Stress Pada Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Seperti semua hewan lain,

burung hantu juga bisa stress

. Ciri burung hantu yang stress berikut juga bisa menjadi acuan ciri BOP yang stress. Berikut adalah penyebab stress pada burung hantu, ciri burung hantu stress, dan cara mengobati stress pada burung hantu yang juga merupakan penyebab BOP stress, ciri BOP atau burung pemburu yang stress, serta menyembuhkan BOP yang stress.
Stress Pada Burung Hantu
  • Penyebab stress pada burung hantu.
  • Sebab stress pada burung hantu antara lain karena bepergian (menempuh perjalanan jauh), penyakit (misalnya karena kutu), suhu tinggi (kandang yang terlalu panas), kurang makanan atau kurang minum (kelaparan, kehausan), pergantian iklim, dan sebab lainnya.
  • Tanda burung hantu yang stress.
  • Ciri stress pada burung antara lain adalah burung hantu terlihat murung, mata sering terpejam/merem, serta nafsu makan yang berkurang atau tidak mau makan samasekali. Hal ini juga pernah dibahas pada artikel sebab burung hantu mogok makan. Burung hantu yang stress juga umumnya mengalami gangguan pada sistem pencernaannya, ditandai dengan feses burung hantu yang stress juga biasanya tidak memiliki bagian fecal pada fesesnya. Bagian fecal pada feses burung hantu adalah bagian berwarna hitam atau coklat tua. Gambar feses burung hantu yang stress bisa dilihat dibawah ini:
    Feses Burung Hantu yang Stress 
    Gambar feses burung hantu yang stress, kelaparan, atau sakit. 
    Image taken from themodernapprentice.com
  • Menyembuhkan burung hantu yang stress.
  • Untuk mengobati burung hantu yang stress bisa dilakukan dengan syarat tingkat keparahan stress pada burung hantu belum begitu parah. Segera lakukan langkah-langkah pengobatan stress pada burung hantu ini jika burung hantu anda mulai menunjukkan tanda stress pada burung hantu. Cara mengobati stress pada burung hantu bisa dilakukan dengan beberapa langkah pengobatan stress pada burung hantu berikut ini:
    1. Kenali gejalanya.
    2. Mengenali tanda stress pada burung hantu adalah langkah pertama dalam menyembuhkan stress pada burung hantu. Maka penting untuk mengetahui sebab utama stress pada burung hantu anda.
    3. Lakukan penyembuhan dengan melakukan kontra-indikasi.
    4. Jika telah mengenali gejala stress pada burung hantu anda, lakukanlah langkah kontra indikasi. Jika burung hantu anda stress akibat suhu panas, maka pindahkanlah perch-nya ke tempat yang agak teduh. Jika burung hantu anda stress akibat perjalanan jauh, diamkan dia selama beberapa jam di ruangan kosong seperti gudang dan lain sebagainya. Jika burung hantu anda stress akibat penyakit, maka bawa segera ke dokter hewan terdekat untuk mengobatinya.
    5. Jika gejala burung hantu stress masih terlihat, sangat disarankan untuk segera membawa burung hantu anda ke dokter hewan terdekat agar langkah pencegahan, diagnosa, dan penanganan bisa sesegera mungkin diambil oleh dokter.
Demikian adalah sekelumit tentang tanda

stress pada burung hantu

, penyebab stress pada burung hantu, dan mengobati stress pada burung hantu. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam merawat burung hantu kesayangan anda. Saran, komentar, kritik, serta konsultasi mengenai burung hantu peliharaan anda bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

321 Responses to "Stress Pada Burung Hantu"

  1. Dok, opin kepalanya berdarah di atas paruhnya. kayanya karena sering nabrak dinding atau langit2 deh. terus dia kalo mau disuapin jangkrik langsung terbang. mau di elus elus juga langsung defense. gimana untuk menanganinya dok? kasihan ngeliatnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. diamkan di dalam kardus yang agak besar seperti di kardus bekas tv atau semacamnya. kalau ada ruangan kosong, biarkan dia di ruangan itu dulu. sesekali liat. kalau mau beri makan, coba tangkap dlu pelan-pelan.....
      akan lebih baik kalau mas pasangi dia anklett dan jesse agar dia gak kabur2an.... sering2 dilatih juga mas... semoga opin baik2 saja... :)

      Delete
    2. Lukanya bisa diobatin pake betadine ga dok? saya mau pakein tapi takut kena matanya.

      Delete
    3. bisa. pake kapas saja, tapi jangan terlalu basah kapasnya. oleskan sedikit2 di atas paruhnya..... sehat selalu buat opin. ada salam barusan dari errol, dia ngedip kalau saya ceritain ada owl yang lagi sakit di blog... :)

      Delete
    4. Terima kasih dok, sekarang opin saya taruh di box biar tenang dulu. dia mungkin stress juga, susah kasih makan dia sekarang, kabur kaburan terus. harus dijejelin pas diparuhnya.
      Errol ngerti ya :D jadi pengen liat errol dok.

      Delete
    5. iya. burung hantu emang lebih cerdas daripada jenis burung lainnya..... sehat terus buat opin...

      Delete
  2. Dok celepuk ane ertwart udah 2 hari ini (sejak senin sore) susah makan, makannya dikit banget. Bahkan semalem cuma makan 1 ekor. Pagi ini saya kasih makan lagi cuma makan 2 ekor jangkrik. Ciri"nya sering terpejam matanya, kalo saya paksa kasih makan dia terbang kemana-mana terus habis itu dia terengah-rengah pdhl sebelumnya gak pernah sama sekali, nah gejala lain yang paling bikin khawatir suara dia jadi beda, jadi serak gitu, meski kalo ada orang lewat dia tetep ngeliatin dan noleh" sih. Kira" kenapa ya dok? Pengobatan apa yang dilakuin? Terima kasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk fesesnya gimana? cair?? saya ingin dengar cerita lengkapnya terutama bentuk fesesnya. warnanya apa dan apakah kalau malam juga matanya terpejam juga?
      pertolongan pertama mungkin taruh di tempat sepi aja dlu sambil saya ingin dengar soal bentuk fesesnya terlebih dahulu. saya tunggu...

      Delete
  3. Sebelum hari senin masih agak kental dan ada hitam"nya, ya kyk feses seperti umumnya ayam lah dok. Dulu perbandingan putih ama hitam waktu itu 4:3 lah. Setelah kurang nafsu makan itu sekarang jadi cair banget, dikoran saya (dibawah perch saya kasih koran) keliatan banget kalo cair, + sekarang hitamnya dikit banget, bahkan gk ada. Perbandingan hitam ama putih sekarang hampir mendekati 6:1. Oke dok setelah ini saya pindah ke ruangan kosong + lepas equip.

    Oh iya, kalo diinget" lagi dia mulai ngos"an setelah saya jemur sih. Kesalahan saya waktu itu, biasanya saya jemur +- 5-10 menit max kemarin senin saya jemur +- 15 menit-20 menit lah. Setelah saya angkat perchnya mau mindahin ke dalam lagi, dia tiba" terbang kemana" padahal pas sebelum dijemur biasa aja, tiap minggu saya jemur sekali pasti dia tenang" aja cuma ngeliatin ane + agak defense meski dikit. Senin itu tiba" dia defense banget + terbang kemana" lalu ngos"an. Sorenya mulai ngambek makan dok. Duh :(
    Kira" kenapa dia dok? Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh baru inget ruangan kosong yang biasanya saya pake buat ngeletakin ertwart kalo lagi stress dipake temen saya buat melihara musang pandan. Duh, kira" diletakin dmn dok? Di gudang saya ada barang" juga soalnya

      Delete
    2. digudang aja, gak apa2 ada barang juga....
      kalau saya lihat dan baca dari tanda2 yang mas tulis di atas dan dilihat dari fesesnya, ada 2 kemungkinan. dehidrasi atau ada infeksi/bakteri di ususnya. coba mas kasih amoxicillin. beli tablet amoxicillin di apotik, kemudian potong 1 tablet amoxicillin jadi 4 bagian, ambil satu bagian, tumbuk hinga halus, masukkan ke wadah kecil, campur dengan 6 sendok makan air mineral. minumkan sedikit (kira2 2 kali pemberian dengan pipet) tiap pagi dan sore hari...... untuk dehidrasinya, kasih minum setiap malam secukupnya saja... :D
      sehat selalu buat ertwart.... :D

      Delete
    3. Masalahnya digudang saya gk ada ventilasi dok. Sekalinya ada lubang gede jendela tapi gk ada jendelanya :| jadi semacam lubang besar ditembok seukuran jendela. Kalo misal saya letakin di gudang masih pake equip tapi leash saya panjangin (Biasanya kalo di perch leash saya pendekin biar gk terbang kemana-mana) Gpp kah dok?
      Waduh, malah kena Frounce dok ternyata ertwart. Kemarin saya baca" di Kaskus Thread Khusus Owl katanya itu ciri" frounce, dan bener aja. Pas saya buka paruh ertwart lidah ama mulute bagian atas ada semacam plak putih gitu. Di kaskus suruh minumin pake Metrodinazole, saya kasih seperempat + campur air semalem. Efeknya lumayan sih dok, pagi tadi udah mau makan 6 jangkrik hehe. Kira" kalo frounce diapain dok? Tetep dikasih Metrodinazole kyk kaskus atau gmn?
      Oke dok :D Terima kasih banyak :)

      Delete
    4. oh, memang harusnya dicek bagian mulut kalau kena frounce. cek aja bagian putih di mulutnya terus. kalau udah hilang berarti udah sehat....

