Cara Mengobati Musang Yang Luka | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya,

mengobati musang yang terluka

karena berbagai sebab mudah saja dilakukan. Namun ada beberapa pantangan yang harus dijalankan baik dari tempat maupun makanan agar musang yang luka bisa cepat sembuh. Artikel cara agar musang yang luka bisa cepat sembuh ini ditujukan kepada para owner musang baik yang sudah berpengalaman maupun yang belum berpengalaman. Artikel lain yang berkaitan dengan artikel ini adalah cara mengobati musang yang ekornya putus dan artikel cara memelihara musang bulan.
Cara Mengobati Musang Yang Luka
Image taken from kaskus.co.id
Cara mudah mengobati musang luka adalah sebagai berikut:


  1. Perawatan luka pada musang.
  2. Luka pada musang sebaiknya sering-sering dibersihkan, terutama jika luka masih berdarah. Bersihkan luka pada musang dengan menggunakan air campur cairan antiseptik dettol, kemudian keringkan. Setelah kering, anda bisa mengoleskan kapas yang dibasahi obat luka betadine. Biarkan lagi hingga kering. Perawatan luka ini cukup dilakukan sekali saja, yaitu saat luka masih baru (masih berdarah).
  3. Pemberian makanan pada musang yang terluka.
  4. Poin kedua ini bisa dikatakan lebih penting daripada poin pertama dalam mengobati musang yang luka. Pemberian pakan yang tepat bisa mempercepat sembuhnya luka pada tubuh musang. Pakan yang tepat untuk musang yang sedang dalam masa penyembuhan luka adalah buah-buahan. Saya sendiri lebih menyarankan memberikan pepaya matang dan pisang kepada musang yang sedang terluka. Hindari pemberian makanan berprotein seperti daging-dagingan dan serangga untuk musang yang sedang terluka.
  5. Kebersihan kandang.
  6. Kebersihan kandang adalah faktor yang tak kalah pentingnya dalam mengobati musang yang sedang terluka. Sebaiknya, jaga agar kandang musang yang sedang masa penyembuhan luka selalu dalam keadaan bersih. Kondisi kandang yang kotor bisa membuat infeksi pada luka musang.
  7. Obat untuk musang yang sedang terluka.
  8. Pemberian obat untuk musang yang sedang terluka bisa dilakukan jika luka pada tubuh musang sangat besar. Artinya, jika hanya luka kecil saja, anda tidak perlu mmeberikan obat luka untuk musang. Cukup lakukan poin 1-3 di atas. Untuk musang dengan luka yang besar, selain melakukan poin-poin sebelumnya, anda juga disarankan untuk memberikan obat kepada musang. Jenis obat yang bisa diberikan kepada musang yang sedang terluka adalah amoxicillin dengan dosis 1mg/kg berat badan musang. Jadi, bila berat badan musang adalah 3kg, maka cukup diberikan amoxicillin sebanyak 3mg saja. Jadi, sebaiknya anda menakar amoxicillin tablet sesuai dengan berat badan musang terlebih dahulu sebelum memberikan amoxicillin kepada musang yang luka dengan cara diselipkan di dalam potongan buah yang akan dimakan musang.
Demikian adalah

cara mengobati musang yang sedang terluka

. Semoga artikel diatas bisa membantu para pecinta musang dalam merawat musang peliharaannya. Terima kasih. (FS)

125 Responses to "Cara Mengobati Musang Yang Luka"

  1. Dok, musang saya luka sobek dalem banget di belakang paha, saya sudah bawa ke dokter, dikasih resep bioplacenta, dan dikasih semacam corong buat kepalanya biar dia gak jilatin lukanya, tapi walopun make corong itu, dy masi bisa jilatin lukanya dok, gimana ya caranya biar dia g jilatin lukanya lagi? Soalnya katanya nanti tambah gak sembuh2,

    Mohon sarannya dok, makasih banyak ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih dijilatin juga gak apa2 ASALKAN:
      1. makanan musang yang luka sebaiknya hanya buah, jangan dikasih protein karena akan membuat bakteri lebih cepat berkembang di mulutnya. kalau mulut yang ada bakterinya ini menjilati luka, malah jadinya infeksi. lagipula, protein membuat luka tetep basah. kalau makan buah aja, luka cepet kering dan mulut lebih sedikit bakterinya...
      2. dikasih antibiotik gak ama dokternya? kalau dikasih, minumkan aja... :)

      saya tunggu kabarnya. jangan lupa share ke facebook ya mas.. :)

      Delete
  2. Makasih atas infonya ya Dok,

    untuk antibiotik, gak dikasih apa-apa dok,
    cuma disuntik antibiotik pas pertama kali ke dokter itu aja,
    sampai sekarang, enggak dikasih apa-apa lagi, cuma bioplacenta itu,

    dibelikan antibiotik apa ya dok?
    cara ngasiinnya gimana ya dok?
    Mohon Info..

