Cara Memelihara Burung Punggok | Drh. Fira Sovica

Memelihara punggok

memang masih jarang dilakukan oleh masyarakat. Burung beluk papua ini tergolong burung yang tidak umum dipelihara, meski banyak kerabat burung punggok yang dipelihara secara umum. Artikel cara merawat punggok ini saya tulis untuk menambah wawasan sekaligus sebagai referensi bagi siapa saja yang ingin memelihara burung punggok. Bagi anda yang ingin tahu jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya, anda bisa membaca artikel jenis-jenis burung hantu dengan tingkat kesulitannya.
Cara Memelihara Burung Punggok
Image taken from birdsandbirds.com
  • Apa itu burung punggok?
  • "Bagai punggok merindukan bulan," demikian pepatah yang umum digunakan oleh masyarakat indonesia dan malaysia. Burung ini dikenal hanya lewat perumpamaan, namun sedikit yang tahu apa itu punggok. Punggok adalah sejenis burung dari jenis burung hantu. 
    Orang barat mengenal burung ini sebagai papuan hawk owl atau punggok papua, sementara orang Indonesia mengenal burung ini dengan nama punggok atau beluk papua. Dan seperti namanya, habitat burung ini adalah di pulau papua hingga papua nugini.
  • Karakter burung punggok.
  • Tidak banyak yang hal yang diketahui dari sifat burung punggok. IUCN bahkan mengkategorikan burung yang berfamili strigidae ini sebagai burung yang memiliki kekurangan data konservasi. Beberapa ahli aves berpendapat, sifat dan karakter punggok ini relatif sama dengan bangsa hawk owl lainnya seperti brown hawk owl. Saya sendiri sudah pernah menangani sendiri burung punggok di salahsatu rumah sakit hewan, dan sependapat dengan para ahli aves tersebut. 
    Tingkat stress burung punggok tinggi. Kurangnya data resmi mengenai burung punggok dan sedikitnya orang yang memelihara burung punggok membuat burung ini kerap mati dalam pemeliharaan.
  • Cara memelihara burung punggok
  • Seperti yang telah gamblangkan di atas, sebaiknya jangan memelihara punggok jika anda belum pernah memelihara jenis hawk owl lain sebelumnya. Burung hawk owl ini memiliki tingkat stress yang tinggi dan perawatan yang tidak bisa dikatakan mudah
    Dari pengalaman memelihara punggok, burung papuan hawk owl memiliki karakter yang sama dengan burung hawk owl lainnya seperti brown hawk owl. Tingkat stress yang tinggi dan sistem pencernaan yang rapuh membuat anda hendaknya selalu berhati-hati dalam memelihara punggok. Selalu sediakan bayi tikus putih (pinkies) sebagai makanan punggok anda, dan latih burung punggok peliharaan anda agar bisa berburu. 
    Pakan diberikan tiap pagi dan malam hari. Jangan lupa untuk memberi minum pada burung punggok anda setelah pemberian pakan. Jangkrik bisa menjadi makanan tambahan yang diberikan satu hari selama seminggu. Patut saya ingatkan bahwa jangkrik hanya digunakan sebagai makanan tambahan saja, bukan sebagai makanan pokok. 
    Seperti burung hantu lain, burung punggok hendaknya tidak ditempatkan dalam sangkar. Block perch bisa menjadi pilihan bagi anda dalam memelihara burung punggok.
Demikian adalah apa itu punggok,

cara memelihara punggok

, serta karakter dan sifat punggok. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan bagi anda untuk menambah wawasan. Terima kasih. (FS)

