Dosis Pemberian Scott Emulsion Untuk Musang | Drh. Fira Sovica

Pemberian Scott Emulsion untuk penambah nafsu makan musang

tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada dosis tertentu yang menjadi acuan dalam memberikan multivitamin Scott Emulsion kepada musang peliharaan anda. Bagi anda yang ingin memelihara musang akar, anda bisa membaca artikel saya cara memelihara musang akar.


Dosis Pemberian Scott Emulsion Untuk Musang
Image taken from rampetgarut.blogspot.com
  • Pemberian Scott Emulsion sebagai makanan penambah nafsu makan musang memang sudah banyak dipraktekkan atau diberikan oleh owner musang kepada musang peliharaannya. Saya sendiri perlu memberikan pemahaman bahwa sebaiknya anda tidak perlu memberikan Scott Emulsion kepada musang peliharaan anda jika tidak sangat diperlukan. 
  • Jika nafsu makan musang sudah mulai terlihat menurun, anda bisa memberikan Scott Emulsion dengan dosis 1ml/kg berat badan musang yang diberikan setiap 7 hari sekali dengan cara dicampur ke makanannya. Contoh kasusnya, jika musang memiliki berat 6kg, maka anda cukup memberikan 6ml saja setiap minggunya.
Sebaiknya, jangan menggunakan kata 'kira-kira' dalam menentukan

dosis scott emulsion untuk musang

. Gunakan timbangan dan pipet untuk menimbang berat badan musang dan untuk menakar scott emulsion sebelum memberikan Scott Emulsion. Jangan melebihi dosis yang sudah disarankan karena akibatnya fatal. Dalam beberapa kasus, pemberian Scott Emulsion yang berlebihan malah akan membuat musang mencret bahkan dehidrasi. Terima kasih. (FS)

87 Responses to "Dosis Pemberian Scott Emulsion Untuk Musang"

  1. Saya kira pemberian dapat setiap kali makan. .. untung belum terlambat. ... nais enpu. . Makasih dokter

    ReplyDelete
  2. Mau tanya saya punya baby musang umur 3 minggu saya hanya memberikan susu kucing saja untuk asupannya. Di beberapa kali buang kotoran mengeluarkan darah, solusinya gimana yah apa saya harus memberikan bubur dan buahan untuk mencukupi nutrisinya atau saya hanya memberikan susu saja. Mohon jawabannya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya mohon maaf karena baru saya balas.
      dia dah dikasih pakan selain susu? kalau iya, pakan apa? kemungkinan ada infeksi di saluran cernanya. kalau baby musang umur segitu, emang rawan. susu kucingnya susu kucing khusus anak kucing atau susu kucing biasa?

      coba kasih sari kurma dan ajari makan jus pepaya (kalau bisa yang dijus tanpa air, jadi hanya pepayanya aja)...... dipipet aja...

      kabari saya lagi ya mas...

      Delete
  3. Dok saya mau tanya. Kalau musang saya itu musang bulan dan cenderung gemuk mash usia 5 bulan dan saya kasih scot yang original . Apakah baik dok ? Dan apa bedanya scot yg original dan orange? Sebaiknya pakai yang apa? Terima kasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
  4. Dok saya mau tanya. Kalau musang saya itu musang bulan dan cenderung gemuk mash usia 5 bulan dan saya kasih scot yang original . Apakah baik dok ? Dan apa bedanya scot yg original dan orange? Sebaiknya pakai yang apa? Terima kasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja. soal rasa scott emulsion, semuanya sama saja.
      saya sebenarnya lebih menyarankan berikan sari kurma dibandingkan scott emulsion... :)

      Delete
    2. Dok muspan sy jarang lari kayak dulu, sy Mau Kasih repcal takarannya brp sendok ya dok
      ?

      Delete
  5. dr.. saya mau tanya..
    saya ada baby muspan umur sekitar 2 - 3 minggu baru melek nah di bagian rahang bawah kanannya ada seperti benjolan gtu dok.. kalau di lihat pai senter seperti luka kering tapi bengak gtu.. untuk makan minum pup pip dan aktifitasnya normal semua dok.. kira2 kenapa yah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia gak sering garuk2? ada nanahnya?

      coba sering2 dibersihkan aja, dilap pakai hangat campur dettol cair.