    Makasih Dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh disuntik antibiotik. kalau emang udah disuntik antibiotik, observasi aja dlu selama 2 hingga 3 minggu sambil lakukan trik yang saya kasih di atas. itu aja dlu... :)

      Delete
    2. Musang sy usia 2thn galak dok,wajahnya luka memar karna berantem sm betina kira" cara pengobatan bagaimana ya.. Soalnya ga bisa di pegang dok. Terimakasih

      Delete
    3. yang paling penting adalah memisahkan kedua musang dulu. jangan disatuin kalau mereka saling serang.

      itu aja dulu. setelah dipisahkan, observasi selama 1 atau 2minggu.... :)

      Delete
  3. Makasih dok sarannya,

    Dok, ini kan luka musang saya belum kering-kering, tapi badannya sudah bau dok,
    Biasanya, seminggu sekali - dua kali dia disemprot air yang sudah dikasih carian detol.
    Apakah boleh dilakukan dok?
    Takutnya cairan nya kena lukanya nanti perih dok,
    Jadi bagaiman dok?

    Terima kasih sebelumnya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya udah dipastikan bebas protein?
      kalau udah bebas protein, harusnya cepat kering. jangan dikasih makanan mengandung protein dulu...

      sementara lukanya belum kering mending gak usah dimandikan aja mas/mbak.. lap aja pakai handung yang dibasahi air hangat + dettol antiseptik.. :)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Dok apakah luka pada wajah musang, nantinya kalau sudah sembuh bisa tumbuh lagi dok?
    Soalnya musang saya pas saya mau jodohin malah saling cakar n gigit dok,, akibatnya luka pada wajah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bulunya?
      bisa, mas. bisa tumbuh lagi kok.. :)

      Delete
  6. Dok apakah luka pada wajah musang, nantinya kalau sudah sembuh bisa tumbuh lagi dok?
    Soalnya musang saya pas saya mau jodohin malah saling cakar n gigit dok,, akibatnya luka pada wajah..

    ReplyDelete
  7. Dok Cara mengatasi luka pada hidung musang gimna ? Garagra pilek di usek usek dngan tangannya jdi luka di hidungnya di bagian liar ,to long saranya dok,terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending fokus mengobati pileknya dlu mas. coba baca artikel saya cara mengobati pilek pada musang.

      kalau lukanya sendiri, bisa mas basahin cottonbud, terus mas totol2 ajaa ke hidungnya...

      Delete
  8. siang dok ?

    Mohon bantuannya dok, musang saya ada luka dibagian kening karena sering nyundul kandang besi. Membuat bagian keningnya berdarah cukuplebar (bulu terkelupas/rontok).

    Sementara ini saya obati dengan Betadine, dan kondisi lukanya sudah mulai mengering.

    Yang saya tanyakan, apakah perlu luka tersebut saya tutupi dengan plaster untuk menghindari luka lagi, krn saat saya taruh dalam kandang si musang masih sering nyundul2 kandang. Kondisi saat ini saya freeroom.

    Dan apakah bulu pada kening tersebut dapat tumbuh kembali atau menjadi pitak (hehehe).

    Terima kasih doc, ditunggu balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, mas eza...
      sebenernya udah cukup sih pakai betadine. dari segi pakan, mungkin mas bisa kasih buah aja, jangan kasih makanan mengandung protein biar lukanya cepet sembuh.

      untuk penggunaan plester penutup luka sebenernya agak kurang efektif juga, mas. karena dah pasti plesternya gak bisa nempel dengan sempurna karena cuma nempel di bulu. pun misalnya plesternya bisa nempel, saya khawatirnya dia garuk2 terus kemakan.

      kalau mas freeroom dlu selama beberapa minggu gimana? bisa nggak? atau gunakan kandang lain yang jerujinya lebih kecil. biar aman.

      pitak akibat bekas luka nyundur kandang pada musang masih bisa tumbuh. coba aja olesin minyak kemiri khusus musang. ada kok artikelnya di blog ini. tinggal pesan aja... :)

      Delete
  9. Dok saya baru beli paksa musang dari org yg ga bisa urus musang. Nah ternyata sii di tenggorokan musang kaya ada luka gitu. Soalnya ada darah. Setiap sii musang minum pasti dia muntah. Dia pun ga mau makan sama sekali. Akhir.a saya bantu spet. Kira kira penanganan tepatnya gmna ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... sekarang gimana keadaannya, mas?

      mending mas kasih ramuan kesehatan musang dan kasih makan bubur bayi promina aja untuk beberapa minggu ke depan. jangan kasih makan yang keras2....
      nanti sore abis ashar saya online. kita chat aja, nanti saya kasih tau obatnya...

      Delete
  10. Dok saya baru beli paksa musang dari org yg ga bisa urus musang. Nah ternyata sii di tenggorokan musang kaya ada luka gitu. Soalnya ada darah. Setiap sii musang minum pasti dia muntah. Dia pun ga mau makan sama sekali. Akhir.a saya bantu spet. Kira kira penanganan tepatnya gmna ya dok?

