Ciri Musang Stress | Drh. Fira Sovica

Stress pada musang

sebenarnya jarang terjadi kecuali saat-saat tertentu. Ciri musang yang kena stress bisa diketahui dengan tanda stress pada musang berikut ini. Oh ya, bagi anda yang ingin flashback dengan membaca artikel cara memelihara musang pandan, cara memelihara musang bulan, serta cara memelihara musang rase, anda bisa membaca artikel tersebut di blog saya ini. Artikel ini berkaitan dengan artikel saya sebelumnya, yaitu artikel penyebab stres pada musang.
Ciri Musang Stress
Musang Pandan Coklat, musang khas india.
Image taken from wikipedia.com
Ada beberapa ciri spesifik musang yang stress. Secara garis besar, tanda musang stres adalah sebagai berikut:
  1. Perubahan perilaku.
  2. Musang yang tadinya jinak total menjadi galak, bisa jadi musang tersebut galak karena stress. Kasus ini biasanya terjadi karena musang tersebut telah menempuh perjalanan yang jauh. Musang yang jinak total bisa menjadi menjadi galak akibat perjalanan yang jauh. Namun perubahan ini tidak berlangsung lama. Cukup tempatkan musang tersebut di ruangan sepi dan diberi makan dan air, dalam beberapa menit musang akan jinak kembali. Patut saya ingatkan bahwa oknum pedagang musang yang nakal kerap menggunakan metode ini untuk menipu pembeli. Mereka mengatakan musang yang dijualnya merupakan musang jinak, menjadi galak karena dikirim dari jarak jauh. Jika menghadapi kasus seperti itu, anda bisa mengkarantina musang tersebut di ruangan sepi dan membiarkannya selama 1 atau 2 jam sambil terus diberi makan. Jika setelahnya musang tetap galak, maka sepatutnya anda curiga. Anda bisa membaca artikel artikel saya mengenai cara menghindari penipuan saat membeli hewan.
  3. Nafsu makan menurun.
  4. Musang yang sedang stress biasanya mengalami penurunan nafsu makan. Namun gejala musang stress ini biasanya tidak berlangsung lama. Nafsu makan musang akan kembali ke semula saat dia sudah sembuh dari stressnya. Cukup taruh musang di ruangan sepi selama beberapa saat sambil diberi makan, dalam beberapa jam biasanya nafsu akan kembali. Jika nafsu makan musang tidak kunjung membaik, silakan anda baca artikel cara mengatasi musang mogok makan.
  5. Musang bergerak-gerak resah di dalam kandang.
  6. Ciri dan tanda musang yang stress yang ketiga adalah musang terlihat bergerak berputar-putar, bolak-balik, dan bergerak resah dalam kandangnya, biasanya dibarengi dengan geraman halus. Namun, ciri musang stress yang ketiga ini tidak melulu menjadi tanda bahwa musang tersebut stress, karena musang yang sehat (tidak stres) juga kadang melakukan gerakan ini di dalam kandangnya. Tanda musang stress nomor 3 ini hanya bisa disebut sebagai tanda stress pada musang bila diikuti dengan gejala nomor dua yang sebelumnya sudah saya sebut di atas.
Demikian adalah

ciri dan tanda stress pada musang

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel ciri stress pada burung hantu ini bisa menjadi penambah wawasan bagi anda. Terima kasih. (FS)

140 Responses to "Ciri Musang Stress"

  1. musang berputar-putar dikandang termasuk stress kah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan. kecil. :)
      kemungkinan yang lain adalah si musang tidak biasa (atau belum terbiasa) dengan kandang yang kecil, sehingga dia merasa tidak nyaman. biasanya, musang hasil tangkapan liar dan musang yang baru pindah ke tempat baru (kandang yang baru) mengalami seperti ini. :)

      Delete
    2. Dok mau nny nih,musang saya musang akar,umur kisaran 3-4blan, musang saya setelah di kirim dari perjalanan jauh mengguna kapal sekitr 8jam, trus pas tiba di tempat kenapa leherny menghadap ke kanan trus,dan di iringi dengan berputar ke arah yg sama sebelah kanan? Nafsu makan kuat, mata di lihat secara awam juga sehat, kalau malam dia selalu bergerak berlebhan seperti ada penyakit syaraf,apa ada indikasi lain? Mohon bantuannya dok

      Delete
    3. sebelum perjalanan 8 jam itu gak begitu ya mas?
      itu kemungkinan stress akibat perjalanan. diamkan di ruangan sepi sambil terus dikasih makan. air minum kasih air madu.... :)
      biasanya lewat 2 - 4 hari udah normal lagi.. :)

      Delete
  2. musang saya nafsu makanya juga turun dok.trus juga berputar putar di kandang.terus jadi gigit gigit juga.
    itu penangananya gimana dok.? kayaknya stres..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia masih mau makan, dia berputar2 di kandangnya terus karena dia belum terbiasa dengan kandangnya aja mas.... musang mas baru dateng/baru dibeli? nanti kalau sudah terbiasa dengan kandangnya biasanya dia tenang sendiri....

      Delete
  3. Malam Bu Dokter.....
    "Cukup taruh musang di ruangan sepi" apakah harus dengan lampu menyala atau lampu dimatikan (ditambah kain penutup pada kandang agar tambah gelap, semacam penutup kandang burung)

    Atau dengan kondisi lampu menyala dengan harapan musang tersebut menjadi terbiasa.

    Yang manakah lebih baik Dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting sepi (tidak banyak suara), kalau mau dinyalain atau dimatiin lampunya, terserah. saya sih menyarankan mending dinyalakan... :)

      Delete
    2. Kalo gelep2an bahaya ya dok..tar hamil musang nya 😂😂😂

      Delete
  4. Bu dokter
    musang saya umur 3 bulan dalam beberapa hari ini tidak mau makan, dan di gusi ada merah-merah dan di bagian bibir pecah-pecah seperti sariawan. mohon infonya bagaimana cara mengatasinya agar mau makan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa??
      coba untuk selanjutnya cukup diberi makan buah2an saja mas, jangan yang lain. pepaya saja. kalau belum bisa makan sendiri, dijus dulu (jangan pakai gula)....

