Penyebab Barn Owl Mogok Makan | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa hal yang menyebabkan

barn owl mogok makan

Hal-hal yang membuat barn owl mogok makan tersebut biasanya didasari pada sifat barn owl yang lebih mudah stress dan lebih susah untuk dipelihara dibanding burung hantu celepuk. Jenis-jenis burung hantu dan tingkatan kesulitan dalam memeliharanya bisa anda baca di artikel jenis burung hantu dan tingkatan kesulitan pemeliharaannya.
Penyebab Barn Owl Mogok Makan
Image taken from granniebanana.com
  • Kembali lagi ke topik utama. Penyebab utama barn owl tidak mau makan biasanya adalah karena stress. Stress merupakan penyebab utama barn owl yang mogok makan, terutama jika mata barn owl terus terpejam (merem) dan barn owl kelihatan murung. Jika mata barn owl terus tertutup, murung, dan burung hantu tersebut mogok makan, maka dipastikan barn owl tersebut mogok makan karena stress.
  • Jika mata barn owl terbuka, tidak kelihatan murung, namun mogok makan, maka saran saya adalah memberikan pakan hidup kepada burung hantu tersebut. Berikan anakan tikus putih yang dilukai sedikit hingga berdarah kemudian taruh dekat burung hantu tersebut. Biarkan hingga burung hantu barn tersebut menyambar mangsanya. Jika si burung hantu barn owl tidak menyambar tikus putih yang diberikan, maka sebaiknya bawa segera burung hantu barn owl yang mogok makan tersebut ke dokter hewan terdekat untuk diketahui apa penyebab barn owl mogok makan tersebut.
Demikian adalah

penyebab barn owl mogok makan

Semoga artikel tersebut bisa menambah wawasan anda dalam memelihara barn owl. Saran dan komentar serta konsultasi bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

50 Responses to "Penyebab Barn Owl Mogok Makan"

  1. Dok saya mu tanya dong bo saya si baron rada kurus ya tapi makanya lahap bgt
    Apa ada gangguan kesehatan dok
    Mohon bantuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kembali lagi ke postur dan genetiknya, mas.
      kalau soal kurus gemuknya burung hantu, itu biasanya terpengaruh ke genetik/keturunannya.

      saya pikir gak masalah soal gemuk atau kurus, yang penting bo-nya sehat. itu aja.. :)

      Delete
  2. Dok burhan saya gak mau makan sore ini padahal tadi pagi masih mau makan cuma memang berkurang makannya..biasanya bisa menghabiskan 10 ikan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicek fesesnya. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
  3. Dokterr,, buhan saya nama.nya Boo-Boo, jenis obay, sudah sama saya 1 bulan saya adopt usia juvenille tp jinak, sejak tadi malam sulit makan dok, semalam saya kasi tiput, cuma dimakan kepala.nya aja, karna darah kececer2 akhir.nya saya buang karna banyak lalat dan semut, nah tadi pagi jam 9 jam makan.nya sama skali ndak mau makan, siang ini jam 2 saya kasi makan masih nggak mau, cuma masuk jangkrik satu itu pun saya cekok.i,, faecesnya normal dok, banyak air.nya, putih sama item.nya banyak juga, nah waktu di tangan saya, dia berak lagi normal, selang 10 menitan berak lagi isi.nya air tapi agak kental, keadaan.nya mata terbuka lebar kayak biasa, tp mulut mangap2, tolong saran.nya dokter, terima kasih

    ReplyDelete
  4. Dokterr,, buhan saya nama.nya Boo-Boo, jenis obay, sudah sama saya 1 bulan saya adopt usia juvenille tp jinak, sejak tadi malam sulit makan dok, semalam saya kasi tiput, cuma dimakan kepala.nya aja, karna darah kececer2 akhir.nya saya buang karna banyak lalat dan semut, nah tadi pagi jam 9 jam makan.nya sama skali ndak mau makan, siang ini jam 2 saya kasi makan masih nggak mau, cuma masuk jangkrik satu itu pun saya cekok.i,, faecesnya normal dok, banyak air.nya, putih sama item.nya banyak juga, nah waktu di tangan saya, dia berak lagi normal, selang 10 menitan berak lagi isi.nya air tapi agak kental, keadaan.nya mata terbuka lebar kayak biasa, tp mulut mangap2, tolong saran.nya dokter, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja jangan dikasih makan dlu. stop dulu.
      kayaknya itu mau memuntahkan sisa tikus yang (entah kenapa) gak bisa dia cerna.

