Daging Yang Bagus Untuk Makanan BOP & Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

syarat daging yang bisa digunakan sebagai makanan burung hantu

dan bop. Artikel jenis daging yang baik sebagai makanan burung hantu ini juga sebagai referensi daging yang baik digunakan sebagai makanan burung hantu dan bop. Artikel lain tentang bop dan burung hantu lainnya antara lain cara memelihara alap-alap.
Berikut adalah beberapa syarat daging yang akan diberikan sebagai makanan burung hantu dan bop:
Daging Yang Bagus Untuk Makanan BOP & Burung Hantu
Image taken from birdforum.net


  1. Memiliki sedikit serat atau memiliki serat yang halus, maka daging kuda sebaiknya tidak digunakan sebagai makanan burung hantu dan bop.
  2. Memiliki tekstur yang halus serta minim lemak, maka daging yang sudah direbus atau dibekukan serta daging babi tidak cocok sebagai makanan bop dan burung hantu.
  3. Tidak memiliki elemen lain yang menempel dalam daging, maka daging ikan yang masih memiliki sisik dan memiliki banyak tulang ikan tidak cocok dijadikan makanan bop dan burung hantu.
  4. Mengandung bahan kimia, maka daging yang diawetkan dengan bahan kimia tidak cocok dijadikan makanan burung hantu.
  5. Mengandung bakteri, maka daging yang sudah busuk dan/atau berbau tidak boleh dijadikan sebagai makanan burung hantu dan bop.
Dari

kriteria daging yang baik digunakan sebagai makanan burung hantu

di atas, maka bisa saya simpulkan bahwa jenis daging yang bagus untuk makanan burung hantu dan bop antara lain bayi tikus putih, daging sapi segar, daging anak ayam tanpa atau minim bulu dan tulang, serta daging burung kecil (emprit dan puyuh). Mengenai cara mengolah daging burung emprit dan puyuh menjadi makanan burung hantu dan bop, anda bisa membaca artikel cara menyiangi emprit dan puyuh menjadi makanan bop dan burung hantu.
Demikian adalah beberapa syarat daging yang baik digunakan sebagai makanan burung hantu. Semoga artikel di atas bisa menjadi acuan bagi anda para pecinta bop dan burung hantu. Terima kasih. (FS)

159 Responses to "Daging Yang Bagus Untuk Makanan BOP & Burung Hantu"

  1. Menurut dokter utk daging sapi yg cocok untuk diberi ke owl yg beli di tukang daging tradisional di pasar atau beli di swalayan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bagus yang dibeli di pasar tradisional dengan syarat dagingnya bebas bahan kimia dan masih segar,,,, :)

      Delete
  2. dok burung hantu saya namanya jon dia udah punya bulu bulu kapasnya udah mulai hilang saya tadi kasih burung piit/emprit dia telen langsung itu gapapa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, lebih baik pilih anakan piit/emprit yang bulunya dikit mas... :)

      Delete
  3. dok burung hantu saya namanya jon dia udah punya bulu bulu kapasnya udah mulai hilang saya tadi kasih burung piit/emprit dia telen langsung itu gapapa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, lebih baik pilih anakan piit/emprit yang bulunya dikit mas... :)
      alias pilih baby emprit... :)

      Delete
  4. Dok bwk ngeluarin pelet apa it biasa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal dan wajar.
      agar tidak sering mengeluarkan pellets, coba makanannya kasih bayi tikus atau emprit yang bulunya sedikit (bayi emprit)...

      Delete
  5. Slm kenal. Mbak mau tnya apakah celepuk bisa diberi pakan alternatif pellet/ pur pakan jadi( ex: catfood/ birdfood) & mau minum sendiri di tmpt minum yg disediakan??, soalnya kalo ditinggal (menginap) biar ndk kelaparan & sy gak kepikiran celepuknya.
    Nb: celepuk muda udh 6 bulan, selama ini sy kasih jangkrik & usus ayam langsung dari tangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal makanan, jawabannya tidak bisa.
      kalau soal minum, ada dua opsi. kalau burung hantunya sudah 100% percaya dengan anda, dia akan minum sendiri. kalau anda baru memelihara owl, dia tidak akan minum sendiri karena sifat dasar owl adalah tidak percayaan dengan owlnya. jadi lebih baik jika baru2 memelihara owl, mending diberi minum dengan tangan...

      usus ayam kurang bagus buat celepuk mas....

      Delete
    2. Ow gitu, soalnya pernah sy tinggal sehari kelaparan bgt owlnya udh disiapin pelet jadi untuk burung cendet ndak dijamah juga.
      sy kasih usus ayam soalnya ndk beli alias free tp sehat kok owlnya mbak udh 6 blnan sama sy. Jd ndak bisa ditinggalin lama nih. Thanks for info n sharingx

      Delete
    3. Nb. Untuk minum apa perlu disiapin jg mbak, maksudnya kalo sewaktu2 haus celepuk ndak nunggu sy ksih minum gt?
      ( owlnya cuma jitot sm sy aj, kl sama orang lain pasti marah & bersuara huusshh gt)

      Delete
    4. coba aja mas taruh wadah air di dekat perchnya. kalau tidak mau minum dari situ, mau gak mau mas harus pakai tangan kasih minumnya... :)

      Delete
  6. Drh fira,, agar daging sapi tetap segar tanpa dibekukan gmn?
    Waduh saya sudah salah step nih,, nyetok daging buat buk2 dan alay di freez

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gak apa2 ditaruh di freezer asalkan begitu mau diberikan ke owl, harus dibiarkan dulu di ruangan terbuka hingga tidak terasa dingin atau tidak beku lagi....