      Delete
  5. Asslmlk dok, aku punya baby musang matanya belum melek, mau di bawa perjalanan jauh gimana biar aman bawanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara membawa musang bepergian..

      Delete
  6. Dok. Saya kmrn mlm nemu musang pandan. Saya kandangin. Tp dia mojok gitu. Trs suka ngeringkel kalo kita deketin
    Itu knpa ya dok ? Dn kira kira sampai kapan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara itu biarin aja begitu. taruh kandangnya di kamar sepi agar dia adaptasi.
      kasih makan buah matang, kasih air mineral campur madu. (disekitar kandangnya goreskan kapur semut agar airnya gak disemutin)

      Delete
  7. dok,, saya punya musang akar sekitar 11 bulan,awalnya jinak total, gara2 ada orang yang mainin dia dengan kasar dia berubah jadi galak, gak bisa dipegang, mau gigit, dideketin aja hissing,kayak orang ketakutan, udah 4 hari gak berubah2. dulunya sering main2 sekarang cuma diam bengong kayak orang bodoh,, gmana cara penangannya dok,, tolong banget solusinya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu dia dimainin ama orang itu, dia belum terlalu lama sama mbak? bener?
      kalau iya, kemungkinan galak lagi emang ada aja. atau dia bisa baca kalau mbak itu sebenernya takut sama dia. makanya dia jadi galak. semua hewan bisa baca pikiran kita, mereka bakalan tau perasaan kita kayak gimana.....

      hilangkan rasa takut. anggep aja biasa. biasanya kalau musang kayak gitu, dia cuma marah aja sama kita. dianggap kita sebagai masternya gak bisa nolongin dia waktu dimainin secara kasar sama org. baik2in aja. jangan malah dijauhin. kalau dijauhin nantinya malah makin galak dianya...

      coba baca artikel saya cara menjinakkan musang.... cari di bagian cari artikel...

      Delete
    2. iya mbak,, baru sekitar 1 bulan saya adop,, tapi saya udah sering main sama dia sekitar 3 bulan,,,
      stres berat dia dok,, saya di gigt sampai berdarah2,,,

      Delete
    3. dia keliatannya trauma sama tangan dok,, padahal kalau dicium keningnya,, atau deket2 kepala kita sama dia gak apa2.. malah dijilat jilatin,,, tapi kalau liat tangan langsung di gigitnya,,,

      Delete
    4. mbak sering2 pendekatan ama dia. kayak iya dia stress berat. pindahkan kandang ke ruangan sepi (gak rame orang, dan gak ada suara). kasih minum air madu. lakukan selama seminggu penuh sambil mbak sering2 ajak main....

      saya sih yakin dia bisa jinak lagi... :)

      Delete
    5. Dokter saya mau tanya kalau pernafasan musang gak teratur apakh musang itu skit, trus air kencingnya seperti warna permen relaxa seperti warna biru violet gitu. Kalau mkan dan mnumnya biasa aja, tp nafasnya klihatan dr pergerakan perutnya berbeda sama tman2nya. Mhon penjelasannya dokter terimakasih dokter

      Delete
    6. kalau musang yang ngos-ngosan itu disatukan dengan musang lain, mending pisahkan dulu. karantina di kandang lain (sendirian).

      selama ini dikasih makan apa mas? udah berapa lama dia begitu? nafsu makannya gimana? saya tunggu jawabannya. saya punya tebakan, tapi mending biar memastikan, saya tunggu jawaban mas dlu... :)

      Delete
  8. dia keliatannya trauma sama tangan dok,, padahal kalau dicium keningnya,, atau deket2 kepala kita sama dia gak apa2.. malah dijilat jilatin,,, tapi kalau liat tangan langsung di gigitnya,,, saya tadi udah memberanikan diri untuk membiarkan digigit,, tapi malah makin kelihatan stres dok,,malah dia yang takut sama saya,,

    ReplyDelete
  9. Makasih ya sarannya dok,,, makasih banget... hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. seneng bisa bantu2.
      kapan2 boleh mampir lagi kalau ada problem.. :)

      Delete
  10. dok saya baru beli musang ea kira" umur 5 bulan tapi dia ox aneh ea dok... anehnya dia sering berdiri dipojokan kandang trus sambil muter"in kepalanya itu kenapa ea dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena belum terbiasa di kandang yang baru. gak apa2, nanti kalau dia udah kerasan dan terbiasa juga diam sendiri... :)

      Delete
  11. kalau minuman hydro coco gunanya buat pha to dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 dikasih hydro coco. cuma ya mending jangan terlalu sering, mas. :)
      ada zat pengawetnya. kalau mau aman sih pakai sari kurma dikasih air aja. lebih menyehatkan... :)

      Delete
  12. kalau minuman hydro coco gunanya buat pha to dok....
    dia ox suka banget mnuman itu ea dok...

    ReplyDelete
  13. Bu dokter saya mau tanya saya punya musang akar usia baru 2 bulan setengah..... musang saya kok sering minum air kencing sama makan pup nya sendiri ya dok apa itu ciri2 stres dok...musang saya ..saya beri makan bubur sun campur susu sgm ..

    ReplyDelete
  14. Dok mau tanya musang saya umur 5 bulan kalo stres dia gigit2 buntut ampe basah trus nafanya ngos2san abis itu air liurnya netes itu tanda rabies atau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih menyarankan mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin, mas.

      atau gini aja. selama 3 hari mas kasih sari kurma. kandang pastikan bersih. setiap hari jemur dibawah sinar matahari pagi selama 10 menit. makan pastikan bersih dan selalu tersedia. kalau dalam 3 hari belum ada perbaikan juga, mending bawa ke dokter hewan...

      kandang bersih? biasa mas kasih makan apa? saya tunggu jawabannya...

