Mengobati Kura-kura Yang Matanya Bengkak | Drh. Fira Sovica

Bagaimana cara mengobati mata kura-kura yang bengkak?

Demikian pertanyaan yang masuk ke kolom komentar beberapa hari yang lalu. Memang, pertanyaan tentang pengobatan mata kura-kura yang bengkak dan merem terus sudah beberapa kali ditanyakan. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara kura-kura.



Mengobati Kura-kura Yang Matanya Bengkak
Image taken from flickr.com
  • Penyakit mata bengkak kura-kura biasanya lebih sering terjadi pada kura-kura air seperti kura-kura brazil dan semacamnya. Meski penyakit ini lebih sering terjadi pada bayi kura-kura dan anakan kura-kura, namun juga kerap terjadi pada kura-kura yang sudah dewasa.
  • Ada beberapa faktor penyebab kenapa mata kura-kura atau kelopak mata kura-kura bengkak, diantaranya adalah kurangnya vitamin a dan infeksi pada mata. Mari kita telaah kedua penyebab mata kura-kura bengkak tersebut berdasarkan ciri dan tandanya:
    1. Jika mata kura-kura bengkak tanpa adanya ruam kemerahan di bagian yang bengkak, juga kura-kura tersebut tidak sering menggaruk bagian matanya, maka kemungkinan penyebabnya adalah kurangnya vitamin A. Ciri dan tanda ini biasanya lebih sering terjadi pada anakan kura-kura.
    2. Sebaliknya, jika mata kura-kura yang bengkak juga disertai dengan kemerahan, dan kura-kura yang sakit tersebut juga sering menggaruk bagian mata dengan kakinya, berarti ada rasa gatal yang diakibatkan oleh bakteri dan infeksi di mata tersebut. Oleh karena itu, bengkak pada kelopak mata kura-kura ini bisa terjadi baik pada anakan kura-kura maupun kura-kura dewasa.
  • Sebelum saya memberikan tips cara mengobati mata kura-kura bengkak, saya sebenarnya lebih menganjurkan anda untuk membawa kura-kura yang sakit ke dokter hewan agar dapat dipastikan apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya.
  • Cara mengobati kura-kura yang matanya bengkak akibat kurang vitamin a adalah dengan cara memberikan asupan makanan yang mengandung vitamin a. Anda bisa memberikan potongan buah-buahan seperti pepaya pepaya matang yang dipotong kecil-kecil, wortel rebus yang dicacah kecil-kecil, serta pellet kura-kura dengan kandungan vitamin a yang tinggi.
  • Untuk kura-kura yang matanya bengkak akibat infeksi bakteri, anda bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung gentamicin. Ada banyak merk obat tetes mata yang punya kandungan gentamicin, diantaranya obat tetes mata merk Genoint, merk Genta, merk Betagentam, merk Gentamicin, merk Sagestam, dan lain sebagainya.
Demikian adalah

penyebab mata kura-kura bengkak

dan cara mengobati kelopak mata kura-kura bengkak. Semoga artikel singkat kali ini bisa membantu anda semua. Masih ada yang ingin ditanyakan? Silakan tulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

56 Responses to "Mengobati Kura-kura Yang Matanya Bengkak"

  1. Dok maaf ga sesuai tema artikelnya.. hamster saya barusan digigit kucing dan luka bagian belakang telinga, agak berlubang gitu kayanya kena taring kucjngnya.. saya harus gimana ya dok? Tadi lukanya udah dicuci sedikit tapi belum diapa apain lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuh, maaf karena saya baru balas, mas. :((
      sekarang gimana lukanya?

      lain kali kalau ada kejadian serupa, hewan apapun itu, mas bisa cepet-cepet kasih betadine ke lukanya. pake cotton bud atau kapas aja....