      Delete
  4. Permisi dok fira, maaf dok fira. Maaf kalo permintaan saya aneh" bahkan bisa dibilang mau minta gambar DP --' Tapi kira" kotoran celepuk atau owl yang normal gmn ya dok? Saya jadi ragu bahwa celepuk saya sehat dari adopt mengingat dulu saya pernah cerita ke dokter fira kalau ertwart kotorannya banyak putihnya dan terkadang cair. Kalo gak bisa gambar cukup ciri"nya aja dok hehe.
    Oh iya, udah 8 harian ertwart kena frounce, dan udah 6/5 hari an saya kasih Metrodinazole buat ngilangin plaknya tapi sampai sekarang masih tetep ada plak putih di lidahnya. Permasalahannya, sejak saya kasih metrodinazole (mungkin H+2/3 setelah ngasih pertama kali) kotoran ertwart jadi hitam kecoklatan, kadang cair, kadang lembek seperti kotoran biasa. Tapi kotoran seperti itu gak tiap hari, kadang bisa putih, kadang bisa hitam. Efek metrodinazolekah dok? Saya masih ngasih obat ke ertwart karena sore tadi saya cek dia masih ada plak putih di lidahnya. Terimakasih sebelumnya dok fira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebaiknya terus kasih metrodinazole hingga sembuh agar memastkan bakteri protozoa penyebab frounce bisa bersih dengan sempurna. lebih bagus sebenarnya kalau mas berkonsultasi langsung ke dokter hewan.
      mengenai kotoran, sepertinya tidak ada masalah. wajar kalau kotorannya agak berbau dan berbentuk krim karena dia lagi kena frounce... :)

      Delete
  5. dok alap alap saya stress matanya suka merem dan gak mau makan, gara gara saya tinggalin seharian dan lupa di kasi makan, Solusinya gmna ya dok biar bisa makan yg lahap lagi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. waduh, kenapa ditinggal mas?? :(
      lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat. kalau memang dia sudah mau makan lagi, rawat baik2 dan jangan sampai lupa kasih makan lagi....

      Delete
    3. di tinggal kuliah dok, terus saya lupa kalau Alap alapnya sya jemur

      Delete
  6. sekalian mau nanya nih dok, Feses sebelumnya alap alap saya stress cair dan bnyak yg putihnya 6:1, normal gak itu dok??

    ReplyDelete
  7. Minta saran dok..
    Udah seminggu ini sya nemuin Burhan, kayaknya celepuk di kebun pinggir rumah. Kakinya lumpuh sebelah tpi nggak ada bekas luka tpi kalu di pegang dan di goyang kayak kesakitan burungnya.. Gimana ya dok penangananya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik, bawa ke rumah sakit hewan terdekat agar diketahui penyebabnya. kalau kelihatan kesakitan sih sepertinya ada fragmen tulang yang patah. mas juga bisa baca artikel cara mengobati sayap burung hantu yang patah, sila search di menu cari artikel di atas....

      Delete
    2. satu lagi, silakan mas baca juga mengobati kaki pincang pada burung hantu

      Delete
  8. Salam kenal dok..

    Saya mo tanya..
    Saya baru adopt barn owl usia juve awal.. Sudah jinak.. Klo saya dekati jarang defends..
    Smlm saya taruh dlm kardus bks kulkas.. Bis klo pup dmn2.. biasa'a sih saya lepas ddlm rumah.. Td pagi saya lupa kasih mkn :( baru siang saya ksh mkn, saya taruh ddlm kardus'a sore'a saya lihat sudah hbis mknn'a.. skrg saya kluarkn dlm kardus mo kasih mkn mln n ajak main.. Dia nolak trus.. mknn'a diliatin aja.. klo dtaruh dparuh'a baru di disambar tp dlepas lg.. Biasa'a klo saya ajak main n kasih mkn, dia g nolak. Mlh aktif bgd.. Apa mungkin dia stress dok saya taruh dlm kardus..? tp td siang saya taruh mknn ddlm kardus'a dia hbisin mknn'a.. pup'a juga cair dr kmrin, sprti berkapur klo sudah kering..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. kalau nafsu makannya masih bagus, saya kira dia masih sehat.
      mungkin lebih dibiasakan adaptasi, sering2 juga dilatih. cara melatih burung hantu bisa mas search di blog saya ini....
      mas bisa juga baca cara menjinakkan burung hantu, mungkin bisa jadi bahan referensi. saran saya, setiap bulan minimal satu kali kunjungan ke klinik hewan, sekedar konsultasi dan checkup saja. murah kok biasanya. alamat dan no hp dokter hewan bisa mas search juga di bagian cari artikel...

      namanya siapa mas owlnya?? salam dari errol, burung hantu saya... :)

      Delete
  9. Misi dok mau tnya nih
    Burung hNtu sya si toto mogok makan hri ini
    Dy enggk mau mkn jangkriknya sma sekalu dok padahal malm sblomnya hbis bnyk
    Biasnya toto ada di sangkar kya kandang kucing soalnya blom pnya angklet
    Truz ditruh diluar dok dkt garasi tapi luar deket pager
    Ap ini mogok mkan gra2 stress?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya jangan ditaruh di luar mas, kasian. apalagi cuaca lg dingin2 begini. owl termasuk hewan yang gak tahan dingin.
      feses warna apa? coba deskripsikan warna fesesnya. :)
      terus coba kasih makan. moga toto mau makan lagi. :)

      Delete
    2. burhan saya juga gitu dok, saya taro dikandang didalam kamar, 2 hari ini saya taro diluar langsung mogok makan, sekarang saya taro dikamar gk di kandang dan makannya saya suapin jangkrik karena berdiri aja sudah gk sanggup, ini gimana y dok?

      Delete
    3. iya, kemungkinan memang stress akibat perubahan cuaca.
      harusnya kalau cuaca sedang dingin begini gak usah ditaruh di luar dulu....

      saya sendiri bingung menanganinya soalnya tidak langsung berhadapan dengan owlnya. lebih baik bawa ke dokter hewan dengan segera biar bisa ditangani langsung....

      Delete
  10. burhan saya fesesnya cair warna coklat terus bau busuk dok, ini gimana y dok? urgent

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada infeksi atau kerusakan hati. selama ini dikasih makan apa mas?
      kebersihan perchnya terjaga kan??

      saran saya sih mending bawa ke dokter hewan secepatnya agar mendapat penanganan....

      Delete
  11. dikasih makan jangkrik dok, setiap hari sekitar 20-25 ekor, jadi burhan saya coba terbang tapi gk bisa angkat kepalanya jadi berdiri pun gk sanggup, saya simpannya di kandang dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gmn keadaannya mas?
      iya, ada infeksi bakteri di sistem pencernaannya.... makanya saya sarankan untuk ke dokter hewan sesegera mungkin... :)

      Delete
  12. dok ane baru beli nih ... sama pemilik sebelumnya di kasi makan pur
    nah skrang ane kasi makan jangkrik dia gk mau ngejar .... malah di liatin doank ...
    trus kalo baru beli mending taro di kamar langsung ato di kardus dlu ?
    tarus solusi batting gmn ? kelo di deketin defend matanya kicep 1 ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kasih makan burung hantu jangan hanya ditaruh mas. tapi disodorkan ke paruhnya. :)

      burung hantunya celepuk? untuk lebih jelasnya, silakan mas baca artikel memelihara celepuk.

      Delete
  13. fases nya banyak yg putih nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca cara mengetahui kesehatan burung hantu darii fesesnya.
      kemungkinan kalau lebih banyak bagian putih susu-nya itu tanda dehidrasi....

      Delete
  14. Dok saya mau tanya saya kan punya burung hantu celempuk dia GK pernah lihat Keatas kepalanya selalu tertunduk kebawa itu knp ya Dok. Waktu itu dia habis kecemplung di kolam

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya merem gak?
      kalau abis kecemplung gitu, sebaiknya langsung dikeringkan bulunya. mas bisa lap pakai handuk kering sampai bulunya kering lalu angin2kan atau dijemur (kalau memang masih pagi, jangan lewat dari jam 10)..... jangan dikeringkan pakai hairdryer....

      Delete
  15. Dok BO saya suaranya serak dan dia terlihat lebih murung dari biasanya apakah itu stress dok? karena matanya juga selalu merem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. bisa dikatakan stress atau paling tidak, dia sakit.
      silakan mas cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  16. Dok buhan saya sering kejang , merem mulu gk mau makan , fessesnya putihnya banyak, lemes terus kata orang rumah dia mau d caplok kucing saya taro sangkar waktu ituh ,besoknya saya jemur dan d mandiin , tolong dok cara ngatasinya

    ReplyDelete
  17. Dok buhan saya sering kejang , merem mulu gk mau makan , fessesnya putihnya banyak, lemes terus kata orang rumah dia mau d caplok kucing saya taro sangkar waktu ituh ,besoknya saya jemur dan d mandiin , tolong dok cara ngatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya...? maaf saya kemaren abis sakit..
      kalau diliat dari fesesnya sih kemungkinan dehidrasi atau kurang minum...

