Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur | Drh. Fira Sovica

Bayi musang lumpuh, jalan mundur, kepala diseret-seret, kadang disertai dengan mulut berbusa. Hal itu kerap terjadi, terutama pada owner musang belum berpengalaman dalam memelihara musang. Artikel

mengobati bayi musang yang berjalan mundur

saya tulis untuk membantu owner musang yang memiliki bayi musang yang sakit, terutama bayi musang yang kepalanya terseret, bayi musang berjalan mundur, serta anak musang yang mulut berbusa. Cara memelihara anak musang bisa anda baca di artikel cara memelihara anakan musang.
Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur
Image taken from http://blog.nus.edu.sg/
Mengobati musang yang kepala diseret-seret bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab bayi musang lumpuh. Berikut ini adalah penyebab bayi musang lumpuh dan berjalan mundur dan lumpuh:
  • Hipoglicemia, kadar gula rendah dalam darah.
Musang lumpuh dan berjalan mundur karena hipoglicemia biasanya terjadi karena musang lupa diberi makan atau sengaja tidak diberi makan. Namun, biasanya kasus kelumpuhan karena hipoglicemia hanya terjadi pada bayi dan anak musang.
  • Bakteri dan infeksi mulut.
Penyebab kedua dari anak musang berjalan dengan kepada diseret-seret adalah karena adanya bakteri di mulut dan adanya infeksi di mulut musang. Biasanya, bayi musang lumpuh yang disebabkan oleh adanya bakteri dan infeksi mulut juga disertai dengan mulut musang yang mengeluarkan busa.
  • Keracunan.
Hal ketiga yang menjadi biang kerok bayi musang sering jalan mundur dan di seret-seret adalah masuknya racun ke sistem pencernaan anak musang. Sama seperti penyebab kelumpuhan pada anak musang nomor 2, bayi musang berjalan mundur dan kepala diseret-seret akibat keracunan juga bisa menyebabkan musang berbusa mulutnya.
  • Benturan pada kepala.
Hal ini kerap terjadi pada bayi atau anak musang yang terantuk terali kandang agak keras. Kelumpuhan anak musang akibat benturan tidak disertai dengan mulut anak musang berbusa.
  • Malnutrisi.
Poin kelima ini adalah hal yang paling sering menjadi penyebab anak musang berjalan terseret-seret. Selain kekurangan makanan dari ownernya, malnutrisi juga terjadi karena bayi musang tidak lagi mendapatkan asupan susu dari induk musangnya. Maka, anak musang yang lumpuh akibat malnutrisi biasanya terjadi pada anak musang yang masih sangat muda, dibawah umur 2 bulan.
Dari beberapa sebab bayi musang lumpuh dan berjalan mundur serta berjalan dengan kepala terseret di atas, maka akan lebih baik jika anda melakukan treatment berikut ini untuk mengobati bayi musang yang lumpuh dan kepala terseret-seret:
  1. Cek feses musang.
  2. Indikasi kesehatan musang yang paling mudah adalah melalui warna fesesnya (tahi). Musang yang sehat biasanya memiliki warna feses yang sama dengan warna makanan yang dimakannya dengan bau yang tidak terlalu menyengat. Musang dengan feses dengan warna pucat atau berwarna mencolok dan memiliki bau menyengat, maka dipastikan ada yang salah dengan sistem pencernaan musang tersebut. Hal tersebut bisa menjadi penanda apakah ada bakteri (penyebab nomor 2) atau apakah musang tersebut keracunan (penyebab nomor 3). Selebihnya (selain penyebab nomor 2 dan nomor 3), maka biasanya warna feses akan normal.
  3. Jika penyebab bayi musang lumpuh dan berjalan mundur adalah nomor 2 dan 3, maka sebaiknya perbaiki asupan makanan.
  4. Berikan makanan secara teratur. Juga, jaga kebersihkan kandang musang. Berikan juga air madu murni sebagai minuman musang anda. Dua hari sekali, berikan jus pepaya kepada bayi musang anda.
  5. Jika penyebab bayi musang berjalan mundur dengan kepala terseret-seret adalah selain nomor 2 dan 3, anda bisa memberikan asupan air gula aren kepada musang peliharaan anda.
  6. Air gula aren dibuat dengan mencampurkan 5 sendok makan cacahan halus gula aren dengan 1 setengah gelas air mineral. Aduk larutan air gula aren tersebut dan berikan kepada bayi musang setiap pagi dan sore sambil terus diberi makan secara rutin. Biasanya, bayi musang yang lumpuh akan sembuh.
  7. Namun, tetap saja: saran terbaik saya untuk mengobati bayi musang yang berjalan mundur dan mulutnya berbusa adalah dengan membawanya langsung ke dokter hewan.
  8. Diantara ketiga

    cara mengobati anak musang yang mulut berbusa

    di atas, poin keempat ini sebenarnya lebih saya tekankan bagi anda. Ya, sebaiknya bawa segera bayi musang ke dokter hewan terdekat. Anda bisa mencari alamat dan nomor telepon dokter hewan terdekat dengan rumah anda di blog ini. Saya sudah menyiapkan alamat dan nomor telepon dokter hewan di blog ini. Terima kasih. (FS)

136 Responses to "Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur"

  1. Kalau diganti susu bayi sbg ganti susu indukan gpp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar bagaimanapun, susu dari induk musang tidak akan tergantikan oleh susu jenis apapun yang dibuat manusia... mungkin bisa memberikan susu khusus anak kucing, tapi tetap ada resiko sakit nantinya.... :)

      Delete
    2. Dok manfaat air gula jawa untuk baby musang apa ya?