    ReplyDelete
  11. Syukur dok. Skrg musang.a sudah sehat lagi. Skrg udah lahap lg makan.a. berkat bantuan dokter hewan

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah kalau musangnya sudah sehat lagi, mas... saya ikut senang... ditunggu kabarnya ya... maaf baru balas karena saya sibuk sekali kemaren2... :)

      Delete
  12. dok musang saya kakinya bernanah gra" kna kawat dan kyaknya infeksi jd bengkak gtu gmna cara nyembuhinnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seberapa parah? kalau udah parah banget, mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin, mas. biar dikasih antibiotik.

      secepatnya. saya takut infeksinya udah terlalu parah.... :(

      Delete
  13. selamat sore dokter,
    musang saya baru saja mengalami luka robek yang sangat dalam di bagian perut, penyebabnya belum diketahui entah itu krna luka gigotan atau memnag dari badannya yang gemuk (obesitas) , tadi sudah di jait lukanya,
    itu bagaimna ya dok,,
    lukanya saya biarkan terbuka apa saya tutup dengan perban,
    lalu asupannya yang baik seperti apa? aoa hanya buah"an saja atw seperti apa?
    lalu untuk membersihkan jaitannya bagaimna? menggunakan rivanol apa dibiarkan saja ya dok?

    terima kasih

    salam dari musang lovers

    ReplyDelete
  14. selamat sore dokter,
    musang saya baru saja mengalami luka robek yang sangat dalam di bagian perut, penyebabnya belum diketahui entah itu krna luka gigotan atau memnag dari badannya yang gemuk (obesitas) , tadi sudah di jait lukanya,
    itu bagaimna ya dok,,
    lukanya saya biarkan terbuka apa saya tutup dengan perban,
    lalu asupannya yang baik seperti apa? aoa hanya buah"an saja atw seperti apa?
    lalu untuk membersihkan jaitannya bagaimna? menggunakan rivanol apa dibiarkan saja ya dok?

    terima kasih

    salam dari musang lovers

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, untuk makanannya, kasih buah2an aja.
      dijahitnya sama dokter hewan kan? gak dikasih antibiotik sama dokter hewannya? saya tunggu jawaban atas pertanyaan ini...


      bisa dibalut dengan perban. yang terpenting sebenernya makanannya. cukup kasih makan buah2an aja...

      kabari lagi

      Delete
    2. iya dok di jahit di dokter hewan, buah"an saja ya dok kalau telur dok? kalau daging itu dikurangi dlu apa tidak usah sama sekali ya hehe, apa boleh luka jaitannya diveri gelatin violet untuk mempercepat keringnya luka. engga dok ga dikasih anti biotiknya tapi disuntikan langsung kmarin , nanti hari senin dokternya minta di bawa lagi..
      terima kasih dokter

      Delete
    3. jangan telur. pokoknya cukup buah2an aja.
      no protein dulu.
      jangan dikasih makanan lain selain buah-buahan...

      dikasih gelatin violet boleh aja. asal tetep turuti kata saya: jangan dikasih makanan lain selain buah-buahan.

      maaf karena baru balas. :)

      Delete
  15. iya baik dok, kmarin saya beri telur rebus, karena dia ga mau mkan sama sekali buah"an juga engga masuk dok saya khawatir dia malah kena distemp kalau perutnya kosong berhari"
    saya ga jadi pake gelatin violet tapi pakai kepala kunyit yang di bebek dengan daun"an obat soalnya luka jaitannya terbuka lagi..
    tapi lukanya tidak terlalu parah seperti kemarin lubangnya mulai menutup tinga luka pada kulit dan beberapa cm lagi dagingnya masih terbuka
    terima kasih ya dok atas sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana lukanya?
      saran saya tetep sama: jangan dikasih protein, dan cukup kasih makan buah aja. kalau dia gak mau makan buah, disepet aja.

      Delete
  16. lukanya mulai mengering tapi mkannya sudah mulai lahap lagi,,
    musang saya aga takut kalau sepetan .. walau lukanya mengaga tapi masih aktif pergerakannya.
    lukanya mengering tapi kaki'nya jail dok jadi digaruk lukanya jadi basah terus,, jadi saya tutup lagi menggunakn perban..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa kirim gambar lukanya ke sini? upload aja ke postimage.org, terus linknya taro di sini.
      iya, mending tutup aja dulu pake perban. sehari sekali atau dua hari sekali ganti perbannya.

      saya seneng denger kabarnya. kabari terus... :)

      Delete
  17. ini dok gambar lukanya..
    https://postimg.org/image/d6oxn3le9/
    https://postimg.org/image/8xm5wojo9/

    ini setelah dijahit
    https://postimg.org/image/sad17fsch/

    tapi saya belum punya foto yang lukanya mengering..