      Delete
  18. Dok saya baru beli celepuk terus tadi makannya lahap...lalu saya simpen di kardus di kamar lalu lampunya dimatiin...pas pulang les mau kasih makan tau" lampu udh dinyalain sama ibu daritadi..pas mau ngasih makan juga malah bersuara ama ngasih sikap kaya yg mau nyerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kalau baru beli kayak gitu. harus ada proses penjinakkan terlebih dahulu mas. gak bisa instan. silakan baca artikel cara menjinakkan burung hantu...

      burung hantunya sudah tua? kalau beli yang chick (anakan, bulu kapan, atau setengah bulu kapas) bisa lebih anteng...

      Delete
  19. dok, rumah saya kan jauh, perjalanan sekitar 8-9 jam. klo semisal owl nya saya bawa mudik ke kampung halaman, kira-kira sampe rumah masih sehat walafiat ga ya dok?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama perjalanan taruh di dalam kardus yang agak besar, minimalisir guncangan, dan jaga agar suhu tetap sejuk. dan tetap kasih makan... insyaallah sehat... :)

      Delete
  20. nanya lagi ya dok, hehe
    saya punya owl jenis scoop owl, baru tinggal dengan saya tiga hari.
    kalo dipegang dia sering defense dok, kadang takut, trus keluar bunyi dari paruhnya.
    sejak datang, matanya sering merem, jarang aktif, meski lampunya redup, dia aktif klo saya suapin makan doank dok. makannya jangkrik, sekali makan bisa sampai 10 jangkrik.
    kotoranny coklat dan bau banget, kan saya taruh di kamar saya, ga saya lepas karena klo dia jalan2 nanti kotorannya kmn2, jadi semntara saya kandangin.

    mohon sarannya dok.
    saya belum siap sebenernya merawat owl, tapi keburu dibeli sama kakak saya, saya merasa bersalah jika tidak merawatnya dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama di rumah? kalau dalam 3 hari dia masih merem juga, mungkin emang sakit... tapi kalau dari nafsu makannya sih dia masih bagus. jadi kemungkinan (dan saya yakin) dia sehat.... mungkin masih masa adaptasi... :)

      coba bikin owlbox sendiri. beli kardus yang agak besar, bekas tv atau bekas kulkas, kasih tangkringan di dalamnya dan tutup bagian atasnya serta kasih pintu di salahsatu dindingnya (jadi dia keluar masuk lewat samping).....

      Delete
    2. terimakasih atas sarannya dok

      Delete
  21. Dok bo saya masih brancher awal, awalnya kan saya kandangin d bkas kandang kelinci(150x50x50cm) udah 2 mingguan sih, trus saya pindahin ke perch sambil d jemur trus d kmbalikan ke kandangnya lagi tapi malah batting waktu di kasih pakan padahal sbelumnya d taruh d perch gtu kalo d kasih pakan pake tangan selalu mendekat tp ini malah battingg. Trus nafsu makannya juga berkurang. Sama kalo magrib biasanya teriak2 tp ini malah murung. Apa stres ya dok? Solusinya gimana ya? Maaf kalo jelasinnya panjang.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng dengan penjelasan yang lengkap....
      harusnya memang tidak dikandangkan. coba mas cek artikel saya hal yang salah dalam memelihara burung hantu.....

      daripada ditaruh di dalam sangkar gitu, mendingan bikin owlbox sendiri dari kardus yang agak besar, bisa bekas tv atau bekas kulkas. saran saya sih yang bekas kulkas. tutup bagian atas boxnya, dan coak salahsatu sisi, sehingga mas bisa memasukkan owlnya dari samping. kasih tenggeran di dalamnya sehingga si owl bisa nangkring di situ....

      saran saya, kalau mas ada ruangan kosong di rumah kayak gudang atau semacamnya, mas bisa taruh di situ. udara juga bisa saja berpengaruh, karena lagi musim pancaroba, banyak owl sakit akhir2 ini. si errol, barn owl saya juga kemaren sempet sakit. makanan sebaiknya dijaga. mas kasih makan apa? :)

      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
    2. Pakannya sama pas waktu saya beli dok, anakan puyuh tp ga di olah dulu.. Ini tadi saya kasih makan hbs 6 ekor tp masih muter2in kepala seperti bingung gtu...
      Emang kalo d taruh d perch trus d pasangin equipmentnya kakinya apa belum kuat ya dok?

      Delete
    3. mas bilang kepalanya masih muter2 gitu. masih bisa berdiri? :)
      gak usah dipasangin equipt dulu, tapi bisa ditaruh di perch...

      Delete
    4. Iya dok masih bsa brdiri tp kadang duduk terus.. kalo d kasih makan berdiri kaki yg satunya nyengkram makanannya... trus bagian alas kardusnya pakek koran aja apa kain bkas? Kalo ga d lapisi bersihinnya repot e..

      Delete
    5. itu masih sehat.
      iya dilapisi koran aja. kalau mau jangan dikandangin, mas. taruh aja di ruangan yang kosong/gudang...

      Delete
    6. Udah teriak teriak dok tp msh d kandang :D bsok nyoba d kasih ke owlboxnya...
      Kalo d kasih makan d samber terus smbil teriak2 e dok padahal perutnya tk raba dh keras i?

      Delete
    7. kasih aja makanannya sedikit2. kalau sekira perutnya udah keras, bisa dihentikan juga sih.... :)

      saya malah seneng kalau burung hantu saya teriak2 terus, artinya dia sehat... :)

      Delete
    8. Dok si puk puk kok gk mau makan sendiri ya? Kalau makanannya dibawah dia cuma diliatin aja malah kadang dia agak takut, tapi kalau disuapin malah lahap dok, maklum masih brancher. Itu masih bisa dibiasain buat makan sendiri kan dok?

      Delete
    9. kalau mau dibiasakan makan sendiri, awal2 coba kasih bayi tikus putih atau bayi tikus biasa (tikus rumah). taruh aja si puk puk bareng dengan bayi tiputnya di dalam kardus yang besar, lalu tutup. biarin aja selama beberapa menit (20 hingga 30 menit), nanti si puk2 makan sendiri.... lakukan sekali sehari.... jangan lupa dilatih juga.... karena melatih burung hantu akan membuat insting berburu dan insting mandirinya lebih kuat... :)

      Delete
    10. Maaf dok baru on, si gofu dh sperti biasa dok.. angkletnya d pasang pas usia apa ya dok baiknya?

      Delete
  22. Udah teriak teriak dok tp msh d kandang :D bsok nyoba d kasih ke owlboxnya...
    Kalo d kasih makan d samber terus smbil teriak2 e dok padahal perutnya tk raba dh keras i?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang perutnya udah keras tapi dia masih teriak2 minta makan, coba kasih aja 2 - 3 kali pemberian lagi.... :)

      angklett bisa dipasang kalau dia sudah mulai tenang dan bisa mengenali masternya...

      Delete
    2. Ciri2nya udah tenang tu gmn dok? Apa kalo dah ga batting gtu? Maaf dok tanya mulu :D

      Delete
    3. saya malah seneng kalau ada yang nanya loh mas... :)
      saya juga bingung kalau ditanya owl yang udah tenang itu gimana, hehehe. soalnya susah jelasinnya mas. bukan gak batting, mungkin lebih ke kecenderungan dia sering melihat2 ke segala arah.... kalau udah tenang biasanya dia gak lagi melihat2 ke sekelilingnya... :)

      Delete
    4. Trus kalo di pasangin anklet gtu d gigit terus e dok kalo ga d pasangin jalan kemana mana, udh kuat nangkring sih kakinya.. apa msh harus d masukin kardus dok?

      Delete
    5. hehehehe. jalan kemana2 ya wajar mas, namanya juga makhluk hidup. :D
      mas bisa bikin owl box dari kardus besar. yang besar ya mas, jangan yang kecil. bekas tv atau bekas kulkas. kasih tangkringan di dalamnya...

      Delete
    6. Dok malah sering bersin smbil muncrat airnya, trus suaranya agak serak gtu e. sakit apa dok BO saya?

      Delete
    7. abis bersin gitu, dia masih mau nafsu makan? matanya gak merem? kalau iya, kayaknya masih sehat... :)

      Delete
    8. Nafsu makannya normal dok tp responnya ga kya biasanya..ga merem tu dok.. tp bersinnya masih, kalo hbs brsin ada cairan di sekitar hidungnya..

      Delete
    9. coba dalam 4 hari ke depan, jemur pagi2 mas... :)
      kalau dalam 4 hari tidak mendingan juga, mending konsul saja ke dokter hewan terdekat. tapi kalau tebakan saya sih selama dia masih mau makan, kayaknya masih sehat. sudah mas cek fesesnya? cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
    10. Iya dok akhir2 ini jarang d jemur e soalnya begadang terus, bangun2 udah jam 10an..
      Ntar saya cek fesesnya..

      Delete
  23. Hehehe, kmaren kok kya bersin bersin gtu iy dok.. hbs tak kasih cemilan jangkrik

    ReplyDelete
  24. Iya dok akhir2 ini jarang d jemur e soalnya begadang terus, bangun2 udah jam 10an..
    Ntar saya cek fesesnya..

