Emprit Dan Puyuh Sebagai Makanan BOP | Drh. Fira Sovica

Burung emprit dan puyuh kerapkali digunakan sebagai makanan BOP dan makanan burung hantu. Namun adakalanya, para owner burung hantu dan owner BOP tidak mengetahui cara menyiapkan puyuh dan emprit yang akan digunakan sebagai makanan burung hantu dan BOP. Artikel berikut akan mengupas sedikit tentang cara menyiangi dan

menyiapkan emprit dan puyuh sebagai makanan burung hantu dan BOP

. Bagi anda yang ingin tahu jenis burung hantu dan kesulitan memeliharanya, anda bisa membaca artikel jenis burung hantu berdasarkan tingkat kesulitannya.
Emprit Dan Puyuh Sebagai Makanan BOP dan Burung Hantu
Image taken from animalstime.com


Cara menyiapkan burung puyuh dan emprit sebagai makanan burung BOP adalah sebagai berikut:
  • Potong dahulu emprit dan puyuh dengan cara menggorok lehernya menggunakan pisau. Potong bagian pangkal leher dan buang.
  • Belah bagian perut, lalu keluarkan isi perut burung.
  • Kuliti burung emprit dan puyuh dengan menarik secara perlahan bagian kulit burung yang terkelupas. Lakukan hingga seluruh bagian kulit dan bulu terlepas dari dagingnya.
  • Pisahkan bagian tulang dengan cara mencoaknya dengan ujung pisau. Anda juga bisa menggunakan pinset untuk memisahkan tulang dari daging emprit atau puyuh atau untuk mengambil bagian tulang yang tertinggal dan patah di dalam daging emprit.
  • Potong-potong kecil daging yang akan digunakan sebagai pakan bop dan burung hantu sesuai dengan ukuran bop atau burung hantunya, lalu berikan dengan cara handsfeed. Anda bisa membaca mengenai pengertian handsfeed di artikel cara memberi makanan pada hewan.
Demikian adalah artikel mengenai

cara menyiapkan emprit dan burung puyuh untuk makanan bop dan burung hantu

. Semoga artikel tersebut diatas bisa menambah wawasan bagi anda pecinta burung hantu dan BOP. Terima kasih. (FS)

126 Responses to "Emprit Dan Puyuh Sebagai Makanan BOP"

  1. Berarti gpp ya dok klo kita kasih pakan burung emprit (gereja nama lain'y)....

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, asalkan diolah seperti saya sebut di atas... :)

      Delete
    2. dok satu lg mau tanya nih...ada ga alternatif pakan untuk BO chick selain tikus putih/burung emprit/daging sapi...soal'y saya tdk di indonesia, saya di KSA... boleh tdk klo saya kasih gold fish/Koicarp yg ukuran Medium.... Mohon info nya ya Dok...thank doc....

      Delete
    3. oh. setahu saya di saudi ada toko khusus falconry yang juga menjual pakan, mas. goldfish boleh2 aja asalkan jangan terlalu banyak. saran saya tetap daging2an. di sana tidak ada yang jual daging sapi? bisa diberi goldfish fillet juga sih. selengkapnya, mas bisa baca artikel saya ikan sebagai makanan burung hantu.... :)

      Delete
  2. Jenis bubo dikasih makan sapi terus boleh dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh asalkan daging sapi segar dan dicacah dulu... :)

      Delete
  3. Jenis bubo dikasih makan sapi terus boleh dok?

