Manfaat Daging Bekicot Untuk Musang | Drh. Fira Sovica

Seperti yang saya sudah tulis di artikel cara memberikan daging bekicot sebagai makanan tambahan musang, bekicot bisa digunakan sebagai makanan musang dengan cara tertentu (tidak diberikan mentah). Lebih lanjut tentang cara memberikan bekicot untuk makanan musang bisa anda baca di artikel bekicot sebagai makanan musang.
Manfaat Daging Bekicot Untuk Musang
Image taken from animalsadda.com
Ada beberapa manfaat yang didapat jika anda memberikan bekicot sebagai makanan musang. Berikut adalah

manfaat daging bekicot untuk musang

  1. Daging bekicot menebalkan bulu musang, membuat warna bulu musang makin cerah, dan mencegah bulu rontok pada musang.
  2. Asam amino dan asam folat dalam daging bekicot dapat membantu pertumbuhan bulu baru di badan musang. Selain itu, daging bekicot juga bisa membantu menumbuhkan kembali bulu musang yang rontok. Anda juga bisa membaca artikel saya, cara mengobati bulu rontok pada musang untuk cara alternatifnya.
  3. Daging bekicot bisa membuat berat badan musang meningkat, membuat musang obesitas dengan cepat.
  4. Kandungan protein yang tinggi dalam daging bekicot bisa meningkatkan berat badan musang secara efektif, lebih efektif daripada pemberian kepala ayam rebus atau ceker ayam rebus untuk membuat musang obesitas. Namun ingat, musang obesitas sangat rentan mati. Alasannya bisa anda baca di artikel saya kenapa musang obesitas rentan mati.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

manfaat daging bekicot untuk musang peliharaan

. Anda bisa berkonsultasi mengenai kesehatan musang anda dengan menuliskan pertanyaan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

162 Responses to "Manfaat Daging Bekicot Untuk Musang"

  1. bekicot jenis apa gan,,tnxs info.a up

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya sih bekicot ya cuma 1 macem, mas. :D
      coba buka aja pencarian gambar google, terus search bekicot... :)

      Delete
  2. Dok , vaksin itu minimal brpa bln ya ? Apa perlu di booster stelah divaksin ? Kalau hanya di vaksin aja gpp kan ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. vaksin bisa diberikan mulai umur 1 tahun keatas.
      iya, vaksin aja dlu. booster nanti aja. :)

      Delete
  3. Bagaimana dengan kandungan usus ayam dok. ... apakah dapat menjadikan musang obesitas. Soalnya musang saya sangat doyan #musang saya musang akar

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih kalau usus ayam agak kurang bagus. sebaiknya pastikan usus ayamnya sudah dicuci bersih dan direbus sampai airnya mendidih sebelum diberikan. amannya sih mending kasih daging ayam aja mas... :)

      Delete
  4. Umur brp dok musang bisa dikasih bekicot ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia sudah bisa makan sendiri. umur 4-6 bulan aja... :)

      Delete
  5. Selamat siang dok mohon infonya kalau daging bekicot apakah bisa diberikan tiap hari untuk menu makan malam misalnya .. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya sekali sehari (misalnya menu makan malam saja) sebenernya gak masalah. cuma, sebaiknya sambil diobservasi. kalau ada tanda2 penyakit, segera hentikan. :)

      Delete
  6. Dok kalo musang saya makan bekicot hidup gmana tuh dok...??? Ad efek nya g ya...??? Semnjak makan hidup besok nya nafsu makan nya bertambah... gimana dok. Trus dia juga suka ngambilin ikan saya dari akuarium. Trus d gesek" k bulu nya, itu knapa ya dok...??? Tolong pnjlasan nya...??? Mks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bekicot hidup, saya takut ada bakteri yang masuk ke sistem pencernaannya. :)

      but, do at your own risk aja. kalau fesesnya udah mulai mencret dan nafsu makannya turun, hentikan pemberian bekicot mentah dan ganti pake pepaya. bagusnya, sesekali kasih pepaya aja mas. :)

      Delete
  7. Alhamdulillah g mencret dok. tp tetep ko d rebus trlbi dahulu. Buat jaga". Ia kasih paya n pisang tiap hari dok. Sehari dia makan ganti", tp tiap makan bkicot, atau ikan, knapa dok dia slalu gesek" in bkicot/ ikan k punghung ny y dok...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang digesek2in apanya? punggung musangnya atau punggung mangsa (bekicot, ikan)nya?
      saya kira kalau emang dia gak mencret, kayaknya masih sehat. apalagi kalau direbus terlebih dahulu. itu lebih bagus.

      jaga terus kebersihan makannya, itu aja sih yang kudu diperhatikan. selebihnya, udah bagus. :)

      Delete
  8. Jadi bkicot atau ikan nya d gigit, trus sama musang nya ikan atau bkicot yg di gigit nya d gesek" k punggung, badan bawah nya juga. K bulu" nya. Trus bulu nya jd kring. Baik nya d lap atau d biarkan ya dok...??? Itu wajar apa g...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sih gak apa2. mungkin emang karakter musangnya begitu, masing2 hewan punya karakter sendiri2 yang unik kok. kayak kucing saya, si Anjing, suka kawin ama kucing cowo.... padahal dia cowok... :)

      Delete
  9. Haha... oke dok makasih ya dok info nya... salam dari musang saya, Luna & Luky umur 3 bulan... 😀:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. :)
      kabari saya kalau ada apa2.. :)

      Delete
    2. Dok klo musang usia 5 bulan makan tikus tu gmna ya dok ?
      Mohon infox thank's

      Delete
  10. Dok klo musang usia 5 bulan makan tikus tu gmna ya dok ?
    Mohon infox thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tikus apa dulu.
      kalau tikus ternak kayak tikus putih, saya kira gak masalah. kalau tikus kebun, mending jangan...

