Cara Memelihara Axolotl | Drh. Fira Sovica

Memelihara dan merawat axolotl

memang tengah menjadi mode dikalangan pecinta ampibi. Saya patut menekankan bahwa memelihara axolotl tidak semudah memelihara amphibi lain seperti memelihara kodok pesek atau memelihara kodok pacman. Ada beberapa syarat dan prasyarat dalam merawat axolotl.
Axolotl, biasa disebut juga axolotl salamander, memang hewan air eksotik. Hewan yang mirip ikan berkaki ini adalah hewan asli meksiko. Anda patut berhati-hati dalam memelihara axolotl karena axolotl termasuk hewan yang dilindungi. Status konservasi axolotl menurut IUCN adalah critical (kritis). Status konservasi axolotl ini sama seperti status konservasi orangutan sumatra, badak jawa, badak sumatra, dan lain sebagainya.
Cara Memelihara Axolotl
Seperti saya katakan di paragraf pertama, axolotl membutuhkan syarat memelihara salamander axolotl. Dan inilah beberapa syarat dan prasyarat dalam memelihara axolotl:
  • Meski termasuk hewan amphibi, axolotl termasuk hewan yang banyak menghabiskan waktu di dalam air.
  • Suhu air yang ideal untuk lingkungan hidup axolotl berkisar antara 15 hingga 21 derajat celcius. Sebaiknya, jaga agar suhu tetap stabil, tidak lebih dari 22 derajat celcius dan tidak kurang dari 14 derajat celcius. Hal ini sangat penting karena ketidakstabilan suhu air akan berpengaruh pada kesehatan axolotl yang dipelihara. Sebaiknya, akuarium yang digunakan untuk memelihara axolotl adalah akuarium yang memiliki pengatur suhu. 
    Air yang digunakan untuk memelihara axolotl sebaiknya air yang bebas kaporit dan memiliki kadar zat besi yang rendah. Air tanah murni bisa digunakan sebagai media memelihara axolotl. Sebaiknya, endapkan dulu air yang akan digunakan sebagai media memelihara axolotl selama 12 hingga 24 jam sebelum digunakan.
  • Sediakan tempat berlindung bagi axolotl.
  • Axolotl adalah hewan pemalu yang lebih suka menyembunyikan diri daripada bergerak kesana kemari di dalam kandang. Sebaiknya, sediakan tempat bersembunyi yang terbuat dari batu atau pot tanah liat. 
    Untuk aksesoris, anda juga bisa menempatkan batu-batu hiasan di dalam kandang. Jaga agar dasar akuarium tempat memelihara axolotl selalu bersih dari sepihan-serpihan batu, serpihan-serpihan pot, kotoran fisik, dan lain sebagainya. Serpihan batu dan dan pot serta kotoran yang tertelan dapat membahayakan pencernaan axolotl.
  • Alat pernafasan axolotl adalah insang.
  • Meski tergolong bangsa ampibi, axolotl bernafas dengan insang dan mereka sangat jarang menyembul ke permukaan air. Dengan kata lain, axolotl hidup dan mencari makan dibawah permukaan air. 
    Makanan axolotl adalah cacing dan udang beku. Sebaiknya jangan berikan pakan hidup kepada axolotl untuk menghindari parasit dan penyakit dari ikan hidup tersebut. Axolotl diberi makan dua kali sehari. Jaga agar air tempat memelihara axolotl selalu bersih dan terjaga suhunya.
Demikian adalah

cara merawat axolotl

yang saya tulis berdasarkan pengetahuan sebagai dokter hewan. Saya berharap, artikel ini bisa membantu anda dalam memelihara hewan air eksotis. Saya tidak menyarankan anda untuk memelihara axolotl kecuali jika anda memang siap dengan resikonya. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

143 Responses to "Cara Memelihara Axolotl"

  1. CARI AXOLOTL DI TAHUN 2016? COBA SMS / WA SAYA AJA GAN DI 0817712233. MENJUAL AXOLOTL ALBINO, TIGER, DAN GOLDEN DENGAN HARGA TERJANGKAU PENGIRIMAN DARI BANDUNG DAN JAKARTA..SALAM KASKUS

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kasih list harganya, mas? nanti saya taruh di artikel khusus... :)

      Delete
  2. Dokter saya mau tanya, kalau axolotl jperutnya jadi kurus dan dia tidak mau makan gimana solusi nya ya ? apakah ada obat khusus ? terimakasih

    ReplyDelete
  3. jual baby axolotl wrn albino n black uk 3-4cm, 200rb/ekor. stok 30 ekor. 081809159858

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. ayo, ayo, dibeli axolotl-nya, hehehehe... :D