      Delete
  15. dia kalo di ajak main sama musang lain gitu dok suka ngos2san tapi kalo main sama saya ngga ngos2san

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending observasi aja selama seminggu ke depan. jaga makanannya, kebersihannya kandang dan musangnya, dan coba kasih sari kurma di minumannya... :)

      Delete
  16. doc..salam dari malaysia..saya mau nanya..musang saya sekitar umur 1 bulan..barusan tadi dikirim dari perjalanan jarak jauh .. now,bising aja dari tadi..gak mau senyap.gak mau makan....saya udah letak dikamar sepi....tapi musang saya gak bisa makan sendiri...gimana ya dok solusinya...masih gak mau senyap..bising aja terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. salam untuk sahabat dari malaysia.. :)
      saya coba jawab dengan english:

      for baby civets, its normal if he's/she's 'crying' because he's/she's still have a bond to his/her parents. the point is, baby civet has a strong bond to his/her parent, and he's/she's still need nutritions from milk of his/her parent.

      keep the civet warm. you can read my article 'cara memelihara bayi musang' and related articles. :)

      by the way, you can join to Musang Lover Malaysia group in facebook.

      i want further info about your civet. i hope we can keep contact. :)

      Delete
    2. thank you for the replied and information...im already joined the facebook group.i hve read most of your article too,,really helping..keep the good work ya doc....really helpful..again..thank you so much

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Slamat siang.. maaf mau tanya apa blh musang yg baru di beli langsung dimandikan??karena musangnya bau got..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. karantina dulu barang sehari atau 2 hari, mas. :)

      Delete
  19. Dok saya kemarin lusa mendapatkan musang pandan yg jatuh dari motor pemiliknya dan pemiliknya itu tdk tau musangnya jatuh, saya bawa kerumah ternyata kaki belakangnya itu luka lumayan agak besar nah saya obati pake obat merah terus saya perban, skrng luka musangnya udh kering tapi musangnya gamau makan dok dikasih pepaya,pisang,ikan,ceker gamau semua, saya takut dia mati dok. Punya saran ga ya?

    ReplyDelete
  20. Selamat siang, dok saya ijin bertanya...
    Saya kemarin malam (minggu) saat ada giat di luar menemukan musang pandan, kalau dilihat dari fisik mungkin sekitar 11 bulan sampai 1 tahun. Dan si musang jg sepertinya kabur dari kandang(terlihat saat saya tangkap ada kalung'y). Yang mau saya tanyakan bagaimana cara agar musang tsb lebih tenang dan tidak agresif? Kalau untuk makan dia sedikit milih",. Baiknya bagaimana dok??

    ReplyDelete
  21. Dok saya mau nanya, musang saya kan saya taruh didalam rumah dikandang ketika saya kasih keluar rumah musang nya getar" gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca emang lagi gak bagus buat musang. lagi pancaroba. mending taruh di dalam rumah dlu.. keep it warm.. :)

      Delete
  22. Dok saya mau nanya, musang saya kan saya taruh didalam rumah dikandang ketika saya kasih keluar rumah musang nya getar" gitu

    ReplyDelete
  23. Dok mau tanya nih ,saya beli rase umur 3bulan,, ada egak perubahan tingkah laku rase ketika dfree room sama dkandangin trus??satu lg pertanyaan sya dok bgaimana ngilangin kaget pada rase,,trimakasih dok sbelum ny :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas pertanyaannya.
      musang rase emang gitu mas, kagetan. bisa sih dikurangi rasa kagetannya. sering2 aja ajak main.
      apakah bakal berpengaruh buruk kalau rase dikandangin terus? nggak, tapi sebaiknya diajak main minimal sehari 2x atau sehari sekali. :)

      Delete
  24. Dok musang saya musang pandan,td cobha kami kasih hernes tp dia lemas.eh setelah beberapa jam dia nafasnya lebih kencang dan gak teratur mulutnya terbuka terus itu knp dok
    Saya harus gmn?

    ReplyDelete
  25. Dok mo nanya
    Rase sy kalo di dalem kandang kadang suka bunyi terus
    Apa ini salah satu gejala stress jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak nyebutin usia rasenya berapa...
      kalau rase anakan biasanya emang gitu. biasanya karena lapar or something...

      setau saya sih musang rase stress gak sering bunyi...

      Delete
  26. Pagi bu dok... saya mau tanya bu.. saya melihara anakan muspan, alhamdulillah blm prnah sakit, kalo bisa jangan sampe sakit, hanya saja saya heran kenapa tmn2nya yg sama tmn saya cpt gede, tpi muspan saya blm gede, trus makannya biasa di pake dot ato plastik trus dsuapin kdia, nah klo gak dgtuin dia gk mau makan bu.. o iya namanya chiko ( jantan ) dptnya sejak masih merem, skrg dah akrab bgd sama kucing dirumah,n keluarga saya, minta solusi nya bu, agar si chiko bisa n mau makan sndiri, takutnya kalo ada tugas ato bepergian si chiko tinggal gk mau makan ato gk bisa makan sendiri... umurnya saya gk tau brapa bu, dr merem smpe skrg udah ada 2blanan sama saya, manja bgd... maap ngetiknya panjang ya bu... trimakasih..

    ReplyDelete
  27. Oh iya nama saya rija bu... maap saya gk tau knapa namanya jdi unknown .. mohon solusinya ya bu untuk muspan saya agar bisa makan sendiri.. trimakasih bu dok... sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. ini yang chat sama saya tadi pagi ya? :)

      salam kenal. saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  28. Oh iya nama saya rija bu... maap saya gk tau knapa namanya jdi unknown .. mohon solusinya ya bu untuk muspan saya agar bisa makan sendiri.. trimakasih bu dok... sukses selalu...

