Mengobati Barn Owl Mogok Makan | Drh. Fira Sovica

Seperti yang sudah disinggung di artikel penyebab barn owl mogok makan, ada beberapa sebab barn owl tidak mau makan alias mogok makan. Nah cara

mengobati barn owl mogok makan

sebenarnya mudah saja, dan barn owl bisa sembuh dari mogok makan jika ditangani dengan sesegera mungkin.

Mengobati Barn Owl Mogok Makan
Image taken from teso-rp.com
Barn owl yang mogok makan bisa diobati dengan cara berikut. Mengobati barn owl mogok makan berikut saya tulis berdasarkan praktek sebagai dokter hewan. Dan inilah cara mengobati barn owl yang mogok makan:
  • Kebanyakan barn owl mogok makan karena stress.
  • Bila mata barn owl terpejam (merem) dan barn owl tersebut tidak mau makan, maka dipastikan barn owl tersebut mengalami stress. Segera pindahkan barn owl tersebut ke tempat yang sepi agar tidak stress lagi, serta berikan pakan hidup berupa tikus putih yang sedikit dilukai untuk memancing insting makannya.
  • Jika barn owl tetap tidak mau makan, bawa segera barn owl tersebut ke dokter hewan terdekat.
  • Jika barn owl tetap tidak mau makan meski sudah dipancing dengan pakan hidup, maka sebaiknya bawa barn oel tersebut ke dokter hewan terdekat. Jika kondisi stress pada barn owl belum terlalu parah, maka kemungkinan sembuh akan tetap ada.
Demikian adalah

cara mengobati barn owl

yang mengalami mogok makan. Semoga artikel tersebut bisa membantu anda dalam menyembuhkan barn owl mogok makan. Saran dan komentar bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

211 Responses to "Mengobati Barn Owl Mogok Makan"

  1. Saya baru dapet barn owl nih tp kyknya masih liar dan dlm keadaan stres saya sudah kasi umpan anak ayam yg di lukai, kalo tidak mau makan apa perlu di suapin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang stress, coba taruh di ruangan sepi dan tertutup dulu, mas. kalau ada, kasih tikus putih yang dilukai di deket dia. biarkan dia makan sendiri, jadi tinggal aja selama beberapa jam, 2 hingga 2 setengah jam.

      kalam dalam tempo 2 jam itu dia ternyata gak mau makan juga, bisa disuapi dikit2 dengan daging sapi cincang yang masih segar. :)

      Delete
    2. Dok, barn owl boleh dikasih makan ikan ?

      Delete
    3. lebih baik jangan, mas. teksturnya gak cocok dengan pencernaan musang... :)

      Delete
  2. ini barn owl saya kan masi 3 bulan dok, dia gamau makan sama skali... sudah malam.. tidak bisa cari tikus, sama jangkrik juga gak mau.. sudah saya taruh dalam kardus dok.. mohon bantuannya.. saya takut dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diberi makan dengan cara disuapi. jangan hanya ditaruh gitu aja makanannya....

      Delete
  3. Dok,kok Barn Owl saya tiap malem gak bunyi ya,trus biar bisa bunyi lagi gimana?,tolong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya masih lahap? gak mogok makan?
      kalau gak mogok makan, gak apa2 mas... coba mas cek cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
  4. Dok, burung saya ga mau makan.. Mungkin karna stress, bila sudah stress seperti itu. Apa benar di kasih minyak ikan ?? Agar mood burhan kembali membaik ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih minyak ikan... kasih pakan hidup saja seperti bayi tikus putih atau bisa juga kasih potongan daging sapi segar cincang.,..
      maaf baru bales. saya abis sakit kemarin... :)

      Delete
  5. Owl saya jenis celepuk dok. Kalau stress seperti itu, penanggulangan terbaiknya seperti apa ya dok ? Saya sudah berikan pakan hidup, namun tetap dia tdk mau mengejar/memakan mangsanya..iya tdk apa2 terima kasih sudah merespon dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih jangkrik dengan cara disodorkan ke paruhnya dia mau makan gak?
      kalau kasih pakan hidup, kasih bayi tikus putih mas. mas masukkin owlnya ke kardus yang agak besar, lalu masukkan bayi tikus putih dan owlnya ke dalamnya, lalu tutup... tinggalkan aja selama beberapa menit. nanti dimakan... :)

      Delete
  6. Misi dok, Barn owl saya baru umur 1.5bulan ni dok. Kmarin sih masih sehat sehat aja, tapi gatau kenapa sekarang merem dan ga mau makan dok, kalo disuapin malah di muntahin, gimana ya dok biar normal kembali. Mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah cek feses/tahinya? bisa dijelaskan ke saya bagaimana bentuk dan warna fesesnya?
      udara dan cuaca memang sedang tidak bagus untuk burung hantu. kemaren si errol juga sempet sakit. pindahkan ke dalam ruangan, kasih makanan bergizi, dan kalau emang dalam 2 hari gak baikan, mending bawa ke dokter hewan aja....

      Delete
  7. Fasesnya kemarin pagi itu cair dok, tapi menjelang malam sudah menggumpal, nah untuk pemberian pakan nya, malah dimuntahin terus dok biarpun disuapin. Kalo saran untuk pakan barnowl umur 1.5bulan yg seperti ini apa yg cocok ya dok ? Biasanya saya kasih daging cincang puyuh ato sapi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kalau disuapin, dimakan, tapi malah dimuntahin itu karena kegedean. coba dicacah dulu potongan daginya.
      saran lain, bisa kasih bayi tikus.... :)

      Delete
  8. Selamat malam dok saya mau tanya saya baru adopt barn owl 3hari ini pengalaman pertama adopt barn owl saya kasih nama lovy dan buat teman buffy saya dirumah karena buffy dirumah kasian sendiri jadi saya tambah partner dengan pilih barn owl cuma kemarin ampe tadi subuh pas sahur masih berisik dan masih lahap makanya suara hising khas bo masih terdengar tapi td malam tiba2 dia menutup mata dan ga mau makan tiba2 stress pdahal saya simpan dalam tempat tertutup sehingga dia tidak terlalu banyak melihat aktifitas keramaian dan tidak ada yg memainkan dia yang membuat dia jadi stress jd itu knp tiba2 dia menutup mata dan tidak mau makan ya dok?? Oh ya usia lovy itu brancher tengah sudah banyak bulu jarum tp masih ada bulu kapas jg..dok klo dibogor praktek dimana saya juga di bogor kota di bogor timur ..salam kenal ya dok thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak sebab sebenernya yang membuat barn owl mogok makan, faktor yang utama adalah makanan dan suhu udara. iklim lagi gak bagus buat owl, jadi sebaiknya jaga agar suhu ruangan tetap stabil, tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin. mas kasih makan apa si lovy?

      cek juga artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.... :)

      rumah saya yang di bogor mas, saya sendiri praktek di salahsatu rumah sakit hewan di jabodetabek. :)

      Delete
  9. Selamat malam dok saya mau tanya saya baru adopt barn owl 3hari ini pengalaman pertama adopt barn owl saya kasih nama lovy dan buat teman buffy saya dirumah karena buffy dirumah kasian sendiri jadi saya tambah partner dengan pilih barn owl cuma kemarin ampe tadi subuh pas sahur masih berisik dan masih lahap makanya suara hising khas bo masih terdengar tapi td malam tiba2 dia menutup mata dan ga mau makan tiba2 stress pdahal saya simpan dalam tempat tertutup sehingga dia tidak terlalu banyak melihat aktifitas keramaian dan tidak ada yg memainkan dia yang membuat dia jadi stress jd itu knp tiba2 dia menutup mata dan tidak mau makan ya dok?? Oh ya usia lovy itu brancher tengah sudah banyak bulu jarum tp masih ada bulu kapas jg..dok klo dibogor praktek dimana saya juga di bogor kota di bogor timur ..salam kenal ya dok thanks

    ReplyDelete
  10. tolong dok bo saya ga mau makan,
    saya suapin ga mau makan. saya lolodin juga di buang lagi
    tolong dok bantuan nya.
    kalo dari mata dan pergerakan sih masih seger dok.
    saya baru adopt usia juve

    ReplyDelete
  11. Dok , barn owl ku baru 3 4 bulan an , ngalamin stres tak taruh di tempat yang gelap dan sepi dan makan nya tak dulang tapi ttp gamau kira kira kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulang tuh apaan ya mas?
      coba kasih bayi tikus. pastikan ruangan karantinanya gak ada suara2 mengagetkan.
      selengkapnya, silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu

      Delete
  12. Bop sayah makan tali sepatu dok..what should i do?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keadaannya setelah makan tali sepatu gmn mas? masih mau makan?
      dan sebanyak apa dia makan talisepatu-nya?

      mending bawa aja ke dokter hewan sesegera mungkin,

      Delete
  13. Bop sayah makan tali sepatu dok..what should i do?

