Cara Memelihara Porosus | Drh. Fira Sovica

Porosus atau buaya muara memang telah menjadi peliharaan eksotis para pecinta reptil. Cara memelihara porosus memang terbilang mudah, sama halnya dengan memelihara reptil jenis lain. Di artikel kali ini, saya akan mengangkat topik tentang cara memelihara porosus atau cara memelihara buaya muara. Selain memelihara porosus, reptil lain yang bisa anda baca cara memeliharanya di blog ini adalah cara memelihara salvator.
Cara Memelihara Porosus
Image taken from forthewildthings.tumblr.com

Dan berikut adalah

cara memelihara buaya muara

atau cara memelihara porosus yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara porosus:
  1. Sebagai tempat memelihara porosus, anda bisa menggunakan akuarium atau kolam permanen yang besarnya disesuaikan dengan ukuran porosus yang dipelihara.
  2. Akuarium atau kolam tempat memelihara porosus diberi air yang tidak terlalu tinggi, sekira-kira si porosus masih dapat memunculkan bagian punggungnya di permukaan air. Air sebaiknya diganti setiap minggu sekali atau saat air sudah kelihatan kotor.
  3. Makanan bayi porosus adalah anak kodok. Makanan untuk porosus usia anak-anak adalah kodok dewasa. Dan makanan untuk porosus dewasa adalah ayam.
  4. Pemberian makanan ini dilakukan sehari sekali. Angkat sisa makanan dari dalam akuarium atau dari dalam kolam jika masih ada sisa makanan.
  5. Bagaimanapun, porosus adalah reptil buas. Hati-hati dalam memeliharanya.
  6. Anda bisa melatih porosus agar jinak dengan membiasakannya berinteraksi dengan manusia. Maka dari itu, penulis mengharapkan bagi para pemula dalam memelihara porosus hendaknya memilih porosus yang masih bayi dan sering berinteraksi dengan porosus tersebut agar ia terbiasa dengan manusia.
Demikian adalah

cara memelihara porosus

atau cara merawat buaya muara sebagai hewan peliharaan. Semoga artikel singkat diatas tentang cara merawat porosus diatas bisa membantu anda semua dalam memelihara porosus atau buaya muara. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

81 Responses to "Cara Memelihara Porosus"

  1. Replies
    1. bisa kasih jangkrik (potong kaki belakangnya) dan bayi tikus putih yang baru lahir.... :)

      Delete
  2. Dok ijin tanya cara mengatasi buaya senyulong yg lagi mogok makan? Trus untuk ukuran 1m kira2 bisa tahan gak makan brp lama? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau senyulong, jujur saja saya tidak tahu.
      tapi mas bisa samakan dengan buaya muara di atas. :)

      Delete
  3. Kalo untuk baby poro daging ayam yg di potong kecil2 itu wajar tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya baby porosus dikasih daging ayam yang dipotong kecil2 gitu mas??
      asalkan daging ayamnya segar (bukan beku), kayaknya bagus...

      Delete
  4. Dok, poro saya saya kasih tiput kok dibunuh aja ya dok ? Padahal kemarin2 makan tiput ngga ada kendala apa2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas? coba kasih tiput yang masih bayi.

      cek juga fesesnya. coba kasih tau saya.. :)

      maaf baru balas, saya baru pulang dari dinas.. :)

      Delete
  5. perlu penajaman insting. coba sering kasih pakan hidup.
    soal kurang nafsu makan, perlu diketahui apa penyebab dia kurang nafsu makan... :)

    ReplyDelete
  6. ikutan nanya dong....Dok saya punya 2 baby Poro 1. ukuran 55 cm dan satunya 40 cm, buakan satu indukan alias belinya beda2 tempat.....yang mau saya tanyakan amankah kalau keduanya saya simpan dalam satu tempat, soalnya saya takut saling melukai kan sayang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending pisahkan aja.
      meski kalau menurut saya, kalau keduanya kenyang, gak akan saling serang kok.

      kecuali kalau mas emang sengaja gak kasih makan keduanya hingga kelaparan, baru ada kemungkinan saling serang....

      Delete
  7. Dok porosus bisa di free room gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, maybe yes, maybe no. :D agak tricky emang mas: dibilang bisa, tapi ya sejinak2nya porosus pasti ada saatnya dia menyerang. semua reptil setau saya kayak gitu sifatnya, nggak bisa diprediksi. sebaiknya sih jangan, apalagi kalau ada anak kecil/balita di rumah mas... : maaf baru balas, saya habis sakit...