    ReplyDelete
  4. Kalau melepas emprit hidup untuk mengajarinya berburu bgmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau burung hantu atau bopnya sudah terlatih sih bisa aja. kalau burung hantu atau bop-nya baru dateng (belum dilatih) kayaknya gak bakalan bisa mas. lagian, takutnya bulu2 dan tulang si emprit malah mengganggu pencernaan bop atau burung hantunya, jadi yaaa terserah ownernya juga sih, hehehehe.... do at your own risk aja kalo gitu... :)

      Delete
  5. dok kalo burung empiritnya langsung di kasih hiduphidup gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau burung hantu atau BOPnya sudah dewasa sih sebenernya gak masalah karena mereka biasanya memuntahkan sisa bulu dan tulang. tapi amannya sih mending disiangi aja mas, soalnya kalau sampai BOP dan burung hantunya gak bisa memuntahkan sisa bulu dan tulang yang tidak tercerna, malah bahaya nantinya... :)

      Delete
  6. Dok gmn cara ngelatih alap tikus berburu

    ReplyDelete
    Replies
    1. berburu sendiri? silakan latih alap-alapnya dengan latihan dasar BOP terlebih dahulu. biasanya kalau sudah terlatih di latihan dasar BOP, dengan sendirinya alap2 tersebut bisa berburu sendiri....

      silakan baca artikel saya cara melatih BOP. cari dibagian cari artikel...

      Delete
  7. Kalo cara memberinya minum gmn ya dok, atau mmg jenis burung pemangsa ga minum, di mohon bantuannya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya cara memberi minum burung hantu. secara prinsip sama saja... :)

      Delete
  8. Dok BOPku skrg kok malas ya, gamau fof lg, apa pengaruh selama ga pakai glove, atau pengaruh minyak ikan, mohon solusix dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau boleh saya tanya, terakhir kali dikasih minyak iikan seberapa banyak?
      perlu saya tekankan bahwa minyak ikan yang diberikan terlalu banyak malah akan membuat sistem pencernaan bop terganggu, mas... kalau soal gak pakai glove, saya kira bukan itu masalahnya....

      sekarang makannya gimana? tetep mau makan, apa tidak mau makan samasekali? kalau masih mau makan meski sedikit, gak apa2, terus kasih makan (lebih sering). kalau gak mau makan samasekali, lebih baik bawa ke dokter hewan dengan segera...

      Delete
  9. Ttep mau makan dok, cuman ga terlalu rakus ky biasa, biasa klo bru ngliat daging cincang lnsung triak2 dok.. trakhir 2 hari yang lalu, sy ngasinya per 2hari sekali dok sejak 2 minggu yang lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tetep mau makan, saran saya kasih makan aja terus.
      kasih makan bop per 2 hari sekali? gak salah mas? soalnya keluarga saya semuanya pecinta bop, hanya saya saja yang memelihara burung hantu, dan mereka biasanya rutin kasih makan sehari 2x......

      Delete
  10. Maaf dok, mksd saya ngasi minyak ikannya yg per 2hari sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 hari sekali masih terlalu sering mas.
      2 minggu sekali aja ngasihnya.

      Delete
  11. Siap dok, trima kasih saranx ya dok.

    ReplyDelete
  12. Mbak tapi kalo jenis bop gede kayak che kan gak usah di olah yg ribet kayak di atas gpp to?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep aja harus disiangi dulu. kalau gak mau disiangi, pilih emprit atau puyuh yang masih anakan (bulu kapas) agar si bop gampang mencernanya dan gampang mengeluarkan pelletsnya... :)

      emang agak ribet sih mas. makanya kebanyakan keluarga saya ngasih tikus putih... :)

      Delete
  13. dok kl kasih daging babi boleh ga

    ReplyDelete
  14. waduh ud 2 harin ini sy kasih daging babi dok semenjak kakinya cidera di ksh sapi ga mau sy bingung stelah cb babi dia mau n doyan sm kl malam sy ksh jangkrik.. dok kakinya ternyata pas di lekukan siku kaya bengkak gt n wrnnya biru harus diapain yah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan dikasih daging babi mas... :)
      kalau mas sentuh bagian yang bengkak, dia keliatan kesakitan? kemungkinan ada infeksi, entah karena apa. harus cepat2 ditangani mas. saran saya mending bawa ke dokter aja.....

      Delete
  15. kalo daging burung merpati atau ikan kecil or belut boleh kayanya dia bosen makan sapi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. daging merpati oke. belut jangan. :)
      anakan puyuh oke... :)

      Delete
  16. Kalau di kasih udang kecil tapi udah di kupas kulitnya boleh kagak dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski banyak yang kasih, namun saya sendiri tidak menyarankan.... :)

      Delete
  17. Punya saya sering tak kasih gituan soalnya dok sama kadang tak kasih cicak yang sedikit saya lukai.