    iya saya masih tutup pakai perban
    apa krna terlalu gemuk ya dok
    padahal dari awal saya pelihara saya ga niat bikin musang saya gemuk

    beberapa bulan yang lalu dibuat diet tapi saat sudah turun beberapa kg sya tinggal kerja pas pulang bobotnya naik lagi -_-"
    tips diet hewaan obes dong dok..
    tapi emang musang saya yang ini kalau di free room lebih suka guling" dikasur
    https://postimg.org/image/70kq7ysk9/
    terima kasih dok sudah menyempatkan waktu untuk saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sepertinya emang kelebihan protein aja. bisa jadi sih. yang saya takutkan sebenernya dia kena diabet, tapi semoga aja nggak... :)

      mending diet buah aja. maksudnya, kasih makanan buah2an aja. kayak pepaya, pisang. lainnya, gak usah dikasih dulu. :)

      kasih kabar terus... :)

      Delete
  18. bnyak teman saya juga yang bilang kalau mungkin diabetes tapi orang tua saya bilang kmarin engga ada apa" baik" ajah tapi pas pagi bnyak luka katanya diggit apa gtu dok
    memang sih dok musang saya selalu suka nasi dan telur di mix ayam kalau sehari ga mkan nasi dikandangnya berisik
    pola mkannya pagi iasanya saya kasih jus mangga atw bur sun atw jus pepaya
    siangnya dikasih pisang kadang buah"an yang ada
    malem saya kasih nasi telur atw nasi mix ayam
    terus dok musang saya senang sekali dengan kerupuk apalagi rengginang itu bagaimna ya dok -__-" hampir jadi pemakan segala itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, ya udah kasih aja yang dia mau. emang pemakan segalanya kalo musang.
      iya, itu kebanyakan protein. agak kurang banyak gerak juga mungkin, jadi lemaknya numpuk. emang gendut sih musangnya, hihihihi... :D

      Delete
  19. Hallo dok
    Saya mau nanya nih dok jd musang saya dibagian dalam telinganya itu luka jd kaya ngelupas kulitnya tp ga lebar sih dok lukanya nah dia itu susah makan dok biasanya susu dia abis buah juga abis skrg dikasih susu dilirik aja engga dok @-) buah juga dimakan tp dikit banget tp dikasih coklat sama yakult dimakan dok. Itu gmn ya dok cara mengobatinya dok sedih sok biasanya diajak jalanjalan dijelalatan mulu tp skrg diem banget ;(
    Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. jangan dikasih makan makananan mengandung protein dulu. pokoknya jangan dikasih makanan selain buah2an. biar lukanya cepet kering.
      2. sayangnya mas gak ngasih tau umur musangnya berapa. agak susah ngasih obatnya kalo gak tahu umur dan berat musangnya. tapi ntar coba mas beli amoxicillin di apotik, satu tablet mas potong jadi 5 bagian sama besar. satu bagian mas ambil, tumbuk sampe bener2 halus, kasih 5 sendok makan air mineral, terus minumkan ke musangnya.
      3. jangan dikasih susu..

      sementara itu aja dulu. lakukan ya mas.

      Delete
    2. Untuk umurnya 7-8bulann klo ga salah hehee
      Oke terima kasih banyak dok sangat membantu

      Delete
  20. selamat siang dok, musang saya sudah sehat kembali,
    lukanya tertutup rapih dan sudah tumbuh bulu lagi..
    tapi masih genduut hehehe
    https://postimg.org/image/d5sex4czr/
    salam dari igo ya bu dokter..
    terima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      saya baru pulang dari trugas keluar kota...

      alhamdulillah, saya ikut senang dengernya... :D

      fesesnya normal?

      kabari terus

      Delete
  21. fesesnya normal dok, makannya lahap. alhamdulillah cuman yang betinanya ga hamil" ya dok..
    mungkin igonya kegendutan kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ngaruh, mas. mungkin emang yang jantannya belum birahi?
      coba aja pisahin dulu selama 2 minggu, kemudian coba satukan lagi...

      Delete
  22. Dok musang saya baby usia 3minggu
    Lukanya dikepala tepatnya daun telinganya habis dimakan indukan jantan jadi keliatan kulit tengkoraknya, perlu dikasih amoxcilin kah atau apa? Ini saya kasih salep sementara...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasian....
      jangan dikasih makanan selain buah-buahan yang dihaluskan ya mas. kasih pepaya atau pisang yang dihaluskan.
      bisa kasih amoxicillin.
      jangan dikasih salep.
      lukanya kasih betadine.... :)

      bisa mas kirim gambarnya kemari?

      Delete
  23. Dok, musang saya tidak terluka apa2 tapi bulu pada pergelangan kaki depannya pitak, kira2 kenapa y?
    Dia jarang menggaruk badannya, tapi sering menjilat2 tubuhnya.
    Kira2 bagaimana penanganannya ya?
    Trims sblmnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis musangnya apa? musang rase?
      dia suka gigit2 atau garuk2 badannya?

      Delete
    2. Musangnya pandan. Umur 1.5 thn. Betina.
      Dy jarang garuk2 badan.
      Tapi punya kebiasaan menjilati kaki depannya dan saya pikir itu wajar.
      Pada bagian yang pitak tidak terdapat darah/nanah/koreng/kerak. Hanya bulunya saja rontok.

