Penyakit Kura-kura Dan Cara Mengobatinya | Drh. Fira Sovica

Ada banyak

penyakit pada kura-kura

yang banyak mengenai kura-kura, baik itu kura-kura darat (misalnya: sulcata dan pardalis), kura-kura semi akuatik (misalnya: kura-kura brazil), dan kura-kura akuatik (misalnya: labi-labi atau bulus). Jenis penyakit kura-kura itu umumnya dikarenakan kebersihan media pemeliharaan yang kurang terjaga dan cara memelihara kura-kura yang salah.
Berikut adalah beberapa penyakit kura-kura yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan:
  1. Penyakit mencret pada kura-kura.
  2. Penyakit mencret pada kura-kura
    Image taken from duniahewan.org
    • Penyakit mencret pada kura-kura biasanya ditandai dengan kotoran kura-kura yang berbentuk cair. Mencret pada kura-kura biasanya terjadi akibat pakan yang tidak cocok atau kebosanan kura-kura terhadap pakannya. Penyakit mencret pada kura-kura bisa terjadi pada semua jenis kura-kura, baik itu kura-kura darat, kura-kura semi akuatik, dan kura-kura akuatik.
    • Cara mencegah mencret pada kura-kura atau cara menyembuhkan kura-kura yang mencret adalah dengan memberikan makanan yang bervariasi setiap minggunya. Untuk itu, sebaiknya anda mencari referensi makanan kura-kura yang lain, tidak hanya satu macam saja sehingga anda bisa memberikan variasi makanan kepada kura-kura.
  3. Penyakit lumut pada kura-kura.
  4. Penyakit lumut pada kura-kura
    • penyebab lumut pada kura-kura biasanya terjadi kepada kura-kura semi akuatik yang sering keluar-masuk air dan terkena sinar matahari. Hal ini membuat tumbuhnya jamur di tempurung kura-kura tersebut. Ciri penyakit lumut pada tempurung kura-kura biasanya ditandai dengan munculnya noda kehijauan di tempurung kura-kura.
    • Mengobati kura-kura yang menderita penyakit lumut adalah dengan menggosok lumut di tempurungnya menggunakan sikat gigi halus secara perlahan. Lakukan langkah ini hingga lumut pada tempurung kura-kura hilang (bersih).
  5. Penyakit jamur pada kura-kura.
  6. Penyakit jamur pada kura-kura
    Image taken from kaskus.co.id
    • Penyakit jamur pada kura-kura bisa menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan segera. Ciri penyakit jamur pada kura-kura umumnya ditandai dengan munculnya bercak putih pada kaki, pangkal kaki, pangkal ekor, leher, dan bagian wajah kura-kura. Penyakit jamur pada kura-kura biasanya juga disertai dengan gejala lain yaitu kura-kura kerap malas bergerak dan kurang merespon makanan yang diberikan kepadanya. Penyebab penyakit jamur pada kura-kura adalah kurang terjaganya lingkungan pemeliharaan, umumnya karena air yang kotor. Maka dari itu, cara mencegah penyakit jamur pada kura-kura adalah dengan menjaga kebersihan kolam atau akuarium tempat memelihara kura-kura.
    • Cara mengobati kura-kura yang kena jamur atau cara menyembuhkan kura-kura jamuran adalah dengan merendam kura-kura dalam larutan air dan garam ikan. Gunakan garam ikan dengan komposisi garam dan air yang pas, yaitu larutan 10 g garam dan 1 liter air (10% dari banyaknya air). Rendam kura-kura selama 20 menit setiap harinya. Cara lain untuk mengobati jamur pada kura-kura adalah dengan mengobatinya dengan obat kura-kura bermerk Acrivlafine Plus dengan dosis yang disarankan.
  7. Penyakit flu pada kura-kura.
  8. Penyakit flu pada kura-kura
    Image taken from satwaunik.com
    • Semua jenis reptil bisa menderita flu, tidak hanya kura-kura saja. Ular dan leopard gecko juga bisa menderita flu. Seperti halnya ular yang kena flu, tanda flu pada kura-kura adalah lubang hidung yang terlihat basah atau berair. Pada tingkatan parah, flu pada kura-kura akan membuat kura-kura membuka mulutnya karena susah bernafas. Penyebab flu pada kura-kura sama dengan penyebab flu pada ular dan sebab flu pada leopard gecko, yaitu suhu kandang yang terlalu dingin serta kura-kura yang jarang dijemur di bawah sinar matahari. Flu pada kura-kura bisa mengenai semua jenis kura-kura, namun umumnya diderita oleh kura-kura darat dan semi akuatik.
    • Cara mencegah flu pada kura-kura adalah dengan memberikan penghangat pada kandang dan media pemeliharaan. Untuk kura-kura semi-akuatik seperti kura-kura brazil yang kena flu, anda bisa memberikan water heater pada airnya hingga suhu air sedikit naik asalkan tidak terlalu panas. Untuk kura-kura darat seperti sulcata, pardalis, dan emys, cara menyembuhkan flu pada kura-kura tersebut adalah dengan memberikan lampu uvb di kandangnya atau dengan sering menjemur kura-kura tersebut dibawah sinar matahari selama beberapa menit.
  9. Penyakit pyramiding pada kura-kura.
  10. Penyakit pyramiding pada kura-kura
    Image taken from kaskus.co.id
    • Penyebab penyakit pyramiding pada kura-kura adalah disebabkan oleh pemberian protein kepada kura-kura yang terlalu tinggi, terutama kepada jenis kura-kura semi akuatik dan kura-kura darat (turtoise). Maka dari itu, menghindari penyakit pyramiding pada kura-kura adalah dengan membatasi pemberian makanan yang mengandung protein tinggi kepada kura-kura anda. Tanda penyakit pyramiding pada kura-kura yaitu scute atau lempeng tempurung pada kura-kura terlihat menonjol atau berbentuk piramid.
    • Sampai saat ini, tidak ada threatment atau obat yang bisa menyembuhkan penyakit pyramiding pada kura-kura. Maka dari itu, saya amat menyarankan agar anda membatasi betul pemberian protein untuk kura-kura anda. Pyramiding pada kura-kura, terutama pada kura-kura betina, akan menyebabkan kura-kura tersebut kesusahan saat kawin. Penyakit pyramiding pada kura-kura juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan fungsi hati kura-kura.
Demikian adalah sekelumit artikel tentang

penyakit-penyakit pada kura-kura

, penyebab penyakit pada kura-kura, dan cara menyembuhkan penyakit kura-kura. Semoga artikel diatas sedikit banyak bisa membantu anda para turtle lover atau turtoise lover dalam menjaga kesehatan kura-kura peliharaan anda. Saran, komentar, dan kritik bisa ditulis dibawah ini. Saya juga membuka kolom konsultasi kesehatan hewan, silakan tulis permasalahan kesehatan hewan anda di kolom dibawah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat. (FS)

671 Responses to "Penyakit Kura-kura Dan Cara Mengobatinya"

  1. Dok.. Mata kura2 saya selalu tertutup.. Makan pun susah.. Kenapa ya.. Trus garam ikan busa saya dapatkan dimana dok? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. garam ikan bisa dibeli di toko ikan hias terdekat....
      coba mas cek lubang hidung kura-kuranya, apakah terlihat basah atau keluar gelembung atau tidak. mungkin kena pilek.
      cara menyembuhkan pilek pada kura2 bisa mas search di menu cari artikel cara mengobati pilek pada kura-kura

      Delete
    2. garam ikan bisa dibeli di toko ikan hias terdekat....
      coba mas cek lubang hidung kura-kuranya, apakah terlihat basah atau keluar gelembung atau tidak. mungkin kena pilek.
      cara menyembuhkan pilek pada kura2 bisa mas search di menu cari artikel cara mengobati pilek pada kura-kura

      Delete
  2. Hehe.. Saya cewe dok.. Hidungnya keluar gelembung tp cm sebelah. Cm sesekali ajaa keluar gelembungnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh sorry. :D
      kalo seperti itu sepertinya pilek. silakan lanjutkan treatment di atas dengan menambahkan garam ikan dan sering menjemur kura2 anda... :D

      udara memang sedang dingin, jadi usahakan juga agar kandang kura2nya tetap hangat atau kalau kura2 air, usahakan agar suhu air tetap stabil....

      kalau ada yang perlu ditanya, tidak apa2 ke sini aja lagi mbak. jangan lupa +1 di tombol google plus di atas artikel yaa... saya tunggu kabar selanjutnya :D

      Delete
  3. Dok, ini sudah direndam dengan air garam ikan. Qo keluar sprti lendir2 gtu ya. Cm ini kura2nya diem dok :'(
    Lebih baik saya gunakan air apa y dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dibaca artikelnya di atas? dosis garamnya sudah pas?
      kalau memang keluar lendir gitu, coba angkat dan bersihkan dulu. jangan lupa jemur juga tiap 2 hari sekali ya mbak... :)
      sehat selalu kura2nya...