    ReplyDelete
  14. dok, barn owl saya namanya "pacul". anak saya yg namain hahahaha... udh jinak sama saya, makannya puyuh idup,dia yg bunuh sendiri.
    krn saya plg larut malam,puyuh abis, trpaksa beli ayam potong d pasar malam. saya ksh kpala ayam. dlu smpet saya kasih dtelen semua gk ada masalah.
    skrg tau2 jd mogok makan.itu puyuh idup g dmakan. puyuh sembeleh jg dibiarin. tp mata nya gk merem, mau main, nangkring d perch g masalah.msh paham perintah, fases normal.

    skrg saya karantina,tp ttp g disentuh mkanan.akhirnya skalian saya mau masak ayam,saya beli ayam idup, sembeleh, dagingnya dikit saya suapin paksa buka paruh nya.

    kira2 knapa yah dok?
    kl msh mogok makan,mau saya bawa k dokter hewan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending kalau masih mogok makan juga, mas bisa bawa ke dokter hewan. tapi sebenernya mas bisa cek fesesnya. tebakan saya sih dia gak kenapa2, cumaaa setelah dikasih makan daging ayam, dia jadi terasa aneh dengan makanan yang barunya (daging ayam). karena emang kadang ada owl yang kayak gitu. sering dikasih makan puyuh, terus sekali dikasih makan ayam, jadi gak mau makan. biasanya sih cuma beberapa hari doang, setelah itu dia mau makan lagi (sudah terbiasa). si errol burung hantu saya juga kayak gitu.... wajar kok... tapi yah betul kata masnya, gak ada salahnya hati2 kan? maaf baru balas ya mas, saya sedang sakit sekarang. kabari saya mengenai pacul. salam dari errol dan padma... :)

      Delete
  15. makasih dok sarannya.skrg dia dh makan lagi,rakus lg.saya tinggalin 1minggu ke surabaya,d karantina seminggu suruh mba masukin anak puyuh.skrg makan dh normal,tp ditinggal seminggu jd suka defense ama saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang emang suka gitu kalau owl yang belum terlalu kenal sama masternya tapi kemudian ditinggal lama... perlu pendekatan lagi, dan usahakan, jangan ditinggal terlalu lama lagi, mas... :)

      Delete
  16. dok saya punya burhan 3 jenis bufy bubo itu saya beli dalam usia juve kurang lebih 1 mingu mereka jinak nah sekarang saya baru adop barn owl dia susah makan trus masih galak sering defence jangan kan liat saya liat bayi tikus aja dia difence saya deketin bayi tikus nya dia malah kabur dia susah sekali makan apa saya diamkan dulu sampai dia merasa lapar banget biar keberanian berburu nya timbul lagi oh ya nama nya jingo (bufy) ringo (bubo) sama hap hap (si galak barn owl) makasih dok salam buat errol

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa mas gak kelimpungan pelihara jingo, ringo, dan hap hap? :)

      kalo saya, jujur aja, buat owl yang tingkat stressnya tinggi kayak buffy, saya gak sanggup pelihara, hehehehe....

      mending mas cek fesesnya. owl yang sakit bisa diketahui dari fesesnya. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
    2. sudah dok tapi dari semua nya yang saya baca barn owl saya sehat dari ciri ciri sakit ga ada

      Delete
    3. sudah dok tapi dari semua nya yang saya baca barn owl saya sehat dari ciri ciri sakit ga ada

      Delete
    4. kalau emang si bubo fesesnya normal, dan dia masih aktif bergerak (mata gak merem), saya kira dia sehat... cuma masih belum menerima aja sama tempat barunya... bisa jadi juga karena emang karakternya keras.... gak mudah deket sama manusia... tenang mas, dulu si errol juga gitu kok... :)

      Delete
  17. Dok rumah dokter fira yg dbogor daerah mana dok ?
    Dan jadwal prakteknya biasanya kapan dok ?

    ReplyDelete
  18. Salam kenal doc, saya beberapa hari yang lalu membeli barn owl dr petshop. Saat saya membelinya, barn owl sudah berumur 2 bulan. Setelah saya membawanya pulang, barn owl tidak mau makan saat saya kasih makanan hidup sejenis burung pipit. Namun sang burung hanya mau makan saat di kandangnya, saat saya bebasin lepas dengan tali di pekarangan, dia tidak mau makan saat saya berikan burung pipit didepan nya. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara melatih barn owl untuk diberi makan dr tangan saya doc...

    ReplyDelete
    Replies
    1. latih insting berburunya dengan memberikan bayi tikus. taruh aja bayi tikus yang masih merah di kandangnya terus tinggalin... dan latih dia. silakan baca artikel saya cara melatih burung hantu

      Delete
  19. Dok, dapet salam dari Kei. Ada berita baik sama agak buruk sih.. hahaha

    Td pagi pas saya cek dia udah lepeh pelet waletnya.. trus siang ini Kei udah buka mata dan fesesnya udah ada item2nya juga, tp agak encer.. itu gpp?

    Kabar buruknya Kei masih blm mau makan daging ayam mentah yg saya tinggalin. Trus sejak seger ini dia defensif. Jadi mendengus gitu sambil ckck gt.. alhasil saya batal kasih super-n krn agak takut diserang :') tp ttp saya ajakin ngomong sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. walet? mungkin maksudnya pellet kali ya. hehehe. dan itu bagus kok. dan udah ada perbaikan, seenggaknya udah ada makanan yang dicerna. keliatan dari fesesnya.

      selama ini nggak dikasih makan apa2? atau mbak kasih makan lain? coba sodorin jangkrik aja. dan usahakan jangan takut, mbak. owl bisa tahu pikiran kita loh. kalau kita takut, dia makan makin sering begitu (galak sama kita).
      bersikap biasa aja.... usahakan handsfeed ya mbak...

      Delete
  20. Beneran burung walet, Dok ^^; disodorin daging mentah juga dia nggak mau. Sekarang ini saya lagi coba pindahin dia dr sangkar ke kardus bekas genset (nggak saya pindah tangan cuma pintunya saya buka). Pulang kantor sore nanti saya mau coba kasih tiput, Dok..

    Kalo saya pegang sih dia gak nyerang. Saya elus2 emang dia berusaha menjauh sih tapinya. Paruhnya saya deketin juga nggak diserang. Cuma defensif aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, hehehe. makan burung wallet, tapi dilepeh lagi gitu? :)

      coba mbak sering2 elus owlnya. biasain interaksi dengan owlnya. ajak ngobrol, sambil liat matanya. :)

      Delete
  21. Makannya sih pas harikamis/jumat jayaknya. Minggu kmrn kluarin plletnya aja.. hehe

    Iya saya selalu ajak ngomong sambil liat matanya sih, dok. Sebisa mungkin jg sambil saya elus2.

    Sempet kepikir mau saya lepas aja gitu daripada dia stress.. tp khawatir juga kalo ditangkep org dan malah dicelakain :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan nyerah, mbak. kalau toh ingin dilepasliarkan, cari daerah yang kira2 aman dan banyak asupan makanan....

      kabari terus ya mbak... :)

      Delete
  22. Dok ni saya punya anakan BO kemarin masih bunyi yapi hari ini diem trus makan juga gak mau matanya merem fasesnya cair warna putih dok mau saya bawa ke dokter pada tutup tolong sarannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan BO-nya? maaf karena baru bales..

      saya punya tebakan, sih. tapi sebaiknya mending bawa ke dokter hewan aja dulu mas... :(

      Delete
  23. pelletnya cair? mas kebanyakan kasih minum kali, bener? :D

    emang biasa dikasih makan apa buffy-nya? :)

    ReplyDelete
  24. Dok saya punya bo tp knpa yaa siang mlam matanya merem trs & gk prnah bunyi tp mkannya msih rakus fesesnya pun normal.. Kira kira knpa yaa dok itu stres atau gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makan masih mau atau feses masih normal, kayaknya masih sehat. saya cukup yakin dia masih sehat...

      stress bisa aja sih, coba mas pindahin aja ke ruangan yang agak sepi suara... :)

      Delete
  25. mas kasih daging ayamnya saat dagingnya masih terasa dingin ya? bener?

    karena biasanya kalau dagingnya masih terasa dingin, emang kayak gitu. suka muntah air.

    coba didiamkan dulu di ruangan terbuka sampe gak dingin lagi...

    ReplyDelete
  26. Dok, saya baru saja adopt 2 BO brancher tengah, hanya yang satu belum mau makan dan masih berbunyi sedangkan yang satunya tenang dan mau makan. Pertanyaan saya, apakah BO saya stres? Dan bagaimana cara menghadapinya? Dan dia juga selalu memuntahkan burung pipit yang saya berikan. Mohon bimbingannya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba barn owl yang nggak mau makan dikarantina. ada kok artikelnya, cara karantina burung hantu.

      cek juga fesesnya, karena kesehatan burung hantu bisa dilihat dari fesesnya. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      pemberian pakannya gimana? mbak kasih burung pipit hidup2? kalau iya, coba disiangi dulu. dipotong burung pipitnya, kasih dagingnya aja. dia muntah karena kegedean kasih makannya. atau kalau mau, beli aja sate daging sapi di tukang sate, terus potong2 kecil lagi, dan berikan ke bo-nya....