      mas kasih tiputnya kegedean kali mas. coba kasih yang kecil aja. bagusnya, kasih bayi tikus yang masih merah (pingkies)....

      observasi terus, kalau mau kasih makan, cukup sodori aja jangkrik ke paruhnya. kalau dia mau makan, pasti disamber....kalau dia gak mau nyamber makananya, jangan dipaksa. 2 jam kemudian coba lagi.... begitu terus...

      kasih kabar syaa lagi... :)

      Delete
  5. Iya dok,,, skitar jam stgh 4 td sudah saya kasih makan, tp tetep males2.an dok, lumayan sih 9 jangkrik masuk,,, ouwwh gitu ya dok, kemaren2 saya pikir ndak masalah dok saama besar kecilnya tiput, karna kalo dia saya kasih makan yg besar2 pasti dia makannya dikit2 dok di cuwil2 gitu dok, baru kalo udah sampe perut ke bawah baru deh di telen bulat bulat,,, dan kalo saya kasi makan tiput nggak pernah muntahin pelet dok? Ndak papa dok? Dia muntah kalo saya kasih makan emprit aja dok,, kalo pinkies maap kayak.nya ndak bisa dokter, saya tinggal di semarang, susah carinya dokter,,, okeii dokk,,, ntar jam 9 saya coba lagi dokter, karna Boo-Boo makan.nya tiap hari jam 9 pagi sama jam 9 malam dokter, masalahnya kalo jam 9 pagi sudah makan terus siang atau sore.nya saya kassih makan dia pasti kaget dan kayak marah gitu dok saya bangunin, jadi sebulan ini ya udah lah saya kasi makan 2 kali aja dokter,,, ini faecesnya masih normal dokter kayak tadi pagi,,,

    ReplyDelete
  6. Iya dok,,, skitar jam stgh 4 td sudah saya kasih makan, tp tetep males2.an dok, lumayan sih 9 jangkrik masuk,,, ouwwh gitu ya dok, kemaren2 saya pikir ndak masalah dok saama besar kecilnya tiput, karna kalo dia saya kasih makan yg besar2 pasti dia makannya dikit2 dok di cuwil2 gitu dok, baru kalo udah sampe perut ke bawah baru deh di telen bulat bulat,,, dan kalo saya kasi makan tiput nggak pernah muntahin pelet dok? Ndak papa dok? Dia muntah kalo saya kasih makan emprit aja dok,, kalo pinkies maap kayak.nya ndak bisa dokter, saya tinggal di semarang, susah carinya dokter,,, okeii dokk,,, ntar jam 9 saya coba lagi dokter, karna Boo-Boo makan.nya tiap hari jam 9 pagi sama jam 9 malam dokter, masalahnya kalo jam 9 pagi sudah makan terus siang atau sore.nya saya kassih makan dia pasti kaget dan kayak marah gitu dok saya bangunin, jadi sebulan ini ya udah lah saya kasi makan 2 kali aja dokter,,, ini faecesnya masih normal dokter kayak tadi pagi,,,

    ReplyDelete
  7. Dokter,,, Boo-Boo sudah makan lagi ini,,, habis jangkrik 5 sama emprit satu,,, tapi lamaa banget nyamber makanan.nya,,, saya liat lagi gimana makan.nya besok pagi dokter,,, terima kasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabari saya terus ya mas.
      kalau dia nggak ngeluarin pellet, berarti seluruh elemen makanannya terserap sempurna. itu malah bagus. kalau dia mengeluarkan pellet, berarti ada bagian makanan yang tidak tercerna. entah karena bagian itu keras atau tidak keras tapi terlalu besar. :)

      sebenernya sih gak apa2 nggak ngeluarin pellet, justru malah bagus kok. :)

      saya tunggu kabar selanjutnya..

      Delete
  8. Tadi jam 8 barusan saya kasih makan emprit dokter, respon.nya cepat doktet,,, dan dari kemarin udah keluar pelet satu dokter,,,,, saya tenang sekarang dokter hehehhehe terima kasih dokter atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng dengernya. :)
      kabari saya lagi ya mas.. :)

      Delete
  9. Dok mau tanya.. Oriental saya g mau makan, mata sering trtutup dan lesu,mngkin stres.. Gmn cara ngobatinya... Tadi saya coba masukin daging k.mulutnya dan d telan..tapi selang beberapa jam kemudian semua dagingnya d keluarkan lagi dari mulutnya..gmn y dok..mohon saranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel cara memelihara oriental bay owl, saya sudah sebutkan bahwa makanan utama oriental bay owl adalah jangkrik. :)

      omong2 sebelumnya kenapa mas? soalnya banyak sekali kemungkinan. mas taruh di luar kalau malam? biasa dikasih makan apa?