      Delete
  11. Assallamuallaikum wb.wr mat malem dok gini saya mao tanya soal makanan musang jenis pandan. kalo makan sih sering saya kasi ikan hidup2 dan minum susu indomilk sachet.apakah itu gax pa-apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam....
      kalau untuk pakan hidup, sebaiknya jangan. soal apa makanan terbaik buat musang, sudah ada artikelnya kok. :)

      jangan dikasih susu kental manis, mas. gak bagus buat sistem pencernaannya, apalagi buat anakan musang. jangan. kalo mau, kasih sari kurma aja. lebih aman buat musang.

      Delete
    2. Kalo musang umur 5 bulan ap bisa dikasi mnum susu kambing ya dok ?

      Delete
    3. bisa. :)
      udah ada artikelnya, susu kambing untuk musang

      Delete
    4. Trima ksi atas bantuannya dok :)

      Delete
    5. sama2... kabari lagi kalau ada apa2... :)

      Delete
  12. Assallamuallaikum dok fira saya rizky mao tanya lagi nih! hm masih di soal mengenai makanan si muspan. kalo muspan di masakin keong mas di rebus mateng2. itu manfaat dan efek samping nya bagai mana dok? oh! iya ada lagi nih dok kemarin 3 minggu yg lalu saya pernah kasih muspan saya makan belut dan burung perkutut abu2 hidup2 nah! 2 mangsa belut dan burung perkutut tersebut apa manfaat nya dok? trus saya kasih pisang uga pernah makanya lahap g'tu. tapi al-hamdulillah keada'an dan kondisi fisik dan mental luar dan dalam sih masih baik-baik saja ampe skarang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk keong mas sih jujur aja, saya belum pernah coba. tapi menurut pendapat saya, boleh aja sih dengan syarat yang diberikan hanya dagingnya aja. jadi mas lepas dulu dari cangkakngnya, bersihkan hingga benar2 bersih (cuci), lalu rebus.
      manfaatnya relatif sama dengan manfaat daging bekicot. bisa jadi sumber protein juga. perkutut dan belut juga sama. tapi saya sarankan, jangan dikasih hidup2 ya mas.

      minimal seminggu sekali kasih buah... :)

      maaf karena baru balas... saya sibuk sekali kemaren2... :)

      Delete
  13. Terimakasih banyak sekali ea dokter fira atas pencerahan nya saya bisa jadi lebih tau soal makan dll nya tentang muspan saya!Oh ea dok trus kalo malem hari muspan saya itu lasak dan agresif kadang suka gigit2 gax jelas g'tou dok. itu kenapa dan apa alasan nya ea? nah pie malah sbaliknya dok kalo siang hari muspan saya diem,kalem kaya anak lugu baik aliyas jinak dok. Hm...kira-kira ciri2 muspan cacingan g'mna ea dok? lalu adakah obat cacing yang alami dari tumbuh-tubuhan bagaiman cara meramunya? atau harga di pet shop berapa ea biaya obat cacing muspan? makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang kan emang hewan nocturnal (aktif pada malam hari), makanya mereka lebih banyak gerak di malam hari.... :)

      ciri musang cacingan biasanya badan kurus, dan di fesesnya/tahinya ada kayak cacing gerak2 gitu... warna fesesnya juga beda, pokoknya beda sama musang sehat. kalau musang sehat, warna fesesnya sama dengan apa yang dia makan...

      obat cacing untuk musang ada kok di petshop. bisa juga pake obat cacing sirup untuk anak2... tapi tentu ada dosisnya... :)

      Delete
  14. Maaf aq nganggu ni dok mau tanya soal minumanx muspan ni dok.
    Aq kasi mnum susu kambing tu wktu malam hri aj ni rencana mau cmpur dancaow boleh ga y dok ? muspan saya usia 5 keatas dok nginep bantuannya thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih susu kambing oke, tapi kalau dancow mending jangan. alternatifnya selain susu kambing, bisa kasih sari kurma campur air. lebih bagus sih.

      optimalnya, coba mas kasih ramuan kesehatan musang. udah ada artikelnya. :)

      Delete
  15. Kalo susu kambing cmpur madu tj gmna dok ya ?