      Delete
    3. bisa menambah energi, mas.
      sebenernya sih saya lebih menyarankan agar pake sari kurma aja dibandingkan air gula jawa. mungkin nanti saya update artikelnya... :)

      Delete
  2. Dok mau nnya muspan saya kok rontok yh dok bulu nya dsekitar hidungnya dok ?. Utk mkn selama 1bln ini bubur sun+susu cair dok dri awal adopsi umur 1minggu.. Gmn yh dok solusinya ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap habis makan, sisa makanan yang menempel dekat hidung dibersihkan dan dilap hingga bersih.... :)
      untuk yang terlanjur rontok, nanti bisa numbuh lagi kok... :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. dok mau tnya sya pnya musang umurnya kurang lebih 6 mngguan atau 1bln 2mnggu. dia pngennya ngedot susu melulu ga mau dikasih mkan apa2 cuma bubur bayi itu pun di harus dimasukan ke dotnya, dikasih pisang/pepaya ga mau. Pertanyaan saya kapan ya dok itu musang bisa lepas dari dotnya atau bisa minum & makan sendiri supaya ga ketergantungan sama itu dot? pernah saya coba di taruh di piring kecil susunya tpi dia ga mau minum dok, apa memang umuran segitu dia masih tahap harus di dot?

    nah trus dok kalo dia udah bangun tidur , dia suka aktif sampai lompat2 atau lari2 terkadang sambil gigit2 yg ia temui sperti kain,bantal atau pun tangan saya dok itu kenapa itu dok? seperti anak yg hyperaktif :D ga bisa diem

    mohon penjelasan yg lengkap ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya, tunggu sampai dia umur 2 bulan. lalu jangan dibiasakan ngedot lagi. takutnya nanti malah gak mau makan. coba nanti pas umur 2 bulan kasih aja bubur sun di tempat makan. taruh di kandang. mau dimakan atau gak, taruh aja. tiap 5 jam sekali, buburnya ganti dengan yang baru... :)

      oh, itu normal. umur2 segitu memang lagi seneng2nya eksplor. gak apa2. kalau mas mau, mas bisa kasih jari mas ke dia biar digigitin. gak terlalu sakit kan mas? :)
      tujuannya agar dia kenal bau tangan mas nantinya... :)

      salam dan sehat selalu buat musangnya...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. gak apa2 dikasih air gula aren. usahakan setelah diberi air gula aren, sisa airnya dibersihkan/dilap. kadang sisa air gula di bulu musang membuat bulu rontok....

      justru kalau menurut saya, gak apa2 dikasih makan asal sesampainya di tujuan, kandang tempat bawanya dibersihkan. mas bisa bawa pakai kandang portable yang biasa buat bawa kucing. kalau saya sih biasanya kalau bawa hewan, saya taruh dipangkuan sepanjang perjalanan. jangan menaruh kandang portable di bagasi ya mas, karena kasian.... kalau tidak punya kandang portable, bisa pakai box kardus yang dialasi kain....

      setelah sampai ke tujuan, kandang portable di bersihkan dan musangnya diberikan makan dan diberi minum air gula... :)

      Delete
  5. emang dok klo musang masa menyusui nya/wajib di kasih susu sampai usia berapa dok?

    ia dok di bawanya pke petcargo yg buat kucing

    trus dok kalo musang normalnya di mandikan nya berapa hari sekali? klo musang sya harus nya berapa kali sehari , saya pernah denger emang kalo terlalu sering memandikan musang nanti bulu musang nya akan pudar, memang benar begitu dok??

    maaf banyak tanya ya dok
    bytheway nanyanya bisa lewat hangout di google + ga dok? soalnya kalo lewat blog ga sesuai artikel :D ...... aku pernah kirim message 1 bln sebelumnya ke ibu dokter lewat hangout google + ko ga di respon ya hihiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kitten atau bayi musang menyusui hingga umur 2 hingga 3 bulan ke induknya.
      sebenernya, di alam sendiri musang gak mandi, mas. sama kayak kucing, dia biasanya menjilat-jilati bulunya kalau kotor atau merasa gak nyaman. kontur lidah musang serupa seperti kucing, bisa membersihkan kotoran dll.... intensitas mandi musang tidak akan membuat warna bulu musang pudar kok, kecuali kalau warna bulunya hasil bleaching (pewarnaan)....

      gak apa2 banyak tanya, saya malah seneng. untuk chat, bisa di menu chatting dengan saya. hanya akhir2 ini saya belum bisa online di konsole chat, jadi tidak bisa langsung menjawab via chat. banyak pasien akhir2 ini, banyak hewan sakit. kerjaan di rs hewan juga numpuk, hehehe....

      jangan sungkan kalau ada yang ditanyakan, mas.... :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. dok sorry nyelentang
    cara pakein harnes gimana ya
    si jiboon susah nih geraaaaaak muluk tapi dah jinak
    kalo main keluar suka kabur makanya pingin banget pakein harnesnya
    kalo dalem rumah aman2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara memasang harness pada musang bisa dibaca di artikel cara memasang harness pada musang.
      lebih baik, dibantu sama temen yang berpengalaman atau ke petshop terdekat. biasanya mereka bisa bantu memasangkan harness... gak mahal kok, paling bayar 20rbuan. orang bantu masang doang.

      semoga membantu.

      Delete
  8. dok,saya mau tanya,musang setelah di vaksin rabies,tahannya berapalama yaa,,pada tubuh si musang

    ReplyDelete
  9. dok mau tanya kenapa ya muasang ku akhir akhir ini ko jadi gemetaran 5 hari ke belakang normal tuh, terus dok ketika berjalan kepalaya suka mengangguk nganguk atau sperti menepelkan ke arah dadanya sambil kpalanya agak gemetar agak sempoyongan juga,trus juga klo bangun tidur kadang suka bersin2. padahal mulutnya ga berbusa,kandangnya bersih,matanya normal dok, kenapaya? umurya 1bln 3mingguan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan malnutrisi, meski sebenernya saya juga harus cek dulu kenapa... bisa diberikan air gula aren, seperti contoh di artikel di atas...