    ReplyDelete
  18. Dok puyuh bukannya dagingnya dikit ya?

    ReplyDelete
  19. Permisi Dok mau nanya.

    Kalo Owl jenis Buffy yang sudah dewasa, dikasih tikus putih yang masih kecil apa bisa langsung dikasih hidup2? atau ada bagian tikus yang harus dibuang dulu.

    Thanks

    ReplyDelete
  20. Dok saya mau tanya,saya pemula buat melihara burung hantu. Jenisnya barn owl dan usianya juve akhir. Kalau saya kasih makannya puyuh yang kecil" bagaimana dok? Apakah aman? Mohon jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman. dah jinak owlnya, mas? :)
      silakan baca2 dlu artikel saya mengenai burung hantu di sini... :)


      salam kenal dari errol dan padma.. owl saya..

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Dok burung hantu saya jenis celepuk masih bulu kapas tapi sudah bisa terbang namanya iko. Kalo ditempatin di tempat gelap kok dia ngak mau. Maunya di tempat terang terus. Soal makan lahap dok. Fases juga normal. Suara juga normal. Cuma kalo mandi dia maunya malem. Terus matanya itu lensanya biru bukan hitam. Tapi kalo soal ngeliat tetap awas. Itu normal ngak sih dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehat kok. masing2 hewan (termasuk owl) punya karakternya sendiri2. mungkin emang si iko lebih nyaman di tempat terang.

      soal lainnya gak masalah. cuma untuk mandi, sebaiknya usahakan pagi. kalaupun malam, jangan malam banget. yah sore masih bisa. itupun sebaiknya hindari udara dingin....

      matanya normal. saya malah pernah lihat owl yang matanya full hitam... :)

      Delete
  23. Ok dok terimakasih. Kirain si iko matanya kenapa-napa. Soalnya owl teman saya jenisnya sama tapi matanya full hitam kaya kata dokter.
    Salam buat errol dari iko. Dia lagi rewel maunya diajak main terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, sip... mas bisa konsul lagi kemari kalau ada yang mau ditanyakan.. :)

      Delete
  24. Dok mau tanya lagi. Apa daging spai punya efek samping khusus buat celepuk? Soalnya kemarin si iko saya coba kasih daging sapi segar. Dan dia jadi hiperaktif seharian. Dan waktu balik lagi dikasih jangkrik nafsu makannya naik dari biasanya dok. Semacam kena doping dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. daging mentah (yang masih memiliki kandungan darah di dalamnya) pasti membuat nafsu makan burung hantu naik lagi. insting berburunya naik lagi. jadi wajar kalau burung hantu habis dikasih daging atau pakan hidup dia jadi agak aktif dan nafsu makannya naik, karena memang insting berburunya lagi naik juga... :)

      menurut saya bagus malah kalo kayak gitu... :_)

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Oh ok dok. Rencananya saya mau kasih daging segar ato menu lain seminggu sekali dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bagus banget. cukup pastikan dagingnya bukan bekuan dan tidak mengandung zat kimia... :)

      efektifnya, coba berikan pinkies (bayi tikus putih)... :)

      Delete
  27. Dok mau tanya lagi nih, perbedaan ciri fisik yang paling ketara antara celepuk reban sama celepuk gunung itu apa ya dok? Antara keduanya kan sepintas mirip. Soalnya saya pernah baca kalo celepuk reban itu masih boleh dipelihara sementara celepuk gunung itu dilindungi undang undang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. lagi saya siapkan artikelnya. :)
      cek aja artikel terbaru saya nanti siang... :)

      Delete
  28. Udah dibaca dok. Terimakasih. Jadi dapet banyak ilmu. Oiya sekarang si iko latiannya udah sampe FTTF sekitar 6 meter. Salam dari iko buat errol sama padma

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah, seneng dengernya. :D
      kabari terus dan observasi terus keadaan iko ya mas. terutama fesesnya. saya pengen tahu kabarnya terus...

      maaf baru balas, akhir pekan ini akhir pekan yaaaaah, bisa dikatakan super duper sibuk. hehehehe. goodbye weekend. :D

      kabari saya lagi...