      Delete
    3. Berikut saya cantumkan link fotonya ya..

      https://postimg.org/image/3mi8ki32h/

      Trims sblmnya dok..

      Delete
    4. gak ada bintik2 di bagian bulunya yang rontok?

      saya liat sih itu bukan masalah, cuma bulunya aja yang pitak. tapi mending cek dulu di sekitaran bulu yang rontok itu, ada bintik2 gitu nggak....

      mungkin mas bisa mandikan musangnya pake air hangat campur dettol antiseptik (yang cairannya kayak teh)... abis dimandikan, keringkan bulunya dengan cara dilap dan dijenur....

      Delete
  24. Dok kemarin musang sayang jatuh dari ketinggian 50cm trus habis itu terlihat pincang.. bagaimana ya dok cara mengobatinya.? Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kakinya yang pincang mas angkat pelan atau mas tekan, dia kesakitan nggak?

      kalau iya, mas bisa oles minyak urut di bagian yang sakit.

      Delete
  25. Dok musang saya kulitnya luka dan kadang jadi suka disemutin dibagian luka nya bagaimana ya?? Saya kasih minyak tawon dibagian lukanya malah dia jilatin apa gak bahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih minyak tawon. kasih betadine aja.
      dan jangan sampe disemutin ya.... sering2 disebrsihkan aja, mbak....

      Delete
  26. Permisi dok aku mau tanya musang aku umur 10bulanan kuku nya luka dok sampe berdarah banyak, udah aku obatin pake betadine dok tapi dia masih lemes dan nafsu makan nya kurang dok, mohon bantuan nya dok aku harus gimana aku sedih ngeliat nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih makanan apapun selain buah. pokoknya semuanya stop, kasih buah aja. pepaya atau pisang aja. biar lukanya cepet kering...

      dan coba baca artikel DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN.... kasih obat itu untuk musangnya....

      jaga kebersihan kandangnya...

      lakukan selama seminggu full ya mbak. kabari terus.

      Delete
    2. Iyaa dok aku Kasih pisang aja tapi di makan sedikit, kalo untuk luka nya tetep aku Kasih betadine terus gak dok sampe lukanya kering?

      Delete
    3. iya, kasih betadine aja.
      dan makananya tetep kasih buah untuk sementara.

      jangan lupa kasih amoxicillin ya mbak... :)

      Delete
    4. Dok gimana yaa musang aku berdarah banyak lg soalnya kuku nya copot sampe dagingnya dok apalagi sama dianya suka di gigitin kalo ngerasa sakit jadi berdarah terus dok gak kering2, aku jadi khawatir bgt dok

      Delete
    5. mending segera bawa ke dokter hewan aja mbak, minta dosis penghilang rasa sakit dan antibiotik buat musangnya. boleh minta perban juga sama dokter, dan minta 'corong leher' biar musangnya gak gigit2 lukanya....

      buat makanan musangnya, kasih makan buah aja buat sementara, biar lukanya cepet kering....

      Delete
    6. Dok kalo untuk pemberian amoxicilin nya di Kasih sampe kapan yaa? Sampe lukanya kering apa sekali dua kali aja dok? Takut ada efek sampingnya gitu gak dok

      Delete
    7. Kira2 mahal gak ya dok kalo di bawa ke dokter hewan?

      Delete
    8. nggak mahal kok.
      sampe lukanya kering.

      biar lukanya cepet kering, kasih buah aja sebagai makanannya. pokoknya makanan yang mengandung protein dihentikan dulu, cukup kasih buah aja.

      Delete
    9. Iyaa dok aku lg Kasih pisang aja, terimakasih banyak ya dok untuk info nya

      Delete
    10. Alhamdulillah dok skrg lukanya udah kering, tapi kalo untuk kuku pasti tumbuh lg kan dok? Ohiya dok skrg aku kan lg kena cacar bisa nular ke musang aku gak ya dok ?

      Delete
    11. iya, kukunya bakalan tumbuh lagi kok...

      kayaknya sih nggak. cacar nggak nular ke hewan yang saya tau... :)

      tapi mending jaga jarak aja, biar cacar mbaknya cepet sembuh...

      Delete
    12. Hehe iya dok skrg musang akunya di taro kandang terus kesian juga biasanya freeroom, terimakasih ya dok udah sempetin waktu nya buat bales 😊

      Delete
    13. kabari terus kalo ada apa2... :D

      cuaca lagi gak bagus buat musang. sementara kandangnya taro aja di dalam ruangan. :)

      Delete
  27. Dok, musang saya kmren kena luka memar gtau karna apa, tiba2 jd luka dan membengkak, lula ny sudah kering, bengkakny gk ilang tp, kira2 gmna solusiny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih minyak tawon, mas... :) pagi dan sore, olesin minyak tawon di bagian yang bengkak...