    ReplyDelete
  29. Sya bru pnya musang . Awalnya sya brli musang dri tmen sya awalnya jinak pas sya bawa plang krmh dia jdi galak ... sempet mulai jinak slama sya rawar .. pas sya pindah rumah lagi mlhan si musang tambah liar lvih parah dri yg pertama baru tangan sya mau masuk kandang musangnya udah ngegeram ajh kya ngeliat musuh ...mohon solusinya ibu dok ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma menggeram aja, wajar kok. mungkin emang lagi adaptasi aja. coba aja ajak main, dan jangan takut. kalau masnya takut, malah makin seneng musangnya 'mengisengi' masnya. biasa aja.

      info selengkapnya, coba baca aja artikel perubahan perilaku pada musang

      Delete
  30. Sya bru pnya musang . Awalnya sya brli musang dri tmen sya awalnya jinak pas sya bawa plang krmh dia jdi galak ... sempet mulai jinak slama sya rawar .. pas sya pindah rumah lagi mlhan si musang tambah liar lvih parah dri yg pertama baru tangan sya mau masuk kandang musangnya udah ngegeram ajh kya ngeliat musuh ...mohon solusinya ibu dok ...

    ReplyDelete
  31. Dok klo menjinakan kembali msang yang habis berkelahi gmana ya........?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina ulang. pindahkan kandangnya ke ruangan sunyi (sepi suara), kasih makan. diamkan selama 6 jam di ruangan itu... :)

      soal lukanya, jaga kebersihan dan kasih totol2 pake betadine aja mas... :)

      kabari terus ya...

      Delete
  32. Oh iya tambah informasi
    umur nya 4bln dan ada luka di kuping sblah kiri bekas berkelahi.

    ReplyDelete
  33. dok saya mau tanya musang saya tiba2 kepalanya nunduk terus kadang jalan'y suka mundur,tapi kadang2 normal stelah di ajak main atau mndi bgtu lagi dok sama hidung nya keluar air apa musang saya itu flu ya dok,,tapi sering kejadian kya gtu sudah 3 hari dok,,penangananya gmna y dok,,

    ReplyDelete
  34. oya dok musang saya umurnya sekitar 2 bulanan

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum dok , dok musang saya umur 1th kandangnya aga kecil dari badan cuma masih bisa dia untuk bergerak , setiap malem suka muter² gk jelas gitu kenapa ya dok ? Aoa masuk kategore setres ? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah berapa lama pelihara? biasanya kalau awal2 pelihara (baru dipindahkan ke kandang baru atau lingkungan baru) emang suka kayak gitu....

      jadi masih bisa dibilang wajar... selama makannya bagus dan fesesnya gak mencret, saya kira gak masalah :)

      Delete
  36. Assalamualaikum dok , musangsaya umur 1th badannya lebih besar sama kandang , nah setiap malem dia suka muter² gk jelas. Itu masuk kategori stres ya dok ? Makasih

    ReplyDelete
  37. Dok musang saya kenapa kok gk mau di gendong ya , dan kalau di elus kepala nya kadang strike dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan dulu:
      *mas udah berapa lama pelihara musang? karena kalo sama owner baru, kadang musang emang gak mau digendong.
      *coba mas jujur sama saya: mas takut atau ragu2 kalau mau gendong dia ya? karena musang bisa baca pikiran kita, sama kayak kuda dan kucing. kalau mas takut atau ragu2, kadang dia gak mau kita gendong.

      coba hilangkan dulu rasa takut. dan rasa kaget kalau dia strike. itu kuncinya. karena kalau mas kaget pas dia gigit, dia makin seneng ngisengin masnya... :)

      Delete
  38. Dokter, mala mulai di kandangin, mkn nya banyak sih, tp perilaku nya jd berubah... agak galak trus sensitif klo ada org lain, gelisah d dlm kandang, pas d lepas jd hyperaktif. Itu stress dok? Gimana ngatasinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mala itu musang? betul?
      dan masih anakan ya? dibawah 5 bulan? bener nggak?

      kalau iya, masih bisa dikatakan wajar. dia cuma belum kenal aja sama mbaknya. coba taro kaos mbak yang bekas pakai (masih bau keringet) di dalam kandangnya, biar dia kenal bau tuannya... :)

      kabari soal mala lagi ya mbak.. :)

      Delete
    2. Berarti normal dok dia stres? Dari masih bayi gak pernah d kandangin soal nya, kmren sempat gak doyan mkn, tp sekarang sdh mau alhamdulillah...

      Delete
    3. oh, sip. kabari lagi ya mbak. maaf karena baru balas.

      fesesnya gimana? mencret atau nggak?

      Delete
    4. Fesesnyaa normal dok,makannya ganti ganti...
      Kadang dia suka pisang, kadang nasi sama kecap... kalo pepaya gak suka...

      Delete
  39. Askum dok mau tnya ni musang saya usia 7 blan stengah kan awalnya kandang musangx tu tertutup dok dah lama ga pindah kandang trus skrang mau pindah kandang besi yg trbuka gtu kq malah kayak mau kabur muter2 trus ga brhenti2 tu gmna ya dok tolong infonya dok ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa nggak dari dulu aja mas kandangnya terbuka? di beberapa artikel juga saya menyarankan agar kandang musang ditempatkan di tempat yang banyak dilalui orang.

      musangnya mas kayaknya masih dalam masa penyesuaian karena belum terbiasa melihat orang ramai. biarin aja. nanti juga terbiasa...

      Delete
  40. dok saya mau tanya nih
    musang saya umur 3 bulan dok , udh 1 minggu lebih saya taro dikandang , tpi kenapa masih muter" gjls yaa dok , apa dy sakit atau stres? tadinya jitot, sekarang dy ngegigit mulu ,
    gmna dong penanganannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama seminggu ini, mas gak ngajak main dia samasekali? cuma didiemin aja di kandang?
      kalau soal muter2, ntar juga ilang sendiri kalau udah beberapa bulan. istilahnya sekarang dia masih adaptasi.

      coba lebih sering diajak main, mas... :)

      Delete
  41. Dok musang sya knpa ya ga mau mkn buah2n trus muter muter trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas baru pelihara musangnya ya? dia muter2 gitu kalau malam aja?

      wajar kok. kalau saya tebak, musang mas hasil tangkapan liar ya? atau mas baru pelihara musangnya?

