Apa Itu Musang One-man? | Drh. Fira Sovica

Istilah musang oneman

atau musang one man atau musang one-man (terserahlah!) memang baru saya kenal. Serius. Penyebabnya adalah adanya salahsatu owner musang yang datang ke klinik saya bersama musang one-man peliharaannya untuk berobat. Awalnya, saya sempat bertanya-tanya dalam hati tentang apa arti musang one-man. Selidik punya selidik dan usut ambil usut ternyata istilah itu mengacu kepada musang yang hanya jinak kepada satu orang saja, atau dalam hal ini: pemiliknya. Istilah one-man pada musang erat kaitannya dengan artikel imprint pada musang. Bagi anda yang ingin memelihara musang bulan, anda bisa membaca artikel merawat musang bulan.
Apa Itu Musang One-man?
Image taken from profauna.net
Seperti yang saya tulis di artikel imprint pada musang, musang kadang bisa jinak sendiri kepada satu orang bahkan tanpa dilatih. Bisa saja musang yang sangat galak ke orang lain menjadi jinak total ke satu orang, padahal si musang dan orang tersebut baru bertemu untuk pertama kalinya. Saya lebih senang menyebut fenomena itu sebagai imprint, meski banyak musang lover lainnya menyebut fenomena itu dengan sebutan one-man.
Hal tersebut sebenarnya bukan hal aneh. Semua hewan memiliki kecenderungan imprint. Ya, semuanya. Jadi tidak hanya musang saja. Anda yang masih penasaran tentang musang one-man bisa membaca artikel imprint pada musang yang link-nya sudah saya tulis di paragraf pertama.

Bagi yang masih penasaran tentang

musang one-man

bisa bertanya langsung kepada saya dengan mengisi form pertanyaan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

37 Responses to "Apa Itu Musang One-man?"

  1. dok saya mau tanya musang saya sudah berumur 8bulanan untuk sama saya dan orang di gendong dan taruh di pundak anteng2 aja tapi kalo mulut nya dekat dengan jari pasti nge gigit, itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok... karena memang mereka dasarnya hewan buas, mas... :)
      triknya, coba bebas jari dan tangan mas pakai kain sebelum handle... :)

      Delete
  2. Dok kalau musang jalan mundur kena bakteri itu kemungkinan bisa hidup berapa persen

    ReplyDelete
  3. Dok kalau musang jalan mundur kena bakteri itu kemungkinan bisa hidup berapa persen

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih besar mas persentasi kemungkinan hidupnya. jangan patah semangat. saya juga pernah punya anakan musang yang seperti itu. jaga kebersihan kandang dan rutin kasih jus buah pepaya. sesekali kasih air gula aren... semoga berhasil... :)

      jangan patah semangat.

      Delete
  4. Dok mau nnya nii,kan saya adop muspan dari masi belajar merangkak dan skrg umurnya 8 bulanan dan dalam kondisi birahi..
    Kenapa ya waktu umurnya mulai masuk 6 bulan dia gak mau dipegang org rumah/org lain ? Padahal org rumah sering kasih dia makan dan ajak main.. klo dipegang org lain dia pasti hissing dan kdang mau gigit org..
    Dan cara menanganinya supaya dia bsa dipegang org lain gmna ya dok ?
    Mohon jawabannya dok karna byk org yg mau megang dia apalagi anak2 tapi saya takut dia ngegigit org lain jadi gak pernah saya kasih org lain pegang lagi..
    Terima kasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lebih sering diajak ke keramaian biar dia terbiasa dengan manusia. lebih banyak yang sering megang dia lebih bagus. mas bisa coba gabung ke komunitas pecinta musang di kota mas, kemudian ikut gathering.... :)

      Delete
  5. Hampir setiap minggu saya bwa dia gathering kok dok.. tapi tetap aja klo dideketin org lain pasti dia hissing dan gigit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu mas ketahui bahwa musang, samaseperti manusia, memiliki karakternya masing2. mungkin memang karakter musang mas seperti itu. :)
      kalau saya lihat sih dia sudah imprint dengan mas. sudah terikat secara batin. kalian berdua sebenernya sudah tidak bisa dipisahkan. musang mas sering galak kalau liat mas dengan musang yang lain, betul begitu?? :D
      terus saja dilatih. memang butuh waktu, tapi saya yakin dia akan bisa jinak kepada siapa aja. dulu musang bulan saya saja seperti itu. kalau saya gendong musang temen, dia pasti langsung manjat badan sama terus gigit musang yang saya gendong. hahahaha. tapi toh akhirnya bisa jinak juga..... :)

      Delete
    2. Ia dok dia suka ngiri klo saya pegang musang lain..
      Ok lh dok makasih ya sarannya..

      Delete
  6. Dok kalau muspan usia 3 bulan bagus nya dikandangin di dalam ruangan/diluar ruangan? Dan kalau musang yang belum pernah dimandikan lalu dimandikan apakah akan menjadi galak? Tetimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih lebih menyarankan di dalam ruangan, musang umur berapapun itu.
      gak, memandikan musang gak bikin musang jadi galak... :)

      Delete
  7. Dok kalau muspan usia 3 bulan bagus nya dikandangin di dalam ruangan/diluar ruangan? Dan kalau musang yang belum pernah dimandikan lalu dimandikan apakah akan menjadi galak? Tetimakasih

    ReplyDelete
  8. Dok saya mau tanya.. sedangkan kalau musang takut one man maksudnya gmn ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih kurang mengerti dengan 'musang takut one man'.....
      kalau musang one man, penjelasannya di atas. :)

      Delete
  9. Dok sy mau tnya sya kan baru beli musang umur 4 bln di owner pertama jinak banget tp wktu 1 mggu d rmh sya ttep gigit ke sy dok ....?sy minta solusinya dok biar sih musang bs jinak ke saya...!trimah kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tanya ke mas: mas takut ama musang itu? karena musang bisa tahu perasaan kita, ownernya. kalau kita takut, biasanya mereka makin berani. bersikaplah biasa aja. namanya musang ya wajar gigit, baik itu becanda maupun serius. kadang kalau kita berani juga si musang malah makin sering 'ngerjain' kita....

      untuk referensi, silakan baca artikel saya cara agar musang anteng dan artikel cara agar musang tidak gigit....