      Delete
  28. Dah keras gtu mbak bengkakny, kek udh jdi daging

    ReplyDelete
  29. Selamat Siang Dok, msang saya jantan mantan obesitas krna sekarang susah mkan bahkan sama sekali ga mkan, sudah saya coba pakai segala makanan , tapi kmaren sempat mau mkan telur, minyak ikan dan air kelapa aja, gmna ya dok biar nafsu makannya baik lagi,tapi dia masih aktf dok, terus cara menobati mata pada musang bagaimna ya dok matanya tidak terbuka sebelah belekan gtu, padahal kandang bersih dan selimbutnya di ganti 1 hari sekali, mohon pencerahannya dok. terima kasih bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu dikasih makan apa, mas? yang bikin dia obes...
      emang kudu eksperiment sih. coba mas sebutin dia sukanya makan apa aja.

      tapi meski begitu, seminggu sekali minimal kasih buah.

      matanya yang gak kebuka mas bisa tahu kenapa? mas bisa fotoin nggak? upload gambarnya di bagian silakan upload gambar, dapet linknya, nah linknya taro di komentar...

      Delete
  30. matanya ga bengkak, cuman ga kebuka kaya belekan gitu, pola makannya sesui biasa ja, dlu dai makannya bagus malah yang betina engga mau mkan, sekarang kebalik. makan mangga, pisang, buah"an pasti saya kasih buat mkan siang, nanti sore saya biasanya kasih telur, atw bubur sun, tapi kadang juga nasi putih dicampur telur setengah matang sama potongan daging, krna kalau ga dikasih nasi nanti tengah malem dia berisik, laper, hehe. ini masalhanya mau 2 bulan ga mau mkan apapun kecuali telur. kelapa juga sedikit. saya suapin juga dipaksa dia ga mau dok,saya jadi bingung. ayam juga engga mau. apa mungkin krna obes atw musim kawin ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesan saya: hindari makanan yang mengandung protein tinggi kayak telur dan daging. cukup kasih bubur sun aja. itupun kalo matanya masih belekan dan masih nutup, bubur sun-nya juga stop. jadi, hentikan pemberian telur dan daging (bubur sun lanjut). nah kalo masih belekan dan merem, sun-nya juga stop. kasih buah aja.

      biar gak ada kelebihan protein yang berakibat ke matanya... :)

      emang berapa kilo mbak? :)

      Delete
  31. Msih bengkak mbak, keras gtuu bengkakny, kek keloit gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mengkhawatirkan, mending bawa ke dokter hewan aja mas.... kasian soalnya...

      nafsu makan gimana? masih mau makan?

      Delete
  32. masalahnya ga mau mkan sama sekali kecuali telur, tapi rumput dia masih mau makan, matanya sudah terbuka mba kmarin saya mandikan dan saya jemur . anehnya dia masih aktif mba, manjat manjat lari" tapi krna gendut ya jadinya tidak begitu cepat , itu fotonya dok. tapi sekarang lebih gendut saya pernah kirim bu dokter juga foto yang waktu musang saya robek bagian perutnya dok.pad bulan februari tahun lalu.

    ReplyDelete
  33. Replies
    1. oh iya. yang itu ya. :D
      gak mau makan selain telur? kalau mbak puasakan aja gimana?

      maksudnya biar dia mau makan selain telur. sediakan aja makanan selain telur di kandangnya. pokoknya mau dia makan atau nggak, taro aja di situ....

      Delete
  34. sudah dok tetap tidak dimakan, apa musim kawin mempengaruhi nafsu makannya ya dok.. saya spet juga engga berhasil krna dia udah bisa mutahin makannya,, apa pemberian minyak ikan pengaruhnya buruk atau baik dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kebanyakan, minyak ikan malah bikin pencernaan terganggu. jangan kebanyakan, cukup seminggu sebutir aja.

      udah coba kasih scott emulsion biar nafsu makannya bertambah? coba baca artikel saya, dosis scott emulsion untuk musang

      Delete
  35. oh begitu berarti saya salah ya.. -__-"
    iya dok terima kasih. coba saya pakai scoth emulsion, nanti saya kabari dokter lagi yaa..

    ReplyDelete
  36. Selamat siang dok. sepertinya mata musang saya kena katarak. obatnya apa ya dok. kmarin sempat tanya" kepada rekan katanya rebusan air daun sirih. pola mkannya makin menurun :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebarapa parah? maaf karena baru balas...
      kalau emang udah parah banget, mending bawa ke RSH aja mbak...

      kalau belum parah, silakan baca artikel saya tentang cara mengobati musang katarak...

      Delete
  37. Hallo dok, numpang berkonsultasi.
    Musang saya ada luka di bagian ekornya, awalnya luka dkit aja gara gara sering di gigit ekornya. Terus sekarang lukanya tambah melebar dan sampe kelihatan dagingnya dok, dikasih minyak maksudnya biar lukanya kering tpi musangnya tetap menggigit ekornya terus. Itu gmana ya dok untuk perawatan dan obatnya, mohon sarannya dok. Maklum saya tinggal merantau jadi jarang dirawat sama adek saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih amoxicillin. mengenai dosisnya, ada artikel dosis amoxicillin untuk hewan.
      lukanya kasih betadine aja mas. dan perban biar gak digigit-gigitin. kalo masih gigit2in juga, pasang corong leher aja di dokter hewan, biar gak digigit2in terus lukanya....