    ReplyDelete
  16. Ya dok maksi atas bantuannya dok ya, maaf juga aq sllu bnyak tnya dok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng bisa bantu2, karena emang itulah tujuan blog ini...

      gak apa2, kalau mas ada yang ingin ditanyakan lagi, mampir aja kemari... :)

      Delete
  17. Makasih atas jawaban serta pencerahan nya dok fira. owh g'tou ea ciri-ciri muspan cacingan saya jadi jelas. tapi al-hamdulillah kondisi muspan saya gax begitu fases/kotoran nya persis sperti apa yg dia makan misal pisang,ikan yah yg kluar warna kuning dan hitam dan gax terlihat cara detail nya ada cacing halus! Hm gini dok kalo di kasih makan salak boleh gax tuh buat msupan? ada lagi nih pertanya'an saya bisakah jeruk nipis dan lendir lidah buaya buat hilangin kutu juga melebatkan bulu muspan adakah resiko nya? maksih dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mau melebatkan bulu musang, pake minyak kemiri aja mas. tapi pakenya jangan sembarangan, ada panduannya di artikel cara memakaikan minyak kemiri ke musang... :)

      salak boleh diberikan asalkan jangan banyak2. sama aja kayak manusia, kalau kebanyakan bisa membuat musang susah buang air besar.... tapi salak juga bisa menyembuhkan diare pada musang karena mampu memadatkan feses.... udah pernah saya bahas di artikel mengobati musang diare secara alami... :)

      Delete
  18. Assallamuallaikum Wb.wr selamat malem dr.fira saya mao tanya lagi nih. masalah suara muspan saya dia jarang banget ngomong mogok suara hehe...tapi di waktu2 tertentu aja sih baru dia mao bersuara. trus kadang-kadang dia kayak flu atau bersin g'tu g'mna cara ngatasin nya? adakah cara mengobati bila muspan terkena flu/pilek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca emang lagi gak bagus buat hewan, mas. semua hewan banyak yang sakit akhir2 ini, kami yang dokter hewan ya kelimpungan. :D

      makanya, kalau kandangnya ada di luar ruangan, mending pindahkan ke dalam ruangan dulu. jaga jangan sampe kedinginan. jaga daya tahan tubuh musangnya dengan kasih sari kurma. kalo daya tahan tubuhnya bagus, otomatis dia bisa menyembuhkan gejala2 sakitnya sendiri. jadi kuncinya, daya tahan tubuh yang kuat. pola makan juga, jangan sampe telat makan. :)

      itu aja dulu. kabari terus ya mas... :)

      Delete
  19. Ea makasih banyak ea dok fira atas pencerahan nya! tapi malam ini kayak nya si muspan saya oke2 aja tuh fisiknya al-hamdulillah soal saya kasih pisang dan telur ikan serta hati ikan tongkol. sesering mungkin maka nya dia agak tetap bugar dan masih lincah kalo pilek sih agak kurang dok! kemarin aja dia pilek pie c'karang dah gak lagi mungkin karna sering saya kasih telur dan hati ikan ea. buat protein dan organ dalam tubuh agar daya tahan tubh tetap fit! kalo B A B pun yg kluar macam pisang warna kuning g'tu dah aman dok...

    ReplyDelete
  20. Dan owh! ea dok apa manfaat telur dan hati ikan tongkol bagi kesehatan musang tolong sebutkan serta jelaskan secara detail? apakah hati dan telur ikan tongkol sangat membantu dalam peran perkembangan,pertumbuhan jaringan sistem organ dalam tubuh muspan? serta manfaat jus pokat bagi muspan saya juga sering kasih dia pokat di jus tanpa es batu dingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. telur dan hati ikan tongkol boleh sih dikasih. mas kasihnya mentah atau direbus atau gimana?
      yang pasti proteinnya lumayan tinggi. vitamin a dan d-nya juga bagus buat mata dan tulang musang.

      alpukatnya ditambah gula?

      kabari lagi ya mas...

      Delete
  21. Ea dok makasih atas info penting nya! hm tapi akhir-akir ini saya memperhatikan sikap musang saya dok. kayak nya dia mengidap penyakit virus rabies g'tou dok. soal saya baca di google kan ciri2 hewan rabies itu pertama dia sprti sesak nafas dari hidung nya mendesis macam pilek 2.dia gelisah tak tentu arah rasa jinak nya berkurang ama saya pokok nya beda dari yg biasa siang malam pun agresif 80% 3.suka gigit2 benda2 yang di sekitar padahal selama 2 bulan ini dia d'rumah saya dia dah kenal ama benda2 itu aneh 4.terlalu aktif heiperaktif berubah sikap nya 5.biasa nya dia kenal,tau dan tanda suara saya kini acuh tak acuh masa bodo! padahal slama ini kurang apa saya dalam ngurus dia saya lembut,suka beri perhatian ke dia tapi berubah 80% jadi galak gak tau sebab. saya hern dan bingung dengan sikap nya? bertanya2 dalam hati masa slama 2 bulan blum kenal ama tuanya sih! atau mungkin iya terkena rabies suatu virus yang masuk melalui udara hm saya bingung tapi menurut hemat saya mungkin saja ea soal 5 bukti di atas sudah cukup kuat! saya curiga juga heran? dan al-hamdulillah saya lom ada k'nak gigitan nya terimakasih mohon penjelasan nya buk dokter???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ekornya gimana? musang yang kena rabies biasanya ekornya lebih sering berada diantara 2 kaki belakangnya. agak susah sih ngejelasinnya, hehehe, tapi kira2 gitu....

      kalau emang mas khawatir dia kena rabies, mending bawa ke dokter hewan aja mas. kalo pendapat saya pribadi sih bukan. itu mah karena dianya aja yang belum kenal sama masnya...

      saya ingatkan sekali lagi kalo cuaca lagi gak bagus buat musang. jadi jangan ditaro di luar rumah dulu. biar sehat, mas coba beli suplemen tetes yang namanya kurma tahniq di toko obat herbal. kasih 2 tetes tiap hari... :)