      Delete
  4. mba dokter, saya mau tanya kalo ke dokter hewan itu mahal ga dok?

    kura kura brazil saya ukuran 7cm sudah nggak makan sebulan, merem mulu, kalo napas bunyi terus ada jamurnya di kaki depan kiri.

    kira kira kalo saya bawa ke dokter hewan. berapa kira kira ya dok?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kayaknya pilek mas. coba mas search mengobati pilek pada kura-kura di menu cari artikel di atas...

      kalau soal biayanya, murah kayaknya kalau hanya pilek... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Dokter..kura2 brazil saya kaki dan tangan kanannya bengkak..trus ada bercak putihnya..4 hr yg lalu saya ke dokter dan kura2 saya diksh suntikan antibiotik stlh itu agak kempes tp msh bengkak dok..ini jg udh 3x saya rendam M blue selama 30-45 menit setiap hari..ini knpa y dokter?sampe brpa lama saya hrs rendam pke M blue y dok?terima kasih

      Delete
    4. ada infeksi bakteri sepertinya. selama ini airnya bersih? jaga juga agar temperatur air tetap stabil, mas. suhu air yang naik turun kadang membuat timbulnya bakteri.... beri juga sedikit garam ikan di airnya (garam ikan sekira tidak merubah rasa air jadi asin)...

      sama dokternya tidak dikasih obat lain selain m blue? sementara observasi aja dlu selama beberapa hari mas. semoga sembuh... :)

      Delete
  5. halo dokter nama saya galih.
    baby kura kura brazil saya ukuran 5cm sekarang lesu,diam saja,lebih suka berjemur, malas makan, malas berenang, sekalinya berenang sering mangap dan keluar gelembung dari mulutny. juga suka menggosok matanya, ini kenapa ya dok? tolong solusinya ya dok. terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilek.
      silakan search cara mengobati pilek pada kura2 dan ular di bagian cari artikel di atas......

      Delete
  6. Dokter..kura2 saya hari ini merem terus matanya trus gak mau makan dan lemas..gmna y dok?biasanya makannya lahap..ini sama sekali gak mau makan seharian

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilek.
      silakan search cara mengobati pilek pada kura2 dan ular di bagian cari artikel di atas......

      Delete
  7. dok mau tanya dong. kura kura saya kalo jalan suka miring (ngambang sebelah) terus tadi dia ngucek ngucek muka udah gitu dia mangap mangap. beberapa hari yg lalu kura kura saya ada yg mati,malem sebelum matinya dia ngucek ngucek muka terus muntah dan di badannya banyak semacam lumut gitu. itu kenapa ya dok? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gejala sakit seperti yang mbak tulis di atas sudah saya jelaskan di artikel di atas. silakan baca lagi. ada kemungkinan memang terkontaminasi oleh kura2 yang mati, harusnya begitu tau ada kura2 yang mati, air tempat memelihara kura2nya langsung ganti dengan yang baru. cuaca akhir2 ini juga cenderung dingin, jadi sebaiknya jaga agar kura2 tidak kedinginan hingga menyebabkan kura2 flu...

      Delete
    2. oh gitu,kura kura yg mati itu memang dipisahkan di aquarium lain karena kura kura itu punya sodara saya tapi saya yg ngurusin. kalau kura kura yg sakit ini semalaman saya simpen di darat supaya ga kedinginan gapapa dok?

      Delete
    3. coba baca artikel saya mengenai cara mengobati flu pada kura-kura atau cara mengobati pilek pada kura-kura, search di bagian cari artikel.... :)

      Delete
    4. ok deh dok terimakasih ya :)

      Delete
  8. dok kura kura saya yang 1 lincah dan yang 1 ko lesu yah
    karena tadi sore saya liat di deket anusnya krna dekat ekor ada seperti putih lendir melekat , itu kenapa ya dok

    ReplyDelete
  9. dok kura kura saya yang 1 lincah, dan yang satu kebanyakan diam dan matanya sering tertutup dan tadi saya melihat ada lendir putih di anus karna deket ekor.
    itu kenapa ya dok?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba angkat dari air, dan keringkan daerah sekitar hidungnya. kalau muncul gelembung atau keluar cairan dr hidungnya, kemungkinan pilek. silakan baca cara mengobati pilek pada kura2.... search aja...

      sebaiknya pisahkan kura2 yang sehat dengan yang sakit, jangan satu akuarium. jaga temperatur air agar selalu hangat. suhu air yang terlalu dingin kadang membuat kura2 pilek....

      sehat selalu.. :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. nah bagian kaki belakang kalau diangkat masuk kedalam, dan ada gelembung kalau di air tpi itu cuma 1x dan g pernah ada lagi, saya baca itu wajar katanya.
      dan apa kalau dipisah g stress kura"nya? krna kmrn saya pisah seperti yang kurang semangat.

      terima kasih dok.

      amin yarobbal alamin

      Delete
    4. gak, maksudnya gini mas. kalau mas benar2 angkat ke darat, taruh di atas meja, lalu mas perhatikan ada kayak gelembung ingus gitu dr hidungnya, kemungkinan itu pilek. gitu maksud saya... :)

      saya pikir hanya suhu airnya saja yang dingin, makanya kura2nya sedikit kurang enak badan. mungkin seperti itu. :)

      sekarang gimana keadannya? baikan?

      Delete
  10. Sore Dokter,
    saya punya kura darat jenis pardalis 9-10 cm
    yang ingin saya tanyakan adalah mengenai makanannya.
    saya kasih : fumak, siomak, bunga sepatu, caisim, wortel, dll tidak mau dimakan, paling hanya di gigit satu kali langsung di tinggal,
    dia hanya mau makan Rumput Gajah, saat saya lepas waktu berjemur.
    itu kenapa yah kok ga mau makan sayur2 yang biasanya kura2 suka ?
    sedangkan kura2 saya yang lain mau sayur macam2.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. si pardalis ini fesesnya gimana? normal seperti kura2 sehat atau ada perubahan?
      kalau normal, berarti hanya kebiasaan saja. dia sudah dibiasakan makan rumput gajah saja, sementara makanan lain dia kurang suka atau belum terbiasa. selama dia sehat, saya kira masih wajar... :)

      Delete
  11. Dok,cara penyembuhan kura kura yang terkena cacingan gimana ? Dan bagaimana pemberian obatnya ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dikasih combantrin cair dengan cara combantrinnya dioles ke cottonbud sampe basalah, lalu dioles ke depan mulutnya. biarkan si kura2 menjilati combantrinnya... :)

      Delete
  12. Dok saya mau tanya, kenapa ya kura² brazil saya ada bercak d tempurungnya, padahal 1x2 ganti air, 1x3 makan pelet dipa, suka di jemur juga dok, minta penjelasan sama cara ngobatinnya dong dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bercak putih?
      silakan baca artikel cara mengobati white spot mas... :)

      Delete
  13. Dok saya ada kura res pastel kira2 7-8cm, blkgan ini dia gamau makan, maunya tdr trus, trus beraknya kuning cair gitu, diapain ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng mas ngasih tau fesesnya. :)
      kemungkinan diare atau infeksi bakteri di sistem pencernaannya. mas banyak kasih buah ke dia ya?

      saya menyarankan agar mas membawa si kura2 ke dokter hewan agar dapat penanganan yang cepat dan tepat..... alternatif lain, mas bisa merendam si kura2 dalam air hangat (jangan terlalu panas, nanti matang), tapi ini tentu beresiko. dan saya tidak menjamin dia bisa sembuh. saya tetap menyarankan agar dibawa ke dokter hewan secepatnya karena kadang diare menyebabkan dehidrasi... :)

      salam...

      Delete
  14. Dok, saya punya kura2 brazil ukuran kira2 4cm. Sdh bbrpa hri ini dy diem trs, ga mmau makan, matanya bengkak jd dy susah melek, dan tempurungnya jd lembek. Saya panik hrus gmna. Saya smpat hubungi dktr hewan tapi kbnykan gabisa menangani kura2. Kira2 apa yg hrs saya lakukan dok? Dan apa ada rekomendasi dokter yg bsa menangani kura2 brazil disekitar jakarta? Dan berapa biayanya kira2. Thx dok.