      Delete
  8. Dok porosus ane jamur an. cara sembuhin nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuaca lagi bagus (lagi cerah), mandikan dengan air campur larutan dettol cair (yang kayak teh).... abis itu jemur....

      jaga kebersihan kandang juga mas.... :)

      maaf baru balas...

      Delete
  9. dok saya mau tanya , saya di kasih temen baby porosus, kaki belakangnya lumpuh , apakah itu bisa disembuhkan , kalau bisa disembuhkan dikasih apa dan bagaimana penanganannya
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tebakan saya sih kena hind leg paralysis. penyakit kurang kalsium yang umum kena reptil baby. coba kasih asupan kalsium. kasih aja repcal di makanannya. jarang dijemur juga ya mas? bisa dijemur juga. jangan lama2 kalau baby. bisa kasih lampu UVB juga di kandangnya....

      gampangnya sih bawa ke dokter hewan terdekat aja.... :)

      Delete
    2. repcal itu merk obat atau apa ya dok, mohon maaf kurang pengetahuan , untuk disebut baby biasanya ukuran brp ya dok untuk porosus, baiknya untuk kandang kasih air atau kering ya dok
      thanks

      Delete
    3. repcal itu kayak suplemen. kalau repcal gak ada, pake exoterra juga bisa. exoterra lebih gampang dibeli di indonesia... exoterra bentuknya bubuk... :)
      gambar porosus baby bisa dilihat di artikel di atas.soal air, silakan mas baca di artikel di atas...

      Delete
    4. ow ya dok sekalian tanya , porossus ini kata temen yg handle sebelumnya sudah mogok makan kurang lebih 3 bulan , caranya gimana ya dok biar nafsu makan bisa kembali lancar
      thanks

      Delete
    5. nah ini pertanyaan baru. kenapa masih mas beli aja meski mas tahu dia mogok makan?
      silakan mas baca aja artikel penyebab mogok makan pada salvator, secara prinsip sama kok penanganannya...

      Delete
    6. untuk porosus ini gak saya beli dok, saya di kasih sama temen dmn temen udh gak sanggup pelihara krn lumpuhnya itu , makanya ini saya coba buat pelihara siapa tau bisa kembali normal , iya dok untuk porosus , alhamdullilah udh mau makan kmrn saya kasih katak kecil sama ikan lele kecil , yg jadi pertanyaan saya lagi , untuk vitamin asupan kalsium bentuknya apa ya? krn kan makannya dlm bentuk hidup dok...dan bercamur dengan air..
      selain dikasih asupan vitamin untuk kalsium ada cara lain ?
      thanks

      Delete
    7. kayaknya, gak ada cara lain selain kasih asupan kalsium, mas... mungkin jaga kebersihan air...

      menurut saya itu udah perkembangan bagus. dia udah mau makan artinya si porosus udah mulai baikan. kalau pagi ada matahari, mas bisa jemur barang 5 hingga 10 menit sebelum jam 9 pagi. jangan kelamaan ya mas. :)

      kasih saya kabar terus. dan coba kasih nama porosusnya... :)

      saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
    8. iya dok, terima kasih pencerahannya dok, semoga si popo bisa segera membaik...amin...

      Delete
    9. kasih saya kabar lagi ya mas...

      saya berdoa yang sama buat popo... :)

      Delete
  10. Dok kalo ditaroh di aquarium apa perlu dikasih lampu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu juga mas, tapi diset agar nggak terlalu panas. tujuannya agar suhu airnya stabil aja sebenernya... :)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Dok poro saya mendadak lemas , dan gerakannya pun aneh gak teratur , ibaratnya tepar gitu ,solusinya gimana ? Dan ini penyakit apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya suka merem, bener?
      nggak mau makan?
      berenangnya gimana? miring2?
      saya sih punya tebakan. tapi mending cek jawaban dari 2 pertanyaan itu dulu... :)

      Delete
    2. Dok, harga poro brp dok? Saya lg pesan kena 450, msh wajar ga dok? Klo mau chek jenis kelamin gmn caranya ya?

      Delete
    3. waduh, saya kurang tau harga porosus, hihihi. :D

      untuk jenis kelamin porosus, nanti saya buatkan artikelnya... :)

      Delete
    4. Iya mba dokter, saya tungu yah artikelnya..hehe susah bgt cari perbedaan ciri jenis kelamin buaya soalnya bu dok..