      Delete
  10. Dok mau tanya kenapa orang lebih banyak mencari musang jantan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kok. banyak juga yg cari musang betina. :)
      secara pemeliharaan, sama aja soalnya... :)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Misi dok sblmny maaf sy tny disini... Mau tnya ni... Muspan sy kok susah bgt ya makan... Musti dipaksa gt biar dy mau makan... Umur sih sktr 4 bln... Awalny tuh saya ksh makan ceker ayam... Kan muspan saya ada 4 tuh nah paginy yg 1 tuh lemes bgt badanny trs saya paksa ksh makan bubur sun trs sehat lg... Tp kok mpe skrg ud bbrp hari dy g mau makan... Knp y? solusiny gmn biar dy mau makan lg.... Sdh sy ksh scout emultion tp tetep aja dok g mau makan... Jd musti paksa trs... Kshn klo sy paksa trs...
    Mksh dok sblmny...

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya warna apa dan bentuknya apa mas? kalau fesesnya cair dan berbau menyengat, ada kemungkinan sakit. kalau fesesnya padat dan berwarna pucat, ada kemungkinan juga sakit.

      sementara kasih jus pepaya aja, kasih agak dipaksa gak apa2.... nanti lapor saya lagi..

      Delete
    2. Fesesny agak pucat dok... Tp g cair... Ok dok sementara ini sy kasih bubur sun...

      Delete
    3. Ngsh jus pepayany tiap ngsih makan ya dok?
      Trs kira2 brp hari dok bisa normal lg?

      Delete
    4. Dok musang sy fesesny ud normal dok jd seperti pepaya... Tp makannya tetep hrs dpaksa... Gmn dok baikny?

      Delete
    5. untuk memastikan sistem pencernaannya bekerja dengan baik, coba terus kasih makan pepaya selama 4 hingga 7 hari. setelah itu mas bisa coba kasih pisang yang dipotong2.... taruh saja di mangkuk kecil, dan taruh di kandangnya. jangan disuapi... :)

      Delete
    6. Siang dokter...
      Musang saya sdh mau makan sndiri cuman makannya sedikit2... Klo jus pepaya harus dipaksa dok... Badannya kurus krn makanny sdikit trs... Cara biar nafsu makanny bertambah gmn ya dok? Klo di kasih scout emultion cara ngasihny gmn dok? Campur air minum atau gmn... Mksh dok sebelumnya...

      Delete
    7. silakan baca cara menambah nafsu makan musang...
      cara memberikan scott emulsion bisa dengan memberikannya dengan langsung atau dicampur dengan makanan... :)

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Assalamu'alaikum. Dok saya mau tanya.. Saya punya musang yg baru sampe dari pengiriman, dan ketika saya buka boxnya ternyata musang mengalami kelumpuhan dari 2 kaki belakang sampai ekornya gak ada response sama sekali, dicubit pun gak berasa. yang saya mau tanyakan ini kenapa ya dok? Dan bagaimana cara penyembuhannya.. Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah sehari, apa ada perubahan? atau masih lumpuh?
      tunggu aja sampai besok. kalau memang besok masih belum ada perkembangan, bisa konsul kembali ke saya.... :)

      Delete
  16. Sampai hari ini sudah 3 hari dok, tapi belum ada perubahan. Bagaimana cara penyembuhannya ya dok untuk menghidupkan dan menggerakkan kembali sarafnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas/mbak coba mandikan dia dengan air hangat. itu saran terbaik saya. jangan terlalu panas, cukup hangat2 kuku saja. sekira kalau mbak masukkin tangan ke airnya, tangan mas/mbak merasa nyaman di dalam air.

      setelah dimandikan, keringkan dan tunggu 12 jam. jika belum ada kemajuan juga, lebih baik konsul ke dokter hewan terdekat.... saya telah menyediakan nomor handphone dan alamat klinik di blog ini yang paling dekat dengan lokasi mbak. silakan search aja di menu cari artikel.... :)

      Delete
  17. Dok musang saya hari ini saya lihat kepala nya di seret waktu jalan langsung saya kasih susu beruang dan udah baikan,2hari yg lalu saya liat dia makan kecoa terus langsung saya buang apakah mungkin penyebab nya karna kecoa itu tadi,dan apa yg sebaik nya saya lakukan untuk membuat keadaan musang saya kembali sehat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan juga karena kecoa itu mengandung bakteri yang membuat musang masnya begitu.....

      Sebaiknya jangan sampe musang memakan kecoa lagi mas. bersihkan area sekitar kandang.... silakan baca juga artikel di atas... :)

      Delete
  18. Dok muspan saya krg lbh umur 1,5 bln , nah klo minum susu pake dot kok sedikit2 gk mau banyak, skrg malah kelama2aan jd agak kurusan gtu dok , gmn tu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai pipet aja mas. atau suntikan kecil yang ada selangnya. beli di abang2 di depan sd impres... :D
      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
  19. Dok mau tanya kok musang saya kadang kalau jalan kepalanya diseret, tp kadang sembuh sebentar kadang diseret lg kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  20. Iya dok sudah saya coba saran yg di artikel dokter. Tp 3 hari ini belum ada perubahan, malah makin parah dok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya harus dibawa ke dokter hewan kalau memang makin parah. :(
      udah coba kasih air gula aren? dikit aja, 1 kali sehari.