      Delete
    2. Thx drh... Memamg itu yg saya lakukan , heheheh

      Delete
  7. dok mau tanya apakah list makanan yang terdapat di http://www.themodernapprentice.com/nutrition.htm dapat dipakai untuk celepuk? karena disana ada leher ayam, punggung dan hati sapi.


    trimkasih untuk jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. list makanan yang ada di link tersebut khusus untuk BOP berukuran sedang dan besar.
      meski termasuk ke dalam BOP, namun celepuk sendiri masuk ke kategori small/tiny owl. leher ayam tentu tidak bisa dijadikan makanan celepuk karena lebih banyak tulang dan minim daging, punggung ayam bisa aja dijadikan sebagai makanan celepuk dengan syarat yang digunakan adalah bagian dagingnya saja. untuk hati sapi, saya tidak merekomendasikan meski banyak yang kasih cacahan hati sapi untuk celepuk. terlalu berat untuk sistem pencernaan celepuk, mas... :)

      Delete
    2. Trimaksih untuk jawabannya dokter.

      Dok, saya sudah mencari di search atas mengenai moulding, namun tidak ada artikel tersebut, apakah dokter bisa menyelaskan tentang moulding lbh banyak, berapa lama, apa yang terjadi, apa yang harus, dapat atau tidak boleh dilalukan selama bop moulding? dan apa makanan yang tepat selama moulding?

      Trimakasih untuk sharing ilmunya dok

      Delete
    3. artikel mengenai moulting sudah siap saya publish. mungkin nunggu giliran aja. tunggu aja.. :)

      Delete
  8. dok, BWK chik itu bagus di kasih makanan apa ? mencit yg utuh atau di potong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pinkies alias bayi tikus... :)
      maaf baru bales ya mas. saya baru pulang dinas...

      Delete
  9. Dok makanan yang cocok untuk anak owl jenis oriental bay apa ya? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangkrik dan bayi tikus... :)
      maaf baru bales ya mas. saya baru pulang dinas...

      Delete
  10. dok mau tanya burung hantu saya masi kecil masi ada bulu kapasnya.. saya nemuin di bawah pohon kakinya yg 1 sudah ga fungsi.. krna kakinya cm 1 jdi saya tempatkan di kandang yg lebar tdk di angkringan.. makannya jangkrik tp kdg daging ayam ato ikan.. sudah 2x malam kndangnya taro di kmr saya.. nah si cipluk (nama burhan nya) ini kl ga ada yy ngajak ngobrol lama suka tb2 terlentang tp pas dideketin dia lgsung sigap berdiri.. pub nya wrna putih.. nah yg saya mau tanya apakah itu termasuk kena penyakit ttelo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas?
      fesesnya cuma warna putih doang atau ada warna lain? ada warna kehitaman atau bening seperti air? kalau hanya putih susu aja, kemungkinan dehidrasi.
      maaf baru balas, saya sibuk banget akhir2 ini... :(

      Delete
  11. Dok mau tanya kalau dkash mkan ikan nila bgaimna?? Cman di ptong2 dlu, trus klau di plihin bagaimna?? Jadi daging nya aja gtu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya ikan sebagai makanan burung hantu

      Delete
  12. Dokter Fira ...saya budi leksono burung hantu saya jenis strix seloputo, apakah kalau burhan saya makan cicak tidak apa2? karena dirumah saya banyak cicak. Terima kasih dok atas pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah kalau strix seleputo dikasih makan cicak.
      tapi sesekali kasih pinkies atau bayi tikus ya mas... :)

      Delete
  13. Assalamualikum drh.Fira :D maaf oot owl...saya mau nanya nih IBE saya feses nya berwarna biru terus ada warna putih mencair juga..
    Kemarin dia aktif dan gemar teriak teriak... Tapi sekarang sudah murung dan nafau makan hampir hilang :'(
    Obat yang cocok buat IBE saya apa ya dok?
    Mohon pencerahannya... Saya takut IBE saya mati :'(
    Salam buat Errol dan Padma dok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam buat ibe juga.
      fesesnya bau nggak? kemungkinan salah makan. dia pernah makan hal-hal aneh? mungkin makan daun atau semacamnya? makanannya mas jamin bersih?

      coba kasih minum aja banyak2, dan tetep kasih makan. pastikan kebersihan makanan... :)

      Delete
    2. Kalau boleh tau obatnya apa ya dok?
      Apakah harus ke dokter hewan terdekat?
      Fesesnya agak bau juga
      :'(

      Delete
    3. waduh, saya gak berani deh ngasih obat. karena untuk antibiotik sendiri, dosisnya harus tepat. lagian kan saya juga gak liat owlnya sendiri mas.... mending bawa ke dokter hewan terdekat aja... :)

      murah kok.. :)

      Delete
    4. Dok mata kanannya merem terus mata kirinya enggak itu gejala apa ya dok?
      Wah gawat nih :'(

      Delete
    5. gak gawat juga, biasa aja mas. yang penting masnya tanggap. udah resikonya pelihara owl.
      ada tanda2 benjolan atau semacamnya di kelopak matanya? mending sekalian aja konsul ke dokter hewan.. :)

      Delete
  14. Dok di atas kan di jelaskan kalo ikan bersisik tidak cocok buat bop. Nah gmn kalau lele? dia kan gk bersisik dok apa boleh jd pakan? Oiya burung saya bwk dok. Mohon pencerahanya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lele fillet (bebas duri/tulang dan bebas lendir), sebenernya gak masalah... :)
      apalagi untuk bwk, agak riskan juga. :)

      Delete
    2. Jd durinya harus di buang jeroan sama darahnya gk ush ya dok? Jd aman untuk bwk buat pakan sehari hari?

      Delete
    3. lele fillet, mas. bukan lele yang dibuang jeroan ama darahnya, tapi lele fillet. itu juga saya tidak merekomendasikan loh ya, hehehe. bisa sesekali dikasih.

      untuk referensi, mas bisa baca artikel ikan sebagai makanan burung hantu dan bop.

      Delete
    4. Ok dok thx infonya sama mau nanya dok agak gk nyambung sama topik si. Bwk itu termasuk hewan di lindungi gk si dok?

