Friday, November 15, 2013

Cara Memelihara Lovebird | Drh. Fira Sovica

Memelihara lovebird

sama halnya dengan memelihara burung lain yang sejenis seperti parkit dan lain sebagainya. Tidak dibutuhkan perawatan khusus untuk bisa menernakkan lovebird. Berikut adalah cara memelihara lovebird yang penulis simpulkan berdasarkan pengalaman pribadi penulis dalam memelihara lovebird. Oh ya, bagi anda yang ingin alternatif memelihara burung lain, anda bisa mencoba memelihara burung parkit atau memelihara kalkun.
Cara Memelihara Lovebird

1. Gunakan kandang dengan jeruji kawat.
Disarankan untuk tidak menggunakan kandang dengan jeruji dari kayu karena lovebird bisa menggigiti jeruji tersebut yang akan menyebabkan lovebird bisa melarikan diri dari kandangnya.

2. Sediakan hiding box khusus lovebird yang bisa dibeli di toko pakan burung terdekat.

3. Satu kandang bisa digunakan lebih dari sepasang lovebird, tergantung seberapa besar kandangnya.
Sediakan satu hiding box untuk masing-masing pasang lovebird.

4. Selalu sediakan pakan dan air minum di dalam kandang lovebird.
Air minum yang diberikan kepada lovebird bisa menggunakan air mineral. Ganti air minum setiap 3 hari sekali atau jika air minum terlihat sudah habis di dalam kandang. Untuk pakan, anda bisa menggunakan pakan lovebird siap makan yang biasanya tersedia di toko makanan burung.

5. Bersihkan kandang lovebird minimal 3 minggu sekali.
Tips cara memelihara lovebird yang kelima adalah membersihkan kandang lovebird secara rutin. Pindahkan lovebird ke kandang lain, cuci bersih kandang dengan air, jemur kandang yang sudah dibersihkan di bawah sinar matahari selama 15 hingga 20 menit untuk memastikan bakteri dan kuman mati, taruh kandang di tempat teduh selama 10 menit, kemudian masukkan kembali lovebird ke kandangnya.
6. Jika diketemukan lovebird yang sakit atau menunjukkan gejala yang tidak biasanya, segera pisahkan lovebird tersebut ke kandang khusus. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit antar burung lovebird. Berkonsultasilah kepada orang yang lebih berpengalaman dalam memelihara lovebird untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut.

Demikian adalah cara

memelihara lovebird

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman penulis sendiri. Semoga tips diatas bisa membantu anda yang berniat menernakkan lovebird.

15 comments

Bu dokter saya mau bertanya lovebird saya ada perutnya membesar seperti mau bertelur tapi tidak ada telurnya atau istilahnya ngelemak, bagaimana Cara mengobatinya? Jika tidak apakah bisa dibedah? Terima Kasih atas waktu dan perhatiannya.

Cara membuat lovebird bonding dong dok

sering2 ajak main aja mas. :)
dan pelihara sejak bayi, kalau bisa handraise (bener2 mas yang pelihara)....

Selamat Sore Dok,
1. Saya mau tanya ciri - ciri mutlak lovebird jantan dan betina apa ya.?
2. Kenapa Lovebird sering gigit ruji kandang, apa harus di beri kayu untuk dia gigit agar nggak gigit jeruji lagi.?

Terimakasih Dok :)

setau saya sih lovebird jantan itu paruhnya lebih kecil. kepalanya bulat tapi rata (susah dijelasinnya kalau lewat tulisan, hihihi. mudah2an mas ngerti). lalu ekornya biasanya berbentuk seperti huruf v. waktu bertengger, jarak antara kedua kakinya lebih rapat. selebihnya mungkin nanti saya post aja artikelnya... :D

biasanya love suka gigit jeruji karena dia iseng aja, mas. bisa kasih kayu. tapi gak dikasih kayu juga oke. :)

maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas.

Artikel cara jinakin lovebird blm ada ya dok?
Saya baru beli lovebird betina,saya beri nama skiper.katanya sih umurnya 2 bulanan.
Saya udh coba jinakin dengan cara dimandiin setiap pagi selama 2 minggu sejak saya beli dan saya elus elus disaat kondisi dia masih basah. Tp kok dok si skiper masih takut untuk saya sentuh ya? Bahkan kabur kaburan sambil teriak. Selain itu saya selalu taro di teras biar terbiasa dgn orang2 dan saya sering panggil namanya. Apa perlu pake metode "lapar" dok?
Mohon masukannya dok
Klo bisa bikin artikel nya, plisssss :(

udah berapa lama mas pelihara? jangan dipuasakan lovebirdnya, mas.
kalau dikasih makan dengan cara disodorin ke mulutnya (handsfeed), dia mau makan? coba aja gitu.
kalau mas elus di dalam kandangnya, dia mau?

kalau masnya gak merokok, mas bisa taro kandangnya di dalam kamar, biar dia bisa liat masnya.

lengkapnya, nanti malam saya susun artikelnya. :D

Sudah hampir 2 bulan sih dok.
Handsfeed mau dok biasanya saya handsfeed pake sawi atau apel dan di elus elus jg mau di dalam kandang. Tp itu semua dalam kondisi basah lovebirdnya. Kadang sehabis mandi saya keluarin dr kandang dan saya elus2.

Jd intinya klo dia dlm kondisi kering pasti berontak. Saya cm bisa interaksi dlm kondisi basah saja.

Wah nanti akan saya coba taro didalam kamar.

Pengen bgt saya dok punya lovebird yg bisa di ajak main gak sekedar buat kicauan aja.

iya, itu udah bagus. kalau dalam kondisi kering, mas bisa elus di dalam kandang. bisa handsfeed juga sering2. dan kalau emang masnya mau, bisa ajak ngobrol sambil liat matanya dia.

dulu saya juga jinakin si errol pake cara begini, ajak ngobrol sambil kontak mata... dan emang cepet, karena dasarnya, semua burung bisa tahu pikiran manusia dari kontak mata.

Jd gak apa ya dok di elus dlm keadaan kering? Soalnya pasti berontak, takut stres aja dia nya.

Oh iya satu lg dok, saya sempet baca artikel. Katanya madu bagus untuk burung. Apakah itu benar dok?

Salam ya dok untuk eroll 😊

madu bagus buat burung, ya tergantung burung apa. kalau buat lovebird, agak kurang bagus. kalau lovebird, kasih super-n aja setetes setiap hari, mas....

coba lovebird mas kandangnya masukkin ke kamar mas pas mas mau tidur, biar lovebird mas bisa liat masnya tidur. biasanya mereka bisa lebih jinak... :)

Oke deehh
Makasih ya dok atas jawabannya.
Semoga bu dokter sukses selalu dan di mudahkan rejeki nya.

Super n apaan dok
Maklum newbi

silakan baca artikel saya: cara agar burung hantu tetap sehat. di sana ada penjelasan mengenai super-n. :)


Silakan upload gambar.