      Delete
  4. DOK MAU TANYA NIH Axolotl SAYA DI GIGIT HEWAN LAIN KAKINYA PUTUS DAN DIBAGIAN INSANG PUN RONTOK APAKAH BISA TUMBUH LAGI KEDUA ORGAN TUBUH TSB? TERIMAKASIH MOHON JAWABANNYA UNTUK HARAPAN SAYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut beberapa sumber yang pernah saya baca, kaki axolotl yang putus bisa tumbuh lagi, mas. termasuk bagian insangnya. :)

      Delete
  5. siang, mba fiirr.

    mba mau tanya , klo salamnder axo di gabung sama ikan plasma bisa g ya?

    soal nya g ada space buat nambah aquarium lagi..

    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya saya belum nyoba sih. tapi berdasarkan pengalaman, dulu pernah ada pelanggan saya yang nyatuin salamander dengan ikan plasma. dan aman2 aja. :)

      Delete
  6. siang Drh fira, mau nanya utk pelet kering apa bs dikasih ke axolotl? Kl bs, merk apa yang bs. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya kurang tau.
      tapi sepengetahuan saya sih, pellet kurang bagus buat axolotl. itu sepengetahuan saya. :)

      Delete
  7. siang mba fir,

    menurut mba, ciri-ciri salamander yang sakit itu gimana ya mba?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang.
      yang pasti dia gak mau makan, kadang malah berenangnya gak selincah dan aneh (miring-miring, mengambang vertikal, dll).... CMIIW...

      Delete
  8. siang mba firr,
    mau tanya tentang salamander axo,

    salamander ini termasuk hewan yang manja atau biasa saja si dok?

    punya saya kenapa pada saat makan bila saya di depan nya tidak mau di makan?
    justru saat saya suapi mengunakan pinset atau sumplit baru dia mendekati sumplit itu baru langsung makan.

    yang bikin saya ketawa dengan axo ini saat waktu makan bila saya masih mengawasi, dia bakal meniduri semacam buat santai mba heheh XD

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      iya, kadang ada axolotl yang emang gitu. mereka kadang 'caper' sama pemiliknya, hahaha. masing2 axolotl unik kok, dan ini jarang, karena hewan air biasanya gak seperti ini... :D

      Delete
    2. tp gpp dok klo tiap makan harus di suapin mulu??

      walau di taro cuma di lewatin aja ,

      bahkan saya iseng perhatikan dari jauh malah di buat main pk ekor nya

      Delete
    3. hahahahaha. iseng amat axolotlnya. :D
      umur axolotlnya berapa?
      lebih dari 3 bulan?

      kalo lebih, bisa mas puasakan dulu selama 30 menit. terus kasih makan dengan cara taro di akuariumnya, terus tinggalin.... diamkan 10 menit.. kalo gak di makan, angkat lagi makanannya, diamkan lagi 30 menit lagi, kasih lagi makanannya... diamkan 10 menit.... kalo gak dimakan juga, baru mas kasih dengan cara suapin lagi....

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. lupa brp buln g saya data soal nya , klo panjang nya 11cm , sgtu brp blum mba?

      hehehe,sudah di terapkn sesuai intruksi mba fir.,

      saya puasakn sehari malah dgn mknan free tebar, tp g di makan, pas aku dateng trus masukin sumplit ke aquarium baru mendekat trus lagi2 minta di suapin dok , hadeh ada2 aja hahahaha

      yang saya khawatir kan klo saya lgi tugas atau pergi keluar kota selama bbrp hari, takut nya sakit krna g mau mkn sendiri

      Delete
    6. kalau masnya lagi di rumah, coba aja lagi puasakan.
      biasanya kalo ukuran segitu sekitar 3 atau 4 bulan. CMIIW.

      mas tebar, gak dimakan. terus yang tebarannya mas sumpit, mas sodorin ke mulutnya, baru dia mau makan? :D
      hihihi, unik... :D

      Delete
    7. iya mba saya coba biar mandiri dia..,

      iya mba gtuuu,hehehe

      bahkan pernah sampe air nya kotor gara cacing nya di acak2 pk ekor nya..

      saya kan biasa ngasih cacing sutra mba
      nah sutra itu kan cacing nya mengumpal ya krna di acak2 sama dia air nya jadi keruh.

      otomatis harus di ganti , giliran cacing nya di sumpitin baru di makan,

      punya saya betina mba, maka nya manja..