    ReplyDelete
  15. Oia, sebagian dokter bilang mngkin kurang mineral. Tapi buat megang kura2nya aja saya ga berani dok krna jd lembek gtu tempurungnya. Bgaimana sarannya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah membahas di penyakit tempurung lunak pada kura-kura. silakan search cara mengobati penyakit tempurung lunak....

      selama ini sering mas jemur? suhu air stabil gak? kayaknya sih dia kena bakteri juga, dan kekurangan kalsium juga. mas bisa hubungi nomor telepon dokter hewan terdekat. list nomor telepon dokter hewan daerah jakarta pernah saya bikin di blog ini...

      sementara jemur aja di luar mas. jemur pakai wadah kecil dikasih air sedikit. air tempat pemeliharaannya ganti dan kasih garam ikan satu sendok teh... :)

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. dok saya punya kura kura ,tapi udah mati ,nah sebelum mati kura kura saya ada benjolan di lehernya , itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada parasit di airnya. bisa jadi juga akibat asupan makanan yang salah. tapi lebih mungkin karena parasit....
      yang sabar ya mas... :)

      Delete
  18. dok harga kura kura darat yang murah apa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cek artikel daftar harga kura-kura darat :)

      Delete
  19. permisi dok, numpang nanya. ada banyak benang putih halus di semua badan kura baurii sy dok kecuali tempurungnya. makan masih mau, hanya kalo gerak masih agak malas. itu penyakitnya apa ya dok ? trs cara penanganannya gmn ya? makasi dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya bawa aja ke dokter hewan mas. airnya bersih? berapa kali seminggu airnya diganti mas?
      sering dijemur?

      saran saya sih mending bawa ke dokter hewan aja mas agar lebih jelas...

      Delete
    2. pake uvb n ceramic heater dok jd jarang jemur. plg seminggu sekali jemurny.
      dokter hewan di jakarta barat ada yang recommended g dok ? trs biaya berobat gt brpaan y kisarannya? makasi :)

      Delete
    3. untuk biaya, biasanya tergantung dokternya. murah, gak sampe 150k.
      silakan mas cek artikel alamat dokter hewan jakarta raya

      Delete
  20. assalamualaikum
    dok saya mau tanya, kura2 brazil sy kok ga mau makan ya? trus matanya agak bengkak gitu, lebih sering nutup matanya, trus warna pelupuk matanya jadi putih abu2 gitu.
    mohon bantuannya dok, makasih
    wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa hari mbak pelihara?
      coba sering2 diganti airnya. mbak juga bisa tambahkan garam ikan dengan takaran 1gram/liter air. usahakan juga agar suhu air tetap stabil. sering2 dijemur juga kura2nya. gak usah lama2, cukup 5 menit... cek juga artikel saya cara mengobati pilek pada kura-kura

      Delete
    2. udah seminggu ga mau makan dok, gerakannya masih lincah sih. cm ya itu matanya bengkak dan jalan pun matanya ketutup ga mau buka.
      Itu kena pilek atau ada bakteri di matanya?

      Delete
    3. bisa jadi pilek atau bakteri di matanya. silakan praktekkan yang saya instruksikan...

      kalau dalam 4 hari belum ada perubahan, bisa langsung dibawa ke dokter hewan aja mbak biar dicek langsung...

      Delete
    4. Okesipp makasih banyak dok :)

      Delete
  21. Assalamualaikum, dok saya pelihara kura jenis ambon ada 3 ekor, ke 3 nya kulit karapasnya pada ngelupas" terus nafsu makan menurun, kura yg betina mencret dok, ada solusi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur kura2nya berapa mas?
      jangan disatuin. satu wadah sebaiknya hanya diisi satu kura2. makanan sebaiknya selalu diberikan secara rutin. suhu air usahakan agar tetap hangat, tidak dingin. sering2 djemur juga selama 10 menit dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi...lakukan selama 1 minggu full, lalu mas bisa lapor kembali ke saya ya... :)

      Delete
  22. permisi dok, kok dibawahnya mata kura2 kok bengkak y dok?
    kaya ada benjolan gitu...
    kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih garam ikan di airnya. jaga juga kebersihan air tempat memelihara. jaga agar suhu air tetap stabil..
      apakah kura2nya juga sering merem mbak? silakan baca artikel saya cara mengobati pilek pada kurakura.... :)

      Delete
  23. dok, kura-kura saya udah sebulan lebih ga mau makan terus tiidurr mulu terus juga 2 hari ini kulitnya kelupas parah dok di daerah tangan dan leher terus juga jalannya hari ini pincang sebelah dok kaki kanannya kalo jalan diangkat,dia kalo di air suka ngeluarin suara kaya gelembung gitu dok . saya peliaharanya udah hampir 2 tahun dok tolong kasih tau obatnya dok saya takut :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura-kuranya apa?
      kalau memang mengkhawatirkan, mending bawa ke dokter hewan dengan segera, mbak.... daftar nomor telepon dan alamat dokter hewan ada di blog ini.... murah kok biayanya... :)

      Delete
    2. jenis kura-kuranya apa?
      kalau memang mengkhawatirkan, mending bawa ke dokter hewan dengan segera, mbak.... daftar nomor telepon dan alamat dokter hewan ada di blog ini.... murah kok biayanya... :)

      Delete
    3. kura-kura brazil dok jenisnya

      Delete
    4. dok tapi gak ada daftar dokter hewan di sekitar daerah bogor dok ? kira-kira biayanya berapa ya dok kantong pelajar soalnya :)

      Delete
    5. biasanya murah kok. gak sampe 200k.
      daftar alamat dan nomor telepon dokter hewan ada di blog ini...

      Delete
  24. Dokter:( res saya mempunyai bintik merah tapi bergelombolan di bawah tempurungnya, terus juga di bagian bawah res terdapat bompelan putih yang begitu banyak:( sering ganti kulit juga:( pdahal saya selalu mengganti airnya 1hari 2-3x. Kl saya bawa ke dokter hewan biayanya sampe 200k lebih gak dok?:( terus di sini(Cibinong) kurang tau adanya dokter hewan:(. mohon bantuannya dokter:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih garam ikan di airnya. beli di tukang ikan hias...
      saran saya sih mending bawa ke dokter hewan. daftar dokter hewan daerah jawa barat sudah saya buatkan listnya, ada nomor teleponnya juga. kemungkinan saya sih kena parasit. jarang dijemur ya kura2nya??

      iya, biayanya gak sampe 200k kalau toh dibawa ke dokter hewan....

      Delete
  25. pagi dokter
    mohon bantuannya, kura kura darat saya (instar) ukuran krapas 7cm sudah 2 minggu ini sakit pilek (flu) dan 2 hari ini dia lesu, nafsu makan berkurang dan matanya selalu tertutup
    tiap pagi rendam air hangat dan jemur sebentar, aku taruh di aquarium pakek lampu 24 jam pakek alas sintetis.
    terus apa yang saya lakukan supaya kura kura darat (instar) saya bisa sehat
    atas bantuanya saya ucapkan terima kasih

    salam,
    jay_arif

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang sakitnya udah lebih dari seminggu, lebih baik bawa ke dokter hewan aja mas. atau mas bisa kasih terramycin, bisa dibeli di kaskus atau dokter hewan terdekat, NAMUN pemberian terramycin ini hanya untuk opsi terakhir saja. saya tetap merekomendasikan ke dokter hewan aja. murah kok biayanya.. :)

      Delete
  26. bu dokter, saya mau nanya, mata kura kura brazil saya menutup terus yah? obatinnya gimana?, ukuran karapas 3 - 4cm, padahal setiap pagi saya jemur terus....

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab. pilek adalah salahsatunya. namun pasti sakit kalau memang merem terus...

      saya sendiri lebih menyarankan bawa ke dokter aja biar jelas... :)

      Delete
  27. Dok. saya punya kura kura brazil ukuran +- 20 cm . di buntutnya keluar daging merah seperti sosis dan kadang suka berdarah .mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di ekornya maksudnya di anusnya? makan masih rakus??
      matanya suka merem?

      saya tidak tahu karena tidak bisa melihat langsung. mas bisa bawa ke klinik hewan terdekat agar lebih jelas...

      Delete
  28. asslamualaikum, dok darurat dok !!! saya punya kura-kura RES, udh saya pelihara 10 tahun tp baru kali ini ada yang janggal, terdapat bercak pink dikulitnya terus mulutnya warnanya juga merah, kalo makan dia masih lahap. Saya kasih makan ikan mas yg kecil seminggu sekali sama pelet 2 - 3 hari sekali & saya bersihkan tempatnya paling lama 3 hari sekali itu kura2 saya kena penyakit apa dan gmn cara mengatasinya, trima kasih. Saya mohon secepatnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya kalau memang kasusnya urgent, langsung saja bawa ke dokter hewan, mas....
      airnya rajin diganti? kebersihan kolam/akuarium terjaga? suhu air terjaga? makanan rajin diberikan? matanya gak merem? makan masih rakus? kayaknya kalau semua pertanyaan tadi jawabannya ya, saya masih bisa bilang kura2nya masih sehat. namun gak ada salahnya konsul ke dokter hewan terdekat. murah kok biayanya... :)

      Delete
    2. Airnya minimal 3 hari sekali pasti udh diganti, kl kebersihan kolam paling kl udh kotor langsung dikuras, suhu air mungkin emg agak dingin tp biasanya gk kenapa - napa baru ini doang ada yg janggal, makanan 2-3 hari sekali pasti udh dikasih, mata gak merem, makan gk rakus bgt cuma kl dikasih makanan tetep dimakan, baru kemarin dok saya nemuin hal kaya gini di kura2 saya. Oia kl dokter hewan itu apa semuanya menangani kasus pada reptil atau hewan tertentu saja ? Trima kasih