      Delete
    5. ini pertanyaan yang agak menjebak sebenernya mas. hehehe.
      menurut status IUCN sendiri sebenernya BWK masih berstatus LC alias least concern (beresiko rendah). namun saya (jujur) tidak tahu status BWK menurut BKSDA. mending mas telepon bksda propinsi tempat mas tinggal. cek nomor telepon bksda di artikel nomor telepon bksda... :)

      Delete
    6. Dok mau tanya . Saya handle bafi (buffy fish owl) ikan yang recomended buat bafi apa aja ya ?
      Apakah ikan lele boleh untuk makan burung hantu saya ? Terima kasih

      Delete
    7. ah, kebetulan kakak saya juga handle buffy sekarang. dan dia biasanya ngasih fillet ikan mas ke buffy-nya. kalau tidak ada filletnya, kasih ikan mas kecil juga bisa. lele bisa dikasih ke buffy, lebih bagus akalu udah difillet atau minimal bebas duri/tulang.... :)

      Delete
  15. dokk DM saya kok pagi ini susah berdiri ya karena kayak kaki kirinya sedikit melenceng , padahal biasanya bisa jalan ke sayaaa, mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari kemaren dia gak kehilangan nafsu makannya? lalu nafasnya keliatan tersengal2 gak mas? kaki yang agak melenceng itu apa karena insiden (jatuh dll) atau emang kayak gitu? udah lama gak kakinya seperti itu?

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  16. Celepuk boleh dikasih makan ulet hongkong nggak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya ulat hongkong sebagai makanan burung hantu. cari dibagian search

      Delete
  17. Celepuk boleh dikasih makan ulet hongkong nggak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya ulat hongkong sebagai makanan burung hantu. cari dibagian search

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kayaknya udah berkali2 jawab pertanyaan ini, mas.
      silakan baca artikel saya ulat hongkong sebagai makanan burung hantu. cari dibagian search

      Delete
  19. dok, saya punya bop. karna dikasih teman tetapi sayangnya saya gatau bop ini jenis apa dan parahnya lagi waktu saya tanya ke teman saya, teman saya juga tidak tau. tetapi saya sudah baca-baca di blog ini dan sudah mengerti cara memeliharanya karna sudah jalan 5 hari dan baik baik saja. saya ingin membeli angkletnya karna yang ini sudah hampir putus.
    terus sayap yang kirinya kaya yg luka gtu dok, gatau kenapa.
    ini gambarnya dok coba dilihat jika berkenan
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1088294687856013&set=pb.100000264770045.-2207520000.1449054205.&type=3&theater
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1088294524522696&set=pb.100000264770045.-2207520000.1449054205.&type=3&theater

    terimakasih dok, sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jelas BWK, mas.
      dia suka garuk2 bagian sayapnya ya mas? sering agak digigit2? bener?
      coba saya minta foto lagi terutama bagian sayap. :)

      selama ini dikasih makan apa mas? :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. gini dok ...
      apakah perlu ke dokter hewan?
      atau normal kalo begitu dok?
      iya dia suka gigit2 bagian sayap sama punggung, punggungnya ada yang botaknya/pitak gara2 di garukin dia.
      dikasih burung pipit dok, kadang yang hidup kadang saya sembelih dulu buat FOF
      https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1088328827852599&set=pb.100000264770045.-2207520000.1449060409.&type=3&theater

      https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1088328914519257&set=pb.100000264770045.-2207520000.1449060409.&type=3&theater

      Delete
    4. kayaknya kena kutu itu mas. kalau emang bener dia suka garuk2.
      dan kalau diliat dari foto di atas, tebakan saya sih gitu....

      bagusnya iya, ke dokter hewan aja biar sekalian checkup.
      fesesnya gimana? feses bop yang sehat terdiri dari 3 bagian. bening spt air, putih seperti susu, dan kehitaman/kehijauan.

      saran lainnya, jemur minimal seminggu 2x. selama 10 hingga 15 menit. dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi. :)

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. wah dok, gini jadi ceritanya temen saya beli dipasar burung. terus bingung ngurusnya terus dikasih kesaya. dan memang kondisi waktu beli dipasar burung seperti itu dok, bulu2nya juga rusak gtu apalagi dibagian sayap. ekornya saja sisa 1 dok yang ada bulunya yang lain gaada bulunya dok :(
    kalo ke dokter hewan, kira2 mahal tidak ya dok? soalnya ya begini nasip mahasiswa.
    fesesnya kadang bening, kadang seperti susu kental manis. untuk yang hitamnya kadang hitam kalo tadi pagi kehijau hijauan.
    inginnya sih ke dokter hewan dok, tapi takut udah disana malah mahal dan uang ga cukup kan nanti bingung sendiri dok? mau tanya saja kira2 saya harus bawa berapa untuk jaga2?
    dan apakah bulunya bisa tumbuh lagi dan menjadi normal seperti bwk yang cantik bulunya?
    dan dia juga sepertinya batting dok, soalnya kalo setiap mau dipegang/dielus dia menjauh sampai ke ujung perch. kalo dinaikan ke tangan dia mau ( tangan kiri ) sewaktu tangan kanan mau mengelus atau memegang, dia malah mundur terus sampai ke pundak bahkan kekepala dok, seperti takut sama tangan manusia. apakah karna perlakuan penjual burung sewaktu ditangan penjualnya kasar?
    sama mau nanya ini juga dok, kalo dikasih burung pipit 1x makan bisa sampe 2 ekor burung pipit.
    tapi tadi pagi dan siang saya kasih daging sapi segar dan makannya dikit. apakah memang lebih mengenyangkan daging sapi? atau dia kurang suka daging sapi?
    soalnya untuk beli burung pipit/tiput jauh juga dok kalo daging sapi walaupun mahal enak tinggal kepasar aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beli di pasar hewan emang gitu mas. asal2an. mereka 'asal laku' dan 'asal jadi duit' aja....kalau menurut saya sih, dia udah di tangan mas, ya emang rejekinya si BOP di tangan mas. :)

      mau keadaannya kayak gimanapun, mau gak mau harus mas pelihara.

