Cara Memelihara Parkit | Drh. Fira Sovica

Burung parkit memang burung unik. Selain mudah dalam

memelihara burung parkit

, coraknya yang beraneka warna dan harga yang terjangkau juga membuat para pecinta burung banyak beralih untuk memelihara parkit. Memelihara parkit relatif mudah dibandingkan memelihara lovebird atau memelihara BOP. Apalagi dengan adanya pakan instan buatan pabrik yang gizinya sudah ditakar sesuai dengan kebutuhan burung parkit.
Cara Memelihara Parkit
Gambar Burung Parkit Jantan
Image taken from manuk.info

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memelihara burung parkit. Dan berikut adalah cara memelihara parkit dan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memelihara parkit:
  1. Kandang yang mencukupi untuk memelihara parkit.
  2. Diperlukan kandang yang cukup luas dan tinggi untuk memelihara parkit, disesuaikan dengan jumlah burung parkit yang dipelihara di dalamnya. Makin banyak jumlah burung parkit yang dipelihara dalam satu kandang, maka diperlukan kandang yang lebih luas. Untuk ukuran sepasang burung parkit, anda bisa menggunakan kandang gantung berbentuk bundar tinggi yang dijual dipasaran. Sebaiknya tempatkan sarang burung parkit yang terbuat dari kayu. Sarang burung parkit bisa dibeli di toko perlengkapan makanan burung.
  3. Makanan untuk burung parkit.
  4. Untuk makanan burung parkit, anda bisa menggunakan makanan burung parkit buatan pabrik yang biasa dijual di toko makanan burung. Selain lebih pas secara takaran gizi, makanan burung parkit siap pakai seperti ini juga lebih praktis.
  5. Ketersediaan air minum untuk burung parkit.
  6. Burung parkit yang di pelihara hendaknya diberi air minum di dalam kandangnya. Air minum burung parkit bisa berupa air matang atau air mineral yang ditempatkan di tempat minum burung di dalam kandang burung parkit. Anda harus mengawasi agar air minum untuk burung parkit anda tetap terjaga kebersihannya, jangan sampai kotoran burung parkit masuk ke dalam wadah air minum di dalam kandang burung parkit.
  7. Kebersihan kandang burung parkit.
  8. Hal ketiga yang harus diperhatikan dalam artikel cara memelihara burung parkit adalah menjaga kebersihan kandang burung parkit. Kondisi kandang burung parkit yang kotor akan menyebabkan burung parkit sakit dan mudah stres. Sebaiknya bersihkan kandang burung parkit minimal satu minggu sekali atau jika kandang parkit sudah terlihat kotor.
  9. Suhu udara yang tepat untuk memelihara burung parkit.
  10. Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam memelihara burung parkit adalah suhu udara tempat kandang burung ditempatkan. Sebaiknya tempatkan kandang burung parkit di tempat teduh dan bersuhu ruangan stabil serta memiliki sirkulasi udara yang baik.
Demikian adalah cara

memelihara parkit

dan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memelihara burung parkit. Saya berharap artikel diatas bisa menjadi acuan dalam memelihara burung parkit. Saran, kritik, dan saran bisa ditulis di kolom komentar di bawah ini. Komentar, pertanyaan, saran serta kritik yang pembaca tulis pasti akan saya balas, jadi tetap kunjungi web ini. Terima kasih. (FS)

49 Responses to "Cara Memelihara Parkit"

  1. Ada gak dok cara handfeed anakan parkit yg gak mau makan, apakah dipaksa atau ada triknya, trus cara mengatasi anak parkit yg penakut

    ReplyDelete
  2. Ada gak dok cara handfeed anakan parkit yg gak mau makan, apakah dipaksa atau ada triknya, trus cara mengatasi anak parkit yg penakut

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas loloh dia mau? loloh aja mas... :)

      umur berapa anakan parkitnya?

      kabari saya...

      Delete
    2. Umur sekitar 1 bulanan dok, cara meloloh saya udah bisa, kemaren liat di youtube, dimasukin slang sampai tenggorokan trus disuntik , cuma skrng msalahnya anak parkitnya penakut dok, suka gak tenang klo dipegang dan kadang gigit, mohon penjelasannya dok :) makasih

      Delete
    3. Umur sekitar 1 bulanan dok, cara meloloh saya udah bisa, kemaren liat di youtube, dimasukin slang sampai tenggorokan trus disuntik , cuma skrng msalahnya anak parkitnya penakut dok, suka gak tenang klo dipegang dan kadang gigit, mohon penjelasannya dok :) makasih

      Delete
    4. kalau untuk menjinakkan parkit sebenernya sering2 diajak main. ada kemungkinan juga mas agak kasar waktu melolohnya, makanya dia agak trauma. namun kalau dia gigit, menurut saya dia masih sehat meski agak trauma dengan masnya.

      sering2 diajak main aja mas. masnya merokok? kalau gak merokok, tutup aja kandangnya dengan kaus bekas pakai mas... biar dia kenal aroma tubuh masnya... :)

      saya tunggu kabar selanjutnya..

