Tuesday, May 13, 2014

Cara Memelihara Pardalis | Drh. Fira Sovica

Kura-kura pardalis disebut juga kura-kura leopard dengan nama latin Stigmochelys Pardalis adalah jenis kura-kura darat selain sulcata yang banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan. Cara memelihara dan merawat pardalis hampir sama dengan cara memelihara sulcata.
Cara Memelihara Pardalis
Image taken from strictlyreptiles.tv
Dan berikut adalah cara

memelihara kura-kura pardalis

yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara pardalis.
  1. Kandang kura-kura pardalis.
  2. Di habitat asli, kura-kura pardalis adalah jenis kura-kura darat yang hidup di padang rumput beriklim kering. Jenis kura-kura pardalis banyak hidup di benua Afrika, dan tersebar di Sudan dan sekitarnya. Untuk kura-kura pardalis yang dipelihara, anda bisa menggunakan kandang berupa akuarium yang diberi bedding (alas kandang) berupa kertas koran. Tempatkan wadah air minum di pojok kandang dan jaga agar bedding selalu bersih.
  3. Makanan kura-kura pardalis.
  4. Kura-kura pardalis adalah jenis kura-kura herbivora (pemakan tumbuhan). Anda bisa memberikan sayur-sayuran sebagai makanan pardalis seperti siomak, kangkung, dan caisim sebagai makanan sehari-hari kura-kura pardalis anda. Pemberian makanan diberikan setiap pagi dan sore.
  5. Cara merawat pardalis.
  6. Merawat kura-kura pardalis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat sulcata. Basking atau menjemur kura-kura pardalis dibawah sinar matahari bisa dilakukan minimal satu atau dua kali dalam seminggu. Penjemuran pardalis hendaknya dilakukan dibawah jam 9 pagi saat sinar matahari tidak terlalu panas. Lakukan langkah menjemur kura-kura pardalis anda selama 15 hingg 20 menit dibawah pengawasan anda, dan segera pindahkan kura-kura pardalis ke tempat yang sejuk bila si pardalis sudah mulai terlihat gelisah. Anda bisa juga menempatkan lampu UVB yang biasa digunakan untuk reptil di atas kandang pardalis. Nyalakan lampu tersebut tiap pagi dan petang selama 5 menit. Kura-kura pardalis tidak perlu dimandikan. Cukup mengelap seluruh badan pardalis dengan kain lap yang dibasahi air hingga semua kotoran di tubuh kura-kura pardalis anda terangkat.
Itu tadi cara

memelihara pardalis

yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara kura-kura pardalis. Artikel diatas diharapkan bisa membantu para pecinta torto di seluruh indonesia. Punya kritik dan saran? Silakan tulis di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

2 comments

Selamat malam dok, terkait pardalis ini ada yg saya ingin tanyakan... Tentang info "sudden death" yg menghantui org yg memelihara pardalis. Apakah penyebab pastinya dok, terkadang hal tsb dialami oleh pardalis yg kondisi nya sehat.
Trims sebelumnya..
Salam - ismail (bdg)

mengenai suddent death, sebentar lagi akan saya publish, mas... tunggu aja artikel terbaru saya..


Silakan upload gambar.