      Delete
  13. Yap seperti apa yg ditanya dokter diatas , bener banget , knp ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya balas di artikel semalam ya mas... :)

      Delete
  14. Minta solusi buat penanganannya juga , terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. melihara baby porosus nanti lama kelamaan bisa sebesar buaya muara asli gak?..

    ReplyDelete
  17. melihara baby porosus nanti lama kelamaan bisa sebesar buaya muara asli gak?..

    ReplyDelete
  18. baby porosus nanti pas udah besar sebesar apa?

    ReplyDelete
  19. dok kl vit atw kalsium buat buaya apa ya..dan belinya dmn? sy pny porosus 8bln makannya diet trs g byk...satu lg sy pny nova papua..oya kl nova papua hrs brada di dlm air trs atw gmn dok thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bida kasih exoterra buat asupan kalsiumnya. beli aja di kaskus, kayaknya ada yang jual. :)

      buaya nova papua atau buaya papua sebenarnya sama aja seperti memelihara porosus... :)

      Delete
  20. Oiya mank baby porosus tuh harus d kasih air ya?kl sesekali ga d kasih air gtu ga apa2 kan dok?kl ga apa2 bisa bertahan brpa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dikasih air sebenernya gak masalah, cuma kalau pendapat saya pribadi, kasih aja air di wadah agak besar (sekira dia bisa berendam di situ). wadahnya taruh di pojok kandang....

      sebelumnya mohon maaf karena saya baru bisa balas hari ini..... sibuk sekali semingguan kemaren.... :(

      kabari lagi ya bu... :)

      Delete
  21. Dok.... kalo porosus bagusnya di taro kandang sendiri apa di kasih hewan lain..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kandang tersendiri aja mbak... :)

      sebelumnya maaf karena saya baru bisa balas hari ini... :)

      Delete
  22. Dok....ciri ciri porosus sakit apa ya..? Kalo ada saya minta link dong... saya search ga ketemu :(

    Ada pin bbm .? Supaya mudah bertanya hehehe

    ReplyDelete
  23. dok ... koq poro saya lemas ya ? mata suka merem :3 makan juga gak mau :3 tahi-nya juga warna putih :3 tadi pagi saya coba jemur tapi dia malah nyari tempat untuk berteduh :( gimana yaa... ?

    ReplyDelete
  24. Dok mau tanya? Baby pororsus ukuran 45cman pola makannya brp hari sekali? Kalok diberi tikus putih bagaimana? Kalok dikandangin di tera kayu yang ada lampunya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, setau saya sih sekali sehari, mas. cmiiw. dan abis makan, jangan langsung diajak main, bisa muntah nanti dia.

      mungkin nanti saya susun artikelnya... :)

      Delete
  25. Dok mau tanya, kalau porosus saya di kandang ngak tak kasih air gimana dok,, tapi kalo pagi tak siram pake air. Itu gimana dok gakpapa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih gak masalah, cuma secara alami kan mereka bukan hewan darat. mereka ampibi. jadi ya baiknya mas kasih air, juga kasih daratan... bagusnya gitu...

      Delete
  26. Dok mau tanya, kalau porosus saya di kandang ngak tak kasih air gimana dok,, tapi kalo pagi tak siram pake air. Itu gimana dok gakpapa kan?

    ReplyDelete
  27. Hallo dokter, mau nanya dong masalah baby poro..

    Saya punya baby poro, kata owner sebelumnya sudah di test makan dengan jangkrik, tapi sudah saya adaptasi kan selama hampir 2 hari masih belum mau makan.

    Apa dokter punya saran agar baby poro saya mau makan lagi?

    Karakter dari baby poro saya saat ini masih jumpy dan terlihat sehat, untuk feses belum saya lihat karena dia belum buang air

    Kandangnya saya pakai kontainer ukuran 60x30 yang lebih besar dari badan dia, dan saya isi air sebatas perut dia. Apakah itu sudah cukup Dok?