      Delete
    2. Iyaaa, tp kadang2 dok. Kalo lagi kambuh parah ampe kaya mabok gitu, muter2 jadi kasian liatnya :'(
      Sudah dok :'(
      Kalo seperti itu knp ya dok? Apa gara2 jatoh dr ketinggian? Wktu saya lepas di ruangan dia naik2 ke atas trus jatoh berkali2 :'( apa karna benturan?? Memang setelah itu beberapa hr kemudian dia jd gemetaran, trus besokannya jalannya lgsung nunduk gitu dok :'(

      Delete
    3. kalau hanya kadang2, saya pikir dia udah mulai sehat.
      mulai sekarang, jaga makanannya. tetep kasih air gula aren sekali sehari. jaga juga kebersihan kandang... saya yakin dia bisa sembuh, soalnya saya juga dulu pernah nanganin kasus kayak gini, dan alhamdulillah sembuh... :)

      Delete
    4. Oh begitu ya dok, tp selama dia begitu saya kasih vit b complex, itu boleh gak dok.
      Maaf yaa dok saya jd bertanya terus :(

      Delete
    5. gak apa2. saya malah seneng jika ada yang bertanya... :)
      boleh aja dikasih vit b complex... cukup 2 hari sekali aja.. :)

      Delete
  21. Baik dok, trima kasih ya dok. Semoga baby muspan saya cepet sembuh :')

    ReplyDelete
  22. Dok.. Musang pandan saya ga berjalan mundur.. Cuman kepalanya kalo jalan diseret seret gitu udah 3 minggu jadi dia ga bisa lari lari kaya biasanya.. Apakah cara diatas bisa dilakukan untuk mengobati musang saya ?? Sepertinya dia kesungkur waktu freeroom. Mohon bantuannya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama caranya kayak di atas.
      mas juga bisa beli vitamin b complex merk IPI di apotik, satu butir potong 3 bagian sama besar, kasih 10 sendok air matang, aduk hingga rata, lalu minumkan 2x sehari.

      Delete
    2. Oh.. Iya saya akan coba saran dari dokter... Biasanya berapa lama proses penyembuhannya ? Maaf, saya banyak tanya..

      Delete
    3. lakukan saja dulu. kalau dalam waktu 1 bulan belum ada perbaikan juga, mending bawa ke dokter hewan... :)

      Delete
    4. Oh.. Iya..Kalau ke dokter hewan biaya pengobatannya berapa untuk mengobati penyakit seperti itu ? Apakah bisa lebih dari 200rb.. ?

      Delete
    5. gak, gak sampe 200k... :)
      datang aja dulu, bilang mau konsul, sama tanyain harga. kalau terjangkau, oke. kalau konsul doang murah... :)

      Delete
    6. Oh.. Gitu ya.. Iya saya akan coba dok. Saya ga tega liat musang saya seperti itu .yang biasanya lari lari kesana kemari.. Sekarang cuma tidur sama diem aja di kandangnya... Makasih dok atas sarannya...

      Delete
    7. sama-sama... :)
      silakan ke blog ini jika ada problem lagi... :)

      Delete
  23. Dok, musang saya masih umur 1.5 bln. awalnya jatuh, abis jatuh jln gemetaran&mundur. setelah 1 hari malah jadi lumpuh dok. cara pengobatannya gmna dok? masih bisa sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa bisa jatuh, mas? coba mas baca artikel saya cara mengobati bayi musang lumpuh dan berjalan mundur... cari dibagian cari artikel...

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Selamat Siang dokter, saya punya musang waktu pertama Adopsi umur 2,5 bulan, awal pelihara tidak ada hal yg aneh atau mungkin karna belum tau karakter dan kebiasaanya apa, tp yg saya tahu kalau dia sering ngusel2 di lantai atau lebih sering kepalanya tertunduk sambil berjalan (semacam orang struk), saya fikir awalnya karna dia terlalu ngantuk, jalan aja sempoyongan dan langsung geletak gitu aja (gak pandang tempat), tp kelamaan saya curiga kayanya ada yg gak beres, karna gejalanya makin hari makin sering dan bertambah aneh, kalo jalan dia suka jinjit, dan sering sekali berjalan dengan menunduk,sambil menyeret kepala,dan geletak gitu aja dan dimana aja? saran dong dokter, apa yg harus saya lakukan, dan harus brp banyak dosis yg saya gunakan setiap harinya untuk menyembuhkannya, karna gak tega lihatnya, sudah terlalu sayang sama "mimi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, udah berapa lama kayak gitu mas?
      saran saya mending bawa mimi ke dokter hewan terdekat. tebakan saya, mimi kena distemper. tapi semoga aja tidak. mas bisa baca artikel saya cara mengobati distemper pada musang, cari di bagian search, tapi hanya sebagai penambah wawasan aja... saya tetap menyarankan ke dokter hewan...

      selama ini kasih makan apa? jangan dikasih pisang dlu. paling banter, kasih bubur bayi promina dan atau buah pepaya matang diblender... :)

      sehat terus buat mimi. saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Maaf sebelumnya dok,saya mba bukan mas..hehe..
      Sudah mau hampir sebulan ini mimi begitu dok,kalo untuk kena distamper kayanya gak ya dok,makannya masih mau walaupun maunya cuma bubur sun yg rasa pisang aja,tp masih rajin,kemaren sempat di seling dengan pisang siem,awalnya mau,tp skrg gak mau lg,fasesnya juga bagus dok,sesuai sama warna makananya,masih aktif lincah,mau bercanda,loncat sana sini,tp kalo serangannya dateng langsung kaya orang struk gitu dok,yg kepalanya diseret,jalannya mundur,tangannya di tekuk suka jinjit,gak tega liat nya.
      Sudah berjalan hampir seminggu lebih ini sudah saya kasih vit B1 ipi,2 hari awalnya ada perubahan lebih baik,tp setelahnya knp malah jadi makin parah ya dok?
      Saya sudah mulai bingung hopless dok,takut mimi sampai knp2,kalo untuk di bawa ke dokter hewan di daerah rumah saya masih jarang dokter hewan yg mengerti musang dok,kalo boleh saya minta contact dokter,atau mau langsung saya bawa mimi ketemu sama dokter boleh?
      Makasih sebelumnya

      Delete
    3. oh, maaf mbak, hehehe. :D
      mbak daerah mana? mending gini aja. gabung ke grup pecinta musang di kota mbak. cari aja di facebook. biasanya mereka punya rekomendasi dokter hewan yang biasa dikunjungi kalau ada musang yang sakit. sesekali ajak gathering ama pecinta musang yang lain. :)

      ya semoga aja gak distemper, namun kan yah siapa tahu? saya juga gak bisa melihat langsung musangnya... :)

      Delete
  26. Dok bayi musang saya sekitar umur 3 bulanan jalannya udah 4 hari ini nunduk nunduk terus dok kaya bongkok. Aktifitasnya masi aktif, tapi jadi nabrak nabrak kalo pecicilan. Untuk pertolongannya gimana ya dok, kasian..