      Delete
  6. maaf Dok saya mau tanya,musang sya mau makan nya kalau mlm sja. itu knp ya Dok??dan utk pemberian sari kurmanya seukuran apa ya Dok dan di campur di susu atau di lumurin di pisang nya?? maaf sya baru pemula. terimakasih Dok sya tunggu jawban dari dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang memang lebih aktif pada malam hari, karena emang dasarnya mereka hewan malam. kalau malem, makannya banyak, mas?

      bener, mas kasih sari kurma aja. kalau sari kurma, cukup dikira2 aja, yah jangan kebanyakan, dan jangan terlalu sedikit juga. kira2 kalau dicampur ke air minumnya, bisa merubah rasanya sedikit jadi agak manis. kalau mau dicampur ke pisang, pisangnya mas potong2 dlu hingga kecil2, terus mas tambahkan sari kurma sebanyak 3 hingga 6 sendok makan ke pisangnya, terus aduk deh. :)

      kalau sari kurma, gak apa2 dikira2 dosisnya, soalnya dia kan alami. gak mengandung bahan kimia. jadi aman meski kebanyakan (walaupun sebaiknya jangan sampe banyak banget juga). :)

      kalau scott emulsion sebaiknya pakai dosis soalnya dia nggak alami... :)

      saya gak buka klinik. dlu ada deket rumah di bogor, tp tutup karena saya lebih banyak sibuk di instansi tempat saya bekerja... :)

      moga membantu dan jangan sungkan buat nanya lagi..

      Delete
  7. kalau boleh tau Dokter buka klinik dimana ya?

    ReplyDelete
  8. siang Dok,kalau di campur ke susu gmn Dok?? tips ini bisa di aplikasikan setiap hari atau ada jangka waktu tertentu Dok??
    bisakah tips ini membuat musang saya sedikit gemuk Dok? soal nya saya kurang suka musang sampai OB, kasian. terimakasih Dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, asalkan susunya jangan yang mengandung laktosa ya mas, karena bisa menyebabkan mencret... tiap hari gak apa2, tapi bagusnya sih 2 hari sekali aja... :)

      kalau cara menggemukkan musang ada kok artikelnya, silakan baca aja.. :)

      sebelumnya jarang dikasih pepaya ya mas? bener? kalau jarang dikasih pepaya, emang biasanya awal2 agak mencret. saya bilang cuma 'agak' ya, jadi gak mencret2 amat. dan itu wajar kok selama dia mau makan dan gak lesu serta warna fesesnya sewarna dengan warna pepayanya... :)

      kabari saya terus...

      Delete
  9. oh iya dok,musang sya kalau dikasih air putih gak di minum. hanya di cium-cium dan di obok obok. terus jika diberi pepeya BAB nya langsung agak mencret seperti pepaya, apakah itu baik-baik sja Dok?

    ReplyDelete
  10. dok ko musang sya malah tambah kurus sepertinya.. sya kasih sari kurma pun hnya di jilat" sja. makannya agak sulit. padahal saya kasih susu stiap pagi dan sore. mohon pencerahanya Dok..maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. mas udah baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya belum? coba baca dlu artikel saya itu....

      umur musangnya berapa mas? kabari saya lagi. jangan lupa baca artikel yang saya sarankan..

      Delete
  11. siang Dok,alhamdulillah fases nya baik-baik saja dan nafsu makan pisang nya lumayan bertambah. untuk saat ini saya hanya kasihsari kurma dicampur air sebagai pengganti minumnya. pemberian susu hanya siang hari skitar 3 jam sja. bagaimana menurut Bu Dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah bagus, cukup pertahankan menu itu. cuaca lagi kurang bersahabat buat musang, sebaiknya jaga agar musangnya gak kedinginan.... maaf baru balas, mas. saya sedang sakit.... saya tunggu kabar selanjutnya....

