Ikan Sebagai Makanan Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Banyak pecinta burung hantu dan BOP yang bertanya kepada saya apakah boleh memberikan

ikan sebagai makanan BOP dan burung hantu

. Maka artikel ini mengakomodir mereka yang bertanya bolehkah memberi makan ikan kepada burung hantu. Makanan burung hantu sendiri berbeda untuk setiap jenisnya. Anda bisa membaca artikel mengenai makanan burung hantu berdasarkan jenis burung hantu.


Ikan Sebagai Makanan Burung Hantu
Image taken from pinterest.com
  • Seperti yang ditulis di artikel makanan burung hantu, beberapa jenis burung hantu sebenarnya memakan ikan sebagai makanan pokoknya. Namun jenis burung hantu lain cenderung tidak cocok jika diberi makan ikan. Hal ini berlaku pada burung hantu celepuk dan burung hantu barn owl.
  • Burung hantu celepuk adalah jenis burung hantu pertama yang tidak cocok diberi makan ikan. Saya sendiri pernah memelihara burung hantu celepuk sebelum memelihara burung hantu barn owl yang saya miliki sekarang, dan saya tidak pernah memberikan ikan atau daging ikan kepada burung hantu celepuk saya.
  • Sebenarnya, dari segi sistem pencernaan, burung hantu celepuk bisa saja menerima daging ikan yang sudah difillet (hanya diberikan dagingnya saja. Tanpa sisik, tanpa tulang/duri). Namun sistem pencernaan celepuk akan lebih susah dalam mencerna ikan berukuran kecil yang diberikan bulat-bulat.
  • Burung hantu barn owl adalah burung hantu kedua yang tidak bisa menerima ‘kehadiran’ daging ikan di sistem pencernaanya. Memang, beberapa owner burung hantu yang saya temui masih kerap memberikan ikan kecil sebagai makanan barn owlnya. Namun saya sendiri cenderung menghindari ikan sebagai makanan burung hantu serak jawa milik saya.
  • Sepengetahuan saya sebagai dokter hewan dan sebagai orang tua asuh dari Errol (burung hantu barn owl milik saya), burung hantu serak jawa atau burung hantu barn owl memiliki sistem pencernaan yang lebih sensitif dibandingkan celepuk atau oriental bay owl. Di artikel tingkat kesulitan pemeliharaan burung hantu, saya pernah membahas bahwa barn owl atau burung hantu serak jawa memiliki tingkat stress yang lebih tinggi. 
  • Untuk itu, sebaiknya ikan tidak menjadi makanan pokok barn owl. Sesekali boleh saja diberi ikan sebagai makanan tambahan, namun sebaiknya ikan yang dipilih adalah daging ikan filet dan cukup diberi 2 minggu sekali saja sebagai tambahan gizi.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

apakah ikan bisa dijadikan makanan burung hantu dan BOP

. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi acuan bagi anda yang memelihara burung hantu. Saran, komentar, dan kritik bisa ditulis dibawah ini. (FS)

82 Responses to "Ikan Sebagai Makanan Burung Hantu"

  1. Thomshon
    One Hundred Bird

    Cara Memelihara :
    Thomson dapat dibilang sangat RAKUS :D
    Dia sehari bisa habis 20-30 jangkrik -_- Tapi dia tidak pernah memuntahkannya (pellet) dan feses Warnanya baik2 saja. Malah jika ia lapar malah Berisik Bersuara Hiiik Hiiik... , dan suka mengigit apa saja yg disodorkan seperti jari, kardus, kayu -_- . tapi jika sudah kenyang :D dia tidak terlalu berisik walau tetap bersuara dan gigit paling sedkit dan itu pelan.

    Pertanyaan saya :
    Apakah Saya harus membatasi ia makanan. karna dia masih kecil sih dok belum bs terbang.
    kayaknya sih brancher :D

    #SAAM_BUAT_ERROL

    ReplyDelete
    Replies
    1. thomson pintar ya mas.
      tidak harus membatasi. cukup hentikan pemberian makan kalau dia sudah tidak lagi memakan makanan yang disodorkan.
      jangan lupa latih. owl sepintar thomson harusnya gampang dilatih.
      saya tunggu kabar dari thomson.. :)