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Udah lumayan dok,udah bisa dielus cuma kalo dipegang msih agak risih parkitnya, trus saya pisahin kandang keduanya biar gak kompromi tu anak anak hehe, kayaknya yg agak gede pengaruhi yg kecil tu supaya takut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kalo udah bisa dielus, lanjut aja terus proses penjinakkannya mas. saya sih yakin dia bisa jinak nantinya... :)

      Delete
  6. Udah lumayan dok,udah bisa dielus cuma kalo dipegang msih agak risih parkitnya, trus saya pisahin kandang keduanya biar gak kompromi tu anak anak hehe, kayaknya yg agak gede pengaruhi yg kecil tu supaya takut :D

    ReplyDelete
  7. Tanya dok, cockatiel saya umur 1 bulan 3 mingguan, tadi pagi saya sepet masih normal tp sore ini kok susah kayak dia lapar tp ga nafsu makan gitu
    Apa ada solusinya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      masih di loloh apa udah bisa makan sendiri, mas.

      cek aja fesesnya dulu.

      maaf baru balas. kabari terus. oh ya, kalo mau, kasih super-n aja biar daya tahan tubuhnya bagus...

      Delete
  8. dok, mau tanya.
    saya baru saja adopsi 2 anakan burung parkit.
    saya beli di peternakannya langsung. umur sekitar 2 minggu lebih(sudah biasa di loloh oleh si peternak).
    siang saya ambil dari peternakannya, dan sore saya kasih makan.
    yang jadi masalahnya yang satu gak mau makan dok, sedangkan yang satu lagi lahap banget.
    kira" kenapa ya? padahal kondisi fisik lincah banget.

    ReplyDelete
  9. saya baru saja adopsi 2 anakan burung parkit.
    saya beli di peternakannya langsung. umur sekitar 2 minggu lebih(sudah biasa di loloh oleh si peternak).
    siang saya ambil dari peternakannya, dan sore saya kasih makan.
    yang jadi masalahnya yang satu gak mau makan dok, sedangkan yang satu lagi lahap banget.kira" kenapa ya? padahal kondisi fisik lincah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin masih stress, coba karantina dulu.
      fesesnya gimana mas? coba bandingkan tahi parkit yang sehat dengan yang nggak mau makan. kalau berbeda, kemungkinan emang iya sakit atau stress.

      cek artikel saya, cara karantina burung hantu. secara prinsip cara karantinanya sama...

      yang nggak mau makan, bisa mas kasih super-n setetes setiap hari

      Delete
    2. Masalah feses sepertinya sama dok. Atau mungkin ada d masalah makanannya?
      Soalnya pas di peternakan katanya di kasih bubur bayi, tapi saya pake pakan khusus lolohan.
      Tp pas coba pake bubur bayi masih saja gak mau lahap makannya..

      Delete
    3. Masalah feses sepertinya sama dok. Atau mungkin ada d masalah makanannya?
      Soalnya pas di peternakan katanya di kasih bubur bayi, tapi saya pake pakan khusus lolohan.
      Tp pas coba pake bubur bayi masih saja gak mau lahap makannya..

      Delete
    4. sebelumnya maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaannya mas?
      udah coba kasih super-n belum?

      Delete
    5. alhamdulillah udah mau makan sekarang dok, padahal mau saya belikan super-n. eh ternyata dia udah mau makan.
      ternyata memang dari makanannya dok. kemaren iseng coba pake bubur bayi, langsung nyamber makanannya. jadi, sekarang udah pake bubur bayi aja makannya.
      dan tanya dok, sebenernya boleh gak sih bubur bayi itu di buat makanan anakan burung? soalnya banyak orang yang ngeloloh pake itu, dan baik" saja.

      Delete
    6. kalo masih anakan, gak apa2.
      meski makin tua, kudu dilatih pake makanan parkit.

      tetep kasih super-n aja mas...

      Delete
    7. Oke dok, nanti q kasih super-n nya. campur di lolohannya ya?

      Delete
    8. Hallo dok,, mau tanya" lagi nih. Sekarang parkit aki baru bisa terbang. Tapi,Setiap habis aku kasih makan, mesti selalu terbang kesana kemari gak jelas.. sampe nabrak" tembok segala. Jadi kan kasian liatnya. Btw, wajarkah kalau suka terbang" gak jelas gitu dok? Atau memang dia lagi pengen eksplore kali ya? Hehe
      Owh iya, kenalin nama parkitnya abed & zipy dok. Thanks

      Delete
    9. parkitnya udah jinak dan udah nurut?
      kalau belum jinak dan belum nurut, wajar kok begitu. kalaupun udah jinak dan udah nurut, kadang mereka suka juga begitu. bener kata masnya, masih eksplor2... :)

      makannya gimana? udah bisa ngapain? :)

      Delete
    10. Udah lumayan jinak dok, kl q sodorin tangan langsung nangkring. Sesekali q buka aja kandangnya, kl ngerasa lapar dia langsung terbang ke q dok.. kadang juga suka tidur di tangan.. :)
      Sementara belum banyak latihan dok, bisa dibilang masib tahap fly to me.. hehe

      Buat belajar makan sendiri, kira" umur berapa dok?