      Delete
  12. Kalo air minum nya di tambah gula supaya manis ,,,apa ada efek nya dok. Lalu supaya musang gak gampang bosen,, dimix pake apa dok

    ReplyDelete
  13. dok mau nanya kalau mau ganti makanan dari susu / cerelac ke buah ataua nasi gimana caranya yahhh, musang saya baru umur 2 bulanan. mohon sarann /solusinya dok

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Dok saya mau tanya, saya punya muspan umur sktar 2 bulan karna baru tau Scott itu harus ditakar saya gk tau udah terbiasa campur susu ( susu sgm umur 0-6 bulan) sama scott. Dia baru lepas dot dan pemberian susu campur scott itu tiap hari feses nya agak lembek sdikit mencret warna kuning skrng dia udah mulai makan telur rebus apa gak masalah kalau feses nya bgtu ya dok? Tp slama ini muspan saya sehat malah cenderung hiperaktif dan gemuk sehat, gak ada tanda sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, maaf karena saya baru balas...
      untuk scott, sebenernya gak masalah, cuma bagusnya ganti pake sari kurma aja biar lebih alami. kalo scott kayaknya banyak bahan kimianya.

      untuk susu, mending stop aja. terlalu berat buat sistem cernanya. selama ini mencret ya? bener?

      agar membiasakan dia makan selain kuning telur, mending biarin aja maunya dia makan apa. nanti setelah umur diatas 3 bulan, mbak bisa baca artikel cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
    2. Iyaa dok jadi udah beberapa hari cuman mau nya makan kuning telur sama susu aja dok. Air putih juga dia gak mau.

      Jadi saya stop aja pemberian susunya dok? Kira2 kalau dia gk di kasih susu trus gk mau mnum air putih gimana dok?

      Iyaa semi mencret lembek dok.

      Delete
    3. Iyaa dok jadi udah beberapa hari cuman mau nya makan kuning telur sama susu aja dok. Air putih juga dia gak mau.

      Jadi saya stop aja pemberian susunya dok? Kira2 kalau dia gk di kasih susu trus gk mau mnum air putih gimana dok?

      Iyaa semi mencret lembek dok.

      Delete
    4. coba kasih air campur sari kurma. taro aja di kandangnya.
      iya susunya stop aja...

      Delete
  16. Oh iya dok muspan saya juga gamau makan buah dn cuman maunya makan kuning telur rebus. Gimana ya dok caranya biar muspan saya mau makan buah?

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Makasih ya dok sarannya. Nnti saya coba semoga dia mau lepas susu nya dok soalnya dr kmrin mlm cuman minum susu aja dok. Oh iya dok saya mau tanyaa. Kalau musang sering banget ngeluarin gas itu normal atau tidak ya dok? Jadi skrng kasih makanan yg dia mau aja gapapa ya dok yg pnting banyak makan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeluarin gas maksudnya kentut, gitu? mbak tahu darimana dia kentut? :)

      Delete
  19. Makasih ya dok sarannya. Nnti saya coba semoga dia mau lepas susu nya dok soalnya dr kmrin mlm cuman minum susu aja dok. Oh iya dok saya mau tanyaa. Kalau musang sering banget ngeluarin gas itu normal atau tidak ya dok? Jadi skrng kasih makanan yg dia mau aja gapapa ya dok yg pnting banyak makan? :D

    ReplyDelete
  20. Awalnya gak yakin kentut sih dok. Tp kalau lg main suka ada suara "pssssss" kaya angin gitu dan baunya bau susu wktu saya cium ternyata muspan saya ternyata bisa kentut dok. Skrng sih udah jarang tp kadang2 keluar lg dok gas nya. Iru bener kentut atau bukan ya dok? Maaf saya baru balas dok

    ReplyDelete
  21. Awalnya gak yakin kentut sih dok. Tp kalau lg main suka ada suara "pssssss" kaya angin gitu dan baunya bau susu wktu saya cium ternyata muspan saya ternyata bisa kentut dok. Skrng sih udah jarang tp kadang2 keluar lg dok gas nya. Iru bener kentut atau bukan ya dok? Maaf saya baru balas dok

    ReplyDelete
  22. Awalnya gak yakin kentut sih dok. Tp kalau lg main suka ada suara "pssssss" kaya angin gitu dan baunya bau susu wktu saya cium ternyata muspan saya ternyata bisa kentut dok. Skrng sih udah jarang tp kadang2 keluar lg dok gas nya. Iru bener kentut atau bukan ya dok? Maaf saya baru balas dok

    ReplyDelete
  23. Dok,saya mau tanya mata musang saya sebelah kanan seperti ada bercak putih...kira2 gimana dok cara penyembuhannya apakah ada kemungkinan bisa kembali normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi katarak, mas. coba mas praktekkin yang di artikel cara mengobati katarak.... baca dulu baik2 artikel itu, kemudian praktekkin...

