Bedanya Musang Semi Jinak Dan Musang Jinak Total | Drh. Fira Sovica

Artikel

perbedaan musang semi dengan musang jinak total

ini dibuat agar para calon owner musang tidak tertipu sebelum membeli musang. Bedanya musang semi jinak dengan musang jinak total bisa diketahui dengan ciri-ciri berikut ini:
Bedanya Musang Semi Jinak Dan Musang Jinak Total
Image taken from ceriwis.com
  1. Seekor musang bisa dikatakan semi jinak jika:
    • musang semi jinak akan berontak saat dielus di dalam kandang, tapi cenderung tidak menggigit.
    • musang semi jinak bisa digendong, namun biasanya tidak bisa diam saat berada di gendongan kita.
    • musang semi jinak biasanya mengeluarkan kuku-kuku tajamnya saat digendong, membuat pergelangan tangan atau kulit kita menjadi baret-baret.
    • musang semi jinak akan mencoba kabur atau lari saat dilepas di dalam ruangan.
    • musang semi jinak akan mengeluarkan suara hissing saat didekati. anda bisa menghilangkan kebiasaan hissing pada musang dengan membaca artikel cara menghilangkan hissing pada musang.
  2. Seekor musang bisa dikatakan jinak total jika:
    • musang jinak total tidak hissing dalam kondisi apapun.
    • musang jinak total tidak berontak dan tidak takut meski kita memegang bagian perut dan giginya.
    • musang jinak total biasanya diam atau menghampiri jika melihat ownernya.
    • musang jinak total tidak mengeluarkan kukunya saat digendong, membuat kulit kita aman dari resiko baret-baret.
    • musang jinak total biasanya tidak akan melawan atau ketakutan saat kita mengusilinya (dikitik-kitik dan sebagainya).
Demikian adalah

perbedaan musang jinak total dan musang semi jinak

. semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam mengetahui perbedaan musang semi jinak dengan musang jinak total. Untuk berkonsultasi, silakan klik tombol google+ dibawah judul artikel ini lalu tulis pertanyaan anda di kolom dibawah ini. terima kasih. (FS)

31 Responses to "Bedanya Musang Semi Jinak Dan Musang Jinak Total"

  1. Dok kalau musang saya baru beberapa hari saya beli masih galak ,terus dia kabur keluar kandang dia ilang terus saya panggilin nyamperin tapi pas mau dipegang mundur" terus lari nanti saya panggil nyamperin lagi padahal saya merawatnya baru beberapa hari ,itu mau jinak atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia mendekat, tangkep aja langsung. jangan dibiarin kabur lagi, mas....

      ada kemungkinan antara mas dan si musang udah mulai imprint, cuma kalian gak sadar. kalau nanti ketangkep lagi musangnya, sering2 diajak main.... :)

      apa itu musang imprint? silakan baca artikel saya imprint pada musang... :)

      Delete
  2. Dok musang saya pas baru beli itu masih galak, trus udah mulain semi jinak tapi udah ga hissing lagi,ga gigit lagi, digendong juga kadang anteng kadang ngga, tapi kalo di gendong masih ngeluarin kuku,di bercandaan juga ga ngelawan gitu, tapi sekarang semenjak gigi taringnya mau tumbuh dia langsung kaya gigit mulu gitu dok, dielus gigit,dikelitikin gigit, itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya masih anakan? karena mbak bilang "gigi taringnya mulai tumbuh"
      kalo masih anakan wajar, namanya juga anak2. sama aja kayak bayi manusia, suka gigit2.

      sering2 ajak main aja... biar dia kenal sama mbaknya...

      Delete
    2. Iya dok, masih 8 bulan baru numbuh gigi, tapi gitu dok, dia mulain gigitnya itu pas udah mau menjelang malem, kalo pagi sampe sore mah dia anteng. Iya sih, dia gigitnya juga kaya gigit gemes gitu dok, mungkin giginya gatel kali ya gara-gara mau numbuh?😁

      Delete
    3. nah, iya. sama aja kayak bayi manusia pokoknya.
      dan wajar kok kalau isengnya cuma menjelang malam aja, kan emang hewan nocturnal (hewan yang aktif pada malam hari)....

      sering2 ajak main aja. kalau mau, taro kaos bekas pakai mbaknya di kandang, biar dia bisa cium bau tubuh mbaknya. biar dia kenal sama masternya....