      Delete
    11. maaf karena baru balas.

      waah keren! emang diajarin buat FF ya mas? bener?
      coba aja ajarin makan, mas...

      Delete
    12. iya dok, saya ajarin untuk FF. kadang saya taruh milet tangan saya dok, biar di makan. burungnya sih mau makan, tapi jam jam tertentu masih aja pengen keluar kandang dan disuapin,,heheh
      masih manja dok. umur baru 1 bulanan.

      Delete
    13. umur segitu emang lagi deket2nya sama ownernya. soal nafsu makannya yang turun naik, wajar kok. gak apa2.

      kasih super-n aja setetes setiap hari biar dia sehat... :)

      Delete
    14. kabar buruk dok, abed yang paling besar malah kabur dok, pas saya mau kasih makan bukannya terbang ke aku malah keluar. wah,, saya sudah terlena dok dengan sikap manjanya. pintu kamar juga kebuka. jadi sekarang tinggal 1 nih. kira" balik gak ya? kandang aku taruh luar terus mulai pagi. siapa tau balik.

      Delete
    15. harusnya jangan dibiarkan terbuka mas, apalagi kalau belum bonding betul. :(

      kita sama2 berharap aja biar abed kembali lagi.... :)

      Delete
    16. Iya dok, saya sudah teledor. Dan sampe skg abed blum balik. Ikhlas aja lah.. skg ngerawat zipy harus hati".

      Delete
    17. masih ada zippy, mas... :D

      sabar ya.

      gimana keadaan zippy?

      Delete
    18. Iya dok masih ada zippy, jadi bisa lebih intens ngerawatnya dok.ini dia udah mulai belajar terbang.

      Delete
    19. sip, kabari terus kalau ada apa2 ya mas....

      kasih super-n setetes setiap hari.... :)

      dan bales di komentar baru aja mas... :D

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. hallo,,apa kabar dok?
    tanya dok, zippy udah gak berisik lagi kl mau minta makan, dia lebih milih langsung makan sendiri miletnya. berrti dia udah lepas loloh ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow!!! keren!
      boleh lepas loloh, mas... :)

      mau coba di free flight, mas? dia terbang bebas kemudian dia balik lagi ke mas? :)

      coba aja.... :)

      Delete
    2. Hehe.. masih belum berani free flight dok.. masih aku ajak maen" indor dulu..hehe

      Delete
    3. maaf karena baru balas, mas. sibuk banget kemaren. :(

      iya maksudnya latih dulu, huehehehe. kalo langsung di freeflight ya ilang. :D

      sekarang gimana kabarnya? sehat? feses oke? nafsu makan gimana?

      Delete
    4. sehat dok,,feses bagus dok dan nafsu makan juga lancar. tahap latihan FTM dok, udah respon peluit.

      :D

      Delete
    5. mantap.. :D
      udah dikenalin sama namanya nggak mas? :)
      coba aja kenalin... sering panggil namanya... :D

      Delete
    6. Udah dok.. di ngerespon juga kok kl d panggil nama.

      Delete
    7. sip. lanjut terus penjinakkannya dan latihannya, mas... :)

      Delete
  12. Dokter, saya mau nanya dong.
    Saya punya parkit masih lolohan tapi kalo di kasih makanan pake suntikan dia malah ngehindar, kalo di kasih jagung benyek juga gak mau. Selama ini makannya cuma bisa saya paksa makan lewat suntikan.
    Bagaimana ya dok cara mengatasinya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sementara kasih makan pake suntikan aja.
      pelan2 aja ya mas. jangan dipaksa dan jangan kasar2... :)

      Delete
    2. Dok saya baru beli 4 parkit lolohan, usia kurang dari 1 bulan yg warna biru sudah bisa makan sendiri super lahap + udah jinak tapi yg 3 warna hijau susah banget makannya, suruh makan sendiri juga ga mau, trus kalo di pegang sering ngigit. Trus gimana caranya dok biar parkit saya yg warna hijau mau makan dengan normal seperti parkit saya yg biru?

      Delete
  13. Dok parkit saya dari baru beli sudah ada luka sedikit di kakinya. Nah pas lukanya sudah agak kering kandangnya mau saya pindah ke kandang koloni tp pas mau saya tangkap dia terbang2 takut dan salah satu kukunya ada yg patah dok, berdarah. Cara mengobati luka nya bagaimana ya dok?

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.