      Delete
  22. Saya sangat berterimakasih atas jawaban buk dokter yang pas dan masuk akal sekali! kenapa saya katakan begitu? setelah saya bertanya pada seorang teman saya yang hobi dan sudah berpengalaman berburu dengan anjing2 nya. tentang si muspan saya apakah si muspan kena rabies atau belum terlalu mengenali tuannya saya. teman saya itu menjawab:(muspan kamu blom k'na rabies kata nya. lantas jawab saya kenapa iya sperti gelisah dan agak galaksiang malam. teman saya jawab lagi katanya si muspan kamu hanya butuh kebebasan layak nya kita ea suka bermain dan ingin lapangan yang luas untuk beradaptas. jawab saya owh begitu nya kawan. kawan saya berkata lagi kalo emang muspan kmu rabies ekornya kebawan sampe ke pusat,matanya pun merah sperti darah,takut air,susah nelan makanan air liur yg keluar banyak rahang ke bawah terus disebabkan karna virus soal dia sama kayak kucing dan anjing pun begitu jawab teman saya yng sudah lama hobi berburu! kesimpulan nya sampe skarang ini memang fakta bahwa slama ini saya salah menduga dan duga'an saya tidak tepat dan akurat mengenai kasus muspan saya kena rabies saya salah besar! ternyata jawaban buk dokter fira yang cantik dan teman saya sang pemburu memang pas,tepat dan akurat bener skali 100% terimakasih dengan kepedulian juga kesehatan muspan saya...!

    ReplyDelete
  23. Dan al-hamdulillah sampe skarang ini detik ini saya sudah mulai gak jauhin,cuekin apalagi ampe ninggalin muspan saya di rumah setelah kemarin mendengar petuah dari teman saya sebut saja hulu si anak nias sang pemburu handal! duga'an serta analisa saya slama ini kliru dan salah besar faktanya mengenai muspan k'na rabies! blom terbukti 100% persen. kini semua sudah kembali berjalan lancar dalam keada'an normal wal-afiat k'mna2 pun saya bawa muspan gak takut lagi. sperti sedia kala. owh ea buat dok fira yng masih muda,cantik,manis dan ayu abnget saya ucap kan beribu2 trimakasih...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru bales. :D
      hihihi, saya seneng kok bisa bantu. coba mas kabari mengenai fesesnya, normal nggak? mencret? :)

      kabari lagi ya mas...

      Delete
  24. Ea sama-sama buk dokter! al-hamdulillah gax mencret/lendir kok. saya kasih pisang dia makan kan trus yng kluar eek kotoran nya. juga warna kuning padat ea percis macam pisang dok. dan warna matanya coklat kayak biasa,jalan nya pun normal,soal ekor pun gak kaku dan bulunya gax ada berdiri2,mulut rahang bawah ketutup gax da air liur yang banyak. aman lah dok makasih ea dok!

    ReplyDelete
  25. Mungkin k'marin itu dia gelisah2 tak tentu arah macam kebingungan dan galak karna stress kali ea. soal sperti kata dr.fira sendiri musang itu gampang stress dah itu aja makasih bu dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada kemungkinan stress sih. :D
      kabari lagi tentang musangnya ya mas

      Delete
  26. Ea makasih banyak dok fira! hm...info yang paling sering banget dominan ea saya dengar2 dan liat-liat baik dari media televisi warta berita,koran,info google atau pun selama 22 tahun riwayat saya hidup sih. belom ada sejarah nya kasus virus rabies terjangkit pada hewan sperti musang itu insiden langka dan sangat2 jarang sekali ea dok. tapi kasus yang menyerang hewan rabies hampir umum/publik sekali pada hewan 1.sperti kera 2.rakun kucing dan anjing2 liar yang tak bertuan. kalo nama 4 hewan yng di atas tersebut sih sudah sering dengar dan liat di mana-mana udah umum/lumrah lah pie kalo musang mah jarang baget ea dok lom ada dengar bila muspan kena rabies!

    ReplyDelete
  27. Dan owh ea dok saya mao tanya lagi nih! masih di soal sekitar penyakit pada musang. pertama 1.kenapa ea musang hewan primata ini jarang sekali kena rabies? apa penyebab nya dan mohon penjelasan nya scara detail? dan pertanya'an yng ke dua2. mengapa musang tahan/kebal dari rasa takut ama ular kobra yng berbisa dan juga kebal racun/bisa kobra? tolong penjelsan yang efektif serta akurat makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak atas pertanyaannya, saya coba jawab.
      1. musang itu bukan hewan primata, mas.
      soal kenapa musang jarang kena rabies, mungkin karena penularan rabies lebih cepat di anjing dan kucing. kalau musang, agak jarang karena inang virus rabies lebih banyak di kucing dan anjing. dengan kata lain, rabies lebih banyak menyebar pada kucing dan anjing karena banyaknya anjing dan kucing rabies yang bebas berkeliaran....

      2. nggak kok, musang nggak imun bisa kobra. musang tetep bisa mati kalau digigit kobra. mungkin maksudnya mas itu garangan, bukan musang. nah soal garangan, garangan itu sebenernya juga gak tahan bisa kobra. cuma bulunya yang tebal kadang bisa menjadi pelindung saat digigit kobra. dan mereka (garangan) bisa melawan saat kobra menyerang.... kalau ternyata bisa kobra tetep masuk tubuh garangan, ya tetep akan mati kok... :D

      musangnya gimana mas? dah mendingan? :D

      Delete
  28. Dok mau tnya klo muspan usia 6bln nafsu makanx brkurang ap ad solusinya ya dok ?
    Mohon infonya dok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? tahinya?
      coba baca aja artikel saya ramuan kesehatan musang

      Delete
  29. Owh makasih banyak dok atas pencerahan nya! jadi begitu ea saya jadi paham karena dr.fira makasih. al-hamdulillah muspan saya gax kenapa-napa dia baek2 aja kog dont worry and no problem lah fisik luar mental dan jiwa nya kayak biasa normal sperti musang lain makasih dok...

