan kalsiumnya.

      burung hantu sendiri sudah bisa jalan dan berdiri sekitar umur sebulan.... cek aja artikel siklus hidup burung hantu

      Delete
  47. Dok saya mau tanya,
    Saya adopt 2 celepuk masih chick, sekarang udh 2 mingguan, yg 1 gabisa berdiri sm jalan, selalu duduk dan kadang nyungsep,kalo diliat dari atas keliatan bgt tulang kaki dua2nya nonjol ditengah2 sayap
    Kenapa ya dok?trims

    ReplyDelete
  48. dok burung saya sehat sehat aja. tapi dia ga bisa bediri dok burung saya umur sekitar 1bukan10hari. itu kenapa ya dong? tainya warna item gitu dong. tolong bantuanya dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.