      next saya mau cariin jantan nya kali aja berubah mandiri heheheh

      Delete
    8. tidak hanya axolot mba yg unik,

      saya punya 4 kura2 juga bgtu unik.
      yang sudah mengenal saya,

      jika saya pergi kuliah maka mereka semua masuk ke lorong atau gua buatan ,pas saya pulang padahal blm mampir ke mereka masih mundar mandir untuk menganti pakaian,

      mereka udh nungguin di dpn kaca aquarum dgn kepala naik, bahkan brazil saya sampe getok2 kaca aquarium supaya saya menghampiri mereka mba heheh

      Delete
    9. oh iya, betul. coba aja cariin pasangannya. karena kadang emang ada yang berubah watak setelah bertemu lawan jenisnya... :)

      Delete
  9. Dok, axolotl saya ukuran 4cm,skrg dia selalu mengambang diatas air. Itu kenapa, penyebabnya apa, dan bagaimana cara penyembuhannya ya dok? Terimakasih
    Ari, surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      pastikan oksigen di dalam airnya mencukupi. mas pake aerator nggak?

      Delete
  10. Mbak Dok, Axolotl ku, udah 2 hari kalo ambil udara bunyik 'ngikk..'. Trs td malem memuntahkan makanan yg udah didalem perutnya. Trs pagi ini dia renang posisi upsidedown, perutnya kembung kayak isi angin. What should I do? :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih masalah di kualitas airnya.....
      coba airnya jangan terlalu tinggi. cukup setinggi mata atau batas kepala axolotl-nya aja mas. sehingga dia gak terlentang gitu...
      pastikan juga air yang mas gunakan bebas bahan kimia. kayaknya sih gara-gara itu sakitnya.
      usahakan agar suhunya airnya tetap stabil.

      sejujurnya agak terlalu kompleks sih, banyak variabel yang harus saya cek. karena bisa jadi kesalahan di organ dalamnya. tapi untuk sementara, mas bisa cek airnya dulu. pastikan kualitas airnya bagus.

      Delete
  11. Terimakasih dok atas sarannya. Ini axolotl saya sudah 4 hari masih mengambang seperti itu, padahal air sudah dari awal saya kurangi hingga setinggi kepalanya saja dan airnya jg sudah selalu saya bersihkan.
    Adakah obat atau cara lain untuk menyembuhkannya? Ataukah ini masalahnya krn suhu?
    Terimakasih banyak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya mas yakin bebas bahan kimia?
      yang saya takutkan sebenernya ada masalah di organ dalamnya, bisa jadi ginjal atau semacamnya...

      Delete
    2. Air saya pakai air pdam dan sudah saya endapkan dok. Saya punya 2 axolotl dan saya piara di 1 aquarium yg sama. Yg 1 sehat tp yg satu mengapung ini dok. Kalau saya browsing2 ada yg bilang kalau itu krn masalah gelembung renangnya begitu dok. Yg saya masih bingungkan adalah bgmna cara menyembuhkannya, sudah 5 hari axolotl saya mengapung :( .. Terimakasih banyak dok.

      Delete
    3. hmm, bisa jadi juga sih masalah atau infeksi di swim bladdernya, tapi jujur saya agak kurang yakin. hmm, kalau emang udah 5 hari, mending mas bawa aja ke dokter hewan atau rumah sakit hewan terdekat, mas....

      hmm, mungkin nanti saya riset dulu...

      sekarang gimana keadaannya? terlalu banyak variabel yang harus dicek sebenernya... :(

      Delete
    4. Sekarang masih mengapung dok. Perutnya agak mengembung gtu.
      Tp untuk makannya alhamdulillah masih rakus dok.

      Delete
    5. udah berapa lama perutnya membesar gitu?
      apa udah ada sejak mas kirim pertanyaan pertama ke saya? kenapa baru bilang? :)

      coba makanannya lebih di variasikan lagi. jangan cuma kasih satu jenis makanan.

      untuk perutnya, kemungkinan ada udara di dalamnya. emang suka gitu. kalo mas bawa ke dokter hewan, nanti dia ngerti kok caranya memijat perut axolotlnya. TAPI ini cuma boleh dilakukan oleh dokter hewan berpengalaman, dan JANGAN mas lakukan sendiri....

      berarti dugaan saya 50% bener soal kualitas airnya... jaga kualitas air dan suhu airnya agar tetap hangat...

      Delete
  12. Iya dok terimakasih sarannya. Kemarin sudah sempat saya kasih lihat ke dokter hewan. Solusinya sama kyk dokter Fira, kualitas air dijaga dan suhu nya jg dijaga. Selain itu jg puasakan axolotl selama 1-2 hari. Dan setelah saya puasakan 1 hari skrg axolotl nya sudah berenang secara wajar, tdk mengambang lg. Terimakasih banyak dok saran2nya. Sangat membantu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah syukurlah.
      sekarang gimana mas keadaannya? :)

      maaf karena baru balas...

