Cara Memberikan Bekicot Sebagai Makanan Musang | Drh. Fira Sovica

Bekicot bisa digunakan sebagai makanan tambahan untuk musang anda. Cara memberikan bekicot sebagai makanan musang akan dibahas di artikel berikut ini. Asupan gizi yang relatif lengkap serta kemudahan dalam mencarinya membuat bekicot kini banyak digemari para pecinta musang sebagai makanan tambahan untuk musang.
Bagi anda yang ingin belajar cara memelihara musang, anda bisa membaca cara merawat musang peliharaan.
Cara Memberikan Bekicot Sebagai Makanan Musang
Image taken from en.wikipedia.org
Nah, kembali lagi ke topik bahasan. Menggunakan

bekicot sebagai makanan musang

bisa dilakukan dengan cara memberikan bekicot sebagai makanan musang, yaitu:
  1. Bekicot yang akan digunakan sebagai makanan musang hendaknya disiangi terlebih dahulu.
  2. Siangi bekicot yang akan digunakan sebagai makanan tambahan musang dengan melepaskan atau menghancurkan cangkangnya, membersihkan kotorannya, dan mencucinya dengan air yang mengalir hingga lendir bekicot hilang. Setelah itu tiriskan.
  3. Didihkan air, beri sedikit garam, lalu masukkan daging bekicot yang sudah disiangi ke dalamnya.
  4. Didihkan selama kurang lebih 10 menit dalam air mendidih hingga daging bekicot matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Setelah daging dingin, anda bisa langsung memberikannya kepada musang peliharaan anda.
Demikian adalah

cara memberikan bekicot sebagai makanan tambahan untuk musang

. Semoga artikel bekicot sebagai makanan tambahan musang diatas bisa membantu para pecinta musang diluar sana. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

17 Responses to "Cara Memberikan Bekicot Sebagai Makanan Musang"

  1. Ass.Mualaikum dok
    saya mau nanya
    musang saya umur 3 bulan susah sekali d ajar makan buah dok, kalau nemu serangga pasti lansung d makan, trus musang saya kurus dok, padahal makan d banyak
    mau d kasih keong / bekicot takutnya kena pestisida
    satu lagi dokter, musang saya juga suka garuk" bahkan sampai bulu"ny rontok
    mohon penjelasan dan solusinya dok,
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, coba mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja. dikasih bekicot bisa aja, silakan baca cara mengolahnya di artikel di atas agar bebas pestisida.

      artikel cara menggemukkan musang juga bisa mas baca di blog ini.

      kalau sering menggaruk2, boleh saya tahu umur musangnya berapa?

      Delete
  2. Umurnya 2-3 bulan-an dokter
    kata temen sih lagi masa hairloss, tapi suka garuk" dokter, takutny ada apa apa nanti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya sih mending bawa ke dokter hewan aja mas. murah kok biayanya kalau emang belum parah. saya sih yakin dia masih sehat, hanya perlu dijaga aja kebersihan musangnya.....

      masa hairloss? baru tahu saya, hehehe....

      coba mas mandikan musangnya dengan cara mengelap badannya pakai handuk yang dibasahi air hangat. setelah itu keringkan dengan handuk lain yang kering. :)

      Delete
  3. terimakasih dokter atas pencerahannya, insyaalkah saya terapkan.. ^_^

    ReplyDelete
  4. menumbuhkan rambut pada ekor musang umur 3 bulanan gimana ya dok? posisi musang tidak berjamur hanya saja saya tidak memandikanya melainkan saya mengelap dengan tisu basah ,, mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kutuan? gak jamuran?
      kalau musang umur segitu, cukup kasih makanan yang cukup aja. mas juga bisa kasih minyak kemiri dikit. jangan sampe basah banget.

      oleskan minyak kemiri di telapak tangan mas, gosok2, terus usapkan ke bulu musangnya. abis itu, lap bulunya pakai handuk kering biar gak terlalu basah....

      lakukan seminggu sekali

      Delete
  5. Maav dok apa benar kalu dengan memakai lidah buaya bisa menumbuhkan bulu musang yg hairlos ?
    Sya dpt saran dri temen dok..mohon pencerahannye..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalo menurut saya sih, nggak mas. meski begitu, saya belum coba sih.
      pendapat saya sih lebih bagus pake minyak kemiri khusus musang. udah ada kok artikelnya...

      Delete
  6. dok saya mau tanya di bulu bagian punggung belakang musang saya sebagian ada yang gimbal kenapa ya dok, sama cara mengatasinya gimana dok, terimakasih;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      apa mungkin kena sisa makanan, mas? lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat. mas bisa mandikan juga musangnya seminggu sekali....

      Delete
  7. dok saya punya musang pengen di obessin badannya apakah bisa pake bekicot sama ikan lele:makasih

    ReplyDelete
  8. dok saya punya musang pengen di obessin badannya apakah bisa pake bekicot sama ikan lele:makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa.... :)
      tapi minimal seminggu sekali mas kasih buah... :)

      Delete
  9. punya saya dok klo di kasi kulit kepala ko kotoranya bau n cair ya dok kenapa ya dok..tapi kalo pas makan pisang normal lagi..apa boleh di teruskan makanan kulit kepala ayam dok .tolong infonya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hewannya musang mas?
      secara prinsip, musang yang diberi daging2an biasanya akan lebih bau kotorannya. tapi nggak cair juga. tetep padat.

      jadi, saya sarankan, mending sementara jangan dikasih daging2an dulu. kasih buah sama seminggu sekali kasih air kelapa. biar pencernaannya bagus. setelah 3 minggu, coba kasih daging2an lagi....

      Delete
  10. Assalamualaikum 🙏 🙏 🙏 🙏
    Apakah boleh di kasih musang umur 2 bulan???


    Cara ngasih nya brapa ekor???

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.