      Delete
  27. Dok barn owl saya namanya opit, tadi malem saya kasih tahu abis 3 potong, terus pas siang ee nya gede bngt, saya cek trnyata itu tulang belulang, setelah ee yg gede itu mulai mogok makan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung hantu dikasih tahu? gak salah mas?
      siapa yang bilang kalo burung hantu bisa dikasih makan tahu?

      suruh dia tanggung jawab. dan buat masnya, tolong baca2 dulu artikel2 tentang cara memelihara burung hantu dengan benar, jangan cuma 'kata orang'....

      Delete
  28. Dok BO saya (oscar) awalnya udh skill ff 25m. Tapi abis perjalanan jauh dia stres akhirnya saya karantina dan kembali seperti semula. Trus waktu proses pemulihan stresnya saya latih. Waktu latihan tiba" ada banyak anak kecil ngejar" sama neriakin si oscar. Oscar sekarang jadi tambah stres sampai ga mau makan. Bonding pun juga gamau. Ini gana dok solusinya? Apa si oscar bisa kembali seperti semula dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina lagi, dan sebaiknya jangan dilatih dulu kalau masih banyak anak2...

      dia masih bisa pulih, cukup jaga makanannya dan daya tahan tubuhnya... :)

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. siang dok.

    saya punya masalah dengan barnie.dalam 2 minggu kemarin saya mudik dan saya titipkan barnie ke temen saya.dan sekarang sudah disaya lagi.
    tapi saya ada masalah dok. karna si barnie males makan, saya suapin juga gamau. saya udah coba kasi potongan daging sapi dan tikus hidup sampe tikus yang udah saya belek. tapi masi gamau dimakan.Kalo untuk mata dan feses dia normal dok.malahan dia aktif kalo saya liat. saya masi terapin karantina karna dia baru pindah lagi ke tempat saya.

    mohon sarannya dok. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. masih 3 elemen atau tidak? dan coba baca ke yang orang dititipin, biasa dikasih makan apa? :)
      kalau fesesnya masih normal, kemungkinan dia masih adaptasi lagi ke mas. karantina aja dlu.

      kabari lagi soal fesesnya... :)

      Delete
    2. feses nya normal dok. Kebetulan karna orang yang saya titipkan takut tikus jadi dikasi potongan daging sapi sama dia.
      dan udah mau makan dok. saya tinggal aja tikus di sekita cakarnya beberapa waktu saya cek lagi udah abis.

      dan saya mau tanya lagi dok maaf.
      jadi karna si barnie belum bisa terbang masi baru loncat2 aja. saya pakein anklet dia kayak tersiksa gitu akhirnya saya lepas aja dikandang nya.
      dan saya kasiannya kalo terus2 an dikandang nanti malah ga bisa ngapa2in dia.dan kalo tetep saya lepas nanti takutnya malah kalo udah bisa terbang dia malah ngilang dan gatau arah pulang.takutnya makan nya aja.kalo ngilang kan belum tentu dapet makanan.
      mohon sarannya lagi dok.
      terima kasih

      Delete
    3. jangan terlalu sering di kandang. kalau mas lagi gak kemana2, lagi ada di rumah, coba keluarkan dia dari kandang dan ajak main. banyak2 berinteraksi. kasih makan disuapi pakai tangan. :)

      pelihara burung hantu itu erat kaitannya dengan menghadapi rasa takut kita sendiri, karena burung hantu bisa baca pikiran kita lewat kontak mata. sama aja sih hewan lain juga bisa baca pikiran kita juga, cuma caranya beda-beda....

      jadi sebaiknya hilangkan keragu-raguan mas kayak takut dia pergi atau lain sebagainya. pelihara saja baik2. :)

      syukur kalau dia udah mulai makan lagi. berarti kemaren cuma adaptasi ulang aja... cuaca lagi gak bagus, coba kasih super-n ke owlnya dan jaga agar dia gak kedinginan... :)

      Delete
  31. iya dok setiap malam saya selalu keluarin.dan kadang kalo dia udah capek balik sendiri ke kandang nya. trus langsung tidur. jam tidur nya ga beraturan banget hehehe.
    dan sampe sekarang kalo disuapin gamau dimakan dok sama dia. maunya tikusnya ditinggalin aja deket dia. nah ntar dia yang nyamper sendiri.setiap saya suapin gamau dia.pasti dibuang.
    anklet akhirnya saya lepas aja dok.rencana sih mau saya bikinin kandang baru dari kayu yang agak luas dan saya iketin ke anklet nya biar leluasa juga dia milih di dalem atau diluar kandang nya.tapi bakal saya lepas anklet nya kalo dibawah pengawasan saya.

    dan super-n itu apa ya dok?
    sampai sekarang feses normal dan sangat aktif. kerjaan nya locat2 mulu. pengen banget bisa terbang.dan udah saya coba mandiin pake semprotan.

    terima kasih saran nya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia mau makan sendiri, malah bagus. apalagi dia udah mengenali 'kandangnya'.... itu bagus banget... tinggall lanjut latihnya...

      super-n itu buat menambah daya tahan tubuhnya. terutama kalau cuaca lagi gak bagus kayak sekarang...

      kabari lagi ya mas... :)

      Delete
  32. dok saya mau nanya,barn owl saya tadi nya saya kasih makan irisan daging ayam fillet,(karena kepepet)..
    terus tadi nya lahap buat makan
    nah abis saya libur kerja,saya ganti pakannya berupa daging sapi cincang
    kok skrng dia malah ga mau makan yaa dok
    itu karena setres apa karenaa faaktor sakit?
    barn owl saya masih berbulu kapas
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya dulu. baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu.

      bisa kemungkinan sakit, tapi belum tentu juga. makanya lebih baik cek fesesnya dulu. makanannya cacah2 kecil2, jangan kegedean....

      coba kasih super-n biar daya tahan tubuhnya bagus. beli di toko makanan burung. jangan sampe kedinginan owlnya...

      kabari terus ya mas

      Delete
    2. sudah bu,alhamdulilah sudah mau makan,tapi saya pindah alihkan ke mencit..
      sekalian saya latih buat berburu sendiri..
      awal nya mencit nya saya bunuh dlu baru di makan.
      sekarang dia udah mau makan mencit hidup walaupun tetap mencit nya masih.saya pegang.
      setidak nya sudah belajar nyengkram.sekarang makan nya pagi 3,siang 2 dan malam 5.jadi lahap sekali makan nya.hehe

      Delete
  33. Notify Me
    permisi dok barn owl saya sudah 3 hari ini kaya stress , matqa terpejam dan slalu menunduk , 2 jari yang lali masih mai makan rat ukurqn medium , nah skarang dia ga mau makan , solusi terbaiknya apa yah dok

    sangat mohon pencerahannya dok , kosuke (nama BO) adalah hewan peliharaan kesayangan keluarga saya

    ReplyDelete
  34. permisi dok , Kosuke (nama BO) , kenapa yah dok , sudah 3 hari ini matanya selalu terpejam disertai kepala yang menunduk , sudah gitu napsu makan menurun drastis dari 2 hari yang lalu masih mau makan rat medium dan skaeang tidak mau makan sama sekali dok , warna fasesnya hanya 2 elemen dok didominasi warna putih dan sedikit warna hitam kesoklatan , bahkan fasesnya ada yg berwarna putih agak kekuningan dok , hal yanig harus segera saya lakuka apa dok , kosuke itu hewan peliharaan kesayangan keluarga saya dok , saya mohon bantuannya dan petunjuk pengobatannya dok

    terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
  35. Selamat malam dok. Maaf mau tanya Malam bgni,..
    Dok saya punya barn owl chick,,,
    Sudah 2 hari matanya menutup trus, kemudian trlihat lesu, dan yang paling memprihatinan gak mau makan apa yang saya kasih, mulai dari tikus putih,daging cincang,sampe serangga kaya jangkrik pun gak mau di makan,, tapi sebelum kajadian seperti ini, saya kasih tikus putih malam hari masih dimakan sama dia, tapi setelah pagi hari mau saya beri makan lagi tikus yang semalam itu sepertinya dimuntahkan kembali,, mohon jawabannya dok....saya tunggu jawabannya,, terimakasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makannya kebanyakan itu. makanya dia muntahin lagi dan stress karena itu.

      sekarang gimana keadaannya?
      coba kasih makan daging cincang kecil2. jangan yang bekuan. mas suapin aja ke paruhnya. ingat, kecil2 ya mas.... biar gampang dicerna...