      Delete
  24. Selamat siang dok,
    Saya kemarin baru saja beli musang. Saya g tau usianya berapa? Masih kecil sih dok, Panjang badannya hanya sekitar 15cm. Kira2 usia brpa yah dok?
    Terus kemrin saya kasih minum susu kental manis dan SUN rasa pisang, dia cuma mkan sedikit. Sebelumnya dia buang air besar dan Warna feses.nya seprti buah pepaya dok.
    Apa musang saya masih standar sehat atau ada masalah dok krna seprtinya dia tidak napsu makan?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada giginya? :)
      karena usia musang bisa diliat dari giginya.
      jangan dikasih makan susu kental manis. kasih bubur bayi aja, dan kalo bisa promina. :)
      susu bisa diganti sari kurma... :)

      Delete
  25. Selamat siang dok,
    Saya kemarin baru saja beli musang. Saya g tau usianya berapa? Masih kecil sih dok, Panjang badannya hanya sekitar 15cm. Kira2 usia brpa yah dok?
    Terus kemrin saya kasih minum susu kental manis dan SUN rasa pisang, dia cuma mkan sedikit. Sebelumnya dia buang air besar dan Warna feses.nya seprti buah pepaya dok.
    Apa musang saya masih standar sehat atau ada masalah dok krna seprtinya dia tidak napsu makan?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  26. Dok muspan sy jarang lari kayak dulu, sy Mau Kasih repcal takarannya brp sendok ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jalan, dia kayak pincang nggak? kalau cuma jarang lari aja, saya kira bukan masalah...

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. hmm, coba mas kasih sari kurma aja sebagai asupan kalsiumnya mas, kasih satu sendok teh sehari... :)

      kasih kabar terus ya mas...

      Delete
    4. Dok sari kurmanya dicampur di mana makanan atau minuman ?

      Delete
    5. bisa campur makanannya, minumannya, atau kasih langsung. :)

      Delete
    6. Klo dikasih stimuno blh dok?

      Delete
    7. sebenernya sih saya agak kurang menyarankan kalo stimuno, mas, meski banyak sih yang kasih.

      kalo bisa, jangan.... :)

      Delete
    8. Dok kalo muspannya krg calcium mengobatinya gimana dok? Terimakasih dok

      Delete
    9. bisa kasih sari kurma, asupan kalsiumnya lumayan tinggi....

      atau kasih aja bubur bayi, terutama yang merk promina.

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Dok kalo pake madu+kurma boleh dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurma dicacah terus kasih madu? gitu?
      gak malah ribet, mas? lebih praktis kasih sari kurma, sih, tapi kalo mas emang mau kasih kurma + madu, ya boleh aja...

      kabari terus

      Delete
    2. emang gak ada sari kurma?
      jus kurma oke... :)

      Delete
    3. Dok cacahan kurmanya dikasih seminggu brp kali?

      Delete
    4. kasih aja di wadah, terus taro di kandangnya. biarin aja di situ.

      kurma gak cepet busuk kok. malah, sangat tahan lama. :)

      Delete
  29. Kalo scott emulsion untuk kucing bgus gak dok? Trus dosisnya kira2 brp tiap hari atau minggunya skali mnum? Mksih dok.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung umur dan berat kucingnya sih mas.
      kenapa gak pake suplemen khusus kucing? beli aja penambah daya tahan tubuh khusus kucing, mas.