    ReplyDelete
  27. kalo boleh sya minta alamat klinik ibu dokter aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. klinik saya udah tutup karena saya lebih banyak disibukkan oleh kegiatan di instansi tempat saya bekerja, mas.... dulu buka di dekat rumah saya di daerah bogor, jawa barat... :)

      Delete
  28. Dokter sy mau tanya, musang sy kira" berumur 3 bulan, sudah 1 minggu sakit dan saat ini jalannya mundur dan kepala diseret, kalau diberi air gula aren tidak diminum, tp nafsu makannya bagus, kotorannya pun normal. kenapa ya dok mohon masukannya ? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih larutan air kelapa campur sari kurma. jaga juga pola makan, jangan sampe kelaparan.... lakukan selama seminggu penuh ya mas, lalu infokan lagi...

      Delete
  29. Selamat pagi dok....
    Dok saya rawat musang saya dr umur 1.5 bulan sampai skrg umur 6 bln nah awal saya rawat lincah muter2 naik2 makannya banyak. Setelah jalan ke umur 6 bulan musang saya jd suka tidur aja dan kalo jalan jd lambat dan menggunakan dagunya untuk ngebantu dia jalan....mohon bantuannya ya dok saya harus gmn? Terima kasih banyak ya dok sebelumnya

    ReplyDelete
  30. Dok mau tanya ni dok
    Musangku umur 2bulanan, kok kyk nunduk2 gitu
    Tp gak selalu, kalo baru bangun tidur dia normal dok jalannya
    Nah udah agak lama baru dia nunduk gitu
    Trus klo udah nunduk2 kyk sempoyongan gitu dia senengnya nempelin lehernya di suatu tmpat gitu kyk nyaman jadinya, itu kira2 kenapa ya dok?
    Melihat dari fasesnya normal aj warnanya sama kyk yg dia makan trus bentuk gak cair n gak bauk normal gitu
    Lincah si lincah bgt msh sering ngajak main
    Jd itu knpa ya dok? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  31. Selamat malam Dok
    Saya mau tanya sedikit, muspan saya umur 2 bulan, awalnya sempet kena masalah pencernaan, trus saya ikuti saran dokter dengan memberikan air kelapa dan salak yg dihaluskan... Alhamdulillah 1mgg ini udah sembuh.
    Tapi sekarang kok suka gemetaran dan jalannya sedikit mundur... Kepala juga diseret...
    Faesesnya normal dan tidak berbau
    Nafsu makan juga normal...
    Barusan saya kasih air madu dia minum lahap sekali sekitar 30-40ml, trus tidur... Pas dia bangun udah normal lagi langsung jalan biasa dan sempat main beberapa menit... Kemudian balik lagi kepala diseret...
    Ini namanya kena penyakit apa ya dok?
    Trus setelah therapy cara diatas, butuh waktu berapa lama sampai sembuh, atau berapa lama therapynya sebelum dibawa ke dokter?
    Makasih ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gejala distemper.
      coba kasih air kelapa campur sari kurma. bisa juga pake air madu sih, tapi bagusnya air kelapa campur sari kurma. jaga pola makan ya mbak. terutama asupan kalsiumnya....

      infokan saya soal fesesnya... :)

      Delete
  32. Selamat siang Dok Fira
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih, anak musang saya udah mendingan nih, feses sudah gak cair, kepala sudah gak diseret, cuma masih agak gemetaran dan bulu saya perhatikan agak rontok... Trus badan juga agak kurus ya...
    Mohon info untuk selanjutnya gimana dok?
    Saya masih menggunakan dot kucing untuk makannya (bubur sun, sari kurma, air madu, sesekali air kelapa, dan sesekali pisang, scot emulsion setiap 2 hari)
    Apakah sudah boleh diberi makanan lain melihat kondisi kesehatan si "alpha" yg masih gemetaran, tapi udah lincah dan ngajak becanda terus sambil gigit2 jari.
    Kemudian apakah dengan kondisi di atas boleh dimandikan?
    Terimakasih infonya Dok Fira
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya mohon maaf karena baru bisa balas sekarang. saya sedang sakit saat ini, hihihihi... doakan saja agar lekas sembuh...

      syukur kalau alpha sudah mulai mendingan. terus berikan treatment yang saya sarankan. so far sih sebenernya jaga pola makan yang ada sekarang aja. mungkin kasih asupan kalsium lebih aja dari pakannya. mbak bisa beli exoterra kalsium bubuk khusus reptil (bisa juga buat musang). kasih aja sedit, campur makanannya, 2 hari sekali.

      selain itu, jaga betul2 pola makan. jangan dikasih susu.

      saya tunggu kabar alpha lagi...