      Delete
  2. Permisi dok kura kura saya dah sebulan mata bengkak dah aku kasih terramycin, gentamycin, dan daun srihpun dy masih merem aja kenapa ya dok. Malah sekarang dy pernafasannya terganggu pernah bawa ke dktr hewan g da hasil dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia mangap2?
      air sirihnya diminumkan, mas. jangan dipake buat dia berenang.

      sementara di drydock aja. taro di daratan.

      sayangnya mas gak kasih tau umur kura-kuranya.

      mas bisa kasih antibiotik amoxicillin ke kura-kuranya. tapi ikutin dosisnya, jangan sembarangan. udah ada artikel DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN

      Delete
  3. Permisi dok kura kura saya dah sebulan mata bengkak dah aku kasih terramycin, gentamycin, dan daun srihpun dy masih merem aja kenapa ya dok. Malah sekarang dy pernafasannya terganggu pernah bawa ke dktr hewan g da hasil dok

    ReplyDelete
  4. Permisi,saya mau tanya dok. Bagaimana cara/ dosis pemberian obat mata gentamycin pada mata kura kura yang bengkak. Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  5. Pagi Bu dokter , saya mau nanya , itu tempurung torto saya kenapa ya ? Kalau mau disembuhkan obatnya apa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://i.imgur.com/9CUkONM.jpg,

      Delete
    2. https://drive.google.com/file/d/0B3ZzfP9w9y6VUlV3cmx6YmdfNTQ/view?usp=drivesdk

      https://drive.google.com/file/d/0B3ZzfP9w9y6VMmlLeDE3ZERpSWs/view?usp=drivesdk

      Delete
    3. sebelumnya maaf banget karena baru balas... :(
      saya liat sih nggak ada masalah, mas. problemnya apa?
      agak somplak gitu ya?

      selama gak luka saya kira aman kok...

      Delete
    4. Yg somplak gitu bisa tumbuh lagi apa permanen dok ?

      Delete
    5. Masalahnya lubang yg diatas dlu cuma 1 dok pas diliat lagi jadi 2 , ngeri keterusan itu lubang munculnya

      Delete
    6. iya, saya liat.
      saya jujur takut kura-kura mas kena shell rot (tempurung busuk). itu makin banyak bolongnya?

      mending mas baca artikel saya, CARA MENCEGAH SHELL ROT PADA KURA-KURA

      Delete
  6. Asupan protein untuk Tirto apa ya dok ? Saya biasanya kasih makan hanya sawi hijau , untuk perawatan nya hampir setiap hari saya jemur sambil di rendam pakai air Aqua galon ,,, kalau untuk membersihkan sisa" fases yg menempel lebih baik pakai shampo/sabun apa ya dok ?
    Makasih sebelumnya ,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. tirto apaan mas? kura2? jenis kura-kuranya apa?
      sawi hijau nggak mengandung protein. setidaknya, sedikit proteinnya.
      mas bisa kasih serangga kayak ulat hongkong atau jangkrik yang kaki tajamnya udah dibuang. bisa juga kasih pelet.

      membersiihkan sisa feses yang menempel bisa dilap pakai tisu basah non alkohol. kalau emang susah karena keras, mas bisa basuh pake air hangat...

      Delete
    2. Torto mba jenis baby istar , auto correct dok , pelet mazuri termasuk dok ?

      Delete
    3. ohh, hehehe.
      pelet mazuri bisa, mas. :)

      gimana sekarang kura-kuranya?

      baby istar masih mudah sakit. biasanya karena suhu kandangnya terlalu dingin. jadi, jangan kedinginan ya mas kura2nya....

      Delete
    4. kura" nya sehat dok mata ama hidungnya kering , cuma lubang yg di tempurung nambah 1

      Delete
    5. iya, saya takutnya kena shell rot, mas... :(
      mending pratekkan artikel saya, cara mengobati shell rot...

      Delete
    6. Hidrogen peroksida bisa di beli dimana ya dok ? dan kalau saya pake air galon bisa kan ?

      Delete
    7. https://drive.google.com/file/d/0B-Xn5lNBQeh5ZDA5Z1VldC0tU1k/view?usp=drivesdk

      H2o2 nya yg 3% bisa kan dok ?

      Delete
  7. Dokter, saya juga punya case sama kayak diatas, kura2 saya kura2 brazil sekarang udah umur 10 tahun lebih ada, karena ade saya beli pas tk, skrg udah sma

    Lagi sakit mata dok, matanya gamau kebuka.. Karena ini bru pertama kali mereka (ada 2 dok) sakit mata, nafsu makan ga ada, mereka ga makan sama sekali.
    Terus yg 1 suka mangap2 gitu sambil keluarin suaranya.. Itu kenapa ya dok..

    Matanya merem dan bengkak gitu, saya udah olesin salep mata tapi belum ada perkembangan yg baik juga dok..