      Delete
    2. SEMOGA BISA PINTAR KAYA ERROL #hehe

      Dr. fira tapi thomson itu gk mau deketin jangkrik haru disodor baru mau -_- katnya kalao mau latih bisa dengan melaparkan Burung jadi dia mau jalan ke jangkriknya tapi tetep aja Thomson laper malah teriak2 Kiiik kiiik doang -_-

      Delete
    3. sementara ini berikan saja jangkriknya dulu dengan cara disodorkan. lakukan selama 3 minggu, baru nanti latih. cara melatih burung hantu bisa dibaca di blog ini...a

      Delete
    4. Oke deh makasih dok ini blog SUPER BERMANFAAT. tolong lihat post saya di google plus

      Delete
  2. tolong lihat postan sy di ggogle plus #plese dok tentang Thomson

    ReplyDelete
  3. Sama kaya cg saya dok

    ReplyDelete
  4. Dokter. Saya mau nanya.

    Kemaren kan saya nangkep burhan tyto alba dewasa (liar)
    Terus pas dikasih makan kok gamau dok? Udah ada 3hari si tyto belum makan apapa.

    Tolong kasih saran dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan stress. matanya tertutup?
      coba kasih pakan hidup seperti bayi tikus. bisa juga kasih daging sapi cincang.

      Delete
    2. silakan baca juga artikel cara memelihara barn owl

      Delete
    3. Matanya melek terus dok kalo saya dekatin. Sambil siapsiap nyerang dianya.
      Soalnya ini masih liar si tyto albanya

      Delete
    4. oh ya. perlu dijinakkin lagi mas. mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.
      sabar mas, si errol aja dulu burung hantu saya galak banget, akhirnya bisa jinak 100%. :)

      Delete
    5. Waduh. Artikelnya sudah tak baca dok.

      Tapi kalau ndak dimasukin kandang pasti kabur si tytonya.
      Soalnya saya nangkepnya diatas rumah pas dia ngeramin telurnya.
      Ama tiap malam pasti ada temannya si tyto diatas rumah.

      Delete
    6. harusnya diamkan dulu biar telurnya menetas. saya takutnya dia stress karena telurnya dia tinggalin karena mas ambil induknya....

      dan lagi, barn owl betina yang sedang mengeram biasanya cenderung lebih agresif. naluri keibuannya. :)

      Delete
    7. Wah. Saya sudah bilang ke ayah saya. Tapi dianya gangebolehin ngelepasnya.

      Iya dok. Pas saya deketin musti pasang mode bertahan. Tapi pas saya eluselus mau. Tapi pas gak saya eluselus balik lagi kemode bertahan

      Delete
    8. emang kayak gitu. barn owl dewasa emang kadang seperti itu kalau kita dekati. makanya harus banyak2 sabar kalau menjinakkan burung hantu mas... :)
      silakan baca artikel2 saya yang lain tentang burung hantu di blog ini.... semoga bisa membantu... :)

      Delete
    9. Nang pas saya lepasin gadibolehin sama ayah saya dok


      Oh ya. Si tyto kalo saya dekati terusterusan siapsiap kayak mau nyerang. Tapi pas saya eluselus kok mau dok dan gak nyucuk

      Delete
    10. ada bakat jadi jinak total itu mas. :)
      yang penting sabar dan yakin. si errol juga dulu gitu, malah lebih parah. saya diserang mulu. :(
      silakan baca2 artikel saya tentang burung hantu di blog ini. salam dari errol buat...... maaf, siapa nama burung hantunya? :D

      Delete
    11. Si errol itu dari alam liar dok?
      Terus dokter butuh waktuwaktu berapa lama untuk ngejinakin si errol?


      Haha... Buat namanya masih belum kepikiran dok siapa namanya

      Delete
    12. Dok. Boleh minta pi. Atau nomer dokter?
      Biar saya bisa konsul cepat sama dokter.

      Delete
    13. iya. si errol dan padma 22nya dari alam. saya pernah membahas mengenai proses penjinakkan si errol di artikel cara menjinakkan burung hantu... :)
      kasih nama aja mas biar dia tahu namanya siapa. nantinya dia akan nyamperin kalau dipanggil si errol juga gitu. kalau saya panggil, dia pasti pulang... :)

      sementara di blog ini aja dulu konsulnya mas. aplikasi chattingnya lagi di develop. semoga bisa kelar dalam waktu dekat ini....

      Delete
    14. Dok saya baca artikel dari dokter masalah menjinakan burung hantu.