      soal mau ke dokter, mending mas kunjungi aja dlu dokter hewannya tanpa membawa BOP-nya. lalu tanya kalau mau konsultasi sama checkup kira2 biayanya berapa ya? menurut saya sih murah, gak sampe 100rbu. seenggaknya kalau tarif di saya segitu....

      soal dia lebih seneng makan emprit, saya kira lebih bagus begitu. cukup pastikan empritnya bersih. biasanya disiangi dulu nggak mas? dipotong, dicabuti bulunya, dll? atau langsung kasih aja? silakan mas baca artikel saya emprit dan puyuh sebagai makanan burung hantu...

      analisa sementara saya soal fesesnya, dia masih agak stress di tempat baru. wajar kok. coba sering mas tatap matanya, kalau emang mau, ajak ngobrol juga. mereka ngerti kok, cuma gak bisa jawab aja.

      jangan lupa kasih nama.

      kasih saya kabar terus terutama soal sayapnya dan fesesnya, biar saya analisa terus kesehatannya... :)

      salam dari padma dan errol, burung hantu saya...

      Delete
    2. pertamanya sih empritnya langsung dikasih waktu masih hidup. cuman waktu baca baca ya akhirnya jadinya saya sembelih dulu terus saya pisahin daging2nya.
      namanya Getir.
      iya dok siap.
      sama mau tanya lagi, kira kira umurnya berapa bulan ya?
      kalo kata yang dagangnya sih 3 bulan, cuman saya ga percaya aja masa 3 bulan segede ini?
      atau memang 3 bulan?
      iya dok nanti sabtu saya checkup ke dokter hewan. tapi lihat dlu aja ini 2 hari dijemur dibawah sinar matahari langsung dibawah jam 9, 20 menitan.
      nah dok saya mau tanya, kalo saya beli daging sapi dari pagi terus dikasih sapi sampai malam.
      daging sapinya yang bekas dari pagi nah daging sapinya gaboleh dikulkas kan?
      nah jadi permasalahnya apakah tidak apa apa, memakai daging sapi yang dibeli dari pagi sampai malam?
      soalnya dagingnya aga aga bau asem gtu sih. atau memang yang harus selalu fresh?
      sebelumnya terimakasih banyak ya dok :)

      Delete
    3. itu sekitar 4 bulanan. kakak saya juga pelihara bwk kok.
      dagingnya boleh masukkin kulkas TAPI waktu mau di berikan sebaiknya dikeluarkan dari kulkas 2 jam sebelum diberikan. lalu dibiarkan di ruangan terbuka hingga tidak lagi terasa dingin. jangan dipanaskan, cukup dibiarkan saja di ruangan terbuka. bisa tutup pakai wadah agar tidak kena lalat....
      lebih bagus sih mending pakai emprit aja mas. lebih fresh dan terjaga... :)

      kasih tahu saya mengenai fesesnya ya mas.. biar saya analisa kesehatannya...

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya mending bawa ke dokter hewan aja mas. murah kok biayanya. takutnya kalau mas sendiri yang handle, yang ada bukannya sembuh, malah ada efek sampingnya. soalnya sekarang lagi pancaroba, banyak hewan sakit....

      kalau ke dokter hewan kan dicek dlu jenis kutunya apa, lalu dikasih obat.... bisa juga disuntik... :)

      Delete
    2. sayapnya patah dok yang sayap kanan dan kiri patahnya bener bener patah sampai kaya ada gumpalan darah warna hitam gtu, yang patahnya yang bulu paling ujung dari sayap dan kanan kiri pula yang patah kalo ekornya yang patah di tengah tengahnya dok.
      apakah masih bisa tumbuh dua duanya?
      atau akan seperti itu permanen? jika sampai permanen takutnya malah gabisa terbang :(

      Delete
    3. patah maksudnya sampe tulangnya?
      kalau sampe tulangnya patah, kayaknya mau gak mau harus mas periksain ke dokter hewan aja mas biar ada penanganan yang tepat. secepatnya. :(

      Delete
    4. iya dok, besok saya kedokter hewan.
      sepertinya iya sampai tulangnya dok.
      soalnya kalo lihat difoto2 bwk itu pasti ada bulu sayapnya yg melebihi panjang ekornya, nah kalo si getir gaada makanya bingung, waktu diliat lagi eh emang bener patah sampai tulangnya.

      Delete
    5. kasih saya kabar ya mas.
      apapun itu. kalau dikasih obat ama dokternya, kasih tau saya mereknya.. :)

      Delete
  26. dok, ada obat buat ngilangin/memusnahkan kutu pada bop?
    soalnya kasian garuk2 terus tiap menit dan kaya yg ga nyaman gtu, dan imbasnya bulunya pada rontok, dan jadi ngebuat kotor rumah.
    ada obat yang direkomendasikan dok?
    katanya sih bisa pake air rebusan daun sirih kalo mau yang alami dan murah tapi manjur ga dok?
    wah bener dok, sayapnya patah yang sayap kanan dan kiri patahnya bener bener patah sampai kaya ada gumpalan darah warna hitam gtu, yang patahnya yang bulu paling ujung dari sayap dan kanan kiri pula yang patah kalo ekornya yang patah di tengah tengahnya dok.
    apakah masih bisa tumbuh dua duanya?
    atau akan seperti itu permanen? jika sampai permanen takutnya malah gabisa terbang :(

    ReplyDelete
  27. dok, ada obat buat ngilangin/memusnahkan kutu pada bop?
    soalnya kasian garuk2 terus tiap menit dan kaya yg ga nyaman gtu, dan imbasnya bulunya pada rontok, dan jadi ngebuat kotor rumah.
    ada obat yang direkomendasikan dok?
    katanya sih bisa pake air rebusan daun sirih kalo mau yang alami dan murah tapi manjur ga dok?
    wah bener dok, sayapnya patah yang sayap kanan dan kiri patahnya bener bener patah sampai kaya ada gumpalan darah warna hitam gtu, yang patahnya yang bulu paling ujung dari sayap dan kanan kiri pula yang patah kalo ekornya yang patah di tengah tengahnya dok.
    apakah masih bisa tumbuh dua duanya?
    atau akan seperti itu permanen? jika sampai permanen takutnya malah gabisa terbang :(

    ReplyDelete
  28. dok, kenapa ya sigetir kalo saya kasih tiput hidup
    pas lagi makan, mau dipegang langsung defend.
    kenapa ya?
    langsung koak koak, kaya yg marah gtu. apakah normal?
    cuman waktu lagi makan makanan yang hidup aja sih.
    soalnya saya gapunya glove jadi ga kasih makan ditangan.