    Mohon sarannya ya dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih salep. kalo mau, kasih obat tetes mata gentamicyn. sekali sehari.

      dan jangan ditaro di air dulu. di drydock aja.

      selebihnya, kasih amoxicillin. tapi jangan sembarangan, ada dosisnya. cek artikel saya, dosis amoxicillin untuk hewan....

      kalau dalam seminggu belum mendingan juga, segera bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  8. Dok, kura kura brazil saya sakit mata, matanya bengkak dan agak kemerahan terus udah seminggu lebih ga makan. Saya udah coba ganti air nya sama air rebusah daun sirih tapi blm ada perkembangan, saya harus kasih obat apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih obat tetes mata gentamicyn, mas. beli di apotik.
      dan sementara taro di daratan aja. selama 2 hari.
      dan kasih makan dengan cara makanannya ditumbuk, kasih air dikit, lalu dimasukkan ke mulutnya...

      Delete
  9. dok, kura kura brazil sy brumur -+8 bulan.
    skitar 3 minggu yang lalu kura kura saya tidak mau makan, pasif dan lebih sering tidur. air selalu saya ganti tapi tidak ada perubahan.
    akhirnya saya brinisiatif untuk mengganti boxnya dg ukuran yg lebih besar dan disinari lampu uva & uvb saat malam hari (krn dari pagi-sore tdk sy jemur krn sy kerja).
    akhirnya stelah seminggu diganti box dan diberi lampu, kura" sya kembali aktif dan sdh mau makan. tapi sy perhatikan, dibagian matanya kanannya selalu tertutup disertai bengkak kemerahan dan sering digaruk oleh si kura". apakah itu juga salah satu gejala infeksi mata krn bakteri dok??
    jika iya, bagaimana cara penanganannya? dan obat apa yg harus saya berikan? apakah obat tsb bisa saya dapatkan di apotek biasa??
    mohon infonya, terima kasih dok ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera pindahkan ke daratan (drydock). terus matanya kasih gentamicin tetes.
      sementara lakukan itu aja dulu ya mas... :)

      Delete
  10. Dok mau tanya kura kura ambon saya kaya garuk matanya gitu pake kaki cuma baru sekali kaya gitu tapi matanya melek nggak merem apakah kalo garuk mata udah pasti terkena penyakit mata? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak harus sih mas. :)
      kecuali kalau matanya merem terus, dan dia garuk2 berkali2 dan sering...

      Delete
  11. baru beli kura kura ambon saya kena shell root ... dan seharian kepala dan kaki ga keluar dan gak makan
    dimana mengatasina bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal shell rot udah saya bahas di artikel cara mengobati shell rot pada kura-kura

      Delete
  12. Bu Dokter ini emergency Bu. Kura2 brazil anakan sy di kubur pasir sama anak sy Bu. Skrg mata kirinya tdk bergerak. Terbuka lebar bengkak berdarah kemerahan. Apakah artinya dia sdh buta Bu? Yg sblh kanan msh bs dibuka dan bergerak2 bola matanya, cm malam ini tertutup trs Bu. Sempat ada darah yg keluar dr mulutnya. Dan seharian ini dia tdk mau mkn krn terluka sprti itu. Sy sdh coba rendam dgn air yg sdh sy pakaikan JKK Pro Bu (dulu wkt flu dia sembuh dgn obt ini) sekarang dia malas mkn. Mohon bantuannya untuk matanya tersebut harus saya apakan dan obat apa yg tepat (tetes/oles) dan kira2 mengapa mulutnya mengeluarkan darah? Apakah luka organ dalamnya? Sy tggu reply secepatnya ya Bu. Trima kasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas menghubungi saya di hari libur (sabtu minggu), hehehe. jadinya saya agak telat jawabnya...

      kalau masalah urgent begini, emang lebih baik bawa ke dokter hewan aja mas. saya takutnya organ dalamnya kena sih. emang sedalam apa dikuburnya? dan kura-kuranya masih anakan ya?

      kalau sampe sekarang kura-kuranya masih bertahan, kasih air jahe aja.... tapi jangan terlalu pedes. campur air dulu.

      Delete
  13. gentamicinnya salep apa bisa,soalnya yg cair susah di dapat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas. cuma lebih bagus sih pake yang tetes. banyak yang jual di apotik.

      jenis kura-kuranya apa mas?