      Apa harus tidak diletakkan didalam sangkar dok? Tapi di peach.?
      Terus tenggerannya itu kalo ditarus selain dikamar itu dimana dok? Soalnya keadaan kamar saya itu agak banyak barangnya.

      Delete
    15. Oh yo dok. Si tyto itu dikasih makan apa yah yang bener?
      Sudah saya coba ayam mentah. Ati ayam. Burung idup.
      Tapi menurut dokter apa? Kan dia dari alam liar.?

      Delete
    16. Yaudah lah dok.
      Gpp lewat blog ini aja

      Delete
    17. iya, lebih baik jangan di sangkar. bagusnya taruh di dalam ruangan kosong saja kayak di gudang, atau mas bisa bikin owlbox sendiri dari kardus yang agak besar (bekas kulkas atau bekas tv) yang diberi tenggeran di dalamnya. kalau ada ruangan, taruh aja di ruangan, mas. gak apa2 banyak barang juga...

      saya sih lebih suka menyarankan kasih daging sapi segar yang dicacah atau bayi tikus emprit. cara mengolah emprit sebagai makanan burung hantu bisa mas baca di blog saya ini. sesekali dikasih serangga kayak jangkrik juga boleh, tapi jangan keseringan....

      Delete
    18. iya, lebih baik jangan di sangkar. bagusnya taruh di dalam ruangan kosong saja kayak di gudang, atau mas bisa bikin owlbox sendiri dari kardus yang agak besar (bekas kulkas atau bekas tv) yang diberi tenggeran di dalamnya. kalau ada ruangan, taruh aja di ruangan, mas. gak apa2 banyak barang juga...

      saya sih lebih suka menyarankan kasih daging sapi segar yang dicacah atau bayi tikus emprit. cara mengolah emprit sebagai makanan burung hantu bisa mas baca di blog saya ini. sesekali dikasih serangga kayak jangkrik juga boleh, tapi jangan keseringan....

      Delete
    19. Wah. Kalau ditaroh di ruangan apa pupnya ndak banyak yang jatoh di lantai?
      Soalnya dianya pupnya agak banyak. Terus agak bauk dok.
      Kalau di dus. Itu harus diganti terus berarti kalau kotor?


      Sudah saya baca dok. Tapi saya gak tega kalau suruh bunuh empritnya.
      Terus itu musti disuapin ndak dok makannya?

      Delete
    20. Dok. Kalau dikasih makan ati ayam hapapa kan?

      Delete
    21. Dok. Tapi kalau dikasih makan ati ayam gapapa kan?

      Delete
    22. gak usah diganti2 dusnya. cukup alasi bagian bawah dusnya dengan kertas koran, dan ganti setiap minggu. saran saya seperti itu...

      iya mas. kalau punya burung hantu memang kudu rajin2 bersihin kotorannya. yah, pelihara semua jenis hewan juga seperti itu. hehehee. dulu saya satu ruangan ama si errol waktu masih ngekos. kebayang baunya gimana. tapi asal kita rajin bersih2, pasti gak bau...

      ati ayam buat burung hantu sebenernya sama halnya seperti daging ayam untuk burung hantu. boleh sesekali, asalkan jangan kebanyakan... :)

      Delete
    23. Wah. Seminggu?
      Sehari saja si owli sudah pop lumayan banyak dokdok


      Kalau masalah bau sih udah biasa rumah aku. Soalnya dibelakan rumah kan aku juga pelihara banyak ayam dok.

      Oh. Gitu ya. Tapi kalau jadi musti gantiganti menu makannya ya dok buat si owli.


      Oh ya. Dia sudah tak kasih nama owli dok. Hehehe...

      Delete
    24. Oh ta dok. Kalau si owli saya buatin peach. Nanti apa dianya pakek saya iket kakinya dok supaya gakabur?

      Delete
    25. oh. kalo memang gitu, bisa sekali sehari diganti. kalau saya dulu kebetulan memang si errol tdk terlalu banyak poopnya...
      kalau saya sih biasanya saya ganti2 makanan buat si errol dan padma kalau memang mereka mau makan dari rumah. namun biasanya mereka kan cari makan sendiri....
      kalau saya sarankan, tempatkan perchnya di ruangan tak terpakai. bisa di gudang atau ruangan lainnya. jadi si owli tidak usah diikat. bila toh misalnya tidak ada ruangan tak terpakai, mas bisa kasih ring di perchnya, dan ikatkan talinya ke ring itu... :)

      Delete
    26. Makasih yah dok atas semua saran dan informasi cara merawat si owli.