      Delete
  42. Dok saya py muspan umur 4bln, sdh saya rawat dr umur 1bln, selama 3bln ini saya merawat ny di kamar, sesekali keluar rmh. Skrg muspan ny bisa kabur dr kamar lwt ventilasi dok.mau aku kandangi, tp aku gk tega. Gmn y dok solusi ny, trs salah gk sih kl qt rawatny di kamar bkn di kandangi ??? Mksh dok sblm ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending kandangi aja, tapi kandangnya taro di kamar biar dia 'feel like home'. :)
      maaf karena baru balas... kabari lagi

      Delete
  43. Dok saya py muspan umur 4bln, sdh saya rawat dr umur 1bln, selama 3bln ini saya merawat ny di kamar, sesekali keluar rmh. Skrg muspan ny bisa kabur dr kamar lwt ventilasi dok.mau aku kandangi, tp aku gk tega. Gmn y dok solusi ny, trs salah gk sih kl qt rawatny di kamar bkn di kandangi ??? Mksh dok sblm ny

    ReplyDelete
  44. dok ikut nanya dong,,,kalo mau ngejinakin musang yg galak akibat trauma ama majikannya yg dulu gimana yaa??soalnya saya beli musang dr temen saya,eeh sampek rumah galak minta ampun,di elus dikit bawaannya mau gigit.denger2 musang saya itu dulu sering dijailin ama adik temen saya makanya jd galak gitu..mohon pencerahannya dok��

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling penting adalah, mas jangan takut. musang yang kayak gitu biasanya emang tingkat kepercayaan sama manusianya sudah sangat rendah. bisa dikatakan, mereka susah untuk percaya lagi sama mas. tapi tentu saja, bukan hal mustahil buat jinak lagi.
      bahkan dulu musang bulan saya, umur setahun saat saya dapet dari alam (tangkapan liar), kebayang gimana galaknya, tapi alhamdulillah bisa bonding sama saya....

      nah, balik lagi ke faktor mas jangan takut itu. musang bisa baca pikiran kita, kalau kita takut, dia malah makin susah buat jinak.

      cara jinakinnya sebenernya sama aja kayak yang saya tulis di artikel cara menjinakkan musang dan artikel cara agar musang anteng.

      oh ya, masnya ngerokok? kalau mas gak merokok, taro aja kaos bekas pake mas yang masih bau keringet di atas kandangnya. dilebarin. biar dia cium aroma tubuh mas. :)

      Delete
  45. Dok tanya ko musang usia 9 bln bru bli dapet 1 bln lebih musangx thu kdang kayak semaput g2 kayak punya penyakit ayan g2 dok thu knpa y dok
    Tlong ksi solusinya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya udah 9 bulan ya mas?
      dari pemilik sebelumnya, gak dikasih tau?

      fesesnya mencret gak? mas kasih susu ya?

      agak susah juga kalo gak liat musangnya langsung. dan maksudnya semaput itu kayak gimana. apakah kejang2? or gimana?

      gini aja: buat pencegahan, mas bisa kasih kurma tahniq. baca artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang.

      Delete
  46. Dok sy baru punya musang rase..kira2 umur 2-3 bulanan...musng ny kadng teriak2 jg kalau d deketin kadang bunyi tok.tokk..tok kya kayu d gigit tikus. Itu gimana ya dok???
    Sama kata pemilik ny yg dulu makany bisa 3x sehari...tp sekarang cuma sekali aja pas mlm...kira2 ad solusi ny agar nafsu makany nambah lg..??? Sy kasi pepaya sm pisang
    Warna feses ny kuning dok sedikit encer tp msih berbentuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG. Kasih obat yang saya tulis di situ.

      biasa dikasih makan apa? Jangan dikasih susu.
      buat makanannya, kasih bubur bayi promina aja. musang rase anakan sangat rentan, jadi jangan sampe telat kasih makan.


      oh ya, jaga kebersihan kandang dan musang rasenya. karena bulu musang rase anakan sangat rentan rontok. :)

      kabari lagi

      Delete
  47. Tentang teriakan dan bunyi tok..tokk.tok itu tanda stress atau gimana dok..???
    Sy gk kasi susu cuma pepaya d selingi pisang dok...
    Musang ny sy lepas d kamar..karna pas d kandang dy lompat2 dn lari2...gimana bagus ny dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 lepas di kamar aja, tapi sambil diawasi. jangan biarin musangnya di kamar sendirian tanpa diawasi. bagusnya sih sambil diajak main. :)

      tentang bunyi tak tok tak tok itu jujur saya kurang tau. asalnya dari mana? apa dari dalam mulut? atau saat dia gigit2 jeruji or something? atau mungkin bunyi saat dia coba gigit?

      agak susah sih taunya, soalnya saya gak liat musangnya langsung. mungkin lebih ke karakter musangnya aja itu mas. nggak berpengaruh ke kesehatannya selama feses dan nafsu makannya normal2 aja... :)

      Delete
  48. Bunyi ny keluar dr mulut ny dok...
    Ini sekarang saya taruh d kandang kucing...tp gk ad kucing ny...dr teriak kaya nangis gitu...gimana ya dok...kasian juga denger ny...kalo d lepas soalny buang air sembarangan...jd d omelin ibu...heheheh
    Bakal bermasalah gk ya kalo dy teriak d kandang...baru sejaman kurang saya taruh d kandang ny
    Maaf banyak tanya dok...musang pertama soalny

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, itu namanya crying, mas.
      wajar kok.

      hmm, dia sebenernya masih tergantung sama induknya. bayi musang ngeluarin suara kayak nangis gitu biasanya buat manggil induknya. makanya, mas sebagai owner, kalau dia lagi begitu, keluarin aja dari kandang, taro di pangkuan, terus elus2 aja biar dia tenang... :)

      Delete
  49. Makasi dok atas info ny...
    Nanti kalo ad masalah q tanya2 lg ya dok...
    Semoga dokter selalu sehat ya..