    ReplyDelete
  30. Dan owh ea dok saya mao tanya lagi nih! hm kira-kira kalo dok liat2 foto muspan saya itu uisa brapa ea dok? juga apakah mupan saya sudah bisa di suntik vaksin agar daya tahan tubuhnya jadi kebal dari berbagai penyakit udah bisa to blom dok? Owh ea saya kan tinggal di kota pekanbaru,riau sumatra nih. jadi saya lom tau brapa ea kira2 biaya kalo muspan di suntik vaksin? buat jaga-jaga pagar diri si muspan aja sih dok. kan lebih baik mencegah dari pada mengobati bener kan dok? mohon pendapat bu dokter. salam saya rizkielfanhadi@gmail.com dari kota pekanbaru riau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk vaksin, udah ada artikelnya. apakah musang butuh vaksin, judulnya itu. biayanya tergantung dokter hewannya sih mas. :)

      mas gabung ke komunitas? gabung aja, biasanya mereka tahu tuh dokter rekomendasi buat vaksin musang. umumnya sih 200 hingga 300k. :)

      betul, emang lebih baik mencegah daripada mengobati. :)

      untuk usianya, hmm, mas bisa fotoin musangnya secara lengkap? 1 badan? upload aja di postimage.org, terus linknya taro kemari... :D

      Delete
  31. Alhamdulilah musang saya kembli normal dok aq kasi scot dok hehehe
    Untuk fesesx normal dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya seneng dengernya... :D
      maaf karena baru bales ya mas...

      kabari kalo ada apa2 ya mas...

      Delete
  32. Alhamdulilah musang saya kembli normal dok aq kasi scot dok hehehe
    Untuk fesesx normal dok

    ReplyDelete
  33. Askum dok mau tanya ge ni dok musang saya sudah mulai usia 6,5 bulan dok mau tnya msalah musang saya dikasi bubur sun tiap hri baik pda musang ap ga ya dok ? Mohon infonya dok ya

    ReplyDelete
  34. Askum dok mau tanya ge ni dok musang saya sudah mulai usia 6,5 bulan dok mau tnya msalah musang saya dikasi bubur sun tiap hri baik pda musang ap ga ya dok ? Mohon infonya dok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gak masalah, tapi kalau boleh saya saran, minimal seminggu sekali kasih buah. biar sistem pencernaannya bagus...

      Delete
  35. Tpi sun nya di cmpur sma pisang dok mkannya tu tiap mlem aj laa klo paginya tu cuma pisang aj ga ad cmpuran sma skli dok jdi shri makan dua kli pgy am mlem dok msalah ga ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. asal kasih agak banyak. amannya sih 3 kali sehari, mas. :)

      fesesnya gimana? kabari terus ya mas

      Delete
  36. Alhamdulillah fesesnya normal ga mencret dok, tpi klo siang ga mau makan dok cma pgy am malem aj dok gmna caranya makannya 3x shri ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya udah. mas kasih makan aja di pagi hari, setelah itu tinggalin aja buah2an potong di kandangnya. pepaya atau pisang. gitu aja. :D

      Delete
  37. Ok dok maksi pencerahannya dok ya

    ReplyDelete
  38. Askum dok mau tanya ni musang usia 7 bln setengah mau pindah kandang dok awalx kandang biasa kayak kadang ayam yg trtutup la krang mau pindah kandang besi trus aq taruh kandang baru kq muter2 trus dok gamna spya musang ga muter2 dok ya ?
    Oya stu lagi dok klo musang dah muter2 akhirx di dahi kulitx terkelupas dok gmna cra nanganin biar tumbuh kembali bulu di dahix ya dok ?

    Maaf terlalu bnyak nanya saya dok hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja, dia belum terbiasa dengan kandang baru itu mas. mang seberapa sering mas ngajak main musangnya?

      soal dahinya yang terlupas, ada lukanya nggak? apa cuma bulunya aja yang rontok di bagian jidat musangnya?

      dia nggak terbiasa liat orang ya mas? bener? coba sering2 diajak ikut gathering atau CFD biar terbiasa dengan keberadaan manusia...

      Delete
  39. Klo main se sering ta ajak kemana2 dok malahan anteng klo di depan orang tu dok

    Kulitx yg terkelupas dok bukan darah kyak putih tulang tu dok tpi aq kasih minyak zaitun biar kmbli nrmal gtu dok bisa ga ya dok ?