      Tapi sekarang si owli sudah saya lepas kan dok. Soale kasihan saya.


      Hehe... Tapi lucunya dok. Tiap malem si owli terus dateng kerumah sama 2 temannya. Hehe...

      Delete
    27. Oh ya dok. Tempat jual burung hantu itu dimana yah ?

      Soalnya saya mulai tertarik memelihara burung hantu.
      Ben menisan ada banyak jenis unggas dirumah. Hehehe ....

      Delete
    28. wah, bagus itu. mungkin si owli emang sudah ada rasa keterikatan dengan mas, hingga tiap malam dia datang dengan teman2nya... :)

      biasanya banyak yang jual burung hantu di pasar burung terdekat. mas juga bisa cek artikel saya daftar penjual hewan terpercaya. atau bisa juga gabung di grup jual beli burung hantu di facebook... :)

      Delete
    29. Yah mungkin saja mbak.

      Udak saya cek yang mbak promoaiin di blog ini tapi kosong celeluknya.


      Oh ya dok. Kalo mau adop celepuk itu yang seusianya berapa ya? Soalnya takut dipasaran ndak ada

      Delete
  5. Dok. Kalau si tyto digumbulin sama ayam (kate. Mutiara. Kalkun) gapapa ta doktapi si tyto dikandang. Yang ayamnya lepas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya taruh di dus yang besar, bekas tv atau bekas kulkas. kalau kandangnya pas2an, kadang bikin stress mas. pakai dus bekas tv atau bekas kulkas yang di kasih tangkringan di dalamnya...

      sejujurnya, barn owl agak susah dipelihara buat pemula mas. mending pelihara yang gampang dulu kayak celepuk.... barn owl lebih susah dipelihara karena tingkat stressnya lebih tinggi. silakan mas baca artikel saya jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya

      Delete
    2. Nang musti gimana dok?
      Kalo dijinakin pasti sulit. Kalo dilepas gadiboleh.i

      Delete
    3. gak ada yang sulit asalkan mas yakin. :)
      si errol dulu lebih 'ganas' dari burung hantunya mas. :)

      Delete
  6. siang dok.
    saya mau tanya, saya udah dua bulan pelihara burung hantu (lumayan akrab lah) . dia dari dulu kaya takut kalau denger suara musik .(badannya mengurus, bulu yg kaya tanduk itu keatas terus terbang terbangan). saya biasa denger musik atau maen musik dirumah . itu bisa bikin burhan stres ngak dok ?
    1 lagi dok , kalau saya kasih dia makan burung emprit bisa ngak dok ?
    makasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. musiknya keras? kalau terlalu keras, emang kadang kayak gitu. lebih baik jangan terlalu keras mas, kasian kalau stress... malah kadang musik pelan juga bikin stress juga kalau mental burung hantunya emang lemah... jadi tergantung karakter burung hantunya....

      bisa kok burung hantu dikasih makan emprit. cara mengolah emprit sebagai makanan burung hantu bisa mas search di bagian cari artikel..

      Delete
    2. genre musiknya ngak keras, suara speakernya yg keras dok.
      wah, braty harus saya hindari ya dok .
      makasih dok :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Mlm dok..
    Sya mau tny.. sy pnya bubo dan biasa ny saya ksi mkn ikan..slma ini sih msih lahap mkn ny dok..ap ad efek smping jika makanan ny ikan? .. trus kdg ikan ny masih bersisa jd sya msukin k kulkas..dn besok ny sya kasi lg ap tdk ap2?
    Mksi dok

    ReplyDelete
  9. Selamat malam bu dokter, saya baru punya alap alap tikus, usianya baru selesai bulu kapas, tpi masih suka teriak2, di kasi daging ayam dia gak terlalu suka, boleh gak saya kasi daging ikan? Mohon balasannya bu, trms

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. sebelumnya maaf karena baru balas.
      hmm, biasanya mas kasih makan apa? kalau emang udah terbiasa dikasih ikan, boleh sih dikasih ikan. bagusnya kasih bayi tikus aja.