    ReplyDelete
  25. Dok mohon bantuannyaa, burung hantu saya kok ga mau bersuara ya dok? Terus fesesnya yang tadinya putih jadi warna coklat pekat dok, itu kenapa ya? Sekalian cara penyembuhannya ya dok, terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan masih mau??
      sebelumnya pernah ada gejala sakit? saya sih curiga ada infeksi di saluran cernanya.
      kalau saran saya sih bawa aja ke dokter hewan agar bisa dicek..... sehari ini bisa diobservasi dulu sambil terus dikasih makan...

      Delete
  26. Dok mohon bantuannya,burung hantu saya kena luka tembak di sayap trus dia jadi gk mau mkan sama sekali saya harus nyuapin setiap hari gmana ya dok cara mengobati luka tembak di sayap
    Mksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh, agak riskan juga mas kalau kena tembak. lebih baik untuk kasus urgent begini, langsung bawa ke dokter hewan aja mas.... :(

      Delete
  27. Dok saya mau nanya ..
    ciri2 owl kutuan kaya gimna dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cirinya sering banget garuk-garuk badannya, kadang juga bisa menyebabkan nafsu makan owl turun drastis...

      Delete
  28. dok saya mau tanya, barn owl saya kalau dikasih makan cuman dibunuh lalu dimakan sedikit, nggak dimakan lagi terus dia berak diatas makanannya yg udah mati itu. tp kalo dikasih makanan lagi bakal kyk gitu lagi, kadang dimakan habis, kadang cuman dikit aja. tapi fesesnya normal, masih banyak hitam/coklatnya walaupun yg cair jg banyak. terimakasih :)

    ReplyDelete
  29. Dok. Saya punya buffy fish owl. Kirakira brapa kali sehari mandinya ya? Dan gmna cara nya?

    ReplyDelete
  30. Dok saya mau bertanya , apakah barn owl jika ada keramaian orang dia akan stress atau tidak?? Soal nya saya baru pertama kali memelihara burung hantu jenis barn owl

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung terbiasa atau nggak.
      kalau menurut pendapat saya sih sebenernya keramaian orang gak apa2, asalkan gak ada suara2 mengagetkan. kalau menurut pengalaman saya seperti itu,,,,

      Delete
  31. Dok saya baru beli burhan celepuk dua hari yg lalu,kalau dikasih makan gamau terus matanya merem terus gimana caranya biar makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sakit. emang dari sejak di tokonya kayak gitu mas?
      kenapa mas gak baca2 dulu artikel di sini sebelum beli? :)

      mending bawa aja ke dokter hewan terdekat, mas. saya takut kenapa2. murah kok biayanya... :)

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Dok, barn owl saya dah beberapa hari ga mau makan dan skrg sebelah matanya sering dipejamkan. Kira2 kenapa ya? Dan penanggulangannya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan terdekat sesegera mungkin. kemungkinan besar sakit.
      cek juga fesesnya. sila baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  34. Dok burung hantu saya kok aneh ya di ga perna pasang posisi deffen klo di dekitin malah terbang terus klo mkan pas pertama dateng lancar dok pas udah 3 hri ini kok berkurang jarang di abisin dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok burung hantu saya kok aneh ya di ga perna pasang posisi deffen klo di dekitin malah terbang terus klo mkan pas pertama dateng lancar dok pas udah 3 hri ini kok berkurang jarang di abisin dok

      Delete
    2. Dok burung hantu saya kok aneh ya di ga perna pasang posisi deffen klo di dekitin malah terbang terus klo mkan pas pertama dateng lancar dok pas udah 3 hri ini kok berkurang jarang di abisin dok

      Delete
    3. dia belum percaya 100% sama mas. udah berapa hari dipelihara? dah lama? kalau baru2 dipelihara emang gitu...


      perlu langkah penjinakkan lagi, perlu dimanning lagi. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.

      kalau soal makanannya, coba mas cek kesehatan burungnya. caranya liat fesesnya. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
    4. Klo fesesnya mah mash nornal dok

      Delete
    5. Klo fesesnya msh normal dok cma dia nafsu mkannya kurang semenjak di ksh angklet dok blom lma se dtengnya bru 3hri dok

      Delete
    6. Klo fesesnya msh normal dok cma dia nafsu mkannya kurang semenjak di ksh angklet dok blom lma se dtengnya bru 3hri dok

      Delete
    7. iya itu sih dia belum percaya sepenuhnya sama mas.

      sekarang keadaannya gimana? maaf baru balas. saya baru pulang dinas..

      Delete
  35. Dok, Uta habis perjalanan dari bandung ke solo pake kandang. Nah ternyata saat dikeluarin kakinya lecet sama atas paruhnya berdarah. Kalo kakinya mungkin gara2 angletnya dok. Diapain ya dok makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan? sampai di solo, karantina ulang aja.
      silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu.

      kalau masih mau makan sih oke2 aja....

      Delete
  36. Dok klo burung hantu yg lepas kira" bsa kembali lagi ga?? Soalnya burhan saya lepas bru 1minggu d rmh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah nurut banget (bonding), kemungkinan bisa. si errol aja biasa saya suruh cari makan sendiri kalau malam, subuh dia dah ada di perchnya lagi.... :)

      Delete
  37. Dok,maaf kalo off topic.Setelah elang bido saya,saya kasih makan ular potong sepanjang 15-20 cm an,elang nya tiba" jadi ganas dok..

    Biasanya yang mau fttf sama nangkring di tangan malah jadi sebalik nya,saya masuk kandang aja langsung diliatin,lalu kalo saya gerakkan tangan saya,bido nya ngeliatin tangan saya kayak mangsa nya ato kayak terancam gitu dok.

    Pas saya deketin tangan saya,malah mau di cengkram lalu di patuk dok.nafsu makanny normal aja,kalo di masukin tikus putih dalam kandang nya itu langsung di cengkram sama di bunuh(respon nya lebih cepat setelah makan ular). Tapi habis dibunuh itu bukannya di makan dok,cuma di cengkram sama di liatin doang,kalo udah beberapa jam baru dimakan. Biasanya kalo makan tikus putih pas ada saya didekat ny itu bido nya biasa" aja dok,tiput nya gak ditutupin sama sayap nya dan gak mengeluarkan suara melengking kayak lagi soaring dok,tapi setelah dikasih makan ular itu malah kebalikannya dok.

    Apa ini penyebab nya stress dok?
    Soalnya ular nya itu saya dapet dari kandang elang nya,saya tembak pake airsoft gun model senapan(suaranya gak terlalu keras,lebih keras suara orang motong ayam pake pisau besar di pasar)

    Atau ini proses moulting dok?
    Cara nya tau elang dalam proses moulting itu gimana dok?

    Tolong bantu dok,perlu solusi biar jinak lagi,thanks dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? normal?
      ada kemungkinan emang stress, tapi saya sendiri tidak bisa memutuskan kenapa soalnya saya tidak melihat langsung BOP-nya. coba manning aja dlu sambil dicek kenapa.

      dan soal dikasih makan gak dimakan, coba jangan diliatin. tinggal aja. BOp emang kalau diliatin makannya dia suka gak mau makan. dan coba kasih bayi tikus aja.... :)

      Delete
    2. Dok,feses ny gk ada fecal ny dok,yang hitam" itu dok..
      Cuma ada yang warna putih sama urinnya

      Delete
    3. mas biasa kasih makan apa?
      diobservasi aja selama 2 hari ini. sekarang gimana keadaannya?

      Delete
    4. Biasanya sih dikasih makan daging kelinci sama tiput,sekarang sudah jinak lagi..
      Tapi kadang" fecal ny gk ada,kadang ada..

      Oh iya dok,cara tercepat untuk menguruskan bop itu gimana dok?

      Delete
    5. menguruskan maksudnya? bop yang tadinya gemuk mau dibikin kurus gitu? asupan makan tetep dikasih namun agak dikurangi. waktu2 pemberiannya masih sama, cuma porsinya agak dikurangi.

      maaf kalau baru saya balas ya mas. biasa, sibuk. kabari saya warna fesesnya ya mas. sehat selalu... :)

      Delete
    6. Hp lgi error jdi ny susah reply ny dok.
      Iya,mau dikurusin.bntr lagi masuk eagle fashion show XD.

      Kalo misalny warna feses nya normal tapi kadang kalo poop itu fecal ny gk ada,normal gk?

      Delete
    7. selama fesesnya ada 3 elemen yang terpisah (tidak bercampur), masih bisa dikatakan sehat.

      bagusnya sih bagian hitamnya lebih banyak dari bagian lain. :)

      Delete
  38. Asalam'ualaikum dokk burung saya Oriental Bay owl(obay) nama nya Belbo.Tapi di taroh di kardus sama abang saya..samping ny di kasi lubang buat nafas.saya uda bilang dokk pada abang saya"knp di taro kardus kasihan tuh bego"abang saya mala bilang .Biarin Burung hantu gw..duit² gw :v .Jadi gini dokk saya mau nanya Apakag burung hantu di taroh di kardus itu berbahaya atau sebalik nya??mohon respon dokk buruan kasihan sama belbo..!! aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kardusnya kardus besar, (bekas tv atau bekas kulkas) gak apa2. tapi kalau kardusnya kardus kecil (misalnya bekas mie instan), kemungkinan bisa stress nantinya.....

      kasih tau aja ke abangnya, mas.