      Delete
  33. Selamat siang Dok Fira
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih, anak musang saya udah mendingan nih, feses sudah gak cair, kepala sudah gak diseret, cuma masih agak gemetaran dan bulu saya perhatikan agak rontok... Trus badan juga agak kurus ya...
    Mohon info untuk selanjutnya gimana dok?
    Saya masih menggunakan dot kucing untuk makannya (bubur sun, sari kurma, air madu, sesekali air kelapa, dan sesekali pisang, scot emulsion setiap 2 hari)
    Apakah sudah boleh diberi makanan lain melihat kondisi kesehatan si "alpha" yg masih gemetaran, tapi udah lincah dan ngajak becanda terus sambil gigit2 jari.
    Kemudian apakah dengan kondisi di atas boleh dimandikan?
    Terimakasih infonya Dok Fira
    Salam

    ReplyDelete
  34. Malam Dok Fira
    Anak muspan saya sepertinya kumat lagi nih, kepala diseret trus Jalan juga mundur, faesesnya kalau makan bubur sun padat dan tidak berbau, warna agak pucat.
    Sedangkan kalau dikasih makan buah (pepaya atau pisang) yang dihaluskan faesesnya agak keras... Setiap hari saya kasih therapy air kelapa + sari kurma atau gula aren.
    Cuma sekarang kok malah tambah parah ya, makin lumpuh udah gak bisa bangun... Kalau mau dibawa ke dokter di daerah jaksel dimana ya dok?
    Tempo hari saya bawa ke klinik dok alit cuma dikasih obat anti kejang saja dan gak dikasih info atau saran apa2...
    Makasih infonya Dok Fira

    ReplyDelete
  35. Malam Dok Fira
    Anak muspan saya sepertinya kumat lagi nih, kepala diseret trus Jalan juga mundur, faesesnya kalau makan bubur sun padat dan tidak berbau, warna agak pucat.
    Sedangkan kalau dikasih makan buah (pepaya atau pisang) yang dihaluskan faesesnya agak keras... Setiap hari saya kasih therapy air kelapa + sari kurma atau gula aren.
    Cuma sekarang kok malah tambah parah ya, makin lumpuh udah gak bisa bangun... Kalau mau dibawa ke dokter di daerah jaksel dimana ya dok?
    Tempo hari saya bawa ke klinik dok alit cuma dikasih obat anti kejang saja dan gak dikasih info atau saran apa2...
    Makasih infonya Dok Fira

    ReplyDelete
  36. Selamat siang Dok Fira
    Mohon infonya mau konsultasi ttg anak muspan saya sejak usia 2 bulan kena penyakit jalan mundur... Fase pertama jalan sedikit mundur, poopnya masih padat... Kemudian dikasih sari kelapa sama madu + obat kejang dari dokter, dia berangsur sehat dan normal kembali... Dilanjutkan fase ke 2 setelah kondisinya sehat malah poopnya yang cair kemudian saya fokuskan dibwrikan air kelapa, madu murni, sari kurma, scots... Kondisinya berangsur membaik... Poopnya sudah padat lagi... Lanjut fase ketiga Musang mulai jalan mundur, kepala diseret, poop agak cair namun gak berbau... Bulu mulai rontok, banyak jamur di sela2 jari kaki... Mulai ngelupas kulitnya... Saya therapy pepaya dan air kelapa ditambah vitamin B complex, minyak ikan (selama sekitar 2mgg)...lanjut ke kondisi saat ini, muspan sudah membaik gak gemetaran, kepala sudah gak diseret, poop sudah normal... Cuma sekarang matanya ada katarak dan character yg agak berubah... Jadi pendiam dan kadang2 menggigit beneran bukan bencanda lagi... Kenapa ya Dok...
    Apa yang harus saya lakukan supaya kondisi musang bisa seperti ssedia kala..
    Terimakasih Dok Fira

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan riwayat penyakit yang ada, apa nggak lebih baik dibawa checkup ke dokter hewan terdekat atau rumah sakit hewan terdekat, mbak? kalau mbak di jakarta, mbak bisa bawa ke RSH daerah ragunan (deket bonbin), kalau mbaknya di surabaya, mbak bisa bawa ke RSH unair.

      lebih baik checkup saja mbak.

      dan coba kasih ramuan kesehatan musang racikan saya, ada kok artikelnya.

      saya ada banyak tebakan mengenai penyakit musang mbak, namun lebih baik bawa ke drh aja dlu biar lebih jelas.....

      saya tunggu kabarnya ya..

      Delete
  37. Selamat siang Dok Fira
    Mohon infonya mau konsultasi ttg anak muspan saya sejak usia 2 bulan kena penyakit jalan mundur... Fase pertama jalan sedikit mundur, poopnya masih padat... Kemudian dikasih sari kelapa sama madu + obat kejang dari dokter, dia berangsur sehat dan normal kembali... Dilanjutkan fase ke 2 setelah kondisinya sehat malah poopnya yang cair kemudian saya fokuskan dibwrikan air kelapa, madu murni, sari kurma, scots... Kondisinya berangsur membaik... Poopnya sudah padat lagi... Lanjut fase ketiga Musang mulai jalan mundur, kepala diseret, poop agak cair namun gak berbau... Bulu mulai rontok, banyak jamur di sela2 jari kaki... Mulai ngelupas kulitnya... Saya therapy pepaya dan air kelapa ditambah vitamin B complex, minyak ikan (selama sekitar 2mgg)...lanjut ke kondisi saat ini, muspan sudah membaik gak gemetaran, kepala sudah gak diseret, poop sudah normal... Cuma sekarang matanya ada katarak dan character yg agak berubah... Jadi pendiam dan kadang2 menggigit beneran bukan bencanda lagi... Kenapa ya Dok...
    Apa yang harus saya lakukan supaya kondisi musang bisa seperti ssedia kala..
    Terimakasih Dok Fira

    ReplyDelete
  38. Sudah dicoba dibawa ke dokter hewan terdekat, cuma dikasih obat kejang aja Dok...
    Kelihatannya harus dibawa ke yang lebih paham soal musang

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dicoba kasih ramuan racikan saya? :)

      Delete
    2. Dok, saya mnta tlong pencrhaanya dong. Anak musang saya tiba2 jalannya sambil menggosokan pantatnya ke lantai?? Itu knpa dok, bntu saya dok ksihan musang sya nnti :( trimakasih

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      sekarang gimana keadaan musangnya mas? coba kasih ramuan kesehatan musang.....

      mas bisa juga baca artikel saya di atas.