35 Responses to "Cara Memelihara Burung Punggok"

  1. Dok, saya sudah 4 hari ini memelihara celepuk . Saya kasih nama falcon. Hehe
    Dari kotoran , kaki, sayap, paruh, mata semuanya normal. Tapi tadi si falcon terbang dan tergantung ketika saya tinggal. Posisi kaki di atas dan kepala dibawah. Setelah saya selamatkan saya amati dada si falcon terengah-engah . Setelah kejadian tersebut langkah apa yg harus saya lakukan buat patner saya si falcon? Sebenernya tali angkletnya sudah lebih panjang dari tinggi tenggerannya. Tapi si falcon terbang ke benda disekitar tenggeran dan alhasil jd tergantung di benda tsb. Apakah karna tenggerannya kurang nyaman bagi patner saya dok?
    Ohiya satu lg , sebelum saya pelihara celepuk saya gali dulu dari artikelnya dokter. Trimakasih infonya. Tapi saya takut terkena toxoplasma yg bisa kena ke manusia sama hewan. Solusi agar tidak terkena toxoplasma gimana ya dok?
    Salam dari si falcon yg ngedipin sebelah mata buat si errol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya, ikatan leasenya (tali yang mengikat kaki owl) dilepas aja dulu. jangan diikat ke sesuatu. lebih bagus jika dipasangi angklet (ikatan kaki khusus burung hantu, nanti lease dihubungkan ke angklett, jadi lease tidak langsung mengikat kaki owl).

      kalau memang terengah2, coba observasi dulu sampai besok sore. kalau masih terengah2 juga, cek fesesnya. warna apa. karena kalau terengah2 dan fesesnya berwarna hijau, ada kemungkinan tetelo. tapi sebaiknya kita observasi dulu..... :)

      salam buat falcon dari errol yg lagi ngambek karena gak bisa keluar cari tikus... :D

      Delete
  2. Sejak awal udah saya kasih angklet kok dok. Si falcon suka terbang ke benda disekitar tenggerannya ternyata karna licin tenggerannya. Padahal dari kayu. Akhirnya saya liliti tali pramuka + saya pindahin barang2 biar gak kesangkut lgi. Eh skrg tidur pulas disitu.
    Soal terengah engah nafasnya itu skrg udah enggak dok. Mungkin kurang air + suhu di gudang terlalu panas. Sempet stres. Tadi malem 1 jam saya elus elus. Paginya udah gak stres bahkan si falcon punya kemajuan dalam latihan. Tadi udah loncat ke lengan pas saya pancing make jangkrik+peluit.

    Ohiya dok untuk pemberian minum brapa mililiter dok? Takut dehidrasi lg hehe
    Salam balik buat si errol haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, syukurlah. errol banyak temennya sekarang, termasuk falcon. :)
      secukupnya aja. kira2 2 hingga 3x pemberian. jangkrik yang hidup ya mbak. tetep latih.

      semangat! errol lagi tidur... :D

      Delete
  3. Ok2 . Ini si falcon triak triak terus padahal udah 7 jangkrik dia lahap :D

    ReplyDelete
  4. Amin..
    Ohiya kalo ngasih emprit bagusnya dlm keadaan hidup atau mati? Soalnya paruh sama kukunya si emprit kn resiko ngelukai organ perncernaannya dok. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum diberikan ke burung celepuk, emprit harus dipotong, disiangi bulunya, dikuliti, dipisahkan daging dan tulangnya, baru dagingnya saja yang diberikan sebagai makanan.... malah ribet. lebih gampang jangkrik.. :)

      Delete
  5. Iya tetep jangkrik kalo makanan sehari harinya. Biar insting berburunya gak hilang saya kasih emprit . Karna tadi pagi emprit sore ini lebih ganas makan jangkriknya.ehehe
    Salam dari falcon. Makin jinak nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam dari errol. kalau ada perlu nanya2, ke blog ini saja mbak. saya tunggu.
      maaf agak lama dibalesnya, kemarin abis ganti templates... :)

      Delete
  6. Oke gak papa dok. Tapi maaf dok saya laki dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. sorry, sorry...
      soalnya ada 2 yang namanya sama. :D