      Delete
  3. Dok mau tanya musang saya gak mau makan apa" tapi nyusu. Itu knp ya dok mogok makan atau apa gtu?umur 3 blan kurleb

    ReplyDelete
  4. Dok mau tanya musang saya gak mau makan apa" tapi nyusu. Itu knp ya dok mogok makan atau apa gtu?umur 3 blan kurleb

    ReplyDelete
    Replies
    1. STOP susunya, ganti pake bubur bayi promina aja mas.
      selama ini fesesnya mencret kan?

      Delete
  5. Dok..saya baru adop musang dewasa uur sekitar 7bln.. Dia klo dimasukkin kandang muter" gak beraturan kenapa ya? Trus klo di dekati dia ngeluarin hissing tp tidak gigit ataupun nyerang, hanya hissjng sambil muter" dikandang. Cara mengatasi hal itu gimana ya? Biar si musang tidak hissing dan mau anteng itu apakah bisa? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar, mas.
      mas beli musangnya di pasar hewan atau sama orang yang dulu pelihara dia?

      kalau mas freeroom aja, kira2 bisa nggak? karena musang yang mondar mandir begitu, biasanya karena belum terbiasa di tempatnya yang baru, atau emang dari owner sebelumnya, dia biasa dibebasin di ruangan terbuka (freeroom).

      itu juga kalau emang memungkinkan freeroom. kalo gak memungkinkan, ya jangan.

      coba mas baca artikel saya CARA MENGHILANGKAN HISSING PADA MUSANG dan artikel CARA AGAR MUSANG ANTENG

      Delete
  6. Dok saya mau nanya, muspan saya umur 3bulan kan baru pindah owner ke saya, nah sekitar 4hari yg lalu baru pindah kesaya, setiap mau saya elus2 dia selalu hissing dan mencoba menggigit saya, pas hari pertama saya sempat digigit dah berdarah, sementara saya baru pertama kali melihara musang dong, ada solusi buat saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di owner lamanya, udah jinak?
      sebelum mas beli, mas pernah main sama musangnya atau liat owner lamanya main sama musangnya? jinak gak sama owner lamanya?

      karena kadang ada musang yang begitu ganti owner, dia malah jadi galak karena udah one man (silakan baca artikel saya MUSANG ONE-MAN).

      atau kalau dia emang udah dari dulu galak (waktu sama owner lamanya juga galak), ya mau gak mau harus dijinakkin dulu mas. umurnya berapa?

      masih bisa dijinakkan kok. balik lagi, masnya sabar nggak? :)

      Delete
  7. Dok sama punya musang pandan sepasang 1 kandang umur sekitar 2,5 bulan dok..mereka semi jinak..cara saya melatih mereka saya ambil satu satu terus saya bawa ke pundak saya sementara yg satunya masih di kandang..lebih efektif nya yg mana sih dok saya lepas 2 2 dari kandang atau saya lepas 1 1 dari kandang buat main sama saya..soalnya mereka masih ngacir" dok..kalo di lepas berbarengan jadi repot hhehe..cara menjinakan 2 muspan sekaligus apa ada cara khusus ga dok? Terimakasih

    ReplyDelete
  8. Dok sama punya musang pandan sepasang 1 kandang umur sekitar 2,5 bulan dok..mereka semi jinak..cara saya melatih mereka saya ambil satu satu terus saya bawa ke pundak saya sementara yg satunya masih di kandang..lebih efektif nya yg mana sih dok saya lepas 2 2 dari kandang atau saya lepas 1 1 dari kandang buat main sama saya..soalnya mereka masih ngacir" dok..kalo di lepas berbarengan jadi repot hhehe..cara menjinakan 2 muspan sekaligus apa ada cara khusus ga dok? Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Dok sama punya musang pandan sepasang 1 kandang umur sekitar 2,5 bulan dok..mereka semi jinak..cara saya melatih mereka saya ambil satu satu terus saya bawa ke pundak saya sementara yg satunya masih di kandang..lebih efektif nya yg mana sih dok saya lepas 2 2 dari kandang atau saya lepas 1 1 dari kandang buat main sama saya..soalnya mereka masih ngacir" dok..kalo di lepas berbarengan jadi repot hhehe..cara menjinakan 2 muspan sekaligus apa ada cara khusus ga dok? Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Dok saya pengen musang saya yg umur 2bln sama yg 5 bln akur ga berantem.... Gimana ya caranya??? Yg kecil suka mancing mah yg gede dia suka gigit Kya mau makan yg kecil... Ada saran buat saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mereka mas pelihara?
      secara prinsip sebenernya mereka cuma main-main aja. sama aja kayak anak kucing yang suka 'pura-pura berantem' sama anak kucing lain...