    Malahan sering ta bawa olahraga klo pgi dok klo sore maen krumahx tmen2 dok anteng dok tpi klo malem tu yg ga bisa diem dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, kirain ada lukanya.
      sekarang gimana musangnya? udah kalem di kandang barunya.

      kalau masnya gak merokok, mas bisa taro kaos bekas pakai mas di kandangnya yang masih bau keringet. biar dia kenal bau tubuh mas.

      kabari lagi

      Delete
  40. Kalo masalah bulu normal malah tebal halus ga rontok sma skli dok

    ReplyDelete
  41. Udah lumayan dok malem disiang aj dok klo malem muter2 terus dok

    Kan dah jitot sma aq dok msa di kasi bajuq lagi gpp ya dkasi lagi ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. emang kalau malam emang mereka lebih aktif. namanya juga hewan nocturnal, hewan yang aktif pada malam hari.

      gak apa2. biar dia udah jitot juga, taro aja kaos mas di dalam kandangnya. biar lebih kenal lagi sama owner barunya...

      Delete
  42. Oh ya dok aq coba dok mkasi sarannya dok ya

    ReplyDelete
  43. Dok klo musang di kasih makan am minum gtu kq minumx sllu di tumpahin knpa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih makannya pake mangkuk makan buat kucing. biar gak tumpah2. :)

      mas kasih makannya pake apa? maksudnya makanannya? :)

      kabari lagi

      Delete
  44. Tmpat makanannya mangkuk bayi tu dok klo tmpat minumx tmpat minum burung tu dok tpi sellu di tumpahin tmpat mnumx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih di mangkuk makanan kucing aja mas.
      sama, tempat minumnya juga.

      musangnya belum terlalu jinak ya mas? masih suka mondar mandir di dalam kandang?

      Delete
  45. Ya dok suka mondar mandir dok tpi klo di kandang lamax yg kandang trtutup gtu anteng dok tmpat mkananx am tmpatx mnumannya ga di tumpahin dok
    Apa ukuran kandang barux kurang bsar ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya sih dia belum terbiasa aja sama manusia. wajar kok. tinggal masnya aja sering2 ajak main. atau taro di tempat yang ramai. kalau dulu saya jinakin si bruno, kandangnya saya taro di depan rumah sambil dijemur. kebetulan di depan rumah itu gang yang lumayan rame. jadi si bruno terbiasa sama manusia... :)

      bisa juga dengan cara ajak ke CFD kota mas...

      Delete
  46. Dok musang usia 1thn dikasi kandang ukuran 60 tu kurang besar ya dok apa gmna mnurut dokter gmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung postur musangnya sih mas.
      kalau musangnya bongsor, sekira gak bisa bergerak bebas di dalam kandangnya, berarti emang kurang gede...

      bisa kasih saya gambarnya? coba aja foto, terus upload ke postimage.org, linknya taro di sini... :)

      Delete
  47. Gmna carax bu ya kurang mngerti klo upload poto lewat link gni bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka aja postimage.org, upload gambarnya, terus linknya taro di sini...

      Delete
  48. Dok mau tanya ni aq bli musang usia 7 bln maux ce pngen yg kcil dok tpi dah trlanjur bli dok musangx tu klo diluar kandang jinak dok tpi klo didalam kandang kq strik mau gigit dok cara jinak dalam kandang gmna ya dok ?

    ReplyDelete
  49. numpang nanya dok kalo daging keong bagus nggak buat musang pandan. mohon pencerahanya dok

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah musang saya anteng dok tpi msi strik dalam kandang dok
    Oya dok klo musang di kebiri ap tambah strik+hissing ya dok ?
    Mohon pncerahannya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikebiri atau nggak, setau saya sih gak berpengaruh sama karakternya, mas. emang ada mitos yang bilang kalo mengebiri musang bisa bikin musangnya anteng, tapi itu gak bener... :)

      Delete
  51. Assalamualaikum dok aq kmbli tanya mslah mogok mkan pda musang usia 10 bln awalnya mkan pala ayam tiap hri am mnum susu slma 1blan stengah abis thu pindah kandang mgok makan slama 1 minggu mau mkan ge aq abis mkan pala ayam eh bsoknya ga mau mkan ge dok aq kasi scot cmpur bursun tiap pgy sore malemx aq kasi pisang malah dbuang ga mau mkan dok,,, trus gmna kmbli normal makannya pda si musang y dok mhon pencerahannya dok trimakasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah pernah saya kasih tau musangnya jangan dikasih susu? :)
      STOP susunya. fesesnya mencret kan? bener?
      minimal seminggu sekali kasih buah, pepaya atau pisang.

      soal kepala ayam dan daging ayam, pastikan daging dan kepala ayamnya bebas bahan kimia... pastiin ayamnya gak disuntik... :)

      Delete
  52. Ga mencret dok fesesnya normal dok tpi masalahnya yg aq maksud thu tidak mau makan pisang am pepaya dok maunya pala ayam terus dok gmana cra kembli makan pisang ge dok y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas puasakan dulu. caranya ada di artikel CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA :)

      Delete
  53. Ok dok terima kasih bnyak infonya dok maaf slalu ulang2 tanyanya dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas. :D
      saya tunggu kabarnya terus ya mas

      Delete
  54. Alhamdulillah makannya kmbli lahap tpi dikit2 dlu tpi sering biar tmbah lahap ge....ap bleh tetep dkasi scot y dok ?