    ReplyDelete
  29. dok, dokter hewannya tidak bisa berbuat apa apa tentang bulunya yg rusak patah dan kutunya.
    cuman bisa memberi obat mencret saja dan vitamin daya tahan tubuh.
    untuk merknya kurang tau, soalnya racikan dok.
    saya jadi bingung, didiamkan saja seperti ini?
    atau cari dokter hewan lain?
    sudah 3 dokter hewan sama semua dok.
    alasannya cuman ada perawatan lebih lanjut untuk kucing dan anjing doang.
    jadi itu dokter hewan atau dokter kucing dan anjing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya normal fesesnya dok tapi 4 jam setelah dikasih obat mencret dan vitaminnya fesesnya jadi aneh dok.
      fecialnya gaada, adanya sisa urine sama urate dan berbusa malah.
      terus waktu bokernya bunyi mirip kaya manusia mencret.
      dan sebelum minum obat, urinenya bener bener banyak banget padahal gapernah mau minum si getir tuh.

      Delete
    2. kalau boleh tau, mas daerah mana ya? kalau daerah jakarta, mas bisa dateng ke rumah sakit hewan di ragunan, jaksel.

      agak susah juga sih, karena kasus seperti ini gak bisa sembarangan.

      untuk perawatan kutunya, mungkin bisa mas jemur minimal seminggu 2x dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 9, selama 10 hingga 15 menit.

      kasih saya kabar lagi ya mas.

      Delete
  30. saya dibandung dok, apakah dokter tau? dokter hewan yang komplit dan bisa mengatasi masalah BOP? sudah muter muter nyari dokter hewan dan semua bilangnya ya begitu dok.
    tidak bisa perawatan lebih lanjut kalo ke BOP.
    dan obatnya pun tidak komplit.
    ya kebanyakan sih anjing sama kucing doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending gabung aja ke komunitas BOP bandung di facebook. tanya ama mereka ada rekomen dokter hewan yang bisa nanganin BOP gak?

      mas, kalau saya minta foto sayapnya yang patah, boleh? mas bisa ganti foto profil mas pake foto sayap itu, atau bisa juga share di facebook masnya, kirim linknya kemari....

      saya tunggu ya,..

      Delete
  31. nah gini dok, sayap yg ujungnya tuh patah kan?
    kaya ada gumpalan darah gtu gatau apa itu.
    itu sayap sebelah kiri, yang sebelah kanannya ngga gtu tapi patah juga kalo ga salah.
    terus ya gtu kanan kirinya sayapnya botak seperti difoto.
    terus dia suka garuk2 terus ngepakin sayap dan berterbangan seperti ketombe gtu dok kalo dimanusia. nah kalo di bop itu apa ya?
    cara menanganinya gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kayaknya tadinya kena kutu, lalu gak ditangani, akhirnya dia gigit2 sendiri (self mutation).

      urgent, mending iya bawa ke dokter hewan aja... :)

      Delete
    2. iya dok, udah 3 hari saya cari2 informasi dokter hewan yang bisa nanganin bop susah amat.
      sampe skrng gatau dimana.
      ini lagi coba gabung grup bop bandung difacebook, belum di konfirm juga :(.

      Delete
    3. tunggu aja mas.
      kalau dalam 2 hari belum diapprove juga, mungkin nanti saya kasih obatnya...

      Delete
  32. dok kalo untuk kutunya gmana nih?
    banyak ketombe berjatuhan gini.
    udah dijemur setiap hari loh dibawah jam 9.
    tetep aja masih banyak dok.
    kasian liatnya aja dok, jadi ga bisa diem terus aja garuk2 dan ngepakin sayap hasilnya bulu rontok dan yg kaya ketombe berterbangan berjatuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 dimandikan dan dijemur. cara memandikan BOP bisa dibaca di artikel cara memandikan burung hantu, secara prinsip sama.

      belum diapprove juga ama grup bop di facebook, mas?

      Delete
  33. sudah ko dok, sering dimandikan dan dijemur tapi tetep aja begitu.
    belum di approve dok sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kondisi luka di sayapnya gimana? mendingan?
      mengering gak mas?

      Delete
    2. iya dok mengering.
      ternyata banyak banget dok lukanya disayapnya.

      Delete
    3. kalau mau, mas bisa beli suplemen merk vitahawk. buat menambah daya tahan tubuh aja biar lukanya lebih cepat sembuh dan dia cepet pulih... :)

      Delete
  34. dok, makin pusing saya dok sekarang dia jadi sering jatuh dari perch kakinya suka diangkat 1 melulu.
    dan sigetir mimisan dok, hidung yang sebelah kiri.
    gatau karna jatuh dari perch gatau karna apa dok.
    bingung.
    terus ga berbunyi lagi seperti biasa dok sigetir, bunyinya kaya terompet.
    tapi makan rakus dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara taruh di box aja. kardus yang besar.
      biar dia gak jatuh...

      tetep kasih makan. saran saya, kasih bayi tikus aja. biar nafsu makannya naek.. :)

      Delete
  35. gatau lagi belajar terbang, gatau kenapa. skrng dia suka lompat terbang terbangan pindah pindah dok. oh iya skrng dia kalo makan suka sambil diicip icip gtu dok mau makan apa aja ( pinkies,mencit,daging sapi. ) alhasil air liurnya dia keluar terus dia goyang2 kepala jadi air liurnya kemana mana. itu karna apa ya dok?
    takutnya ada gangguan gtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? bisa mas fotoin? :)
      kalau dia masih mau makan, kayaknya masih sehat. matanya gak sering merem kan?

      observasi aja dlu selama beberapa minggu ke depan... :)

      Delete
    2. seperti ini dok fesesnya.
      tapi kadang ijonya gaada kadang ada, dan urinenya perasaan selalu banyak dok padahal gapernah mau minum

      Delete
    3. fesesnya sih gak ada masalah. cuma lebih baik observasi aja selama seminggu atau 2 minggu ke depan

      Delete
    4. dok, kalo dipakein hood apakah ada jangka waktu tertentu?
      atau bisa dipake 24 jam?
      apakah bisa mengganggu kesehatannya?