      Delete
    3. semua dokter hewan harusnya bisa menangani semua hewan, mas... :)
      kalau tebakan saya sih ada parasit di tubuh kura2nya. cuaca akhir2 ini juga sedang tidak bagus untuk hewan, banya hewan yang drop daya tahannya. mungkin karena hal ini juga kura2 mas sakit. sebelumnya sehat2 aja kan?
      coba kasih garam ikan di air kolamnya. tiap kali kuras kolam (membersihkan kolam), kasih garam ikan. bisa beli di toko akuarium terdekat. dosisnya 1 atau 2mg setiap liter air.... dikira2 aja... :)

      Delete
  29. Dok,sy membeli kura2 sulcata sebulan lalu. 3 minggu dipelihara, dia aktif dan mau makan. Tp seminggu terakhir ini, dia lemas, tidak mau makan dan mata tertutup. Hidungnya tdk berair atau bergelembung, mata tdk bengkak & tdk ada tanda scr fisik yg aneh. Bgmn ya agar sulcata saya mau makan & mata nya terbuka? Thanks dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mbak?
      kalau memang matanya menutup dan tidak mau makan, kemungkinan besar dia sakit. apa penyakitnya, sebenernya harus dicek langsung oleh dokter. fesesnya gimana?\
      saya sendiri menyarankan mending bawa ke dokter hewan aja agar lebih jelas.

      Delete
  30. Oiya dok, sekalian saya juga mau tanya tentang kura kura sulcata saya besarnya sekitar 10 cm saya suka denger dia bunyi "hachiii" semacam bersin gitu dan kadang di hidungnya ada air.. saya kasih makan dia fumak, siomak dan sesekali tapi jarang bunga kembang sepatu. Jemur dan rendam dia sekitar 20 menitan. Fesesnya normal. Kira kira saya harus gimanain ya dok supaya dia ga pilek2 lagi karna saya udh jemur tiap hari tapi kok masih pilek ya? Apa lampu pemanasnya saya nyalain aja terus2an? Karna kadang saya matiin lampu pemanasnya kalo saya rasa cuacanya lagi panas sekali. Mohon bantuannya ya dok.

    ReplyDelete
  31. Dok saya mau tanya juga soal kura kura pardalis saya panjanganya 11 cm, makanannya seringnya saya kasih fumak, kadang siomak, sesekali tp jarang bunga kembang sepatu. Belakangan saya perhatikan fesesnya dia cair berwarna coklat kehitaman kadang fesesnya cuma sedikit sedikit tp disertai air warna kehitaman juga Saya biasa rendam dan jemur dia +- 20 menitan.dengan air tanah biasa, Dia kelihatannya normal, masih mau jalan jalan kesana kesini dan nafsu makannya masih lumayan besar. Kira kira apa yg salah ya dok sampe dia jd diare begitu? Apa ini ada pengaruhnya dengan cuaca juga? Apa yang bisa saya lakukan ya dok karna dokter hewan di daerah sekitar saya kebanyakan hanya merawat anjing dan kucing. Saya juga pelihara dia berdekatan dgn kura kura sulcata yg saya tanya sebelumnya juga. Mohon dibantu ya dok karna saya awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca bisa jadi, dari segi makanan juga bisa. biasanya makanan yang mengandung getah bisa membuat pardalis diare. makanya makanannya sebaiknya didiamkan atau dijemur sekitar 10 - 20 menit dulu hingga layu, baru diberikan ke pardalisnya.
      dari air rendaman juga bisa, air rendaman sebaiknya air matang, jangan air mentah... :)

      Delete
    2. Oh gitu.. Bagusnya makanannya dijemur sampai kering atau sampe lemes aja ya dok? Kalo buat sulcata pilek baiknya diapain / di kasih apa dok? Makasih :)

      Delete
    3. Eh setelah saya scroll2 saya sudah ketemu artikel soal pilek kura kura. Makasih ya dok.. Penjelasan penjelasannya sangat membantu :)))

      Delete
    4. sama2.. kalau ada yang perlu ditanyain lagi, bisa kesini lagi... :)

      Delete
  32. Dok mau tanya...kura kura saya tidak mau makan,matanya selalu terutup,lemas,tidak bersemangat..sudah seminggu ini...itu kenapa ya dok?dan obatnya apa ya dok?terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek dulu artikel cara mengobati pilek pada kura-kura. ada caranya di artikel di atas. silakan baca dulu... :D

      Delete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Dok, aku punya kura kura brazil baru. Ukurannya ±3cm, udah 6harian dia ngga mau makan. Solusi biar makan lagi gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu dianalisis lagi kenapa. apakah matanya sering tertutup/merem? apakah saat diangkat dari air, keluar gelembung dari lubang hidungnya? coba baca2 lagi artikel di atas... )

      Delete
  35. Selamat malam dok, ada beberapa hal yang mau saya tanyakan
    1.saya beli kura2 kecil dipinggir jalan,Itu biasanya jenis apa ya dok?
    2.kura2 saya berapa hari ini tidk mau makan,mata merem terus,bengkak,bagian leher kaya ada putih2,kaki pucat,itu knp ya dok?
    3.saya coba mengikuti salah satu cara yang saya temukan di internet,yaitu kasi air garam dan diberi wortel,apakah cara saya itu benar?dan kalo salah bagaimana cara yang benar?

    Mohon bantuannya dok.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. biasanya jenis RES (red earl slider), mas. nama umumnya kura-kura brazil. cirinya ada garis merah di bagian sisi wajahnya. silakan baca artikel saya cara memelihara kura-kura brazil.
      2 dan 3. kemungkinan infeksi bakteri. jarang dijemur ya kura2nya? kalau mas pelihara lebih dari 1 kura-kura, sebaiknya pisahkan dengan yang sehat. setiap hari ganti airnya. jaga suhu air agar tidak terlalu dingin. agak bingung juga untuk obatnya, saya sih menyarankan mending bawa ke dokter hewan aja mas.....

      Delete
    2. Iya dok jarang di jemur,sebaiknya dijemurnya brp lama ya dok?terus dijemurnya di kasi air atau tidk dok?

      Delete
    3. dikasih air sedikit. taruh aja di bejana berisi air sedikit, tinggi air jangan melewati tempurungnya. cukup dijemur 10 hingga 15 menit.....
      jangan lupa praktekkan langkah2 pengobatan di komentar saya sebelumnya mas... :)

      Delete
    4. Dok mau nanya lagi,kura-kura saya sudah membaik dan bisa membuka matanya kembali,lalu muncul masalah lagi,kaki-kaki,leher sekarang muncul seperti kulit2 yang terkelupas,apakah ini normal?atau apkah ini jamur?

      Delete
    5. selama dia gak suka merem lagi dan makannya bagus serta kebersihan air dijaga, kayaknya masih sehat meski kulitnya2 terkelupas. sebagai bangsa reptil, kadang kura-kura juga ganti kulit mas... :)

      syukurlah kalau sekarang kura2nya dah sembuh. jaga baik2 kesehatannya ya mas... :)

      Delete
  36. Assalamu'alaikum dokter.
    dok saya laili, saya punya kura kura red ear slider panjang kurang lebih 8cm. Dia ada benjolan dileher bagian samping bulat namun sepertinya benjolan itu berada didalam kulit, kata pemilik lamanya benjolan itu dr dia kecil. Saya searching2 benjolan yg sama dengan kura kura saya digoogle tidak ada. Dia juga masih mau makan, dan aktif gerak juga. Apakah benjolan itu memang cacat fisik kura kura atau dia sakit, dok? Terimakasih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya tidak bisa menyimpulkan apa itu. diperlukan penanganan langsung agar kita bisa tahu apakah benjolan itu merupakan penyakit atau bukan. namun saya berpendapat, kemungkinan besar karena penyakit atau infeksi virus. saya lebih condong ke infeksi virus jika memang kalau di tekan bejolannya, si kura2 tidak kelihatan kesakitan. FYI, ada beberapa virus yang bisa menyebabkan benjolan pada kura2.

      saran saya sih mending bawa ke dokter hewan aja mbak. mungkin bisa dihilangkan tanpa operasi. bilang aja mau konsul mengenai kura2.