      Delete
  7. Haha oke oke
    Ohiya pagi ini sama sore ini kotorannya hijau kental kayak jeli. Tapi nafsu makannya masih bagus bagus aja dok. Masih kliyatan sehat+ganas kayak biasanya. Apa karna makanan jangkriknya saya kasih makan daun ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena jangkriknya dikasih makan daun. :)
      intinya kalau dia masih mau makan, bernafasnya gak tersengal2, dan bagian hidungnya tidak basah, dia masih sehat. jaga agar suhu tetap stabil, jangan sampai kedinginan... :)

      Delete
  8. Saya baca artikel , biar jinak itu si owl harus sering dtaruh di kamar atau ditempat umum agar terbiasa. Apa hal tsb hanya dilakukan di malam hari? Dan pada siang hari ditaruh di temat sepi. Seperti itu kah?
    Soale si falcon blm jinak tapi malah udah bisa FOF hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang biar jinak ditaruh di tempat umum itu musang, bukan burung hantu. kalau burung hantu yang belum adaptasi terus dia ditaruh di tempat ramai, dia malah akan stress. kalau burung hantu cukup taruh di kamar dan usahakan agar dia melihat kita tertidur.
      coba baca cara menjinakkan burung hantu.
      ih, cerdas ya falcon. lanjutin, mas. salam dari errol. :)

      Delete
  9. Iya sory dok soalnya saya bacanya gak cuma dari sini tapi jg dari blog lain. Jd sering lupa mana yg punyanya dokter dan mana yg dari blog lain hehe
    Ditaruh dikamarnya pas malem saja atau pas siang jg dok? Pengalaman pernah siang saya taruh dikamar malah susah tidur falconnya. Akhirnya saya pindah ke gudang yg sepi lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa seperti itu. jadi ditaruh di gudang aja. :)
      malem, pas mas mau tidur, bisa pindahkan ke kamar tdr biar dia bisa lihat masnya tidur. :)

      Delete
    2. falcon lg apa? errol lagi pamer tikus buruannya nih, hehehe.
      sama seperti kucing sebenarnya, burung hantu juga sering pamer buruan. :D

      Delete
  10. Kalo dikamar takut kena toxoplasma dok. Bener apa enggak dok?

    Ini si falcon habis saya kasih makan. Langsung loncat ke tangan. :D tapi gak bertengger dulu di lengan tangan kiriku malah langsung ke tangan yg megang jangkrik. Ehehe
    Falcon triak triak kalo denger adzan wkwk
    Salam buat si errol yg udah pinter ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dijaga kebersihannya, pasti aman kok. yang penting rajin dibersihkan. saya juga dulu pelihara si errol dr mulai kuliah, di kamar kosan petak mbak. tapi alhamdulillah aman... :)

      wah, pinter falcon. coba ajak ngobrol sesekali. ama kalo dia gigit tangan atau kuping, itu artinya dia bilang makasih. kalau dia ngedip pas diajak ngobrol, itu artinya dia bilang "saya ngerti, bos" :)

      sehat selalu falcon. jangan lupa latih... :)

      Delete
  11. Oh gitu. Kalo luang kpn kpn bikin artikel toxoplasma ya dok. :)
    Kalo dikos owl nya dilepas apa tetep dipasangi angklet? Kalo dilepas kotorannya kemana mana hehe
    Dulu si falcon kalo gigit gak sakit kalo skrg bikin lecet tanganku . Kalo kuping ke gigit apa gak sakit dok hahaha

    Siap dok. Tadi pagi pas baru make pengaman tangan , si falcon tiba tiba langsung loncat ke rambut ku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah kok. udah saya bikin artikel mengenai toksoplasma. silakan search: semua tentang toksoplasma
      iya, tetep saya pasangi angklet biar dia terbiasa. awalnya sih emang iya, tapi setelah saya perlihatkan dan kumpulkan fesesnya di koran, dia akhirnya mengerti kalau pup harus di koran... pintar2 kita ngelatihnya aja sih agar dia tahu kalau pup dimana... :)

      sakit juga sih, apalagi kalau kuping atau hidung yang digigit. tapi ya cara berkomunikasi burung hantu memang seperti itu. :D