      Delete
  14. Replies
    1. umurnya? :)
      sekarang gimana kondisinya mas?

      saya ada saran, tapi coba mas kabari dulu sekarang gimana kondisinya... :)

      Delete
  15. Dok kenapa ya anak kura kura brazil saya mata nya merem terus trus kalau misalnya buka mata, kaya ada selaputnya gitu, trus ga mau makan, tapi ga pilek

    ReplyDelete
  16. Dok mau nanya, saya baru beli kura" darat sulcata ukuran 6 cm.. yg jadi masalah matanya kok gak buka2 ya yg sebelah bisa buka sedikit yg satu nya gak kebuka sama sekali, untuk makan saat ini masih makan kura" ny dok..

    Apa perlu saya kasih gentamycin dok?
    Mohon bantuan secepat ny dok agar gak terlambat penanganan ny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  17. Siang Dok..
    Kura2 brazil sy, umurnya ga tau Dok..
    krn wktu beli ukurannya sktr 10cm..
    uda sy pelihara 8bln..
    awalnya aktif bgt, tp mmg makannya dikit..
    uda 3 hr ini dia lemes, biasa sy taruh d daratan, di kamar mandi..
    3 hr lalu kepalanya menjulur panjang dan rendah bgt, lalu matanya bengkak ky mata capung, spt ad selaput..
    sy ksh rendaman air garam ikan d campur obat biru dgn air hangat..
    trs sy jemur, tp tiap d jemur matanya mlh merem, klo d daratan mlh mau kebuka..
    Gmna ya kira2 solusinya dok?
    Oiya, dia msh ga mau mkn smpe skrg, uda 3-4 hari ini

    ReplyDelete
  18. Mau tanya dok kura kura saya kok matanya digaruk mulu tapi matanya gak bengkak masih bisa melek itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  19. Sama satu lagi kalau ngobatin kura kura air yang pilek ada gak yang selain pake terramycin sama daun sirih? Yang dari bahan alami gitu dok

    ReplyDelete
  20. Dok kura res saya di dekat matanya kaya ada benjolan kacil gitu,tapj mata melek aja sih makan juga lahap, itu kenapa dok dan gimana cara penanganannya mks..

    ReplyDelete
  21. Dok kura res saya di dekat matanya kaya ada benjolan kacil gitu,tapj mata melek aja sih makan juga lahap, itu kenapa dok dan gimana cara penanganannya mks..

    ReplyDelete
  22. Dok kura res saya di dekat matanya kaya ada benjolan kacil gitu,tapj mata melek aja sih makan juga lahap, itu kenapa dok dan gimana cara penanganannya mks..

    ReplyDelete
  23. Maaf dok mw nanya, kalo mata nya sampe juling itu knpa ya? Kura2 sulcata size 5cm

    ReplyDelete
  24. Halo dok, kura" saya masih kecil. 3 hari ini keluar bintik" putih ntah itu di kepalanya, mata, atau kaki depan dan belakang.. trus baru dr siang ini smpe skrg tidak aktif bergerak. Matanya sudah (agak) bengkak dan merem terus tidak membuka mata. Saya harus ngasih obat apa ya dok?

    ReplyDelete
  25. Dok permisi. Kura2 sy matanya bengkak. Matanya cuma bisa melek satu. Kura2 sy masih baby dok. Di kasih apa ya dok. Trims....

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Perimisi dok kura2 sy juga yg baby badannya afa bentol2 nya. Kayak cacar gitu. Itu kenapa ya dok. Trs di kasih apa biar sembuh. Trims dok...

    ReplyDelete
  28. Dok...saya pelihara RES ini 2th'an jadi mungkin umurnya kira2 2,5 or 3th'an, tiba2 mata bengkak begitu agak lesu & kurang nafsu makan. Itu penyebabnya jamur apa bukan ya Dok? Dan menular tidak? Trus kira2 perawatannya gimana?

    ReplyDelete
  29. Malam dok, baby sulcata saya uk 7cm up matanya berair terus, sudah saya beri reptile eye tapi sesekali saja terbuka lebar matanya. Ada solusi lain dok supaya cepat terbuka lebar lagi matan baby sulcataya?
    Trims

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.