    Mohon pencerahannya Dok


    GBU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas joseph... :)
      banyak sebab sih mas. tapi kalau udah pup, coba infokan fesesnya. tebakan saya, dia masih stress karena di lingkungan baru. bisa jadi juga karena suhu airnya terlalu dingin atau ada bahan kimia di airnya. mas yakin airnya bebas kaporit dan gak tinggi zat besi?

      saran saya, naikkan suhu airnya. dan jangan taro akuariumnya di ruangan ber AC. mas bisa kasih sedikit air hangat di airnya, agar suhunya meningkat sedikit. inget ya mas, jangan banyak-banyak. cukup agar suhu airnya meningkat aja sedikit....

      kabari kalau udah pup... :)

      Delete
    2. Terimakasih Dok atas responnya

      Tadi pagi saya sudah coba ganti airnya lagi(kembali memakai air PAM seperti sebelumnya) air PAM saya sudah di endap soalnya saya punya gentong air khusus untuk aquarium Dok

      Nah untuk masalah feses nya dia belum mau pup, tadi pagi sekalian saya jemur dan rendam air hangat.
      Puji Tuhan sore ini dia sudah mau makan jangkrik disusul 1 ekor ikan mas

      Dan poro saya bunyi gitu Dok , mungkin dia bahagia wkwkwk

      Delete
    3. fiuh, saya seneng dengernya! :D

      kabari terus ya mas. jaga suhu airnya. :)

      Delete
  28. Dok saya mau tanya baby poro tidak mau makan dok dan sampai lemas sebaik nya apa yang saya lakukan? Mohon bantuan nya dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab sih mas. terlalu banyak kemungkinannya.
      fesesnya gimana? mencret nggak?

      emang kalo baby porosus, emang kudu telaten banget peliharanya. ketidakstabilan suhu air biasanya yang jadi penyebab porosus sakit. tapi jujur, jujur saya takut kena crypto sih.

      kalau saya sarankan, mending bawa ke dokter hewan aja....

      Delete
  29. Dok,sy masih newbie, baru mau coba pelihara porosus, sellernya menyarankan saya supaya kasih nama ke porosusnya, biar dia nurut dan dipanggil bisa dateng, cara ajarin biar dia ngerti namanya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas... :(

      jinakin. caranya sering dielus, kasih makan pake tangan (disuapi)... :)

      Delete
    2. Setau saya porosus ga bisa pake metode bonding dengan pemberian nama.
      Cmiiw

      Delete
  30. Dok, memang benar cara membersihkan badan poronya menggunakan. Odol ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pake odol, tapi hati2. jangan sampe kena matanya.

      Delete
    2. Untuk bagian mulutnya (giginya) juga bisa sok ? Maaf takut salah soalnya kasian nantinya, terima kasih

      Delete
    3. bagian dalamnya? dalam mulutnya?
      jangan mas. untuk bagian luar aja. kulit badannya.

      Delete
  31. Memelihara porosus itu berurusan dengan hukum ngga ya dok ?
    Saya pengin melihara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tahu sih porosus bukan termasuk hewan dilindungi.
      itu yang saya tahu loh ya... CMIIW...

      Delete
  32. Dok poro saya ukuran 45cm udah 2 hari tidak mau makan, saya beli dari hari sabtu kemarin. Saran supaya mau makan bagaimana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya jangan sampe kedinginan, mas. biasanya karena itu. mas taro akuariumnya di luar rumah? kalau iya, pindahkan ke dalam.....

      atau bisa juga karena airnya kebanyakan. kurangin aja.

      Delete
  33. Thx ya dok atas artikelnya Sekarang Poro Saya Se Ukuran Paha Orang dewasa Dan Semakin Jinak..thx yh dokkk

    ReplyDelete
  34. dok supaya buaya jinak dapat dipegang dan dimandikan gmana caranya?

    ReplyDelete
  35. Dok kalo baby poro punggungnya saya gosok pake sikat ama pasta gigi gga papa kan dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tujuannya buat apa, mas? :)
      secara prinsip sih boleh aja... :)

      Delete
  36. dok, aku baru dapat 2 anakan buaya liar / muara, kira2 kalo saya pelihara bermasalah dengan hukum gak ? ada akun fb yang bs di add dok ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak punya facebook kecuali buat fanpage blog ini mas...

      setau saya sih nggak. atau belum. pelihara aja, banyak kok yang pelihara... :)

      Delete
  37. Hallo dok..
    Mau nanya nih, kalo untuk mencerahkan agar poro menjadi kuning gmn yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya nggak bisa mas, karena itu emang udah bawaan genetiknya. :)

      Delete
  38. Dok mau tanya air yang baik untuk baby poro air apa ya.?
    Air hujan atau air sungai.

    ReplyDelete
  39. dok ijin bertanya Poro saya ukuran sekitar 60 cm kok mogok makan ya, tips untuk mengatasinya bagaimana ya dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.