    ReplyDelete
  50. Dok, wajar gak kalo musang bulan minum air kencingnya sendiri??

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua hewan biasanya emang punya kecenderungan untuk makan feses atau minum urine sendiri, mas. gak cuma musang aja.

      yang perlu ditanyakan sebenernya kenapa?
      jadi kita perlu tahu alasannya dia minum urine sendiri kenapa??

      apakah selama ini dia sehat2 aja? aktif2 aja? lalu tiba2 dia minum urine sendiri?

      atau emang dari kemaren2 dia udah kelihatan sakit??

      selama ini fesesnya gimana??

      karena cara tahu musang sehat atau nggak ya dari fesesnya...

      coba kirim gambar fesesnya. tahinya. cek bagian PERHATIAN

      Delete
  51. dok mau tanya musang rase saya kalau dilepas luar kandang terkadang berperilaku mengusapkan pantat dia ke benda atau tembok itu kenapa ya ? apakah termasuk perilaku stress ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. mereka sedang menandai daerah kekuasaan mereka dengan bau. :)

      Delete
  52. Dok..
    Saya punya musang pandan usia 3-4 bulan.
    Dia muter" trs didalam dan diluar kandang bahkan skrng sampai lemas.
    Saya sudah coba tutup kandangnya tpi ttp muter" didalam kandang.
    Saya harus bagaimana ya dok..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena dia belum terbiasa sama lingkungan barunya.
      wajar kok.

      kemungkinan dia musang tangkapan liar. terbiasa gak dikandangin, jadi begitu dikandangin dia begitu. wajar, nanti juga dia terbiasa... :)

      Delete
  53. permisi dok..
    saya punya musang pandan , usia diatas 5 bulanan
    saya baru melihara nya sekitar 2 minggu ini dok
    kenapa si cleo(jantan) muter-muter terus dikandangnya
    kayak mau keluar gitu dok.
    dan kalau dikeluarin dari kandangnya
    si cleo larinya cepat banget dok dan kadang" mau nyerang gitu dok.
    dan gimana ya dok agar si cleo gk lari larian saat di luar kandang BIAR SI CLEO DIAM

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tebak si CLEO itu musang tangkapan liar ya mas? dia terbiasa di alam dan bebas, kemudian dia ditangkap dan ditaro di kandang. jadinya ya gitu, dia mondar mandir di kandangnya gitu. wajar kok.
      karena kadang musang yang udah jinak juga kayak gitu. biasanya kalo dia baru sampe di tempat yang baru (di pemilik baru)...

      gak apa2, yang penting dia sehat. itu aja dulu. makan lancar? jangan dikasih susu ya mas.

      mungkin mas bisa baca artikel saya, CARA AGAR MUSANG ANTENG.

      Delete
  54. Permisi dokter saya ingin bertanya soal seputar musang.saya memiliki musang pandan saya kurang tau umurnya tapi ukurannya 2 kali lipat kucing yang umur 1 tahun 5 bulan.Masalah yang terjadi di musang saya selalu berputar dikandangnya,mengigit hingga terluka dan stres. awalnya mau diberi makan dan minum setelah sekitar 1 bulan ini hanya air gula saja musang mau dan musang saya tidak mau lagi makan buah dan makan daging pun mulai sedikit.Saya bingung harus gimana dan saya sulit untuk menjinakkannya.Tolong bantuannya dok terima kasih

    ReplyDelete
  55. Dok, mau nanya..
    Saya punya musang pandan betina berusia 1 tahun 8 bulan.
    Saat liburan, saya pergi keluar kota selama 3 minggu dan musangnya saya titip ke saudara.
    Selama dititip, musangnya jarang diajak main karena saudara saya takut digigit.
    Setelah saya balik, musangnya masih dalam keadaan sehat, tetapi kurang nafsu makan dan destruktif (suka menghancurkan barang). Sebelumnya, dia suka main sama saya, tetapi sekarang jadi cuek dan lebih suka gigit2 barang.
    Selain itu, dia jadi lesu padahal setiap hari diajak main, menu makanan digonta-ganti, BAB lancar, dan tidak ada tanda2 sakit seperti muntah2 atau luka.
    Apa mungkin musangnya stress, sedang birahi, atau kenapa ya?
    Karena dia sekarang jadi tidak nafsu makan, cuek dengan orang, dan brutal menghancurkan barang.
    Mohon petunjuknya dok. Trims sblmnya...

    ReplyDelete
  56. Dok sy pnya musang namanya opet umur kurang lbh 4/5 bln sya pelihara dr blm melek tp kog msh sring muter2 dkandang n td ada ayam masuk ke dkt kandang dia tp kog opet jd kyg ngeluarin cairan bau kyg trasi ya trs jd diem kalem n makanx susah bgt akhr2ne n fases nya juga agak encer

    ReplyDelete
    Replies
    1. ruangannya gimana? banyak suara2 mengagetkan? agak berisik? mungkin karena itu... ruangannya jangan terlalu berisik dan jangan banyak suara2 mengagetkan, mas...

      mas sering ajak main dia? coba lebih sering ajak main lagi. jangan cuma dibiarin di kandang aja.

      untuk makanannya, saya sarankan kasih buah minimal seminggu 2x....biasanya mas kasih makan apa?

      Delete
  57. Sya Kasih bubur cerelac beras merah cmn dia buah nya pilih2 banget n susunya hbis sya ganti apa itu pengaruhnya ya dok kandangnya saya taruh ddlm rumah dok dpan kamar sya owh ya in anusnya kog jadi merah ya dok

    ReplyDelete
  58. Tiap hari sya ajak main kog dok mlhan kl siang kdang tdr nya sama saya

    ReplyDelete
  59. Dok, umur musang pandan saya kira.kira 1 tahun setengah.
    Akir Akir ini dia sering bersuara seperti kera. Suara nya besar.
    Kenapa itu ya ? Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia agak galak juga?
      nafsu makan gimana? masih mau makan?

      ada kemungkinan dia lagi birahi?

      fesesnya gimana?

      tebakan saya, dia lagi birahi. mungkin mas bisa baca artikel saya: ciri musang birahi

      Delete
  60. dok, muspan saya kok klo malam bergerak mondar mandir d dlm kndang dan klo d lepas jg bergerak trs kagetan benda apa aja di gigit seperti gemes gitu... tp klo siang tidurr ..itu kenapa yaw...