      Delete
  29. Tetep semangat dok!
    Si iko fasesnya normal, tapi sementara dikurangin intensitas latihannya dok soalnya lagi moulting. Kalo sekedar JTTF ngak apa apa kan dok?
    Oiya si iko walaupun moulting tapi dia seneng mandi itu ngak apa apa dok? Soalnya biasanya dia minta mandi seminggu 1 kali ato 2 kali sekarang tiap 2 hari minta mandi. Itu ngak apa apa dok kalo tetep diturutin? Soalnya kalo ngak diturutin dia kaya ngambek gitu dok. Oiya soal mandinya dia mulai ada perubahan ngak selalu malem lagi dia mandinya. Paling jam 8 pagi dia minta mandinya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, kalau emang lagi moulting, hentikan aja dlu latihannya untuk sementara. total hentikan. sebaiknya kalau lagi moulting, jangan dimandikan dlu....

      paling semprot2 dikit aja pakai spray... beberapa kali spray aja... :)

      Delete
  30. siang dok pa kabar padma n erol salam dr glowy... glowy skrg sudah nurut bgt dok pdhl ga prh sy latih terus plg latih jg max 3meter itu jg jarang kadang mau kadang engga.. tp sy ud yakin bgt dia ud bonding... jd sy test aviarynya sy buka trs dia 2x menghilang selama 2hr tapi pasti balik lg heheee... malah makin manja maunya dielus2 mulu... jd kesimpulan sy tanpa latihan asal kita sayang n tulus pasti dia jg pny perasaan sayang n nurut sm kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik. glowy sehat?
      ah, saya seneng akhirnya mas dana glowy bisa imprint. :D
      coba ajak ngobrol. dia ngedip nggak kalau mas ngomong ama dia?

      selamat, mas. kasih saya kabar terus ya.... :D

      Delete
    2. Salam doc, BOP berkedip saat diajak ngobrol itu tandanya apa ya doc..? Soalnya bop saya ga ngrespon sama sekali kalo dipanggil.., malah toleh kanan kiri kayak bingung gtu, padahal saya ngrawatnya dr belum ada bulu sampai sekarang uda bisa terbang dikit2, dulu sih pas masih jalan, dia masih mau nyamperin kalo dikasih makan. Giliran uda bisa mencolot2 malah ga ngrespon...! Apa karna baru bisa terbang ya, jadi butuh penyesuaian dulu? Tolong sarannya doc?

      Delete
    3. kalau untuk burung hantu, setau saya sih kalau kita ngobrol, dia akan ngedip untuk mengatakan 'aku mengerti'. si errol dan padma kayak gitu. itu juga kalau owlnya udah bonding ke yang punya...

      nah kalau bop, sebenernya balik lagi ke karakter owlnya. kadang ada bop yang emang udah bonding 100%, tapi kurang mampu menangkap ucapan masternya. mas udah berapa lama ajak dia ngobrol? karena sering atau tidaknya kita ajak ngobrol kadang ngaruh juga dengan kemampuan mereka menangkap dan mengerti kata-kata masternya....

      menurut saya sih yang penting dia sehat, syukur2 kalau dia udah bonding, meski gak bisa menangkap kata2 kita.... :)

      bop jenis apa mas?