      Delete
  10. Dok, musang saya umur 5 bulan gak sengaja keinjek kpala ny..
    Kmern sudh kolep, tpi skur ny msih hidup. Skrng sudh normal tpi tidak bisa menelan/mengunyah, slalu mau muntah, . Sperti keselek gtu dok..
    Mhon bantuannya.. trmks

    ReplyDelete
  11. Dok, musang saya umur 5 bulan gak sengaja keinjek kpala ny..
    Kmern sudh kolep, tpi skur ny msih hidup. Skrng sudh normal tpi tidak bisa menelan/mengunyah, slalu mau muntah, . Sperti keselek gtu dok..
    Mhon bantuannya.. trmks

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mending bawa ke dokter hewan terdekat aja mbak?
      saya takutnya ada disposisi rahang atau tulang. kalau dibawa ke dokter kan lebih jelas penyebabnya.....

      sementara, kasih minum sari kurma campur air aja agar daya tahan tubuhnya bagus. saya tetap menyarankan untuk membawa musangnya ke dokter hewan....

      Delete
  12. dok musang saya biar gk one man gimana ya umurnya 5 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sebenernya, mas. apalagi kalau mas udah imprint ama dia. mungkin bisa, dengan cara sering2 diajak main sama orang lain dan melihat kerumunan orang. atau sering2 ikut gathering di komunitas pecinta musang, tapi itupun kadang susah kalau emang dasarnya udah oneman.

      saya hanya bilang susah ya, bukan bilang nggak mungkin.. :D

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Permisi dok. Maaf mo numpang nanya. .
    Ni sya bru adopsi musbul. ketika sya coba mendekat kandang, dianya seperti mendesis, n ketika tangan saya memegang kandangnya, dia langsung menyerang kearah tangan saya. Padahal d owner sebelumnya dia sangat jinak n tenang, sampai d sini pun d dalam kandang dia msih tenang tp jinaknya hilang. .
    Menurut dokter, apa yg harus sya lakukan. .
    Maaf sbelumnya n trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum mas beli musangnya, mas udah liat sendiri ownernya main ama musangnya gak?
      kemungkinan one man sih ada aja. tapi jangan khawatir, masih bisa jinak lagi kok. mungkin emang dia lagi adaptasi aja.

      kalau dia lagi galak, masnya jangan takut. kalau masnya takut, musnagnya malah makin ngelunjak sama masnya. emang butuh pembiasaan sih, pelan2 aja jinakkinnya sambil mas belajar mengatasi rasa takut... :)

      Delete
    2. Klo sbelumnya sya liat sendiri, soalnya punya temen saya sendiri. . .
      Ow, jadi seumpama dia one man, one mannya bisa pindah y. . ?
      La itu, dia gigitnya serem dok, seperti bercanda( kakinya merangkul tangan sya ) tapi gigit beneran. . .
      Siap dok. .
      Oiya, makasih atas responnya dok n maaf klo ada salah. .

      Delete
    3. masih bisa, mas. dulu si bruno juga one man sama saya, tapi toh masih bisa jinak juga sama paman saya. sekarang si bruno sama paman saya itu... :)

      udah kayak kucing, liarin gitu aja di dalam rumah. :)

      rata2 gigitan musang cuma buat menakut-nakuti kita. mas. makanya kalau dia lagi kayak gitu, masnya jangan takut... kalau masnya takut, dia malah makin sering begitu... :D

      kabari terus ya mas... :)

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. bagaimana cara mengatasi musang oneman dok ?

    ReplyDelete
  18. bagaimana cara mengatasi musang oneman dok ?

    ReplyDelete
  19. dok bagaimana cara agar musang mau makan pisang sudah saya coba tak suapin tapi dilepeh tak dorong masuk tapi bisa dikeluarin lagi padahal sepertinya sudah masuk tenggorokam smp dalm terima kasih

    ReplyDelete
  20. dok bagaimana cara agar musang mau makan pisang sudah saya coba tak suapin tapi dilepeh tak dorong masuk tapi bisa dikeluarin lagi padahal sepertinya sudah masuk tenggorokam smp dalm terima kasih

    ReplyDelete
  21. Dok maaf mau tanya musang saya tibatiba kan seperti ada luka dipunggungnya, takutnya jamur dok. Apa bisa ilang dan gimana penanganannya.
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      lukanya gimana? berdarah gitu? apa gimana? apa kayak luka kering aja (kayak kerak)?
      kalau lukanya kayak kerak gitu alias luka kering, coba aja sering2 dimandikan. coba baca artikel saya cara memandikan musang.
      kalo lukanya luka basah (berdarah), mas bisa kasih betadine...

      Delete
  22. Dok, musang perlu disuntik vaksin gak?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.