    Oy tanya ge dok klo musang ga dkawinin ta ga mslah ta dok y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. :) gak apa2, yang penting nambah nafsu makannya. bisa terus dikasih scott emulsion kok. :)
      bagusnya sih kasih kurma tahniq aja, silakan baca artikel saya SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG.

      sebenernya gak masalah musangnya gak dikawinin. emang kenapa gak dikawinin mas? :)

      Delete
  55. Dok numpng tanya kan musang saya jenisny musang akar tpi saya kandang di gabung dengan kucing dan musang saya kira dia induk nya dia lengket bnget sma kucing saya, apa kah dia msih bisa saya bawa belajar bonding dok, tlong infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya gak nyerang kucingnya? lebih gedean mana, kucingnya atau musangnya?
      selama keduanya gak saling serang, sebenernya gak kenapa2.

      masih kok, masih bisa mas latih buat bonding. :)

      Delete
  56. Y dok
    Ga ad dana bwt bli betinax dok hehe jga ga tau cra ngawinin dok

    ReplyDelete
  57. Bisa kah suplemen daya tbuh tahniq musang usia 11 y dok klo bsa brpa kali shari dok y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 11 apa? bulan?
      bisa aja sih. kasih saja 10 tetes. atau kalau emang repot, mas bisa pake sari kurma aja. sama aja kok. :)

      Delete
  58. Ya dok mkasi dok y...oy dok klo musang obes thu ga bsa buat breding apa bner ya dok ?
    Soalx aq kmren sharing mslah musang dtmpat komunitasku dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada hubungannya antara reproduksi sama kegemukan pada musang. mas gak nanya kenapa musang obes gak bisa kawin?

      karena sepengalaman saya, musang obes masih bisa dikawinkan kok. selama organ vitalnya dan organ reproduksinya gak terganggu. biasanya sih lemak di tubuh musang gak ganggu sistem reproduksi...

      Delete
  59. Ya jga ce dok maklum kurang pengetahuanx dok hehehe tpi pda usia 3 thun msi bisa y dok dkwinin

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih kok. dulu saya pernah nanganin musang umur 4 tahunan, dan dia masih bisa kawin.. :)

      punya mas jantan apa betina?

      Delete
  60. Jantan dok aq pliara dri usia 4 bln ampe krang usia 11 bln alhamdulillah ga pna skit cma mgok mkan doang dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. :)
      nggak masalah sih kalo soal musang obes. musang obes tetep bisa bereproduksi..

      Delete
  61. Mkasi dok y atas plajaranx hehehe

    ReplyDelete
  62. Dok cra musang usia 11 bln makan bursun + nasi gmana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang selama ini dikasih makan apa mas?

      mas bisa baca artikel saya CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA

      Delete
  63. Senen ampe selasa pisang minumx susu rabu nasi kecap kamis ampe minggu pala ayam minumx air gula dok tpi masi aj semi obes dok tpi rencana mau kasi bursun + nasi dok atau susu bubuk + nasi dok tpi ga tau mau ap ga
    ?

    Tpi klo dpuasain supaya musang makan apa aj tkut tmbah kurus ge dok ga tega liatx si nino

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. gak tambah kurus kok. kan dipuasainnya gak lama...

      maksudnya mas pengen dikasih makan nasi campur bubur bayi gitu? kalo kasih makan nasi udah biasa, kan? bener?

      coba aja kasih makan bubur bayi dulu, mas.... tanpa nasi... :)

      kabari terus..

      Delete
  64. Oh ga kurus ta dok aq kira kurus dok hehe y bner dok....dah biasa dok mkan nasi tpi pke kecap dok klo nasi ga pke kecap g2 ga mau dok mlah dbiarin ga dmakan dok

    Klo bubur doyan bnget klo bubur dok tpi dcmpur ga tau ge dok mkax aq tanya dlu dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya udah baca artikel CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA kan? :)

      bubur apa mas? bubur bayi maksudnya?
      kasih aja bubur bayi aja, dicampur atau gak dicampur sama nasi, sama2 bagus... :)

      fesesnya gimana? gak mencret kan? :)

      Delete
  65. Oh ga kurus ta dok aq kira kurus dok hehe y bner dok....dah biasa dok mkan nasi tpi pke kecap dok klo nasi ga pke kecap g2 ga mau dok mlah dbiarin ga dmakan dok

    Klo bubur doyan bnget klo bubur dok tpi dcmpur nasi g2 ga tau ge dok mkax aq tanya dlu dok hehe

    ReplyDelete
  66. Ya dok bubur bayi...alhamdulillah ga mencret dok walaupun aq kasi susu ga mencret dok yg pnting tau takaranx dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah... :D
      kabari lagi ya mas kalo ada apa2... :)

      Delete
  67. Dok musangq abis brantem am musangx tmenq dok luka di leher tpi dah aq kasi betadin trus apa bisa makananx palyam minumx bursun ap bsa cepet smbuhnya ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara kasih buah2an aja, pepaya atau pisang...
      jangan dikasih makanan yang mengandung protein dulu biar lukanya cepet sembuh....

      dalem nggak mas lukanya? :(

      kabari terus ya

      Delete
  68. Dok musangq abis brantem am musangx tmenq dok luka di leher tpi dah aq kasi betadin trus apa bisa makananx palyam minumx bursun ap bsa cepet smbuhnya ya dok ?

    ReplyDelete
  69. Luka kcil lumayan dlem lukax dok....kira2 dlam penyembuhanx brpa lama y dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas gak ngasih protein, dan jaga biar lukanya tetep kering, kayaknya 2 minggu juga udah kering...

      rutin sekali sehari kasih betadine ya mas, totol2 aja di lukanya....