      Delete
  31. glowy sehat bgt dok makin doyan makan semenjak prh menghilang n balik lg makin nurut manja.. kl diajak ngobrol suka ngedip nundukin pala minta dielus.. jenis glowy kan bubo skrg bulunya ud byk yg hitam tp br 40% kira2 butuh berapa lama lg dia berubah jd hitam dok? n sy lihat ko kaki n paruhnya ga kuning sperti yg saya lihat di google dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. glowy itu jenisnya apa ya? lupa, hehehe... :D
      setau saya sih warna bulu burung hantu nggak berubah. kecuali bulu2 jarang... :)

      Delete
  32. dok,ini burung puyuhnya yg doq atau yg udah jadi petelur..?? soalnya saya kasih doq langsung saya kasih ga di olah dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang masih doq, yang bulunya masih jarang, gak disiangi dlu yang apa2. kalau bulunya udah banyak, mending siangi dlu, mas... :)

      Delete
    2. ok,sip dok,thks info infonya ya.

      oh ya ada satu dok tentang postingan no hp dokter hewan di jakarta timur banyak yg tidak bisa di hubungin dok ,yang saya coba bisa hanya yg di cijantung 2

      Delete
    3. kalau mas tinggal di jakarta timur, kenapa gak langsung ke ragunan aja mas? di sana kan ada puskeswan dan rsh..... :)

      lokasinya deket bonbin ragunan...

      Delete
  33. di mananya sya baru tahu hhe,minta alamat lengkapnya deh biar bisa liat lewat gps,kalo malam bisa ga dok untuk suntik tetelo di sana..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau malam, saya gak tau deh mas.
      dateng langsung aja ke bonbin ragunan, mas. terus tanya puskeswan atau rumah sakit hewan dimana. pada tau kok...

      soal nomor telepon rumah sakit hewan ragunan di (021) 7891093... :)

      Delete
    2. oh,makasih dok

      soalnya kan kalo siang kasian dok kepanasan soalnya kan jauh juga saya di cibubur ke ragunan kan lumayan,walaupun beli tikus putih di kebagusan

      Delete
    3. oh sip, sip.
      kabari aja kabar selanjutnya ya mas.. :)

      Delete
  34. dok. mau tanya, apa makanan pokok brahminy kite? bk saya usia brancher awal dok, apa gpp dikasih ikan terus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal BOP, sebenernya mengacu ke kebiasaan dia makan apa. selama ini mas kasih apa?

      setau saya sih brahminy kite itu cocoknya kasih pinkies (bayi tikus yang masih merah, belum berbulu). bagusnya itu. tapi kalau masnya udah biasa ngasih ikan, kayaknya nggak apa2 terus kasih ikan. cukup pastikan ikannya bersih. bagusnya sih ikan fillet....

      coba baca artikel saya cara mengetahui kesehatan BOP dari fesesnya...

      Delete
  35. Dok saya punya buffy fish owl saya kasih makan lele terus bagaimana bahaya atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama dikasih lele, mas?
      hmm, kalau udah terbiasa, sebenernya gak apa2. cuma saya gak tau nih apa efek sampingnya nanti.... :)

      Delete
  36. Cara ngasih makan burung emprit bagai mana di potong atau bagaimana dok?dan kalau tikis putih cara ngasihnya dipotong atau bagaimana?makasih dok

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Dok mau tanya nih, makanan untuk owl jenis owl yang bisa diberikan secara berkala bagusnya apa dok? Sementara ini hanya jangkrik saja, akhir2 ini nafsu makannya juga berkurang dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau jenis owlnya.
      tapi secara prinsip, bayi tikus putih yang masih merah (pingkies) sangat bagus buat burung hantu....

      Delete
    2. Kelupaan dok, jenisnya celepuk, susah juga jinakinnya, hmpir semua artikel tentang cara merawat celepuk dr yg bayi - dewasa dr dokter sudah saya baca. Tp ttep susah juga, memang butuh kesabarannya, mungkin sama sprti erol ya dok? Kalau gak salah erol juga dulu dptnya mature kn dok.