      Delete
    2. Alhamdulillah Sudah sehat dok axolotlnya. Sudah seminggu piara skrg sudah nambah 8 mm panjangnya. Awalnya 4 cm. 😁

      Delete
    3. Dok, axolotl saya kembali mengapung lg. Dan skrg kelihatan lebih parah, renangnya miring2 kanan kiri bahkan sampe terbalik kayak kapal oleng.
      Padahal baru saja 2 hari sehat.. :(

      Delete
    4. makanannya mas ganti ya?
      cek makanannya. juga suhu airnya. karena bisa jadi kejadian yang kemaren keulang lagi. kalau mau, treatment yang kemaren ulangi lagi.

      cek terus kualitas airnya, pastikan airnya bebas bahan kimia.

      bisa jadi 2 kemungkiann: air, atau dari makanannya, yang terlalu banyak gas...

      Delete
    5. Ah iya dok blm kepikiran tentang makanannya. Nanti saya coba ganti makanannya. Makasih dok sarannya. Kasihan dia renangnya ga beraturan.

      Delete
    6. kabari terus.
      cek kandungan gas di makanannya. :)

      Delete
    7. Alhamdulillah skrg membaik dok. Sudah ga ngapung lg. Sdh normal. Setelah dipiara 1 hari di dalam kulkas dgn suhu 14°c.

      Delete
    8. sip. kabari terus ya mas.
      dan maaf karena baru balas, saya baru pulang tadi malam setelah tugas.. :D

      Delete
  13. Permisi dok saya mau tnya nih
    Axolotl setiap hari ny aku kasi makan 1 ekor ikan gapi parit ukuran sedang tiap malam jam 12 ato jam 1 apakah cukup??
    Kmrn2 aku kasi makan cacing beku tp malah susah nyuapin ny soal ny terurai di air

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, bisa kok mas.
      ikan gapinya bener2 hasil nangkep dari parit? cukup pastikan ikan gappy-nya bersih. takutnya ya namanya juga hasil nangkep dari parit, kan, kita nggak tahu dia ada polusi atau nggak di airnya.
      tapi biasanya sih kalo ada ikan guppy di paritnya, relatif aman.. :)

      kabari lagi...

      Delete
    2. Selamat pagi dok saya mau tnya nih knp axolotl saya berenang ny di atas permukaan terus ya??
      Terima kasih

      Delete
    3. maksudnya diatas permukaan gimana ya mas? kayak ngambang gitu?
      kalau iya, cek kualitas airnya dan makanannya. apakah kualitas airnya bagus (gak mengandung bahan kimia), dan apakah makanannya mengandung banyak gas? mas biasa kasih makan apa?
      cek juga suhu airnya. pastikan airnya gak terlalu dingin

      Delete
    4. Ikan gapi dok biasa sih gapi parit yg aku beli dr toko ikan sehari aku kasi makan 1x aja axolotl ny...
      Klo air aku ketinggian ny 30cm dok apakah ketinggian y??
      Kualitas air ny sih masi jernih tp ud seminggu aku gak ganti soalny kukasih filter apakah harus di gnti dok?

      Delete
  14. Dok cara menstabilkan suhu air di 14-21° gimana ya?

    ReplyDelete
  15. Dok axolotl saya aneh gak mau diam, jalan trus keliling aquariumnya, trus makannya kuat dok itu knpa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dia makannya kuat, saya kira dia masih sehat. Malah bagus kalo dia aktif

      Delete
    2. Oh gitu ya dok saya kira sakit, makasih dok

      Delete
  16. dokter kalau suhu airnya 30 derajat gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, masih boleh sih.
      sekarang gimana keadaan axolotlnya, mas? :)

      sehat? mau makan? :)

      Delete
    2. sehat dok. makannya juga lumayan banyak. sehari brp kali dok makannya? ap harus sampe kenyang?

      Delete
    3. soal berapa kali pemberian makanan, udah ada di artikel di atas. :)

      iya, kasih sampe kenyang aja. :)

      cuaca lagi gak bagus, jaga agar suhu air tetep stabil dan kualitas air tetap bagus...

      Delete
  17. Dok mau tanya dong, tau harga axolotl yang terupdate gak? Terus nyarinya dimana? Mau beli susah banget gak nemu😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, jujur saya kurang tau mas.
      tapi coba mas tanya mas Alif Afra yang komen di atas.
      bisa juga cari di grup facebook...