      Delete
  30. Selamat sore dok, musang saya kok ngga doyan makan pisang ya akhir2 ini setelah aku kasih makan pala ayam, apa karena pilek ya dok, mohon maaf bila ada salah kata, terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. met sore mas. ada kalanya emang kayak gitu sih, musang yang habis diberi makanan baru, dia jadi gak mau lagi dikasih makanan yang lama. musangnya umur berapa mas? coba mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
    2. Umur 4bln dok, terimakasih banget untuk balasanya

      Delete
  31. Siang dok,
    Manfaat sari kurma itu ap dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahan asupan kalsium, menambah daya tahan tubuh, suplemen bermacam-macam vitamin, dan sebagainya... :)

      Delete
  32. Dok mau nanya musang pandan saya baru umur -+2 bulan baru tumbuh gigi biar nafsu makannya pakee apa yah dok

    ReplyDelete
  33. Dok mau nanya musang pandan saya baru umur -+2 bulan baru tumbuh gigi biar nafsu makannya pakee apa yah dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, jangan dikasih susu. cukup kasih bubur bayi aja sebagai makanannya...

      kedua, coba mas baca artikel saya: suplemen penambah daya tahan tubuh musang

      Delete
  34. Dok saya mau tanya . kalo setiap hari dikasih scott emulsion itu bagus apa gak?? Terima kasih��

    ReplyDelete
  35. Mau tanya dok,kalo musang blh di mandiin sekitar umur brp ya,supaya ga kotor apa blh pake tisu basah aja di lap gitu dok,mksh dok sblumnya sy pemula nie dok heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas :(
      mas bisa baca artikel saya cara memandikan musang. di sana udah ada jawabannya, mas... :)

      Delete
  36. Dok saya mau tanya . cara pemberian scott pada musang yg susah itu gimana ya soalnya bener2 susah bgt kalo makanannya dicampur scott maunya yg ori ga campuran .makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipipet langsung aja ke mulutnya, mas/mbak... :)
      pake sedotan juga bisa... :)

      Delete
  37. Dok saya beli scott emulsion untuk musang saya umur 3 bln takaran nya gimana ya berapa kali sehari

    ReplyDelete
  38. Dok saya punya musang. Terus saya Kasih minuman nya telor mentah sma dicampurin susu. Tapi setiap saya Kasih minuman telor mentah sma susu selalu habis tak tersisah. Tapi apakah itu bagus dok buat musang saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. jujur saya nggak tahu mas dapet resep dari mana itu. :D
      susunya mas kasih susu apa? kalo susu non laktosa (kayak sgm llm) mungkin masih boleh, selama kalo setelah dikasih susu dia gak mencret. kalo abis dikasih susu dia mencret, mending stop. dan gak usah dikasih telor, mas... :)

      umur berapa musangnya? dan tujuannya buat apa? :D

      Delete
  39. Dok, muspan ak umr 2bln. Mknny cm mw pake susu di campur sm pisanh yg di serut. Uda coba di handsfeet tp gg mw.. D ganti pke pepaya jg gmw. Gmana yy dok? Buat bisa blajar mkn sndri sm ganti2 makanny?
    Ak kasi sari kurma ko muspanny jd hiperaktif y dok? Gigit2 terus? Napsu makanny tp jg blm brtmbah.. Soalny badanny kurus. Gmn yy dok??. Makasii dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu.

      untuk makanannya, cukup kasih bubur bayi promina. aja. iya, promina aja. buah bisa dikasih seminggu sekali aja.

      Delete
  40. maaf dok . saya punya musang akar borneo 2 bulanan . Udah 3hari ini saya kasih curcuma plus . itu gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu banyak. cek dosis si atas.
      setelah dikasih curcuma, fesesnya jadi mencret?
      kalau mencret, mending stop

      Delete
  41. Dok , aku baru punya muspan kira2 umurnya 2bulan jalan 3bulan , dia ga mau makan trus minum susu jga cuma sedikit aku kasih air putih jga cuma sedikit2 minumnya , apa ada yg salah ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      mending jangan kasih susu. kasih bubur bayi promina aja mbak....

      Delete
  42. Assalamualaikum, dokter saya baru punya bayi musang umur 2 minggu, saya kasih susu sgm non lactosa, tapi ada kesalahan saya tambahkan minyak ikan dan ternyata kan memang tidak boleh, nah tadi sore pup nya cair dan ada merah nya, haduh gimana ya cara menyembuhkannya, takut jadi sakit pencernaanya, mohon info nya dokter, terima kasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.