      Delete
    3. ya emang harus sabar. kalau mau yang gampang jinak, pelihara yang masih chick.

      iya, saya dapet si errol udah mature. dulunya galak, abis saya diserang sama dia. tapi toh sekarang bonding sama saya...

      yang penting sabar, mas. :)

      Delete
  39. dok saya punya anakan yang masih bener2 piyik//makanan yang pas apa ya dok dan gimana cara pemberiannya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakan apa? burung hantu?
      jenisnya apa...

      coba diperjelas lagi... :)

      Delete
  40. Dok celepuk saya udh dewasa boleh gk kasih makan daging sapi, ? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. bagusnya sih kasih pingkies (bayi tikus putih yang masih merah)

      Delete
  41. Dok mau tanya,sy punya barn owl Juve pertengahan,tpi kok tiba² dia kyk lesu gtu trus nafsu makanya jdi kurang biasanya sy kasih emprit langsung ditelen tp skrg cuma dicengkeram tp dimakan juga,trus biasanya sy ajak interaksi biasanya respony bgus tpi kali ini cuma didiemin aja,minta solusinya dok makasih

    ReplyDelete
  42. hallo dok. apa kabar?
    salam dari iko buat dokter, errol dan padma.

    sekarang iko trainingnya udah full sampe FF. saya pengen nanya dok. iko paruh dan kukunya kayaknya sudah terlalu panjang. jadi kalo dia makan sepertinya agak susah. jadi saya harus gmn ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah, iko udah bisa freeflight? :D
      keren!

      soal paruh dan kukunya, secara alami burung hantu akan menggores-goreskan keduanya ke benda2 sekitarnya sih. jadi diemin aja. :)

      bisa dipotong, tapi kudu bantuan professional... udah saya bahas di artikel cara memotong paruh burung hantu

      Delete
    2. oke dok terimakasih...

      lebih baik saya biarkan saja masalah kuku dan paruh yang kepanjangan tersebut.

      tetap semangat dok

      Delete
    3. sip. :D
      kabari lagi ya mas kalo ada apa2.. :)

      Delete
  43. klo dr segi gizi doq atau doc yg bagus dok? sy pnya 2 owl masih chick udh bulu kapas sih dan dah berdiri skrg makan nya super sekali yg kaka nya sekali makan bisa 10-12 doq, yg kecil 7-9 doq.. itupun makannya 2x sehari, nah mslhnya sy klo beli doq bnyk2 mesti bnyk yg tewas soalnya g ada wadah dan tempatnya.. klo diganti ama doc perbandingan nya dg doq brapa2 y dok? mksd sy klo makan 12 doq sm dg makan doc brapa y kira2? soalnya sy blm prnh kasih makan doc jg. maaf dok klo prtnyaanya telalu panjang cmpur curhat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari segi gizi, sama aja sih mas.
      untuk perbandingannya, mas bisa bandingkan dari segi berat.

      kalau dulu, saya biasanya beli doc/doq, terus langsung saya potong/siangi satu2. ambil dagingnya doang. abis itu saya taruh deh di freezer. setiap kali saya mau ngasih makan errol dan padma, saya ambil secukupnya, terus saya rendem di air sampe dia gak beku lagi.... sampe bener2 gak dingin lagi...

      Delete
  44. Dok, kalau saya terlanjur kasih makan bido dengan burung emprit hidup2 tanpa disiangi gmn? Td dia makan 3 emprit soalnya... Kmrn anak bebek masih hidup juga... Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak masalah sih. toh kalo ada bulu atau tulang gak tercerna, dia bisa muntahin.
      cukup pastikan bulu empritnya gak terlalu banyak. biar dia gampang cernanya.

      Delete
  45. Dok mau tanya kalo BO chick saya kasi makan anak puyuh yang dipotong tanpa menghilangkan bulu dan ususnya boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih hidup2 juga bisa sih mas. biasanya nanti sisa bulu dan tulang akan dia muntahkan.

      itu juga kalau burungnya lagi fit.

      kalo lagi gak fit, biasanya dia kesulitan buat muntahin pellet-nya, malah jadi penyebab penyakit nanti....

      Delete
  46. Kalau diberi daging ayam yg dibeli pasaran gpp ta?

    ReplyDelete
  47. Kalau diberi daging ayam yg dibeli pasaran gpp ta?

    ReplyDelete
  48. Kalau diberi daging ayam yg dibeli pasaran gapapa ta?