      Delete
  70. Br2ti stop dlu makan palayam am minum bursun + susu y dok ?
    Oh betadienx 1x dlam shri y dok trus mandix ap tetep 2x dlam seminggu y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, cukup kasih buah aja.
      gak usah dimandikan dulu, mas... kalau lukanya masih basah banget, jangan dimandikan dulu....

      Delete
  71. Oh y dok...ya bau dok ap di lap aj pke air cmpur dettol y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lap aja pake handuk yang dibasahi air hangat... :)

      sekarang gimana lukanya? bisa kirim gambarnya? :D

      Delete
  72. Oh aq kasi air biasa dok dgn lap yg brsih trlanjur dok gmana ?

    Alhamdulillah dah mengering dok tpi agak sakit musangq dok smpe gi2t tanganq dok

    Aq ga tau kirim gmbar dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara kirim gambar ada di bagian PERHATIAN di atas form komentar...

      agak sakit gimana maksudnya mas?

      tapi makan masih mau?

      Delete
    2. Ga bsa fotox dok

      Klo dsentuh bgian yg luka dia gi2t tanganku dok br2ti dy skit dok klo dsentuh
      Klo makan ce tetep doyan dok jga aktif kok dok feses normal kok

      Delete
    3. ya jangan dipegang dulu lah mas... :D
      sip, sip... kabari terus ya mas... :

      Delete
  73. Alhamdulillah dah musangq dah smbuh total yg kena luka gi2tan dok tinggal nunggu bulu bru dok hehe

    Oya dok tanya ni musang usia 2,5 blan ekorx labil atau spiral cra mengatasinya gmana ya dok supaya ekorx lurus ?

    Jga gmana cra mengatasi jamuran pada musang usia 2,5 blan dok ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seberapa parah jamurannya? sering2 mandiin dengan cara disemprot dengan spray berisi air hangat + dettol cair.

      kandang musangnya seberapa besar, mas? kalau emang bawaan lahir udah spiral, kayaknya susah, mas....///

      Delete
  74. Aq lap pke air hanget dok cmpur dettol abis thu djmur tiap pgy dok ap bner thu y dok

    Ukuran kandangx 60 msangx usia 2.5 bln dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang udah dari kecil begitu, mas? spiralnya?

      mas bisa kirimin gambar kayak bisulnya itu? mungkin dua atau tiga gambar....

      bisulnya kayak isi cairan gitu, mas?

      mungkin sekali sehari. dan jangan lupa keringkan sehabis di semprot.

      Delete
  75. Jamuranx kayak bisul thu dok tpi ga bgtu parah sayangx dg garuk trus dok dseprot air anget thu sehari brpa kali dok y ?

    Ukuran kandangx 60 dok musangx usia 2,5 dok

    ReplyDelete
  76. Dok kenapa musangq strik klo ad orang liat musangq ddlam kandang jga aq ambil dlam kandang melawan dok ga kayak biasax dia anteng kq krang jdi gni y dok soalx dah seminggu ini ga ke handle dok..gmana cra musangq ga strik ge y dok mhon infonya trima kasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu, karena selama seminggu mas gak handle dia. kenapa mas gak handle?
      emang awalnya dia belum terlalu jinak itu mas, belum kenal sama mas, ditambah lagi mas gak handle dia selama seminggu, jadinya malah strike lagi...

      coba aja handle lagi. saya yakin dia bisa jinak.
      dah coba taro kaos bekas pakai mas di kandangnya? di atas kandang, dijembrengin?

      Delete
  77. Krna cbuk grawat yg kcil dok....awalnya jinak total pke bnget dok pas tdi sore thu kq brubah jdi strik jdi sedih aq dok....tpi usianya musangq yg bsar 1 thun up dok ap krna birahi y dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      ada kemungkinan birahi juga sih. tapi biasanya musang jantan birahi itu suka menunjukkan perilaku2 absurb kayak suka meluk guling gitu mas.... gelisah juga dianya...
      coba aja cek...

      Delete
  78. Ya gpp dok
    Krang dah manut am aq dok bonding jga thu dok
    Mksudx mau cek gmana dok y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek aja apakah dia suka gelisah gitu?
      suka gesek2 alat kelaminnya... :)

      Delete
  79. Gelisah ce ga dok gesek2nya se jga ga dok tpi kalo klminnya ad cairan putih g2 djilat abis thu tdur ge dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini observasi aja dulu.
      terutama kalo gak mau makan. dan fesesnya berubah. :)

      kabari lagi.

      Delete
  80. Ya dok krang musang mkanx brkurang dok kdang musangq ga mau makan tpi di elus2 diem dok knpa y dok jga gmana cra nangani dok ya ?

    ReplyDelete
  81. dokter fira, mau tanya muspan umur 4 bulan kakinya pincang gimana caranya biar nornal lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pincang udah berapa lama?
      dan penyebabnya apa? apa karena jatuh atau gimana?

      banyak sebab soalnya. bisa karena kurang kalsium juga. selama ini mas kasih makan apa?

      kabari lagi ya. dan maaf karena baru balas. saya abis sakit. :(

      Delete
  82. DOk mau tnnya musang untuk mkaan rutin nya bgus nya di kasih apa y dok..pa memng hrus gnti2 tiap hari...
    Mksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya tiap minggu ganti. pokoknya apapun makannya, tetep minimal kasih buah dua kali seminggu.... :)

      Delete
  83. Dok kalo kasih belut bagus ga ya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.