    ReplyDelete
  61. dok, muspan saya kok klo malam bergerak mondar mandir d dlm kndang dan klo d lepas jg bergerak trs kagetan benda apa aja di gigit seperti gemes gitu... tp klo siang tidurr ..itu kenapa yaw...

    ReplyDelete
  62. dok saya baru nangkap musang usia sekitar dua bulan. tapi kok ga mau makan sendiri. itu stres apa memang belum bisa makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih udah bisa. coba mas kasih makan bubur bayi promina. dibuat agak kental. masukkin mangkuk kecil, terus sodorin ke mukanya...

      mungkin karena belum terbiasa aja...

      kalau dia gak mau makan juga, mau gak mau mas harus suapin dia...

      Delete
  63. Dok saya mau nanya saya beli musang yg udah jinak total baru sekitar 3harian dari anak anak komunitas, tapi anehnya sekarang jadi galak disodorin tangan langsung gigit tangan saya sampe berdarah, gamau makan, di kandang jadi resah, mau mandiin aja saya jadi takut soalnya baru ngedeketin kandangnya doang langsung nubruk" kandang mau gigit padahal pas yg punya sebelumnya nganterin musangnya ke saya dilepas juga gapapa jinak jinak aja, itu knapa yah dok? Dan cara penanganannya harus gimana?

    Ini email saya dok Acepozzil@gmail.com terimakasih, dan mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin musangnya musang one-man, mas. dia cuma jinak ke satu orang aja. udah ada artikelnya: apa itu musang one-man.

      jadi poses penjinakkannya harus mas mulai lagi dari awal....

      atau bisa juga dia masih stress sama tempat yang baru. antara 2 itu.

      oh ya, mas. nggak ada musang yang jinak total. karena sejinak2nya musang, dia pasti gigit...

      Delete
  64. Dok mau nanya dong, saya tadi baru beli musang umurnya 2,5 bulan. Saya membelinya sm si A yg si A itu pun membeli musangnya seminggu sblm saya membeli dgn dia. Kata si A, musang itu semi jinak. Kadang suka defense kalo saya kandangin. Kadang jg dia strike saya.dia jg selalu berusaha untuk kabur. Apa lagi kadang dia lihat wajah saya, saya jd takut Krn dia entar loncat ke mata.makanya saya malingkan muka. Saran dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hilangkan rasa takut.
      karena semua hewan bisa tahu apa yang dirasakan manusia. termasuk musang. kalau dia tahu kita takut, dia malah nyerang.
      sering2 main sama dia. agar hilang rasa ragu2 dan takut kita. pake sarung tangan tebal aja. awal2. nanti setelah mas gak takut lagi, dan dia udah mulai tahu mas gak takut dan gak nyerang lagi, mas bisa coba lepas sarung tangannya....

      gak ada yang instan tentunya. tapi ini berhasil kalau mas tekun... :)

      Delete
  65. Siang dok. Saya mw tanya, semlm teman sy bawain musang trus sy masukkin kandang yg baru dy selalu lompat-lompat ga jelas, trus nafsu makan menurun. Apa itu tanda gejala musang stres?

    Aq sdh bawa ketempat gelap, tp hasilnya sama. Trus apakah musang stress bs mati ya dok???

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo stressnya parah banget, biasanya akan sakit dulu. baru mati.

      tapi itupun jarang.

      dan saya rasa, musang mas bukan stress. maksudnya lompat-lompat nggak jelas kayak gimana ya mas? sering mondar-mandir gitu di kandangnya?

      karantina cukup di tempat sepi suara aja, gak perlu gelap. biarin aja dia di situ selama beberapa hari. rutin kasih makan kayak biasa.... dan minimal sehari 20 menit mas ajak main... :)

      Delete
  66. Dok musang saya umur 3bulan lebih namanya oba, dari umur 2bulan lebih dia saya freeroom. Karena dia pipis dikasur terus skrg saya mau kandangin dia. Tapi kalo dikandangin oba suka teriak2 kaya yg nangis gitu, nolak dikandangin. Caranya biar oba nyaman dikandang gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia udah ngeras amas sebagai induknya...
      boleh saya saran? coba mas tidurnya ngampar aja deket kandangnya dia. pake tikar, biar dia liat mas pas tidur.
      kasian soalnya. :)

      Delete
  67. Dokter saya ingin bertanya, saya punya musang bulan usianya 2 bln 3 hari. Saya ambilnya hasil breedingan dari owner sebelumnya. Selama beberapa hari dg saya dia gpp dok, makan lancar sampai smlm tidurnya juga barengan saya, trs pagi ini tiba" dia kaget lari naik ke lemari sambil mengeluarkan cairan coklat (berbau) gt dok, dia juga diatas lemari menggeram dan strike ke saya, tp saya memberanikan diri untuk mendekati dia perlahan awalnya di strike tp lama-lama sudah seperti biasa bisa diajak turun, nah tapi dok kalau di lepas diruangan dia mencari tempat tinggi kayak naik ke gorden gt dan badannya gemetar, alhasil saya bawa turun trs saya masukkan ke kandangnya agak susah dan dikandang dia muter" trs ga mau diam dok. Hmm gmn ya cara penanganannya biar dia bisa anteng di kandang dan ga lari ke tempat tinggi seperti semula dok?Kalau digendong dia masih mau dipundak atau dikepala anteng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak tahu kenapa dia suka naik ke tempat tinggi?
      mungkin ada penyebab yang mbak tahu?

      karena kalau pendapat saya, dia masih belum terbiasa, entah dengan mbaknya atau dengan lingkungan rumah yang baru. udah pelihara berapa lama?

      sementara ini adaptasi aja dulu dengan taro di kandang, dan kandangnya (kalau bisa) ditaro di kamar. mbak juga bisa taruh kaus bekas pakai mbak yang masih bau keringet di atas kandang biar dia bisa nyium bau tubuh mbak. taruh aja kaus bekas pakai mbak di atas kandang, dilebarin kayak gelar tiker gitu, hehehe...

      selebiihnya, kasih makan pakai tangan. selama ini dikasih makan apa? bubur bayi?

      kabari terus

      Delete
  68. Siang dok, mau tanya

    Saya punya musang akar umur 2,5bulan skrng klo di kandang suka teriak teriak bersuara sambil bergerak manjat g beratur di kandang..