      kalau mau pake pakan hidup, lebih bagus. kasih aja bayi tikus putih (pingkies)...

      kabari terus. oh ya, kasih tau saya mengenai fesesnya ya mas. cek juga artikel saya parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
    2. Salam dok, selmat malam lagi,,,
      Mau Terimakasih dok untuk solusinya,, ternyata betul looooh,, BO saya setres karna kekenyangan :D sekarang udah sehatwalafiat. Sehat dan sejahtera terus untuk dokter

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. fiuh, syukurlah. saya seneng denger kabarnya lagi. :)
      kabari terus ya mas. dan coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
    5. Salam dok. Apa kabar?
      Dok saya mau konsult ni, gk apa-apa kan ya dok! :D
      Setelah kemarin nanya tentang BO sekarang saya mau tanya lgi ni dok, dirumah kan saya juga adopsi si "wolly" (bubo sumatranus) umur juve tengah,adope dari brancher, biar kata gk punya skill kelakuannya baik banget,
      Nah ke inti pertannyaan :D
      Berhubung dirumah saya ada bayi, si wolly kalo di ajak maen kan suka ngepakin sayapnya dan angin nya kaya helikopter (lebay) hahaha. saya berniat memberi faksin dok.
      1. Apa owl butuh difaksin seperti dog & cat ????
      2. Kalau memang "iya", faksin apa saja yang HARUS di berikan agar keluarga dan partner saya sehat semua,,,!!!..

      Mungkin cukup sekian cerita dan pertanyaan saya malam ini,,, semoga dokter gk pernah bosen ni buat jawabnya :D.

      Delete
    6. Pengalaman saya punya tyto alba dr juve sampe detik ini gk pernah saya vaksin hehe..tp makanan,minuman,kandang (klo pake kandang), perch kudu bersih,paling males 2 hari sekali utk kandng,klo perch tiap hari. Anak saya malah suka peluk2 nih owl,hahaha...alhamdulillah gk ada penyakit baik di owl maupun anak2 saya.

      Itu saya lhoo..
      (Kaya asdos nya dr Fira)

      Delete
    7. hahaha, makasih banyak mas volta...
      bener sih kata mas volta, asalkan kebersihannya dijaga, baik si bayi maupun si owl sebenernya gak masalah selama bayinya mas gak alergi burung.

      kalau toh owlnya mau divaksin, mungkin lebih ke vaksin tetelo aja yang lebih penting. vaksin lain, bisa tanya ke dokternya, disesuaikan dengan burung hantunya.... :)

      Delete
    8. oh ya, kabari lagi ya mas ikbal. dan makasih banyak buat mas volta, hehehe. sering2 aja. :D

      Delete
    9. Oke mas volta masukannya makasih, "pacul" sehat mas?. :)

      Oke juga buat dokter Terimah kasih dok sarannya,oya juga untuk errol & padma :)

      Delete
    10. Alhamdulillah sehat dia,walopun suka ngeyel kadang2 bengal minta escape hahaha...

      Kmaren2 hujan deres,tau2 rumah kmasukan tikus masuk ke kamar anak,ya udah lepas aje tuh owl d kamar, dimakan tuh tikus hahaha...
      Bener2 partner,tau aje saya geli sama tikus,untung ada owl haha

      Delete
    11. oh, sama persis kayak si padma. :D
      dia juga gitu. soalnya kemaren ada uler masuk ke aviarinya dia. biasanya kalo mau makan mangsa, dia suka pamer dulu ke saya. pas dapet uler, nggak. langsung dimakan, hihihi.... :)

      sekali lagi saya ingatkan cuaca lagi gak bagus ya mas. jangan sampe owlnya kedinginan. kasih super n setetes tiap hari. dan jaga pola makan.

      fesesnya normal?

      Delete
  36. Haaii master fira, smoga selalu sehat supaya bisa selalu bantu kami.
    Oke langsung aja, stlah memelihara muspan saya kasi nama amink, dan setelah dewasa saya lepas liarkan lagi dan smoga sehat walafiat di alam. Skrg saya beralih ke Barn owl, dgn modal baca2 artikel master fira. Saya adop chick bo, saya kasi nama vapo.
    Sudah sminggu, jinak, suka gigit2 manja gitu, lovely lah.
    Masalahnya adalah, 3 hari ini nafsu makannya berkurang, pernah saya kasi daging ayam potong, poopnya item, akhirnya saya stop kmbali pake daging sapi, nah tp nafsu mknnya ga mau balik, harus di suapi. Stlh itu poop kmbali normal, tp ttp minta disuapi ga mau mkn sndri, suara kenceng, aktif suka jalan2 dikamarnya, cm sering merem matanya. Nah knp ni ya, apa ada yg salah dr cara parenting saya. begitu master.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh..kok daging sapi?knp gk anak tikus atau macem burung emprit dicincang...kl bisa daging seger dari alam cincang sndiri.klo daging pasar suka gk tau asli apa ada pengawetnya,pewarna
      (Kira2 bener gk yah jawaban ogut hehehe)

      Delete
    2. Waduh..kok daging sapi?knp gk anak tikus atau macem burung emprit dicincang...kl bisa daging seger dari alam cincang sndiri.klo daging pasar suka gk tau asli apa ada pengawetnya,pewarna
      (Kira2 bener gk yah jawaban ogut hehehe)

      Delete
    3. makasih buat mas volta atas jawabannya, hehehe.
      sebenernya dikasih daging sapi gak apa2, daging sapinya nggak beku/dingin, bebas bahan kimia, dan kecil2 (jangan terlalu besar). :)

      dan bener kata mas volta, bagus pake bayi tikus atau cacahan daging emprit. kasih emprit hidup2 juga bagus sih, apalagi yang anakannya (masih belum banyak bulunya).

      coba mas cek artikel parameter kesehatan burung hantu.

      oh ya, soal kenapa dia nggak mau makan sendiri (maunya disuapi), wajar kok. dan emang harusnya kayak gitu kalo baru pelihara... biar dia kenal sama masnya... :)

      Delete
    4. Hehehe...pengalaman dok.punya owl msh anakan emang enak nanti pas gede jd jinak total,tp ribet nya yaa kita hrs bener2 jadi ibu nya,tega gk tega itu burung emprit kudu dicincang2, disuapin.biar kata geli sma anak tikus,yaa mau gk mau lakuin hehe...biar gk kbiasaan aja dok ama daging sapi.ntr klo gk daging sapi gk mau...di pasar,apalagi Jkt daging sapi mahal,hehehe...mending emprit, 10ribu bisa dpt 5 ekor hehe

      Delete
    5. iya, betul mas. mending emprit aja. hihihi... :D

      Delete
    6. alhamdulillah vapo barn owl saya sudah sehat, tpi ya gitu ditinggal kerja bawaannya kepikiran. iya om volta masukannya mantab, biasanya saya kasi burung keccil2 nembak dsktr rmh, klo mknan fres di tmpt saya Banyuwangi masi jarang penjual tikus atau burung hidup, jadi ya terpaksa deh mknnya seadanya, daging sapi, kdang daging tupai. kadang ayam, untuk feses masi acak2an mungkin krna cuaca itu ya, btw skrg udh sehat, bulu sayap mulai tumbuh, cuma bulu perutnya kok botak ya, apa normal tu,

      Delete
    7. Pelan2 gan...kan lg proses pertumbuhan.dimana2 bulu sayap lebih panjang drpd yg di badan.jd klo bulu sayap udh numbuh kecil2,tp d badan blom,sepertinya wajar2 saja.krn saya ada anak itik buat makanan owl saya,selalu saya sisain satu sampe jd gede,trus saya potong,saya yg makan,hahaha...

      Oiya skalian mau nanya ama dokter fira,klo boleh tau rumah dokter di pemukiman padat atau msh ada pepohonan,hutan??

      Krn dr cerita dokter,si errol ama padma kluar malem cari makan,pagi pulang. Lhaaa saya d Jakarta,pohon aja udah langka di komplek.klo udh jinak giring abis, apa bisa owl pulang kaya burung dara walopun d pemukiman padat perumahan?

      Apa dia kaya burung dara,merpati, ngapalin genting rumah?

      Delete
    8. rumah saya di bogor utara, mas volta. :)
      masih banyak kebun kosong sih. kan saya kalau online, biasanya sore2. daripada bengong di mobil, biasanya saya buka laptop, jawab2in chatting, hihihihi... :D
      setau saya sih mereka pendengaran dan penglihatannya tajam. biasanya kalau saya panggil dari balkon rumah juga nyamperin... :)


      iya, betul tuh sarannnya mas volta. tambahan mungkin dari saya, coba kasih super-n setetes tiap hari. cuaca lagi gak bagus, mas yudo.

      kasih saya kabar mengenai fesesnya ya mas yudo. dan makasih banyak mas volta... :D

      Delete
    9. Asiikkk...bisa gathering di botani square hahaha... Si pacul kadang nengok, kadang malah celingak-clinguk siap2 mau kabur kali hahaha..