      Delete
  18. Malem dok, axolotl saya terlihat cukup aneh dibanding axolotl pada umum nya,mata nya kecil tranparan/bening,insang nya juga pendek(tidak ada buku merah)apa yg menyebabkan Hal itu terjadi?Faktor genetik,usia atau pertumbuhan nya yg kurang baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas kirim gambarnya kemari? upload aja di postimage.org, linknya taro kemari.

      kalo menurut saya sih, mungkin itu jenis lain. spesies yang lain. kemungkinan faktor genetik, bisa aja sih. tapi menurut saya lebih ke jenis lain aja..... :)
      CMIIW...

      Delete
  19. Dok.. maaf menggangu.. mau tanya.. saya dikasih axotl sama sodara saya..tapi tanpa insang.. katanya dulu pas beli, sellernya bilang cacat lahir.. apa itu pengaruh ya ke kesehatannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanpa tentakel insang maksudnya?
      karena mustahil dia bisa hidup kalau tanpa insang. jadi saya kira, itu cuma tentakelnya aja yang gak ada. kalo insangnya, sebenernya udah ada.

      atau kemungkinan kedua, itu sebenernya ada tentakelnya, cuma belum tumbuh. umur axolotlnya berapa mas? :)

      maaf karena baru balas. kabari terus ya.

      Delete
  20. maaf teh mau tanya, kalau telur didalam perut axolotl induk betina berapa lama sang induk akan mengeluarkan telur2 itu di tubuh nya??terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh.
      maksudnya mas, saat dimana si betina mengeluarkan embrio axolotlnya gitu? karena axolotl gak bertelur, mas. mereka mengeluarkan embrio berbalut cairan pelindung.

      mungkin lengkapnya, nanti akan saya riset mengenai siklus hidup axolotl... tunggu aja artikelnya...

      Delete
  21. Axo saya udh hampir 1 bln gk mau mkn. Berbagai cara udh dijalankan, gmn yah? Walaupun disodorkan makanan di dpn mulutnya, tetep dia gk buka mulut. Kira2 knp yah?

    ReplyDelete
  22. mbak axolti bisa di tatuh di aquascape ngga ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak riskan sih mas.... takutnya obat2an dan pupuk dalam akuascape malah bikin axolotlnya sakit...

      jadi, tebakan saya, mending jangan....

      Delete
  23. Selamat malam kak, mau nanya tentang axolotl. Gimana ya cara menggabungkan 2 axolotl dalam satu tempat, apakah perbedaan ukuran mempengaruhi? Saya punya 2 kalau umurnya kurang tahu. Klo size-nya yang satu 12,5cm yang satunya lagi 11cm. Gimana ya kira kira.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bedanya gak terlalu jauh, coba aja satukan. biasanya aman2 aja. :)

      Delete
  24. Mau Tanya nih dok kalo axolotl bisa dicampur dengan ikan apa saja ya?
    Mohon dijawab ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski secara prinsip sebenernya lebih baik jangan disatuin, tapi mas bisa satuin sama ikan guppy. atau ikan mas kecil.

      Delete
  25. Saya punya axolotl albino 15cm rakus.. barangkali ada yg butuh bisa wa saya di 085795222274
    Cuma 1 ekor
    Cod bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. peringatan buat yang baca lapak andre agasi di atas: silakan baca post komentar atas nama Yulius Pareira dibawah...

      Delete
  26. Mulai jatuh cinta sama ginian,
    Oh iya dok, morph axolotl yg uda masuk indo apa aja ya?

    ReplyDelete
  27. Selamat malam mohon maaf mengganggu sya ingin menyampaikan informasi bahwa sya sudah di tipu oleh slaah satu pnjual salamander yg komen di atas dng no. Sbg berikut 085817680924 tdi siang saya coba wa no. Trsebut dan menyatakan menjual salamander saya memesan 1 ekor salamnder albino dngan harga 150 ribu begitu uang saya transfer tidak ada respon lanjutan dri no. Trsebut yang menyatakan barang akan dikirim via gojek tpi gk lama sya wa sdh gk aktif 2 jan 30 menit kemudian saya tlfon berkali kali cmn di angkat sekali dan blng "iya mas sebentar" dan stlh itu sya tlfon lgi gk diangkat malah dimatiin sya sdh lapor teman saya anggota BUSER untuk melacak sinyal terakhir no. Itu aktif minta doanya semoga cepat DITANGKAP spya tdk ada lagi yg tertipu !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana kasusnya, mas?
      udah saya kasih warning...

      moga cepet ketangkep dan kelar kasusnya ya...

      Delete
  28. Apakah boleh dipelihara satu akuarium dengan kura2 dada merah bu dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, saya sarankan mending jangan mas. jangan disatuin.