      Delete
  39. dokter saya mau nanya, musang saya umur 2bulan kurang lebih kok jalanya mundur ya? setelah saya kasih makan bubur cerelac yang beras merah? kenapa ya dok? tolong dong penjelasanya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada penjelasannya di artikel diatas. baca dulu, mas. :)

      Delete
  40. Udah dok
    Ramuan special...
    Sekarang saya perhatiin kayanya kena scabies sama katarak nih...
    Obat katarak yg bagus selain therapy dokter merk apa ya?
    Trus kalo untuk scabiesnya dikasih biodin spray boleh gak?
    Makasih dok Fira

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk katarak dan scabies, udah ada artikelnya. cara mengobati katarak pada mudang. dan artikel cara mengobati scabies pada musang...

      untuk pemberian biotin, lebih baik konsul dlu ke dokter hewan terdekat. sekalian dibawa musangnya... :)

      Delete
  41. Malam dok.. Dok maaf sy mau tnya muspan saya usia 2 bln klo jln dseret kplanya dan sering bunyi nyaring ky ksakitan.. Sprtinya smnjak d obati sakit scabies pakai scabimith.. Kalau krcunan ( krn "toby" prnh tdk sngaja mnjilat scbimith) sy ksh susu beruang dl blh tdk dok? Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? kalau musang yang keracunan biasanya fesesnya jadi mencret.

      jangan dikasih susu beruang. bahaya. coba mas baca artikel saya, ramuan kesehatan musang. kasih ramuan itu aja.

      Delete
  42. Dok muspan saya umur 2 bulan gak pernah mnum di wadah, di kasih air gula aren dalam dot juga gak serr kyla nya cuman air yg trcampur bursun gakpp dok ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas kasih air campur sari kurma terus taro di kandangnya, dia mau minum gak? coba aja.
      menurut saya sih kasih makan aja gak apa2, dia bisa dapet asupan air dari bursun-nya. meski begitu, tetep sediakan wadah minum berisi air di kandangnya..

      Delete
    2. Terus gimana cara nya ngobati musang saya yg jalan nya mundur kdang lumpuh smntara klo udah tenang normal lgi ?? di kasih air gula aren paksa ksian dia nya dok untuk fases nya normal aja masih di kasih vit b (ipi) bagus gak dok buat dia ??

      Delete
    3. obatnya ada di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang. coba mas baca aja artikel itu....

      kalo bisa, jangan dikasih air gula, mas. malah tambah sakit. kasih kurma tahniq aja...

      Delete
  43. dok mau tanya Cara pemberian kurma tahniq langsung ke mulut musang atau di taruh ke makanannya? umurnya 1,5bln

    ReplyDelete
  44. Drh.fira tolong...musang sy kmrin di ajak gath..dimainin sama pengunjung, gasaya awasii eh pas saya liat dia udh dibawa da udah ketakutan plus kaki kaya kesakitan jalannya mundur dan strike

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas gak awasi? :(
      kemungkinan insiden itu mas, entah jatuh atau gimana. yang pasti kakinya kenapa2. dia jalannya agak pincang ya?

      jangan sesekali lagi meninggalkan musang tanpa diawasi, apalgi di tempat rame kayak gitu....

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Selamat Malam dok. Dok musang saya waktu berjalan agak gemetaran. Terus fesesnya bebusa warna kuning. Usia 22 hari. Apa penyebab dan solusi nyembuhinnya gimana ya dok? Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. * jangan dikasih susu. kasih bubur bayi promina aja sebagai makanannya.
      * kasih minum air kelapa campur sari kurma sehari 2x...
      * jaga kebersihan kandang
      itu aha sih mas.

      Delete
  47. Dokter muspan saya umurnya 2bln lebih tiba2 jalannya mundur dan kepalanya di seret itu penyebabnya apa dan bagaimana cara mengatasi nya?

    ReplyDelete
  48. Dokter muspan saya umurnya 2bln lebih tiba2 jalannya mundur dan kepalanya di seret itu penyebabnya apa dan bagaimana cara mengatasi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. * jangan dikasih susu. kasih bubur bayi promina aja sebagai makanannya.
      * kasih minum air kelapa campur sari kurma sehari 2x...
      * jaga kebersihan kandang
      itu aha sih mas.

      Delete
  49. Dok kan saya punya muspan lima, yang udah gede ada tiga, kalo yang masih bayi ada dua, yang satu itu (minu) kalo jalan mundur apa karena baru diadopsi yaa?, terus yang satunya (miko) masih bayi tapi kena katarak, terus saya Kasih obat tetes mata rohto, nah terus kok musang saya yang pertama kali saya adopsi (bindun) jadi galak ya, padahal pertama adopsi dia udah jinak banget, terus yang satunya itu (bondan) saya adopsi udah dipangkur sama ownernya yang pertama, nah dia itu jadi takut gitu sama musang yang lainnya, padahal dia jantan terus badannya gede, tapi dia gk galak, bahkan dia lebih jinak dari yang lainnya.

    Sekar Azzarah (Kar)
    Oh iy dok si miko itu kulit telapak kakinya ngelupas, nah saya baca di artikel dokter sebelumnya itu katanya suruh pake minyak zaitun, kalo minyak zaitun sama kemiri yang dibakar terus dihaluskan boleh atau tidak dok?, terus musang saya ada yang baru diadopsi Bulan lalu namanya mika, dia itu nurut sama bapak saya tpi kalo yang gak mau kenapa ya?, terus dia maunya berantem mulu sama musang yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. yuk kita bahas satu2. tapi saya mau tanya: punya musang segitu banyak gak kesulitan?