      Delete
  39. dok celepuk ane , si citek, kalau dikasih makan sekarang lama ditelennya, sering kaya bengong, cm di gigit di paruhnya, baru kalau di sodorin jangkrik lagi dia coba menelannya.

    kenapa ya dok...?
    oh ya dok, bagaimana cara ngasih minum si citek, apa kasih air aja dg tempat minum taruh di deketnya atau gimana dok...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat kasih minum celepuk, silakan mas baca artikel saya cara memberi minum burung hantu. cari dibagian search.

      kayaknya si citek lagi gak nafsu makan. coba mas kasih bayi tikus (mau bayi tikus rumah atau bayi tikus putih, gak apa2). taruh aja deket kakinya, terus tinggalin. nanti dimakan sendiri. jangan diliatin karena kadang dia gak mau makan...

      cuacanya emang lagi gak bagus buat owl. lagi pancaroba. semoga citek sehat2 saja....

      mas bisa kasih tau saya fesesnya? warna dan elemen fesesnya ada warna apa aja...

      Delete
    2. makasih atas saran dan penjelasannya dok..

      fesesnya masih warna putih dan ada hitamnya sedikit, cm agak lebih encer dok...
      cm beberapa hari yg lalu sempet warnya banyakan yg hitam, tp cm sesekali doang ga sering...

      Delete
    3. oh ya dok, boleh ga sih celepuk citek dikaih makan daging ayam...??
      atau ikan teri...?

      Delete
    4. daging ayam boleh namun gak disarankan. ikan teri jangan. ikan teri buat yang punya aja. :D

      buat celepuk, jangkrik lebih bagus, mas.. :)

      Delete
    5. ha.. ha...
      dok info terkini, dari semalam citek ga mau makan jangkrit, kalau dikasih dilepehin terus, ane coba kasih daging ayam, malah mau nelen...
      tadi pagi jg sama...
      apakah citek bisa jg merasa bosan ama jangkrik atau kenapa ya dok...?

      Delete
    6. iya mungkin dia lelah, huehehe.
      pastikan daging ayamnya bebas bahan kimia (formalin) dan bersih ya mas.

      coba kabari saya mengenai fesesnya... :)

      Delete
    7. Dok citek fesesnya sekarang encer warnanya bening...
      Kenapa ya dok...
      Tadi dah mulai mau nelen jangkrik, cm dikit, cm 3 ekor...

      Delete
    8. Dok citek fesesnya sekarang encer warnanya bening...
      Kenapa ya dok...
      Tadi dah mulai mau nelen jangkrik, cm dikit, cm 3 ekor...

      Delete
    9. warnanya bening aja? kayak air? kebanyakan minum itu mas.
      coba kasih makan bayi tikus. atau daging sapi segar. beli aja sate sapi mentah kemudian cuci bersih, potong kecil2, lalu coba berikan...

      Delete
    10. iya dok, warnanya bening sedikit kaya berbusa,
      selama ini citek ane kasih minum ditempatnya, ga pernah ane suapin...
      kalau daging kambing kira2 boleh ga dok...??
      ane susah disini cari bayi tikus dok...
      dok kalau citek dikasih minum air campur madu, buat jaga kesehatannya, apa ga papa dok....?

      Delete
    11. jangan kasih madu buat celepuk, malah sakit nantinya.
      jangan daging kambing juga. gampangnya sih mending jangkrik aja mas. :)


      kalau mau dikasih vitamin, kasih vitahawk aja. belinya di toko bahan bangunan. hahahaha. becanda. beli di toko makanan hewan atau toko perlengkapan kucing.

      agak ada masalah kayaknya mengenai pencernaannya. jaga agar tetap hangat dan coba kasih makan jangkrik aja.

      kabari saya.

      Delete
    12. Dok, pagi ini citek malas banget makan jangkrik, dilepehin terus...
      Pagi ini hanya 2 ekor jangkrik yg ketelen...
      Fesenya skr bening agak kekuningan dan ada hitamnya sedikit...
      Ane kasian dok, takutnya citek kelaparan karena sedikit banget asupan makannya.

      Delete
    13. sekarang gimana keadaannya mas? mang kemaren dikasih makan aneh?

      cuaca emang lagi gak bagus buat hewan. selama ini ditaro indoor atau outdoor?

      kalau emang bisa, coba mas beli vitahawk di toko makanan kucing terdekat. untuk pakannya, bisa kasih bayi tikus.

      saya tunggu kabarnya.

      Delete
    14. Ga pernah ane kasih yg aneh2 dok, slama ini dikasih jangkrik terus, dikasih ayam jg baru kemarin setelah ga mau makan jangkrik,
      Slama ini ane taruh didalam rumah, diruang tamu, kalaupun dikeluarin jg ga lama, paling sore jam 5an sampai bada isya...

      Delete
    15. kemungkinan memang perubahan cuaca. apalagi jam2 mas keluarin owlnya kan emang dingin...

      observasi aja dlu. kalau sampe besok sore masih belum mendingan juga, saran saya sih bawa ke dokter hewan terdekat aja....

      yah seenggaknya make sure its fine.. semoga gak kenapa2.. :)

      Delete
    16. Alhamdulillah dok citek sekarang dah mau makan lagi...
      Pelan tp pasti, skr mau makan jangkrik sampai 12 ekor...
      Makasih dok atas pencerahannya...

      Delete
    17. seneng dengernya. :)
      keep contact ya mas.. :)

      Delete
  40. Dok,genting dok..

    Elang saya kok gak bisa terbang jauh and tinggi kayak sebelumnya??

    Biasanya jarak dari tangkringan busur ke glove saya 2-3 meter itu langsung ke glove nya,sekarang malah turun ke tanah dlu baru naik ke glove saya kalo udah deket..

    Itu masalah nya apa dok?

    Feses nya normal" aja dok,gak ada kelainan..
    Dok,cara merawat bulu elang biar bagus gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      fesesnya gimana? ada 3 elemen gak?

      kalau soal dia gak mau terbang jauh, coba lakukan lagi saat cuaca hangat. biasanya kalau begitu, dia lagi kedinginan.

      kabari saya ya mas...

      Delete
    2. Ada dok,tapi fecal nya keluar kadang" aja..

      Keseringan fecal nya padat dok

      Delete
    3. fecal = bagian putih.
      harusnya bagian hitam nggak padat. sering mas kasih minum nggak?

      kalau saran saya, coba mas kasih vitahawk aja buat daya tahan tubuhnya dia.. :)

      Delete
  41. dok, malam saya baru beli barn owl, usia juve, nah salah saya sih pas sampe rumah saya panikan banget orangnya jadi kalo dia terbang ato apa gt syaa suka panik, nah dia belum mau makan semenjak ada di saya, jadi.. awal saya taro gitu di kamar mandi, kamar mandinya gak pernah di pake memang, gelap dan di sudut tp ada cela celanya itu, celanya saya ganjel pake kotak sepatu di dobrak sama dia,akhirnya dia naik plafon atap saya dok, kita semua panik gitu satu rumah dan ga ada yang berani nangkep. akhirnya kuta pegang angjesnya terus saya masukin kardus, saya taro tikus saya belek biar berdarah, 3 jam saya cek, belum mau makan juga.. :( saya harus gimana ya dok.. takut dia mati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaknya pemula dalam memelihara burung hantu?
      kenapa langsung pilih barn owl? kalau untuk pemula, barn owl memang cenderung sulit karena tingkat stressnya lumayan tinggi.

      barn owlnya umur berapa? kalau mbak belinya yang dewasa (umur diatas 3 bulan), ya emang seperti itulah keadaannya. harusnya minimal beli yang anakan, yang bulu kapas.

      tebakan saya sih barn owl mbak masih stress. coba kasih bayi tikus. taruh aja di dekat kakinya. dan usahakan jangan di kardus kecuali kardus bekas kulkas. kalau ada ruangan kayak gudang gitu, taruh aja di situ. bayi tikusnya taruh di kaki...

      kabari saya ya mbak. terutama warna fesesnya. feses burung hantu sehat biasanya terdiri dari 3 elemen. silakan cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      Delete
  42. Dok burhan saya kok gak nafsu makan kalo makan harus di paksa .. di paksanya harus di bukak paruhnya trs masukin makanannya .. trs siang malem matanya sesalu merem .. walaupun malem tek deketin kok malah defense .. itu gimna dok ak khuwatir :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar sakit. coba cek fesesnya, samakan dengan di artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      kalau urgent, saya sarankan bawa aja ke dokter hewan, mas...

