Monday, May 29, 2017

Cara Memelihara Jalak Suren | Drh. Fira Sovica

Jalak suren, atau biasa juga disebut jalan uren, adalah jenis burung kicau yang populer di kalangan owner burung kicau. Cara merawat burung jalak uren relatif mudah. Bagi anda yang mau

memelihara jalak suren

kali ini saya akan membahas cara pemeliharaan jalak suren. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara burung lovebird.
Cara Memelihara Jalak Suren
Image taken from wikipedia.org



Inilah beberapa poin cara merawat jalak uren:
  • Anda bisa membeli kandang siap pakai di toko perlengkapan burung untuk kandang jalak suren anda. Makin besar kandangnya, maka makin bagus. Taruh tempat makan dan tempat minum di dalam kandang. Dan makanan sebaiknya diganti sehari sekali.
  • Pilih jalak uren yang sehat. Ciri jalak suren sehat antara lain aktif bergerak, tubuhnya tidak kurus dan tidak pula terlalu gemuk, nafsu makan bagus, bulu tidak dekil, dan fesesnya normal (tidak mencret). Setelah baru sampai di rumah, tempatkan burung jalak suren di kandangnya, dan teruh kandang tersebut di ruangan yang sepi suara agar jalak suren peliharaan anda bisa beradaptasi dengan lingkungannya.
  • Makanan burung jalak suren bisa berupa kroto, ulat hongkong, larva semut, atau makanan burung buatan pabrik. Anda bisa membeli makanan burung jalak suren di toko makanan burung.
  • Bersihkan kandang dan mandikan burung jalak suren minimal seminggu dua kali.
  • Untuk menjaga daya tahan tubuh burung jalak suren, anda bisa memberikan super-n setetes setiap hari. Super-n bisa dibeli di toko makanan burung terdekat.
  • Seperti halnya jenis burung lain, jalak suren juga rentan stress. Untuk mengetahui apa penyebab stress pada burung dan ayam, anda bisa membaca artikel saya, penyebab stress pada burung dan ayam.
Demikian adalah

cara memelihara burung jalak uren

. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda, terutama bagi anda yang ingin merawat burung jalak suren sebagai burung peliharaan. Ada pertanyaan? Silakan tulis di kolom komentar. Nanti pasti saya balas. Terima kasih (FS)


Silakan upload gambar.