Mengobati Ekor Musang Yang Putus | Drh. Fira Sovica

Musang kadang mengalami ekor putus karena disebabkan oleh beberapa sebab. Musang yang ekornya putus sedikit banyak akan membuat stress dan kesakitan dalam beberapa waktu, dibutuhkan pemulihan pasca langkah pengobatan karena putus ekor musang tersebut.

Mengobati ekor musang yang putus

bisa dilakukan sendiri di rumah. Mengenai penyakit lain yang diderita musang, anda bisa membaca mengenai mengobati scabies pada musang dan menangani musang kutuan.
Mengobati Ekor Musang Yang Putus

Penyebab putusnya ekor musang
Ada beberapa penyebab yang menyebabkan ekor musang putus, dan bagi musang, ekor yang putus itu sama menyakitkannya dengan pacar yang memutuskan hubungan kita karena ingin balik ke mantannya, hehehehe. Dan berikut adalah beberapa sebab ekor musang putus:
  1. Ekor musang putus akibat kecelakaan, seperti terjepit pintu kandang, terpotong benda tajam, digigit musang lain, dan sebab lainnya. Musang yang ekornya putus akibat kecelakaan biasanya mengalami tingkat stress yang lebih tinggi dibandingkan musang yang ekornya putus karena sebab lain.
  2. Ekor musang putus akibat penyakit dan kotoran, seperti tungau, kutu, jamur, alergi, bekas feses yang menempel, dan lain sebagainya. Kutu, tungau, jamur, dan bekas kotoran musang yang menempel pada ekor musang kerap menyebabkan rasa gatal yang akan menyebabkan musang menggigit-gigit ekornya. Hal ini tentu akan menyebabkan ekor musang luka dan akhirnya putus.

Langkah-langkah mengobati ekor musang yang putus
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam mengobati ekor musang yang putus. Cara merawat musang yang ekornya putus berikut semoga bisa menjadi acuan bagi anda dalam memelihara musang yang sakit. Dan berikut adalah cara mengobati musang yang ekornya putus:
  1. Pindahkan musang yang dirawat karena ekornya putus ke kandang lain yang bersih. Taruh kandang tersebut di tempat sunyi.
  2. Sebagai langkah awal merawat musang yang ekornya putus, bersihkan bagian ekor yang putus dengan kain steril dari sisa darah yang tersisa.
  3. Setelah sisa darah bersih, oleskan betadine cair ke bagian yang luka.
  4. Di wadah lain, siapkan 2 tablet amoxicillin, tumbuk hingga benar-benar halus, lalu taburkan di bagian luka di ekor musang. Rasa pahit dari amoxicillin tersebut diharapkan bisa mencegah musang menjilati luka di ekornya.
  5. Untuk pengobatan dari dalam, anda dapat memberikan amoxicillin bubuk ke dalam minumannya. Dosis yang dibutuhkan adalah 1mg perberat badan musang.
  6. Jika kondisi musang tidak mengalami perubahan dari hari ke hari, penulis menyarankan untuk membawa musang ke dokter hewan terdekat.

Demikian adalah

cara mengobati musang yang ekornya putus

. Anda bisa berkonsultasi dengan saya dengan mengirimkan pertanyaan dan komentar di bawah ini. Terima kasih. (FS)

20 Responses to "Mengobati Ekor Musang Yang Putus"

  1. Dok musang saya Jenis musang akar borneo, moncongnya luka karna suka menggesekkan ke benda yg agak tajam, tp sekarang sudah tertutup lukanya, terlihat putih dan masih halus, apakah bisa dtumbuhi bulu lagi? Dan kmarin saya tdk.sengaja menarik ekornya terasa ada yg berbunyi seperti saat org membunyikan.sendi jari jari, apakah hal tersebut berbahaya? Makasi dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulu yang rontok masih bisa tumbuh lagi... :)
      saat mas tarik ekornya dan bunyi, si musang kelihatan kesakitan gak? kalau kesakitan, mungkin aja berbahaya. tapi kalau nggak, saya rasa aman2 aja. nafsu makannya gimana mas?

      Delete
  2. dok,saya newbi yg baru 3 minggu mengadopsi musang kembang/pandan umur 3 bulan, kenapa ya tiap malam polah tingkahnya mondar mandir mulu terus suka berbaring sambil gigit2 ekornya sendiri,terus klo tangan saya masukan ke kandang suka hissing kayak mau gigit gitu.. mohon pencerahannya.. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. mungkin musang mas adalah musang tangkapan liar atau belum terbiasa di kandang kecil. mas bisa ganti pakai kandang yang lebih besar, atau bisa juga pakai kandang yang sekarang aja, nanti juga dia terbiasa.

      kalau selain itu, silakan mas baca artikel cara menjinakkan musang dan cara agar musang anteng...