      Delete
  43. Mbak, vitamin utk burhan celepuk yg stres apa ya? Kira2 kalo dikasih ebodvit bisa ngga? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada vitamin atau suplemen untuk mengobati burung hantu yang stress. yang dibutuhkan burung hantu yang stress adalah ketenangan.
      percuma kalau mas kasih macem2 suplemen ke burung hantu yang stress tapi kondisi di sekitarnya malah bikin burung hantu itu makin stress, gak akan baikan dia. pindahkan ke tempat yang tenang (minim suara2 mengagetkan), kasih makan teratur, dan sesekali kunjungi dia. duduk aja di dekat dia sambil sesekali usap2... :)

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. malam dok, dia udah mau makan itu sih, lahap banget malah, saya kasih tiga tikus jumper gitu pagi tadi, sama malam tadi satu saya kasih, udah mau makan tadi, saya belek gitu tikusnya kayak yang di blog dokter blg suru belek saya belek, akhirnya makan, tapi saya nggak kasih langsung di kakinya gitu.. saya cuma taro di kerdus nya dia.. apa saya harus ngurangin panikan gitu kali ya dok? dia gak pernah keluarin suara screech nya sih, cuma dia panik banget gitu kalo saya dketin langsung celingak celinguk trs nyari tempat buat terbang gitu, apa wajar dok? maaf saya banyak nanya.. saya cuma mau burhan saya tetep hidup...

    fesesnya kebanyakan putih..sih, cuma saya perhatiin lagi, tadi udah ada hitam hitam gitu, cuma saya gak berani foto karna saya taro dia di kardus.. saya taro nya di kardus bekas mesin cuci mbak.. 1,5 meter kali 0,5 meter dok, saya bikinin juga perch di dalamnya, sekarang udah mau makan, saya diemin sih sekarang, burung hantu saya aktif banget dok... oh iya.. kalo saya kasih makan 1 tikus pagi, 1 tikus malam + jangkrik gitu, ideal gak dok? apa kurang? makasih sebelumnya ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting dia udah mau makan, itu udah bikin saya seneng. :)

      iya, burung hantu bisa baca pikiran kita, mbak. mereka akan melakukan apa yang kita pikirkan. jadi, usahakan saat berhadapan dengan burung hantu, mbaknya tenang aja. jangan panik. kalau panik, biasanya dia juga akan panik. sering2 aja ajak ngobrol sambil liat matanya. mereka bisa ngerti kok apa yang kita omongin... :)

      kalau emang ditaruh di box bekas mesin cuci, itu bagus. usahakan jangan ada suara2 mengagetkan dlu di sekitarnya.

      soal makanannya, udah bagus. silakan baca artikel saya porsi makan burung hantu. . baca2 juga artikel2 mengenai burung hantu lainnya di blog ini. rata2 yang mbak tanya udah ada jawabannya di artikel lain... :)

      Delete
    2. oke mbak, saya coba biar gak panikan lagi.. trimakasih banyak dok :) sangat membantu blog nya :)

      Delete
    3. silakan baca2 lagi artikel lain mengenai burung hantu ya mbak. kalau ada yang perlu ditanyakan, kirim aja pertanyaan lagi. :)

      Delete
  46. dok gambar fests nya Casper saya udah saya post, makasih dok.

    ReplyDelete
  47. oh ya, maaf dok, gimana ya cara saya ngilangin anxiety dia terhadap saya gitu dok, saya baca ulang ulang kok article dokter yang cara menjinakan burung hantu.. saya selalu baca ulang ulang dok yang dokter tulis,saya takut kedepannya saya ga bisa ngasih makan dia secara langsung dia gitu... apa memang take time ya dok buat dia nyaman gitu? ada tips tips jitu dok? saya penasaran gimana dokter sama si errol kok bisa akrab sekali.. jadi iriii :(

    ReplyDelete
  48. dok.. ini kan saya udah terlanjur beli yang juve kan dok.. apa lebih baik saya tukar aja dok dengan BO yang lebih muda? apa saya pelihara aja dok? saya takut gak bisa bonding sama dia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang bisa ditukar, tukar aja. namun pastikan yang baru dalam keadaan sehat. matanya gak sering merem (murung), berdiri dengan tegak, nafsu makannya bagus, dan fesesnya terdiri dari 3 elemen... :)

      Delete
    2. oke dokkk, terimakasih banyak, sangat membantu :)

      Delete
  49. dookkk, saya barusan lepas karantina si Casper yang sekaligus saya mau masang in hook karna equipnya yang baru di pasang cuma angklet,

    tapi memang caranya agak maksa sih dok, jadi itu kardus kan 1,5 meter kita otomatis ga bisa gapai dia dong jadi saya angkat pake pengki gitu tapi dia gamau naik.. saaya mau naikin dia ke pengki dia malah panik gituu malah ngindar juga dari pengki gitu.. akhirnya saya pake kardus kosong yg lebih kecil akhirnya dia masuk ke situ gitu, saya angkat kardus kecilnya.. tapi dia malah kabur dari situu, tapi untung di ruang tertutup tapi dia tengger di atas tangkringan hordeng dok.. ahirnya saya pegang angkletnya (yang udah di pasang duluan sama penjualnya)

    nah pemasangan hook nya ini lah yang diaaa paniccc jadinya temen saya megangin punggung dan sayapnya, paruhnya ngebuka buka gitu sih.. dan dia masih sering clapping ke saya gitu..

    setelah di pasangi hook dll, saya buka jendela kamar , yang di depan jendela kamarnya saya taruhh perch nya , dan saya sangkutin di situ swivelnya.. saya tinggal beberapa jam. terus saya balik lagi ke kamar itu, buat pegang kepala dia, saya bener bener nenangin diri saya dulu, ternyata benar dia tau saya ga panic dia ikutan ga panic, saya elus elus kepala nya dia gak ada batting sama sekali..

    tapi dok.. ada kabar buruk nya juga.. jadi saya kan geli sama tikus dok.. tadi saya pake pinset gitu ngasih makan dia.. dia cuman ngeliatin gitu saya taruh depan paruhnya tetep cuma buka mulutnya gitu, tp tikusnya kayanya ngegigit kecil dia gitu dia jadi kesel malah ngehindar dari saya gituuu terus clapping terus langsung sembunyi gituuu ya saya tinggal biar dia nggak panic gitu..

    mohon di koreksi dok yang mana yang tidak boleh di lakukan dan yang tidak..
    saya ada beberapa pertanyaan sih dok.. kalo dokter bersedia menjawab akan sangat membantu :

    1. saya baca di blog dokter katanya lebih sulit memelihara barn owl dari kecil di banding langsung dewasa, apa benar? dan jika saya menukar barn owl saya dngn yg lebih muda apa akan lebih baik?

    2. apakah ada alternatif lain jika saya ingin memberikan makanan ke dia?dia tidak mau di suapi dan tidak mungkin saya lepas begitu saja anak anak tikus nya karna akan berkeliaran dimana mana..

    3. apa mungkin Casper akan jadi jinak di kemudian hari jika saya ttp memeliharanya?

    terimakasih dok.. maaf saya banyak nanyaa... maaf sekali.. saya benar benar buta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pemasangan equipt, sudah saya jawab di pertanyaan mbak. sebaiknya jangan dipasangkan dlu sampe dia anteng. :)

      1. memelihara barn owl yang masih kecil (bayi) emang lebih susah, yang besar juga susah. jadi, pilih yang tengah2. yang masih anakan. yang kira2 udah bisa berdiri sendiri, nggak botak banget tapi udah ada bulu halusnya. istilahnya, bulu kapas.
      kalau soal sulit, tergantung. sama aja sih sebenernya. namanya pelihara hewan, pasti sulit. yang penting mau belajar. dan ingat, kunci mengetahui kesehatan burung hantu terletak dari fesesnya. kalau fesesnya terdiri dari 3 elemen, bisa dikatakan sehat.
      2. kasih bayi tikus ke dia. taruh aja di dekat kakinya. lalu tinggalin. jangan diliatin karena burung hantu kadang gak mau makan kalau diliatin ama kita...
      3. silakan mbak baca mengenai cara menjinakkan burung hantu di blog ini. si errol yang dlu galaknya ampun2an aja bisa bonding. namun kalau emang mbaknya baru pelihara, mending saya sarankan tuker aja kalau emang bisa dituker... :)

      saya malah seneng kalau ada yang nanya. :D
      salam buat casper..

      Delete
    2. makasiiihhh yaa mba dokter, dia masi sering clapping , trs karna aku geli sama tikus nya ku gepengin trs baru ku gunting deh dok.. aku lagi mikir mikir sih mau nuker apa engga.. aku ga tega aja gitu, mikirin dia harus adaptasi ulang sama tuan baru terus terusan..

      dia udah mau keluar kamar sih dok, cuma masih mogok makan, dan kalo di deketin gitu clapping terus dan mojokk gitu :(, besok pagi saya cek dia udah makan apa belum :(

      Delete
    3. sip. :)
      cek terus fesesnya. parameter kesehatan burung hantu bisa dilihat dari fesesnya. kalau fesesnya ada 3 elemen, berarti sehat. atleast, dari fesesnya berarti sehat. :)

      Delete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. oh iya dok sat lagi.. saya tadi liat fesesnya sih masih normal..... tapi gak ada lendir putihnya, cuma putih dan hitam saya cocokan dengan article dokter yang mengetahui kesehatan burung dari warna fesesnya. apa mungkin dia kekenyangan dok? dia terahir makan rabu pagi 3 tikus.. kemarin dia cuma makan 1... hari ini belum mau makan.. dan saya bingung mau taro tikusnya dimana karna dia sudah lepas karantina... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak foto fesesnya? ganti aja foto profil mbak dengan foto fesesnya untuk sementara.. nanti saya analisa fesesnya.. :)

      Delete
  52. dok, saya duga sih sepertinya barn owl saya ini WC ya dok... karna daya tahan tubuh nya bener bener kuat dok.. udah ga makan 2 hari dan masi survive, dan clapping terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak biarkan selama 2 hari gak makan?
      fesesnya gimana? putih semuanya ya?

      bener2 gak mau makan? dah coba dikasih apa?
      coba kasih makan mbak. coba kasih jangkrik. atau kalau mau, tuker aja...