      Delete
    5. kalau burung hantu atau BOP-nya belum terbiasa, bisa stress. dan untuk beberapa burung hantu dan bop dengan karakter tertentu, bisa jadi dia malah jadi galak nantinya...

      dalam langkah penjinakkan bop dan burung hantu, penting untuk menjaga kontak mata. maka dari itu, saya menyarankan agar burung hantu yang masih galak/belum anteng, sebaiknya jangan dipasangi hood dlu... :)

      Delete
  36. Ada kontak yang bisa dihubungi gak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada. silakan liat bagian kanan bawah. kalo ONLINE, bisa langsung chat ama saya... :)

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Dok mw tanya nih.buat pakan BOP itu doq yang sudah mati apakah berbahaya?.sama 1 lg dok.lebih baik pemberian anak tikus berapa hari sekali.dan buat doq bisa jadi bahan dasar nya?.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. doq yang udah mati sebaiknya jangan dijadikan pakan BOP. bahaya. maksudnya, yang udah mati lama, lebih dari 15 menit.

      untuk porsinya, bisa saya tahu jenis BOP mas apa? dan umurnya berapa? :)

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. saya punya elang CG.umurnya baru brancher akhir dok.masih ada sisa bulu kapas nya.makasih dok.itu saya beli dari orng harga 450 rb dok,apakah mahal atau memang dipasaran harga segitu dok?

    ReplyDelete
  41. dok, mau tanay bwk normalnya jarang minum apa ya? punya sata ko g mau minum sama sekali, tapi normal aja, dok satu lagi obat kutu buat burung kicau aman ga ya buat campuran air mandi bwk saya? oya dok cara memastikan bop dah siap ff atau soar gimana ya? punya saya maaning ulang soalnya dok? sebelumnya terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja minum, mas. ada caranya. kalo cuma ditaruh tempat/wadah berisi air aja, kadang dia gak mau. coba mas baca artikel saya cara memberikan minum kepada burung hantu. secara prinsip sama...

      kalau obat kutu buat burung kicau sebenernya bisa aja buat bop. cuma yah dikondisikan lagi, apakah jenis kutunya sama atau tidak. kalau jenis kutunya beda, ya gak akan sembuh juga kan? :)

      soal dia udah siap ff atau soar, boleh saya tanya dlu selama ini latihannya udah sampe mana? :)

      maaf baru balas ya mas, saya habis sakit kemaren... :)

      Delete
  42. Dok mau tanya partner saya jack (buffy) sudah 2 hari susah makan, awalnya biasa saya kasih daging kelinci dan pada suatu waktu stock habis jdi kasih lele stlah itu jdi sering berliur akhir susah makan. Itu gmna ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemungkinan karena lele. coba aja pancing nafsu makannya pake daging kelinci atau pake bayi tikus yang masih merah.....

      sekarang gimana keadaannya? fesesnya gimana? buffy yang sehat biasanya fesesnya terdiri dari 3 elemen: bening air, kuning kayak susu, dan kehitaman/kecoklatan.... coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  43. Dok mau tanya partner saya jack (buffy) sudah 2 hari susah makan, awalnya biasa saya kasih daging kelinci dan pada suatu waktu stock habis jdi kasih lele stlah itu jdi sering berliur akhir susah makan. Itu gmna ya dok ?

    ReplyDelete
  44. Dok, bop ku masih chick tapi awal awalan di kasih makan lahap. Sekarang udah gk lahap lagi. Semenjak aku beri makan burung emprit. Kenapa y dok..Jenis burung saya born owl

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena pertanyaan mas terlewati...

      sebelumnya mas kasih kasih makan apa sebelum dikasih emprit? dan empritnya, mas kasih hidup2 atau gimana?

      cek juga fesesnya... :)

      Delete
  45. dok. mau tanya klo Burung Hantu Bron Owl. Bole ga di kasi daging sapi di pasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas. saya malah sering beli sate mentah di tukang sate. :)

      Delete
    2. Sate mentah malah riskan dok,suka ditabur formalin,kt tkg satenya,biar awet dr pagi sp larut malam.BTW,karkas puyuh beku banyak di online,aman ga stlh disuhu ruang?tq

      Delete
    3. Barn owl sy branchrr awal sp skrg sdh 2 mggu sy rawat,bulu makin rapat,tp msih defense.Sy taruk kandang kucing,sambil tunggu set dan glove pesanan datang.Sampe kapan ya ga hissing lg dgn kondisi itu?selama ini makan emprit disembelih dlu lgsg makan utuh(lain kali abis sembelih sy cabut bulu dlu deh),daging sapi fresh dan yg dr freezer di ruangkN dlu dan ayam potong.Sehat dan aktive,cuma ga bs gendut.Tuk obat cacing,lgsg kasih tanpa cek lab gpp kan?