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. ekor musang yang putus apa bisa tumbuh lagi dok....

    ReplyDelete
  5. Dok sy mau nanya musang sy ekput ekor putihnya hilang digigit musang dewasa pas itu umur 3blan tp skrg udah umur 8blan msih bisa tumbuh ga itu dok . Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ekor yang putus kayaknya gak bisa tumbuh lagi, mas... kalau bulu di sisa ekornya, bisa aja tumbuh lagi. tapi ekornya yang sudah terlanjur putus, gak bisa numbuh lagi...

      Delete
  6. Dok sy mau nanya musang sy ekput ekor putihnya hilang digigit musang dewasa pas itu umur 3blan tp skrg udah umur 8blan msih bisa tumbuh ga itu dok . Trimakasih

    ReplyDelete
  7. Dok, musang saya ekornya buntung. Awalnya setau saya karena digigit semut jadi diekornya ada benjolan,kemungkinan dia risih dan gatel dia gigit2 sendri, saya sudah mengikuti artikel dokter tapi tidak membaik, trus kebetulan kakak saya dokter hewan pulang krmh, dia rawat dengan cara mencukur sebagian ekor musang lalu dibersihkan dan diberi antibiotik oles, itu juga tidak membaik, musangnya sih fa stress dok makannya tetep lahap, tapi saya yg stress melihat ekornya makin lama mkin pendek. Jadi kasian, gmn solusinya dok?

    ReplyDelete
  8. Dok, musang saya ekornya buntung. Awalnya setau saya karena digigit semut jadi diekornya ada benjolan,kemungkinan dia risih dan gatel dia gigit2 sendri, saya sudah mengikuti artikel dokter tapi tidak membaik, trus kebetulan kakak saya dokter hewan pulang krmh, dia rawat dengan cara mencukur sebagian ekor musang lalu dibersihkan dan diberi antibiotik oles, itu juga tidak membaik, musangnya sih fa stress dok makannya tetep lahap, tapi saya yg stress melihat ekornya makin lama mkin pendek. Jadi kasian, gmn solusinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya tetep berpatokan pada artikel di atas, mas.
      yang saya tanyakan, mas udah tau ekornya digigiti semut, tapi mas biarkan saja?

      skrng dia masih suka gigitin ekornya? kalau iya, silakan dibebat aja pake perban. tujuannya agar dia gak gigit2in. lalu mas praktekkan artikel di atas... :)

      Delete
  9. dok mau tanya cara ngobatin bulu rontok di bagean ekor tapi cuman sebagian ?
    trus cara ngilangin suka ada kaget gitu gimana dok ??
    maaf satu lagi supaya gigitannya engga kenceng gimana tuh sok soalnya kalo gigit suka sampe berdarah ??
    makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya apa mas? rase ya?
      bener?
      cek, apa ada kutunya?
      mending sering2 dimandikan. pake sampo kucing. terus abis mandi kasih minyak kemiri.

      Delete
  10. Assalamualaikum Dok,saya punya musang akar baru adopsi umur 3 bulan tapi di bagian ujung ekor nya putus di gigit tikus, udh saya tangani dengan membersihin dengan saran dok di atas, yang mau saya tanyakan dok itu bagian ekor yg luka masih mau tumbuh dok?

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum Dok,saya punya musang akar baru adopsi umur 3 bulan tapi di bagian ujung ekor nya putus di gigit tikus, udh saya tangani dengan membersihin dengan saran dok di atas, yang mau saya tanyakan dok itu bagian ekor yg luka masih mau tumbuh dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya, kalo ekornya putus, apakah bisa tumbuh lagi? kalo udah putus, nggak bisa tumbuh lagi mas. kalo cuma luka aja, nanti sembuh sendiri kok. nggak apa2.

      jangan dikasih makan makanan yang mengandung protein dulu, biar lukanya cepet kering. kasih buah aja kayak pisang dan pepaya. lakukan selama 2 minggu.

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Kalau musang brantem/gojek bisa bikin putus ekor enggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. bisa aja musang berantem bisa menyebabkan ekor musangnya putus...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.