      Delete
  53. dia kemarin kayanya makan 1 doang deh dok... entahh deh, tp kan tikuss nya saya taro di akuarium gitu kan, terus dia masuk gitu kayanya ke situ soalnya ada feses nya di situ, tapi pas saya liat itu, aquarium nya udah di lante gitu.. saya soalnya naronya di atas mgkn di jatohin.. ga ada tikusnya, iya dok senin ini saya tuker.. saya balikin lagi ke penjualnya tuker tambah sama yang brancher deh dok.. doain dia gamati ya dok, saya bener bener ngelakuin semua cara dok.. tikus pun yg saya geli saya ud lukain gitu dokkk, cm dia ttp gamau saya bingung.. mungkin dia stress.. jangkrik saya udah kasihhh, anak puyuh udah kasih juga dok.. kayanya sih WC bgt dokkkkk keras sekali.. karakter setiap burhan mungkin memang berbeda beda ya dok..

    ReplyDelete
  54. tapi dia masi sangat was was dngan gerakan saya gitu dokk, kayak masih seger aja gitu gak keliatan sakit, matanya pun gak selalu merem gitu, cm kadang aja kalo siang kalo malem ttp aja melek gede gede

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, untuk pemula emang lebih baik anakan aja. yang masih bulu kapas, bukan yang masih botak ya.

      pastikan keadaannya sama fit-nya dengan yang mbak punya sekarang. secara garis besar saya kira mbak dah tau cara memeliharanya...

      Delete
  55. iyah dokkk, saya beneran tiap hari buka bloggg dokter deh, satu satu saya bacain tentang barn owl tentang cara manning dsbg saya baca ulang ulang terus, cuma ngelakuinnya ituu deh haduuuh, ngalahin rasa takut buat megang tuh harus bangett, saya nyoba banget, cuma kalo dia udah mulai clapping udah bunyi cetak cetok udah deh, langsung mundur saya, dok.. oh iya dok kalo brancher gitu, minyak ikan di wajibin banget ga sih dok? apa cumaa sekeedar biar bulu bagus gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak diwajibin. hanya agar bulunya bagus aja. namun itupun gak boleh banyak2. 2 minggu sekali aja atau 3 minggu sekali kalau masih brancher. gak usah tiap hari karena kalau kebanyakan malah ganggu sistem pencernaannya... :)

      Delete
  56. siang dokkk.. salam buat errol dan padma ya..

    saya gajadi tuker karna ternyata si brancher nya belum ada.. tapi kemarin dan hari ini dia mulai mau makan lagi deh dok saya senang sekali,kemarin malam saya kasih makan 3 tikus habis semua,tadi pagi saya taruh satu lagi di aquarium, habis juga.. saya udah pasarin dia sih di instagram dll untuk di jual, tapi makin ke sini dia makin baik.. udah mau di pegang... walopun saya belum berani gendong sih, tapi dia udah mau di pegang dan gak clapping saama sekali, malah nunduk merem merem.. seakan akan tau dirinya bentar lagi mau di jual gitu kelakuannya jadi manis banget dok, kmrn saya udah stress bgt karna dia dari hari kamis gamau makan, ahirnya hari ini mau makan dan mau di pegang tanpa clapping.. kapan ya dok bisa FOF, dia masih sering sembunyi deh kalo saya datang gitu.. tp tadi siang enggak dok.. salam buat errol dan padma, dan makasih banyak atas bimbingannya dok, sehat dan sukses selalu buat dokter, errol dan padma! :D

    ReplyDelete
  57. oh iya dokk, saya sering baca cerita dokter sama errol, boleh gak dok cerita gitu, dulu dokter dapet errol usia berapa? dan katanya dia galak banget kok bisa di jinakin, dan pas pertama sampe gitu, dokter takut gak sama errol? apa udah biasa? mohon di jawab dokkk, saya pengen tau pengalaman-pengalaman orang dok.. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cerita soal si errol udah saya bahas di artikel cara menjinakkan burung hantu.
      iya, dulunya galak banget. burung hantu yang kita pelihara mencerminkan sifat jelek kita, biasanya sih begitu. kayak si errol, keras kepala banget, sama kalau ada orang yang belum kenal, dia pasti jaga jarak. tapi kalau udah kenal, dia asik kok. ini sama persis seperti sifat saya.

      soal galak, iya bener. dulu si errol galak banget. kelopak mata saya pernah sobek karena dicengkram sama dia. soal takut, nggak sih. dari dulu saya anggep errol dan saya sebenernya sama aja. kata kakek saya, kalau manusia mati, semua ingatannya dihapus, kemudian dia lahir lagi dengan 'cangkang' tubuh yang baru. tapi kalau burung hantu nggak. kalau si errol mati, ingatannya gak dihapus, dan kemudian dia lahir lagi dalam bentuk anakan burung hantu baru. dan burung hantu akan mudah mengenali tuannya di kehidupannya yang dulu meski tuannya 'ganti cangkang/tubuh'. jadi jangan takut, mungkin dikehidupan dulu, burung hantu mbak emang udah mbak pelihara. dia udah bisa mengenali, cuma kalian belum terkoneksi aja....

      ini cuma cerita mitologi dari kakek saya. benar atau nggaknya, yah namanya juga cerita orangtua, hehehe.... :D

      Delete
  58. makasih dok udah mau sharing..

    gila dokkk, saya sebenrnya sayang sih sama casper tapii saya ga kuat mental banget kalo tiap manning dia clapping muluu, beneran dehhhh, saya galau mau beli yang brancher baru apa keep si casper.. dan saya ga ada kesempatan buat manning dia karna dia nangkring di atas mulu dok, karna saya kasi kamar dia, yang ada perabotannya dia suka di atas sangkutan horden itu dokk saya ga ada kesempatan manning sama sekali terbang mulu kalo mau di pegang , terus clapping mulu, kalo nafsu makan sih lahap sih, cuma ganas nya itu dok ampun ampun deh ga kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang sekira gak mampu buat jinakin, mending tuker aja, gak apa2 kok... :)

      Delete
  59. dokk dok, kalo saya nyari di pasar pramuka / jatinegara gitu yang brancher.. kira kira menurut dokter , si burhan yang saya beli itu bakal terjamin ga sih dok kesehatannya..
    ngeri takut dapet yang stress gitu.. terus malah mati.. menurut dokter gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya. coba cari aja di grup jual beli owl di facebook. lebih terjamin. kalau beli di pasar hewan, asal bisa milihnya, bisa aja dapet yang sehat. kalau menurut saya, mbak kan dah tau ciri owl sehat kayak gimana: matanya gak merem (murung), aktif, gak mogok makan, fesesnya terdiri dari 3 elemen. jadi bisalah milihnya...

      namun kadang owl juga bisa menjebak. bisa aja di tokonya, dia keliatan sehat, pas di rumah ternyata murung/pendiem/gak mau makan. jadi sebenernya untung-untungan kalau beli di pasar hewan... :)

      Delete
    2. mmm gitu dok.. yaudah coba saya cari cari dulu, makasih banyak dokter!!! sehat selalu buat dokter, errol dan padma! <3

      Delete
  60. dokk, kayanya emang si casper ini di takdirin di rumah saya dok emang, dari kemarin saya udah post dimana mana, tetep ga ada yang mau beli dia, secara fisik padahal dia cukup bagus dok..

    yang saya bingung dok, dia tuh sampe sekarang masih clapping sama saya tapi sama kaka saya tuh mau aja gitu di pegang tapi ga pernah clapping,padahal yang ngasih makan selama ini saya (tikus saya aquarium) nafsu makan si stabil dok, malah makin kesini makin lahap sih, cuman kalo saya dateng gitu dia pasti badannya ke kanan kiri kanan kiri terus clapping.. tapi malem ini agak aneh sih dok, saya dateng gitu ke dia.. dia di tempat favoritnya (di atas jendela) tapi kali ini saya dateng dia malah nunduk gitu.. itu artinya apa ya dok sambil ngeliat ke arah lainn tapi..

    di satu sisi saya sayang gitu dok sama dia, tapi di sisi lain saaya ga bisa pegang dia, tiap di deketin aja selalu clapping, tapi nggak batting sih, cuma clapping terus nyari tempat buat terbang gitu.. bingung saya dok. tapi bener bener dia kayak di takdirin buat saya gitu, liat mata dia rasanya kayak mau ngasih dia ke orang pun gak tega banget gitu. maaf ya dok curhat, #edisibaper

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jujur. mbak diam2 takut ya sama si casper? bener?
      burung hantu adalah hewan yang sangat mudah membaca pikiran kita, masternya. mereka bakalan tau kalau kita takut, enggan, atau ragu2. tebakan saya, si casper tau mbak berniat mau tukar/jual dia. makanya dia bertingkah kayak gitu ke mbak.

      kalau emang sama kakak si casper lebih deket (gak pernah clapping dan sebagainya), itu mungkin karena si casper berpendapat kakaknya mbak gak ada pemikiran seperti pemikiran mbaknya... :)

      kalau emang mau pelihara lagi si casper, coba pendekatan lagi. jangan menuntut si casper jinak dlu, yang terpenting dia sehat dlu.

      untuk langkah penjinakkan, coba bawa si casper ke kamar mbak tiap kali mbak mau tidur, biarin aja di kamar sementara mbaknya tidur. biarkan si casper liat mbak tidur. cara itu ampuh agar si casper percaya sama mbak lagi....