      Delete
  29. Saya mau tanya, axolotl saya bulu bulu insangnya kok makin lama makin habis ya ? Terus kadang berenang nya ke permukaan air terus ?
    Gimana solusinya ? Sama cara buat bulu bulu insangnya tumbuh lebat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek kandungan oksigen di dalam airnya mas. jadi mending pake aerator aja.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  30. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah axolotl butuh aerator?
    2. Apakah axolotl butuh sinar matahari (dijemur)?
    3. Berapa lama axolotl tahan tidak diberi makan?

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. sebaiknya iya.
      2. sebaiknya iya. tapi nggak lama-lama.
      3. sejujurnya, kalo berapa lamanya, saya kurang tahu pasti. tapi sepengetahuan saya, sekitar 6 jam.

      Delete
  31. Dok, mohon info dokter hewan yang bisa menangani axolotl di jakarta selatan. Saat ini axo saya 16cm, berenang miring dan terbalik mengapung, sudah hampir 1 bulan saya taruh di kulkas dan tidak membaik. Tidak mau makan dan tdk ada kotoran yg keluar. Di mulut dan kakinya ada selaput putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan pneumonia, mas. udah saya bahas di artikel "kura-kura yang berenangnya miring". secara prinsip sama sih...

      kenapa mas taro di kulkas? saran siapa?

      mas bisa bawa ke puskeswan di daerah ragunan. telepon aja dulu.

      Delete
  32. Dear dok, saya taro di kulkas info dari web caudata, ok...yang di ragunan ya, RS hewan...thanks Dok

    ReplyDelete
  33. Dok, saya bingung, axolotl saya seminggu tidak mau makan, dia selalu bersembunyi dalam pelindung (GOA) padahal saya sudaah beri cacing beku, tapi tidak mau dimakan, apakah axolotl saya sakit atau tidak suka dengan maakananya ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu banyak sebab. agak susah sebenernya.
      kualitas air gimana? kotor, barangkali?

      kalau mas kasih cacing hidup, dia mau?

      udah berapa lama gak makan?

      kalau mas tinggal (nggak diliatin), dia mau makan nggak///

      ada beberapa kecurigaan saya sih, diantaranya suhu air dan kualitas air. mas pake termometer air nggak?

      Delete
  34. Axolotl saya kok perutnya gede bgt yah, kayak kembung. Dia gk mau mkn juga. Kira2 knp yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa?
      ada kemungkinan karena makanannya kalo gede kayak gitu.

      udah berapa lama nggak mau makan?

      Delete
    2. Makanannya cacing beku seperti biasa kok. Dan di dlm aquarium tdk ada batu2 kerikil. Ini udh gk mkn kira2 hampir 2 minggu.

      Delete
    3. ada kemungkinan overfeeding? kebanyakan makan?
      jujur, agak mengkhawatirkan sih.
      dan sayangnya, saya tidak melihat axolotl-nya langsung. kalau saya tangani langsung, ada beberapa langkah yang bisa saya coba.... diantaranya mungkin fridging, yaitu menempatkan axolotl di air bersuhu antara 5 hingga 8 celcius (tidak boleh dibawah 5, dan tidak boleh diatas 8) selama beberapa hari hingga sistem cernanya baik lagi.... biasanya saya lakukan di lemari es dengan suhu yang terukur dan tetap...ini semacam tombol reset jika axolotl dalam keadaan sakit....

      Tapi jangan asal. fridging hanya dilakukan oleh mereka yang berpengalaman dalam memelihara axolotl. mungkin nanti akan saya buat artikel lengkapnya...

      mas nggak ada kenalan yang mungkin lebih ngerti?

      oh ya, feses axolotl-nya warna apa? putih dan berbentuk kayak mie nggak?

      Delete
  35. Kmrn ini saya sempat masukkan ke lemari es dgn suhu 6 celcius, tapi setelah kira2 4 jam kok dia malah terbalik ngambang. Saya pindahkan lg ke ember, saya ksh aerator. Mulai segar lg. Dan udh 2 hr ini tidak ada fesesnya. Biasanya warna coklat gitu.

    Kalo dibilang overfeeding kyknya sih engga deh, dia cuma mkn 1x sehari biasanya. Kalo dulu wkt kcl, bs mkn malah 2x dalam sehari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo fridging, harus sampe kluar fesesnya, mas...

      saya cuma bisa nebak-nebak aja sih dari sini. yang pasti, ada hubungannya sama makanan. pernah lupa ngeluarin makanan yang gak kemakan sama dia?

      cek juga kualitas airnya....

      mas lokasi dimana? mungkin bisa saya rekomen ke temen yang ada di sana...

      Delete
  36. Saya lokasi di sunter, boleh dong kalo ada kenalan yg deket sini. Tq...��

    ReplyDelete
    Replies
    1. sunter, jakarta barat?
      kayaknya banyak yang pelihara axolotl di sana mas. coba aja gabung ke grup di facebook.....