      1. soal bayi musang yang berjalan mundur, udah ada artikelnya. noh, di atas. baca aja dan praktekkan. :p
      2. emang suruh siapa musang katarak dikasih rohto?? :(
      jangan asal, mbak. malah membahayakan nantinya. yang katarak pindahkan ke kandang lain, jangan disatuin, terus praktekkan artikel saya CARA MENGOBATI MUSANG KATARAK. yang katarak, masih bisa liat nggak?
      3. soal si bindung, saya kurang tahu kenapa dia jadi galak. udah berapa lama pelihara? terus sehari diajak main berapa lama?
      4. malah bagus kalo si bondan udah jinak. saya kira bukan karena giginya udah dipotong. :)
      5. soal bagus mana minyak zaitun atau minyak hasil bakaran kemiri, saya sih lebih menyarankan minyak zaitun. :)
      6. musang bulan mas lebih nurut sama ayahnya mas karena mungkin dia udah imprint sama ayahnya mbak. apa itu imprint? bisa dibaca di artikel IMPRINT PADA MUSANG...

      sehari2 mbak semua yang ngasuh semua musang itu?
      kalo mau jinak, lebih baik mbak yang ngasuh mereka tiap harinya....

      Delete
  50. Oh iya terus kalo misalnya kan saya Kasih jus pepaya atau jus wortel,tapi jus wortel atau jus pepaya nya itu udah saya bikin terus disimpen di wadah yang kedap udara, itu ngilangin kadar vitaminnya gak sih?, terus kalo semisalnya si miko saya Kasih obat mata cendo xitrol boleh gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas... :(

      bisa sih ditaro di wadah kedap udara dan ditaro di kulkas. gak apa2. tapi pas mau dikasih, didiamkan dulu di ruangan terbuka sampe gak dingin lagi. :)

      kalo soal obat matanya, saya menyarankan mending jangan, mbak.

      sementara ini biarin aja mereka tidur bareng. saya khawatir kalau dipisahkan malah stress nantinya. biarin aja. :)

      kabari lagi ya mbak. dan sekali lagi, maaf banget karena baru balas...

      Delete
  51. Oh iya miko kan punya kandang tapi sehari harinya dia gak pernah dikurung dikandang sama kayak si minu, nah biasanya mereka kalo tidur pasti dikandang yang sama, itu cara misahinnya gimana?, apa harus dikarantina?, oh iya, miko juga masih bisa lihat tapi jarak dekat, kalo jarak jauh dia gak begitu bisa lihat.

    ReplyDelete
  52. Dok saya mau nanya nih musang saya masih baby kira kira 2 bulanan. Tadi dia sempet kejang dan kaku badan nya saya tepok tepok sadar dan mulut keluar busa. Terus sekarang jalan nya nunduk mulu. Itu kenapa ya dok mohon balasan nya

    ReplyDelete
  53. Dok mau nanya lagi nih.. Si minu kan sering dijailin miko, terus lehernya itu kayak keseleo gitu, nah dia kalo jalan nunduk, terus dia tiduran tapi posisinya kayak naro kepala gitu, habis itu dia tidur juga gak tenang kayak ngerasain sakit dilehernya gituu, itu solusinya gimana ya dok?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. minu itu musang ya mas?
      umurnya masih anakan?
      bener?

      maksudnya sering dijailin gimana?

      kalau mas tekan lehernya pelan-pelan, minu kesakitan nggak?

      olesin minyak urut aja di bagian lehernya yang sakit. langsung kenain ke kulitnya, jangan kena bulunya doang... :)

      sementara pindahkan ke kandang lain...

      oh ya, kasih sari kurma tetes (merk tahniq), setetes setiap hari

      Delete
  54. Ok dok!,maksudnya itu sering banget digigitin buntutnya ya kayak ngajak bercanda gitu.... Oh ya dok jangan panggil saya mas dong saya cewek :v, terus juga saya masih kelas 1 sma

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, hehehehe. maaf mbak sekar. :D
      iya, sari kurma tetesnya langsung ditetesin ke mulut aja..

      dan musangnya jangan dikasih susu. gak cocok.

      Delete
  55. Oh ya dok itu Sari kurmanya ditetesin langsung ke mulut nya atau dicampur ke susunya?

    ReplyDelete
  56. Oh ya dok itu Sari kurmanya ditetesin langsung ke mulut nya atau dicampur ke susunya?

    ReplyDelete
  57. Ohh ok, terus kalo gak dikasih susu makannya gimana?, apa emang gak usah minum susu, atau dikasih jarak habis minum sari kurma sama susu?, maaf nanya mulu wkwkwk :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, saya malah seneng bisa bantu2... :D
      coba aja kasih bubur bayi promina. :D

      Delete
  58. Permisi dok, Muspan saya dah 2 hari ini kepalanya nunduk mulu dok trs agak gemetar juga kepalanya klo lagi jalan, tapi makan sama main masih aktif dok cuma kepalanya tetep nunduk,kira kira solusinya gimana ya? Muspan ya umur -+3bln

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel di atas
      dan artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang...

      kasih obat yang saya tulis di artikel itu...

      Delete
  59. Permisi dok, sy mau nanya knp yah 3 hari ini muspan saya jalannya nunduk2 Dan sempoyongan, kadang tiba2 jatuh begitu aja.. Sy kasih gula aren tp muspannya ngga mau.. Solusinya gmn dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, saran saya, coba kasih air kelapa campur sari kurma, mbak... pagi dan sore kasih itu...
      untuk makanannya, kasih bubur bayi promina...

      Delete
    2. Bubur bayi prominanya yg rasa apa dok.. Maaf baru bls

      Delete
  60. Dok minta saran nyah musang saya jalan nya mundur sama muntah berbusa gmn cari mengobati nya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.