      Prnh dimarahin krn mau nerkam burung dara,eh dia nunduk geleng2 hahaha

      Delete
    10. ih sama, dulu juga errol gitu! :D

      boleh2, mas di bogor juga? pacul gimana keadaanya?

      masih saya ingatkan soal cuaca. cuaca lagi gak bagus buat owl. :D

      Delete
    11. Pacul sehat dok alhamdulillah, walopun suka tengil klo dipanggil malah lebarin sayapnya, hahaha

      Saya d Jakarta dok,cuma krn dulu kuliah d IPB, jd tau bogor,hehe..d depok dimananyà dok? Iya nih siang terik,tau2 langsung hujan.

      Delete
    12. sekitaran depok kota. yah itu pokoknya, yang macetnya parah. huehehe.
      di IPB ngambil apa mas? :D

      Delete
    13. IPB teknik komputer dok haha...oohh d màrgonda yah. Jd kpn bisa berjumpa nih dok,hahaha...

      Delete
    14. IPB teknik komputer dok haha...oohh d màrgonda yah. Jd kpn bisa berjumpa nih dok,hahaha...

      Delete
    15. yang macet di depok gak cuma margonda, hihihi. :D
      boleh kapan2... :D

      Delete
    16. Yahhh kok kapan2...jadi kapan,biar atur schedule. Kali aja nanti bisa bikin acara mini talk show dengan drh Fira... Bakal byk yg dateng deh. Secara konsul sama dokter hewan 90ribu d Jkt,hahaha... kalah konsul sama dokter umum.

      Delete
    17. kayaknya saya perlu ke dokter hewan ni master, baru nyadar mulai awal adop gak pernah cek kaki, ternyata kaki kanan bengkok ada benjolan gitu, mknya kok klo berdiri ga bisa lama, alhamdulillah dkt rumah ada petshop punya drh. kartika, smoga aja ada solusi buat kaki vapo, sedih juga lihatnya, emak saya apa lgi paling ga tega. kmren normal fesesnya, la ini tadi saya cek kok coklat kekuningan gitu, nnti sore kalo ga hujan tak bawa ke dokter, ada saran cara transpirtasinya??? takut stres

      Delete
    18. Kadang ada drh yg gk terima unggas om, coba pastiin dulu,burung mau gk dia?di Jkt drh maunya mamalia, reptile aja.itupun reptile gk terima uler.

      Transportasi nya masukin dlm kardus om, dbolongin. Pastiin gk byk gonjang ganjing.

      Delete
    19. td hujn ga jd lg, kyknya sya pke saran nya deh, cek mau gak priksa burung, smntara saya kasi amoxilin buat mncretnya, cba besok ad prbhn pa gak. trims buanyak buaanyak

      Delete
    20. waduh, makasih banyak mas volta dan mas yudho atas tektokannya. hihihi. iya, untuk cara membawa hewannya, bisa pake dus yang dilubangi sisi-sisinya.... :D

      iya mas volta, karena kadang saya nggak selalu ke sana (depok) sih. tau sendiri jakarta macetnya gimana, jadi kadang kalo lagi macet banget, ke rumah yang di tangerang. mulai minggu besok juga ada dinas lagi ke makassar beberapa hari, hiks... :)

      Delete
    21. Nah boleh lah berjumpa di cikokol. Secara saya mau ambil bpkb d jl.MH Thamrin cikokol tangerang hahaha. Wuih byk rumahnya hahaha... Enaknya klo ada WA hahaha...ngarep ogut

      Delete
    22. hihihi, saya nggak buka jalur komunikasi japri, mas. :D

      mas yudo gimana kabar hewannya? :)

      Delete
    23. Kan ngarep hahaha...dok bulu owl saya copot 1, bulu sayap yg paling panjang...hiks..kayanya nabrak kandang.skrg bulunya gk rapih. Gmn baiknya dok?masa iya ke salon di hair dryer ahahaha

      Delete
    24. biarin aja bulunya, mas. ntar juga numbuh sendiri. :D
      gak usah diapa-apain... :D

      Delete
    25. alhamdulillah blog ini lengkap, bsa untuk mngatasi problem sehari2 sama peliharaan, vaponya sehat, saya kasi amoxilin fesesnya udah normal, cm masi kepikiran kakinya nih, kasian pas dipnggil jln pincang ndtengi saya, udah hafal sama namnya, trus klo dgr suara motir q rame dia nyari2, paling seneng lihat prtumbuhnya, bulunya dah mulai panjang, bulu ekor baru lima biji😂😂😂. btw maksi buat master fira sama master volta

      Delete
    26. waaah, saya seneng denger kabarnya.
      kakinya masih belum sembuh juga mas? nggak lebih baik dibawa ke dokter hewan aja?

      maaf baru balas... kabari lagi ya mas

      Delete
    27. hai dokter fira, apa kabar, partner sehat ??
      btw, kaki vapo udah sembuh, bisa jalan normal, cma skrg sayapnya jatuh satu, sprtinya ada yg bengkak engkel sayapnya, saya kuatir klo vapo kekurangan vtmin jdnya tulngnya rapuh, kira2 saya kasi suplemen apa ya dok, klo sayapnya mungkin dia terjatuh di kandangnya, stlh bulu sayap tumbuh memang agak jatuh keduanya, terus saya lihat pas jalan suka terinjak ujung bulu sayapnya yg buat vapo jadi jatuh2 gtu,.. kok tulangnya rapuh ya dok apa krna kekurangan vitamin

      Delete
    28. padma udah sehat, hihihi. :D
      ada banyak sebab sih kenapa sayap burung turun gitu. nanti saya publish artikelnya. hari ini palingan... :)

      Delete
    29. Dok...hai...hai...knapa barn owl kalo abis makan kenyang dia tidur sayapnya agak direntangkan kaya kelelawar gitu??keren sih...cuma mau tanya àja,apa mksdnya dia bgitu

      Delete
    30. halo mas volta. sebelumnya maaf karena baru bales, saya abis sakit kemaren...

      oh itu wajar kok. errol juga suka gitu... :)

      Delete
    31. Walah bisa samaan ogut jg abis sakit,hahaha...
      Klo dibiasain pake daging sapi/ayam, kira2 naluri berburu nya bs ilang gk donk? Dan setau saya owl langsung telen2 aja, gk kaya elang bisa koyak2 daging

      Delete
    32. iya nih emang cuaca lagi gak bagus. la-nina emang udahan, tapi sekarang malah efeknya ke manusia, bukan ke hewan....

      insting berburu BOP dan owl tetep ada kok, mau sejinak apapun dia. dan mau dikasih pakan apapun dia. :)

      soal cara makan, si errol malah suka ngoyak makanannya dulu loh mas... :)

      Delete
    33. Pacul klo makan anak ayam urutannya sembelih ayamnya, trus dmakan kpala nya, trus baru badan sampe kaki dtelen bulet2. Klo dkasih burung puyuh,dcabutin dlu bulu2 nya ama dia.klo tikus gk pake lama,telen semua langsung. Kaya uler

      Delete
    34. Pacul klo makan anak ayam urutannya sembelih ayamnya, trus dmakan kpala nya, trus baru badan sampe kaki dtelen bulet2. Klo dkasih burung puyuh,dcabutin dlu bulu2 nya ama dia.klo tikus gk pake lama,telen semua langsung. Kaya uler

      Delete
    35. hihihi, pacul lucu :D
      pernah ngeluarin pellet nggak mas?

      parameter kesehatan burung hantu lainnya gimana? normal?

      Delete
    36. Pellet selalu dikeluarin bbrapa jam kmudian dok. Saya cuma punya 1 owl dok,klo 2 bisa dahsyat pengeluaran hahaha

      Delete
    37. sip, sehat berarti. :D
      kalo mas volta sih saya yakin dah sering2 baca artikel di blog ini, jadi sedikit banyak udah tau clue-clue pemeliharaannya... :)

      Delete
  37. Saya baca di komen katanya dokter orang bogor utara? Wah sama dong. Boleh ga dok kalo ada waktu saya berkunjung. Pengen liat errol dan padma nih dok. Siapa tau onet bisa belajar dari mereka hihihi.

    Alhamdulillah onet udah mau makan daging sapi lagi. Tapi mau makan daging sapi nya kalo bner2 laper dok hahaha. Mungkin dia pengennya buung gereja soalnya sering saya kasih burung gereja hehehe.