      Delete
  37. Udh saya coba fridging 3 hr, tapi gk ada keluar feses sedikitpun. Diksh mkn pun tetap gak mau.

    Grup di fb yg mana yah? Sudah hampir putus asa nih saya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah juga sebenernya, karena saya nggak liat axolotl-nya langsung.... kalo mas aja putus asa, apalagi saya yang gak liat langsung, hehehe....

      fesesnya warna apa, mas? kalo putih, kemungkinan bakteri. sebenernya sih saya pengen nyaranin kasih obat pencahar, tapi mending mas konsul aja ke dokter hewan, mas... :(

      Delete
  38. Hehehe....iya nih dok putus asa.

    Fesesnya saya gk tau, kan dia udh gk mkn lg dan gk keluarin feses apapun.

    Dokter hewan dimana yah? Lokasi saya di jakarta utara, kmrn saya tanya ke klinik hewan drh cucu, disana gk ada yg untuk axolotl. Saya coba ke rs hewan jakarta, katanya gk ada juga. Boleh dibantu dokter hewan yg bisa menangani axolotl? Tq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin akan lebih baik jika mas gabung ke grup axoparadise, mas. https://www.facebook.com/Axoparadise/

      Delete
  39. Dok, boleh tau obat pencahar nya namanya apa yah? Tq...

    ReplyDelete
    Replies
    1. obat pencahar sirup buat bayi.
      tapi mending dengan rekomendasi dan dosis dari dokter aja mas...

      Delete
  40. ukuran aquarium yang pas buat axolotl berapa dok,mau pelihara nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukurannya? kalo ukurannya, sebenernya yang memungkinkan axolotl-nya untuk bebas bergerak, tapi juga gak terlalu besar biar suhu airnya bisa terjaga....

      Delete
  41. Dok axolotl sy setiap kira2 10 detik kibasin insang nya kebelakang itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya emangnya begitu, mbak? kan emang wajar kayak begitu....

      Delete
  42. Axo saya tidak mau makan. Ini sudah 1 minggu. Fesesnya warnanya hijau. Gerakannya juga semakin lemas. Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah makan kayaknya mas...
      mas kasih makan apa? jaga kebersihandan suhu airnya juga

      Delete
    2. Biasanya saya kasih ikan kecil. Terus kalau masalahnya salah makan digantikah makanannya

      Delete
  43. Perlukah saya ganti makanannya. Saran makanannya apa dok. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas biasanya kasih makan apa? pastikan makanan yang gak kemakan mas buang dari akuariumnya. jangan didiemin di akuarium. kayaknya sih gara2 itu, mas....

      Delete
    2. Biasanya saya kasih ikan kecil. Kalau sudah seperti itu treatmentnya gmana dok?

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas.
      sekarang gimana keadaan axolotl-nya mas?

      setelah makanan sisanya dibuang dari akuariumnya gimana?

      Delete
    4. Sekarang sepertinya agak mendingan. Kmaren ngambang miring2. Saya taruh coolbox. Tapi makannya masih susah.skrng sy ksh mkn cacing drh sgr.

      Delete
  44. Jd skrng ini dia sy trh d cool box dg es batu (anak kos) gk punya kulkas. Jd mirip fridging gtu. Suhunya jg sy seting tdk terlalu dingin. Makanan cacing darah segar. Air jg sering kali sy ganti.tpi spertinya msih blm mau makan. Soalnya cacingnya spertinya masih tetp tdk berkurang. Apakah cara saya ada yg salah dok?

    ReplyDelete
  45. Maaf ya dok saya agak banyak tanya. Soalnya ini axo pertama saya. Pingin dr sma sampai sekarang mau lulus kuliah baru bisa k beli. Dia udh sm sy 3 bulan. Dan skrng sakit. Hiks. Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya ngertii kok... :)
      masalahnya, axolotl cenderung susah buat pemula, mas...
      dan mahal juga. mas beli berapa? :)

      satu lagi: jarang ada dokter hewan yang berani handling axolotl.

      sayangnya, saya nggak bisa liat langsung axolotl-nya...

      terlalu banyak kemungkianan. kalo berenangnya miring2, saya takut dia kena pneumonia sih... :(

      mending coba aja bawa ke dokter hewan aja mas...

      Delete
    2. belinya 200 dok.
      sekarang sudah gak miring2 lagi dok, setelah saya taruh coolbox.
      tinggal masalah makannya sekarang dok. masih susah makan. apa suhunya saya normalkan lagi saja

      Delete
    3. kemarenb di coolbox berapa hari?
      coba normalkan lagi dan beri makan...