      Delete
  10. Boleh gak alap alap tikus di kasi ikan bu dokter? Balasan dan jawaban dari bu dokter bgitu sangat berarti. Trms

    ReplyDelete
  11. Dok BWK cocok gak dikasih pakan ikan.

    ReplyDelete
  12. Dok BWK cocok gak dikasih pakan ikan.

    ReplyDelete
  13. Dok, Guldan (buffy saya) tadi malam entah kenapa makan tali perusik yang saya ikatkan di kakinya, mungkin karena semalam kelaparan, padahal sebelum saya tidur sudah saya kasih makan sampai kenyang. Tadi pagi saya coba kasih makan puyuh tapi dia nggak mau nyambar puyuhnya. Tapi sampai sekarang fesesnya masih normal dok, apa guldan akan baik baik saja dok? Kepingin saya bawa ke dokter hewan tapi di kota tempat tinggal saya tidak ada dokter hewan. Bagaimana solusinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. awasi aja selama beberapa hari ke depan. usahakan tetep kasih makan. biasa dikasih makan apa?
      sambil diawasi, makanannya di haluskan dulu. dicacah kecil2 biar mudah dicerna.

      emang seberapa besar tali yang ditelan sama dia?

      kabari terus...

      Delete
    2. Biasa saya kasih puyuh, lebar talinya 4mm warnanya hitam, sampai sekarang guldan nggk mau makan dok, fesesnya normal tapi sedikit, saya lihat di fesesnya nggk ada tali yang keluar dok. Mungkinkah talinya nanti keluar sendiri? Kalau saya kasih lele yang difilet dulu gimana dok? Kalau puyuh saya nggak tega bunuhnya :(

      Delete
    3. boleh kasih fillet lele fresh (bukan bekuan), tapi bener2 dicacah dulu sampe halus.
      usahakan tetep kasih makan. jangan sampe dia gak makan.

      semoga nanti talinya keluar sendiri. sepanjang apa tali yang dimakannya?

      Delete
    4. Lumayan panjang, 3 meter lebih. Tadi saya perhatikan fesesnya normal. Tidak ada tali yang keluar, apa ada kemungkinan tercerna ya? Kalau saya kasih minyak ikan untuk menambah nafsu makan gimana dok?

      Delete
    5. jangan malah dikasih minyak ikan, mas.
      malah tambah sakit.
      karena dia sistem pencernaannya lagi kurang bagus, kalau mas tambah kasih minyak ikan, malah tambah berat ntar sistem pencernaannya...

      kalau mau, kasih super-n aja. udah ada artikelnya. judulnya Cara Agar Burung Hantu Tetap Sehat

      Delete
  14. Permisi dok...saya mau tanya niii...saya baru beli owl jenis obay juve...pakan yg pantas apa yaa dok..dan berapa x dlm sehari pemberian pakan...skrg kondisi msh di dalam kandand dok karna msh dlm masa adaptasi..karna kondisi saya keja di pagi hari dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, ini papanya Filo ya? :D
      udah saya jawab ya mas pertanyaan ini di komentar mas di artikel cara memelihara oriental bay owl....

      ajak main tiap mas pulang kerja aja, cukup 5 menit sehari, yang penting terus menerus... :)

      silakan baca artikel2 tentang burung hantu di blog ini...

      Delete
  15. Malam dok.
    Saya ingin bertanya nih
    Ini burung oriental bay punya saya , dia saya kasih jangkrik ko gk mau di makan" ya dok.jni kenapa? Juga saya baru beli tadi .. Ini saya kasih makan burung emprit terus.. Baru 2x sih.. Mohon arahan dok.. Mau saya bawa ke bogor jawa barat dari malang jawa timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas...
      kasih minum super-n setetes setiap hari...
      untuk makanan, mas bisa kasih jangkrik tapi disodorin ke mulutnya...

      Delete
  16. Memang benar, burung hantu memang tidak boleh diberi makan ikan, tapi pengecualian untuk burung hantu Buffy Fish Owl, iya kan dok? Kok bisa begitu ya??