      Delete
  37. Dokter mau tanya boleh ? Saya baru beli kura kura 2 ekor RES sekitar 2 minggu lalu tapi akhir2 ini sering berjemur dan jarang buka mata, udah gt ga mau makan. Kira2 saya harus bagaimana sudah saya coba beberapa makanan tapi tidak dimakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. :)
      tebakan saya sih pilek. coba baca artikel saya cara mengobati pilek pada kura-kura. http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/10/mengobati-pilek-pada-kura-kura.html

      Delete
  38. Dok saya memelihara 2 ekor bayi kura2 brazil.
    Yg satu biasanya lebih aktif bergerak...tp sejak satu kukunya patah dan timbul selaput pd bekas kukunya dan berlendir pada beberapa bagian tubuhnya kura2 saya hanya mengambang,tdk aktif bergerak dan tdk mau makan.
    Mohon petunjuk pengobatannya dok. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa ke dokter hewan. kayaknya terdapat komplikasi, entah karena bakteri, infeksi karena luka, dan lain-lain. pisahkan kura2 sehat dengan yang sakit, itu pertolongan pertama agar kura2 yang sehat tidak tertular. lalu bawa kura2 yang sakit ke dokter hewan terdekat,,, murah kok biayanya... :)

      Delete
  39. Ass.wr.wb
    dokter yg baik hati..
    dokter boleh kah sy bertanya, terkait labi2 sy habis digigit oleh kura2 brazil. Estimasi biaya dokter utk pengobatan labi2( jenis irian moncong b2) dan perawatannya lanjutannya baiknya dok..? Tk dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung seberapa parah gigitannya, mas. dan menimbulkan luka apa nggak. :)
      kalau menimbulkan luka, mending ke dokter atau paling tidak bersihkan dengan antiseptik, lalu bebat... :)

      Delete
  40. Dok,kaki kura2 brazil saya yg kiri membengkak,jadi kesulitan bergerak.Itu kenapa ya dok?dan dia kurang nafsu makan.Mohon petunjuk pengobatannya dok.Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ada infeksi bakteri. kalau masih disatukan ama kura2 yang sehat, segera pisahkan. karantina kura2 yang sakit di akuarium terpisah. cukup berikan makanan yang bergizi selama 4 hari ke depan, dan sering ganti airnya. jaga juga agar suhu air tetap hangat, tidak terlalu dingin. kalau dalam 4 hari belum ada perubahan, lebih baik bawa ke dokter hewan secepatnya... :)

      Delete
  41. Bu dokter kura sulcata saya ukuran 32 cm d duburx kluar lendir gt trus mogok makan n diem saja,,,trus slalu ngeden gt tp pupx g kluar..itu kira kira skit apa n pengobatannya gmna...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kea sembelit... saya pernah bahas di artikel cara mengobati sembelit pada gecko, secara garis besar sama aja... cuma untuk kasus kura2, mbak bisa kasih obat pencahar untuk anak kayak dulcolax anak. basahin ujung cotton bud pakai obat pencahar itu, lalu dekatkan ke moncong si kura2, biarkan dia menjilati sendiri.... lakukan pengobatan tiap hari.....

      kalau dalam 4 hari belum baikan juga, mending bawa ke dokter hewan trdekat...

      Delete
  42. Dok saya beli 2 kura kura baby. Di awal mereka cukup lincah tapi yang satu tibatiba sakit dan nggak mau makan. Sepertinya pilek dan sudah saya obati dan rajin saya jemur tapi tetap tidak sembuh. Lalu malah muncul bentol putih kecil di lehernya padahal airnya rajin saya ganti setiap hari. Tidak mau makan sama sekali dan matanya terpejam, tapi fesesnya berwarna putih padat padahal tidak makan sama sekali. Harus saya apakan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan disatuin, pisahkan kura2 yang sakit di akuarium lain.
      sering2 dijemur dan diganti air, serta jaga suhu air agar tetap hangat/stabil. kasih garam ikan juga. porsinya silakan baca artikel saya cara mengobati white spot...

      Delete
  43. Bu dokter, nanya dong, kura-kura saya matanya sebelah ada kaya putih-putih nutupin mata.
    Itu kenapa ya dok?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya kurang bersih itu. coba sering2 dibersihin, dan kura2nya sesekali jemur.... jangan lama2, cukup 5 hingga 10 menit aja.... jaga juga agar suhu air tetap stabil.

      Delete
  44. Saya mau tanya kan saya punya kura" emys tapi tempurung,nya kaya retak itu bisa sembuh nda ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya mohon maaf karena baru membalas akibat kesibukan saya yang membuat saya sendiri nyaris stress akhir2 ini :(
      sekarang gimana keadaannya mas? kenapa bisa retak? apa retakannya luka? kura2nya masih mau makan?

      saya tunggu kabarnya

      Delete
  45. Dok saya punya 3 baby RES. baru saya pelihara 4 hari. Baby pertama ada titik putih berupa benjolan di leher bagian atas, makan tetap lahap. Baby yg kedua matanya sering tertutup saat d wadahnya dan menjadi pasif, terkadang berjalan dengan mata tertutup. Tetapi pd saat dijemur dimatahari matanya terbuka dan lincah berjalan. Baby ketiga tdk terlihan ada keanehan. Air mereka diganti setiap hari, bsa lbh dri 2x sehari. Makan dri pertama pelihara tdk mau pelet dan sayur, jd aku ksh mereka makan udang dan diselingi cacing. Kira2 baby pertama dan kedua knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya mohon maaf karena baru balas.
      lebih baik pisahkan ketiga kura2 itu di wadah masing2. karena kalau disatukan bakalan terjadi penulkaran penyakit. saya sih ada dugaan kura2 pertama dugaan bahwa kura2 yang pertama kena white spot atau pilek.. kura2 kedua kemungkinan pilek... cara mengobati whoiite spot dan pilek bisa mbak baca di artikel saya di sini... di blog ini... :)

      Delete
  46. Dokter saya punya kura kura brazil. Sudah besar ukuran nya kurang lebih 1 jengkal org dewasa . Ketika akan membersihkan tubuhnya. Ternyata kulit pada kaki nya mengelupas hingga kuku nya pun ikut lepas semua. Lebih tepatnya seperti terkena kusta pada manusia. Kedua kaki depan. Itu kenapa? apakah itu alami ketika proses pengelupasan kulit pada kaki? atau kenapa ya dok tolong bantu dok dan beri solusi. Saya panik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ukuran segitu kayaknya emang mulai fase moulting pada kura2. silakan mas baca artikel apakah kura2 mengalami ganti kulit?
      observasi aja dulu mas . selama 7 hari,. kalau dia masih mau makan, kayaknya masih sehat... :)

      Delete
    2. Dok, maaf sebelumnya nanya lagi. Saya mau menunjukan foto nya bagaimana jelasnya kemana saya bisa kirim. Saya khawatir jamur juga dok kaki belakangnya juga sudah ada tanda tqnda mengelupas tapi baru pangkal paha nya belum sampai pada kuku kuku. Dok.. Bantu saya apa harus suntik antibiotik?

      Delete
  47. dok, beby RES-ku kena pneumonia, terus kalo diobatin apa bisa kambuh lagi? pertolongan pertama pneumonia kura gimana dok? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh sebentar lagi saya publish kok artikelnya... :)

      Delete
  48. Dok sulcata sy 20cm pupnya ko lembek yah ga berbentuk tp ga cair sih.. makannya siomak n fumak + mazuri di mix.. biar pupnya padat n berbentuk gmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak cair kemungkinan masih sehat. dia masih mau makan?
      dijaga kebersihan makanannya ya mas... sering2 dijemur juga sebentar aja. 5 menit atau 10 menit.. :)

      Delete
  49. Dok sulcata sy sdh 2 hari merem trs, lemes, ga mau mkn, mata dan hidung tdk berair, sakit apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      kalau iya, kemungkinan masalah di sistem pencernaannya. kalau dia belum pup samasekali selama 2 hari ini, kemungkinan dia gak sengaja makan bedding (alas kandang)nya. mas kasih alas kandang apa? cocopeat?
      alas kandangnya koran bekas yang bersih aja mas. jangan pakai cocopeat dan semacamnya.

      saran saya sih mending bawa ke dokter hewan aja dengan segera.

      Delete
  50. Dok mau tanya , 2 ekor kura kura saya masih baby, beli nya selisih seminggu, yang pertama sehat sehat ajj + selalu lincah dan banyak makan. kura kura kedua saya beli seminggu kemudian. tapi seminggu setelah beli ada seperti benjolan putih di leher bagian atas nya, tapi selama ini dia selalu lincah kalo di jemur + selalu nafsu buat makan, saya kasih makan udang, ikan, pepaya, semangka, pelet, dan feses nya seperti feses biasanya dok ngga mencret.
    tapi benjolan tersebut apa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski saya optimis gak kenapa2, tapi takutnya ada infeksi di benjolannya mas. jadi mending bawa aja ke dokter hewan biar lebih jelas...

      Delete
  51. Dok mau tanya , 2 ekor kura kura saya masih baby, beli nya selisih seminggu, yang pertama sehat sehat ajj + selalu lincah dan banyak makan. kura kura kedua saya beli seminggu kemudian. tapi seminggu setelah beli ada seperti benjolan putih di leher bagian atas nya, tapi selama ini dia selalu lincah kalo di jemur + selalu nafsu buat makan, saya kasih makan udang, ikan, pepaya, semangka, pelet, dan feses nya seperti feses biasanya dok ngga mencret.
    tapi benjolan tersebut apa ya dok ?