    Padma gmana kabarnya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas di bogor juga? :D
      boleh, boleh, kalo saya lagi pulang ke sana. bulan2 ini lagi sibuk banget, jadi kalo gak pulang ke bogor, paling ke depok.

      padma masih dirawat. keadaannya udah lumayan meski masih lemes... :(

      Delete
  38. Selamat pagi dok saya punya oriental bay matanya sering nutup mogok makan jangkrik dan sekarang beralih maunya tikus putih , selain tikus sama jangkrik ada makanan alternative lain ga ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. daging sapi bisa, tapi cacah dulu kecil2. beli aja sate mentah di tukang sate. daging sapi ya mas, jangan kambing.

      kenapa nggak coba kasih emprit?

      sebenernya jangkrik udah cukup sih....

      kabari lagi ya mas

      Delete
  39. Mkasih dok tadi malem saya kasih burung piit tadi pagi obay nya fessesnya warna merah agak coklat ada putih sma hitam titik tapi agak bau ga sedap kira2 kenapa ya dok itu biasa aja ato mungkin ada hal lain terima kasih dok mohon infonya☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan owlnya mas? maaf karena baru balas....

      coba kasih super-n biar daya tahan tubuhnya bagus... kasih saya kabar lagi ya mas

      Delete
  40. Pagi dok , obay saya dulu sering mkan jangkrik tapi sekarang ga mau sering d lepehin .. maunya mencit tPi kalo saya beli mencit sering d omelin nyokap ... gmn ya dok supaya bisa makan jangkrik lagi harus d puasain dlu ato gmn solusinya ? D kasih burung emprit gamau dok...tdinya saya pngen spaya trbiasa lagi mkan jangkrik ...trima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      sekarang obaynya gimana? coba kasih super-n, setetes tiap hari. biar nafsu makan dan daya tahan tubuhnya bagus...

      mungkin emang nafsu makan obay-nya turun naek, karena kadang ada yang gitu. errol juga gitu kok. kadang bosenan. coba kasih ulat hongkong sebagai makanan selingan... :)

      Delete
  41. Pagi dok gpp bales nya lama saya yakin dokter pnya ksibukan masing2 maaf ya dok . Oh iya ,saya dah dok d kasih super n ke geof (obay saya) dah sdkit normal nafsu mkan nya ,mkasih saranya trus gini dok pagi2 dpan rumah saya ada buffy owl liar jatuh nabarak jendela msh agak liar , tapi saya coba terbangin ke perch bisa cman blum bisa jauh klo d liat fessesnua putih klo liat usia sih kyanya dah juve akhir dok cuman g tau cedera ato apa,cuman ini prtama kali saya pegang buffy saya sudah baca artikel dokter msalah penanganan buffy .yang saya khawatir bgtu saya kerja plng mlem jam 8 g ada yg kasih pakan, atrus kalo d lepas skrg kasian blom bisa terbang smpurna pakah kalo sudah sehat saya lepas lagi ato pelihara dok tingkat ksulitan lmayan jdo cocok wat yg advance..mkasih dok mohon saranya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja pelihara dulu, mas. bisa kasih anak ayam hidup, daging sapi cacah, emprit, dan sebagainya. bisa kasih super-n juga biar bagus daya tahan tubuhnya....

      sekarang karantina aja dulu mas, ada artikelnya. :D

      Delete
  42. Pagi dok gpp bales nya lama saya yakin dokter pnya ksibukan masing2 maaf ya dok . Oh iya ,saya dah dok d kasih super n ke geof (obay saya) dah sdkit normal nafsu mkan nya ,mkasih saranya trus gini dok pagi2 dpan rumah saya ada buffy owl liar jatuh nabarak jendela msh agak liar , tapi saya coba terbangin ke perch bisa cman blum bisa jauh klo d liat fessesnua putih klo liat usia sih kyanya dah juve akhir dok cuman g tau cedera ato apa,cuman ini prtama kali saya pegang buffy saya sudah baca artikel dokter msalah penanganan buffy .yang saya khawatir bgtu saya kerja plng mlem jam 8 g ada yg kasih pakan, atrus kalo d lepas skrg kasian blom bisa terbang smpurna pakah kalo sudah sehat saya lepas lagi ato pelihara dok tingkat ksulitan lmayan jdo cocok wat yg advance..mkasih dok mohon saranya��

    ReplyDelete
  43. Mkasih dok saranya ... skarg mah liar dok agak serem sih prtama kali punya.. oiya dok klo bulu rusak gara2 terbang nabrak sana sini bisa mulus lgi gaa? trus klo misalkan harus pke obat apakah waktu pemberian d barengi dgn pmberian super n takut jadi over dosis kalo pke minyak ikan dosisnya brp dok per mnggu ato per hari mkasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini, karena dia masih dalam tahap adaptasi, jangan dikasih minyak ikan dulu. takutnya malah ngaruh ke kesehatannya nanti. :)
      sebenernya gak dikasih minyak ikan juga nanti bulunya yang rusak akan terganti kok. jadi biarin aja. :)

      obat sementara kasih super-n aja, sama makannya dijaga. usahakan tetep makan meski cuma sedikit. :)

      fesesnya gimana? kabari saya soal fesesnya..

      Delete
  44. Ok dok klo obay fessesnya sih kdang 3 elemen kdang yg putih agak bnyak yg bening dikit kalo tahi nya ada dok tapi klo dah mkan tertentu kaya kemarin dia hunt kodok pas d simpen di owl box ..jadi warna merah coklat tpi sdikit sih, bsok normal lagi dok buffy agak aneh knp ya klo d ksh mencit di smbunyiin dulu d pojok di diemin ampe30 menit bru d makan emng kaya gtu ya dok ? Kdng klo ampe d semutin g jdi makan nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, sama si padma juga gitu. wajar kok.
      biar gak disemutin, goresin kapur semut aja di sekitar kandangnya.

      so far sih bagus fesesnya. coba kasih super-n biar bagus daya tahan tubuhnya...

      Delete
  45. Pagii dok mau nanya nih kalo buffy doyan kepala ayam gpp dok.. d ksh mencit ska tpi ska jdi rame d rumah klo brung emprit susah dpt nya dok mesti msen jdi klo plg kerja malem ambil yg praktis kaya kepala ayam aja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sebenernya dibanding kepala ayam, bagusnya kasih anakan ikan mas. atau ikan mas berukuran kecil.
      dia sering ngeluarin pellets gak? :)
      maaf karena baru balas, mas. kabari lagi ya mas

      Delete
  46. Dok celepuk saya udh kayak keluarga sendiri. Nurut banget. Bonding nama langsung terbang ke yang manggil seberapapun jauhnya. Nah kemaren pada saat kehabisan makan dia mutusin angletnya trus terbang ke kepala orang" rumah dan lari"an di bawah ngejar orang. Akhirnya di belikan makan eh waktu abis di belikan makan awalnya masih normal. Tapi abis makan yg kedua skalian aku pasang lagi angletnya aku taroh di pearch trus aku tinggal mandi setelah keluar udah gelantungan.trus aku taroh di pearch lagi udh jatuh" mulu. Trus aku lepas lagi angletnya ternyata ttep aja. Sampek dia di bawah juga ga bisa berdiri. Pasti jatuh kedepan terus. Mau terbang aja juga udh kesusahan. Dikasih makan masih mau. Tapi ga tega liatnya makan sambil tidur ga bisa berdiri. Di panggil nama masih respon banget. Tapi juga ttep dengan posisi jatuh kedepan. Ini gimana dok cara mengatasinya? Vesesnya bagus kok dok. Apa celepuk saya bisa sembuh lagi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih super-n aja. saya takutnya sih karena telat kasih makan atau salah kasih makan.
      terakhir dikasih makan apa?

      kasih super-n, setetes tiap hari. belinya di toko makanan burung.

      Delete
    2. Sudah dok. Setelah burung saya jatuh" saya langsung beli super-n kemaren.
      Ini tadi sempet sembuh. Tapi habis di kasih makan langsung kumat lagi. Sekarang posisi saya karantina di kardus dengan isi ranting" pohon di bawahnya.
      Terakhir sih saya kasih jangkrik kayak biasanya dok. Kalo telat makan sih iya sebelumnya memang telat makan. Tapi lucunya respon nya masih bagus banget tapi dia jatuh" ke depan terus.

      Delete
    3. Sudah dok. Setelah burung saya jatuh" saya langsung beli super-n kemaren.
      Ini tadi sempet sembuh. Tapi habis di kasih makan langsung kumat lagi. Sekarang posisi saya karantina di kardus dengan isi ranting" pohon di bawahnya.
      Terakhir sih saya kasih jangkrik kayak biasanya dok. Kalo telat makan sih iya sebelumnya memang telat makan. Tapi lucunya respon nya masih bagus banget tapi dia jatuh" ke depan terus.

      Delete
  47. Dok, owl saya si pacul wafat...innalillahi wa inna ilaihi roji'un

    Saya sdh ke dokter hewan,katanya bukan sakit,tp proses skaratul maut,jd dokter lepas tangan.
    Saya cuma nemenin aja sampe dia kejang2 wafat.

    Dok,saya sudah maksimal,tp biar gimana jg ini makhluk Allah,harus kembali kpd sang pencipta... Gk ada niat saya utk cuekin binatang.