      Delete
    2. Terimakasih dok. Kemarin ekornya sempat putus yg luka itu dok, skarang lukanya tinggal dkit di ekornya,tpi malahan membengkak di ujung ekor yg putus dan luka itu. Gimana ya dok? Apa di bawa ke dokter hewan saja?

      Delete
    3. kasih amoxicillin bisa. cek artikel dosis amoxicillin untuk hewan.

      selama dikasih amoxicillin, kasih makan buah aja. jangan dikasih makanan yang mengandung protein biar lukanya cepet kering.

      kalau dia gak mau makan buah, diblender dulu bauhnya, terus dipipet/loloh aja ke mulutnya....

      Delete
  38. Dok musang saya telapak kaki nya luka dan bernanah . Sudah saya kompres sama larutan dettol trus revanol dan juga saya kasih betadin . Tapi masih aja bernanah terus d telapak kaki nya dok. Untuk pengobatan nya gimana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya, dosis amoxicillin untuk hewan. kasih amoxicillin sesuai dengan dosis tersebut.

      terus kasih buah aja. jangan dikasih makanan lain selain buah.

      Delete
    2. Infeksi dikaki nya sudah sembuh dan kering dok . Sekarang ada masalah baru ada benjolan di bawah dagu nya sama di bahu sebelah kanan . Besar banget benjolnya dok baru muncul tadi pagi benjolan nya . Kira kira kenapa ya dok ? Musang saya juga feses nya hijau dan bau banget dok . Trus juga air liur nya juga bau banget ga kayak biasanya . Kaki nya pincang sebelah kanan . Keadaan nya lemes banget sekarang

      Delete
    3. maaf karena baru balas. benjolannya keras atau kerasa lunak kayak ada nanah/cairannya di dalam, mbak? jujur agak mengkhawatirkan juga...'

      untuk benjolannya, mending bawa ke dokter hewan aja biar dicek....

      Delete
    4. Benjolnya lunak dok . Sekarang udah pecah semua kena paku . Tadi sudah saya bawa ke dokter hewan di dinas peternakan tapi dia bilang itu nanah . Padahal pas saya cium bau nya tu kayak lemak bau palak ayam dok . Apa kemungkinan it tumor ya dok ? Dileher yang sudah pecah tu jadi ada bekas bolong dok .

      Delete
    5. kata dokter apa? dikasih obat nggak?
      kalau emang udah pecah, jangan dikasih makanan apapun yang mengandung protein. sementara kasih buah aja, pisang atau pepaya, biar lukanya dan bengkaknya cepet sembuh dan kering.

      untuk obat luarnya, mbak bisa kasih betadine.

      bisa mbak kirim gambar lukanya kemari?

      Delete
    6. Dokter nya cuma bilang kalo itu nanah dok . Ga dikasih obat apa apa cuma disuntik 1 kali . Katanya kalo masih lemes di bawa lagi kesana. Dokter nya juga nyaranin buat nutup lukanya pake bioplacenton dok. Sekarang udah lumayan baikan udah mau makan . Cuma lukanya jadi berlobang

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. oke. agak mendingan sih.
      bisa mbak kasih bioplacenton buat obat luarnya, dan untuk pengobatan dari dalam, jangan dikasih protein apapun. kasih buah aja biar lukanya cepet kering... :)

      nanti juga akan balik kayak sediakala kok mbak.. :)

      Delete
    9. Oke dok . Terimakasih atas saran nya .

      Delete
    10. Dok kalo dimakanannya ditambahin
      minyak ikan boleh
      ga dok?

      Delete
    11. boleh. asal jangan keseringan. nggak bagus sih buat lukanya, tapi kalo seminggu sekali aja nggak apa2... :)

      Delete
  39. Ini link nya dok ..

    https://postimg.cc/image/grlbxhpfb/

    ReplyDelete
  40. Alhamdulillah dok musang saya sudah sembuh dan sekarang jadi lebih sehat. Tinggal tumbuhin bulu nya yang rontok kemaren . Oh iya saya juga mau nnya kalo gigi taring musang yang sudah dicabut apa masih bisa tumbuh lagi ya dok ? Soalnya baru baru ini saya liat gigi taring musang saya sudah tumbuh semuanya . Padahal selama saya rawat ga pernah ada gigi taring nya dok . Semenjak habis sakit gigi taring nya tumbuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal bulunya, mbak bisa pake minyak kemiri khusus musang. ada artikelnya: merk minyak kemiri untuk musang. :D

      umur musangnya berapa mbak? kalau umur musangnya udah diatas 5 bulan, kayaknya sih gak bisa tumbuh lagi... :D

      sekarang gimana? fesesnya udah normal. :D

      Delete
    2. Umur musang saya udah hampir setahun dok . Tapi sudah saya cek berkali kali giginya memang tumbuh taring nya dok tp masih kecil . Fesenya kadang masih ada ijo nya dok padahal cuma makan pisang aja . It gimana ya dok ?