    ReplyDelete
  49. Kalau diberi daging ayam yg dibeli pasaran gapapa ta?

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. halo doc , saya mau tanya klo misalkan kasih makan Bop yg umurnya chick / brancher pke doc/doq itu harus di buang dlu tulangnya atau tidak ?trus klo di kasih daging marmut itu bagus ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. bagusnya kasih dagingnya aja.
      stok aja di freezer. tiap kali mau kasih makan, rendem di air mineral sampe gak beku dan gak dingin lagi...

      Delete
    2. terimakasih dok atas balasanya akhirnya saya ga bimbang mungkin saya menambakan ikan sotong di dalam dagingnya supaya kalsiumnya tetap terjaga

      Delete
    3. oh iya dok klo misalkan bop sehabis makan dia suka celingak celinguk liat lingkungan trus abis itu tidur usianya chick apa itu wajar ?

      Delete
    4. cek fesesnya. kalo fesesnya normal, saya kira normal. hmm, kalo saya sih biasanya liat matanya, dari situ saya tau... sayangnya, saya nggak bisa liat... :(

      Delete
    5. feses 3 elemen dok dan matanya jga ga ada masalah dok seger gitu mungkin karena kekenyangan trus tidur makasih dok

      Delete
    6. bisa jadi karena kekenyangan. tapi sekarang gimana kondisinya? kasih super-n aja mas, setetes setiap hari...

      Delete
    7. allhamduliah sehat dok klo saya perhatikan tidak ada penurunan nafsu makan dan feses tetap normal malah skrg dia aktif sering duduk dan belajar berdiri dok karena saya abis ganti sarangnya pke jerami yg di bkin bulet itu dok kemarin kayanya dia gamau berdiri atau duduk itu karena kain yg buat alas dia licin
      oh iya salam ke padma dari kuro dok

      Delete
    8. sip. saya seneng bisa denger kabar kuro... :D

      cuaca lagi gak bagus. makan rutin, jangan sampe telat. kasih super-n setetes setiap hari...

      Delete
    9. iya dok saya juga seneng bisa konsultasi sama dokter , oh iya dok supaya ga licin klo dia di turunin dri sangkarnya pake apa ya dok soalnya klo ke lantai dia suka ngesot ngesot kasian liatnya dan takutnya jdi kebiasaan

      Delete
    10. turunin aja pake tangan, atau suruh dia menclok di jari masnya... :)

      Delete
    11. nanti di coba deeh dok sekali lgi ada salam dari kuro dok https://imgur.com/a/G3CPo

      Delete
  52. Dok kalau celepuk yg sdh bisa fly to the fist trus dia kabur. Bisa bertahan hidup di alam bebas nggk ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang di sekitar situ ada makanannya, saya yakin dia bisa bertahan... :)

      Delete
  53. dok saya punya bwk masih chick, minumnya susah pake sedotan cuma sedikit emng porsi minumnya sedikit dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. biarin aja. yang penting dia mau minum. :)

      Delete
  54. terus saya kasih makannya potongan ayam/sate yang mentah tapi disuapin kecil kecil... klo gtu ga maslah dok ?

    ReplyDelete
  55. dok kalo bop di kasih pakan burung greja aman gk sih, kta ny burung greja mengandung bakteri di tubuhh ny!!!

    ReplyDelete
  56. Dok kalau burung sudah terbiasa makan burung puyuh Dan sekarang mau saya ganti makan nan jangkrik Kira Kira gimana dokk ???

    SoallNya kalau sering makan burung puyuh saya takut jadi ganas .Apakah ITU bener dok

    ReplyDelete
  57. Dok saya mau tnya, saya pnya barn owl yg masih bayi, masih belum terlalu bisa berdiri, klo dikasih makan anak puyuh apa harus di kuliti dlu dok.
    Mksi🙏

    ReplyDelete
  58. Dan klo dilihat kok di mata nya kayak ada memutih samar tp dok, ga terlalu keliatan.
    Apa itu normal dok
    Mohon bantuan ny.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.