    Suara nya lumayan kenceng takut ganggu orang lain..

    Penanganan nya gmna ya dok?
    Soal nya takut bising ganggu orng lain..

    Untuk pola makan normal di suapin mau,
    Minum normal masih mau .

    Cuma jadi jail dok suka gigit gigit jari ama kuping..

    Mohon bantuan nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya merokok nggak? kalau masnya gak merokok, coba taro kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet di atas kandangnya dia. biar dia tenang nyium bau tubuh mas.

      atau bisa juga mas keluarin terus elus2.... biar dia tenang...

      dia udah jinak? udah berapa lama mas pelihara?

      Delete
    2. untuk baju bekas setelah aktifitas sudah saya taru dok.

      klo jitot si belum dok, bisa di bilang semi

      karena tidak hissing dan strike klo di kandang.

      nah sudah saya keluarin dok tp g mau di elus mau nya manjat2 sampe gigit kuping saya trus loncat ke lemari dll saya diemin aja biar dia main..


      tapi gtu dok saya lagi main hp tiba2 neplok di pala kuping digigit trus turun ke tangan jari di gigit
      saya si g masalah dok sya luka karena proses kan.

      yang saja masalahkan bisa di tenang kan saat di kandang atau tidak gtu dok?, takut ganggu tetangga heheh


      untuk pelihara baru 3 hari dok

      oh iya dok klo abis di mandiin suka hissing dan strike pas di jemur itu kenapa ya dok?

      Delete
    3. dia sebenernya iseng aja itu sama mas. masih ngetes mas, kira-kira mas takut nggak kalau dia lagi kayak gitu. kalau mas takut, dia malah makin sering begitu. sama aja kayak kita ngadepin hantu. kalau kitanya takut, malah dia makin seneng dan makin sering gangguin....

      kalau dia lagi iseng kayak gitu, elus aja. sambil liat matanya. biar dia tahu kalau kita sebenernya sayang sama dia. :)

      kayaknya nothing to do selain lanjut penjinakkannya... :)

      Delete
    4. terima kasih atas respon nya dok :)

      mau tanya lagi di bawah dok hehe


      V
      V
      V

      Delete
  69. saya si biasa aja dok, cuma udh lecet dan berdarah walau g parah 2 jam kering tangan saya heheh

    oh iya akhir2 ini suka garuk2 dok,
    saya baca artikel dokter yang cara mandikan musang yang gatal pak dettol emng gpp dok kena mata atau masuk kuping nya klo airnya di campur itu?

    secara musang saya lincah g bisa diem, klo mandi biasa saja jatoh nya mandi berdua krna ikutan basah juga.

    mohon solusi untuk gatal nya dok?

    soal nya saya belum bisa potong kuku nya dok, g bisa diem di peluk di gendong tetep aja lari manjat kepala.

    ada cara lain dok ?
    yang saya baca harus berdua sedangkan yang berani cuma saya gmn dok hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikit aja dettolnya, mas. sekira nggak sampe ngerubah warna air jadi keruh banget. kalo keruh dikit nggak apa.

      kalo gak sengaja kena matanya nggak apa2. asalkan jangan segaja dimasukkin ke mata...

      itu udah bisa menghilangkan gatalnya kok. lapor aja kalo abis dimandikan dia masih gitu. tunggu beberapa hari dulu. kalau makin parah garuk2nya, kabari lagi ke sini ya mas...

      eh, ada kayak bintik2nya nggak?

      coba mas gabung ke komunitas musang, kemudian ikut gathering di kota mas. minta bantuan mereka. :)

      Delete
  70. Dok musang saya kenapa kalo di kandang dia tenang tidak gigit tapi pas saya keluarin dari kandang dia aga sedikit brutal dok, umur kurang lebih 7 bulanan, masih newbie dok
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan kalo di luar kandang ngigitnya sampe jari saya sampe berdarah dan kesemutan dok
      Terima kasih

      Delete
    2. mas pelihara dia sejak kapan? kalau newbie, lebih cocok pelihara musang anakan aja sih mas sbenarnya...

      kurang penjinakkan kayaknya. lanjut ke langkah penjinakkan aja. cek artikel saya, cara agar musang tenang...

      Delete
  71. Hello dokter..
    Aku mau tanya, musangku usia 3bulan sblm nya selalu di kasih makan buah dan susu trs kemarin nyoba di kasih kepala ayam yg di rebus. Pas mlm nya dia lemes bgt kaya lg sakit aku coba elus tp dia malah mau gigit pdhl gak pernah galak gini dok, ga lama dia mutah tulang² kecil gitu dok abis muntah dia makin lemes dan susah napas jd kaya menggeram gitu. Smpe pagi nya dia makin galak smpe mau nyerang setiap ada yg deketin kandang nya. Gimna ngatasin nya ya dok? Help me please dok :(

    ReplyDelete
  72. Dok mau tanya saya baru adop musang 3 hari dia gak mau makan cara ngatasinya gmna dok

    ReplyDelete
  73. Mau tanya dok, alm bapak saya beli musang udah gede. Susah jinaknya. Pernah coba dilepas pas ditangkep gigit sampe bedarah dan itu dalem. Lepas beliau meninggal, ibu dan saya takut buat lepasnya jadi dia di kandang terus. Dia sama kami ga suka nyembur sih, tapi kami tetep takut buat lepasnya 😁 gimana yah?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.