      Delete
    4. oh, boleh sih pake karkas, cuma direndem dulu pakai air biar gak beku lagi... :)

      sebenernya untuk obat cacing, kalo fesesnya oke, gak usah dikasih obat cacing, mas. kasih super-n aja setetes tiap hari.

      sementara ini manning aja lanjut. wajar kok kalau dia masih defends. kalo boleh sih jangan ditaro di kandang kucing, mas. bikin aja owlbox sederhana dari kardus akua yang besar. bagian atas kardus akuanya ditutup, terus salahsatu dinding pinggirnya mas coak. tapi dicoaknya jangan semuanya, jangan sampe lepas semua. jadi dibikin kayak pintu gitu, bisa buka-tutup. :)

      mudah2an mas ngerti, hehehe...

      terus untuk perch, mas bisa bikin dari tempat parcel bekas. pegangannya buat tempat nangkring owlnya, bawahnya kasih pemberat.... :)



      Delete
  46. Brancher awal sp bulu lengkap tu kira2 umur brp ya dok,sy masukkan fotonya ke profile,tp blm nongol.Dok,klo jantung sapi beku di suhu ruang sampe normal,lalu dikasihkan ke burhan barn owl,riskan ga? Jantung sapi beku perkg nya setengah daging sapi,klo aman,lumayan tuh,sampe kenyang full burhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, boleh sih pake karkas, cuma direndem dulu pakai air biar gak beku lagi... :)

      sebenernya untuk obat cacing, kalo fesesnya oke, gak usah dikasih obat cacing, mas. kasih super-n aja setetes tiap hari.

      sementara ini manning aja lanjut. wajar kok kalau dia masih defends. kalo boleh sih jangan ditaro di kandang kucing, mas. bikin aja owlbox sederhana dari kardus akua yang besar. bagian atas kardus akuanya ditutup, terus salahsatu dinding pinggirnya mas coak. tapi dicoaknya jangan semuanya, jangan sampe lepas semua. jadi dibikin kayak pintu gitu, bisa buka-tutup. :)

      mudah2an mas ngerti, hehehe...

      terus untuk perch, mas bisa bikin dari tempat parcel bekas. pegangannya buat tempat nangkring owlnya, bawahnya kasih pemberat.... :)



      Delete
  47. Kebetulan saya keep black kite namanya bubo (mirip burhan hehe) dan pakannya sudah pasti berupa daging segar, saya menyimpan pakan daging berupa ikan2nan untuk bubo di freezer ,oh iya fyi walaupun bubo msh berusia brancher tengah, bubo sudah melakukan weight management dengan porsi 30-40% dari berat badannya, jadi semua daging saya cacah dan tidbits sesuai takaran lalu saya masukan ke plastik clip dan simpan di freezer, saya ksh 3x sehari, pagi, sore dan malam.

    Sebelum memberikan pakan, daging yg ada di freezer saya "thawing" dengan alat pemanas susu (kalo ibu2 yg punya anak pst tau ni apa nama alatnya, hehehe) selama 10-12 menit (otomatis), setelah bered thawing baru saya kasih ke bubo hehehehe.
    Jam makan bubopun saya atur sesuai alarm yg sdh saya aktifkan, krn saya tdk mau BoP saya telat makan hahahaha
    Pembersihan tempat bubo istirahat selalu saya bersihkan setiap hari, sampai weathering selalu saya lakukan jam 8 pagi sekitar 15 menit, selain itu setiap hari selalu saya grooming bubo, di saat paruh dan kakinya kotor selalu saya bersihkan dengan kapas yg di celupkan air hangat.
    Next saya mau ksh tambahan vitahawk, biar makin ganteng wkwkwk


    Apa sudah benar dok cara saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. ini pun saya masih jetlag setelah 12 jam lebih perjalanan dari indonesia. :D

      cara yang mas lakukan sudah benar. dan saya salute dengan ketekatenan mas. sementara ini lakukan aja terus yang mas sudah lakukan di atas....

      mungkin bisa kasih super-n setetes setiap hari biar lebih sehat lagi si bubo.. :)

      Delete
  48. haloooo dokter fira. :D aku disarankan untuk bertanya ke dokter nih dari kenalan teman. dokter aku mau tanya, aku kan punya strix seloputo nih dan belakangan ini dia agak kurang sip responnya untuk makan, nafsu makannya agak nurun gitu,pernah baca di komunitas untuk kasih minyak ikan.. nah aku tadi beli ternyata 2000 dapat 10 kaya pil vitamin rambut gitu dok hehe..warna kuning, dan harus dipecahkan dahulu.. apakah benar yg itu dok? takutnya aku salah, karna kerabatku bilang boleh dikasih scoth emulsion juga bisa selain minyak dok..

    punten ya dok, terimakasih banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk minyak ikan, gak usah terlalu sering diberikan. cukup seminggu sebutir aja.
      untuk kurang nafsu makan, sebenernya pemberian minyak ikan kurang tepat. bagusnya kasih super-n aja. silakan cek artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT...

      cara pemberian minyak ikan adalah ditusuk pake jarum, terus ditetesin langsung paruh burungnya dengan cara dipencet. bisa juga dengan cara dioles ke mulutnya.

      artikel lain yang saya rekomendasikan, silakan baca artikel CARA AGAR BURUNG HANTU MAU MAKAN...

      Delete
    2. ohh gitu, tadi nda sengaja kapsul nya tertelan sama owl saya dok, pas saya mau teteskan langsung patok semua :( waduuuh, bagaimana itu ya dok? takut saya..

      Delete
    3. waduh.... :(
      sekarang keadannya gimana, mbak? masih nafsu makan?
      kalau gak ada efek apa-apa (makan lancar, gak murung), saya kira masih sehat.... kalau buat manusia sih nggak ada efeknya, gak tau deh kalo buat owl...

      kasih super-n, jangan lupa.

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. makan masih respon sih dok.. cuma aku takutnya karet bungkusnya ga ke cerna :( soalnya masih brancher tengaaahh..huhuhuhuuu :( aku liatin tiap dia pup, nungguin karetnya keluar gitu :D

    siap mba dokkk.. hehe saya rutin super-n kok, si meong (owl ku) hihi sudah ngerti kalau mau di tetesin super n hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap dok, huhuhuuuu..ga harus operasi untuk keluarin bungkus minyak ikannya kan ya dok ? hehehe,

      btw dok, kan owl itu aktifnya pas malam kan ya, kalo aku ubah kebiasaannya jadi aktif pas siang dia stress ga dok? tapi pelan pelan gitu..biar dia adapt dulu..

