Cara Menghindari Penipuan Saat Membeli Hewan | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa tips

cara menghindari penipuan saat membeli hewan

peliharaan. Tips membeli hewan peliharaan online ini diharapkan dapat membantu buyer hewan peliharaan supaya tidak tertipu, sekaligus mencegah penipuan online berkedok jual beli hewan yang banyak terjadi di dunia maya. Tips membeli hewan lainnya bisa anda baca di artikel tips membeli hewan di pasar hewan.
Cara Menghindari Penipuan Saat Membeli Hewan
Image taken from zooinstitutes.com
Bagaimana cara menghindari penipuan saat membeli hewan? Berikut adalah cara membeli hewan di internet atau Cara Menghindari Penipuan Online Saat Membeli Hewan.
  • Gunakan jasa rekber (rekening bersama).
  • Cara pertama untuk menghindari penipuan saat membeli hewan adalah menggunakan jasa rekber. Jasa rekber atau jasa rekening bersama adalah sejenis jasa pembelian yang menggunakan pihak ketiga selain pembeli (buyer) dan penjual (seller). Cara kerja jasa rekber adalah: setelah deal dengan harga yang telah ditentukan, pembeli mengirimkan sejumlah uang sesuai dengan harga barang ke pihak jasa rekber; jasa rekber kemudian akan memberikan konfirmasi kepada pihak penjual bahwa uang sudah diterima sejumlah barang yang dibeli; pihak penjual kemudian mengirimkan barang ke pihak pembeli: pihak pembeli menerima barang dan mengecek apakah barangnya sesuai dengan deskripsi barang yang dijual atau tidak; Jika barang sesuai dengan deskripsi, maka pihak pembeli akan memberikan konfirmasi kepada pihak rekber agar mengirimkan lagi uangnya ke penjual. Namun jika barang tidak sesuai deskripsi, maka pihak pembeli akan memberitahukan kepada pihak rekber bahwa barang tidak sesuai deskripsi dan menahan uang rekber untuk sementara agar barang bisa dikembalikan ke penjual. Setelah penjual menerima barang itu kembali, maka pihak rekber akan mengembalikan uang ke pihak pembeli dan pembelian dianggap batal.
  • COD (cash on delivery).
  • Cara kedua untuk menghindari penipuan saat membeli hewan peliharaan adalah dengan cash on delivery atau COD, atau biasa dikenal dengan 'ketemuan'. Penjual dan pembeli bertemu di suatu tempat yang telah ditentukan. Di tempat terjadinya COD biasanya pembeli akan meneliti barang yang akan dibeli dan melakukan transaksi pembelian jika barang sesuai dengan deskripsi.
Demikian adalah

cara menghindari penipuan

saat akan membeli hewan peliharaan. Semoga dengan cara diatas anda bisa menghindari penipuan saat akan membeli hewan. Terima kasih. (FS)

8 Responses to "Cara Menghindari Penipuan Saat Membeli Hewan"

  1. Dok, kalau mau rekber jasa rekber yg biasa dipakai apa? Yang paling mudah. Dan kena ongkir gak kalau rekber seperti itu. Bayar ke pihak rekbernya gt kah? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kena biaya transaksi dr bank aja, kalau dari pihak rekbernya sendiri gak kena biaya transaksi.

      betul mas, bayar ke pihak rekbernya.

      kalau yang saya rekomendasiin, sebenernya tergantung mas mau beli apa dan dimana. kalau beli hewan via grup2 facebook, biasanya dah ada kok tiap grup rekbernya.

      Delete
  2. dok saya mau tanya klo rekber misalkan kita mo beli hewan tpi dia mnta dp dlu di rekber nty satu bulan lgy saya kirim semua uang a trus barang a dikirim. apakah ini bisa atau tidak dok. makasih

    ReplyDelete
  3. dok saya mau tanya klo rekber misalkan kita mo beli hewan tpi dia mnta dp dlu di rekber nty satu bulan lgy saya kirim semua uang a trus barang a dikirim. apakah ini bisa atau tidak dok. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau rekber, ya pas uangnya dikirim, dan dikonfirmasi berhasil oleh pihak rekber, si penjual harus segera mengirimkan barangnya. kalau harus nunggu sebulan, kelamaan.

      Delete
  4. Dok..kalorekber itu sejenis atm atau bukan..????

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekber itu kayak pihak ketiga.

      uang mas kirim dulu ke pihak rekber. kalo uangnya udah diterima pihak rekber, pihak rekber ngasih tau ke yang jual bahwa uang udah diterima. setelah itu, penjual kirim barang. setelah barang kita terima, kita cek OKE, kita kasih tau ke pihak rekber bahwa barang udah diterima. lalu yang udah kita kirim ke pihak rekber tadi, akan dikirimkan ulang ke yang jual barang... :)

      Delete
  5. mlm dok, sy aan, brp lama pengembalian uang dr pihak rekber sejak sy lapor kalo pet yg sy trima ga sesuai y ? mks

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.