      Delete
  12. Kabar buruk dok. Falcon saya tadi pagi nafsumakannya agak menurun biasanya jump ke tangan saya tadi pagi jd manja lg.
    Sorenya malah tambah parah yaitu gak mau makan sama sekali. Kotorannya putih. matanya sering terpejam padahal udah malem.
    Akhirnya saya kasih amoxilin yg udah saya bagi jd 4 bagian dan saya larutkan ke 6sendok air.
    Baru mau minum 2/3 tetes dari larutan tersebut dok. Trs selang detik agak lama sih kepalanya geleng geleng habis itu memejamkan mata lagi alias murung.
    Ohiya dok , cara liat frounce pada paruhnya si falcon gimanaya? Dibuka paksa gitu?
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang masih mau makan?
      saya sarankan bawa ke dokter hewan agar bisa mendapatkan penanganan lebih cepat...

      Delete
  13. Tadi malem mau makan dok tapi gak bisa makan si falconnya. (Jangkrik digigit pas mau di telen make bantuan kakinya malah terpontang panting ) udah gak seimbang dok. Kepalanya di bawah nunduk gitu.
    Sepertinya totelo dok. :(
    Dokter hewan disini khusus yg kayak kucing anjing dok. Kalo hewan BOP ditolak . Dan kalo pagi ini sama sekali gak mau makan
    Si errol pernah kena penyakit gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak udah cek artikel cara mencegah tetelo pada burung hantu?
      tetelo biasanya bisa dilihat dari fesesya yang berwarna hijau terang...... coba dibaca dulu...

      saya sih berharap falcon gak kena tetelo.... tetep coba kasih makan... jangan nyerah...

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Pagi dok saya punya celepuk udah 5 bulanan namanya wowow dah nurut dah bisa jttf dan ftts juga jaraknya lumayan jauh.nah saya rencananya mau adopsi punggok rimba yang jecil.
    Tapi perawatanya susah ga? Soalnya saya juga baru nyoba nyoba BOP sebelumnya saya pernah melihara iguana, kambing, arwana, kalajengking tapi saya masih anak2 dok saya masih SD apa gapapa kalo saya adopsi punggok.
    Sebelumnya makasih infonya
    Salam dari Wowow buat Errel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. punggok adalah area abu-abu bagi owlry, mas. hehehe. masih sedikit yang tahu mengenai burung ini. namun saya pernah handle beberapa minggu, milik salahsatu kerabat saya. so far, agak mirip barn owl sih penanganannya, baik dari tingkat stress, perlakukan, dll....

      mas masih usia SD tapi udah banyak pelihara hewan sebanyak itu? waaaah, hebat. biasa ngerawat sendiri atau dibantu ama ortu? kalau dirawat sendiri ama masnya sendiri, coba aja pelihara punggok. kalau hewan2 yang dulu dirawat ama ortu, mending jangan pelihara punggok... :)

      Delete
  17. Kalo ysng kemarin2 sih dipelihara sendiri.
    Terus dok makanya apa punggok itu
    Soalnya tetangga saya punya tapi lemes gitu burungnya lebih kecil celepuk dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tetangga mas kasih makan apa ke punggoknya? :)
      harusnya sih kasih bayi tikus. jangkrik boleh sesekali, tapi jangan terlalu sering.

      setau saya, punggok itu berukuran sedang.
      umur maksimal burung hantu sudah ada artikelnya. silakan cari di bagian search...

      Delete
  18. Kalo yang gambar di artikel ini ko punggoknya besar ya dok? Kalo yang ada di tetangga aku sih kecil

    ReplyDelete
  19. Dok kalo celepuk umur maksimalnya berapa?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.