      Delete
    2. IYA DOKKK SAYA TAKUTT HUHUUUUU. kayanya emang jalan satu satu nya ya melihara dia dok.. saya beneran coba nawarin ke orang gitu, belum ada peminatnya gitu, ada sih ada tapi yang mau megang belum pernah megang BOP . Dia so far si sehat sehat aja sih dok, nafsu makan oke sih dok, tadi kepanasan sebentar, terus saya buka jendela udah nggak kenapa napa lagi sih.. feses nya juga normal sih...

      nah dok, kalo di kamar itu di angjesin apa taro dalem kardus gitu dok? kamar saya ada balkon depannya sih.. dan barang di kamar saya banyak bgt dok, harus di pindain gituh??

      Delete
    3. kalau di kamar, taruh aja di perch, tanpa diangklett, tanpa ditaruh di kardus... lepas gitu aja... tapi pastikan jendela tertutup...

      jangan ragu2 dan jangan takut, itu aja sih kuncinya... :)

      Delete
  61. DOOOKK saya seneng bgtttt yeayyyyy, tadi di ajarin tmn gmn cara diriin burung hantu di tangan, saya uda bisa FOF!!!! ngelawan rasa takut bgt sih sebenernya cuma seruu!!

    ReplyDelete
  62. dokk, mau nanya.. kan saya ga bisa melihara dia di kamar terus soalnya pup dia di mana mana.. kalo misalnya saya bkinin dia, saya ada kandan bekas anjing saya kadang besar sih soalnya anjing saya husky kan, tapi nantii saya tutupin kawatin gitu pake triplek di samping2 nya biar gelap, jadi saya buka aja pintunya, depanya ada perch, tapi tetep di equip gitu, apa gapapa ya dok? dia udah mulai oke sih, masih clapping cuma naik ke tangan saya juga harus saya gendong dulu dan masih kabur kabur an, tp mau sih dok di kasih makan gitu di tanga, walopun mangsanya di bawa kabur, cuma udah progress aja sih dok hehe, itu yang soal kandang kalo kaya gitu gapapa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf baru balas...

      kandang bekas anjing? lebih dari 1m x 1m gak? kalau lebih, bolehlah. gak usah ditutupin pakai triplex, biarin aja. yang penting, pindahkan ke ruangan yang agak sepi/minim suara.... lebih bagus, kalau emang ada ruangan tak terpakai kayak gudang atau semacamnya, taruh aja di situ. jangan pakai angklett...

      emang, memelihara owl sangat erat kaitannya dengan melawan rasa takut sendiri. :)

      sehat owlnya? gimana sekarang perkembangannya? :)

      Delete
  63. haiii dok!! hehehehe, iyaaaa, sehat, makan lahap, udah mau naik ke tangannnn meskipun harus di gendong dulu, tapi dia jadi baikkk dehhh, pengertian gitu

    kalo lg manning siang sama malem, dia lebih sering clapping kalo siang
    kalo malem lebih kalem gitu dok hehhehe, makasih dok semua bimbingannya sangat bergunaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjut. saya senang dengernya... :D

      observasi terus kesehatannya. dan coba ajak ngobrol sambil liat matanya... :)

      Delete
    2. dah sering ku ajak ngobrol dokkk, tadi dia kepanasan, mataanya melotot terus komat kamit gitu, saya pasang kipas tp gak langsun kena dia sih, udah deh udah ga kepanasan lagi, dok kalo dia di ajak keluar kota gitu jakarta-puncak, belum boleh ya? makasih dokterrrr:)

      Delete
    3. boleh aja asalkan selama perjalanan sebaiknya hindari suhu panas dan guncangan yang terlalu sering dan terlalu keras....

      sekarang sehat owlnya? :)

      Delete
  64. oh gitu dok.. sehatttt, cuma ini saaya baru mindain dia ke ruangan yang lebih gelap dan sepi, matanya nyipit muluu tapiii, dan tempat nya di situ aja di lantai mojokk, masih mau makan sih dokkk, cuma nyipit terus aja gituuu, saya liat idungnya pilek juga engga, saya coba terbangin gt masih kuat, gappaa kali ya dok?

    ReplyDelete
  65. dokkk, kabar buruk dok...

    jadi saya mindain casper ke ruangan indoor dok ke yang lebih gelap dan sepi tapsaya baru pindain sehari, pas saya liat ke kamar mandi, dia bener bener gerak nya sedikit, dan tempat nya di situ situ aja, matanya nyipit terus dok, nutup terus, berdiri nya lemes, dan nafas nya kayak ter engal engal


    di ruangan indoor saya udah bersiin dok, cuma gatau dia lemes, dia masih mau makan, tapi nafsu makannya berkurang, gak selahap biasanya, saya akhirnya taro balik di ruangan sebelumnya, sampe skrg, sempet agak fit, tapi abis itu nyipit terus dok..... feses nya tapi normal, tetep ada 3 elemen, saya mau bawa ke dokter hewan dok, lokasi saya di jakarta utara, tapi sepertinya dokter hewannya hanya menangani kucing dan anjing, dokter ada saran? saya besok harus bawa ke dokter.. karna hari rabu saya mau ke luar kota... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cari dokter hewan lain?
      sebelumnya dikasih makan apa? dan apakah mbak punya tebakan kenapa casper bisa kayak gitu?

      kemungkinan salah makan atau stress, saya sih lebih cenderung ke salah makan atau sakit entah karena apa. makanya lebih baik bawa ke dokter hewan terdekaat.

      coba gabung ke komunitas pecinta bop dan burung hantu di facebook, terutama daerah jakarta, tanya kepada mereka dokter yang biasa nangani burung hantu atau bop...

      kabari saya terus ya mbak...

      Delete
    2. saya selalu ngasih makan tikus putih dok, ga ada yang lain..

      tapi kayanya karna stress dok, fesesnya normal.. ini saya balikin lagi kan dok ke kamar yang dulu yang ada pekarangan depannya, segeran lagi dok.. apa mgkn karna stress ya dok?

      Delete
    3. bisa jadi dia terlalu terikat sama satu tempat... kadang emang seperti itu, terutama kalo owlnya belum terlalu jinak...

      makannya normal? :)
      sementara ini gak apa2 di tempat yang lama aja dlu sambil terus dijinakkan.. :)

      Delete
  66. siang dok, saya kmrn bawa dia ke dokter hewan.. katanya dia infeksi saluran pernapasan dok..di kasih obat sama dokter nya sih , cuman saya belum kasih,

    saya lg keluar kota, saya titip di temen yang emg biasa megang Bop, dia smpet mogok mkan, tp ahirnya mau makan juga dok..

    kayanya krn ga pernah di jemur deh dok.. makanya bs sampe infeksi saluran pernafasan gt dok.. trs kata dokternya faktor cuaca.. menurut dokter nanti saya taro indoor apa outdoor ya dok? kalo indoor entar dia mogok mkn lg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau toh outdoor, mungkin pastikan agak hangat aja. kalau malamnya hujan, boleh masukkan ke dalam ruangan.

      oh ya. bagus kalau casper (maaf kalo salah nama, hehe) at the right hand. cukup kasih tau aja ama org yang handle sementara buat hubungi saya kalo ada apa2 (tapi semoga aja casper sehat2 aja)...

      keep on eye aja. kasih kabar... :)

      Delete
  67. Siang Dr Fira.. saya mau nanya nih. Saya punya seekor celepuk, udah saya pelihara 3 bulanan ini, saya belinya pas udah bisa terbang. Dok, celepuk saya udah 2 hari ini ga mau makak sama sekali. Cuma kalo minum walaupun dikasih banyak dia mau. Fesesnya udah 2 hari ini warnanya putih dok, ga ada fecalnya. Trus saya liat di lidahnya ga ada tanda sakit. Cuma saya liat bulu bagian dalemnya koq ada kuning2 kayak kulut mengelupas gitu dok. Kesalahan saya adalah saya ga pernah menjemur burung saya di sinar matahari. Paling kalo pas inget saya taruh di loteng, itu juga ga kena sinar matahari langsung, karna kebetulan loteng saya banyak tanamannya. Ciri cirinya akhir akhir ini matanya terpejam dok, tapi kalo saya datangi dia masih mau buka matanya tapi dia melihat arah lain, ga ke arah saya. Dia juga suka terbang2 kalo dikasih makan. Trus ga lama gitu mejamin matanya lagi. Owlie kenapa ya dok? Saya sangat khawatir. Kanrna jujur memang kadang burung saya suka kumat kumatan seperti ini, cuma endingnya mau makan lg, bahkan dua hari lalu masih manja2 sama saya pas saya lepas rantainya. Tolong informasinua dok :( terima kasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.