    ReplyDelete
  52. siang dok sulcata sy 20cm kmrn sy ksh tomat sm buncis jd mencret dok.. supaya fesesnya keras harus ksh makan apa yah? soalnya jorok jg kl pupnya mencret.. sm mau tanya alas kl outdoor pk pasir zeolit gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya berkurang gak? coba observasi aja selama 3 hari mas.... :)

      mang sulcatanya ditaro di outdoor? kalau bisa sih mending indoor. pake zeolith gak apa2, namun lebih bagus pakai koran aja...

      Delete
  53. makan tetep rakus menunya skrg sy ganti fumak caisim sm jagung biasa jadwal dia pup jam 6 - 7 ini malah blm pup dok... iya sy biarin keliaran outdoor nemenin glowy dok burhan sy.. kl untuk makanan rumput jepang , liar n gajah mini gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 22nya boleh. tapi dari 2 jenis rumput yang agan sebutin, sebenernya lebih bagus rumput bermuda. :)

      Delete
  54. Dok, saya punya 2 baby kura-kura ukuran 3cm. Salah satu dari kura-kura tsb pertumbuhannya lambat kalah besar dgn kura-kura yg satunya. Padahal semuanya sehat, lincah, makannya teratur (pelet agaru + daun sawi + bayam) dan rajin saya jemur saat pagi. Kenapa ya dok ?
    Apa krna ada pengaruh beda jenis (motif tempurung dan warna tempurung)
    Trimks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 22nya ditaruh di 1 akuarium atau terpisah? :)
      kalau ditaruh di dalam 1 akuarium, biasanya emang gitu. salahsatu lebih 'berkuasa' dibandingkan yang lain alias yang satu kurang dapet makan karena perebutan makan... :)

      bisa juga karena faktor genetik. balik lagi soal postur tubuh. karena ada juga kura2 dewasa yang tampilannya kayak masih anakan, ada yang kayak gitu.. :)

      Delete
  55. Siang dok, Sy Ibnu.
    Sy memelihara Emys betina ukuran 30cm.
    Sudah 2 hari ini tidak mau makan, fesesnya agak cair tidak seperti biasa. Biasanya Sy beri makan kangkung, wortel, tomat, mentimun, pisang, pepaya, cesim.
    Klo untuk gerakannya masih seperti biasa.
    Mohon solusinya dok.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru saya balas ya mas. saya baru pulang dari luar kota.
      fesesnya warna apa mas?

      saya tunggu kabarnya

      Delete
    2. Kabar sedih dok, emys Sy mati.. Ada cacing keluar dari fesesnya.. Sudah Sy berikan obat cacing sepertinya terlambat..

      Delete
    3. saya ikut sedih, mas....
      iya, sepertinya lambat penanganan... :(

      Delete
  56. Malem dok ?
    Mau nanya nih , saya punya kura-kura pipi putih , tapi beberapa minggu yang lalu hilang , pas ditemuin ada di dalam lemari... itu kura-kura dehidrasi apa enggak ya dok... terus sekarang gak mau makan.. padahal dulu sebelum hilang makannya lahap banget... kenapa ya dok ?
    Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru saya balas. saya baru pulang dinas.
      kemungkinan emang dehidrasi. mas cek fesesnya gimana?

      mending bawa aja ke dokter hewan biar jelas, mas.

      Delete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. dok saya punya kura2 aquatik CST normal tdk jika ada beberapa kulitnya mengelupas kaya ular ganti kulit dan trlihat seperti kering kaki tanganya normal tdk ? jika tdk apa pengobatannya ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan? matanya sering merem?
      kebersihan kandangnya gimana??

      kalau dia masih rakus makan, matanya gak sering merem, kebersihan akuarium dan suhu air terjaga, kayaknya sih masih sehat. namun jika mas worry, mending bawa ke dokter hewan aja biar pasti, mas.... :)

      Delete
  59. Dok, kura2 saya kok nampak gelisah bgt kaya mau keluar dari tempatnya ( bak dengan air setinggi tempurungnya ) kura2 saya juga pas dikeluarin utk dijemur malah kaya mencari cari sesuatu dgn melihat ke bawah, trus pas saya cek di dagunya kaya ada benjolan merah kecil. Nah pas saya taruh di kandangnya lg dia kaya garuk2 gtu trus dia entah bersin apa batuk tp jarang2, trus pas saya kasih pelet gk dimakan sama kasih ikan mas yg kecil2 malah dimakan beberapa ekor doang, ini kira2 kura2 saya knp ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tebakan saya sih kena bakteri. coba kasih garam ikan di airnya. dosis garam ikannya bisa dibaca di artikel di atas.

      jaga juga kebersihan air. suhu air harus stabil ya mas, jangan baik turun....

      jenis kura2nya apa? :)

      Delete
    2. kura2 saya jenis RES, sekarang gini dok, kolam kura2nya saya taruh 3-5 lembar daun sirih untuk pengobatan alami, saya sebenarnya sudah beli obat acriflavine plus tapi saya takut kalau kura2 alergi terhadap obat kimia. Saat ini kura2 saya seperti menunjukan tanda2 akan bertelur seperti gelisah saat dikolam maupun saat saya jemur & susah makan nah pas saya jemur kura2 saya seperti menggali gali lantai ( padahal mah mau gmn caranya tetep kgk bisa kegali -_- ), saat dia menggali gali lantai tsb muncul air entah air kencingnya atau apa gtu. Akhirnya karena saya panik, saya belikan sekarung litter untuk kucing, litter tsb saya masukan ke wadah yg lumayan besar, saat dia berada diatas litter tsb dia malah kebingungan mungkin baru pertama kali merasakan sesuatu yg beda, dia malah gk mau menggali litter tsb yang ada malah ingin keluar. Mohon pencerahannya dok ! satu lg, ia jarang keluar feses karena nafus makannya tsb

      Delete
    3. jangan pakai litter, mas. pakai pasir biasa aja. pasir yang buat bangun rumah. taruh di situ dan agak dibasahi sedikit...


      mengenai penyakiynya, hmm, gak lebih baik bawa ke dokter hewan aja mas? soalnya takutnya nanti penyakitnya tambah parah. yah, saya sarankan sih mending bawa ke vet aja biar lebih pasti...

      Delete
  60. Dok, sy habis dibelikan kura2 brazil ukuran 9-10 cm, sebut saja si A dan si B (maklum krn blm dikasih nama hehe). Keduanya doyan makan sawi dan pelet. Setelah sy perhatikan, si A saat mengluarkan kepala ditengah2 kepalanya ada benjolan berwarna pink agak keputih2an, perkiraan sy mungkin akibat luka gigit olh kura2 lain saat msh di toko. Dan si B di ke empat kaki bagian belakang trdapat white spot, kulitnya pun berwarna hijau pucat. Tnpa pikir panjang, mereka sy rendam dgn garam ikan kedalam 1 wadah, dan tiap pagi sy slalu jemur mereka. Tp kelamaan white spot si B malah nular ke si A. Dan benjolan si A brubah mnjadi warna putih. Saat itu mereka mnjdi suka merem, nafsu makan berkurang drastis.
    Akhirnya mereka sy pisah, dan tiap malam mereka sy rendam dgn Sakkai Pro Acriflavine Plus, pagi sy jemur dan siang sy rendam dgn garam ikan.
    Efek stlh 3hari sy kasih obat itu, white spot mereka mulai menglupas seperti berganti kulit, tp yg disayangkan mereka msh suka merem, tanpa aktifitas dan sampe skrg sudah 6hari tidak makan.
    Pernah sy usap2 kaki si B agar white spotny nglupas, dan akhirny skrg udh bersih.
    Yg sy tanyakan dok, knp mereka masih loyo ya ?
    Nafsu makan juga berkurang drastis?
    Apakah pengobatan dn inisiatip sy salah ?

    Trimakasi dok, maaf sy curhat byk #efek panik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya begitu mas tahu salahsatu dari 2 kura2 itu sakit, langsung mas pisahkan keduanya. jangan disatuin dalam satu akuarium karena kemungkinan besar bakalan nular.

      dari penanganannya sih udah bener (selain yang saya sebut di atas). kalau emang masnya worry, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja. apalagi ini udah lebih dari 4 hari.