      namun mas bisa cek dlu artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.... :)

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  10. Dok. BO saya mogok makan mendadak dia murung ,matanya bengkak sebelah terus merem dan jalannya sempoyongan Itu kenapa ya ? Kejadiannya malam jam 9 , pdahal td spre jam 4 masih mau makan. . Mohon hombingannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sakitnya udah lama, tapi baru keliatan hari ini jam 9.
      sebenernya, kesehatan burung hantu barn owl bisa diketahui dari fesesnya. kalau burung hantu itu sakit, meski gak keliatan secara fisik, pasti fesesnya berubah, mas.... coba pelajari dulu artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      untuk kasus burung hantu mas, mending ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  11. Dok kalo barn owl saya gamau makan sama fasesnya warna merah ada hitamnya ga ada putih trus dia merem mulu itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena komentar mas baru bisa saya balas....

      lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat, biar dicek, mas. saya punya tebakan, tapi cuma sekedar tebakan dan belum tentu benar.

      sekarang gimana keadaan owlny? :(

      Delete
  12. sawiji asro
    JULY 26, 2016 AT 11:43 PM
    delete
    Dok kalo barn owl saya gamau makan sama fasesnya warna merah ada hitamnya ga ada putih trus dia merem mulu itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  13. dok,celepuk saya namanya cio kmrn saya keluar pas pulang posisinya kegantung kepala di bawah,itu g tau udah berapa lama,udah saya benerin pas berdiri itu kya orang pusing g seinbang gitu trus si cio kya mau jomplang kebelakang gitu soalnya kya reflek dangak sendiri kepalanya,skrg cio murung g mau makan sama sekali fesesnya cair bening putih..gmn ya penangannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan stress, mending pindahkan ke ruangan yang bebas suara2 mengagetkan. dan usahakan tetep kasih makan. kasih super-n biar daya tahan tubuhnya bagus.

      lakukan dengan cepat ya mas....

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. tadi saya udah bawa kedokter hewan di kasih resep sih,obat udah saya berikan,tapi masih blom mau makan dok..sudah 2 hari ini blom makan,skrg keseimbangan'a kya terganggu ,klo jalan sempoyongan,trus jatuh klo udah jatuh nunduk sebentar jadi seolah" dya mau tegak kepala'a tapi berat bgt..kondisi skrg masih ngeringkuk ga mau makan,saya bingung gmn ya dok biar mau makan?super n apa dok?beli dmn?

    ReplyDelete
  16. Dok, BO saya gk mau makan kalo d lihat orang, mau mkan klo saya karantina dlu itu pun cuma dikit, apa gkpapa klo d Kasih makan puyuh yang sudah mati dok ? Baru dpet 2 hari lalu dok, kata temen q itu hasil tangkep liar

    ReplyDelete
  17. Dok saya dapet barn owl dewasa..tadi malem kejerat benang bagian sayapnya di atap..untuk perawatan pertama terus untuk kasih makannya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting dia mau makan dulu. kalau soal sayapnya, sementara ini biarin aja, fokus biar dia mau makan dulu. mas bisa beli sate sapi mentah, terus cacah2, dan suapi ke owlnya.... selengkapnya, mas baca artikel cara memelihara barn owl...

      Delete
  18. Assalamualaikum dok. Burhan saya sdh dari kmrn keliatan murung dan tdk bergairah. Makan pun diberi jangkrik hidup lama untuk menelannya, hanya digigit. Fasesnya cair bening kecoklatan. Bgmn cara menanggulanginya Dok, sedangkan dokter hewan pun jauh dmn beradanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, sekarang gimana keadaannya, mas?
      tetep kasih makan. dan coba kasih super-n biar daya tahan tubuhnya bagus....

      Delete
  19. dok invite WA saya dok...untuk antisipasi apa yg harus saya lakukan pada saat Barn Owl saya lagi sakit,,.soalnya disini ga ada dokter hewan...089660695550 mohon dengan sangat ya dok untuk bimbingannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya gak membuka japri (jalur pribadi) mas. saya hanya menerima konsul via blog ini atau chatting kalau saya lagi online di blog ini...