    Tq dok support nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah? dokternya bilang gitu?? :(
      hmm, ya udah. mungkin dokternya punya pendapat sendiri.....
      yang sabar ya mas.... saya juga pernah ngerasain hal yang sama kok... :(

      Delete
    2. Iya dok...krn semua normal,emang kejang2 faktor sekaratul maut aja. Tdnya klinik nya blg jadwal dokter yg mnangani unggas besok sore,tp saya desak krn emergency,saya gituin.
      Akhirnya diperiksa,mulut normal, mata udh kosong tatapannya,menggigil kejang2.
      Sebelum mati,cakar2 saya dia,hilang keseimbangan,trus lemesss..wafat

      Dok,jd trauma pelihara hewan dok....masa pelihara ayam,gede lgs dpotong aja

      Delete
    3. yaaah, resikonya pelihara hewan ya gitu, mas. kemungkinan terburuk, ya mati. tapi yang penting kita jadi belajar sesuatu dari situ...

      dan namanya hewan, kita kan gak ngerti dia kenapa.

      sabar ya mas...

      Delete
    4. Dok saya baru beli barn owl kata abang nya sih baru 3 bulan tapi saya ga tau bener atau engga baru pertama melihara barn owl sebelum nya melihara celepok n obay ini burung ke 3 tapi baru dateng dia udah di karantina 3 hari tapi selama di karantina dia ga mau maka jadi saya kasih minum campur vitamin aja biar nafsu makan tapi belum mau juga gimana ya biar mau makan fasesnya seperti burung stres yang putih semua kalau makan sih saya kasih jangkrik tapi dia diem aja gak mau ngambil jangkiknya dari jari saya, btw kalo barn owl bisa di ajak keluar siang2 ga???

      Delete
    5. Dok saya baru beli barn owl kata abang nya sih baru 3 bulan tapi saya ga tau bener atau engga baru pertama melihara barn owl sebelum nya melihara celepok n obay ini burung ke 3 tapi baru dateng dia udah di karantina 3 hari tapi selama di karantina dia ga mau maka jadi saya kasih minum campur vitamin aja biar nafsu makan tapi belum mau juga gimana ya biar mau makan fasesnya seperti burung stres yang putih semua kalau makan sih saya kasih jangkrik tapi dia diem aja gak mau ngambil jangkiknya dari jari saya, btw kalo barn owl bisa di ajak keluar siang2 ga???

      Delete
    6. Klo blh bantu jawab, pertama klo bener beli di abang2 jual burung macem pasar pramuka,jatinegara...byk bohong nya. Itu bukan 3 bulan. Ada 4 atau 5 bulan.
      Kdua,klo beli d abang2 burung tdk ber prikehewanan.kadang kandang kecil diisi 6 owl. Klo 1 kandang 1 owl, gk ada ruang gerak. Apalagi d jatinegara, kejemur matahari..

      Klo 3 hari g mau makan, bs jd stress akut,btw ksh makannya jgn jangkrik, barn owl makanannya itik, burung puyuh, mprit, tikus putih...jangkrik mah clepuk punya. Barn owl dkasih jangkrik kaya manusia dkasih krupuk 1, mana nafsu.Lagi2, kadang klo beli di abang2 burung, barn owl malah dikasih lele...kan sableng

      Kl blh saran mnding bawa ke dokter drpd tewas.
      Saran saya kasih itik atay burung puyuh biar gampang dimangsa,krn klo mprit terbang2, klo tikus putih yaa kudu tega lukain tikus nya biar gk kabur2 plus kluar darah jd aroma buat owl

      Kluarin owl siang2? Ibarat dirimu disuruh main bola tengah malam. Ingat,owl binatang noktural. Klopun dikluarin siang2,paling top dia diem d perch, jgn dijemur d matahari siang, ini owl,bukan burung kicau,hehehe..

      Semoga membantu mas

      Delete
    7. makasih banyak mas volta. :D

      tambahan buat mas sultan samir, boleh kasih super-n. setetes setiap hari.

      Delete
    8. Oh iya super-n belinya dimana yakalo punya saya yang extrafit apa sama aja

      Delete
    9. Klo kata dokter fira d tukang burung jual kok. Klo super-n sama extrafit sama atau nggak, saya gk bs jawab.

      Cb cari2 d google kandungan super-n, bandingin sama extrafit, sama apa nggak.

      Delete
    10. bisa mas, pake extrafit juga. :)
      dan makasih banyak buat mas volta karena udah bantu jawab. :D

      Delete
    11. Sama2 dok..daku bukan dokter hewan,jd hanya sebatas share pengalaman sàjà,bukan diagnosa,hehehe...

      Dok,ada rencana mau adopt buffy fish.tp denger2 buffy lbh rewel yah ama urusan makannya?saya baca d artiker dokter bgitu sih. Kl kata temen yg punya buffy,telat makan dikit lgs stress,lbh rakus dr barn owl

      Delete
    12. dokter hewan itu sebenernya tahu di permukaannya aja mas. prinsip2 dasarnya aja. justru mereka yang sudah berpengalaman bertahun2 dalam memelihara hewan tertentu kadang malah lebih tahu daripada dokter hewan. :)

      iya, sifat buffy ya gitu, gak tahan lapar. sistem pencernaannya juga sangat rentan... :)

      Delete
    13. Yaa ttp aja dokter hewan sekolah,aku mah apatuh hahaha...

      Lebih mahal pula buffy fish.d jkt bisa 700rb. Hahaha..klo rentan stress,ini yg bikin ribet kl mndadak sibuk

      Delete
    14. saya dulu pernah pelihara buffy punya sodara. dan beneran, kelimpungan. huehehehe....

      bahkan sepengalaman saya, mending pelihara bubo sumatranus daripada buffy. seenggaknya, watak bubo tuh kalem, gak pecicilan kayak buffy. :D

      Delete
    15. Wah...jd takut..nggak deh kl gitu hahaha...mnding barn owl yah bs tahan gk makan hahaha. Klo clepuk kekecilan. Masa saya pelihara kelinci,hahaha

      Delete
    16. barn owl lebih tahan laper dibandingkan buffy, meski bedanya gak jauh banget sama buffy, hihihi... :D

      emang mas gak cocok pelihara hewan lain selain owl? pernah pelihara apa lagi selain owl?

      Delete
    17. Barn owl saya prnh gk maksn malem.jd pagi makan 2 itik,trus saya pergi,eh trnyata nginep..jd pagi nya lagi baru mkn..tahan dia,hahaha..

      Saya seneng hewan yg sangar dok,galak, lbh greget jinakinnya dibandingkan hewan yg lucu2.

      Dlu prnh pelihara kelinci,dbuka kandangnya sama anak saya,kaburr..

      Owl itu galak,sangar,tp pinter, jd passs... Klo elang dilindungi jd gk berani saya.

      Ada ide kah dok?

      Delete
    18. saya sih punya teori, masih2 dari kita sebenernya cocok sama satu jenis hewan aja. kalo istilah orang jawa, 'tangannya udah pas' hehehe. kan ada tuh orang yang kalau nanem pohon, pasti mati. tapi ada juga orang yang kalo nanem sesuatu, pohonnya pasti bagus hasilnya. nah, hewan juga gitu. ada orang yang kalo pelihara owl, berhasil, tapi pas pelihara hewan lain, malah mati. keluarga saya semuanya pelihara BOP, semuanya berhasil. tapi pas saya yang pelihara, berhasil mah berhasil, tapi BOP-nya jadi kurus, hahahaha.... pas pelihara owl baru pas... :D

      saran saya sih, kalau udah coba owl dan cocok, di owl aja mas. atau masnya mau coba pelihara musang? atau mungkin BOP kayak alap2? :)

      Delete
    19. Alàp2 bukannya dilindungi??msh keluarga elang kan? Musang,istri saya suka,apalagi klo sampe obesitas.tp saya males liatnya,krn musang obesitas pemalas wkwkwk..

      Delete
    20. kalau merujuk ke status IUCN, masih aman, mas. :)

      musang obes emang lucu sih, tapi ya jantungnya yang agak bermasalah biasanya... :)

      Delete
  48. dok,mau tnya sya adopt barn owl skitar 1 blan,usianya Bc akhir,namanya Potter.
    sya abs bwa potter prjlnn jauh sesuai dgn artikel dokter.
    tapii abis sampe si tujuan poter ga mau makan,dan makannya cuma di gigit trus di geleleng2 trus di lempar, skil masih FOF,
    Fasesnya hijau tua sdkit tahinya ,gimana ya dok?