      Delete
    2. nggak, mbak. :)
      bisa kok. karena si errol juga dulu udah beradaptasi sama 'kehidupan' saya. meski kadang dia terbang juga pas malem...

      Delete
  51. dok, si meong kan udah masuk brancer akhir..tapi dia mager banget nengger di perch, lebih suka bediri di tempat datar..itu gimana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mas taro dia di perch gimana? dia turun lagi?
      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  52. Dok sy mau tny donk,hr kamis kmren sy adop bwk yg msh brancher tengah,trs sy taroh dikardus,berhubung dptnya sore trs daging jg ga ada jd sy ksh aer mnm aja tu jg pakai sepetan,smpai td pagi bru sy ksh anak ayam tp cm ambil dagingnya gt,tp koq keliatannya dia ga bs mkn sndri ya dok,sy pakai cepuk tp dia diam aja gt,trs sy mau ksh mkn dr tangan dia kyak msh takut gt,tu gmn ya dok...tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sodorin aja ke paruhnya mas, cacahan daging puyuh...
      dan coba beli super-n di toko makanan burung, kasih setetes sehari...

      maaf karena baru balas..

      Delete
  53. Selamat malam dokter. Owl saya namanya ROSI jenis Barn Owl. Jadi begini saya salah kasih makan BO. Saya kasih dia gajih (lemak) sapi. Sekarang kondisi susah makan. Matanya metem terus. Fesesnya berwarna abu" kadang putih susu tp ad minyaknya. Mohon pencerahan dok terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kenapa dikasih lemak sapi, mas? :(
      kalo dikit sih nggak apa2. saya tebak mas kasih lemak sapinya banyak ya....

      sekarang gimana owlnya? jangan dikasih lemak sapi lagi. kasih cacahan daging puyuh aja.

      dan kasih super-n setetes setiap hari. beli di toko makanan burung.

      Delete
    2. Iya kmrn di kasih kebanyakan dok. Sudah saya kasih super N tiap hari
      Tp kondisi mata masih merem. Tiap di kasih makan burung emprit 1 gthu langsung di muntahin lgi masih utuh 😣
      Solusi selain super N apa ya dok biar makan rakus lagi. Makasih dokter.

      Delete
    3. sekarang gimana keadaannya?
      usahakan tetep kasih makan, tapi cacah2 dulu dagingnya sampe kecil2 banget, biar dia gampang makannya....

      super-n tetep diberikan....

      Delete
    4. Keadaan sudah membaik dokter makan lahap. Terima kasih dokter Fira

      Delete
  54. Misi numpang ngramein..
    Ane mau tanya bu dokter.? Ane punya baby IBE(indian black eagle) baru dua(2)hari.. Tapi gk mau makan.. ?kalo gk di paksa buka mulutnya trus ane masukin makananya... Yg jadi pertanya'an ane....? Bolehkah di kasih makan daging lele...?? Soalnya dari orang yg punya bilang dari chik di kasih makan lele..!? Mohon pencerahan dok? (TRIMAKASIH)

    ReplyDelete
  55. punya saya alap alap sapi baru beli tadi, tapi sampai sekarang malas makan dan saya kasih makan daging ayam potong yg sudah di simpan di kulkas apa itu berpengaruh sama nafsu makannya atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih emang yang fresh.
      kalau toh mau dikasih daging ayam potong yang disimpan di freezer, mending direndem dulu pake air sampe gak beku dan gak dingin lagi..... setelah itu, cacah, dan sodorin ke mulutnta...

      dan coba mas kasih super-n, tetesin aja ke mulutnya. dosis: setetes setiap hari...

      Delete
  56. Assalamualaikum, maaf dok numpang tanya burung hantu saya jenis celepuk mini, Kira2 jenis celepuk itu bisa berukuran besar gk dok seperti burung kepala love warna putih? Mohon informasi nya dok

    ReplyDelete
  57. nggak, mbak. celepuk lebih kecil daripada barn owl. :)

    ReplyDelete
  58. Dok, mau nanya nih, kira_kira bop yg sudah beranjak juve tengah apa bisa bulu ekornya tumbuh kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, bulu akan terus berganti dengan yang baru. nggak cepet, tapi pasti berganti, mas... :)

      Delete
  59. Dok saya mempunyai burung hantu jenis barn owl dan buffy fish jika dikasih daging ayam segar yg di sembelih sendiri apa bagus buat owl dok terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih segar, bagus kok. tapi cacah2 dulu, jangan kegedean.... :)

      Delete
  60. Dok,buffy dan bubo saya ,bagusan mana ya diberi makanan hati sapi, atau ikan lele? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bubo, BOLEH dikasih makan ikan lele yang filet. hati sapi jangan. saya pake kata "bisa" artinya bukan sebagai makanan sehari2 ya mas. jadi kalo sesekali dikasih lele nggak apa2.

      kalo buffy, BISA dikasih makan lele. dan jangan dikasih hati sapi. saya pake kata "bisa" karena bisa dipake sebagai makanan sehari2 buffy. :)

      Delete
  61. Dok buffy saya diberi leher kepala ayam apakah bisa/boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan mas. kalau sesekali sih boleh aja, asal jangan keseringan. dan itupun harus yang masih fresh. :)

      Delete
  62. Dok, kalo barn owl diberi pakan daging kambing bisa?

    ReplyDelete
  63. Lebih bagus daging kambing atau ayam ya, untuk barn owl?

    ReplyDelete
  64. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  65. Assalamualaikum

    mau tanya dok, saya pelihara oriental bay owl, masih chick

    apakah bisa diberikan lele?

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum, dokkk mudah mudahan dokter baca ini yaa. Buffy saya kepalanya terbalik dan gabisa berdiri dok, kepalanya miring ke kanan dan kebalik, klo udh kebalik dia gabisa berdiri dok. Itu karna apa ya? Apa karna saya kasih makann daging ayam? Thx dok sebelumnya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.