      Delete
  20. Sore dok, saya baru beli bo semalam nah dari semalam ga mau makan sampe sekarang padahal udah ditempatin di kandang gelap semalaman terus tadi dicekok tiput dimuntahin tadi pagi semepet jejelin anak ayam cuma gigit doang masih stress apa gimana ya? Bo nya ga makan dari semalam aman aman aja ga dok? Kasian bo nya, sia sia juga pakan nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas makan jangan diliatin. taro aja anak ayam di kandangnya, terus tinggalin. kalo diliatin emang suka gak mau makan.

      selebihnya, silakan mas cek artikel parameter kesehatan burung hantu

      Delete
  21. Sore dok, saya baru beli bo semalam nah dari semalam ga mau makan sampe sekarang padahal udah ditempatin di kandang gelap semalaman terus tadi dicekok tiput dimuntahin tadi pagi semepet jejelin anak ayam cuma gigit doang masih stress apa gimana ya? Bo nya ga makan dari semalam aman aman aja ga dok? Kasian bo nya, sia sia juga pakan nya hehe

    ReplyDelete
  22. Sore dok, saya baru beli bo semalam nah dari semalam ga mau makan sampe sekarang padahal udah ditempatin di kandang gelap semalaman terus tadi dicekok tiput dimuntahin tadi pagi semepet jejelin anak ayam cuma gigit doang masih stress apa gimana ya? Bo nya ga makan dari semalam aman aman aja ga dok? Kasian bo nya, sia sia juga pakan nya hehe

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Dok. Burhan chick saya gak mau makan gimana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa? coba kasih cacahan daging emprit/puyuh...

      fesesnya gimana? mencret? coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu...

      buat suplemen, kasih super-n setetes setiap hari...

      Delete
  25. Dok burhan saya siap perjalanan jauh,lesu terus dok susah makannya air liurnya keluar terus dri mukutnya dok bagaimana solusinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n, mas. setetes pagi dan setetes sore.

      selebihnya, mas bisa baca artikel saya, cara karantina burung hantu

      Delete
  26. Dok, maaf sebelumnya saya mau tanya, untuk berat badan ideal barn owl usia remaja mau ke mature itu brp (kg) yh yh dok? soal nya saya punya BO imprint sedang dlm keadaan mabung/moulthing dan kadang pola makannya tidak tentu, jd saya mau menanyakan berat badan yang ideal pda barn owl usia juve mau ke matur? mohon masukannya dok, Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berapa kilonya, jujur saya belum riset.
      nanti mungkin akan saya riset...

      kalau soal moulting, udah saya jelaskan di artikel merawat burung hantu mabung. :)

      Delete
  27. dokter B.O saya kalo makan kok hidungnya kyk mengeluarkan air ya? pilek kah ituu ?
    terus penanganannya kyk gmn ? rada hilang nafsu makannya dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja mas. :)

      selama dia masih mau makan, biarkan aja.

      rutin kasih super-n ya. setetes setiap hari. beli di toko makanan burung

      Delete
    2. Dok Barn owl saya matanya merem terus dan klo dikasih pakan hidup nggak mau makan ,gimana ya dok?

      Tolong sarannya ya Dok.

      Delete
    3. kasih super-n aja mas. setetes setiap hari. langsung tetes ke dalam paruhnya.
      fesesnya gimana? cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu...

      pakan hidupnya mas lukai dulu dikit sampe keluar darahnya, kemudian taro deket dia, dan tinggal.... jangan diliatin...

      Delete
  28. Dokter saya masih pemula dalam memelihara burung hantu, jadi syaa mengadop burung jenis bo, masih kecil dok sekitar 3 mingguan, dia ga mau makn dok trs dia tiap mau di elus meamsang sifat defensenya langkah yang harus saya ambil gmna ya dok?

    Mohon jawabannya

    ReplyDelete
  29. Dokter saya masih pemula dalam memelihara burung hantu, jadi syaa mengadop burung jenis bo, masih kecil dok sekitar 3 mingguan, dia ga mau makn dok trs dia tiap mau di elus meamsang sifat defensenya langkah yang harus saya ambil gmna ya dok?

    Mohon jawabannya

    ReplyDelete
  30. Dok saya sama temen saya baru beli barn owl udah 3 hari barn owl temen saya ga mau makan sama sekali selama di karantina fesesnya sih normal ada sarankah bu dok?? kalo punya saya sih makannya lahap tapi barn owl kita kok dari pertama ga pernah ngeluarin suara sama sekali ya apa itu normal?

    ReplyDelete
  31. Halo dokter, saya baru aja mengadopsi burung hantu nunox kemarin, sampai sekarang tidak mau makan walaupun sudah saya siapkan
    Sodorkan doq puyuh ke mulut, saat ini kondisinya lemas dan ada diruangan kosong, apa yg harus saya lakukan. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.