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  61. Malam dok,
    Sulcata sy 5cm dah skitar 4 hr ga nafsu mkn, 2 hr blkgn malah apt ga makan. Ga kliatan ada feses jg. Biasanya lincah dan lahap. Diet trakhir, pakcoy, selada, labu..kdg sy 'hibur' dgn lepas di rumput (jenis spt 'karpet' kata yg jual)..lahap. Hal yg sm jg tjadi pd istar 4cm..tp dia ga sy ksh rumput (sblmnya tdk sekandang, tp 2 hr ini sy satukan). Hr ini sy tetesin air gula aj..khwatir ga ada asupan. Sementara di kandang yg trpisah ada istar 6-7cm..diet relatif sm..so far so good. Semua tiap jam
    8an..rendam air (kadang hangat, sejak trn hjn) max 5 mnit..trus jemur min 15mnit max 1jam tgantung intensitas sinar matahari. Mhn solusi ya dok...mksh dok - salam

    ReplyDelete
  62. Oh iya, kbetulan lokasi sy dekat dgn puskeswan Ragunan..smpat terpikir ke sana. Apa dokter ada saran/info ttg puskeswan Kementan yg di Ragunan/Ps. Minggu? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya. mending bawa ke puskeswan ragunan aja mas. biar lebih jelas. saya ada kenalan juga di sana.

      tebakan saya sih karena perubahan cuaca aja mas. biasa, pancaroba ngebuat beberapa jenis hewan (kura2 termasuk) sakit.... :)

      Delete
    2. update kondisi sulcata hr ini karapas dan plastornya melembek..padahal rutin jemur ya. Apa kena metabolic bone? gmn cara bikin dia bertahan sblm ke dokter ya? sptnya jdwal krj blm bs kompromi 1-2 hr ini. mksh

      Delete
    3. kayaknya iya kena MBD. mas bisa minta tolong ke orang rumah buat bawa.... soalnya urgent.... atau kalau mas bisa izin, izin dlu aja....

      saya berharap saya bisa ke rumah mas buat nanganin sulcatanya. tapi minggu ini saya masih di brunei buat tugas rutin.... maafkan saya cuma bisa bantu via tulisan, mas... :(

      Delete
    4. Mksh dokter atas perhatiannya. Sy kg ga tega megangnya. Sy usahakan dok mdh2an

      Delete
    5. Kabar sedih dok :(
      Pagi td sy cek sulki sy, gerak dikit dengan cara 'nyeret' ato 'ngesot'..sy putus kan utk ke puskeswan Ragunan. ditemui oleh dokter (lupa menanyakan nama, perempuan relatif muda berhijab). Si sulki sempat diperiksa sambil sy jg menjelaskan, dokter blm bs memberikan opini apa2, krn tnyata di puskeswan jarang mendapati kasus kura2 baby. Dokter merujuk sy ke drh. Edward (dokter hewan bonbin Ragunan). Saya langsung menelpon beliau dan kebetulan lokasinya berdekatan maka sy bergegas ke tempat prakteknya. Hal hampir serupa terjadi..nampaknya dokter ragu memberikan pendapat medisnya krn mgkin jarang menangani kasus serupa. Sempat memutuskan utk menyuntik antibiotik, namun ketika dicek fisik lagi trnyata menurutnya sdh tidakada respon/gerakan. kami sempet terpaku hanya memandangi si sulki yg tdk bergerak. Akhirnya sy memeutuskan pamit. Ketika saya hendak memasukkan si sulki ke wadah sy melihat dan dia menggerakan kepalanya. Sy beritahukan dokter, namun tampaknya dokter sdh pesimis dan raguuntuk mengambil tindakan. Saya pun puang ke rumah. Sesampainya di rumah, sy coba menjemur lg si sulki, menurut sy sih blm 'berakhir'...tp begitu sy pindahkan ke dalam rmh, sepertinya kondisinya sdh cukup meyakinkan bhw si sulki sdh 'beristirahat di dalam tempurung'-nya untuk selamanya :(

      Delete
    6. Saya masih khawatir trhadap si baby istar (4,5 cm) yg juga blm mau makan..tp kalo dimandikan sejenak di air hangat dan dijemur dia membuka mata. Sy mash teteskan air gula 2-3 tetes. tiap pagi dan malam. Kmrn sy sempat lihat mata kanannya agak berair. Gmn ya untuk si istar ini. Mau saya bawa ke puskeswan atau dokter hewan terdekat pun nampaknya blm pas dengan pengalaman/spesialisasi dokternya. Dokter ada referensi. Atau dokter Fira buka praktek..dmn lokasinya? mksh

      Delete
    7. mas posisi dimana?
      gak diberi injeksi samasekali sama dokternya?

      emang bergantung ke pengalaman juga. sayangnya sampe minggu depan saya masih di kalimantan. tugas kerja.

      kalau emang nanti si sulcata bisa bertahan, akan lebih baik mas gabung ke grup atau komunitas pecinta kura2 di kota mas atau di facebook. mereka biasanya ada rekomendasi dokter hewan atau klinik...

      saya berharap ada keajaiban, apapun itu... :(

      Delete
  63. Selamat sore dok. Saya punya kura2 indian star. Msh sekitar 5cm. Awal2 nya dia nafsu makan lahap gt. Tp udah 8bln ak rawat. Dan tepatnya kmrn2 dia ga mau makan, lemas, mata tertutup. Dan hr ini sama sekali lemas, mata tertutup saya masih bingung kura2 saya itu uda mati blm ya dok? Krna saya bca komen2 di atas byk yg kura2 nya mata tertutup , tdk napsu mkn, lemas. Td pagi saya lihat kura2 saya msh pindah posisi dok. Tp saya terkejut ketika saya mau ksh mkn, msh ttep ga gerak, lemas, mata tertutup, skt apa udah mati ya dok? Sungguh membuat saya lemas juga. D tgu dok jwbn nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin.

      banyak sebab: pilek (terutama kalau hidungnya basah) atau gangguan paru2 (kalau dia susah bernafas). cuaca juga ngaruh, mas, soalnya lagi pancaroba....

      Delete
  64. Si sulcata sdh dikubur td sore ya dok...
    Iya kedua dokter td ga ksh tindakan

    Kalo si istar (4,5cm) ini yg blm mau mkn dan sy msh berharap bs membaik.
    Lokasi sy di Kebagusan (dkt pintu timur kebon binatang Ragunan), dok...
    Sy jg gabung bbrp grup pecinta kura2, sdh terapkan bbrp masukan jg...mksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsul aja ke anak2 grup, mas. maaf saya tidak bisa ke lokasi karena lagi diluar kota.

      sehat terus buat si istar...

      Delete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. Saya mau tanya dok, saya punya emys 25cm yg udh saya rawat 1thn lebih, sebelumnya sehat sehat aja, makan lancar dan aktif gerak sanasini. tiba tiba hari ini dia gak mau makan sama sekali dan gak aktif geraknya. Saya cek ngga ada tanda tanda penyakit, tubuh normal, mata melek, hidung gak ada lendir. Itu kira kira kenapa ya dok? Sakit atau malah mau bertelur ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang selama ini pernah ada usaha buat mating (dikawinkan)?

      mas taro emysnya outdoor ya? bener?
      cuaca lagi gak bagus buat hewan karena lagi pancaroba. lebih baik taro indoor aja. coba cek fesesnya. mencret atau berair gak? kalau iya, kemungkinan sakit. tebakan saya sih ada hubungannya ama cuaca, kalau mas yakin dia gak salah makan...

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Mating atau tidak saya gak tau dok, yg jelas dikandang ada sepasang, nah yg sakit ini yg betina. Emys saya di outdoor dok, ada taman yg khusus saya buat. Kalau fesesnya saya blm perhatikan, memang belakangan ini dikandang jarang keliatan poops nya kura seperti biasanya. Selama ini saya kasih makan seperti torto pada umumnya, sayur dan buah. Kalo emang krn cuaca, gimana cara biar dia sembuh dok? Trus preventasinya gimana? Apa di kandang saya perlu pasang lampu yg hangat? Jd takut yg 1 lagi sakit juga =.=

      Delete
    3. saran saya sih selama beberapa minggu ke depan mending taro indoor aja dlu. atau kalau outdoor, ada hiding partnya gak? bagian kandang yang tertutup biar dia bisa berteduh atau menghangatkan diri di situ kalau lagi dingin...

      tebakan saya kalau emang dia gak poop, kemungkinan salah makan. ini kerap terjadi pada torto yang ditaruh outdoor. alas kandangnya apa mas? tanah biasa aja gitu?
      bisa jadi ada bedding yang menempel di makanannya, kemudian gak sengaja termakan dan menyebabkan dia konstipasi (susah BAB).

      itu tebakan saya aja. kalau saya sarankan, mending bawa ke vet terdekat biar dicek. bawa juga sample fesesnya kalau emang ada. dan untuk yang pejantan, saran saya pisahkan dlu dengan yang betina... :)

      kabari saya ya mas

      Delete
  69. Iya sekarang sedang di karantina di indoor dok, saya baru pulang kerja kondisinya masih lemas. Kayaknya besok saya cari vet terdekat deh. Kandangnya full rumput gajah, ada shelter 70x70 cm di pojok kandang pake substrat pasir. Apa mungkin dia sakit krna makan jamur ya dok? Tadi saya liat lagi di sebelah kandang banyak jamur jamur numbuh di sela rumput, minggu lalu udah di tebas tapi skrg numbuh lagi. Oh iya, gelagatnya di kandang terakhir agak aneh juga dok, dia jadi lebih suka berendam di air, biasanya gak pernah berendam kalo ngga saya yg sengaja rendam sekalian jemur, kalo saya taruh di darat gak mau bergerak, gerak sedikit doang. sakit apa ya? Masih penasaran =.= udah gitu res saya juga ikutan kena pilek ngeluarin gelembung, teramicyn saya lupa simpen dimana ya. Apa setiap musim pancaroba itu musimnya reptil sakit ya dok? =.=

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya. berarti benar dugaan saya dia salah makan. dan kemungkinan memang kena bakteri atau racun dari jamur. makanya dia merasa panas badannya. karena itulah dia berendam. tapi untuk cuaca yang lagi gak menentu kayak gini juga berendam kurang bagus juga, mas. malah fluktuatif nantinya suhu tubuh kura2nya, yang berakibat berkurangnya daya tahan tubuh...

      saya seneng kalau mas mau bawa kura2nya ke dokter hewan terdekat. sekalian minta penambah daya tahan tubuh aja ke vet-nya...

      pola makan emang kudu dijaga baik2 kalau lagi pancaroba begini. reptil adalah salahsatu hewan yang paling rentan terhadap perubahan suhu dan iklan, makanya banyak reptil sakit....