      Delete
    3. kalau udah hampir setahun sih kayaknya nggak bisa tumbuh lagi mbak. gak apa2 kok. yang penting dia sehat. :)

      gak apa2. mungkin ditambah lagi asupan buahnya. :)

      Delete
    4. Oh iya dok kemaren musang saya berantrm sama musang liar yg badan nya dua kali lipat dr musang saya. Musang saya it kena gigit dok d lehernya tapi ga ada luka . Skearang lehernya bengkak dok dan dia lemes banget . Jadi ngobatinnya gimana itu dok ?

      Delete
    5. kasih amoxicillin aja mbak. cek artikel saya, dosis amoxicillin untuk hewan... :)

      Delete
    6. oh ya. sama satu lagi. sementara ini kasih buah aja sebagai makanannya. pisang atau pepaya. jangan dikasih makanan lain.

      Delete
  41. Dok musang saya ada luka di perut belakangnya, awalnya bulunya rontok sebagian terus dia garuk2 sampai sobek dagingnya terbuka, sobeknya lama2 jadi besar dalam juga, sudah q semprot pakai air dettol, ada perubahan sih d semprot pakai air dettol, yg awalnya lukanya merah ada darahnya juga jadi putih pucat setelah beberapa hari d semprot air dettol,tapi masih blm kering2 juga dok, ini knp y dok lukanya g kering2 dlm bgt juga, dia obesitas dok, takutnya kena diabetes, kalau memamg diabetes pengobatannya gmn y dok? Nafsu mkannya berkurang juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lakukan apa yang saya perintahkan berikut...
      1. jangan dikasih makanan apapun yang mengandung protein. kasih makan buah aja. pisang atau pepaya.
      2. mbak bisa kasih amoxicillin untuk musangnya. udah ada di artikel dosis amocillin untuk hewan.
      3. untuk lukanya, kalo bisa perban aja....

      emang lebih bagus sebenernya bawa ke dokter hewan aja sih mbak....

      kabari lagi

      Delete
    2. Dok saya cowok YULIO DWI, BUKAN YULIA DWI -_-

      Iya kmrn sblm baca artikelnya dokter q kasih kepala ayam rebus 2, eh besoknya malah garuk2 parah sampek berdarah melebar juga jadinya lukanya.
      Saya kasih kepala ayam cz dia g mau makan pisang sama sekali, akhirnya mau makan juga pas d kasih kepla ayam, menyesal...
      Tapi skrng saya kasih pepaya terus alhamdulillah d makan sih dok mungkin dia bosen sama pisang.
      Nah itu dia dok deket rumah g ada dokter hewan.
      Sudah saya kasih rutin amoxcilin tapi masih belum kering juga, luka menganganya bikin khawatir infeksi parah, tapi sudah g berdarah lg sih dok, tapi y gitu dagingnya kelihatan dalem bgt soalnya, saya takutnya ini diabetes dok cz dia obes, kalau diabetes gt d kasih pakan pisang pepaya manis2 gt gpp y? Takutnya malah parah, kalau g d kasih makan itu d kasih makan apa lg dok?
      Lihat dia g aktif kek biasanya jadi khawatir, kepikiran terus.
      Selain amoxcilin obat apa lg dok buat ngerengin luka dngn cepat?
      Terima kasih

      Delete
    3. oh iya. hahahaha. maaf :D
      sementara observasi aja dulu. kalau pepaya, saya kira aman. kemungkinan diabetes sih ada aja, tapi saya tunggu laporannya tiap 3 hari sekali ya mas. kalau bisa, coba mas fotoin lukanya... tiap 3 hari sekali, kasih laporan kesini...

      lukanya nggak bisa mas kasih betadine?

      cukup amoxicillin aja. segitu udah cukup. sama obat luar betadine obat merah. :)

      dan lukanya jangan ditutup. biar cepet kering.

      mas di kota mana?

      Delete
  42. Dok mau nanya, musangku umur 7bulanan,nah baru hari ini saya liat ada luka di jari kakinya dok.kaya terkelupas gitu. Kalo di kasih makan wortel boleh? Soalnya yg jual pisang disini lumayan jauh dok heheπŸ™πŸ˜‚

    ReplyDelete
  43. Soalnya dia doyan wortel dok kaya kelinci hehe πŸ˜‚

    ReplyDelete
  44. Dok mau tanya, ini musang saya dipunggung nya ada luka lebar juga sih, ada yang bilang itu gatal, nah dilukanya sudah saya beri betadin & saya guyur bedak caladin,nah apakah langkah yang saya lakukan itu sudah betul? Makasih dok & dtunggudijawabannya πŸ™

    ReplyDelete
  45. Dok, mohon gerahamnya. Gimana ya cara mengatasi kaki Otter yang robek?

    ReplyDelete
  46. Dok musang saya kan abis di suntik kebesokannya kaki kirinya pincang sampe sekran ga sembuh2 dok kaki nya gabisa napak
    Solusinya dong dok harus gmana mau dibawa ke dokter lagi takut makin parah

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.