      tapi kalau emang mas takut kenapa2, jangan disatuin kecuali sambil diawasi. kalau mas lagi di rumah, dan lagi ajak main mereka berdua, baru deh satuin... kalo becandaannya udah keterlaluan, pisahin... :)

      dengan cara begitu, nanti mereka akur kok... :)

      Delete
  11. Dok sya mau tnya..agar musang anteng sm smua org gmn ya,kl sm sya jinak bgt..gliran dielus org msh suka gigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak kemungkinan, salahsatunya bisa aja karena dia kaget. makanya kalo mau pegang, lebih baik pelan2 aja mas... :)

      dia gigit doang atau sama nyerang? kalo cuma gigit doang (abis itu jinak lagi), kayaknya sih cuma kaget aja... kalo gigit terus dia nyerang dan galak terus, kemungkinan dia one man.... musang one-man. ada penjelasannya di blog ini.

      Delete
  12. dok saya baru adop musang pandan umur 7 bulan, di owner sebelumnya jinak cum a jadi hising dan kadang strike gara - gara gak di handle sktr 1 bulan... baru saya adop kemarin.. langkah awal biar jinak dan cara jinakin yang aman sperti apa dok? mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya.
      silakan mas baca artikel saya, cara agar musang anteng.

      Delete
  13. Dok, musang saya kebanyakan diam ke napa yah ? Dan kalau malam hari juga tidak aktif. Tetapi kalo di kasih makan selalu habis dok. Apakah musang saya sakit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      kalo mencret, berarti emang sakit. jangan dikasih susu, stop susunya. terus kasih minum air kelapa muda tiap pagi dan sore...

      Delete
  14. Dok supaya gampang jitot gimana ya? Sama suka ngigit benda yg disekitarnya... Mohon infonya dok...

    ReplyDelete
  15. Dok saya baru dapat muspan masih kecil tapi lagi aktif"ny,nah klo ktemu sy mau main ,dikasih pisang GK mau,tapi dikasih susu mau tapi sedikit dia minum ,gmna solusinya ,takut mati klo dikit dia minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bubur bayi promina, mas...
      sedikit makan gak apa2, yang penting sering. oh ya, jangan dikasih susu. kasih bubur bayi promina aja.

      Delete
  16. Musang saya d elus malah gigit. Pdahal ngk d kandangin pun ngk masalah. D ajak jalan2 mlm hari pun mo ngikutin sya lari d kejar. Tp klo soal ngigit itu kadang bikin risih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah pelihara dia berapa lama? :)
      kalo soal musang gigit, emang udah nature-nya dia. emang udah bawaan pabriknya, hehehe. karena sejinak apapun musang, dia pasti gigit. meski cuma becanda.

      balik lagi ke karakternya sih mas. kadang ada musang yang karakternya usil. dia gigit cuma buat becanda aja... :)

      Delete
  17. mbak gimana ya tips biar free room? musangnya ga tau umur berapa tapi baru tumbuh taring,kalo di kandang jinak paling gigit" manja. tapi kalo diangkat mau kabur terus. muspannya baru di pelihara 2 hari,cuma di hari pertama hissing. takutnya malah kabur pas di lepasin di ruangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan langsung dilepas di ruangan.
      coba mas ajak main dulu di kamar mas yang tertutup. (pintunya tutup sehingga dia tidak bisa kabur keluar). ajak main aja kayak biasa.

      agar musang nyaman mau freeroom, dia harus kenal dulu sama tuannya. dia kabur karena dia ngerasa nggak terlalu kenal atau nggak terlalu akrab sama tuannya, makanya dia kabur. jadi lebih banyak main lagi sama musangnya agar dia kenal sama mas... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.