      Delete
  46. Alhamdulillah dok axolotl saya sudah sehat dok.
    Saya mau nanya dok. Rambut insang pd axolt bs tumbuh gak dok? Axo sy kok insangnya tdk ada rumbai2nya. Dulu sblm sakit ada dikit. Tpi sekarang habis dok. Apa karena gen apa bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdullah! saya ikut senang! :D
      nanti biasanya akan tumbuh lagi kok...

      Delete
  47. Maaaf mau tanya apakah benar untuk axolotl membutuhkan suhu sekitar dibawah 66 derajat tapi harga pendingin kan mahal dan yang murah berisik gimana terus caranya gimana ya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. suhu 66 derajat celcius terlalu tinggi buat axolotl, mas. bahkan buat manusia juga, suhu segitu panas banget. apalagi buat axolotl.

      mungkin maksud mas adalah 66 derajat fahrenheit ya? kalau iya, bener juga sih. karena suhu air yang ideal buat axolotl adalah berkisar 50 s/d 68 fahrenheit, setara dengan 10 hingga 20 derajat celcius.

      dan mas bener, emang agak risky buat pelihara axolotl di kota yang cuacanya panas, tanpa ada water cooler. kalo om saya dulu naro akuariumnya di ruangan ber-AC, mas. :)

      Delete
  48. dok, axolotl saya perutnya membesar, saya cukup binggung juga dalam membedakan gendernya, dan berapa lama axolotl mengandung sebelum mengeluarkan embrio tersebut, dana apakah tanpa media tumbuhan axolotl ttp akan mengeluarkan embrionya?

    ReplyDelete
  49. salah satu yang membuat saya binggung adalah, ciri-ciri axolotl jantan adalah memiliki benjolak di belakang kaki, berbadan lebih kecil daripada betina, dan badannya lebih ramping dan tidak bulat

    axolotl yang saya miliki, terdapat sprti benjolan, tetapi badannya lbh besar dan bulat (diatas yang saya blg perutnya membesar) tetapi sebelum perutnya membesar badannya memang sudah lebih bulat daripada axolotl saya satunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena saya baru balas.

      mas yakin dia sedang hamil? apakah emang dia pernah mas kawinkan?

      saya sendiri sebenernya agak susah untuk mendeteksi apakah dia benar2 hamil ataukah emang sedang sakit. selama ini mas kasih makan apa?

      lebih bagus sih kasih media tumbuhan kayak rumput air gitu, mas. biar dia bisa naro telurnya di situ.

      coba cek nafsu makannya gimana. karena cara termudah untuk tahu axolotl sedang sakit atau tidak ya dari nafsu makannya. kalau axolotl sakit biasanya nggak mau makan.

      Delete
  50. Untuk makannya sih tidak apa2 , makanam yg sy berikan adalah cacing beku , saya sendiri meletakkan 2 axolotl saya di 1 akuarium yg sama, jadi saya pikir dgn berubahnya bentuk badannya, hal tersebut merupakan kehamilan, tapi sampai skrg telur belum kluar dan utk medianya sy sudah kasi tanaman kurang lebih 2 hari

    ReplyDelete
  51. Saya rasa axolotl tidak mau makan trnyata dok, penanganannya harus bagaimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara pisahkan aja mas.
      dan airnya dikurangi. agar suhu airnya stabil. saya kira dia gak mau makan karena suhu airnya gak stabil.

      sekarang gimana kondisinya? maafkan saya karena baru balas..... kabari terus

      Delete
  52. Saya baru punya musang usia 4 bln.. tp baru 3 hari udh jinak kar3na sering bgt di ajak interaksi..

    klo musang usia 4 bln tiap malem di free room di kamar bagus ngga mba.. soalnya saya dnger dr temen klo sering free room susah bonding.. udh gitu klo di gendong ga anteng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. salah. malah bagus, kalau di freeroom dia makin kenal sama penghuni lain selain masternya.

      bagusnya emag seluruh penghuni rumah sering ajak main musangnya... :)

      Delete
  53. Malam Drh.Fira kalau Axolotl hidup dimana ya?
    Di air laut??????
    Atau di air tawar?????

    ReplyDelete
  54. Maaf mau nanya & cari solusi min ,axolotl saya rambut di insangnya gaada ,gimana caranya biar tumbuh lagi?

    ReplyDelete
  55. Dok axolot saya tidak mau makan, dan sekarang badannya jadi kurus, apa penyebabnya, dan bagaimana biar mau makan lagi?

    ReplyDelete
  56. Axolotl saya tidak mau makan udah 3hari.. Mohon bantuannya.. Saya benar2 bingung harus gimana dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.