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  70. Dok...kura2 saya ga mau makan ...anus kaya be ngkak ...ga buang air..tidurterus gimana yaa kalo gitu..napasnya mangap2..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura2nya apa mas?
      lubang hidungnya keliatan basah nggak?

      cuaca emang lagi gak bagus buat reptil karena lagi pancaroba. jaga kondisi kandang agar tetap hangat.

      tebakan saya mengenai kura2 mas kayaknya sih kalau gak pilek ya pneumonia.

      ada artikelnya kok di blog saya ini....

      Delete
  71. Dok saya baru pelihara sulcata..di toko agresif.tapi sampe rumah kok jadi lebih sering meringkuk...dan makan gk lahap..matanya jg nutup terus.. apa kura kura saya sakit?

    ReplyDelete
  72. Dok, saya bru beli kura2 kemarin. Trus wkt saya perhatikan waktu smpe rmh, mata kura2 yg satunya berselaput. Itu knp ya dok? Kura2 yg saya beli masih kecill ukurannya mungkin masih sekitar 3-5 cm.

    ReplyDelete
  73. Dok, Saya punya baby torto sulcata berumur 10 bln. 3 bln yg lalu sempat terkena flu dan setelah itu sembuh. Setelah sembuh ada perubahan pada kerapas nya. Yg semula berwarna kuning agak pekat sekarang menjadi kuning memudar dan agak kecoklatan. Apakah itu menandakan sebuah penyakit ? Bagaimana cara mengobatinya ? Apakah langkah2 yg bs saya lakukan agar tidak terjadi hal yg serupa utk kedepannya ? Apa tips agar baby sulcata saya punya nafsu makan pelet utk torto ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu pilek kemaren, dikasih obat nggak? kalau dikasih obat, boleh saya tahu apa merknya? :)

      setelah pileknya sembuh, apakah dia mau makan? atau malah mogok makan? kalau mogok makan, kemungkinan belum sembuh benar itu mas. kalau soal tempurungnya yang berubah warna, kemungkinan karena pengaruh obat.

      soal pembiasaan makanan biar dia mau makan pellet, emang selama ini dikasih pakan apa mas? kalau menurut saya, lebih sehat kasih makan sayur dll. pellet boleh sesekali, tapi jangan keseringan. malah bikin kanker nantinya... :)

      biar dia mau makan pellet, boleh dikasih dikit2 dlu... :)

      Delete
  74. Obatnya Terramicyn cair dok.

    Nafsu mkannya sudah mulai membaik karena ada tmannya yg sejenis yg nafsu mkannya tinggi jdi torto saya jg terpacu nafsu mkannya dok.

    Pelket nya walzuri dok. Yg saya bca di artikel torto pellet hanya boleh dikasih 1x seminggu dok. Jdi saya ikutin sarannya.

    Ada solusi buat kerapas nya gak dok ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau terramicyn harusnya aman.
      kemungkinan emang karena cuaca. sejak musim ujan, jarang dijemur ya mas? bener?

      coba lebih sering dijemur dan jaga agar tetep hangat....

      Delete
  75. Iya bener dok. Mau tanya lg dok. Kalau torto susah buang air besar nya. Masalahnya apa ya dok ? Torto saya direndam dlu baru bisa buang air besar dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang serat itu, mas...
      coba lebih sering diberi makan sayuran dan buah... :D

      Delete
  76. Malam dok, knp ya RES saya mata sebelah kirinya kyk ada selaput hampir setengah bagian dan membengkak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. reptil emang banyak sakit akhir2 ini karena perubahan suhu.
      airnya yakin bersih? biasanya karena bakteri kalau kayak gitu. kalau diangkat dari air, muncul gelembung dari lubang hidung?

      jaga suhu air agar tetap stabil, sementara bisa dikasih garam ikan dengan dosis 1mg per liter air...

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Biasanya aku ganti air 2-3x sehari kok dok. Iya dok skrg aku kasih heater biar ttp stabil. Trims bantuannya dok

      Delete
    3. kalau dalam 4 hari belum ada perubahan, lebih baik bawa ke vet aja... :)

      Delete
  77. Siang dok. Saya mau tanya lg dok. Karapas torto sulcata saya kenapa jdi lunak ya dok ? Penyebab nya apa ya dok ? Dan jg cara mengobatinya bagaimana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya buatkan artikelnya. silakan disearch aja: cara mengobati tempurung kura-kura lunak

      Delete
  78. Dok,cara menangami labi-labi yang di leher nya kaya ada jamur nya gimana yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama kayak gitu?
      kalau udah lama, saran saya bawa ke vet aja mas. takutnya dah nyebar.

      kalau belum lama, coba ke toko akuarium, beli garam ikan. caranya, bisa dibaca di artikel di atas.

      Delete
  79. Dok, kura2 saya td saya jemur dengan keadaan tanpa air, pas saya mau bawa ke dalam kondisinya terbalik dan fesesnya encer dan kemana2...entah keinjak2 atau gmn. Setelah saya masukan ke air, dia lemas ga banyak gerak seperti biasanya, drtd ga mau makan juga, tempurung bawahnya kaya ada lebam merah2 gt kira2 knp dan harus bagaimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dijemur tanpa air?? :(
      jenis kura2nya apa?

      kalau jenis kura-kuranya adalah kura2 air atau kura2 semi akuatik (kayak kura2 brazil), kasih air aja.

      dan berapa lama mbak jemurnya? kemungkinan dia dehidras itu...

      mending bawa aja ke dokter hewan kalau emang urgent...

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  80. Dok, saya punya kura Darat Istar 5-6 cm, belakangan ini dia doyan makan, tp feses x berair dan berwarna hijau, trus kadang mata x suka d usap" pakai lengan x dok..gimana cara ngatasinya dok? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidung berair ya mas?
      kemungkinan dia ngerasa gak nyaman dengan hidungnya. bukan sakit, karena kalau dia sakit, kemungkinan gak mau makan.

      mas bisa cek bagian hidung dan matanya. bisa jadi juga karena cuaca. cuaca emang lagi gak bagus buat reptil. mas bisa pindahkan ke ruangan yang lebih hangat...

      Delete
  81. Dok, kenapa ya dua kura-kura saya mati mendakak. Saat si A,B,C lagi dijemur mereka lincah, makan juga mau. Tapi setelah saya tinggal satu jam, si A dan B mati.. Posisi matinya si A kepala setengah keluar dan kaki lurus kebelakang sedangkan si B kepala didalam dan kakli lurus keluar. Si A dan B berukuran 18cm an.. sedangkan yang C kecil berukuran 7cm.
    Sekarang kura2 saya tinggal si C, dilihat2 merasa kesepian dan menjadi sedikit susah makan.
    Ini kenapa ya dok kok bisa mati mendakak berbarengan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya sehat2 aja? si A dan si B sebelumnya fesesnya gimana? beberapa hari sebelum mati? mas memperhatikan gak?

      biasanya kalau kura2 sakit, bisa keliatan dari feses, nafas, dan bagian tubuh lain seperti hidung dan mata.

      kemungkinan lain, dehidrasi. adakah kemungkinan kayak gitu mas? suhu sekarang emang lagi gak bagus buat reptil.

      tebakan saya sih bisa aja keracunan. tapi kecil kemungkinan. jadi kemungkinan pertama dan kedua lebih mungkin terjadi....

      Delete
  82. Sore dok, saya ivan, saya punya kura2 RES yg ukurannya sekitar 15cm, dikaki depannya ad semacam apa gt yg warnanya coklat, seperti kutil dok, suka digigit sama RESnya, itu ap y dok lalu bagaimana penanganannya? Selama ini makanan pelet jd menu utama selain cacing sutera, kebersihan kandang terjaga seminggu sekali dibersihkan jg saya menggunakan filter air.terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak karena kuman, ya karena virus itu mas.
      kalau kura2 rentan sih kena kuman atau virus. tebakan saya sih kuman atau bakteri, makanya dia kerasa gatel. itulah yang menyebabkan dia sering menggigit bagian itu...

      saran saya bawa aja ke dokter hewan terdekat, biar dioperasi kecil. murah kok mas biayanya.....

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.