    ReplyDelete
  49. Replies
    1. Lagi2 mau cb bantu dokter fira,hehehe

      Dksh makannya apa? Klo bner msh bc 1 bulan,dlu saya prnh suapin emprit dicincang halus. Yup,emprit idup disembelih,lgs ditumbuk ama tulang2 nya.sadis?ya kan kita gantiin induknya hehehe

      Delete
    2. baru adopt 1blan, usia brancher akhir ka 😁
      pakannya empriit

      Delete
    3. Udh bisa makan sendiri???
      Udh di karantina blom? Masukin ruangan gelap atau kardus gelap,atau kandang besar digelapin,diemin dlu jgn diintip2

      Delete
    4. sekali lagi, makasih buat mas volta. (y)
      kemaren saya gak bisa online... :D

      Delete
    5. Sama2 dok...saya mau pelihara hewan lg jd takut dok... Skrg ada 5 itik sisa owl saya, msh idup sehat wkwkwk..masa jd pelihara ayam sih,hahaha

      Delete
    6. udah bisa mkan sndri,
      ooh itu juga perlu ya ka? kalo di lingkungan baru?
      wlaupun udah di adopt sekitar 1 bulan,
      tadi juga abs lepass potter, kejar2an sm dia uukkhh,
      gegara jessenya rusak di gigittin :(

      Delete
    7. Kan pindah lingkungan. Adaptasi lg. Beda2 sih tiap owl. Klo owl saya dlu kmana aja udh kebal dia,hahaha...
      Klo dia pindah lingkungan, ulang lg aja kaya wktu pertama adopt. Kl makan emprit,drpd dia ribet kejar2 emprit nya,botakin aja sayap emprit biar g bs terbang2.

      Klo dgigitin mah wajar. Punya saya angklet nya d custom. Jd kaki nya pake angklet, langsung ke tali,disatuinnya pake ring buat nyatuin kunci. Tali jg di custom jdnya,ada 2 clip. Jd klo lepas tali,kaki nya lbh bebas leluasa

      Delete
    8. Oohh gtu ya ka?
      Rewel mullu si Potter.. Gedubrakan do dlm krdus 😂

      Oouh gtu yyaa thee mkshh yya ka

      Delete
    9. kabari lagi ya mas. dan makasih atas sharingnya buat mas volta. :D

      Delete
  50. Dok Celepuk saya ternyata saya lihat" kondisinya asli kena tetelo dok. Ini gimana ya dok cara mengatasinya. Kadang kalo abis liat atas ya liat atas terus. Kalo liat bawah ya liat bawah terus. Tapi respon sama makannya masih lancar+rakus kyk biasa dok. Cuman sikabnya yg beda. Tolong dok ini gimana solusinya 😭 saya kasih super-n ya masih gini. Padahal pemberiannya juga rutin dok.
    Makasih dok sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang bener kena tetelo, mending bawa ke dokter hewan terdekat, mas. semoga belum terlalu parah,,,

      sekarang gimana keadaannya? segera bawa ke dokter hewan... :)

      Delete
    2. Keadaannya masih baik dok. Makan juga lancar. Cuman ya kayak orang salah posisi tidur gitu. Kalo abis dianya tidur kepalanya ke bawah ya kebawah terus. Kadang kalo ke atas ya keatas terus.
      Yah semoga aja bisa sembuh ya dok. Kalo di bawa ke dokter kira" habis duit brp ya dok buat obatnya?

      Delete
    3. iya, bawa aja ke dokter hewan. biayanya kurang tau juga, tapi kalo perkiraan saya, antara 300 sampe 500k kalau emang tetelo.

      atau kalau nggak, mas bisa kasih super-n ke dia.... beli di toko makanan burung, kasih setetes tiap hari.

      usahakan hari ini langsung beli.

      Delete
    4. Ini ya terus kasih super-n terus dok.
      Kalo pake super n kira" bisa sembuh ato nggak ya dok?
      Ini sudah membaik. Cuman waktu saya coba skill lagi waktu udah deket tangan malah terbang mundur trus jatoh.
      Begitu juga waktu mau naik ke pearch nya. Terbang ke atas lalu pas udah deket malah mundur terbangnya.

      Delete
    5. jangan langsung dilatih. sementara ini jangan dilatih dulu, mas. biarin aja sampe sembuh. lakukan pemberian super-n dan makanan jangan sampe telat kasih makan.

      fesesnya gimana?

      kabari terus ya mas

      Delete
  51. Dok mau tanya barn owl saya sepertinya keseleo bagian leher jadinya tengeng. Gimana dok baiknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah berdiri juga? bener?
      apa cuma tengkleng doang? dia suka nenggak ke atas?

      cek nafasnya. saya sih khawatir dia kena tetelo. coba mas baca artikel cara mengobati tetelo pada burung hantu.

      untuk obatnya, coba aja kasih super-n. baca artikel saya: cara agar burung hantu tetap sehat.

      Delete
  52. Mba maf klo nanya byr gk heee, biasanya klo konsultasi di dokter khn suka byar yaa,?. Syh pnya tito alba pi susah mkn klo uda gede tadinya rakus, klo dkasih mlh dilempar gtu skrang. Itu knp yh mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek aja tahi-nya. fesesnya. burung hantu sehat biasanya fesesnya beda dengan burung hantu sakit. coba baca artikel saya PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU.

      juga, coba rutin kasih super-n setiap hari. Baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT.

      iya, konsultasi ke dokter bayar kok. biayanya bervariasi, tergantung apa masalah hewannya. :)

      Delete
  53. Dok owl saya matanya tertutup terus dan nafsu makannya menurun dan popnya warnanya kuning,, itu kenapa yah dok? Saya harus bagaimana ya dok? # trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok owl saya matanya tertutup terus dan nafsu makannya menurun dan popnya warnanya kuning,, itu kenapa yah dok? Saya harus bagaimana ya dok? # trimakasih

      Delete
    2. sebelumnya maaf banget karena baru balas...
      sekarang gimana keadaan owlnya?

      sebenernya udah ada artikelnya: cara agar burung hantu tetap sehat...

      Delete
  54. Dok knpa ya born owl saya tidur terus mkn sih mau tpi dia tidur terus Gk bisa diajak main. Ap mungkin dia sakit,aku udh liat fesesnya normal aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya normal? 3 elemen?
      coba mas kasih suplemen yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT...

      mas kasih makan apa? :)

      kabari terus. sementara ini kasih suplemen yang saya sarankan.

      Delete
  55. Dok saya mau tanya nih, knapa barn owl saya biasanya kalo pagi makanya 5ekor puyu doq, tapi knapa kok hanya mau 2ekor puyu saja dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. 2 ekor puyuh udah lumayan, mas.
      biasanya barn owl menghabiskan 2 sampe 5 ekor puyuh.

      usia barn owlnya berapa?
      dan mas kasih puyuhnya hidup2? :)

      Delete
  56. Mau tanya dong, saya kan punya bo usia baru bc awal. Saat saya beri daging ayam makannya banyak, tapi setelah saya beri doc burung nya jadi murung dan susah makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih DOC-nya hidup2 ya? gak disiangin dulu, ambil dagingnya doang, terus baru kasih makan owlnya? bener?

      harusnya disiangi dulu, mas...

      kemungkinan dia sekarang jadi murung dan susah makan karena 'makanannya kegedean'.

      coba kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT.

      Delete
  57. dok.saya kan punya bo.apakah boleh dikasih ayam hidup²?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo barn owlnya udah dewasa dan ukuran ayamnya gak gede2 amat, boleh aja sih. agak riskan karena kalo barn owlnya lagi gak fit, ada kemungkinan di susah muntahin pellets (sisa makanan berupa bulu dan tulang)..... jadi lebih baik, kalau toh mau dikasih ayam, jangan yang hidup. ambil dagingnya aja. dan itupun bukan ayam dewasa, tapi anak ayam.... :)

      Delete
  58. Dok,, saya punya oriental bay...kemarin lahap makan nya..sekarang mogok makan dan merem terus..pas malam saya simpan diluar rumah...biasa makan nya itu ayam potong, udang kupas fooding nya jangkrik...saran dok..

    ReplyDelete
  59. Selamat pagi dok saya mau konsultasi saya baru beli barn owl usia kurang lebih di bawah 3 bln masih banyak bulu kapasnya pertanyaannya kenapa barn owl saya kok gk mau makan malah maunya kl saya paksa masukin jangkrik di mulutnya baru mau di makan stiap saya kluarin dari kardus juga selalu matanya terpejam doktp kl saya kasih minum pakek sedotan lahap banget itu knp ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel parameter kesehatan burung hantu.
      oh ya cek juga artikel cara agar burung hantu tetap sehat.

      kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat...

      Delete
  60. mau nanya nih dok barn owl saya udh 2 hari gak mau makan sampe nyilet atau kurus cara penanganannya gmna ya dok supaya mau makan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.
      kasih super-n setetes setiap hari...

      Delete
  61. Tanya donk dok.Bo saya namanya olaf.usia brancher tengah.baru 3 hari saya adop.dua hari pertama dirumah masih makan lahap,tp sekarang mogok makan dan kelihatan lemes bgt.saya kasih makan daging sapi cincang.fasesnya cair warna coklat..sekarang msh saya karantina..tolong solusinya ya dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.