    ReplyDelete
  17. Permisi boleh infonya dong, beli burung hantu tpi mash anakan dimana ya?? , lokasi jakarta timur - cijantung

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasar burung jatinegara, mas.

      sebelum beli, baca dulu artikel saya: ciri burung hantu sehat

      Delete
    2. Di jatinegara kadang suka gaada stok mas, jgn beli skrg tpi mas, cuacany kykny lgi nggk mendukung

      Delete
    3. barito mungkin? :D
      tapi setuju juga dengan pendapat mas wira... :D

      Delete
    4. Kebetulan ayam sy yg dilepas bru pd mati dok hehehe

      Delete
    5. iya emang lagi banyak kasus sekarang ini...
      apalagi saya yang ngehandle binatang yang lumayan gede... :D

      Delete
  18. Dok saya punya BWK remaja tpi gamau nyamber makanan alias ga agresif, jdi klo makan ya di tarok aja smpe dmkan sendiri, klo makan sih rakus/kuat tpi ya itu ga agresif klo dksih pakan hidup ga nyamber, itu gmn ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara naluri, bwk suka hewan hidup yang keliatannya lemah. jadi untuk menajamkan insting agresifnya, mending masih kayi pingkies (bayi tikus yang masih merah dan belum ada bulunya).... taro aja, terus tinggal.... :)

      Delete
  19. Halo dokter, saya baru memelihara burung hantu Oriental bay owl dan masih bulu kapas. Waktu pertama saya adopt, dia sepertinya baru bisa jalan beberapa langkah dan matanya sering terbuka, tapi kurang bisa lihat karena kalau menggoyangkan sesuatu di depan dia kayak nggak lihat dan klo geser-geser, nabrak, dia kaget sendiri.

    Setelah tiga hari, dia baru bisa jalan beberapa langkah dan bisa lihat kalau dekat mata (karena langsung dipatok). Pertanyaan saya, kira-kira umurnya berapa ya, karena penjualnya juga tidak tahu dan kapan obay masuk usia brancher?

    Untuk makanan saya beri jangkrik 3x sehari, tetapi selain emprit dan tikus apakah boleh diberi ayam, daging, ikan atau telur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu lagi, apakah ada artikel yang menjelaskan siklus chick, brancher, juve pada setiap owl? (celepuk, javan owlt, obay, barn owl, dll)

      Delete
    2. agak susah sebenernya dalam menentukan usia pasti burung hantu. saya sendiri biasanya cuma mengira-ngira dari tampilan fisiknya. kalau mau bener2 pasti, biasanya saya cek darahnya....

      selain serangga (jangkrik kecil) dan daging unggas muda (daging anak ayam/puyuh, daging emprit), serta bayi tikus, nggak perlu dikasih makanan lain, mbak... :)

      Delete
  20. Terima kasih sudah dijawab Dokter,

    anak ayam/puyuh/emprit dikasih utuh (hidup) ga papa? Saya selama ini ngasihnya cuma jangkrik sama kadang daging ayam sama sapi sih

    Selain itu apa ada vitamin yang boleh dikasih? minyak ikan nggak papa atau tunggu agak besaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa sih disiangi dulu. jadi puyuh/anak ayam/empritnya disiangi dulu. saya biasanya nyetok di freezer: saya beli puyuh dewasa, bawa ke tukang ayam potong, minta potongin dan siangin, ambil dagingnya aja. terus taruh di freezer. kalau mau kasih makan, ambil sedikit, rendem dia air mineral sampe gak dingin dan gak beku lagi, cacah, baru kasih ke owlnya... :)

      minyak ikan boleh 10 hari sekali. sebutir.

      untuk suplemen, mbak bisa baca artikel saya: cara agar burung hantu tetap sehat.

      Delete
  21. misi dok kalo owl tyto alba brancher di kasih jangkrik gimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih pake daging puyuh atau emprit, tapi kalau sesekali, boleh aja. tapi jangan gede2 ya mas. dan jangan kebanyakan.

      Delete
  22. dok saya punya barn owl usia masih brancher untuk pakannya diberi daging ayam fillet kira2 bagus ngga dok untuk owl saya ? trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. tapi lebih bagus mending pake DOQ aja mas. anakan ayam. :)

      Delete
  23. Slmat siang dok,sya mau tanya.kmrn sya dpt owl halaman rmh sya,sya serch d google jenis tyto alba.sya bingung mau kasi makan apa.klu ikan boleh gak dok sya kasi,trs ikan yg gmn.
    Trima kasih dok sblm'y

    ReplyDelete
  24. Mau tanya kalau tylto alba di kasih makan hati ayam apakah ada efej samping nya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.